Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1831
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg

Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg

Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg

Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km

Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits :big_exellent:
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Rencana mau pake sampe berapa nih om 10rb ato 15rb?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg

Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg

Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg

Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km

Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits :big_exellent:
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Wow cpt yah muternya tu Kilometer
Estimasi penyusutan sekitar 100 ml
Untuk 10rb KM lah ya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

sahabatq8 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:27
wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg

Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg

Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg

Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km

Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits :big_exellent:
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Rencana mau pake sampe berapa nih om 10rb ato 15rb?
10rb paling om.. Ya mentok2 11rb km.
Mungkin ada sukarelawan yg mau ngetes olinya di lab nanti pas kilometer 10rb ya monggo :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 5:28
wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg

Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg

Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg

Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km

Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits :big_exellent:
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Wow cpt yah muternya tu Kilometer
Estimasi penyusutan sekitar 100 ml
Untuk 10rb KM lah ya
Cepet om... Lebih enak ngegasnya skrng karna dah ga mikir bbm mahal, sebelumnya kan masih mikir irit melulu... Mungkin seperti ini yg dirasakan pengguna diesel minum solbus :upss:
Iya kemungkinan susut 100ml kalau udah 10rb km.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by RezPrat »

wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg

Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg

Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg

Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km

Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits :big_exellent:
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Itu uap oli pastinya bersih om.
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by wicaksono99 »

ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13
wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09
wicaksono99 wrote: Mon Dec 12, 2022 6:29 Ganti oli minggu lalu pakai Q8 formula special D1 0w20. Sekarang udah jalan 1000 km dapet segini di OCT:
IMG_20221212_130406.jpg

Dituang ke plastik biar bisa dilihat kondisinya:
IMG_20221212_131852.jpg

Tissue drop test dari dipstik:
IMG_20221212_131941.jpg

Mobil : all new ertiga
Bahan bakar : metana
Odometer : 91rb km

Nanti tiap minggu saya update berkala. Secara visual oke bingits :big_exellent:
Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Itu uap oli pastinya bersih om.
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.

Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas. :big_peace:

Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 7:00
ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13
wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09

Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Itu uap oli pastinya bersih om.
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.

Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas. :big_peace:

Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.
Penguapan <10% masih relatif normal

Apalagi klo nanti pas OCI @10k KM,
dengan penguapan 100ml / 3100ml = 3% an kecil
udah bagus itu

waktu pakai amsoil SS 0w20 brp banyak mbah nguap nya?

btw info driver Audi Q5 Turbo di kantor, odo hampir 100rb Km,
udh pakai oli 5w40 bisa nguap >1 liter di 5rb Km
*muncul indikator oli level turun :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1831
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 7:00
ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13
wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 5:09

Update 1000 km berikutnya..
Tampungan di Oil Catch Tank tidak sampai 10ml
IMG_20221220_102520.jpg

Dipindah ke plastik untuk lihat kondisi olinya lebih jelas, masih terlihat bersih
IMG_20221220_103401.jpg

Tissue drop test setelah total trip 2000km dari ganti oli pertama masih bersih
IMG_20221220_102217.jpg

Spek oli : Q8 formula special D1 FE 0w-20
Mobil : all new ertiga AT
Bahan bakar : Metana

Overall very good :big_exellent:
Itu uap oli pastinya bersih om.
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.

Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas. :big_peace:

Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.
Pengalaman ane juga gitu om, kalo olinya kotor uap olinya juga hitam lengket² gitu, sering ngintip diesel spek modifan yang udah pasang OCT biasanya seperti itu (tapi kemarin sempet di Infoin sama Ko Davin @elikaautomotive pake FT8800 OCTnya kosong :upss: , mobilnya fortuner 2.8 juara 1 di drag bracket 10 dtk kemaren)
10ml per 1000km sih ok banget, apa lagi considering ini mesin juga sedikit lebih panas dari bbm bensin. Saya jg lebih suka entengnya 0W20, kalo penguapannya aja gak sampe setengah dipstick per 10rb km males pake 5w30 hehehe.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by RezPrat »

Icic dapat ilmu baru juga nih, ane udah lama beli OCT buat diesel, cuma belum pasang malas maintenance nya hahaha, akhir nya buang bawah aja itu selang breather. Sebab mau gmana juga di channel engineering explain d test dia gak bisa bisa clean 100%.
Jadi in the end ane bakal bersihin juga tu turbo, intercooler sama intake, ya udah buang bawah aja dan pilih oli yg penguapan paling kecil.
Kalo d mobil Ertiga membantu banyak lah itu harusnya.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by RezPrat »

sahabatq8 wrote: Tue Dec 20, 2022 8:19
wicaksono99 wrote: Tue Dec 20, 2022 7:00
ac235287 wrote: Tue Dec 20, 2022 6:13

Itu uap oli pastinya bersih om.
Yg perlu dilihat volume/km nya, kalo kebanyakan nguap mungkin coba ganti visco yg lebih kental. Oli yg nguap kebanyakan biasa nya ninggalin residue yg lebih banyak juga. Ini pendapat sotoy ane.
Kalo mau 5w30/0w30, cari yg encer jg ada, biasanya kalo ACEA A5/B5 cst d 100 nya 10.xx an, cukup encer.
Uap oli bersih atau tidak ya tergantung kondisi olinya om.. Kalau oli mesinnya udah kotor ya uapnya juga kotor, oli mesinnya bersih ya uap olinya bersih. Coba tanyakan ke om Singachu, banyak tuh diupload di otodiy blogspotnya hasil2 oli yg ketampung di OCT.

Pada terkecoh sama foto banyaknya oli di OCT ya, padahal itu oli ga sampe 10ml loh tiap 1000km... Mesin sekali running 2,5 jam nonstop kalau pagi pergi ngantor dan 3 jam nonstop kalau sore pulang ngantor, bahan bakar metana dengan suhu mesin cenderung lebih panas. :big_peace:

Oli sedikit kental nanti dulu deh, udah enak pake 0w20 dari mulai 0km. Selama ini ga pernah dibawah low dari indikator dipstik sampe pergantian oli selanjutnya, padahal ni mobil kapasitas oli cuma 3,1liter dengan ganti OF.
Pengalaman ane juga gitu om, kalo olinya kotor uap olinya juga hitam lengket² gitu, sering ngintip diesel spek modifan yang udah pasang OCT biasanya seperti itu (tapi kemarin sempet di Infoin sama Ko Davin @elikaautomotive pake FT8800 OCTnya kosong :upss: , mobilnya fortuner 2.8 juara 1 di drag bracket 10 dtk kemaren)
10ml per 1000km sih ok banget, apa lagi considering ini mesin juga sedikit lebih panas dari bbm bensin. Saya jg lebih suka entengnya 0W20, kalo penguapannya aja gak sampe setengah dipstick per 10rb km males pake 5w30 hehehe.
Kalo d diesel 3 hari langsung kotor tuh oli sih, langsung bercampur sama soot. Maksud ane, kalo uap oli bensin itu bakal gak ada sludge nya Krn dia dari uap.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by saturday »

IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
Thanks for sharing :big_exellent:

Nice Result buat Q8 polos tanpa ester, dan bisa dipush sampai max 10k KM itu.
Kondisi mesin dah remap pula.

Btw, Serem amat itu repsol GXR @5rb KM udah masuk area viscocity 100C mirip spt oli W16.
Kayanya ketolong sm ester jd msh bisa protect wear nya :mky_03:

Turunnya jauh banget dr W30 menuju W16 :upss:
Bagusnya itu oli di mesin remap si mbah, pakai di 3-4rb KM trus ganti.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 14:10
saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
Thanks for sharing :big_exellent:

Nice Result buat Q8 polos tanpa ester, dan bisa dipush sampai max 10k KM itu.
Kondisi mesin dah remap pula.

Btw, Serem amat itu repsol GXR @5rb KM udah masuk area viscocity 100C sama spt oli W16.
Kayanya ketolong sm ester jd msh bisa protect wear nya :mky_03:

Turunnya jauh banget dr W30 ke W16 :upss:
Bagusnya itu oli di mesin remap si mbah, pakai di 3-4rb KM trus ganti.
Betul. Ada harga ada rupa :big_biglaugh:
KV100nya mengerikan tapi metal wear masih sangat minim, mungkin terbantu aditif tambahan. Setidaknya olinya enggak menguap di mobil saya.

Sebisa mungkin saya akan gunakan yang polosan 5900 km juga supaya fair datanya. Kecuali ada kendala seperti penguapan atau suara kasar yang berlebihan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:19
Suryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 14:10
saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
Thanks for sharing :big_exellent:

Nice Result buat Q8 polos tanpa ester, dan bisa dipush sampai max 10k KM itu.
Kondisi mesin dah remap pula.

Btw, Serem amat itu repsol GXR @5rb KM udah masuk area viscocity 100C sama spt oli W16.
Kayanya ketolong sm ester jd msh bisa protect wear nya :mky_03:

Turunnya jauh banget dr W30 ke W16 :upss:
Bagusnya itu oli di mesin remap si mbah, pakai di 3-4rb KM trus ganti.
Betul. Ada harga ada rupa :big_biglaugh:
KV100nya mengerikan tapi metal wear masih sangat minim, mungkin terbantu aditif tambahan. Setidaknya olinya enggak menguap di mobil saya.

Sebisa mungkin saya akan gunakan yang polosan 5900 km juga supaya fair datanya. Kecuali ada kendala seperti penguapan atau suara kasar yang berlebihan.

Mesin Honda terkenal emang gak suka makan oli :big_peace:

Sy pernah miara jazz gd3 @80rb KM, brio @30rb KM, itu juga gak pernah ngalamin oli nguap (cek dr dipstick) even pk oli kelas std.

Sampai skutiknya dr spacy, vario, beat, dkk itu jg gak prnh makan oli. Pakai oli bawaan bengkel resmi.

Beda banget sama Yamaha, hobi nyusu oli :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by marr »

Mau tanya om2, filter oli itu ada kadaluarsanya ga ya? Ane br nemu di gudang filter oli wix beli dari baru bbrp tahun lalu ga kepake, ane pikir lumayan kalo msh bs di pake. Udah cek di dus nya ga ada prod date nya. Thx om2
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3934
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by yanuarra »

saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
Wah metal wearnya bagus ya om oli murah jg 👍
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

yanuarra wrote: Tue Dec 20, 2022 15:20
saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
Wah metal wearnya bagus ya om oli murah jg 👍
Mixed sm Ester jd oli menengah atas :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Spies »

saturday wrote: Tue Dec 20, 2022 14:06 IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
Waduh v100 nya udah drop hampir 3 angka :upss:

Padahal cuma dipakai 5 bulanan ya + ester juga :ungg:

Ini saya juga lagi pakai sih di hr15, campuran 2,8 liter repsol gxr + 200 ml inul ester. Baru dipake 2,5 bulan 1500 km masih halus + enteng.

Dipake 2 bulan lagi aja deh kalo gitu, jangan2 sekarang juga udh mulai drop ke angka 9 nih v100 nya :big_slap:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

saturday wrote:
IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg
Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
itu 5W30 nya end up jadi oli buntut 20 ????
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Wed Dec 21, 2022 3:15
saturday wrote:IMG_20221220_204144.jpg
IMG_20221220_204208.jpg

Sharing UOA Repsol GXR Platinum 5W30 3.8 L + aditif CTX Ester Boron 400 ml (10% dari total kapasitas)

Unit kendaraan: 2011 Honda Civic FD2 2000cc
Pemakaian: 5958 km (20 Agustus 2022 - 17 Desember 2022)
Bensin: Pertamax 92 + Schaeffer 131TT/BP 92

Seperti biasa, aliran no warm up; begitu start mesin tidak sampai 10 detik sudah jalan gelinding keluar komplek/keluar parkiran. Rute 60-65% toll yang kadang macet.

Oli beli di Jasutra. Pembanding di tabel sebelah kanan adalah Q8 D1 FE 0W20 yang dipakai sejauh 8014 km.

Oxi dan Sul melonjak karena ada penambahan aditif Ester. Sudah di infokan dari jauh hari oleh sang pembuat aditif.

Karena ada penggunaan aditif, maka setelah dihitung-hitung biaya per liternya adalah:
3.8 L repsol = 228.000 ditambah
400 ml CTX Ester Boron = 294.000
Dibagi 4.2 L maka harga Per L = 124.285

Penggantinya adalah Repsol GXR Platinum 5W30 yang dituang polos tanpa aditif. Rencana akan dipakai 5900an kilometer juga untuk membandingkan hasil UOA tanpa aditif.
itu 5W30 nya end up jadi oli buntut 20 ????
kayanya klo diterusin sampai 7rb KM
bisa jadi buntut 16 mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9760
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

marr wrote: Tue Dec 20, 2022 15:05 Mau tanya om2, filter oli itu ada kadaluarsanya ga ya? Ane br nemu di gudang filter oli wix beli dari baru bbrp tahun lalu ga kepake, ane pikir lumayan kalo msh bs di pake. Udah cek di dus nya ga ada prod date nya. Thx om2
ada bbrp bahan baku filter oli:
- media filter
- anti drain back valve & seal <-- ini bahannya karet, dan pada umumnya karet tu umurnya max 5 thn, setelah itu mulai getas
- metal casing dan bypass spring
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Turboman »

Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004

Murah cuman 58 rb / L

Semi synth

Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1831
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

Turboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004

Murah cuman 58 rb / L

Semi synth


Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg
Si thai lagi ngejar target omset ya?, Akhir tahun cuci gudang melulu :big_biglaugh:
YM25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Jan 08, 2022 13:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by YM25 »

sahabatq8 wrote:
Turboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004

Murah cuman 58 rb / L

Semi synth


Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg
Si thai lagi ngejar target omset ya?, Akhir tahun cuci gudang melulu :big_biglaugh:
Bukan kejar omset om tp PTT tau apa yg kita mau [emoji106]
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5720
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Wed Dec 21, 2022 10:48
Turboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004

Murah cuman 58 rb / L

Semi synth


Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg
Si thai lagi ngejar target omset ya?, Akhir tahun cuci gudang melulu :big_biglaugh:
Kuwait jangan kalah dong sama Thailand..
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1162
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by t105erd »

Turboman wrote: Wed Dec 21, 2022 10:40 Buat user mobil bensin pick up / Rental / Travel / pick up Box / mobil bensin sebelum th 2004

Murah cuman 58 rb / L

Semi synth


Screenshot_2022-12-21-17-37-32-640_com.tokopedia.tkpd.jpg
Alternatif oli sapujagat fastron ijo/shell kuning