Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Wed Oct 12, 2022 7:09
Bener sih. beda 224 juta masuk ori sekarang tuh lumayan per bulan bisa 1 juta dikali 5 tahun aja (anggep 1 tahun 10rb km buat kerja di dalam kota), udah 60 juta. 343 - 60 = 283 juta. Beda sama hybrid : 567 - 283 = beda 284 juta.

Tapi ngojek sekarang juga mahal om, pake mobil isi nitro+ aja sehari pp weekendan paling cuma abis 75rb. Kalau weekday mungkin bisa 90rb (kena macet). Kalau ngojek seahari pp udah min 100-150 rb kali dengan rute yg sama.
paling beli motor om kayak mertua saya punya mobil mah kagak pernah dipake dia kemana2x pasti naek motor mana doyanya naek bebek kopling :big_biglaugh:

malah sekarang mobilnya dijual alesannya garasinya sempit, tapi dia sih emamng nungguin BRV buntung nongol juga sih :mky_03:

kalo saya dulu kerja suka ngojek karena kesel di kantor mobil kejemur dibawah pohon belom itu pohon suka jatoh2xin sampah daon ranti getah kesel liatnya kadang juga saya taro di tempat teduh ada aja tegorannya makannya saya gak bawa lama2x enakan kek gitu pergi lebih cepet mobil juga jadi kayak mobil sport karena di rumah jadi garage queen :mky_03:
ChZ wrote: Wed Oct 12, 2022 7:21
Cylinder deactivation, auto start stop mah udah ditinggalin lama obsolete tuh teknologi gak guna malah ngerusak mesin. Ini yang bikin gw makin gak percaya jurnalis otomotif, tiap ada teknologi baru uda kayak corong presentasi atpm, pengetahuan 0, ga ad kritis kritisnya.

Regulasi yang geblek emisi disuruh cekek melulu. Obsesi ma asep knalpot padahal problem bukan itu tiap hari kapal truk angkut batubara ama pesawat diem2 bae giliran mobil ada asep ramenya kyk emak emak di pasar. Mendadak politisi ma jurnalis jd ahli lingkungan semua.
sama CO2 mulu yang di bikin jadi setannya om, padahal kita buang hajat sama nafas aja ud CO2 juga belom cow farm juga nyumbang ke global warming :big_bored:

dan saya baru selidikin havana kota dimana banyak mobil amrik tahun 60an masih berkeliarann hasilnya air qualitynya excellent di banding sama LA kota yang katanya mau go green banyak2xin hybrid sama tesla malah air qualitynya poor :big_bored:

yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by yaseinotulip »

b0ku wrote: Wed Oct 12, 2022 2:35
yaseinotulip wrote: Tue Oct 11, 2022 13:12 Klo mclaren sih paham gw om :upss:
Tar pasti gw info2 kok klo ada problem..
Biasa pake mobil diatas 7 th.. sblmnya CRV RM pake 9 th jg kok..
Biasanya sy cukup beruntung make mobil, ga ada trouble yg aneh2.. termasuk HRV ane jg senyap :big_biglaugh:
Semoga ini jg beruntung dpt unit tanpa masalah..

Klo sampe 8 th batere trus ada masalah , ya diganti om.. haha.. atau dijual mobil nya, karena emg udah saat nya ganti :big_peace:
Assumed dgn pemakaian saya 12000 km per th. 8 th berarti 96000 km, taruh harga bensin tetep aja di 14 rb, dan fuel con 25km/l. Jadi gw abis duit bensin 54 jt. Nah itu kan artinya sy jg irit 54 jt bensin, ya cukup lah buat beli batere :big_biglaugh:

Ga mikir carbon footprint jg.. itu urusan pemerintah, sy cm individu buang sampah pada tempat nya dan ga ngotori alam cukup lah...

Case sy coba hybrid: ada teknologi baru, harga masuk akal, pingin coba, brand reputable, saudara di US pake prius n rav4 hybrid ga ada problem, ya beli aja coba2 :big_biglaugh:
ya kalo gitu caranya napa gak beli raize aja selsih harga bisa masuk deposito lumayan bunganya :big_bored: 1.0 bensin juga irit tenaga kurang bisa di oprek

lagian daripada ganti sampe 50jtan kalo mau lembiru mah service aja ganti sel yang rusak sukur2x abis di bawah 10jt abis itu ya jual lagi :big_bored:

abis itu tapi ya jual kalo gak dijual itu sel yang belom di ganti cepet apa lambat bakalan nyusul kalo ud nyusul mulu bolak balik jatohnya lebih mahal dari ganti :big_bored:

8thn 96.000 itu kan cuma asumsi ntar kejadian kayak covid lagi mobil baru 40-50rb batre ud rontok :big_biglaugh:

saya mah mendingan piara raize deh mau di pake 20thn juga kagak pusing lah itu pajero sama jazz aja ud mau 10thn fine2x aja pajero juga kemaren turun mesin gara2x thermostart koplak aja ud gitu salahnya di saya maksa jalan sampe 3x mau overheat kalo gak mah tuh mobil baek2x aja sampe sekarang :big_bored:

RM mertua saya pake baru dijual itu mobil sih emang kuat abisss mertua juga jorok makenya :big_biglaugh:

ya setaon jalan pada gak sampe 5000 ngapain ganti mobil kalo bisa malah mau nambah V8 tua satu :ngacir:

ya om kan banyak duit kalo kita mah beli baru aja sayang mendingan beli second itu pajero dari harga saya beli sampe saya modif sama ongkos turun mesin bener2xin aja gak kebeli harga baru di 2013 :big_biglaugh:
Nah ya om org punya preferensi masing2.. makanya sy heran om comment nya negatif bgt :mky_01:
Orang mau nyaman disuruh pake raize turbo di oprek pula… :mky_06:

pake sehari2 mobil ini nyaman + senyap + irit.. tenaga cukup lah..

8 th 96.000 cm asumsi? 1000 km per bln itu dikit om, isi bensin cm 2x. Masa mobil ga dipake om wkwk..

Klo semua mikir nya kaya om boku, indo ga bakal berkembang, karena ga bakal kebagian teknologi baru :big_smoking:
Kaya sekarang aja yg ada teknologi nya diproduksi di Thai, kecuali Hyundai.. Honda aja di Thai ada eHev, ora Good cat aja byk. Vietnam jgn ditanya mobil bagus2 dan aneh2 jg banyak :big_biglaugh:

Byk duit masa beli nya cocross haha.. ini lebih murah dari AN HRV RS loh :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

yaseinotulip wrote: Wed Oct 12, 2022 18:15
Nah ya om org punya preferensi masing2.. makanya sy heran om comment nya negatif bgt :mky_01:
Orang mau nyaman disuruh pake raize turbo di oprek pula… :mky_06:

pake sehari2 mobil ini nyaman + senyap + irit.. tenaga cukup lah..

8 th 96.000 cm asumsi? 1000 km per bln itu dikit om, isi bensin cm 2x. Masa mobil ga dipake om wkwk..

Klo semua mikir nya kaya om boku, indo ga bakal berkembang, karena ga bakal kebagian teknologi baru :big_smoking:
Kaya sekarang aja yg ada teknologi nya diproduksi di Thai, kecuali Hyundai.. Honda aja di Thai ada eHev, ora Good cat aja byk. Vietnam jgn ditanya mobil bagus2 dan aneh2 jg banyak :big_biglaugh:

Byk duit masa beli nya cocross haha.. ini lebih murah dari AN HRV RS loh :big_biglaugh:
ya gpp lah yang teknologi baru juga kerjannya dipake buat ngeblock teknologi lama buat berkembang :ngacir:

tau kan om bmw DCT diganti jadi 8AT :big_smoking:

gak melulu teknologi baru lebih bagus DCT lebih banyak trouble dan gak enak di pake di jalan akhirnya satu2x nyerah VW pun golf di model beberapa negara ud gak pake DCT paling DCT cuma dipake di mobil super aja sekarang itu aja kalo ud ketemu tuningan bagus di at lama juga bakalan balik ke at lama :big_bored:

buat apaan teknologi baru tapi daya tahan berkurang ditambah harus nguras kantong kita toh liat aja hybrid ud 20th tetep aja orang amrik milih V8 dan V6 turbo bahkan banyak yang masih beli 2.5 dan 1.5 turbo mungkin gak denger orang complain, orang hybrid batre jebol jd mesin biasa kok tinggal paksa jalan masih bisa kerja :big_biglaugh:

kenapa EV gitu batre jebol treaknya pada kenceng ya mobilnya gak bisa di pake terus suruh keluar uang ratusan juta lsg kenceng lah treaaaknya :big_biglaugh:

nah banyak duit beli HRV RS di tuning mana mikirin bensin :big_smoking:

tapi duit segitu beli miata atau 86 aja laah..... :ngacir:

ya lah kan katanya suruh pake listrik ramah lingkungan lah mobilnya baru netes aja carbon footprint ud setara mobil bensin cc gede jalan 110.000km :wkkk:

ya mendingan jalan kaki terus pake mobil bensin buat liburan aja, suruh orang maksa pake listrik sampe ngeban bensin tapi industrinya sendiri lebih ngerusak di banding mobil bensin , emang dah bener itu kayak jepang budayakan jalan kaki mobil di pake sekali2x aja sama downsizing tuh pake mesin turbo torsi cukup buat hari2x kalo cuma asal gelinding mah :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Suryaputra »

Teknologi terus update/ canggih = durability makin pendek = product life cycle makin pendek = orang makin cepet beli barang baru = cuan perusahaan = menciptakan/ mempertahankan lap kerja = mengurangi pengangguran = ekonomi terus berputar

Coba mikir dr perspektif ekonomi juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 0:24 Teknologi terus update/ canggih = durability makin pendek = product life cycle makin pendek = orang makin cepet beli barang baru = cuan perusahaan = menciptakan/ mempertahankan lap kerja = mengurangi pengangguran = ekonomi terus berputar

Coba mikir dr perspektif ekonomi juga.
yang gimane nih??? kalo sekarang arahnya diterusin malah ngurangin lapangan kerjaan bahkan bikin usaha orang makin susah liatin aja :wkkk:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Thu Oct 13, 2022 0:30
Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 0:24 Teknologi terus update/ canggih = durability makin pendek = product life cycle makin pendek = orang makin cepet beli barang baru = cuan perusahaan = menciptakan/ mempertahankan lap kerja = mengurangi pengangguran = ekonomi terus berputar

Coba mikir dr perspektif ekonomi juga.
yang gimane nih??? kalo sekarang arahnya diterusin malah ngurangin lapangan kerjaan bahkan bikin usaha orang makin susah liatin aja :wkkk:
Ya makanya knowledge harus diupgrade juga dong.
Karena hidup kan hrs berkembang.
Itu yg membedakan manusia dgn mahluk lainnya gan

Biarin aja teknologi EV berkembang ngedampingin ICE, toh konsumen jd punya bnyk pilihan.
Dr situ nanti akan memberikan stimulus inovasi lainnya.

Jangan kaku lah gan
Partai Politik aja gak kaku koq

Nasdem party aja dl bencinya gmn sama si ono, sampai ikut demo, sekarang malah bikin kaget :big_weee:

Benci ntar jd jatuh cinta gan
Let see :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by yaseinotulip »

b0ku wrote: Thu Oct 13, 2022 0:15
yaseinotulip wrote: Wed Oct 12, 2022 18:15
Nah ya om org punya preferensi masing2.. makanya sy heran om comment nya negatif bgt :mky_01:
Orang mau nyaman disuruh pake raize turbo di oprek pula… :mky_06:

pake sehari2 mobil ini nyaman + senyap + irit.. tenaga cukup lah..

8 th 96.000 cm asumsi? 1000 km per bln itu dikit om, isi bensin cm 2x. Masa mobil ga dipake om wkwk..

Klo semua mikir nya kaya om boku, indo ga bakal berkembang, karena ga bakal kebagian teknologi baru :big_smoking:
Kaya sekarang aja yg ada teknologi nya diproduksi di Thai, kecuali Hyundai.. Honda aja di Thai ada eHev, ora Good cat aja byk. Vietnam jgn ditanya mobil bagus2 dan aneh2 jg banyak :big_biglaugh:

Byk duit masa beli nya cocross haha.. ini lebih murah dari AN HRV RS loh :big_biglaugh:
ya gpp lah yang teknologi baru juga kerjannya dipake buat ngeblock teknologi lama buat berkembang :ngacir:

tau kan om bmw DCT diganti jadi 8AT :big_smoking:

gak melulu teknologi baru lebih bagus DCT lebih banyak trouble dan gak enak di pake di jalan akhirnya satu2x nyerah VW pun golf di model beberapa negara ud gak pake DCT paling DCT cuma dipake di mobil super aja sekarang itu aja kalo ud ketemu tuningan bagus di at lama juga bakalan balik ke at lama :big_bored:

buat apaan teknologi baru tapi daya tahan berkurang ditambah harus nguras kantong kita toh liat aja hybrid ud 20th tetep aja orang amrik milih V8 dan V6 turbo bahkan banyak yang masih beli 2.5 dan 1.5 turbo mungkin gak denger orang complain, orang hybrid batre jebol jd mesin biasa kok tinggal paksa jalan masih bisa kerja :big_biglaugh:

kenapa EV gitu batre jebol treaknya pada kenceng ya mobilnya gak bisa di pake terus suruh keluar uang ratusan juta lsg kenceng lah treaaaknya :big_biglaugh:

nah banyak duit beli HRV RS di tuning mana mikirin bensin :big_smoking:

tapi duit segitu beli miata atau 86 aja laah..... :ngacir:

ya lah kan katanya suruh pake listrik ramah lingkungan lah mobilnya baru netes aja carbon footprint ud setara mobil bensin cc gede jalan 110.000km :wkkk:

ya mendingan jalan kaki terus pake mobil bensin buat liburan aja, suruh orang maksa pake listrik sampe ngeban bensin tapi industrinya sendiri lebih ngerusak di banding mobil bensin , emang dah bener itu kayak jepang budayakan jalan kaki mobil di pake sekali2x aja sama downsizing tuh pake mesin turbo torsi cukup buat hari2x kalo cuma asal gelinding mah :big_biglaugh:
DCT gagal ? Ga cocok pemakaian nya aja plg.. ga bs dibilang gagal selama teknologi itu masi ke pake apa lg sm mobil sekilas Porsche dkk..

Om jgn meng generalisir org Amrik cm dengan stereotipe yg sering denger di YouTube, V8, V6 :mky_07:
Hybrid di USA tahun lalu naik 76% tuh.. cari berita nya.. EV jg naik 83%..
Teknologi baru daya tahan berkurang apa lagi om? Kita masi ngomongin hybrid kan? :mky_03:
Umur pake mobil hybrid sama sm ICE, masalah batere om? Rusak beli om.. kaya HP tu batere klo rusak jg diganti tinggal beli.. haha

Yg beli mobil Hybrid gw yakin ga ada yg peduli carbon footprint. Tau nya teknologi baru, irit, tertarik dan dicoba. Kan gw udah blg itu urusan pemerintah… industri nya ngerusak haha.. ya sudahlah :big_biglaugh:

Terakhir lah gw tanggepin om boku ini.. asal nulis ke sana ke sini makin ga jelas.. :big_dunno:
Jd tau ky gmn org nya haha..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

yaseinotulip wrote: Thu Oct 13, 2022 1:16

DCT gagal ? Ga cocok pemakaian nya aja plg.. ga bs dibilang gagal selama teknologi itu masi ke pake apa lg sm mobil sekilas Porsche dkk..

Om jgn meng generalisir org Amrik cm dengan stereotipe yg sering denger di YouTube, V8, V6 :mky_07:
Hybrid di USA tahun lalu naik 76% tuh.. cari berita nya.. EV jg naik 83%..
Teknologi baru daya tahan berkurang apa lagi om? Kita masi ngomongin hybrid kan? :mky_03:
Umur pake mobil hybrid sama sm ICE, masalah batere om? Rusak beli om.. kaya HP tu batere klo rusak jg diganti tinggal beli.. haha

Yg beli mobil Hybrid gw yakin ga ada yg peduli carbon footprint. Tau nya teknologi baru, irit, tertarik dan dicoba. Kan gw udah blg itu urusan pemerintah… industri nya ngerusak haha.. ya sudahlah :big_biglaugh:

Terakhir lah gw tanggepin om boku ini.. asal nulis ke sana ke sini makin ga jelas.. :big_dunno:
Jd tau ky gmn org nya haha..
itu saya ngomong berdasarkan jualan tahun ini loh naek juga di mandate karena di push subsidi gila2xan tetep aja tuh 3 bagong V8 masih berkuasa gak pake hybrid2xan :big_biglaugh:

balik lagi kan batrey fanboy ngomong selalu Biased 76% 83% naek tapi penjualan gak ada apa2xnya dan ud pake goverment push gila2xan bahkan mau di subsidi 7000usd apalagi kalo loe liat jualannya toyota kenyang dia di USA jualan combustion berapa model tuh best sellingnya hybrid ud 20thn dan EV ud 10th aja belom bisa ngejar naek juga gara2x harga BBM mahal ntar balik normal juga pada beli V6 V8 semua :wkkk:

gimana mau ngejar juga??? jualan mobil batre baru sedikit aja ud susah material harga bahan batrenya naek semua, loe terusin aja sampe ngejar mobil BBM liat ntar makin rusaknya kek apa baru jualan kuenya secuil aja ud banyak ngerusak gimana ud ntar makin banyak, lucunya karena BBM naek harga batrenya juga kena imbas juga ud lah makin ngawur :wkkk:

dct emang mulai ditinggalin mobil2x sport mulai pake 8-9speed kan saya bilang tinggal nemu tuningan yang bagus bakalan lebih dipilih konvensional kalo resultnya sama soalnya lebih gampang dirawat sama nyaman dipake di jalan apalagi kalo acclnya sama aja, malah sekarang banyakan di pake di bmw merc entry level cc kecil cuma itu juga gak nyaman apalagi kena jalanan disini akhirnya enakan beli mazdut pake 6at :big_weee:
Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 0:43 Ya makanya knowledge harus diupgrade juga dong.
Karena hidup kan hrs berkembang.
Itu yg membedakan manusia dgn mahluk lainnya gan

Biarin aja teknologi EV berkembang ngedampingin ICE, toh konsumen jd punya bnyk pilihan.
Dr situ nanti akan memberikan stimulus inovasi lainnya.

Jangan kaku lah gan
Partai Politik aja gak kaku koq

Nasdem party aja dl bencinya gmn sama si ono, sampai ikut demo, sekarang malah bikin kaget :big_weee:

Benci ntar jd jatuh cinta gan
Let see :big_weee:
saya juga ngomong sama om biarin aja ICE berkembang ngedampingin EV jgn di ban di 2035 biarin aja konsumen mau milih yang mana kalo bisa fight tuh di market yang fair kayak hybrid ud 20thn gak ada pake insetif2xan jalan2x aja gak ad yang ganggu pula kalo fail tinggal di ketawain contohnya NSX gen 2, noh civic EPHEV 2.0 hybrid sih ud lebih kenceng dari civic turbo dan sporty iya karna CVTnya makin bagus, tapi tetep aja gak semua konsumen mau tuh mobil karena mereka males urusan sama batre :big_grin:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by iamwewe »

yaseinotulip wrote: Wed Oct 12, 2022 18:15
DCT gagal ? Ga cocok pemakaian nya aja plg.. ga bs dibilang gagal selama teknologi itu masi ke pake apa lg sm mobil sekilas Porsche dkk..

Om jgn meng generalisir org Amrik cm dengan stereotipe yg sering denger di YouTube, V8, V6 :mky_07:
Hybrid di USA tahun lalu naik 76% tuh.. cari berita nya.. EV jg naik 83%..
Teknologi baru daya tahan berkurang apa lagi om? Kita masi ngomongin hybrid kan? :mky_03:
Umur pake mobil hybrid sama sm ICE, masalah batere om? Rusak beli om.. kaya HP tu batere klo rusak jg diganti tinggal beli.. haha

Yg beli mobil Hybrid gw yakin ga ada yg peduli carbon footprint. Tau nya teknologi baru, irit, tertarik dan dicoba. Kan gw udah blg itu urusan pemerintah… industri nya ngerusak haha.. ya sudahlah :big_biglaugh:

Terakhir lah gw tanggepin om boku ini.. asal nulis ke sana ke sini makin ga jelas.. :big_dunno:
Jd tau ky gmn org nya haha..
om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.

apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.

perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Thu Oct 13, 2022 2:07
yaseinotulip wrote: Wed Oct 12, 2022 18:15
DCT gagal ? Ga cocok pemakaian nya aja plg.. ga bs dibilang gagal selama teknologi itu masi ke pake apa lg sm mobil sekilas Porsche dkk..

Om jgn meng generalisir org Amrik cm dengan stereotipe yg sering denger di YouTube, V8, V6 :mky_07:
Hybrid di USA tahun lalu naik 76% tuh.. cari berita nya.. EV jg naik 83%..
Teknologi baru daya tahan berkurang apa lagi om? Kita masi ngomongin hybrid kan? :mky_03:
Umur pake mobil hybrid sama sm ICE, masalah batere om? Rusak beli om.. kaya HP tu batere klo rusak jg diganti tinggal beli.. haha

Yg beli mobil Hybrid gw yakin ga ada yg peduli carbon footprint. Tau nya teknologi baru, irit, tertarik dan dicoba. Kan gw udah blg itu urusan pemerintah… industri nya ngerusak haha.. ya sudahlah :big_biglaugh:

Terakhir lah gw tanggepin om boku ini.. asal nulis ke sana ke sini makin ga jelas.. :big_dunno:
Jd tau ky gmn org nya haha..
om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.

apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.

perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
klo konteksnya hemat BBM, ya tetap bisa hemat mbah.

karena batre dicharge ketika mesin idle / nyala, dan mesin mati ketika batrenya dah cukp... jd klo merayap doang, ya dia pakai batre aja.
ketika gas poll dan butuh power lebih, baru mesin bensin nyala.

dari beberapa mobil yg saya (imho) amati, justru hybrid ini iritnya ketika jalan pelan atau macet.
dan boros ketika dipush atau kecepatan makin tinggi.
Last edited by Suryaputra on Thu Oct 13, 2022 2:44, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

iamwewe wrote: Thu Oct 13, 2022 2:07
om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.

apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.

perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
selama bisa ngehindarin ritual ganti batre sih lebih hemat om jadi ya kalo pemakaian cuma 5th jual hemat2x aja cuma ini saya gak ngomong depresiasinya ya yang ud ud sih camry hybrid lebih tinggi di banding 2.5V ya mungkin karena image dan orang masih awam aja kena 20kml lsg gelap mata, cuma jualannya juga lebih susah dan konon harganya di pedagang pun di banting dengan alesan "KALO batre jebol gimana??" :big_think:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by nyotsaeba »

Dlm hal EV sy setuju om Boku, cara otoritas buat transisi tu ke EV tu bikin ENEK.

Ngedewa2 in EV, ga jujur keterbatasannya (charging lbh lama drpd isi bensin, harga mobil mahal, ga ada yg 7 seater, batre mahal, risiko resale jeblok). Persis org jual obat kakilima yg cuma ngecap.

Harga mobil nya aja mahal, yang disuruh nanggung selisih biayanya siapa? BUYER.

Karena sadar susah buat transisi, akhirnya keluar cara preman: BAN aja saingannya. WTH? Ktnya kapitalis free market.
Muna nya keliatan bgt, waktu gas mahal, akhirnya eropa malu2 kucing pake lagi tu coal.

Saya gak anti EV, kalo aja ada ev yg secara itungan ekonomi saya lebih murah dari ICE, saya pasti ambil, ga usah disuruh:

Harga mobil minimal setara
Ops cost & repair cost including ganti batre minimal mirip ICE maintenance cost.
Resale value terjamin sebagus ICE.

Selama belum bisa kyk diatas ya satu2 nya cara ev berkembang itu main paksa by otoritas.

Contohlah transisi tv tabung ke layar datar, ga ada perlu maksa ngeban tv tabung kan? Tp akhirnya toh 100% semua beralih ke layar datar.

Kalau memang ev sebagus itu, kenapa sih takut bersaing terbuka sm ICE?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote: Thu Oct 13, 2022 3:43 Dlm hal EV sy setuju om Boku, cara otoritas buat transisi tu ke EV tu bikin ENEK.

Ngedewa2 in EV, ga jujur keterbatasannya (charging lbh lama drpd isi bensin, harga mobil mahal, ga ada yg 7 seater, batre mahal, risiko resale jeblok). Persis org jual obat kakilima yg cuma ngecap.

Harga mobil nya aja mahal, yang disuruh nanggung selisih biayanya siapa? BUYER.

Karena sadar susah buat transisi, akhirnya keluar cara preman: BAN aja saingannya. WTH? Ktnya kapitalis free market.
Muna nya keliatan bgt, waktu gas mahal, akhirnya eropa malu2 kucing pake lagi tu coal.

Saya gak anti EV, kalo aja ada ev yg secara itungan ekonomi saya lebih murah dari ICE, saya pasti ambil, ga usah disuruh:

Harga mobil minimal setara
Ops cost & repair cost including ganti batre minimal mirip ICE maintenance cost.
Resale value terjamin sebagus ICE.

Selama belum bisa kyk diatas ya satu2 nya cara ev berkembang itu main paksa by otoritas.

Contohlah transisi tv tabung ke layar datar, ga ada perlu maksa ngeban tv tabung kan? Tp akhirnya toh 100% semua beralih ke layar datar.

Kalau memang ev sebagus itu, kenapa sih takut bersaing terbuka sm ICE?
makanya sejak pada main ban ban ICE ane dah males dengerin politisi bule. kirain pada pinter, ketauan hipokrit dan belangnya waktu krisis gini kewalahan jg. kbanyakan dipush sama NGO dan elon musk. padahal NGO mah di funding ama perusahaan gede juga :big_bored:

masalahnya EV juga bukan to-go next chapter dari mobil combustion om seperti yang digaungkan orang-orang. secara platform udah beda cara pake beda, kalo mobil dari jaman ford model T ampe mobil combustion sekarang cara pake juga sama : isi bensin, jalan, ganti oli, spooring, dll. secara fundamental ngga beda.

klo TV tabung ke TV layar atau hp nokia ke samsung / iphone emang next chapter secara infrastruktur dasar ngga berubah cara pake ngga berubah. colokan listrik rumah walau kompatibel ke tipe baru jg masih bisa dipake tipe lama. ngga ada kan cerita hape nokia jadul ga bs di charge di soket rumah gegara harus ganti colokan buat smartphone :big_biglaugh:

klo harus overhaul infrastruktur semua segitu gede sih kayaknya mimpi siang bolong :big_bored: apalagi yang tipe lama udah jelas gak bisa kompatibel. emang skrg mobil injeksi elektronik tp yang pake mobil masih karbu juga gak protes wong infrastrukturnya sama persis.

yang kasian sih segitunya maksa listrik sampe odong odong macem wuling air EV dijual 300jt jg pada dimakan... secara perspektif kegunaan aja udah failed miserably cuma bisa kota-kota, value nya lebih dapet LMPV 300juta muat banyak power 3x lebih gede top speed hampir 2x lebih gede :big_bored:

top speed emang irrelevant tapi kalau bicara efficiency ya top speed dan horsepower hrs masuk equation donk. percuma 0-100 kenceng tp 100-160 butuh setaun.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 2:21
klo konteksnya hemat BBM, ya tetap bisa hemat mbah.

karena batre dicharge ketika mesin idle / nyala, dan mesin mati ketika batrenya dah cukp... jd klo merayap doang, ya dia pakai batre aja.
ketika gas poll dan butuh power lebih, baru mesin bensin nyala.

dari beberapa mobil yg saya (imho) amati, justru hybrid ini iritnya ketika jalan pelan atau macet.
dan boros ketika dipush atau kecepatan makin tinggi.
berarti ini malah emang target nya utk yg sering kena macet yak...

btw om, yg saya bold, ini bukannya konsepnya si kicks ya? kalo konsep corcross or altis, kaya gitu juga ya?
b0ku wrote: Thu Oct 13, 2022 2:23
selama bisa ngehindarin ritual ganti batre sih lebih hemat om jadi ya kalo pemakaian cuma 5th jual hemat2x aja cuma ini saya gak ngomong depresiasinya ya yang ud ud sih camry hybrid lebih tinggi di banding 2.5V ya mungkin karena image dan orang masih awam aja kena 20kml lsg gelap mata, cuma jualannya juga lebih susah dan konon harganya di pedagang pun di banting dengan alesan "KALO batre jebol gimana??" :big_think:
bukannya brand mindset ya, tapi kalo toyota sih kayanya mah jauh lbh aman hybridnya dibanding yg lain. knp? ya dia kan pioneer nya udh dari jaman prius tuh teknologi nya.. udh dpt pennyempurnaan brp kali dah tuh prius.

sepengetahuan saya, hybridnya camry sama si corolla ini beda deh. dimana corolla ini emang ditujuin utk hemat2an aja. makanya kan tenaga dan torsi yg dihasilkan relatif kecil dibanding sama hybridnya camry. ato sbnrnya sama aja ya? wkwkwk

kalo pedagang mah jgn diladenin sampe gmn om. mesti ada pendirian dulu sblm jual, mau lepas di angka brp. bodo amat dibacain cacat cela nya sama pedagang. biasa titip harga aja sama supir saya. kalo ada org tanya, harganya 10juta ya. take it or leave it. mau dibacain gimana juga, gak usah dengerin om :big_biglaugh:

spesifik dengan petanyaann kalo batre jebol gimana? saya sih jawabnya dengan pertanyaan juga. kalo batre ga jebol gimana? :big_weee:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by iamwewe »

nyotsaeba wrote: Thu Oct 13, 2022 3:43 Dlm hal EV sy setuju om Boku, cara otoritas buat transisi tu ke EV tu bikin ENEK.

Ngedewa2 in EV, ga jujur keterbatasannya (charging lbh lama drpd isi bensin, harga mobil mahal, ga ada yg 7 seater, batre mahal, risiko resale jeblok). Persis org jual obat kakilima yg cuma ngecap.

Harga mobil nya aja mahal, yang disuruh nanggung selisih biayanya siapa? BUYER.

Karena sadar susah buat transisi, akhirnya keluar cara preman: BAN aja saingannya. WTH? Ktnya kapitalis free market.
Muna nya keliatan bgt, waktu gas mahal, akhirnya eropa malu2 kucing pake lagi tu coal.

Saya gak anti EV, kalo aja ada ev yg secara itungan ekonomi saya lebih murah dari ICE, saya pasti ambil, ga usah disuruh:

Harga mobil minimal setara
Ops cost & repair cost including ganti batre minimal mirip ICE maintenance cost.
Resale value terjamin sebagus ICE.

Selama belum bisa kyk diatas ya satu2 nya cara ev berkembang itu main paksa by otoritas.

Contohlah transisi tv tabung ke layar datar, ga ada perlu maksa ngeban tv tabung kan? Tp akhirnya toh 100% semua beralih ke layar datar.

Kalau memang ev sebagus itu, kenapa sih takut bersaing terbuka sm ICE?
menarik banget nih pola pandang om nyotsaeba.

bener banget, setuju tuh dgn perbandingan tv tabung ke tv datar. bahkan dulu ada tv cekung ya, dimana pasar sendiri ngebuktiin nasibnya yaaaaa gitu deh.

tapi om, ini kan ngmg nya spesifik ICE vs EV. kalo hybrid, nggak tertarik om?

saya pribadi liat di negara tetangga kita yg lbh maju, sgpore. kok sepenglihatan saya masih jauh lbh banyak hybrid dibanding ev ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9681
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Thu Oct 13, 2022 4:24
Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 2:21
klo konteksnya hemat BBM, ya tetap bisa hemat mbah.

karena batre dicharge ketika mesin idle / nyala, dan mesin mati ketika batrenya dah cukp... jd klo merayap doang, ya dia pakai batre aja.
ketika gas poll dan butuh power lebih, baru mesin bensin nyala.

dari beberapa mobil yg saya (imho) amati, justru hybrid ini iritnya ketika jalan pelan atau macet.
dan boros ketika dipush atau kecepatan makin tinggi.
berarti ini malah emang target nya utk yg sering kena macet yak...

btw om, yg saya bold, ini bukannya konsepnya si kicks ya? kalo konsep corcross or altis, kaya gitu juga ya?
b0ku wrote: Thu Oct 13, 2022 2:23
selama bisa ngehindarin ritual ganti batre sih lebih hemat om jadi ya kalo pemakaian cuma 5th jual hemat2x aja cuma ini saya gak ngomong depresiasinya ya yang ud ud sih camry hybrid lebih tinggi di banding 2.5V ya mungkin karena image dan orang masih awam aja kena 20kml lsg gelap mata, cuma jualannya juga lebih susah dan konon harganya di pedagang pun di banting dengan alesan "KALO batre jebol gimana??" :big_think:
bukannya brand mindset ya, tapi kalo toyota sih kayanya mah jauh lbh aman hybridnya dibanding yg lain. knp? ya dia kan pioneer nya udh dari jaman prius tuh teknologi nya.. udh dpt pennyempurnaan brp kali dah tuh prius.

sepengetahuan saya, hybridnya camry sama si corolla ini beda deh. dimana corolla ini emang ditujuin utk hemat2an aja. makanya kan tenaga dan torsi yg dihasilkan relatif kecil dibanding sama hybridnya camry. ato sbnrnya sama aja ya? wkwkwk

kalo pedagang mah jgn diladenin sampe gmn om. mesti ada pendirian dulu sblm jual, mau lepas di angka brp. bodo amat dibacain cacat cela nya sama pedagang. biasa titip harga aja sama supir saya. kalo ada org tanya, harganya 10juta ya. take it or leave it. mau dibacain gimana juga, gak usah dengerin om :big_biglaugh:

spesifik dengan petanyaann kalo batre jebol gimana? saya sih jawabnya dengan pertanyaan juga. kalo batre ga jebol gimana? :big_weee:
Mirip...
Walaupun dr hybrid versi awal sampai skrg, yg membedakan di drive train nya.

Fundamentalnya mesin jd genset buat ngecharge batre, dan gerakin motor listrik.

Klo EV mode (low speed) ya mesinnya mati.
Pas jalan suara motor listriknya aja yg kedengeran dr deket.

Beda hal sm mild hybridnya suzuki ya
Itu sih bercandaan doang :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Thu Oct 13, 2022 4:40, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

nyotsaeba wrote: Thu Oct 13, 2022 3:43 Dlm hal EV sy setuju om Boku, cara otoritas buat transisi tu ke EV tu bikin ENEK.

Ngedewa2 in EV, ga jujur keterbatasannya (charging lbh lama drpd isi bensin, harga mobil mahal, ga ada yg 7 seater, batre mahal, risiko resale jeblok). Persis org jual obat kakilima yg cuma ngecap.

Harga mobil nya aja mahal, yang disuruh nanggung selisih biayanya siapa? BUYER.

Karena sadar susah buat transisi, akhirnya keluar cara preman: BAN aja saingannya. WTH? Ktnya kapitalis free market.
Muna nya keliatan bgt, waktu gas mahal, akhirnya eropa malu2 kucing pake lagi tu coal.

Saya gak anti EV, kalo aja ada ev yg secara itungan ekonomi saya lebih murah dari ICE, saya pasti ambil, ga usah disuruh:

Harga mobil minimal setara
Ops cost & repair cost including ganti batre minimal mirip ICE maintenance cost.
Resale value terjamin sebagus ICE.

Selama belum bisa kyk diatas ya satu2 nya cara ev berkembang itu main paksa by otoritas.

Contohlah transisi tv tabung ke layar datar, ga ada perlu maksa ngeban tv tabung kan? Tp akhirnya toh 100% semua beralih ke layar datar.

Kalau memang ev sebagus itu, kenapa sih takut bersaing terbuka sm ICE?
bukan cuma itu juga om kalo liat di komen2x orang bule mah lebih enek lagi liat komen orang2x yang ud kena brainwash, mereka cuma bisa nyindir tapi omongannya mayoritas biased gak diliat secara keseluruan, kayak yang mereka agung2x kan aja RENEWABLE padahal nyatanya yang mereka bilang renewable itu sekali pake semua

contoh batre ud jebol kan ud buang, motor listrik sekali pake buang katanya sih renewable coba bandingin sama mesin bensin mesin rusak overhaul, gearbox rusak overhaul, bahkan saya pernah liat itu mesin umur 100thn ud ngejogrok di restorasi aja masih bisa nyala :big_biglaugh:

terus dari dulu saya concern banget kita ketergantungan sama barang tambang macem minyak bumi :big_think:

nah sekarang BBM ud banyak subsitusinya biarpun mungkin belom sempurna kek diesel ternyata bisa pake minyak sawit terus ada ethanol buat mesin bensin, malah semua mesin combustion malah bahan bakarnya bisa pake E-FUEL dimana bahannya cuma dari aer dan karbon nah ini aja sebenernya ud solusi lempar satu batu kena 2 burung tapi liatin aja sampe sekarang gak ada denger goverment satupun gerak buat develop ni teknologi buat berkembang, yang ada malah suruh kita tergantung sama barang tambang laen yang lebih rare namanya batre kan aneh :big_bored:

terus apa gak yang namanya renewable itu sebenernya mesin combustion karena dari bahan bakar sampe mesinnya bisa di overhaul dan di pake lagi dengan parts yang sedikit kayak mesin paling cuma butuh packing set, ditambah sekarang bahan bakarnya bisa pake dari bahan pertanian dan malah ngerecyle polusi dan aer jadi bahan bakar :big_think:
iamwewe wrote: Thu Oct 13, 2022 4:24
bukannya brand mindset ya, tapi kalo toyota sih kayanya mah jauh lbh aman hybridnya dibanding yg lain. knp? ya dia kan pioneer nya udh dari jaman prius tuh teknologi nya.. udh dpt pennyempurnaan brp kali dah tuh prius.

sepengetahuan saya, hybridnya camry sama si corolla ini beda deh. dimana corolla ini emang ditujuin utk hemat2an aja. makanya kan tenaga dan torsi yg dihasilkan relatif kecil dibanding sama hybridnya camry. ato sbnrnya sama aja ya? wkwkwk

kalo pedagang mah jgn diladenin sampe gmn om. mesti ada pendirian dulu sblm jual, mau lepas di angka brp. bodo amat dibacain cacat cela nya sama pedagang. biasa titip harga aja sama supir saya. kalo ada org tanya, harganya 10juta ya. take it or leave it. mau dibacain gimana juga, gak usah dengerin om :big_biglaugh:

spesifik dengan petanyaann kalo batre jebol gimana? saya sih jawabnya dengan pertanyaan juga. kalo batre ga jebol gimana? :big_weee:
salah gede om malah disini tuh gak pernah denger honda hybrid trouble :wkkk:

ntah kenapa owner CRZ itu anteng semua apa karena mayoritas low KM atau benerin batrenya murah cuma ada yang bilang CRZ itu hybridnya cuma buat boost mesinnya doank :mky_03:

bahkan prius yang super rare pun disini saya ud pernah denger batrenya 30jtan ntah ganti assy apa cuma di ganti sel :big_think:

makannya saya bilang dijatohinnya kek gitu ntar jualnya lagi sesuai harga pasar yaitu diatas 2.5V :mky_03:

kalo mercedes sih masih taon muda semua mayoritas :mky_03:

BMW I8?????? money pit abissss :wkkk:
ChZ wrote: Thu Oct 13, 2022 4:13
makanya sejak pada main ban ban ICE ane dah males dengerin politisi bule. kirain pada pinter, ketauan hipokrit dan belangnya waktu krisis gini kewalahan jg. kbanyakan dipush sama NGO dan elon musk. padahal NGO mah di funding ama perusahaan gede juga :big_bored:

masalahnya EV juga bukan to-go next chapter dari mobil combustion om seperti yang digaungkan orang-orang. secara platform udah beda cara pake beda, kalo mobil dari jaman ford model T ampe mobil combustion sekarang cara pake juga sama : isi bensin, jalan, ganti oli, spooring, dll. secara fundamental ngga beda.

klo TV tabung ke TV layar atau hp nokia ke samsung / iphone emang next chapter secara infrastruktur dasar ngga berubah cara pake ngga berubah. colokan listrik rumah walau kompatibel ke tipe baru jg masih bisa dipake tipe lama. ngga ada kan cerita hape nokia jadul ga bs di charge di soket rumah gegara harus ganti colokan buat smartphone :big_biglaugh:

klo harus overhaul infrastruktur semua segitu gede sih kayaknya mimpi siang bolong :big_bored: apalagi yang tipe lama udah jelas gak bisa kompatibel. emang skrg mobil injeksi elektronik tp yang pake mobil masih karbu juga gak protes wong infrastrukturnya sama persis.

yang kasian sih segitunya maksa listrik sampe odong odong macem wuling air EV dijual 300jt jg pada dimakan... secara perspektif kegunaan aja udah failed miserably cuma bisa kota-kota, value nya lebih dapet LMPV 300juta muat banyak power 3x lebih gede top speed hampir 2x lebih gede :big_bored:

top speed emang irrelevant tapi kalau bicara efficiency ya top speed dan horsepower hrs masuk equation donk. percuma 0-100 kenceng tp 100-160 butuh setaun.
kemaren ketemu satu di jalan depan rumah itu mobil kok keliatanya behave kek mobil avanza lama lari 100kmh di jalan tol ya :big_think:

mana dia pake jalur kanan terus pelan pula, bikin kesel saya sengajain aja salip dari kiri pake full trotle kena hempasan dari jazz aja keliatan goyang :wkkk:

pokoknya parah dah keliatan banget fragilenya itu mah beneran kek maenan kita aja yang deket2x dia ngeri heran masih ada yang mau pake :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

Florida State Fire Marshal Jimmy Patronis Demands NHTSA Provide Data on Fire Risks of Electric Vehicles
https://www.breitbart.com/tech/2022/10/ ... 4uT89H0AnY

dan gorengan dari badai IAN mulai nongol cuma saya gak nyangka bakalan separah ini dikirain cuma berita susah nyari charging karena bakalan mati lampu 1 bulan nope pada meleduk kena banjir :big_bored:
blek1gd
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Oct 11, 2022 7:04
Location: Plat W
Daily Vehicle: 1GD

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by blek1gd »

budget berapa gan?
mau di keep berapa lama?
mobil dipake harian atau cuma buat tambahan ?
suka nyetir apa ndak?

kalo hobi dan budgetnya unlimited , listrik saja dapat pengalaman baru

kalo buat harian dan tujuannya penghematan , mending konvensional saja, penghematan tidak terlalu jauh dengan spesifikasi mobil yg mirip. maksudnya begini , misal budget 850jt bisa dapat ioniq5, mungkin setara dengan altis 500jt spek nya, sisa 350 jutanya kalau dibuat subsidi bensin bisa bertahun tahun, belum lagi kalau rusak lebih murah servis mobil konvensional

hybrid boleh lah kalau memang harus suka ada fitur listrik2 nya hahaha

jangan hanya lihat review di yutub, para influencer punya alasan membeli mobil karena faktor sponsorship biasanya




wisnutomo15 wrote: Sun Sep 25, 2022 11:05 Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?

Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb

Mohon pencerahan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

b0ku wrote: Thu Oct 13, 2022 4:33
kemaren ketemu satu di jalan depan rumah itu mobil kok keliatanya behave kek mobil avanza lama lari 100kmh di jalan tol ya :big_think:

mana dia pake jalur kanan terus pelan pula, bikin kesel saya sengajain aja salip dari kiri pake full trotle kena hempasan dari jazz aja keliatan goyang :wkkk:

pokoknya parah dah keliatan banget fragilenya itu mah beneran kek maenan kita aja yang deket2x dia ngeri heran masih ada yang mau pake :big_bored:
Gw ketemu di tol, di lajur kanan pula. Isengin, light throttle aja cuma jalan 70 dah ketinggalan jauh. Fix sih ini klo gak dilarang masuk tol calon2 lanehogger dan bisa langganan keguling :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by nyotsaeba »

Nah sy amatin sih tu benua biru sorry to say, cara bisnisnya munafik & pengecut:

CPO diban abis sama yurop, alasannya klasik, lingkungan. Padahal browse aja, di kolong langit ga ada minyak nabati yg se ekonomis sawit. Mau rapeseed, olive kek, mereka perlu lahan berkali2 lipat buat output yg sama dgn sawit, artinya bisa lebih ramah lingkungan cpo dong??? Parahnya, sawit cuma bisa tumbuh di daerah tropis, ga bakal bisa yurop tanem sawit.

Julit lah tu yurop, cpo di black campaign, kalo nggak di ban bisa mampus tu produsen minyak di sana. Lantas kita produsen dibikin susah, harus ada sertifikasi RSPO buat jual sawit kesana, itu jg masih dipersulit. Akhirnya cost cpo kita naik, supaya produk minyak nabati mrk masih ada kesempatan idup. Busuk kan?

Coal jg sama kyk yg sy sebutin diatas.

Nah EV jg mungkin sama kasusnya, yurop ga bs bersaing ICE nya sm jepun, korea, cina, jadi pake cara preman yg sama sm cpo. Ujung2 nya bisnis bos, supaya mereka ga dijajah asia dlm hal industri.

Skr para hipokrit lg kena batunya, sok2 an sangsi rusia, akhirnya susah sendiri rakyatnya, inflasi tinggi. Coba kalo berani polling ke rakyatnya dulu, pilih tutup mata sm rusia tp harga energi stabil apa pilih sangsi rusia tp inflasi ga keruan.

Yg terbaru yurop nge ban apple soal port lightning iphone, entahlah ada motif bisnis apa lagi hehehe

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Thu Oct 13, 2022 5:17 Gw ketemu di tol, di lajur kanan pula. Isengin, light throttle aja cuma jalan 70 dah ketinggalan jauh. Fix sih ini klo gak dilarang masuk tol calon2 lanehogger dan bisa langganan keguling :big_bored:
kalo liat expresi drivernya kebetulan ketemu awalnya pas saya lagi muter balik keknya juga tegang bawa tuh mobil kalo menurut saya keknya juga alam bawah sadarnya nyadar itu mobil gak enak karena kena hempas dikit lsg goyang setirnya makanya saya peratiin exspresinya tegang bawanya dia sendiri keknya takut kebalik :big_bored:

pokoknya gara2x pengelaman ketemu dijalan kemaren liat tuh mobil saya jd inget lemari di kasih 4 roda kurang lebih persis kek gitu ringkihnya , malah rusak bayangan tuh mobil di saya tiap liat tuh mobil lsg kebayangnya lemari dikasih 4 roda aja :big_bored:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by nyotsaeba »

iamwewe wrote:
nyotsaeba wrote: Thu Oct 13, 2022 3:43 Dlm hal EV sy setuju om Boku, cara otoritas buat transisi tu ke EV tu bikin ENEK.

Ngedewa2 in EV, ga jujur keterbatasannya (charging lbh lama drpd isi bensin, harga mobil mahal, ga ada yg 7 seater, batre mahal, risiko resale jeblok). Persis org jual obat kakilima yg cuma ngecap.

Harga mobil nya aja mahal, yang disuruh nanggung selisih biayanya siapa? BUYER.

Karena sadar susah buat transisi, akhirnya keluar cara preman: BAN aja saingannya. WTH? Ktnya kapitalis free market.
Muna nya keliatan bgt, waktu gas mahal, akhirnya eropa malu2 kucing pake lagi tu coal.

Saya gak anti EV, kalo aja ada ev yg secara itungan ekonomi saya lebih murah dari ICE, saya pasti ambil, ga usah disuruh:

Harga mobil minimal setara
Ops cost & repair cost including ganti batre minimal mirip ICE maintenance cost.
Resale value terjamin sebagus ICE.

Selama belum bisa kyk diatas ya satu2 nya cara ev berkembang itu main paksa by otoritas.

Contohlah transisi tv tabung ke layar datar, ga ada perlu maksa ngeban tv tabung kan? Tp akhirnya toh 100% semua beralih ke layar datar.

Kalau memang ev sebagus itu, kenapa sih takut bersaing terbuka sm ICE?
menarik banget nih pola pandang om nyotsaeba.

bener banget, setuju tuh dgn perbandingan tv tabung ke tv datar. bahkan dulu ada tv cekung ya, dimana pasar sendiri ngebuktiin nasibnya yaaaaa gitu deh.

tapi om, ini kan ngmg nya spesifik ICE vs EV. kalo hybrid, nggak tertarik om?

saya pribadi liat di negara tetangga kita yg lbh maju, sgpore. kok sepenglihatan saya masih jauh lbh banyak hybrid dibanding ev ya
Hybrid selama hitung2 an operasional cost nya sdh jelas, mungkin sy mau coba, tp liat camry Hybrid resale nya jeblok mungkin masih pikir2 dulu. Temen yg jual-beli mobkas jg segen ambil mobkas Hybrid out of warranty.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Thu Oct 13, 2022 5:17
b0ku wrote: Thu Oct 13, 2022 4:33
kemaren ketemu satu di jalan depan rumah itu mobil kok keliatanya behave kek mobil avanza lama lari 100kmh di jalan tol ya :big_think:

mana dia pake jalur kanan terus pelan pula, bikin kesel saya sengajain aja salip dari kiri pake full trotle kena hempasan dari jazz aja keliatan goyang :wkkk:

pokoknya parah dah keliatan banget fragilenya itu mah beneran kek maenan kita aja yang deket2x dia ngeri heran masih ada yang mau pake :big_bored:
Gw ketemu di tol, di lajur kanan pula. Isengin, light throttle aja cuma jalan 70 dah ketinggalan jauh. Fix sih ini klo gak dilarang masuk tol calon2 lanehogger dan bisa langganan keguling :big_bored:
Kalo di negara asalnya sana bole masuk tol ndak sih ?... Paling kecil sih sebenernya yang boleh masuk tol ya ukuran Kei Car lah, macam Suzuki S Presso gitu, udah ring 14 juga...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Thu Oct 13, 2022 5:42 Kalo di negara asalnya sana bole masuk tol ndak sih ?... Paling kecil sih sebenernya yang boleh masuk tol ya ukuran Kei Car lah, macam Suzuki S Presso gitu, udah ring 14 juga...
Klo di china gak tau om, tp setau saya macem amrik dan bbrp negara emang gak asal mobil boleh masuk :big_think:

Logikanya motor High speed tourer macem H-D dilarang ngetol, padahal secara high speed stability dan safety masih lebih baik dari small cars. :big_bored:

Abis di luar lembaga ngetes independen jg banyak om skali viral keguling yakin ketar ketir pabrikan.

Di sini kebolak, ntar dibilang black campaign, pesanan pabrikan sebelah, disomasi :big_bored: apalagi kalo berkaitan sama agenda listrikifikasi yang udah clear kepentingan siapa :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7