Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

DOHC wrote:pake oli mahal2, ternjata penguapan lebi sinting dari mesran yg dipake di mikrolet ya.. hmm ya ya :mky_03: :mky_03: :mky_03:

untung kita orang slama ini pake oli murah meria muncrat kere hore ga perna nguap , padahal odo ud cepeceng, daleman mesin tiap kl diintip jg bersih nya minta ampun ga ad varnish samsek percis kaya baru kuar dari showroom 6 taon lalu :mky_03: :mky_03: :mky_03:

gantol5 (2).jpg
gantol5 (1).jpg
gantol3.jpg
gantol2.jpg
gantol.jpg
gantol4.jpg
Mantep

oli murmer tinggal tambah additip zat Ester dikit buat jadikan lebih Josssss

ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by ariswp »

bensindanoli wrote: Sun Nov 20, 2022 8:36 Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20 :mky_01:
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

ariswp wrote:
bensindanoli wrote: Sun Nov 20, 2022 8:36 Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20 :mky_01:
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
0W20 murah yg non Eco pake aja Fastron Gold 0W20

Cuman 102 rb

Toped = Sadikun retail

Sadikun = Big Partner Pertamina
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

Turboman wrote: Sun Nov 20, 2022 10:20
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20 :mky_01:
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
0W20 murah yg non Eco pake aja Fastron Gold 0W20

Cuman 102 rb

Toped = Sadikun retail

Sadikun = Big Partner Pertamina
[/quote]

Ini Fastron Gold kalau dipake setaun jalan 6-7rb jalanan lancar bisa aja ya om? Mobil jarang jadi genset jg.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 5:04
b3rez wrote: Thu Nov 17, 2022 4:50
Suryaputra wrote: Wed Nov 16, 2022 13:18

ini simulasi macet ketika mudik :mky_01:
gpp mbah, toh udh ganti oli baru.

dan dampak negatifnya cmn buang bensin ajah :mky_03:

tenang ajah.. gak akan overheat, selama termostat dan fan radiator + coolant masih bagus :big_peace:
Siap om, maklum mobil tua, udah 9 tahun. kayaknya besok saya kuras radiator ajah (pesen coolant diskonan dulu). makasih om
selanjutnya ganti coolant tiap 2 thn ajah max
setahun sekali lbh bagus.

yg 100 rb-an per 4 liter juga ok banget
spec 30/70
spt merk: Shell, Denso, Seiken, dkk
Om kalau mau ganti coolant itu misal beda spec dan merek langsung ganti gpp? Ada merek yang rekomen ga? Kemarin sih pakai prestone yang hijau.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9620
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Sun Nov 20, 2022 12:35
Suryaputra wrote: Thu Nov 17, 2022 5:04
b3rez wrote: Thu Nov 17, 2022 4:50

Siap om, maklum mobil tua, udah 9 tahun. kayaknya besok saya kuras radiator ajah (pesen coolant diskonan dulu). makasih om
selanjutnya ganti coolant tiap 2 thn ajah max
setahun sekali lbh bagus.

yg 100 rb-an per 4 liter juga ok banget
spec 30/70
spt merk: Shell, Denso, Seiken, dkk
Om kalau mau ganti coolant itu misal beda spec dan merek langsung ganti gpp? Ada merek yang rekomen ga? Kemarin sih pakai prestone yang hijau.
Pk merk sama ajah klo dah bbrp kali pk prestone
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9620
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Sun Nov 20, 2022 11:16 Ini Fastron Gold kalau dipake setaun jalan 6-7rb jalanan lancar bisa aja ya om? Mobil jarang jadi genset jg.
Ane prnh pk mbah
Alusan tq9000 w20

Klo PFG suara klepnya jd rada kasar,
Pakai 4rb KM lgs ane buang :mky_03:

Wkt itu blm kenal inul.
Apalagi tambah inul :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

Just sharing

QR code anti palsu oli2 keluaran ExxonMobil yg terkini skg berupa QR code di balik tutup oli

hanya bisa di scan 1X

ini contoh dari tutup oli Mobil Delvac Modern Super Defence 15W40

Demikian sharing

* Bukan promo *
" Bukan ajakan membeli *
Screenshot_2022-11-20-19-38-08-906_com.whatsapp.jpg
Screenshot_2022-11-20-19-38-33-888_com.whatsapp.jpg
Screenshot_2022-11-20-19-37-02-341_com.miui.gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Sun Nov 20, 2022 12:40
sintoni wrote: Sun Nov 20, 2022 11:16 Ini Fastron Gold kalau dipake setaun jalan 6-7rb jalanan lancar bisa aja ya om? Mobil jarang jadi genset jg.
Ane prnh pk mbah
Alusan tq9000 w20

Klo PFG suara klepnya jd rada kasar,
Pakai 4rb KM lgs ane buang :mky_03:

Wkt itu blm kenal inul.
Apalagi tambah inul :big_peace:
Ya sih, 9000 jg harga cepek kan per liter.

Pake oli eko aja lah kalau sama2 4rb sudah mulai kasar suaranya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9620
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Sun Nov 20, 2022 12:56 Just sharing

QR code anti palsu oli2 keluaran ExxonMobil yg terkini skg berupa QR code di balik tutup oli

hanya bisa di scan 1X

ini contoh dari tutup oli Mobil Delvac Modern Super Defence 15W40

Demikian sharing

* Bukan promo *
" Bukan ajakan membeli *

Screenshot_2022-11-20-19-38-08-906_com.whatsapp.jpgScreenshot_2022-11-20-19-38-33-888_com.whatsapp.jpgScreenshot_2022-11-20-19-37-02-341_com.miui.gallery.jpg
Nais info mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by bensindanoli »

ariswp wrote: Sun Nov 20, 2022 9:40
bensindanoli wrote: Sun Nov 20, 2022 8:36 Update setelah 500km++ Motul TRD5w40.
Gleser sih udah lupa rasanya 5w30. Karakter oli diesel di pake mesin mobil. biasa kasar di awal2 kemudian halus.
Satu2nya kekurangan adalah gabisa sruntulan. Rpm ketahan dan naiknya lama
Berarti ini motul trd 5w40 diesel dipakai di mobil bensin yah om? Berasa ya om drop di tarikan? Mobilnya apa?
Saya terakhir pakai 5w40 itu shell hx7 plus, gak betah lama2, baru dipakai seminggu langsung ganti lagi ke 0w20 :mky_01:
skrg kalau kepepet tidak ada 0w20 ya 5w30
Saya pertama angkat mobil ini diisi 5w40 HX7 sama owner sebelumnya. Entah sugesti apa gmn tapi enteng sih udah 3rb KMan lebih. Apalagi dipake jarak jauh.
Mobilnya saya ecosport
User avatar
FordBadak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by FordBadak »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 9:52 Kembali membahas KIU EIT 0W-20

Ceritanya tanggal 17 Juli kemarin saya servis di Beres, bawa oli sendiri yaitu kiu eit 0W-20 yang saya beli di Tokped OS Custom.

Setelah berjalan 2330 KM selama 2 bulan (hari ini 19 November), saya iseng cek dipstick. Mobil sudah mati selama 60 menit setelah jalan dari Cibubur.

Yg mengagetkan.. sisa olinya di dipstick tinggal setengah?
Wow. Sejak kapan mesin P5-VPS makan oli ya? Apa olinya yang sekarang jelek? Saya sampe ulang-ulang 5x ceknya dan dapetnya tetep setengah.

Sebelum dicelup sudah dibersihkan
Image

Sesudah dicelup

Image

Tampak daleman mesin, gak ada indikasi varnish/sludge oli palsu
Image

Cek coolant? Normal
Image

Fuel cons normal
Image

Bukti baru jalan 2330 KM
Image

Cek rembes kebocoran? Gak ada sama sekali :mky_03:

Mohon petunjuk suhu2 perlendiran, asal jangan suruh test lab :big_biglaugh:

Saya beli oli ini lagi krn sebelumnya udah pake dan no problem at all, bahkan penguapannya sangat minim. Ini kok sangat sangat parah ya penguapannya? Apa PDS nya sudah berubah? Atau formulanya sudah berubah? Atau salah mesin saya?

Gimana mau long drain setahun 10rb KM ya kalo gini
:big_dunno:

Thanks om sudah order di saya hehehe :mky_01:

Rencana mau pake q8 0w20 di raize sy untuk next ganti oli spy long drain di 10rb. Nti ku share juga ya nguap / ngganya om
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by darrelund »

marmut wrote: Sat Nov 19, 2022 11:45 sekedar info,

ada beberapa mesin P5 yang musti tepat 4,2 liter untuk sampai di titik Full.
jika diisi 4 liter saja, umumnya akan berada di antara F dan setengah, yang artinya ¾ saja.

dan ada sebagian mesin P5 lain yang 4 liter pas, sudah ada diatas titik full.

saya terbiasa masukin oli ke filter sampai penuh sebelum dipasang. isi filter oli kira² 150-200 cc

ini sekedar pengalaman nubi.

buat om
DrivingPotato
mustinya biarkan saja dulu jangan ditambah/top up dan pakai 2000 km lagi, kemudian diperiksa apakah berkurang atau masih tetap, atau malah bertambah?
baru tau, kok bisa gitu um?
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Or4cle »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:37
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga. :big_think:

Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa :big_think:

Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih :big_biglaugh:
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9620
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:37
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga. :big_think:

Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa :big_think:

Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih :big_biglaugh:
Or4cle wrote: Mon Nov 21, 2022 3:53
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.


owh iya baru baca dan noticed.
servisnya ditinggal ya :mky_03:

itu mah bukan diisi kurang, tapi bisa aja ditukar sm oli yg lain yg harganya lbh murah.
bukannya nakut2in.

tapi hal tsb 99% bisa terjadi, klo servis ditinggal :upss:


dulu pernah punya bad experience di suatu bengkel jl. radin inten jaktim,
waktu jaman bokap masih aktif ngurusin mobil, dia beli shock breaker baru, dan dipasangin, trus ditinggal katanya.

Bbrp bulan kemudian ada keanehan, suspensi mentul2, bawa ke bengkel lain... saya cek, loh koq mereknya beda, bocor pula... kena prank!
Nota dan bukti pasang juga hilang keselip :big_childish:

Apalagi oli, gak keliatan beda antara oli merk A dan Z :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Mon Nov 21, 2022 9:28
DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:37
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga. :big_think:

Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa :big_think:

Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih :big_biglaugh:
Or4cle wrote: Mon Nov 21, 2022 3:53
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.


owh iya baru baca dan noticed.
servisnya ditinggal ya :mky_03:

itu mah bukan diisi kurang, tapi bisa aja ditukar sm oli yg lain yg harganya lbh murah.
bukannya nakut2in.

tapi hal tsb 99% bisa terjadi, klo servis ditinggal :upss:


dulu pernah punya bad experience di suatu bengkel jl. radin inten jaktim,
waktu jaman bokap masih aktif ngurusin mobil, dia beli shock breaker baru, dan dipasangin, trus ditinggal katanya.

Bbrp bulan kemudian ada keanehan, suspensi mentul2, bawa ke bengkel lain... saya cek, loh koq mereknya beda, bocor pula... kena prank!
Nota dan bukti pasang juga hilang keselip :big_childish:

Apalagi oli, gak keliatan beda antara oli merk A dan Z :mky_03:
Yaaa begitulah mbah, everything can happen ...
Apalagi di BeRes, banyak oknum plonga-plongo tapi siap beraksi kalau ada kesempatan.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Nov 21, 2022 9:28
DrivingPotato wrote: Sat Nov 19, 2022 10:37
sahabatq8 wrote: Sat Nov 19, 2022 10:28
Saat ini gak tau juga om, di mobil mazda ini udah berapa kali pakai 0w20? Sebelumnya dari 5w30 atau gmn? Lalu pas isi oli dipsticknya om liat sendiri di check full? atau ditinggal. Saya jadi keinget ada case yang mirip, ternyata di botol masih ada sisa dikit² jadi si mekanik pas nuang oli gak sabaran pas masih netes dari botolnya udah diangkat. Kalo bener seperti ini, coba aja di monitor di 5000 km dan seterusnya gimana? Oli turun terus ato aman.
Udah 3 kali pakai, yg ketiga ini penguapannya gak wajar. Selalu 0W-20 dan mobil baru 1.5 tahun. Nyaris dari brojol saya pakein Q8.
Saat servis saya tinggal dan saya minta botol bekasnya, semua saya cek kosong. Sampai rumah, dipstick saya cek, oke sip masih jernih (baru) dan oil level full tepat di titik atas.
Knalpot saya cek gak ada rembesan oli tanda2 bocor ke ring piston alias ngebul. Iyalah mobil masih baru juga. :big_think:

Makanya sungguh saya bertanya-tanya ini yg salah apa :big_think:

Sementara saya harus beli sebotol lagi buat top up, kalo tau gini dari awal up ke Ravenol or Amsoil karena jatuhnya beli 5 botol yah sejuta lebih :big_biglaugh:
Or4cle wrote: Mon Nov 21, 2022 3:53
Maaf, ijin ikut nimbrung ...
Saran aja, kalau isi oli terutama oli premium lebih baik dilihat saat proses tuang ke engine. Service mobil pun demikian, diusahakan monitoring jgn ditinggal mobilnya.


owh iya baru baca dan noticed.
servisnya ditinggal ya :mky_03:

itu mah bukan diisi kurang, tapi bisa aja ditukar sm oli yg lain yg harganya lbh murah.
bukannya nakut2in.

tapi hal tsb 99% bisa terjadi, klo servis ditinggal :upss:


dulu pernah punya bad experience di suatu bengkel jl. radin inten jaktim,
waktu jaman bokap masih aktif ngurusin mobil, dia beli shock breaker baru, dan dipasangin, trus ditinggal katanya.

Bbrp bulan kemudian ada keanehan, suspensi mentul2, bawa ke bengkel lain... saya cek, loh koq mereknya beda, bocor pula... kena prank!
Nota dan bukti pasang juga hilang keselip :big_childish:

Apalagi oli, gak keliatan beda antara oli merk A dan Z :mky_03:
Di jual online lumayan jg anggep aja bonus hiburan untuk diri sendiri :big_biglaugh:.
Yang saya pernah nyaksiin sih gak dituker, tapi sisa oli di kumpulin. Misalnya 3.5 liter 4 botol 0.5L sisanya di keep , lain kali isi 3.5 liter 0.5L nya lagi pake yang simpenan jadinya 1 L yang masih utuh disimpen bawa pulang buat jual online.
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Mz175 »

Ini juga pernah bekas mekanik di beres mazda cerita. Kalau ini oli matic kasusnya. Kan butuhnya 3 ltr. Realnya cuma 2.5ltr cek dipstik udah pas. Yg 0.5ltr dikumpulin.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

Mz175 wrote: Mon Nov 21, 2022 12:23 Ini juga pernah bekas mekanik di beres mazda cerita. Kalau ini oli matic kasusnya. Kan butuhnya 3 ltr. Realnya cuma 2.5ltr cek dipstik udah pas. Yg 0.5ltr dikumpulin.
Itu mekaniknya sendiri yg cerita?
Gtx1070
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Aug 18, 2022 5:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Gtx1070 »

Semoga bisa menambah aware ya (bukan overthinking, haha) :big_peace:

Last edited by Gtx1070 on Tue Nov 22, 2022 0:06, edited 1 time in total.
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Mz175 »

sintoni wrote: Mon Nov 21, 2022 14:53
Mz175 wrote: Mon Nov 21, 2022 12:23 Ini juga pernah bekas mekanik di beres mazda cerita. Kalau ini oli matic kasusnya. Kan butuhnya 3 ltr. Realnya cuma 2.5ltr cek dipstik udah pas. Yg 0.5ltr dikumpulin.
Itu mekaniknya sendiri yg cerita?
Iya. Makanya kalau saya ganti oli mesti saya tungguin, meskipun sebelum ada cerita ini. Oknum yg nakal pasti ada.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by DOHC »

Kl mo aman, enak nya ganti sendiri

Djamin aman, dan lebi ngenal mobil sendiri jadi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by AbdulHakim »

Kalo masih garansi ganti oli di Beres, agak sungkan masuk ke area service, kalo gak dipanggil sama mekanik/SA, cuma melongok aja dari jendela kaca.
Kalo udah lewat garansi, mending di S&D, bengkel spesialis dan sejenisnya, mobil depan mata kita langsung dikerjain, malah bisa sambil diskusi sama mekaniknya, mana biaya jasanya murah lagi cuma 50rb, tangan bersih, lantai garasi/carport bersih, oli bekasnya udah ga perlu pusing mau ditampung/dibuang kemana, wadah penampungan oli bekas tadi mau dicuci pake apa ga ambil pusing.
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by fannykuncoro »

Mau nanya mbah, apa benar, Mobil Super itu ada yg produksi ExxonMobile Singapore, ada yg produksi PT. Federal Indonesia juga kah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9620
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Tue Nov 22, 2022 2:14 Mau nanya mbah, apa benar, Mobil Super itu ada yg produksi ExxonMobile Singapore, ada yg produksi PT. Federal Indonesia juga kah?
yep
klo exxon biasanya bikin mobil 1 (tipe to of the line nya)

Federal yg ngeblend buat Mobil Super (kelas eco / middle nya Exxon Mobil),
pernah dipost mbah turbo klo gak salah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri