Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

RezPrat wrote: Sun Sep 03, 2023 1:23
sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 2:28
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23

KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
Iya, apalagi kalo mau ganti merek, baik nya d flush, agak ragu juga kalo beda formula kecampur gitu secara tranny ini sensitive bgt sama fluid nya. Trus kalo di tap harus sering ngolong/ngebengkel hahah waktu terbuang... :big_biglaugh:
Kecuali kalo itu transmisi udah dalam kondisi di abuse dan belom ganti oli bertahun tahun. Agak riskan kalo langsung di flush, takut kotorannya rontok dan nyumbat. Udah beberapa kali tuh denger cerita transmisi rontok karena di flush kalo sebelomnya belum pernah ganti oli karena katanya "lifetime"
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Sonzz »

Om2 sekalian

Ada saran oli transmisi dan gardan untuk Avanza Veloz 2014 matic?

Dan oli CVT untuk Brio 2020



Kebetulan lagi cari oli yg bagusan daripada oli bawaan dealer. Anggap aja budget middle to top class
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Sonzz wrote: Sun Sep 03, 2023 5:25 Om2 sekalian

Ada saran oli transmisi dan gardan untuk Avanza Veloz 2014 matic?

Dan oli CVT untuk Brio 2020



Kebetulan lagi cari oli yg bagusan daripada oli bawaan dealer. Anggap aja budget middle to top class
Middle top class cocok tuh

Veloz bisa pake Q8 Auto JK

Brio bisa pake Q8 CVT EVO

Jamin lebih jos dari oli bawaan
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

sahabatq8 wrote: Sat Sep 02, 2023 2:28
RezPrat wrote: Sat Sep 02, 2023 1:23
Papertwo wrote: Fri Sep 01, 2023 3:22 Misi suhu minta rekomendasi oli gardan dan atf, Mbl all new terios 2018 skrg lg pake oli gardan aisin sm atfnya aisin afw+, interval penggantian kedua oli tsb idealnya brp km?
KLO saya pribadi atf tiap 40k km d flush(gak pake tap in between ,Krn ribet) tapi d 17 RB km pertama saya ganti atf ke full sync dgn cara flush.
Sama saya kyk om, ribet tap, jatoh jatohnya juga harganya mirip kalo interval lebih pendek. Saya jg kurang sreg kalo cara di tap itu kyk bikin gorengan tapi minyaknya gak pernah di ganti ada bau minyak bekasnya :big_biglaugh: . At some point berarti ada sisa atf dari awal yang udah di pake melebihi masa pakainya.

Misalnya setiap kali tap oli terganti 40% brati setiap kali tap sisa konsentrasi oli lama pertama makin turun tapi mungkin bisa 5-6 x tap baru negligible.

100%> 60%> 36%> 21%> 13% ... Dan seterusnya.
saya membuat tabel hitungan volume oli matic dengan asumsi kapasitas oli 8 liter, tap via bak carter oli matic tiap 10.000 km keluar 3 liter, umur oli maticnya 20.000 km, berikut hasilnya:
oli carter.jpg
jadi setelah ganti oli yang ke 2 dan seterusnya akan selalu ada 4.875 liter oli yang layak pakai dan 3.125 liter oli yang tidak layak pakai.
hitungan akan berbeda apabila : kapasitas oli maticnya tidak 8 liter, tap lewat bak oli carter keluarnya tidak 3 liter dan umur oli maticnya tidak 20.000 km. semoga membantu untuk memutuskan kapan dan metode ganti oli matic masing masing.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Greenhunter wrote: Mon Sep 04, 2023 3:50

saya membuat tabel hitungan volume oli matic dengan asumsi kapasitas oli 8 liter, tap via bak carter oli matic tiap 10.000 km keluar 3 liter, umur oli maticnya 20.000 km, berikut hasilnya:



mau tanya :
1. drain plug ditutup saat oli masih netes apa sudah brenti netes?
2. diperes apa sekedar tap?
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

Sekedar tap saja om sampai berhenti netes
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by fannykuncoro »

Saya mau ijin sharing pengalaman disini boleh ya om.. Beberapa waktu yg lalu saya pernah posting disini tentang saya baru ganti oli cvt di hrv dengan amsoil cvt... Belinya 4 botol (quartz). Jujur aja waktu pertama kali isi, mekaniknya bilang honda cukup diisi 3.5lt. Dia berpatokan pada hcf2 kemasan 3.5lt. Karena saya males debat, akhirnya diisi lah 3.5 botol, jadi masih sisa 0.5 lt saya bawa pulang.. Disini saya sengaja pengen bandingin apa bedanya ketika diisi sesuai ukuran beres (3.5lt) dibandingkan dengan fine tunning. Mobil saya pake sekitar seminggu, dan memang udah kerasa lebih enak dengan oli ini dibanding hcf2 bawaannya. Akhirnya setelah seminggu, saya tuang lagi 0.5 lt sisanya, berdasarkan saran om surya (fine tunning 3.8 - 3.9 lt) . Dan hasilnya ternyata jauuuhh lebih enteng lagi.. Gas di toel dikit aja udah enteng bgt.. Pokoknya skr kerasa effortless bgt ini cvt, smooth & enteng bgt. Skr saya jadi kepikir, gimana ya mobil2 honda yg cvt nya cuma disarankan diisi 3.5 lt oleh beres, apa ga berat kerja nya? Mungkin klo semuanya di fine tunning pasti akan kerasa enteng juga, walaupun tetep pake hcf2 bawaan beres.. Demikian sharing saya, mohon maaf bila ada yg kurang berkenan.. Terimakasih..
:big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Thu Sep 07, 2023 3:12 Saya mau ijin sharing pengalaman disini boleh ya om.. Beberapa waktu yg lalu saya pernah posting disini tentang saya baru ganti oli cvt di hrv dengan amsoil cvt... Belinya 4 botol (quartz). Jujur aja waktu pertama kali isi, mekaniknya bilang honda cukup diisi 3.5lt. Dia berpatokan pada hcf2 kemasan 3.5lt. Karena saya males debat, akhirnya diisi lah 3.5 botol, jadi masih sisa 0.5 lt saya bawa pulang.. Disini saya sengaja pengen bandingin apa bedanya ketika diisi sesuai ukuran beres (3.5lt) dibandingkan dengan fine tunning. Mobil saya pake sekitar seminggu, dan memang udah kerasa lebih enak dengan oli ini dibanding hcf2 bawaannya. Akhirnya setelah seminggu, saya tuang lagi 0.5 lt sisanya, berdasarkan saran om surya (fine tunning 3.8 - 3.9 lt) . Dan hasilnya ternyata jauuuhh lebih enteng lagi.. Gas di toel dikit aja udah enteng bgt.. Pokoknya skr kerasa effortless bgt ini cvt, smooth & enteng bgt. Skr saya jadi kepikir, gimana ya mobil2 honda yg cvt nya cuma disarankan diisi 3.5 lt oleh beres, apa ga berat kerja nya? Mungkin klo semuanya di fine tunning pasti akan kerasa enteng juga, walaupun tetep pake hcf2 bawaan beres.. Demikian sharing saya, mohon maaf bila ada yg kurang berkenan.. Terimakasih..
:big_peace:
Wah mobilio sm HRV
Kapasitas sampai fine tuningnya mirip banget yaa

Setelah nyala mesin dan jalan sbntr..
Itu fine tuningnya udh buka baut indikator level nya, mbah?

Isi sampai luber dikit, dan biarin netes habis dr lubang tsb.
Ditutup dan enjoy.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Thu Sep 07, 2023 3:27
fannykuncoro wrote: Thu Sep 07, 2023 3:12 Saya mau ijin sharing pengalaman disini boleh ya om.. Beberapa waktu yg lalu saya pernah posting disini tentang saya baru ganti oli cvt di hrv dengan amsoil cvt... Belinya 4 botol (quartz). Jujur aja waktu pertama kali isi, mekaniknya bilang honda cukup diisi 3.5lt. Dia berpatokan pada hcf2 kemasan 3.5lt. Karena saya males debat, akhirnya diisi lah 3.5 botol, jadi masih sisa 0.5 lt saya bawa pulang.. Disini saya sengaja pengen bandingin apa bedanya ketika diisi sesuai ukuran beres (3.5lt) dibandingkan dengan fine tunning. Mobil saya pake sekitar seminggu, dan memang udah kerasa lebih enak dengan oli ini dibanding hcf2 bawaannya. Akhirnya setelah seminggu, saya tuang lagi 0.5 lt sisanya, berdasarkan saran om surya (fine tunning 3.8 - 3.9 lt) . Dan hasilnya ternyata jauuuhh lebih enteng lagi.. Gas di toel dikit aja udah enteng bgt.. Pokoknya skr kerasa effortless bgt ini cvt, smooth & enteng bgt. Skr saya jadi kepikir, gimana ya mobil2 honda yg cvt nya cuma disarankan diisi 3.5 lt oleh beres, apa ga berat kerja nya? Mungkin klo semuanya di fine tunning pasti akan kerasa enteng juga, walaupun tetep pake hcf2 bawaan beres.. Demikian sharing saya, mohon maaf bila ada yg kurang berkenan.. Terimakasih..
:big_peace:
Wah mobilio sm HRV
Kapasitas sampai fine tuningnya mirip banget yaa

Setelah nyala mesin dan jalan sbntr..
Itu fine tuningnya udh buka baut indikator level nya, mbah?

Isi sampai luber dikit, dan biarin netes habis dr lubang tsb.
Ditutup dan enjoy.
Apa mungkin transmisinya sama om antara hrv, jazz gk5, mobilio, brv, brio? :big_think:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Thu Sep 07, 2023 6:14
Suryaputra wrote: Thu Sep 07, 2023 3:27
fannykuncoro wrote: Thu Sep 07, 2023 3:12 Saya mau ijin sharing pengalaman disini boleh ya om.. Beberapa waktu yg lalu saya pernah posting disini tentang saya baru ganti oli cvt di hrv dengan amsoil cvt... Belinya 4 botol (quartz). Jujur aja waktu pertama kali isi, mekaniknya bilang honda cukup diisi 3.5lt. Dia berpatokan pada hcf2 kemasan 3.5lt. Karena saya males debat, akhirnya diisi lah 3.5 botol, jadi masih sisa 0.5 lt saya bawa pulang.. Disini saya sengaja pengen bandingin apa bedanya ketika diisi sesuai ukuran beres (3.5lt) dibandingkan dengan fine tunning. Mobil saya pake sekitar seminggu, dan memang udah kerasa lebih enak dengan oli ini dibanding hcf2 bawaannya. Akhirnya setelah seminggu, saya tuang lagi 0.5 lt sisanya, berdasarkan saran om surya (fine tunning 3.8 - 3.9 lt) . Dan hasilnya ternyata jauuuhh lebih enteng lagi.. Gas di toel dikit aja udah enteng bgt.. Pokoknya skr kerasa effortless bgt ini cvt, smooth & enteng bgt. Skr saya jadi kepikir, gimana ya mobil2 honda yg cvt nya cuma disarankan diisi 3.5 lt oleh beres, apa ga berat kerja nya? Mungkin klo semuanya di fine tunning pasti akan kerasa enteng juga, walaupun tetep pake hcf2 bawaan beres.. Demikian sharing saya, mohon maaf bila ada yg kurang berkenan.. Terimakasih..
:big_peace:
Wah mobilio sm HRV
Kapasitas sampai fine tuningnya mirip banget yaa

Setelah nyala mesin dan jalan sbntr..
Itu fine tuningnya udh buka baut indikator level nya, mbah?

Isi sampai luber dikit, dan biarin netes habis dr lubang tsb.
Ditutup dan enjoy.
Apa mungkin transmisinya sama om antara hrv, jazz gk5, mobilio, brv, brio? :big_think:
Mungkin.. antara hrv, jazz gk, lio brv, dan brio ada common parts girboksnya.
Cth: filter atf

Cuma klo moving parts, dengan brio, krn beda kapasitas mesin, kayanya rasio gear jg kudu dibedakan untuk handle power yg berbeda.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran
Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Jd penasaran dah q8 sm hsl testnya hcf2 gmn
Wakakakaka.

Tp msh thn dpn :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Sebelumnya ini pake oli apa ?
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

sahabatq8 wrote: Sun Sep 10, 2023 14:22
trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Sebelumnya ini pake oli apa ?
Bawaan nissin
Kuras smua buka packing ganti strainer dan filter ke q8
Musti pasang cvt cooler di kluarga batu makam :big_biglaugh:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 514
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by RezPrat »

Wadadidaww...ane kira itu oli mesin om .... :big_chicken:
Ini bukan gram2 lagi udah serpihan itu, kalo liat ini ane rasa ini umur cvt trans nya gak bakal lama om, biasanya d 100k km udah dengung cvt Nissan.
Seumur2 ane baru kali ini lihat CVT fluid 30k km sehitam ini, dl ane liat atf hampir 20rb km Masi merah segar, susah d bedakan sama atf baru.

Mudah2an CVT cooler bisa nolong ya Om, cuma hati2 jg oil2 cooler tambahan gini gampang rembes/bocor juga , sering2 d inspect.
trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

RezPrat wrote: Mon Sep 11, 2023 2:51 Wadadidaww...ane kira itu oli mesin om .... :big_chicken:
Ini bukan gram2 lagi udah serpihan itu, kalo liat ini ane rasa ini umur cvt trans nya gak bakal lama om, biasanya d 100k km udah dengung cvt Nissan.
Seumur2 ane baru kali ini lihat CVT fluid 30k km sehitam ini, dl ane liat atf hampir 20rb km Masi merah segar, susah d bedakan sama atf baru.

Mudah2an CVT cooler bisa nolong ya Om, cuma hati2 jg oil2 cooler tambahan gini gampang rembes/bocor juga , sering2 d inspect.
trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Ini lipindut 2018 last ediiton L11 sebelum jd xpander
Oktober 2022 Km 80rban ganti strainer ama filter+packing emang uda bau gosong ama banyak gram² serbuk +warna olic cvt hitam

September ini km 110rban da 11 bln pake q8 coba di tap kluar nya item tuh q8 ama kotoran gitu

Dengung sih enggak ya, nyendet² jg ga
Masi aman, cuma slip aja kalau dibejek di tol luar kota lama
Bensin jg masih mayan irit


Pake amsoil ini ntar liat taun dpan hitam kaya gini lagi ya berati antara turun cvt atau ganti bpkp :big_think:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

trebla88 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:16
RezPrat wrote: Mon Sep 11, 2023 2:51 Wadadidaww...ane kira itu oli mesin om .... :big_chicken:
Ini bukan gram2 lagi udah serpihan itu, kalo liat ini ane rasa ini umur cvt trans nya gak bakal lama om, biasanya d 100k km udah dengung cvt Nissan.
Seumur2 ane baru kali ini lihat CVT fluid 30k km sehitam ini, dl ane liat atf hampir 20rb km Masi merah segar, susah d bedakan sama atf baru.

Mudah2an CVT cooler bisa nolong ya Om, cuma hati2 jg oil2 cooler tambahan gini gampang rembes/bocor juga , sering2 d inspect.
trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Ini lipindut 2018 last ediiton L11 sebelum jd xpander
Oktober 2022 Km 80rban ganti strainer ama filter+packing emang uda bau gosong ama banyak gram² serbuk +warna olic cvt hitam

September ini km 110rban da 11 bln pake q8 coba di tap kluar nya item tuh q8 ama kotoran gitu

Dengung sih enggak ya, nyendet² jg ga
Masi aman, cuma slip aja kalau dibejek di tol luar kota lama
Bensin jg masih mayan irit


Pake amsoil ini ntar liat taun dpan hitam kaya gini lagi ya berati antara turun cvt atau ganti bpkp :big_think:
Q8nya ngebersihin sisa cvtf nissanya itu :upss:. Cvtf nissan sebelumnya pake berapa lama? Di t32 padahal ada cvt cooler pake 30rb aja udah gak enak. Sekarang udh 2x ganti pake cvt evo 122rb aman² aja.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:24
trebla88 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:16
RezPrat wrote: Mon Sep 11, 2023 2:51 Wadadidaww...ane kira itu oli mesin om .... :big_chicken:
Ini bukan gram2 lagi udah serpihan itu, kalo liat ini ane rasa ini umur cvt trans nya gak bakal lama om, biasanya d 100k km udah dengung cvt Nissan.
Seumur2 ane baru kali ini lihat CVT fluid 30k km sehitam ini, dl ane liat atf hampir 20rb km Masi merah segar, susah d bedakan sama atf baru.

Mudah2an CVT cooler bisa nolong ya Om, cuma hati2 jg oil2 cooler tambahan gini gampang rembes/bocor juga , sering2 d inspect.

Ini lipindut 2018 last ediiton L11 sebelum jd xpander
Oktober 2022 Km 80rban ganti strainer ama filter+packing emang uda bau gosong ama banyak gram² serbuk +warna olic cvt hitam

September ini km 110rban da 11 bln pake q8 coba di tap kluar nya item tuh q8 ama kotoran gitu

Dengung sih enggak ya, nyendet² jg ga
Masi aman, cuma slip aja kalau dibejek di tol luar kota lama
Bensin jg masih mayan irit


Pake amsoil ini ntar liat taun dpan hitam kaya gini lagi ya berati antara turun cvt atau ganti bpkp :big_think:
Q8nya ngebersihin sisa cvtf nissanya itu :upss:. Cvtf nissan sebelumnya pake berapa lama? Di t32 padahal ada cvt cooler pake 30rb aja udah gak enak. Sekarang udh 2x ganti pake cvt evo 122rb aman² aja.
Cvt nissan sblmya 4 thn/80rb
Kan anjurannya lifetime / di atas 100rb km baru kuras :big_biglaugh:

T32 blm ada cooler cuma heater setau saya yg kotak itu
Soalnya xtrail di toped saya liat pd beli coolernya
Cmiiw
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1871
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

trebla88 wrote: Mon Sep 11, 2023 5:35
sahabatq8 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:24
trebla88 wrote: Mon Sep 11, 2023 3:16
Ini lipindut 2018 last ediiton L11 sebelum jd xpander
Oktober 2022 Km 80rban ganti strainer ama filter+packing emang uda bau gosong ama banyak gram² serbuk +warna olic cvt hitam

September ini km 110rban da 11 bln pake q8 coba di tap kluar nya item tuh q8 ama kotoran gitu

Dengung sih enggak ya, nyendet² jg ga
Masi aman, cuma slip aja kalau dibejek di tol luar kota lama
Bensin jg masih mayan irit


Pake amsoil ini ntar liat taun dpan hitam kaya gini lagi ya berati antara turun cvt atau ganti bpkp :big_think:
Q8nya ngebersihin sisa cvtf nissanya itu :upss:. Cvtf nissan sebelumnya pake berapa lama? Di t32 padahal ada cvt cooler pake 30rb aja udah gak enak. Sekarang udh 2x ganti pake cvt evo 122rb aman² aja.
Cvt nissan sblmya 4 thn/80rb
Kan anjurannya lifetime / di atas 100rb km baru kuras :big_biglaugh:

T32 blm ada cooler cuma heater setau saya yg kotak itu
Soalnya xtrail di toped saya liat pd beli coolernya
Cmiiw
Yang kotak itu itu kan dia pake cairan coolant. Jadi bukan true transmission cooler seperti yang dipasang didepan radiator tapi fungsinya bisa cepetin warmup dan equilize kalo temperaturnya berlebih. Di mobil saya sih kalo lagi sering rapid acceleration itu cvt temp bakal naik lebih dari coolant temp, tapi cepet normalnya lagi.

Di mobil om Cvt nissan pake 80rb/4 tahun sih .... Harus sering beribadah :big_biglaugh: tapi moga moga karena belom ada symptoms masih aman.
Nah itu lah mungkin penyebabnya kena pas di drain olinya item begitu, bukan salah oli Q8nya loh ya :big_peace:
Itu pas ganti Q8nya abis berapa liter om? Gak semua keganti? Sayang waktu ganti cvtf di T32 waktu itu saya gak foto, itu jg udah item bgt.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Di bengkel cartrix mbah bebonk
Lupa abis berapa.keganti smua harusnya kan turun bak oli ganti packing ama strainer
Dulu pernah saya post
Paling ada sisa dikit oli cvt lama
Dilihat si amsoil ini kinerjanya bagaimana harganya soalnya mayan jauh ama q8 :mky_04:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Butek bgt ya? Kalo cvt fluid emang gini yah cepet gosong?
SX4 ATF dah 2 tahun juga masih ada merah2nya.
Ganti cvt fluid berapa liter kalo livina om?
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

t105erd wrote: Mon Sep 11, 2023 12:34
trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Butek bgt ya? Kalo cvt fluid emang gini yah cepet gosong?
SX4 ATF dah 2 tahun juga masih ada merah2nya.
Ganti cvt fluid berapa liter kalo livina om?
Betul butek item gitu
Atf si march aja masih merah banget di 20rban km
3liter kluar
Masuk 3x946ml amsoil

Ntr 500kman fine tuning cek ulang diisi lagi
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

trebla88 wrote: Tue Sep 12, 2023 6:33
t105erd wrote: Mon Sep 11, 2023 12:34
trebla88 wrote: Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran

Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam

Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi

Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
Butek bgt ya? Kalo cvt fluid emang gini yah cepet gosong?
SX4 ATF dah 2 tahun juga masih ada merah2nya.
Ganti cvt fluid berapa liter kalo livina om?
Betul butek item gitu
Atf si march aja masih merah banget di 20rban km
3liter kluar
Masuk 3x946ml amsoil

Ntr 500kman fine tuning cek ulang diisi lagi

fine tuning cukup jalan <1 km ajah :mky_03:
atau jalan di tempat klo memungkinkan

soalnya klo sejauh itu, takut kurang oli malah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by trebla88 »

Ya mbah
Harusnya langsung di fine tuning
Tp ini enak amsoil ,masih fresh kali ya(menghibur diri kalau liat harganya :big_weee: )


Diliat ntr gosong jg ga 1 taun lagi :mky_04:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

trebla88 wrote: Wed Sep 13, 2023 2:00 Ya mbah
Harusnya langsung di fine tuning
Tp ini enak amsoil ,masih fresh kali ya(menghibur diri kalau liat harganya :big_weee: )


Diliat ntr gosong jg ga 1 taun lagi :mky_04:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri