Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Fri Oct 14, 2022 2:11
Bpurna wrote: Thu Oct 13, 2022 14:48
Pake kicks aja atau at least test drive dulu buat perbandingan sama hybridnya toyota.

Plusnya kicks:
- sensasi mobil listrik tanpa charge
- bisa one pedal (toyota ga bs, pdhl enak banget ini)
- tarikan kenceng dan smooth
- bensin isi pertalite cukup
- irit (terjelek 17km/ltr, eco bs 22km/ltr)
- sound system bawaan udh cukup banget cenderung bagus.
- blind spot, adaptive cruise control bs sampe berenti total.
- harga murah banding toyota
- bs beli extended warranty harga 7.7jt saja

Minusnya:
- agak sempit
- ac dingin banget (jd sering matiin nyalain, termostat kyk ga fungsi)
- sedikit keras bantingannya
totally no sih ini kalo saya.

1. modelnya udh bukan saya banget. sy udh om2 nih wkwkwkw
2. teknologi yg cenderung baru di indo
3. merk
ah ane urusan kicks sama beres nya gak kelar kelar koq udah kl beresnya aja nganggep batre indikatornya naik-turun setiap jalan 2 kilo dibilang normal mah gak usah dibeli tuh mobil drpd harus gebrak2 meja SA tiap komplen :mky_03: cewe ane aja bete sampe nyemprot SA nya berkali kali. kmaren ane coba sendiri ganti ganti mode sama aja, sempet full sampe kira-kira 80%, gak lama turunnya cepet ke 20%, naik lagi ke 50%an gak mau nambah turun jg gak lama :mky_03:

itu system doomed to fail epower mah mesin genset nyala mati nyala mati batrenya jg setiap jalan udah berapa siklus charge :mky_03: iritnya dalem kota aja, luar kota mah konsumsinya gak beda sama bensin 1.500cc :mky_03:
nyotsaeba wrote: Thu Oct 13, 2022 10:35 Jd kurang masuk akal ya kalo dibilang:

5 tahun lg teknologi berkembang, harga batre akan makin murah blablabla. Yg ada 5 tahun lg (2027) batre buat ev kita yg produksi tahun 2022 bakal makin mahal, karena teknologi lama dan uda ga masspro lagi.

Harga ev skrg mahal, nanti akan makin terjangkau blablabla....
Dari jaman ICE juga harga makin naik. Turun harga itu karena turun spek atau model. Misal kijang ke avxen terus ke calsig.
Bisa jd nanti ada sih ev yg sub 200jt, tapi modelnya uda kyk bajaj qute yg disetrum. Ev sekelas ioniq5 mungkin 3 tahun lg uda saingan alphard harganya.

Kalo mau gampang ya liat aja harga tesla model 3 dr launch 2019 smp skrg 3 tahun kemudian apakah makin turun atau enggak.
wkwkwkwkw.... ane masih bingung sama argumen "teknologi baterai" emang teknologi baru apaan yang udah masspro, kalo ada di pameran rata-rata juga masih prototype.

betul om, production cost turun itu cuma berlaku buat produsen kok :mky_03: coba aja katanya modular platform mobil salam 1 mesin salam 1 dasbor katanya "hemat ongkos" tapi harga mobilnya ya tetep mahal :mky_03:

kita cuma dapet misal dari 1 platform bisa bikin honda civic, ya harga honda civicnya gak turun, kita cuma dapet varian lain dari honda civic yang lebih murah.

atau pabrikannya bikin platform modular lain yang lebih murah :mky_03:

nah kalo sekarang benchmark mobil EV murah itu wuling EV 300 juta... berarti kalo ngarep EV 200 juta kita bakal dapet mobil macem apa kebayang kan :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

hosea wrote: Thu Oct 13, 2022 14:32
Yup memang ada kemungkinan sudah diganti, kalau gantinya diluar beres ya. Maksud saya, data di beres astra (online di seluruh indo), belum ada penggantian baterai hybrid camry sejak tahun 2011 sampai 2022.
Pernah liat iklan XV50 di oelex tahun 2014an keterangannya sih uda ganti batere di toyota om.
ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 2:40
wkwkwkwkw.... ane masih bingung sama argumen "teknologi baterai" emang teknologi baru apaan yang udah masspro, kalo ada di pameran rata-rata juga masih prototype.

betul om, production cost turun itu cuma berlaku buat produsen kok :mky_03: coba aja katanya modular platform mobil salam 1 mesin salam 1 dasbor katanya "hemat ongkos" tapi harga mobilnya ya tetep mahal :mky_03:

kita cuma dapet misal dari 1 platform bisa bikin honda civic, ya harga honda civicnya gak turun, kita cuma dapet varian lain dari honda civic yang lebih murah.

atau pabrikannya bikin platform modular lain yang lebih murah :mky_03:

nah kalo sekarang benchmark mobil EV murah itu wuling EV 300 juta... berarti kalo ngarep EV 200 juta kita bakal dapet mobil macem apa kebayang kan :mky_03:
Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03
Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
itu tapi balingbalingkampret emang ampas bener, tombol2 interior aja seri-1 sampe seri-7 sama plek, cuma daleman tombolnya aja diganti jadi kalo mencet tombol di seri-7 berasa alus ga kedengeran "klek" nya kayak di seri bawah

inget seri-3 yang dulu katanya sport compact dan affordable sekarang sudah 1 miliar entry level nya :mky_03:

yang mau beli BMW "affordable" ya harus puas dengan X1 :mky_03: yang murah-murah jg down spec dapetnya mesin 3 silinder cenggo sese
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by nyotsaeba »

Ngomongin soal harga batre atau ev bakalan turun, saya jadi inget org purchasing di co saya pernah bilang:

Di indo mah ga bakalan ada harga yg turun, kl turun itu ada downgrade atau barang obsolete.

Yg bisa turun itu cuma turun berok aka. hernia wkwkwk

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03
hosea wrote: Thu Oct 13, 2022 14:32
Yup memang ada kemungkinan sudah diganti, kalau gantinya diluar beres ya. Maksud saya, data di beres astra (online di seluruh indo), belum ada penggantian baterai hybrid camry sejak tahun 2011 sampai 2022.
Pernah liat iklan XV50 di oelex tahun 2014an keterangannya sih uda ganti batere di toyota om.
ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 2:40
wkwkwkwkw.... ane masih bingung sama argumen "teknologi baterai" emang teknologi baru apaan yang udah masspro, kalo ada di pameran rata-rata juga masih prototype.

betul om, production cost turun itu cuma berlaku buat produsen kok :mky_03: coba aja katanya modular platform mobil salam 1 mesin salam 1 dasbor katanya "hemat ongkos" tapi harga mobilnya ya tetep mahal :mky_03:

kita cuma dapet misal dari 1 platform bisa bikin honda civic, ya harga honda civicnya gak turun, kita cuma dapet varian lain dari honda civic yang lebih murah.

atau pabrikannya bikin platform modular lain yang lebih murah :mky_03:

nah kalo sekarang benchmark mobil EV murah itu wuling EV 300 juta... berarti kalo ngarep EV 200 juta kita bakal dapet mobil macem apa kebayang kan :mky_03:
Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
HPP juga naek mbah
Apalagi eropa lg mulai krisis energi gtu :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 2:40
wkwkwkwkw.... ane masih bingung sama argumen "teknologi baterai" emang teknologi baru apaan yang udah masspro, kalo ada di pameran rata-rata juga masih prototype.

betul om, production cost turun itu cuma berlaku buat produsen kok :mky_03: coba aja katanya modular platform mobil salam 1 mesin salam 1 dasbor katanya "hemat ongkos" tapi harga mobilnya ya tetep mahal :mky_03:

kita cuma dapet misal dari 1 platform bisa bikin honda civic, ya harga honda civicnya gak turun, kita cuma dapet varian lain dari honda civic yang lebih murah.

atau pabrikannya bikin platform modular lain yang lebih murah :mky_03:

nah kalo sekarang benchmark mobil EV murah itu wuling EV 300 juta... berarti kalo ngarep EV 200 juta kita bakal dapet mobil macem apa kebayang kan :mky_03:
ekspektasi :mky_03:
Today, BYD officially announced the launch of the Blade Battery, a development set to mitigate concerns about battery safety in electric vehicles.

At an online launch event themed “The Blade Battery – Unsheathed to Safeguard the World”, Wang Chuanfu, BYD Chairman and President, said that the Blade Battery reflects BYD’s determination to resolve issues in battery safety while also redefining safety standards for the entire industry.

BYD highlighted a video of the Blade Battery successfully passing a nail penetration test, which is seen as the most rigorous way to test the thermal runaway of batteries due to its sheer difficulty. “In terms of battery safety and energy density, BYD’s Blade Battery has obvious advantages,” said Professor Ouyang Minggao, Member of the Chinese Academy of Sciences and Professor at Tsinghua University.

The Blade Battery has been developed by BYD over the past several years. The singular cells are arranged together in an array and then inserted into a battery pack. Due to its optimized battery pack structure, the space utilization of the battery pack is increased by over 50% compared to conventional lithium iron phosphate block batteries.
https://en.byd.com/news/byds-new-blade- ... standards/

kenyataan :wkkk:





bingung kan kenapa bisa lolos test dan QC keknya susah buat real world test kebanyakan variable mungkin :big_bored:
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03

Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
inget om mobil keluar baru chasis mesin gak jauh beda tapi gimmick sampahnya nambah itu kan juga cost liatin aja tuh seri 7 :wkkk:

sya liatin aja baru beli mah asik bet dah pakenya ntar ud 5-10thn itu gimmick ud basi semua mau di pretelin ganti tech baru juga gak bisa stuck aja disitu terus ditambah pada usang kemakan umur malah jelek2xin interior ditambah grafiknya juga lama2x basi :wkkk:

makannya honda terutama kek HPM saya senengnya sampe sekarang doyan pake HU aftermarket kalo itu HU basi ya ganti aja pake yang bagusan :mky_03:

kayak Hyundai mayoritas HUnya ud nempel ke sistem mobil ntar head unit berkembang dia ya stuck gitu2x aja orang gak bisa pake kalo gak orinya kalo gak resiko gimmicknya ilang kalo maen ganti :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 3:24
ekspektasi :mky_03:


bingung kan kenapa bisa lolos test dan QC keknya susah buat real world test kebanyakan variable mungkin :big_bored:
emang china mengenal yang namanya QC :mky_07: kalo kenal QC itu wuling air EV gak bakal lolos ke market :mky_07: apa apa mah fishy di tuh negara 1 :mky_03:

makanya rata-rata produk mobilnya jago kandang. klo dijual luas pada gak lolos safety test :mky_07:

di sini? dipuja puji netijen murah banyak fitur :mky_07:

inget om mobil keluar baru chasis mesin gak jauh beda tapi gimmick sampahnya nambah itu kan juga cost liatin aja tuh seri 7 :wkkk:

sya liatin aja baru beli mah asik bet dah pakenya ntar ud 5-10thn itu gimmick ud basi semua mau di pretelin ganti tech baru juga gak bisa stuck aja disitu terus ditambah pada usang kemakan umur malah jelek2xin interior ditambah grafiknya juga lama2x basi :wkkk:

makannya honda terutama kek HPM saya senengnya sampe sekarang doyan pake HU aftermarket kalo itu HU basi ya ganti aja pake yang bagusan :mky_03:

kayak Hyundai mayoritas HUnya ud nempel ke sistem mobil ntar head unit berkembang dia ya stuck gitu2x aja orang gak bisa pake kalo gak orinya kalo gak resiko gimmicknya ilang kalo maen ganti :big_biglaugh:
kan begituan di kapitalisasi sama dealer, klo gak update software misalnya GPS gak bisa dapet update. tp kalo update software biasa hardware udah gak kuat :mky_07: kayak beli aipun aja update OS tambah lemot ya biar orang beli yang tipe baru :mky_07: makanya gak suka mobil yang banyak connectivity.

honda sayang aj skrg kelakuannya mirip sejak ganti om yusak. emang gak downspec tp yang dimasukin tipe sensing semua :big_bored: klo dulu gak mau versi sensing beli 1-2 grade bawahnya bisa, skrg honda civic ma accord cuma 1 tipe :mky_05:

aturan honda indo tuh jual tipe murah kosongan aja. kan ngga sulit cuma buang head unit sama peredam terus velg pake 16 inch kaleng. sisanya kapitalisasi aja jual paket option macem porsche :big_biglaugh: tar mau kenceng bisa dealer tuned pake hondata :mky_03: untung besar tuh dealer kalo gitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by iamwewe »

b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 2:34
iamwewe wrote: Fri Oct 14, 2022 2:11 om, ini persentase increase price ini, ini bener2 cuma ditentuin harga batre doang? karena kalo saya nggak salah nih, kayanya konteksnya om hosea bilang ke depan harga baterai harusnya makin turun
material cost batrenya sendiri naek mulu om ya ud saya bilang kalo tergantung barang tambang demand naek ya harga naek kalo ada yang bilang bakalan turun itu mah ngimpinya dia doank kemakan propaganda mobil disamain sama gadget buktinya dia aja di kibulin toyota, karena material costnya ya dari situ lucunya harga batre sendiri naek juga imbas harga bbm naek juga :wkkk:

itu liat aja dari video yang saya kasih 2018 sama iklan2x yang saya kirim ada angka dari 48 ke 55jt terus jadi 65 68 jt itu iklan sebenernya urutan juga dari paling lama ke yang paling baru di bawah itu aja ud ada 3 variasi harga kalo dibawah 40jt jgn di itung karena bisa aja mereka cuma ganti selnya aja :mky_03:

gadget jgn disamain sama mobil ya itu HP aja makin kesini harganya makin gak waras kalo flagship, makin kebeli karena makin banyak keluar model spek downgrade aja cuma kalo beli mah liatin dulu chipsetnya ini yang selalu saya peratiin tiap beli hp chipset sama batre berapa gede yang ada makin mahal kok spek requirment saya, padahal saya requirement cuma butuh chipset bagus ama batre gede kamera mah sebodo amat gimmick apalagi gak penting performance matter :big_biglaugh:
berkaca dgn gadget, contoh gampang 13pro vs 14pro, jelas2 chipset ke upgrade (gk ush bicara kualitas layar, ato batre nya ke upgrade sizenya), coba aja liat starting pricenya sama aja tuh dulu 13 pro dan 14 pro.

ya tapi gak ada yg tau masa dpn sih. bisa iya nanti ke dpn harga btrenya naik terus, bisa juga nanti ke dpn harganya turun. masalah dia itu kemakan propaganda mobil ato cuma ngimpi dia sih gk tau ya kita. yang pasti dia udh haha hihi enjoy mobil baru nya dgn tech hybridnya, dan yg pasti udh kerasa tuh minimal 18km/liter :big_smile]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 3:55
b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 3:24
ekspektasi :mky_03:


bingung kan kenapa bisa lolos test dan QC keknya susah buat real world test kebanyakan variable mungkin :big_bored:
emang china mengenal yang namanya QC :mky_07: kalo kenal QC itu wuling air EV gak bakal lolos ke market :mky_07: apa apa mah fishy di tuh negara 1 :mky_03:

makanya rata-rata produk mobilnya jago kandang. klo dijual luas pada gak lolos safety test :mky_07:

di sini? dipuja puji netijen murah banyak fitur :mky_07:

inget om mobil keluar baru chasis mesin gak jauh beda tapi gimmick sampahnya nambah itu kan juga cost liatin aja tuh seri 7 :wkkk:

sya liatin aja baru beli mah asik bet dah pakenya ntar ud 5-10thn itu gimmick ud basi semua mau di pretelin ganti tech baru juga gak bisa stuck aja disitu terus ditambah pada usang kemakan umur malah jelek2xin interior ditambah grafiknya juga lama2x basi :wkkk:

makannya honda terutama kek HPM saya senengnya sampe sekarang doyan pake HU aftermarket kalo itu HU basi ya ganti aja pake yang bagusan :mky_03:

kayak Hyundai mayoritas HUnya ud nempel ke sistem mobil ntar head unit berkembang dia ya stuck gitu2x aja orang gak bisa pake kalo gak orinya kalo gak resiko gimmicknya ilang kalo maen ganti :big_biglaugh:
kan begituan di kapitalisasi sama dealer, klo gak update software misalnya GPS gak bisa dapet update. tp kalo update software biasa hardware udah gak kuat :mky_07: kayak beli aipun aja update OS tambah lemot ya biar orang beli yang tipe baru :mky_07: makanya gak suka mobil yang banyak connectivity.

honda sayang aj skrg kelakuannya mirip sejak ganti om yusak. emang gak downspec tp yang dimasukin tipe sensing semua :big_bored: klo dulu gak mau versi sensing beli 1-2 grade bawahnya bisa, skrg honda civic ma accord cuma 1 tipe :mky_05:

aturan honda indo tuh jual tipe murah kosongan aja. kan ngga sulit cuma buang head unit sama peredam terus velg pake 16 inch kaleng. sisanya kapitalisasi aja jual paket option macem porsche :big_biglaugh: tar mau kenceng bisa dealer tuned pake hondata :mky_03: untung besar tuh dealer kalo gitu.
Itu pocket coffin wannabe ga pernah ada crash testnya bisa aja launching disini, emang dasar negeri wakanda :big_slap:

Rada penasaran sama mobil2 jaman skrng yg sensing2an. Emang kepake yah? CX30 nyonya aja ga pernah dipake tuh active cruise segala. Kebanyakan gimmick tp biasanya mayoritas ga kepake jg. Kecuali passive safety systemnya ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 4:07
Itu pocket coffin wannabe ga pernah ada crash testnya bisa aja launching disini, emang dasar negeri wakanda :big_slap:

Rada penasaran sama mobil2 jaman skrng yg sensing2an. Emang kepake yah? CX30 nyonya aja ga pernah dipake tuh active cruise segala. Kebanyakan gimmick tp biasanya mayoritas ga kepake jg. Kecuali passive safety systemnya ya.
nunggu ntar ada ASEAN-NCAP nya aja :mky_03:

di sini mau pake sensing2 begituan serem sendiri om. kok disetirin sama sistem, disetirin sama orang aja ane gak yakin :big_biglaugh:

klo honda sensing bisa disetel jarak berentinya, tapi dari pengalaman nyoba sih kalo jauh kejauhan malah dipotong motor yang ada, kalo deket jadi kedeketan.

lane keeping malah bikin bingung sendiri kadang marka gak kebaca di sini. mo pindah jalur buat nyalip dia baca nya kita ngantuk meleng pdhl hindarin lanehogger di depan :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Bpurna »

Yg saya paling ga ngerti dari toyota itu kenapa masih pake batre nimh yg sudah teknologi jadul banget. Memang terbukti bagus dan reliable. Tapi skrg litium jg sdh makin bagus dan murah. Toyota masih jual batre jadul begitu mahalnya. Tapi kedepan hybrid toyota jg akan pake lithium juga sih.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 3:55 emang china mengenal yang namanya QC :mky_07: kalo kenal QC itu wuling air EV gak bakal lolos ke market :mky_07: apa apa mah fishy di tuh negara 1 :mky_03:

makanya rata-rata produk mobilnya jago kandang. klo dijual luas pada gak lolos safety test :mky_07:

di sini? dipuja puji netijen murah banyak fitur :mky_07:

kan begituan di kapitalisasi sama dealer, klo gak update software misalnya GPS gak bisa dapet update. tp kalo update software biasa hardware udah gak kuat :mky_07: kayak beli aipun aja update OS tambah lemot ya biar orang beli yang tipe baru :mky_07: makanya gak suka mobil yang banyak connectivity.

honda sayang aj skrg kelakuannya mirip sejak ganti om yusak. emang gak downspec tp yang dimasukin tipe sensing semua :big_bored: klo dulu gak mau versi sensing beli 1-2 grade bawahnya bisa, skrg honda civic ma accord cuma 1 tipe :mky_05:

aturan honda indo tuh jual tipe murah kosongan aja. kan ngga sulit cuma buang head unit sama peredam terus velg pake 16 inch kaleng. sisanya kapitalisasi aja jual paket option macem porsche :big_biglaugh: tar mau kenceng bisa dealer tuned pake hondata :mky_03: untung besar tuh dealer kalo gitu.
nah itu kadang saya ketawa aja lah kalo orang nuduh saya kuno karena ngeroasting mobil2x ev atau hybrid dan berfitur padahal mobil2x kek gitu punya potensi nyusahin dan gak bisa di upgrade buat ke depannya :big_bored:

dulu orang2x masih pake CD saya ud pake USB sendirian di mobil :wkkk:

itu ge8 saya aja ud 2x ganti android HU dan saya mungkin termasuk early adopter buat pake HU android :mky_03:

hu yang pertama itu saya beli di sini chipsetnya nanggung ud gak yakin pas beli cuma gak ada pilihan, endingnya hang dan ngeresetnya kudu cabut aki :mky_07:

akhirnya HU ke 2 saya import langsung dari china milih yang chipsetnya paling kenceng nah stabil tuh sampe sekarang itu aja sekarang ud basi karena osnya ud banyak yang baru, dan android kemaren pasang lagi buat pajero beli disini milih chipset paling canggih setara sama yang di jazz tapi yaaa ampas juga biarpun lebih banyak gimmick tapi bug mulu mala bikin kesel enakan jazz punya butut tapi stabil, :mky_03:

mana kalo di jazz itu android saya oprek buat baca OBD sama setting setelan gas segala, mungkin kalo pake unichip settingnya juga saya taro situ juga kali :big_biglaugh:

masa kek gini dibilang kuno :big_biglaugh:

kita mah cuma nyari tech yang stabil2x aja kek dulu orang2x pake syimbian 60 saya ngotot pake syimbian 40 karena lebih stabil toh jaman segitu cuma hp asal bisa sms foto sama halo2x mah dah cukup, orang2x pake android saya ngotot pake blackberry 10 karena lebih stabil toh masih bisa pake wa di BB :mky_03:, baru deh pas android mulai murah dan chipsetnya mayan kuat saya pake android sampe sekarang...... :mky_03:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

BTT, nyonya uda sebulanan ini pake CX30, keluhan utamanya boros. FC 1:9-10 jalur dia kerja. Compare ma vrz rata2 FC mirip2. Ditanya mau pake vrz lagi aja? (kebetulan vrz yg nerusin mertua), tetep nggak mau. Padahal biasa nyonya kalkulatornya kenceng soal bensin segalA.

Kalo beneran mau ngirit jaman skrng ya beli mobil yg bisa minum solar lakceng, korbanin kenyamanan aja. Tp kalo ga demen solar, ya biasakan diri aja pasti keluar duit lebih banyak daripada solar. Tinggal pilih aja mau keluar duit sekali langsung gede (EV), nyicil pas uda jalan bwat maintenance (bensin), atau ya pilih tengah2 keluar duit awalnya ga gitu banyak tp ada running cost jg bwat oake sehari2 (hybrid). Itung2annya kasar2 mirip kali ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 4:12
nunggu ntar ada ASEAN-NCAP nya aja :mky_03:

di sini mau pake sensing2 begituan serem sendiri om. kok disetirin sama sistem, disetirin sama orang aja ane gak yakin :big_biglaugh:

klo honda sensing bisa disetel jarak berentinya, tapi dari pengalaman nyoba sih kalo jauh kejauhan malah dipotong motor yang ada, kalo deket jadi kedeketan.

lane keeping malah bikin bingung sendiri kadang marka gak kebaca di sini. mo pindah jalur buat nyalip dia baca nya kita ngantuk meleng pdhl hindarin lanehogger di depan :mky_05:
sama aja sama e parking brake karena takut D Rusak akhirnya masuk N dulu dan tarik sendiri belom kalo pake auto hold pas di gas sentakannya kagak enak mechanical fellnya itu malah bikin parno takut cepet rontok :wkkk:
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by sapifr22 »

Teknologi baterai saat ini masih jauh dari mature, perkembangan material, jenis, bahkan voltage saja masih bergerak terus.
Baru2 ini ngintip presentasi salah satu konsultan besar, diprediksi harga baterai (USD / kwh ), akan turun sampai 2025an. Setelah itu cenderung datar.

Jadi sabar aja tunggu 3 - 4 tahun lagi sampai gonjang-ganjing EV sdh mengarah ke satu standar yg lebih mapan....
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by hosea »

b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 2:34
iamwewe wrote: Fri Oct 14, 2022 2:11 om, ini persentase increase price ini, ini bener2 cuma ditentuin harga batre doang? karena kalo saya nggak salah nih, kayanya konteksnya om hosea bilang ke depan harga baterai harusnya makin turun
material cost batrenya sendiri naek mulu om ya ud saya bilang kalo tergantung barang tambang demand naek ya harga naek kalo ada yang bilang bakalan turun itu mah ngimpinya dia doank kemakan propaganda mobil disamain sama gadget buktinya dia aja di kibulin toyota, karena material costnya ya dari situ lucunya harga batre sendiri naek juga imbas harga bbm naek juga :wkkk:

itu liat aja dari video yang saya kasih 2018 sama iklan2x yang saya kirim ada angka dari 48 ke 55jt terus jadi 65 68 jt itu iklan sebenernya urutan juga dari paling lama ke yang paling baru di bawah itu aja ud ada 3 variasi harga kalo dibawah 40jt jgn di itung karena bisa aja mereka cuma ganti selnya aja :mky_03:

gadget jgn disamain sama mobil ya itu HP aja makin kesini harganya makin gak waras kalo flagship, makin kebeli karena makin banyak keluar model spek downgrade aja cuma kalo beli mah liatin dulu chipsetnya ini yang selalu saya peratiin tiap beli hp chipset sama batre berapa gede yang ada makin mahal kok spek requirment saya, padahal saya requirement cuma butuh chipset bagus ama batre gede kamera mah sebodo amat gimmick apalagi gak penting performance matter :big_biglaugh:
Saya mah kalau beli apa apa ga pernah kemakan propaganda, hehehe. Selalu saya research dan vari cari info cukup lama, mau itu mobil, gadget, jam tangan, dll.

Kalau kena propaganda, dari dulu sudah piara toyota, malah mobil saya aneh aneh sejak kuliah belum pernah
piara toyota. Bagi saya toyota itu boring banget.

Tapi sekarang ambil toyota karena modelnya mulai bagus bagus, improvement juga dari sisi handling dan steering. Pertimbangan ambil altis hybrid ya pertama memang suka modelnya, may nyoba hybrid, dan reliability toyota.

Indonesia memmang unik mayoritas konsumen nya....belum beli sudah mikir kapan rusak, berapa biayanya.
Bahkan belum beli sudah mikir mau dijual lagi, berapa resale value nya.

Saya tetap pada pendirian saya, mending keluar uang 50 juta per 10 tahun tapi mobilnya awet daripada ICE tapi sering bolak balik ke bengkel... buang waktu tenaga dan pikiran.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ExorT »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 4:12
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 4:07
Itu pocket coffin wannabe ga pernah ada crash testnya bisa aja launching disini, emang dasar negeri wakanda :big_slap:

Rada penasaran sama mobil2 jaman skrng yg sensing2an. Emang kepake yah? CX30 nyonya aja ga pernah dipake tuh active cruise segala. Kebanyakan gimmick tp biasanya mayoritas ga kepake jg. Kecuali passive safety systemnya ya.
nunggu ntar ada ASEAN-NCAP nya aja :mky_03:

di sini mau pake sensing2 begituan serem sendiri om. kok disetirin sama sistem, disetirin sama orang aja ane gak yakin :big_biglaugh:

klo honda sensing bisa disetel jarak berentinya, tapi dari pengalaman nyoba sih kalo jauh kejauhan malah dipotong motor yang ada, kalo deket jadi kedeketan.

lane keeping malah bikin bingung sendiri kadang marka gak kebaca di sini. mo pindah jalur buat nyalip dia baca nya kita ngantuk meleng pdhl hindarin lanehogger di depan :mky_05:
Sensing di jalan luar kota non-tol engga banget dipake. Sering kita mau salip kendaraan depan, sensornya bunyi karena kita kedeketan. 15-20 menit nyetir luar kota, puluhan kali sensornya bunyi2. Ritual wajib sih, selalu mematikan sensing saat start pertama kali dipakai. Jika ada pilihan non sensing flagship beda 5-10 jutaan saja, saya pilh non sensing walaupun selisihnya tipis.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

hosea wrote: Fri Oct 14, 2022 5:15 Saya mah kalau beli apa apa ga pernah kemakan propaganda, hehehe. Selalu saya research dan vari cari info cukup lama, mau itu mobil, gadget, jam tangan, dll.

Kalau kena propaganda, dari dulu sudah piara toyota, malah mobil saya aneh aneh sejak kuliah belum pernah
piara toyota. Bagi saya toyota itu boring banget.

Tapi sekarang ambil toyota karena modelnya mulai bagus bagus, improvement juga dari sisi handling dan steering. Pertimbangan ambil altis hybrid ya pertama memang suka modelnya, may nyoba hybrid, dan reliability toyota.

Indonesia memmang unik mayoritas konsumen nya....belum beli sudah mikir kapan rusak, berapa biayanya.
Bahkan belum beli sudah mikir mau dijual lagi, berapa resale value nya.

Saya tetap pada pendirian saya, mending keluar uang 50 juta per 10 tahun tapi mobilnya awet daripada ICE tapi sering bolak balik ke bengkel... buang waktu tenaga dan pikiran.
tapi 50jt itu sama aja sama AVG orang ngeluarin duit buat benerin F30 di bengkel resmi mungkin kalo saya gak salah inget malah lebih murah itu aja saya lsg ngomong buset baru KM segini aja ud banyak gini rusaknya makanya saya juga parno pake BMW mercy apalagi VW belom apa2x saya tanya kabeng VW pik penyakitnya apa meca pak suka rusak berapa?? paling 30jt :big_biglaugh:, paling bmw yang mau saya beli cuma E36 323i :big_biglaugh:

ya karena punya mobil bolak balik bengkel juga gak enak om saya dulu juga piara chevy mobilnya simple gampang di maintain parts mayan murah cuma masalahnya tiap bulan ada aja yang rusak kilometer baru 70rb :big_bored:

resale value saya juga gak mikirin cuma kalo punya mobil harganya malah naek mulu asik aja apalagi belinya second pas jamannya harganya lagi turun2xnya :mky_03:

kalo dibilang reability toyota bagus mungkin altis itu batasnya kalo ud camry keatas biasa malah lebih ngerong2x apalagi alphard racknya aja suka rontok belom cvtnya juga sering trouble, saya banyak jual camry2x 2.5V kmnya dibawah 100rb tapi ud banyak aja yang di ganti intinya mah kalo ngomongin reability mau merek apapun keknya beli aja mobil kelas medium ke bawah deh yang ud2x bahkan accord pun aja rewel padahal CRV itu kuat sekali tapi gitu accord ampun dah :big_bored:
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ExorT »

hosea wrote: Fri Oct 14, 2022 5:15
Saya mah kalau beli apa apa ga pernah kemakan propaganda, hehehe. Selalu saya research dan vari cari info cukup lama, mau itu mobil, gadget, jam tangan, dll.

Kalau kena propaganda, dari dulu sudah piara toyota, malah mobil saya aneh aneh sejak kuliah belum pernah
piara toyota. Bagi saya toyota itu boring banget.

Tapi sekarang ambil toyota karena modelnya mulai bagus bagus, improvement juga dari sisi handling dan steering. Pertimbangan ambil altis hybrid ya pertama memang suka modelnya, may nyoba hybrid, dan reliability toyota.

Indonesia memmang unik mayoritas konsumen nya....belum beli sudah mikir kapan rusak, berapa biayanya.
Bahkan belum beli sudah mikir mau dijual lagi, berapa resale value nya.

Saya tetap pada pendirian saya, mending keluar uang 50 juta per 10 tahun tapi mobilnya awet daripada ICE tapi sering bolak balik ke bengkel... buang waktu tenaga dan pikiran.
Kita yang pakai, kok orang2 yang pusing ya. Hahaha.
Cuman duit 50jt per 10 tahun aja dibuat bingung dan takut untuk cobain teknologi baru.
Toh punya duit juga buat beli mobil baru 1/2M yang sepaket sama teknologi dan safety (passive terutama) terbaru.
Mana bisa dibandingin ama mobil yang udah 10 tahun lebih dan airbag aja cuman 2. :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 4:46 BTT, nyonya uda sebulanan ini pake CX30, keluhan utamanya boros. FC 1:9-10 jalur dia kerja. Compare ma vrz rata2 FC mirip2. Ditanya mau pake vrz lagi aja? (kebetulan vrz yg nerusin mertua), tetep nggak mau. Padahal biasa nyonya kalkulatornya kenceng soal bensin segalA.

Kalo beneran mau ngirit jaman skrng ya beli mobil yg bisa minum solar lakceng, korbanin kenyamanan aja. Tp kalo ga demen solar, ya biasakan diri aja pasti keluar duit lebih banyak daripada solar. Tinggal pilih aja mau keluar duit sekali langsung gede (EV), nyicil pas uda jalan bwat maintenance (bensin), atau ya pilih tengah2 keluar duit awalnya ga gitu banyak tp ada running cost jg bwat oake sehari2 (hybrid). Itung2annya kasar2 mirip kali ya.
Itu angka km/l mirip tapi rupiahnya beda ya mbah :big_biglaugh:

Sbenernya semua akan mirip mirip aja kalo udah long trip :mky_03:

Hybrid emang menangnya di dalem kota mesin ganyala sih, tp kalo hybrid batre kecil pasti luar kota nyala nyala juga. Kicks malah lukot dilibas ama lcgc 1200cc.

Ini bokap nimbang2 HRV RS ama corcross. Emang corcross bisa irit, tp inget performance 0-100 HRV 2x lebih kenceng + potensi gila diremap. Klo kaum kaki berat kayak ane, lebih berat ke HRV RS :big_biglaugh: knp ga ada media yang bandingin yah hybrid vs petrol turbo back to back. Pdhl range harga sama

tp yang beli bokap jd ya udah ane mah ga minat keduanya stick ke FK4 aja ama nambah shirr repairing plisurrr buat hobi :upss:

maren turun dari kicks ke civic msh berasa kenceng civic even buat dalem kota :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by hosea »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03
hosea wrote: Thu Oct 13, 2022 14:32
Yup memang ada kemungkinan sudah diganti, kalau gantinya diluar beres ya. Maksud saya, data di beres astra (online di seluruh indo), belum ada penggantian baterai hybrid camry sejak tahun 2011 sampai 2022.
Pernah liat iklan XV50 di oelex tahun 2014an keterangannya sih uda ganti batere di toyota om.
Maaf Om. Mungkin benar mungkin juga ga benar, mesti dilihat apa ada bukti otentik nya apakah benar ganti di beres.

Saya ga bilang orang toyota jujur, tapi juga ga berani bilang mereka tukang kibul. Sama juga kalau liat orang ga dikenal pasang iklan jual camry hybrid dan bilang baru ganti baterai di beres, apa kita begitu naif nya percaya gitu aja? Apa bedanya sama naif percaya omongan beres?

Di forum ini sebaiknya kita bicara fakta, bukan asumsi atau praduga. Kalau memang opini pribadi, sebaiknya kita bilang kalau itu opini.

Maaf thread ini sudah agak melenceng dari tujuan awal. Dan banyak asumsi/praduga negatif dari orang tertentu misalnya :
"......dikibulin toyota...."
" .... kemakan propaganda...."

Nadanya sudah cenderung menyudutkan.
Jadi saya ga akan respon lagi deh, waste of time.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by nyotsaeba »

Bicara resale value, ini pengalaman keluarga sendiri, bukan katanya, denger dari sodara temen, atau tetangga nya sodara temen.

Thn 90 an, ortu kena kanker, kudu operasi diangkat bagian tubuhnya, kondisi keluarga waktu itu pas pas an, tabungan ga cukup lantas gimana bayarnya? Akhirnya jual tu mobil satu2 nya kijang grand extra, laku cepet,harga lmyn, bayr rs masih ada sisa beli mobil roti tawar tua yg penting gelinding. Ortu sampe saat ini masih hidup lho. Nah sejak saat itu saya tiap beli mobil keinget terus sama resale value, coba kalo waktu itu punya mobil merek aneh2 ga kebayang gmn.

"Resale value itulah yg menyelamatkan keluarga kami"
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

hosea wrote: Fri Oct 14, 2022 6:09 Maaf Om. Mungkin benar mungkin juga ga benar, mesti dilihat apa ada bukti otentik nya apakah benar ganti di beres.

Saya ga bilang orang toyota jujur, tapi juga ga berani bilang mereka tukang kibul. Sama juga kalau liat orang ga dikenal pasang iklan jual camry hybrid dan bilang baru ganti baterai di beres, apa kita begitu naif nya percaya gitu aja? Apa bedanya sama naif percaya omongan beres?

Di forum ini sebaiknya kita bicara fakta, bukan asumsi atau praduga. Kalau memang opini pribadi, sebaiknya kita bilang kalau itu opini.

Maaf thread ini sudah agak melenceng dari tujuan awal. Dan banyak asumsi/praduga negatif dari orang tertentu misalnya :
"......dikibulin toyota...."
" .... kemakan propaganda...."

Nadanya sudah cenderung menyudutkan.
Jadi saya ga akan respon lagi deh, waste of time.
saya sih baru ngalamin ya om saya kena sendiri sama temen saya juga baru cerita customernya baru kena intinya mungkin companynya jujur tapi oknum di dalemnya :mky_03:

dan barbuknya masih saya pegang :mky_03: intinya customer saya awam vonis mereka gak salah tapi harusnya mobilnya juga gak usah diapa2xin dan di edukasi ini malah kesempatan potong babi :big_biglaugh:

intinya jgn terlalu percaya deh saya juga pake honda bertaun2x tapi saya sendiri gak pernah percaya sama hondanya :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

nyotsaeba wrote: Fri Oct 14, 2022 6:25 Bicara resale value, ini pengalaman keluarga sendiri, bukan katanya, denger dari sodara temen, atau tetangga nya sodara temen.

Thn 90 an, ortu kena kanker, kudu operasi diangkat bagian tubuhnya, kondisi keluarga waktu itu pas pas an, tabungan ga cukup lantas gimana bayarnya? Akhirnya jual tu mobil satu2 nya kijang grand extra, laku cepet,harga lmyn, bayr rs masih ada sisa beli mobil roti tawar tua yg penting gelinding. Ortu sampe saat ini masih hidup lho. Nah sejak saat itu saya tiap beli mobil keinget terus sama resale value, coba kalo waktu itu punya mobil merek aneh2 ga kebayang gmn.

"Resale value itulah yg menyelamatkan keluarga kami"
kalo banyak duit mana mikir kesana om, saya dongeng adek saya beli mobil accord 2000usd gak ada ac aja gak ada yang ngeh inti ceritanya :big_bored:

padahal saya cuma kasih tau itu mobil murah tapi bisa bantu adek saya pergi kerja di amrik pokoknya di maintain asal gelinding aja ac gak fungsi dan mobilnya matic pula body juga busuk itu mobil pas dijual adek saya ke temennya temennya aja seneng dapet mobil kek gitu, coba bayangin om kalo yang avail mobil listrik semua terus adek saya beli mobil itu tapi mobil listrik serem kagak tuh sama batrenya??? baru beli 2000usd kena ganti batre 5000usd kan sakit gigi abis itu adek saya jalan kaki gak punya duit beli lagi padahal kerjanya di tengah hutan :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Fri Oct 14, 2022 7:00, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote: Fri Oct 14, 2022 6:25 Bicara resale value, ini pengalaman keluarga sendiri, bukan katanya, denger dari sodara temen, atau tetangga nya sodara temen.

Thn 90 an, ortu kena kanker, kudu operasi diangkat bagian tubuhnya, kondisi keluarga waktu itu pas pas an, tabungan ga cukup lantas gimana bayarnya? Akhirnya jual tu mobil satu2 nya kijang grand extra, laku cepet,harga lmyn, bayr rs masih ada sisa beli mobil roti tawar tua yg penting gelinding. Ortu sampe saat ini masih hidup lho. Nah sejak saat itu saya tiap beli mobil keinget terus sama resale value, coba kalo waktu itu punya mobil merek aneh2 ga kebayang gmn.

"Resale value itulah yg menyelamatkan keluarga kami"
setuju. sbenernya resale value itu kan hukum pasar juga.

klo ada yang anggep orang indo dah mikir rv, ngga sih kita ngga se spesial itu. orang amerika, ostrali, semua juga mikirin value mobil kalo dijual kembali. kalo mobil value nya drop itu artinya market tidak minat. sesimpel itu.

kenapa kok di luar kesannya mobil rv lebih drop? karna lease mobil baru gampang jd harga mobil bekas dirt cheap dan skemanya tiap 5 thn bisa balikin ganti model baru.

di amrik gembel aja bisa punya mobil tidur di mobil gak punya rumah. bukan karena mereka ga peduli rv. resale value dimana mana mah hukum ngikutin pasar.

di sini resale value tinggi krn mobil barunya mahal. mobil pilihan under 100jt sekarang apa kalo gak mobil-mobil tua di atas 10 thn.

kalo saya mobil buat hobby boleh lah beli merek aneh-aneh, itupun saya limit mobil yang tidak terlalu aneh. koreans, germans macem VW, BMW, mercedes masih ok. karena parts pasti masih banyak dan specialist banyak yang bisa pegang.

klo mau beli baru saya masih konservatif, harus 5 besar jepangan (toyota daihatsu honda suzuki mitsubishi). ini jg faktor alesan kenapa kebelinya honda lagi, honda lagi :big_biglaugh:
b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 6:37
intinya jgn terlalu percaya deh saya juga pake honda bertaun2x tapi saya sendiri gak pernah percaya sama hondanya :mky_03:
beres honda indikator oli waktu viral aja gak bisa jelasin kenapa malah salahin user macet-macetan :big_bored: .

makanya gw prefer beli mobil yang gw familiar teknologinya dan di sini kenal spesialis. klo dah kenal spesialis lama gini sih dah enak. dealer ngomong apa vonis aneh-aneh tinggal bawa ke tempat dia. ada masalah gw bisa tau bengkelnya ngibul apa enggak. masalah ICE mah gitu gitu aja apalagi mobil ICE modern biasa pegang jg apal yang rusak apa.

coba kayak kicks ini mo ngadu ke siapa klo dealer bilang batre gak stabil jalan 10 kilo naik turun melulu katanya normal. mslhnya servis batre mobil mo kemana yang paham siape tukang reparasi hape? :big_biglaugh:

kite kite mah mending, anaknya montir truk gw cerita bokapnya ditawarin tuker kisup ke kapsul ga mau, kebiasa mobil rusak diurusin sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7