Page 3 of 100

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 3:38
by sintoni
rendr wrote: Fri Sep 23, 2022 3:22
sh00t wrote: Thu Sep 22, 2022 15:10
rendr wrote:
Kyknya agak banyak nih om mod.

Mesin apa yah? Biasanya di manual book ada batas toleransi penguapan oli, 400ml tuh rata2 penguapan sekitar 5000 km
D4HB om. Di manual book kayaknya gak ada batas toleransi penguapan olinya tuh om. [emoji848]
I see.. wadu staria aja mintanya 0w20.. ini 5w30 udh nguap banyak... odo udh tinggi om mod?

Coba om mod ganti ke Q8 8700 / 8900.. selain mereka lebih kentel V100 nya dari 8800... SAPS nya jg lbh sedikit, asumsi saya semakin sedikit zat volatile di dalam oli, semakin sedikit penguapannya..

Kalo masih nguap jg kudu mesinnya yg di cek.. misal liner / gasket dll..

Sayang bgt kalo harus ke oli w40...
Di Korea kan dingin..

:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 3:39
by Suryaputra
rendr wrote: Fri Sep 23, 2022 3:22
sh00t wrote: Thu Sep 22, 2022 15:10
rendr wrote:
Kyknya agak banyak nih om mod.

Mesin apa yah? Biasanya di manual book ada batas toleransi penguapan oli, 400ml tuh rata2 penguapan sekitar 5000 km
D4HB om. Di manual book kayaknya gak ada batas toleransi penguapan olinya tuh om. [emoji848]
I see.. wadu staria aja mintanya 0w20.. ini 5w30 udh nguap banyak... odo udh tinggi om mod?

Coba om mod ganti ke Q8 8700 / 8900.. selain mereka lebih kentel V100 nya dari 8800... SAPS nya jg lbh sedikit, asumsi saya semakin sedikit zat volatile di dalam oli, semakin sedikit penguapannya..

Kalo masih nguap jg kudu mesinnya yg di cek.. misal liner / gasket dll..

Sayang bgt kalo harus ke oli w40...

sintoni wrote: Fri Sep 23, 2022 3:38

Di Korea kan dingin..

:ngacir:
lah itu manual booknya kan made by google trenslet :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 5:16
by sahabatq8
marmut wrote: Fri Sep 23, 2022 2:41
sintoni wrote: Thu Sep 22, 2022 8:58



Biar lebih adil, pake oli sultan setaun baru buang, ganti pake kerehore 6 bulan baru ganti oli sultan lg 1 taun dan begitu seterusnya, biar adil om.

:ngacir:



.... dan pada suatu hari yang indah nanti mobil musti nginep bengkel karena semua seal bocor.

:mky_03:
Minimal sampe mobil dijual jangan bocor dulu :big_weee:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 6:07
by sh00t
Suryaputra wrote: Thu Sep 22, 2022 15:24
sh00t wrote: Thu Sep 22, 2022 15:19
sahabatq8 wrote:
Kalo untuk mesin itu, sepertinya masih normal
Screenshot_20220922-221333.jpg

Source: https://www.motorreviewer.com/engine.php?engine_id=140
Oh, berarti semua jenis oli bakalan berkurang kurang lebih 500 ml/1000 km yah om?

Ini sekarang saya lagi coba ganti merk lain. Next saya cek apakah berkurang juga sama seperti saya pakai Q8.

Makasih infonya om. [emoji120]
Di manual book direkomen w30 atau w40 diesel?
0w-30/40, 5w-30/40, 10w-30/40, 15w-40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 6:23
by Suryaputra
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 6:07
Suryaputra wrote: Thu Sep 22, 2022 15:24
sh00t wrote: Thu Sep 22, 2022 15:19
Oh, berarti semua jenis oli bakalan berkurang kurang lebih 500 ml/1000 km yah om?

Ini sekarang saya lagi coba ganti merk lain. Next saya cek apakah berkurang juga sama seperti saya pakai Q8.

Makasih infonya om. [emoji120]
Di manual book direkomen w30 atau w40 diesel?
0w-30/40, 5w-30/40, 10w-30/40, 15w-40
Klo gtu boleh coba pakai 0/5W40 diesel, mbah mod
Yg comply ke mesin 2.2L CRDI nya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 6:27
by RezPrat
sahabatq8 wrote: Thu Sep 22, 2022 15:15
sh00t wrote: Thu Sep 22, 2022 15:10
rendr wrote:
Kyknya agak banyak nih om mod.

Mesin apa yah? Biasanya di manual book ada batas toleransi penguapan oli, 400ml tuh rata2 penguapan sekitar 5000 km
D4HB om. Di manual book kayaknya gak ada batas toleransi penguapan olinya tuh om. [emoji848]
Kalo untuk mesin itu, sepertinya masih normal
Screenshot_20220922-221333.jpg

Source: https://www.motorreviewer.com/engine.php?engine_id=140
Hihi mesin2 hyundai/kia itu emang ada masalah d kualitas cutting logam2 nya sehingga menimbulkan baret d dinding cylinder, dan akhir nya oli masuk d situ. Coba aja cari2 diskusi nya d US. Mereka ngeles bilang penguapan 0.5l/1k km itu "normal" .

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Camry 2.4 jg makan oli, cuma ini karena oli d push sample 10k miles, akhirnya stuck ring piston.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 6:29
by sh00t
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 6:23
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 6:07
Suryaputra wrote: Thu Sep 22, 2022 15:24
Di manual book direkomen w30 atau w40 diesel?
0w-30/40, 5w-30/40, 10w-30/40, 15w-40
Klo gtu boleh coba pakai 0/5W40 diesel, mbah mod
Yg comply ke mesin 2.2L CRDI nya
Ini sekarang lagi cobain 5W-40 menggunakan merk lain om (tergantung promo). :upss: :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 6:43
by Suryaputra
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 6:29
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 6:23
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 6:07

0w-30/40, 5w-30/40, 10w-30/40, 15w-40
Klo gtu boleh coba pakai 0/5W40 diesel, mbah mod
Yg comply ke mesin 2.2L CRDI nya
Ini sekarang lagi cobain 5W-40 menggunakan merk lain om (tergantung promo). :upss: :big_grin:
bardahl s9 5w40 cakep tuh mbah
mesin nya comply gak spec oli nya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 6:59
by Suryaputra
ac235287 wrote: Fri Sep 23, 2022 6:27
sahabatq8 wrote: Thu Sep 22, 2022 15:15
sh00t wrote: Thu Sep 22, 2022 15:10
D4HB om. Di manual book kayaknya gak ada batas toleransi penguapan olinya tuh om. [emoji848]
Kalo untuk mesin itu, sepertinya masih normal
Screenshot_20220922-221333.jpg

Source: https://www.motorreviewer.com/engine.php?engine_id=140
Hihi mesin2 hyundai/kia itu emang ada masalah d kualitas cutting logam2 nya sehingga menimbulkan baret d dinding cylinder, dan akhir nya oli masuk d situ. Coba aja cari2 diskusi nya d US. Mereka ngeles bilang penguapan 0.5l/1k km itu "normal" .

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Camry 2.4 jg makan oli, cuma ini karena oli d push sample 10k miles, akhirnya stuck ring piston.
hmm klo bener issue tersebut.
gak heran kmrn ada warga sini juga, pengguna diesel keluarga yg sama, udah pk amsoil maxduty, tapi hasil lab di bagian "wear resultnya" masuk "grey area".
dan itu dgn kondisi OCI normal (bukan long drain).

grey area artinya, some ppl say it's normal, and some ppl say it's a warning for customers.

ntah lah, hanya waktu yg menjawab.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 8:55
by sahabatq8
Sedikit update om @sh00t , sempet diskusi dengan kepala bengkel hyundai mengenai mesin santa fe (karena penasaran aja sih). Menurut dia , 1000km susut 400ml masih wajar, walaupun normalnya mesin santa fe itu susut tapi gak segitu banyak. Jadi mobil om termasuk susutnya lebih banyak dari santa fe pada umumnya.

Apakah ada info lain yang bisa dishare? Pengunaan, bbm, odometer saat ini, additive, etc?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 9:01
by RezPrat
Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 9:42
by sh00t
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 6:43
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 6:29
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 6:23

Klo gtu boleh coba pakai 0/5W40 diesel, mbah mod
Yg comply ke mesin 2.2L CRDI nya
Ini sekarang lagi cobain 5W-40 menggunakan merk lain om (tergantung promo). :upss: :big_grin:
bardahl s9 5w40 cakep tuh mbah
mesin nya comply gak spec oli nya?
Kalau mau bardahl mendingan 5w-30 saja om. Harga lebih bersahabat. :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 9:45
by Kaleng
ac235287 wrote: Fri Sep 23, 2022 9:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
baca class actionnya, lumayan banyak juga model yang beredar di sini ada di daftar. Dari H miring yg gak ada hanya Tucson saja, apakah spesial sendiri untuk Tucson?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 9:50
by sh00t
sahabatq8 wrote: Fri Sep 23, 2022 8:55 Sedikit update om @sh00t , sempet diskusi dengan kepala bengkel hyundai mengenai mesin santa fe (karena penasaran aja sih). Menurut dia , 1000km susut 400ml masih wajar, walaupun normalnya mesin santa fe itu susut tapi gak segitu banyak. Jadi mobil om termasuk susutnya lebih banyak dari santa fe pada umumnya.

Apakah ada info lain yang bisa dishare? Pengunaan, bbm, odometer saat ini, additive, etc?
Penggunaan wajar seperti biasanya om. Tapi kebanyakan pakainya di non tol sih om. Jarang dipakai di tol dan kalau di tol pun saya nyetirnya masih kalem sih om.

BBM selalu dex dari lahir. Paling sekali pakai shell atau bp. Tergantung pas lagi kosong dekat SPBU mana. :upss:

Odometer saat ini 20852 dan saat ini masih pakai additive red line 85 plus! diesel fuel catalyst.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 9:52
by sh00t
ac235287 wrote: Fri Sep 23, 2022 9:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Makanya ikutin buku yang dulu om. Jangan yang sekarang". Kalau dulu ganti per 10k km/6 bulan mana yang tercapai lebih dulu.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 10:55
by sahabatq8
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 9:50
sahabatq8 wrote: Fri Sep 23, 2022 8:55 Sedikit update om @sh00t , sempet diskusi dengan kepala bengkel hyundai mengenai mesin santa fe (karena penasaran aja sih). Menurut dia , 1000km susut 400ml masih wajar, walaupun normalnya mesin santa fe itu susut tapi gak segitu banyak. Jadi mobil om termasuk susutnya lebih banyak dari santa fe pada umumnya.

Apakah ada info lain yang bisa dishare? Pengunaan, bbm, odometer saat ini, additive, etc?
Penggunaan wajar seperti biasanya om. Tapi kebanyakan pakainya di non tol sih om. Jarang dipakai di tol dan kalau di tol pun saya nyetirnya masih kalem sih om.

BBM selalu dex dari lahir. Paling sekali pakai shell atau bp. Tergantung pas lagi kosong dekat SPBU mana. :upss:

Odometer saat ini 20852 dan saat ini masih pakai additive red line 85 plus! diesel fuel catalyst.
Mustinya mobil dalam kondisi bagus bgt dong ya, kalo 5w40 masih makan oli perlu di periksa di bengkel nih.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 11:28
by benzz89

Suryaputra wrote: saya juga nih nyobain pindah dr w20 dexos1 gen2, ke w30 dexos1 kyueit.
rpm tinggi, rasa2nya sama.
rpm bawah enakan w20

cuma w30 jauh lbh murah klo beli 4 liter :ngacir:
Oli w30 emang jatohnya lebih murah mbah... tp bengsinnya jd lebih boros dikit dlm jangka panjang, lalu stop & go jd lebih berat dikit.

Kl di hitung2 mungkin in long run running cost lebih murah w20 kali yah mbah, toh high rpm sama2 aja kan feel lari mobilnya.

Bbm lg mahal gini rasanya makin jarang org main high rpm, banyakan sdh push & glide, so better balek kanan w20 lg aja mbah [emoji3526]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 12:07
by Suryaputra
benzz89 wrote: Fri Sep 23, 2022 11:28
Suryaputra wrote: saya juga nih nyobain pindah dr w20 dexos1 gen2, ke w30 dexos1 kyueit.
rpm tinggi, rasa2nya sama.
rpm bawah enakan w20

cuma w30 jauh lbh murah klo beli 4 liter :ngacir:
Oli w30 emang jatohnya lebih murah mbah... tp bengsinnya jd lebih boros dikit dlm jangka panjang, lalu stop & go jd lebih berat dikit.

Kl di hitung2 mungkin in long run running cost lebih murah w20 kali yah mbah, toh high rpm sama2 aja kan feel lari mobilnya.

Bbm lg mahal gini rasanya makin jarang org main high rpm, banyakan sdh push & glide, so better balek kanan w20 lg aja mbah [emoji3526]
:upss:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 12:23
by sintoni
Tadi iseng jalan ke AC*, ngeri jg ya oli2 Motulnya sudah produksi 2016/2017.

Image

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 13:28
by sh00t
sahabatq8 wrote: Fri Sep 23, 2022 10:55
sh00t wrote: Fri Sep 23, 2022 9:50
sahabatq8 wrote: Fri Sep 23, 2022 8:55 Sedikit update om @sh00t , sempet diskusi dengan kepala bengkel hyundai mengenai mesin santa fe (karena penasaran aja sih). Menurut dia , 1000km susut 400ml masih wajar, walaupun normalnya mesin santa fe itu susut tapi gak segitu banyak. Jadi mobil om termasuk susutnya lebih banyak dari santa fe pada umumnya.

Apakah ada info lain yang bisa dishare? Pengunaan, bbm, odometer saat ini, additive, etc?
Penggunaan wajar seperti biasanya om. Tapi kebanyakan pakainya di non tol sih om. Jarang dipakai di tol dan kalau di tol pun saya nyetirnya masih kalem sih om.

BBM selalu dex dari lahir. Paling sekali pakai shell atau bp. Tergantung pas lagi kosong dekat SPBU mana. :upss:

Odometer saat ini 20852 dan saat ini masih pakai additive red line 85 plus! diesel fuel catalyst.
Mustinya mobil dalam kondisi bagus bgt dong ya, kalo 5w40 masih makan oli perlu di periksa di bengkel nih.
Siapom! Ini lagi dipantau lagi untuk 5 bulan ke depan. :thanks:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Fri Sep 23, 2022 14:42
by Suryaputra
sintoni wrote: Fri Sep 23, 2022 12:23 Tadi iseng jalan ke AC*, ngeri jg ya oli2 Motulnya sudah produksi 2016/2017.

Image
Klo emg murah, OCI nya didiskon 50% aja
Mayan buat flushing oil pakai 2k Km :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Sat Sep 24, 2022 0:43
by sintoni
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 14:42
sintoni wrote: Fri Sep 23, 2022 12:23 Tadi iseng jalan ke AC*, ngeri jg ya oli2 Motulnya sudah produksi 2016/2017.

Image
Klo emg murah, OCI nya didiskon 50% aja
Mayan buat flushing oil pakai 2k Km :mky_03:
Mahal mbah, ga ada diskon malahan. Haha.

Bisa dapat oli keraton.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Sat Sep 24, 2022 1:31
by Suryaputra
sintoni wrote: Sat Sep 24, 2022 0:43
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 14:42
sintoni wrote: Fri Sep 23, 2022 12:23 Tadi iseng jalan ke AC*, ngeri jg ya oli2 Motulnya sudah produksi 2016/2017.

Image
Klo emg murah, OCI nya didiskon 50% aja
Mayan buat flushing oil pakai 2k Km :mky_03:
Mahal mbah, ga ada diskon malahan. Haha.

Bisa dapat oli keraton.
Pantes gak gerak :upss:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Sat Sep 24, 2022 3:02
by sahabatq8
Suryaputra wrote: Sat Sep 24, 2022 1:31
sintoni wrote: Sat Sep 24, 2022 0:43
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 14:42

Klo emg murah, OCI nya didiskon 50% aja
Mayan buat flushing oil pakai 2k Km :mky_03:
Mahal mbah, ga ada diskon malahan. Haha.

Bisa dapat oli keraton.
Pantes gak gerak :upss:
Orang agak males beli di ace kecuali discount, murah kagak, harga mahal. Disana juga karena kebanyakan konsinyasi kalo barang gak laku distributornya yang harus rajin tarik + tuker barang baru.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Posted: Sat Sep 24, 2022 15:23
by crazyaji
Malam para suhu, nubi mau tanya dong, kan mesin 1nz nubi lagi dijejelin ama PTT10/30 DC dengan niatan buat bebersih mesin yg udah mulai keliatan kerak dari lubang pengisian oli.
Nah pertanyaannya kira2 itu PTT10w30 masa baktinya brp lama ya suhu?
Terimakasih sebelumnya [emoji1488][emoji1488][emoji1488]