Page 1 of 24

Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 4:25
by WiraSoenaryo
Halo,

Silakan dilanjutkan disini ya
Part 01 : https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... f=4&t=5657
Terima kasih.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 4:27
by marmut
pertamax.....

:big_grin:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 4:30
by sahabatq8
🎉 pindah rumah 🎉

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 4:48
by sahabatq8
Ini yang ane pernah nanya dari Q8 pusat.
Screenshot_20220918-114018__01__01.jpg
Intinya DCTF DCT EVO bisa buat manual asal saenya sesuai. V100 di 6.9 dia basically kyk 75w dan punya additive buat wet clutch , maupun untuk manual.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 7:00
by sintoni
sahabatq8 wrote: ↑Sun Sep 18, 2022 4:30
Fiesta 1.5 2013 om.

Ane tanya2 dulu aja ya, belum tentu beli loh. Hahahaha.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 7:32
by sahabatq8
sintoni wrote: ↑Sun Sep 18, 2022 7:00
sahabatq8 wrote: ↑Sun Sep 18, 2022 4:30
Fiesta 1.5 2013 om.

Ane tanya2 dulu aja ya, belum tentu beli loh. Hahahaha.
Siap, 75w emang susah ya cari disini, kemaren nyari 70w buat santa fe jg gak ada.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 8:44
by daimler
Horeee rumah baruu

:big_grin:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Sun Sep 18, 2022 23:50
by blloewy
Page One mejeng dulu

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 1:27
by DOHC
tret gardan transmisi ga sekenceng olmes yah ...

btw pejwan dl ah

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 1:47
by evanbngdor
Numpang mejeng aaah
:mky_03:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 2:18
by Profith83
Page one... numpang mejeng ...

Oli gardan 75w90 kalau gak salah katanya Om Turbo ada di BeRes, produksi Thailand.
Harus indent

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 3:07
by pisangGoreng007
Kemarin sempet coba ganti oki cvt xpander di tempat mbah Marmut.

Baca di buku manual, oli cvt nya ada sekitar 7.5 liter. Nah saat di drain yg keluar cmn 2.5 liter.. coba ganti pakai aisin cfex, rasanya sama aja seperti oli bawaan nya Mitsu & warna oli nya sama2 merah.

Setelah ganti oli cvt, ttp ada hentakan saat pindah gigi dr D ke N nya, mungkin memang karakter cvt nya xpander kya gini.. Apa suhu2 ada yg ngalanin hal yg sama di cvt nya xpander?

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 3:10
by sintoni
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 1:27 tret gardan transmisi ga sekenceng olmes yah ...

btw pejwan dl ah
Ya iya dong mbah, oli mesin ganti 5-10rb atau 6 bulan - 1 tahun sekali, jadi lebih sering galau milihnya.

Kalau oli gardan / transmisi paling cuma 2 tahun sekali galaunya, terus jg lebih bnyak yg setia sama oli bawaan BeRes.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 3:27
by blloewy
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:07 Kemarin sempet coba ganti oki cvt xpander di tempat mbah Marmut.

Baca di buku manual, oli cvt nya ada sekitar 7.5 liter. Nah saat di drain yg keluar cmn 2.5 liter.. coba ganti pakai aisin cfex, rasanya sama aja seperti oli bawaan nya Mitsu & warna oli nya sama2 merah.

Setelah ganti oli cvt, ttp ada hentakan saat pindah gigi dr D ke N nya, mungkin memang karakter cvt nya xpander kya gini.. Apa suhu2 ada yg ngalanin hal yg sama di cvt nya xpander?
ini drain di pemakaian berapa Om?
Jadinya ganti 2,5 L aja ya kemarin itu si pandernya?

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 3:28
by blloewy
sintoni wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:10
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 1:27 tret gardan transmisi ga sekenceng olmes yah ...

btw pejwan dl ah
Ya iya dong mbah, oli mesin ganti 5-10rb atau 6 bulan - 1 tahun sekali, jadi lebih sering galau milihnya.

Kalau oli gardan / transmisi paling cuma 2 tahun sekali galaunya, terus jg lebih bnyak yg setia sama oli bawaan BeRes.
pilihan ngga banyak om dan lagi pake dari BERES lbh aman sampe 2 tahun ke depan
(yg MT ya :big_peace: )

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 4:25
by pisangGoreng007
blloewy wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:27
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:07 Kemarin sempet coba ganti oki cvt xpander di tempat mbah Marmut.

Baca di buku manual, oli cvt nya ada sekitar 7.5 liter. Nah saat di drain yg keluar cmn 2.5 liter.. coba ganti pakai aisin cfex, rasanya sama aja seperti oli bawaan nya Mitsu & warna oli nya sama2 merah.

Setelah ganti oli cvt, ttp ada hentakan saat pindah gigi dr D ke N nya, mungkin memang karakter cvt nya xpander kya gini.. Apa suhu2 ada yg ngalanin hal yg sama di cvt nya xpander?
ini drain di pemakaian berapa Om?
Jadinya ganti 2,5 L aja ya kemarin itu si pandernya?
pemakaian sekitar 15rb Km Om,.. Iya om, krn yg ke drain itu 2,5 liter Om. Pakai xpander cvt jg Om?

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 4:39
by blloewy
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 4:25
blloewy wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:27
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:07 Kemarin sempet coba ganti oki cvt xpander di tempat mbah Marmut.

Baca di buku manual, oli cvt nya ada sekitar 7.5 liter. Nah saat di drain yg keluar cmn 2.5 liter.. coba ganti pakai aisin cfex, rasanya sama aja seperti oli bawaan nya Mitsu & warna oli nya sama2 merah.

Setelah ganti oli cvt, ttp ada hentakan saat pindah gigi dr D ke N nya, mungkin memang karakter cvt nya xpander kya gini.. Apa suhu2 ada yg ngalanin hal yg sama di cvt nya xpander?
ini drain di pemakaian berapa Om?
Jadinya ganti 2,5 L aja ya kemarin itu si pandernya?
pemakaian sekitar 15rb Km Om,.. Iya om, krn yg ke drain itu 2,5 liter Om. Pakai xpander cvt jg Om?
ngga om...saya makenya Skywave CVT :big_biglaugh:
cuma pengen tau aja kualitas JATCO krn infonya itu CVT Nissan yg dipasang di Expander :big_grin:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 5:11
by pisangGoreng007
blloewy wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 4:39
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 4:25
blloewy wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:27

ini drain di pemakaian berapa Om?
Jadinya ganti 2,5 L aja ya kemarin itu si pandernya?
pemakaian sekitar 15rb Km Om,.. Iya om, krn yg ke drain itu 2,5 liter Om. Pakai xpander cvt jg Om?
ngga om...saya makenya Skywave CVT :big_biglaugh:
cuma pengen tau aja kualitas JATCO krn infonya itu CVT Nissan yg dipasang di Expander :big_grin:
mari kita pantau sama2 om, semoga CVT yg ini ada improvement :big_peace:

pas lg service kemaren ke mitsu, saya sempet ngobrol sm SA nya. beliau bilang CVT xpander yg ini beda dengan cvt mitsu & nissan yg dulu2..
semoga aja lbh awet & sparepart nya bisa di ganti per satuan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 7:54
by josomba
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:07 Kemarin sempet coba ganti oki cvt xpander di tempat mbah Marmut.

Baca di buku manual, oli cvt nya ada sekitar 7.5 liter. Nah saat di drain yg keluar cmn 2.5 liter.. coba ganti pakai aisin cfex, rasanya sama aja seperti oli bawaan nya Mitsu & warna oli nya sama2 merah.

Setelah ganti oli cvt, ttp ada hentakan saat pindah gigi dr D ke N nya, mungkin memang karakter cvt nya xpander kya gini.. Apa suhu2 ada yg ngalanin hal yg sama di cvt nya xpander?
7.5L mungkin dryfill kali ya om? Kalau service fill mungkin 2-3L aja memang.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 8:37
by DOHC
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 5:11
blloewy wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 4:39
pisangGoreng007 wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 4:25

pemakaian sekitar 15rb Km Om,.. Iya om, krn yg ke drain itu 2,5 liter Om. Pakai xpander cvt jg Om?
ngga om...saya makenya Skywave CVT :big_biglaugh:
cuma pengen tau aja kualitas JATCO krn infonya itu CVT Nissan yg dipasang di Expander :big_grin:
mari kita pantau sama2 om, semoga CVT yg ini ada improvement :big_peace:

pas lg service kemaren ke mitsu, saya sempet ngobrol sm SA nya. beliau bilang CVT xpander yg ini beda dengan cvt mitsu & nissan yg dulu2..
semoga aja lbh awet & sparepart nya bisa di ganti per satuan
Mmg beda om

Jatco yg terbukti ampas itu jaman gen 2000an pertengahan ampe akhir, masup 2010 an ampe skrg ud versi refine , terutama di belt baja nya yg ud d improve (lagi2 di studi kasus nya di malon)

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 8:37
by DOHC
sintoni wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:10
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 1:27 tret gardan transmisi ga sekenceng olmes yah ...

btw pejwan dl ah
Ya iya dong mbah, oli mesin ganti 5-10rb atau 6 bulan - 1 tahun sekali, jadi lebih sering galau milihnya.

Kalau oli gardan / transmisi paling cuma 2 tahun sekali galaunya, terus jg lebih bnyak yg setia sama oli bawaan BeRes.
Fiesta nya akir nya pake oli metik apa mbah ?

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 8:41
by sintoni
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 8:37
sintoni wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:10
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 1:27 tret gardan transmisi ga sekenceng olmes yah ...

btw pejwan dl ah
Ya iya dong mbah, oli mesin ganti 5-10rb atau 6 bulan - 1 tahun sekali, jadi lebih sering galau milihnya.

Kalau oli gardan / transmisi paling cuma 2 tahun sekali galaunya, terus jg lebih bnyak yg setia sama oli bawaan BeRes.
Fiesta nya akir nya pake oli metik apa mbah ?
Masih belum tau sih mbah,

Mungkin lebih condong ke MTF sih.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 9:14
by DOHC
sintoni wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 8:41
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 8:37
sintoni wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 3:10

Ya iya dong mbah, oli mesin ganti 5-10rb atau 6 bulan - 1 tahun sekali, jadi lebih sering galau milihnya.

Kalau oli gardan / transmisi paling cuma 2 tahun sekali galaunya, terus jg lebih bnyak yg setia sama oli bawaan BeRes.
Fiesta nya akir nya pake oli metik apa mbah ?
Masih belum tau sih mbah,

Mungkin lebih condong ke MTF sih.
duluuu banget , kita orang perna baca mbah, perbezaan antara oli atf dan gear manual oil apa, nah sala satu poin knapa oli MTF ga bole tuker2an dgn ATF (walaupun sama2 utk gear jg kan) iaitu karena sifat conductivity nya , smua atf jenis apapun didisain lebi less (atau more, lupa mana yg bener) conductive, scara kan komponen mekatronik, selenoid2 dkk itu kan smua ngalirin listrik, nah masalah conductivity ini yg bsa bkin error TCU nya (ini jg alesan nya knapa utk metik2 canggih yurop atau yerman agak bawel dan spesifik utk oli atf nya)

cuman entahla kl buat DCT nya fiesta, mungkin ud generasi canggih kl :upss: :upss: :upss:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 10:22
by sintoni
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 9:14
duluuu banget , kita orang perna baca mbah, perbezaan antara oli atf dan gear manual oil apa, nah sala satu poin knapa oli MTF ga bole tuker2an dgn ATF (walaupun sama2 utk gear jg kan) iaitu karena sifat conductivity nya , smua atf jenis apapun didisain lebi less (atau more, lupa mana yg bener) conductive, scara kan komponen mekatronik, selenoid2 dkk itu kan smua ngalirin listrik, nah masalah conductivity ini yg bsa bkin error TCU nya (ini jg alesan nya knapa utk metik2 canggih yurop atau yerman agak bawel dan spesifik utk oli atf nya)

cuman entahla kl buat DCT nya fiesta, mungkin ud generasi canggih kl :upss: :upss: :upss:
Soalnya si Fiesta ini aslinya transmisi manual yg dikontrol sama komputer mbah. Haha.

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Posted: Mon Sep 19, 2022 10:39
by Suryaputra
sintoni wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 10:22
DOHC wrote: ↑Mon Sep 19, 2022 9:14
duluuu banget , kita orang perna baca mbah, perbezaan antara oli atf dan gear manual oil apa, nah sala satu poin knapa oli MTF ga bole tuker2an dgn ATF (walaupun sama2 utk gear jg kan) iaitu karena sifat conductivity nya , smua atf jenis apapun didisain lebi less (atau more, lupa mana yg bener) conductive, scara kan komponen mekatronik, selenoid2 dkk itu kan smua ngalirin listrik, nah masalah conductivity ini yg bsa bkin error TCU nya (ini jg alesan nya knapa utk metik2 canggih yurop atau yerman agak bawel dan spesifik utk oli atf nya)

cuman entahla kl buat DCT nya fiesta, mungkin ud generasi canggih kl :upss: :upss: :upss:
Soalnya si Fiesta ini aslinya transmisi manual yg dikontrol sama komputer mbah. Haha.
kan ford udah comeback tuh,
pasti ada kan lendir OEM nya.