Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 992
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by pendoli »

Ntabs om, ganti lampu jadi lebih terang ga?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

pendoli wrote: 25 Aug 2022, 15:48 Ntabs om, ganti lampu jadi lebih terang ga?
Mayan om tambah mini projie Pro7 mp 88 buat bantu penerangan juga
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by well »

ajimartin wrote: 25 Aug 2022, 15:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 514
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by satriakarisma »

Karawangnya belah mana om?
Pilatypus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: 01 Jan 2022, 22:37
Daily Vehicle: Ertiga K14B

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Pilatypus »

well wrote: 25 Aug 2022, 16:38
ajimartin wrote: 25 Aug 2022, 15:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

well wrote: 25 Aug 2022, 16:38
ajimartin wrote: 25 Aug 2022, 15:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Aman aman aja sih saya om
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

satriakarisma wrote: 25 Aug 2022, 16:47 Karawangnya belah mana om?
Galuh mas om
t105erd
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by t105erd »

Resing banget om ertiganya. Itu diceperin yah om? Pakai ukuran ban berapa? Ini mobil enak bgt dipakai, irit, senyap dan empuk dikelasnya, cuma joknya gampang kotor harus rajin bersihin
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

t105erd wrote: 25 Aug 2022, 19:09 Resing banget om ertiganya. Itu diceperin yah om? Pakai ukuran ban berapa? Ini mobil enak bgt dipakai, irit, senyap dan empuk dikelasnya, cuma joknya gampang kotor harus rajin bersihin
Ceperin dikit om, velg R16 lebar 7 et40, ban 205x50.
Enak om apalagi kalo udah tambah peredam + custok 3 way, upgrade tenaga nya sedikit biar makin enak, di tahun keempat cover jok saya udah nyerah om buluk akhirnya diganti MBtech paten 😂
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by well »

Pilatypus wrote: 25 Aug 2022, 17:06
well wrote: 25 Aug 2022, 16:38
ajimartin wrote: 25 Aug 2022, 15:30 Diakhir tahun 2015 ada niat untuk membeli sebuah mobil, niat hati ingin membawa pulang ANKI 2.0 2015 namun kondisi garasi tidak memadai untuk mobil sebesar ANKI, akhirnya hunting mobilio dan ertiga, saat itu mobilio belum ada facelift masih dengan interior kisi AC bulat itu yg membuat saya batal spk mobilio. akhirinya pilihan jatuh ke ertiga dengan berbagai pertimbangan :big_childish:
Singkat cerita mobil ini dipakai setiap hari untuk ke kantor dengan jarak PP 45km, dan mudik setiap tahun dengan jarak 1500km. so far cukup puas dengan mobil ini, dengan suspensi yg cukup empuk dipadukan dengan kualitas interior yg cukup memuaskan walaupun untuk sektor mesin masih kurang tenaga mobil ini. mobil ini bisa dibilang tidak rewel, hanya issue kaki kaki glodakan saat itu dan teratasi dengan penggantian link stabilizer, sektor mesin hanya penggantian rutin oli mesin dan oli transmisi, oli mesin rutin menggunakan ams ss atau qiueit 0-20w. Sekarang mobil ini sudah menempuh 138000km, sejauh ini tidak ada keluhan fatal pada mobil ini. masuk tahun 2019 mulai tergoda dengan part part modifikasi, akhirnya mulai dengan mengganti kaki kaki dan velg serta ban, kemudian menular dengan melakukan porting n polish dan melakukan penggantian header hingga muffler, finnaly saya memasang piggyback unichip X+ untuk memaksimalkan output tenaga mobil ini. makin tua ini mobil malah makin seru dikendarai, semoga setelah berkeluarga nanti part part mods yg sudah terpasang tetap aman :big_grin: :big_grin:

Kesimpulan :
+ Suspensi empuk dalam kondisi standar
+ Konsumsi BBM cukup irit.
+ Kualitas bahan interior cukup memuaskan
+ Jok sangat tebal dikelasnya

- tenaga mesin pas pasan
- bagasi sempit



Image
Image
om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

well wrote: 26 Aug 2022, 09:03
Pilatypus wrote: 25 Aug 2022, 17:06
well wrote: 25 Aug 2022, 16:38

om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
kalo ga salah beda kompresi deh om walaupun mesin sama
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2282
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by PRBS »

di porting-polish, keiritannya tetap terjaga om?
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

PRBS wrote: 26 Aug 2022, 10:42 di porting-polish, keiritannya tetap terjaga om?
mirip mirip standar soal keiritan om, pp karawang padang 1500km abis 1.2jt full pertamax
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2912
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by evanbngdor »

Kopling msh standar kah Om? Udah pernah ganti kopling?

Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
daimler
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by daimler »

Wih mantap pakenya oli kelas keraton, biasa ganti tiap berapa km om olinya?
Menurit pabrikan mobil jaman now celah2 mesin semakin presisi dan rapat, cuma dengan kondisi iklim di indo yg tropis cenderung panas pakai oli yg encer 0w-20 gimana?
Planned Obsolescence is inevitable expensive cars≠more reliable
Image
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

evanbngdor wrote: 26 Aug 2022, 14:43 Kopling msh standar kah Om? Udah pernah ganti kopling?

Pengalaman saya kopling ertiga itu lama kelamaan jd keras
:mky_01:
Kopling ganti pake racing om :big_peace:
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

daimler wrote: 26 Aug 2022, 17:58 Wih mantap pakenya oli kelas keraton, biasa ganti tiap berapa km om olinya?
Menurit pabrikan mobil jaman now celah2 mesin semakin presisi dan rapat, cuma dengan kondisi iklim di indo yg tropis cenderung panas pakai oli yg encer 0w-20 gimana?
Yg saya rasa sih ngga ada kendala di mesin, ada penguapan sedikit di km 7000an, saya biasa pakai 8-9rb
black2345
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by black2345 »

well wrote: 26 Aug 2022, 09:03
Pilatypus wrote: 25 Aug 2022, 17:06
well wrote: 25 Aug 2022, 16:38

om, pakai sae 0w20 aman y? di bukman setahu saya paling kecil w30
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
Bantu jawab
Meskipun sama2 berkode k14b, ternyata ertiga pernah ada improvement di mesin tanpa gembar gembor. Ertiga gen 1 dari awal hingga pre fl olienya pakai 5w-30, setelah fl hingga all new & xl7 pakai olie 0w-30(atau 20, lupa pastinya)

Btw sy ngerasa ertiga gen ini yg paling pas bentuknya 😅
Tambahin roofbox model slim bakal lebih cakep lahi nih om
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

black2345 wrote: 26 Aug 2022, 19:33
well wrote: 26 Aug 2022, 09:03
Pilatypus wrote: 25 Aug 2022, 17:06
Tergantung tahunnya om. Tahun awal bukman paling kecil 5W-30, belakangan bukman bisa 0W-20 kalo ga salah.
oh, padahal mesinnya sama y?
pny ortu sy tahun 2013 akhir di bukman paling kecil w30.
apa waktu tahun itu blm ada yg jual sae 20 y? :big_smile]
Bantu jawab
Meskipun sama2 berkode k14b, ternyata ertiga pernah ada improvement di mesin tanpa gembar gembor. Ertiga gen 1 dari awal hingga pre fl olienya pakai 5w-30, setelah fl hingga all new & xl7 pakai olie 0w-30(atau 20, lupa pastinya)

Btw sy ngerasa ertiga gen ini yg paling pas bentuknya 😅
Tambahin roofbox model slim bakal lebih cakep lahi nih om
Betul om ada improve di mesin yg bertujuan untuk efisiensi bahan bakar cuma mengorbankan tenaga yg dipangkas 😂
Yup bener pasangin roofbox otorack limitless cakep 🙈
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Pboyz97 »

nice review om. ertiga ini memang salah 1 lmpv favorit saya karena fiturnya yg cukup lengkap + salah 1 yg paling nyaman dikelasnya dan desainnya masih enak dilihat sampai sekarang
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
Otomania
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 19 Aug 2020, 10:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda suzuki

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Otomania »

Dlu smpet udh hampir spk type ini,tp apa daya blm ksanpean,mlah dpt nya yg allnew batch awal,kdang suka ngerasa mobil klo di pake keseringan setiap hari kyak ada rasa jd kurang enak,pas 2-3hari ga megang mobil,gliran nyetir lg jd terasa enak lg,apa bhasa teknikal nya ya perasaan kyak gtu
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: 08 Feb 2017, 10:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Bean06 »

Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by ajimartin »

Bean06 wrote: 27 Aug 2022, 07:28 Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
Saya malah lebih suka om lebih clean walaupun ngorbanin fungsi 😂
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: 08 Feb 2017, 10:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Review New Ertiga 1.4 MT 2015

Post by Bean06 »

ajimartin wrote: 27 Aug 2022, 09:48
Bean06 wrote: 27 Aug 2022, 07:28 Sayang rumah rear fog lamp dieliminasi model FL ini
Saya malah lebih suka om lebih clean walaupun ngorbanin fungsi 😂
Iya kalau ga dipasang mending polosan. Satu lagi desain wheel spoke lebih suka subjektif yang awal elegan, mirip crown 90 atau Teana JM.
Post Reply