[Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

[Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by daimler »

Dear all rekan2 SM
Kira2 penghuni sini adakah yang prefer pakai oli bawaan beres kaya TMO, SGO, NGO, HGO, dll buat mobilnya dan ga pakai oli yang dibuat oleh pabrik yang tidak membuat kendaraan seperti motul, total, pertamina, ptt, q8, amsoil, dll. Setau ogut pabrikan mobil tidak memformulasikan genuine oil mereka secara langsung, namun menunjuk perusahaan pihak ketiga untuk membuat oli untuk spesifikasi mobilnya ( suzuki->ecstar, honda->idemitsu, nissan->idemitsu #cmiiw :big_peace: )
Cerita dong alasannya kalau lebih prefer oli bawaan beres ( selain karena awal2 servis biasanya dapet gratis)
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by doge »

males repot

toh cuma mobil kaki, bukan koleksi
:ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by b0ku »

itumah oli alakadarnya kualitas asal gelinding harga premium mendingan beli merek yang mahal sekalian :big_bored:

kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas :big_bored:
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Iriawans »

mau yg simple aja, males beli oli sendiri dan ada resiko oli palsu
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 843
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by well »

karena masih garansi, garansi akan hangus kalau tidak servis sesuai dengan spek bengkel resmi.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Tampanman »

Ga tau kenapa mesin mobil ga pernah ada masalah kalau pakai oli bawaan beres asal pilihnya yang full sintetik
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ChZ »

utk mobil yang umum2 dan specnya agak sembarang, pakai oli bawaan pabrik udah cukup. gak cocok kan 5ribu paling buang.

tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ctopher7 »

ChZ wrote:utk mobil yang umum2 dan specnya agak sembarang, pakai oli bawaan pabrik udah cukup. gak cocok kan 5ribu paling buang.

tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
ini kyk kasus 2017-2018 pas cibo sama crvbo baru muncul ya om, yang epro gold dikasih buat mesin turbo. itu kalo gasalah pada ngeluh 2000/3000 km gitu oci indikator uda keluar?
pecinta bio solar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ChZ »

ctopher7 wrote: Tue Aug 30, 2022 4:43 ini kyk kasus 2017-2018 pas cibo sama crvbo baru muncul ya om, yang epro gold dikasih buat mesin turbo. itu kalo gasalah pada ngeluh 2000/3000 km gitu oci indikator uda keluar?
Iya mbah. Ternyata penguapannya tinggi. Ya di sapu jagat ama mesin mesin NA lain yang emang mesin jadul :mky_05:

Abis itu dia keluarin epro turbo. Udah ga pernah denger oci gak wajar lg sih

Ane sih dulu gak ngalamin, mungkin jarang kena macet juga. Kalau sering kena macet mungkin penguapannya tinggi.

Merek lain juga tidak jarang oli specnya gak sesuai.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by kenop »

Pake SGO dr baru sampe 160rb km pas dijual, krn murah dan sekalian servis berkala (yg jasanya murah jg di suzuki)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by ChZ »

untuk oli2an sebenernya salam satu mesin ala pabrikan eropa itu lbh safe. ga kebanyakan jenis mesin jadi patokan oli ya 1-2 jenis aja. misal BMW B48 olinya ya sama mau seri 3 atau seri 5.

honda pun sejak keluar epro turbo pokoknya NA = pake gold (gak tau knp skrg semua diratain pake gold).
turbo langsung diarahin epro turbo.

maruti eh susuki juga aman rata mesin K15B semua. mazda juga salam satu mesin.

kalau kebanyakan tipe kayak toyota nissan atau hyundai yang gak salam satu mesin, rada bahaya nyerahin ke bengkel resmi tanpa pengawasan. toyota masih sering ketuker koq oli CVT sama ATF.

yg produk lower end mungkin gpp, produk higher up nya yang rawan. merek amerika itu dulu jg suka salah spek. produknya gado-gado sih ada yang buatan korea ada yang buatan thailand dll jarang yang seragam.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by daimler »

b0ku wrote: Mon Aug 29, 2022 23:40 itumah oli alakadarnya kualitas asal gelinding harga premium mendingan beli merek yang mahal sekalian :big_bored:

kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas :big_bored:
Nah iya mbah ogut termasuk ya merasa oli beres itu kualitas gitu aja harganya overpriced. Kalopun ga ngejer top speed dan performa mesin, setidaknya pake oli2 yg seharga oli beres lebih value for money. Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai :mky_04:
ChZ wrote: Tue Aug 30, 2022 4:12 utk mobil yang umum2 dan specnya agak sembarang, pakai oli bawaan pabrik udah cukup. gak cocok kan 5ribu paling buang.

tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
Belum lagi oli2 sebenernya ada 5 grup ga hanya mineral dan sintetis doang. Botol oli paling cm nyantumin API, SAE. Bbrp ada yg ILSAC sama ACEA, tapi oli beres sejauh ini cuma API sama SAE. Mana kalo mau tah MSDS atau PDS nya kudu googling, setidaknya klo disediain QR code di botol oli yg merujuk ke MSDS/PDS kan lebih detil, ibaratnya itu komposisi nilai gizi olinya ya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by yaseinotulip »

Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai :mky_04:
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by AbdulHakim »

yaseinotulip wrote: Tue Aug 30, 2022 13:43 Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai :mky_04:
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
hayolo.. kena sentil khan ama om yaseinotulip :big_biglaugh:
sebagai soft reminder aja om, di SM ini kita musti lebih menjaga narasi kalimat yang akan ditulis.
SM ga sama dengan forum-forum lain yg bebas-sebebasnya beropini tanpa "rem".
saya juga pas awal-awal sempat juga dijewer sama sepuh-sepuh di sini, jadinya kalo mau reply sesuatu itu sebelum teken tombol submit, dibaca lagi, ditimbang kira-kira kalimat yg kita tulis itu sudah tepat dan bermanfaat, tanpa bermaksud menyinggung perasaan yang membaca.
Tapi kadang kalo lagi keburu napsu pengen comment, bablas juga.. ya sudah, siap2 disentil :big_biglaugh:
just my receh om, tanpa bermaksud menggurui.. hanya sharing pengalaman saja :big_blushing:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by b0ku »

yaseinotulip wrote: Tue Aug 30, 2022 13:43
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
lebih cuan kalo turun mesin om ongkos kerjanya nampoooool kek 100X ganti oli cuannya, ud gitu kenanya pasti di kilometer gede tinggal siul aja belaga bego ngomong maklum pak ud banyak jalan kalo mobilnya ud ketuaan maklum pak mobil tuaaaa padahal telat ganti oli bisa bikin ring piston bocor.... :wkkk:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by daimler »

AbdulHakim wrote: Tue Aug 30, 2022 14:01 hayolo.. kena sentil khan ama om yaseinotulip :big_biglaugh:
sebagai soft reminder aja om, di SM ini kita musti lebih menjaga narasi kalimat yang akan ditulis.
SM ga sama dengan forum-forum lain yg bebas-sebebasnya beropini tanpa "rem".
saya juga pas awal-awal sempat juga dijewer sama sepuh-sepuh di sini, jadinya kalo mau reply sesuatu itu sebelum teken tombol submit, dibaca lagi, ditimbang kira-kira kalimat yg kita tulis itu sudah tepat dan bermanfaat, tanpa bermaksud menyinggung perasaan yang membaca.
Tapi kadang kalo lagi keburu napsu pengen comment, bablas juga.. ya sudah, siap2 disentil :big_biglaugh:
just my receh om, tanpa bermaksud menggurui.. hanya sharing pengalaman saja :big_blushing:
Iya nih
Suhu2 dimari nubi minta maaf kalo opininya tendensius ga bermaksud menyinggung sama sekali
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by rendr »

Udah ada trit oli yah. Berjilid2 itu, coba di baca2 aja ada ilmu disana yg bisa diambil.

Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja

API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.

Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km

Nanti baru ketemu logic nya...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by wicaksono99 »

yaseinotulip wrote: Tue Aug 30, 2022 13:43 Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai :mky_04:
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
Di beres suzuki nyantumin kok per 5rb km atau 3 bulan ganti oli berikutnya, tapi banyak ditanya balik konsumen.. Loh kok 5rb km / 3 bulan? Bukannya ini di buku manual bisa sampe 10rb km / 6bulan... Konsumen taunya begitu, ya udahlah dibuat sapu jagat 10rb km/6 bulan aja deh. Toh selama masa garansi itu mesin gak bakal kenapa2 (masa garansi 3thn atau 100rb km mana duluan tercapai). Habis masa garansi ya bengkel cuan lah..semua biaya dibebankan konsumen toh.

Pernah denger kalimat "mobil ini gak perlu ganti oli transmisi karena olinya seumur hidup"? Benar atau salah? Gak sepenuhnya benar dan gak sepenuhnya salah.. Karna sebenernya oli tersebut seumur garansi mobilnya, selama masa garansi ya beres bakal ganti kerusakan yang ditimbulkan.. Tapi saat garansi habis ya gak bakal beres mau ganti secara gratis.

Yang perlu diperhatikan pakai fluida standar merk bawaan ya selama masa garansi ya oke2 aja.. Gak bakal timbul kejadian macem2, toh kalau ada rusak selama masa garansi akan diganti kok sama beres. Tapi kalau garansinya sudah habis ya semua ditanggung konsumen. Mungkin bisa dicek di buku manual klausal pemakaian kendaraan kondisi ringan dan berat (kalau bhs inggris "normal use" & "severe use"). Tiap2 merk mobil pasti ada kondisi ini dan berbeda umur interval pergantiannya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9621
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Tue Aug 30, 2022 15:25
yaseinotulip wrote: Tue Aug 30, 2022 13:43 Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai :mky_04:
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
Di beres suzuki nyantumin kok per 5rb km atau 3 bulan ganti oli berikutnya, tapi banyak ditanya balik konsumen.. Loh kok 5rb km / 3 bulan? Bukannya ini di buku manual bisa sampe 10rb km / 6bulan... Konsumen taunya begitu, ya udahlah dibuat sapu jagat 10rb km/6 bulan aja deh. Toh selama masa garansi itu mesin gak bakal kenapa2 (masa garansi 3thn atau 100rb km mana duluan tercapai). Habis masa garansi ya bengkel cuan lah..semua biaya dibebankan konsumen toh.

Pernah denger kalimat "mobil ini gak perlu ganti oli transmisi karena olinya seumur hidup"? Benar atau salah? Gak sepenuhnya benar dan gak sepenuhnya salah.. Karna sebenernya oli tersebut seumur garansi mobilnya, selama masa garansi ya beres bakal ganti kerusakan yang ditimbulkan.. Tapi saat garansi habis ya gak bakal beres mau ganti secara gratis.

Yang perlu diperhatikan pakai fluida standar merk bawaan ya selama masa garansi ya oke2 aja.. Gak bakal timbul kejadian macem2, toh kalau ada rusak selama masa garansi akan diganti kok sama beres. Tapi kalau garansinya sudah habis ya semua ditanggung konsumen. Mungkin bisa dicek di buku manual klausal pemakaian kendaraan kondisi ringan dan berat (kalau bhs inggris "normal use" & "severe use"). Tiap2 merk mobil pasti ada kondisi ini dan berbeda umur interval pergantiannya.
Sepemikiran mbah.

Indonesia ini gakda dalam kamus, masuk kondisi normal use

Melihat kondisi macet, panas, debu, udh pasti masuk severe service requirement, yg artinya ganti oli lbh cepat dibanding penggunaan normal.

Artinya normal = jarang macet

Di manual book honda jg gtu mbah.
Kondisi severe service ini adalah:
- berkendara jarak <8km
- sering stop and go
- berdebu
- dan sejenisnya

Disuruh ganti per 5rb km atau 3 bulan, menggunakan oli genuine Honda.

Artinya ya this is Indonesia, cocok dgn kondisi severe service.

Mau ganti 10rb Km?
Ya pakai lah Amsoil Signature, dan sejenisnya :big_biglaugh:

Maka dari itu memang kita perlu membaca "T&C" di dalam manual service book :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by sahabatq8 »

b0ku wrote: Mon Aug 29, 2022 23:40 itumah oli alakadarnya kualitas asal gelinding harga premium mendingan beli merek yang mahal sekalian :big_bored:

kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas :big_bored:
Yang pernah jebol girbox jenis apa om?
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by DrivingPotato »

Biasanya sih karena masih warranty jadi supaya nggak gugur nurut aja dulu.

Tp saya sih dah ga pake oli Mazda lg meski masih warranty, gila tuh oli Mazda skrg dijual 201rb exclude tax :big_biglaugh:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by daimler »

rendr wrote: Tue Aug 30, 2022 15:00 Udah ada trit oli yah. Berjilid2 itu, coba di baca2 aja ada ilmu disana yg bisa diambil.

Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja

API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.

Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km

Nanti baru ketemu logic nya...
Siap mbah :big_okay: nubi jg masih belajar kode2 oli itu
Suryaputra wrote: Tue Aug 30, 2022 16:10
Sepemikiran mbah.

Indonesia ini gakda dalam kamus, masuk kondisi normal use

Melihat kondisi macet, panas, debu, udh pasti masuk severe service requirement, yg artinya ganti oli lbh cepat dibanding penggunaan normal.

Artinya normal = jarang macet

Di manual book honda jg gtu mbah.
Kondisi severe service ini adalah:
- berkendara jarak <8km
- sering stop and go
- berdebu
- dan sejenisnya

Disuruh ganti per 5rb km atau 3 bulan, menggunakan oli genuine Honda.

Artinya ya this is Indonesia, cocok dgn kondisi severe service.

Mau ganti 10rb Km?
Ya pakai lah Amsoil Signature, dan sejenisnya :big_biglaugh:

Maka dari itu memang kita perlu membaca "T&C" di dalam manual service book :big_peace:
Setuju mbah, nubi ada pengalaman ganti oli selalu ngikutin anjuran bukman 10rb/6bln pakai oli bawaan mobil, sampai suatu ketika nyoba ganti oli di s*d, kata mekaniknya keliatan ada kerak dikit2 dr lubang oli yg menurutnya akibat telat ganti oli. Padahal nubi rutin ganti tiap 10rb/6bln di beres. Dulu nubi ga paham apa2 soal otomotif jd ya nurut2 aja, ga merhatiin severe/normal driving condition dll :big_childish:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9621
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 17:39
rendr wrote: Tue Aug 30, 2022 15:00 Udah ada trit oli yah. Berjilid2 itu, coba di baca2 aja ada ilmu disana yg bisa diambil.

Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja

API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.

Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km

Nanti baru ketemu logic nya...
Siap mbah :big_okay: nubi jg masih belajar kode2 oli itu
Suryaputra wrote: Tue Aug 30, 2022 16:10
Sepemikiran mbah.

Indonesia ini gakda dalam kamus, masuk kondisi normal use

Melihat kondisi macet, panas, debu, udh pasti masuk severe service requirement, yg artinya ganti oli lbh cepat dibanding penggunaan normal.

Artinya normal = jarang macet

Di manual book honda jg gtu mbah.
Kondisi severe service ini adalah:
- berkendara jarak <8km
- sering stop and go
- berdebu
- dan sejenisnya

Disuruh ganti per 5rb km atau 3 bulan, menggunakan oli genuine Honda.

Artinya ya this is Indonesia, cocok dgn kondisi severe service.

Mau ganti 10rb Km?
Ya pakai lah Amsoil Signature, dan sejenisnya :big_biglaugh:

Maka dari itu memang kita perlu membaca "T&C" di dalam manual service book :big_peace:
Setuju mbah, nubi ada pengalaman ganti oli selalu ngikutin anjuran bukman 10rb/6bln pakai oli bawaan mobil, sampai suatu ketika nyoba ganti oli di s*d, kata mekaniknya keliatan ada kerak dikit2 dr lubang oli yg menurutnya akibat telat ganti oli. Padahal nubi rutin ganti tiap 10rb/6bln di beres. Dulu nubi ga paham apa2 soal otomotif jd ya nurut2 aja, ga merhatiin severe/normal driving condition dll :big_childish:
That's the whole point

Sama kaya, oli matic lifetime.
Fact: Bnyk case rusak overhaul, karena ngikut petunjuk beres, ujung"nya sebagian org cuanin beres lbh gede.

Makanya ada forum ini untuk saling share satu sama lain :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by RezPrat »

Teringat dulu waktu pake subaru XV, sama beres dikasi oli mobil1 5w50, hahhaahah. Ane protes sampe email ke motor image JKT. Akhirnya OCi selanjutnya beres Subaru d kota ane nyetok Shell hx8 5w30. Subaru XV d bukman minta 0w20 sampe buntut 30 hahha. Untung ane protes, hitung2 nolong konsumen lain yg gak ngeh.
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil

Post by omnyanaira »

kenop wrote: Tue Aug 30, 2022 6:17 Pake SGO dr baru sampe 160rb km pas dijual, krn murah dan sekalian servis berkala (yg jasanya murah jg di suzuki)
Klo skrg pas udh ganti XP pake olinya apa om kenop??
Oli mitsubhisi jg kah om?