Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Haharian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv rm 3 2014

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Haharian »

fannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 4:48
265/60 r18 di all new pajero sport
Beda ukuran dikit berarti dari rm3 saya ya om cuma beda lebar aja secara tinggi dan ring sama. Udah oake berapa lama om? Tire wear dan longevity si iota gimana?
Haharian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv rm 3 2014

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Haharian »

josomba wrote: Fri Jan 06, 2023 5:03 Angka psi yg di dinding ban adalah max COLD tire pressure.

Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.
Memangnya kalo tekanan angin semakin tinggi semakin gimana om? Selama ini saya awam hanya mengikuti arahan pabrikan ajaa.. mohon penjelasan nya :big_peace:
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 350
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ExorT »

Rekomendasi tyre pressure di ANPS depan 29, belakang 32.

Kemarin salah isi, depan jadi 32. Langsung berasa gerobak, keras sekali dan mantul2.

Ga bayangin kalo di isi 40 PSI :S
Haharian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed Jan 04, 2023 19:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv rm 3 2014

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Haharian »

Tentang tire pressure..

Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?

Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60

Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..

Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?

Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60

Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan :big_peace:
Dikondisikan dgn tyre size baru dan load index nya mbah

Ini ada kalkulator nya,
https://tiresize.com/pressure-calculator/

Selebihnya ya experiment sesuai batas aman dan selera ajah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by wicaksono99 »

Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..

Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?

Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60

Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan :big_peace:
Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya). :big_peace:

Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh :big_dunno: , sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya :upss:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 6:45
Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..

Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?

Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60

Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan :big_peace:
Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya). :big_peace:

Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh :big_dunno: , sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya :upss:
Punten..
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?

boleh bisik2 jg :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2923
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by josomba »

Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:25
Memangnya kalo tekanan angin semakin tinggi semakin gimana om? Selama ini saya awam hanya mengikuti arahan pabrikan ajaa.. mohon penjelasan nya :big_peace:
Paling berasa pasti bantingan keras tp konsumsi BBM lebih hemat + selap selip keknya enak gitu. Tp lama2 ban-nya botak tengah duluan, ga merata.

:big_smile]
Image
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by yanuarra »

josomba wrote: Fri Jan 06, 2023 6:53
Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:25
Memangnya kalo tekanan angin semakin tinggi semakin gimana om? Selama ini saya awam hanya mengikuti arahan pabrikan ajaa.. mohon penjelasan nya :big_peace:
Paling berasa pasti bantingan keras tp konsumsi BBM lebih hemat + selap selip keknya enak gitu. Tp lama2 ban-nya botak tengah duluan, ga merata.

:big_smile]
Brti itu indikasi over inflate nggk mbah?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2923
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by josomba »

yanuarra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:06 Brti itu indikasi over inflate nggk mbah?
Ah ini mbah pura2 nanya...

Si Yasir Turbo, ban rata 100PSI kan itu?


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 6:52
wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 6:45
Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 5:40 Tentang tire pressure..

Kalo emang si ban mobil sudah diganti gak sesuai sama oem, apakah tire pressure juga harus menyesuaikan atau masih bisa ikut rekom pabrikan?

Misal ganti velg dan ban dari 175/65/15 ke 195/55/17
Atau sesimple naik ukuran ban 225/60 ke 235/60

Kirakira gimana ya om om terkait ini? Mohon dicerahkan :big_peace:
Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya). :big_peace:

Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh :big_dunno: , sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya :upss:
Punten..
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?

boleh bisik2 jg :mky_03:
Youngpro optimus om.. Internal TPMS.
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk.
IMG_20221212_170405.jpg
Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama :big_slap:
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal :big_bored:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:15
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 6:52
wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 6:45

Lebih banyak selera... Yg penting kalau ngisi angin/nitro pas kondisi panas itungannya +2psi dari target angka tekanan yg mau dicapai (cold tire pressure). Kondisi hujanpun gak perlu namanya ban dikempes2in segala karna saat suhu turun tekanannya ikut turun menyesuaikan. Beda cerita kalau lagi jelajah offroad (pompa portable pun harusnya mereka punya). :big_peace:

Btw yg udah pernah pake TPMS aftermarket, berapa lama umurnya sampai baterai habis? Ini pake internal TPMS dah jalan 2thn selama 75rb km belom ada tanda2 mau mati tuh :big_dunno: , sangat kepake pas ban meledak/tekanan habis tiba2 langsung alarm bunyi.. Kalau ga bunyi mungkin masih jalan terus saya :upss:
Punten..
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?

boleh bisik2 jg :mky_03:
Youngpro optimus om.. Internal TPMS.
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. IMG_20221212_170405.jpg

Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama :big_slap:
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal :big_bored:
mantap, batrenya seawet itu,
harga emang gak bohong ya mbah :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:21
wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:15
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 6:52

Punten..
TPMS nya pakai merk dan model apa mbah?

boleh bisik2 jg :mky_03:
Youngpro optimus om.. Internal TPMS.
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. IMG_20221212_170405.jpg

Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama :big_slap:
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal :big_bored:
mantap, batrenya seawet itu,
harga emang gak bohong ya mbah :big_exellent:
Emang harusnya internal lebih awet dibanding external.. Cuma external lebih gampang kalau habis batre bisa diganti sendiri (lebih gampang juga sih diisengin orang).
Paling nggak kalau ga kebeli ban continental, kebeli pentil TPMSnya dulu om.. Wkwkwkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15660
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

barusan ngeganti ban di CRV RW1... odo read baru mau 30 ribu tapi ban udah rada mengenaskan. tread yang depan udah ngintip ke TWI kayaknya kombinasi jarang dipake juga karet udah keras. mobil 2018 tapi ban produksi 2017.
IMG20230106130011.jpg
nanya ke ottoban BFG advantage touring musti indent yang ready cuma GT HPY... ditawarin micin 2.6jt per pcs langsung balik badan :ungg:

setelah makan lalu fresh mikir mikir ane rada males kalo ban mesti indent toh mobil buat weekend aja banyak diemnya... sayang bgt kalo sekalinya dipake kenapa-napa terus cari ban musti pesen dulu. ya udahlah ke toko lain nanya, akhirnya pilihan paling masuk akal tetep oem : dunlop sp sport maxx 050 bawaan (1.300k/pcs). karena pilihan oem lain bridgestone dueler hl33 overbudget nya jauh bener 1.750k/pcs kok deket sama conti uc6 suv 1.850k/pcs. conti menggoda tapi ngga deh mobil jarang pake wkwkwk rusak nganggur bukan rusak pake sayang.

selama ini pake jg gak ada keluhan berarti... noise serumah udah ikhlas kayaknya namanya orang ga ngerti mobil semua, taunya ya emang bukan mercedes terus benchmark mobil di rumah LMPV semua :big_biglaugh:
IMG20230106125930.jpg
teteup pada akhirnya ban yang bagus kalah sama yang ready :ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jan 06, 2023 7:38 barusan ngeganti ban di CRV RW1... odo read baru mau 30 ribu tapi ban udah rada mengenaskan. tread yang depan udah ngintip ke TWI kayaknya kombinasi jarang dipake juga karet udah keras. mobil 2018 tapi ban produksi 2017.

IMG20230106130011.jpg

nanya ke ottoban BFG advantage touring musti indent yang ready cuma GT HPY... ditawarin micin 2.6jt per pcs langsung balik badan :ungg:

setelah makan lalu fresh mikir mikir ane rada males kalo ban mesti indent toh mobil buat weekend aja banyak diemnya... sayang bgt kalo sekalinya dipake kenapa-napa terus cari ban musti pesen dulu. ya udahlah ke toko lain nanya, akhirnya pilihan paling masuk akal tetep oem : dunlop sp sport maxx 050 bawaan (1.300k/pcs). karena pilihan oem lain bridgestone dueler hl33 overbudget nya jauh bener 1.750k/pcs kok deket sama conti uc6 suv 1.850k/pcs. conti menggoda tapi ngga deh mobil jarang pake wkwkwk rusak nganggur bukan rusak pake sayang.

selama ini pake jg gak ada keluhan berarti... noise serumah udah ikhlas kayaknya namanya orang ga ngerti mobil semua, taunya ya emang bukan mercedes terus benchmark mobil di rumah LMPV semua :big_biglaugh:

IMG20230106125930.jpg

teteup pada akhirnya ban yang bagus kalah sama yang ready :ngacir:
setuju :big_biglaugh:

tp emg ini salah satu ban all rounder sih, awet juga.

btw knp gak nyoba LM705?
atau size gak ada ya emang?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:38
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:21
wicaksono99 wrote: Fri Jan 06, 2023 7:15

Youngpro optimus om.. Internal TPMS.
Tuh fotonya pas ban kiri belakang meleduk. IMG_20221212_170405.jpg

Sellernya juga kadang ga tau produk, jualan tapi ga tau cara pairing internal sensor baru (replacement kalau sensor lama batre habis) ke display lama :big_slap:
Manual booknya dah saya kantongin nih padahal :big_bored:
mantap, batrenya seawet itu,
harga emang gak bohong ya mbah :big_exellent:
Emang harusnya internal lebih awet dibanding external.. Cuma external lebih gampang kalau habis batre bisa diganti sendiri (lebih gampang juga sih diisengin orang).
Paling nggak kalau ga kebeli ban continental, kebeli pentil TPMSnya dulu om.. Wkwkwkwk
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

expektasinya UC6 sih mbah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15660
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:54 setuju :big_biglaugh:

tp emg ini salah satu ban all rounder sih, awet juga.

btw knp gak nyoba LM705?
atau size gak ada ya emang?
gak ada size nya lm705 :ungg: adanya di website 225/60 atau 255/60.

yang ada ukurannya direzza 102 tp gak ready. cuma ditawarin bs hl33 / sport maxx050
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jan 06, 2023 7:56
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 7:54 setuju :big_biglaugh:

tp emg ini salah satu ban all rounder sih, awet juga.

btw knp gak nyoba LM705?
atau size gak ada ya emang?
gak ada size nya lm705 :ungg: adanya di website 225/60 atau 255/60.

yang ada ukurannya direzza 102 tp gak ready. cuma ditawarin bs hl33 / sport maxx050
yah bener juga, if I were in your condition,
I will do the same :big_biglaugh:

selang seling naik motor sama mobil, udh biasa sama road noise
klo naik motor bukan road noise lagi, semua noise gak disaring, helm full face jg bantu dikit :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

yg penting bukan eco eco
Last edited by Suryaputra on Fri Jan 06, 2023 8:03, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bensindanoli »

Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.

Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:02 Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.

Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
FWD mbah?
sering gas poll?
atau ngerem keras?

padahal duraplus ini hard compound,
dan diklaim bisa up to 100rb KM :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by adrianomyman »

fannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 4:48
Haharian wrote: Fri Jan 06, 2023 4:35
fannykuncoro wrote: Thu Jan 05, 2023 19:24 Nah betul om, tergantung tipe bukan merk.. Soalnya saya pernah pake accelera phi, menurut saya biasa aja ban ini, kerasa klo hard compound (agak keras), trus pemakaian jangka lama (diatas 50%) agak benjol2 ga rata, grip biasa aja, agak berisik juga.. Jadi beda bgt ketika saya pake accelera iota st68, menurut saya ban ini enak bgt.. Empuk, silent, nge grip.. Padahal merk sama2 accelera kan? Cuma beda tipe aja.. Tapi balik lagi, review masing2 orang pada ban yg sama bisa beda2.. :big_grin:
Oh beda tipe beda ya om.. iota nya pake di mobil apa ukuran berapa om?
265/60 r18 di all new pajero sport
Kena budget berapa om kalo boleh tau? Itu profil ban nya HT apa AT ?
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bensindanoli »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:02 Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.

Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
FWD mbah?
sering gas poll?
atau ngerem keras?

padahal duraplus ini hard compound,
dan diklaim bisa up to 100rb KM :big_biglaugh:
Yoi om FWD Ecosport. Berat ke depan kali mobilnya dan memang jalan yg dilalui tak semulus aspal jagorawibahn.

Kayaknya maksimal 30rb KM itu kalo dipaksa g dirotasi
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9811
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:41
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 8:03
bensindanoli wrote: Fri Jan 06, 2023 8:02 Goodyear Duraplus 2 15rb KM baru dirotasi kemaren di Bcepet.

Ternyata kentara banget bedanya. Depan mulai menipis, yg belakang bisa dibilang hampir fresh banget apalagi kalo abis dicuci ud kyk br ambil di rak
FWD mbah?
sering gas poll?
atau ngerem keras?

padahal duraplus ini hard compound,
dan diklaim bisa up to 100rb KM :big_biglaugh:
Yoi om FWD Ecosport. Berat ke depan kali mobilnya dan memang jalan yg dilalui tak semulus aspal jagorawibahn.

Kayaknya maksimal 30rb KM itu kalo dipaksa g dirotasi
hoo tipikal fwd sih ya
berat emg bobot ford ecosport di kelasnya apalagi fwd

curb weight Ecosport > Xpander
mantap yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 4:54
fannykuncoro wrote: Fri Jan 06, 2023 4:46
Suryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 2:47

hati2 klo jalan jauh mbah
bisa naik bbrp psi.

tekanan max yg tertera di sidewall ban brp?
Yg tertera max 45 psi om
Saran aja
Klo mbah suka tekanan yg lbh tinggi, baiknya hindari tekanan lebih tinggi dr ~35 PSI

Krn klo 40 psi, itu sudah menyentuh batas max pressure (ketika lg jalan jauh dan suhu panas bisa naik 10 an%).

Resikonya bisa pecah ban mbah :big_peace:
Makasih mbah sarannya... Tapi entah knp 35 psi buat saya kaya kerasa kempes ya.. Mungkin udah terbiasa 40 psi kali ya? Klo gitu ambil tengahnya aja ya mbah 38 psi (kok kaya tawar menawar barang) hahaha... Makasih mbah... :big_peace:
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by fannykuncoro »

josomba wrote: Fri Jan 06, 2023 5:03 Angka psi yg di dinding ban adalah max COLD tire pressure.

Kalau tertulis 45psi, diisi 40psi ya aman... Ga perlu pusing pas panas ngembang dll.
Betul om... Sepengalaman saya sih klo panas ngembang naik cuma 1 psi, kebanyakan sih selalu turun 3 - 4 psi setiap bulan..