Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 7:00 beres honda indikator oli waktu viral aja gak bisa jelasin kenapa malah salahin user macet-macetan :big_bored: .

makanya gw prefer beli mobil yang gw familiar teknologinya dan di sini kenal spesialis. klo dah kenal spesialis lama gini sih dah enak. dealer ngomong apa vonis aneh-aneh tinggal bawa ke tempat dia. ada masalah gw bisa tau bengkelnya ngibul apa enggak. masalah ICE mah gitu gitu aja apalagi mobil ICE modern biasa pegang jg apal yang rusak apa.

coba kayak kicks ini mo ngadu ke siapa klo dealer bilang batre gak stabil jalan 10 kilo naik turun melulu katanya normal. mslhnya servis batre mobil mo kemana yang paham siape tukang reparasi hape? :big_biglaugh:

kite kite mah mending, anaknya montir truk gw cerita bokapnya ditawarin tuker kisup ke kapsul ga mau, kebiasa mobil rusak diurusin sendiri.
padahal tau2x emang kualitas oli mereka aja kurang bagus :big_biglaugh:

dikasih oli premium kalo gak salah baek2x aja kan?? :mky_03:

makannya tuh saya males banget apalagi pertama dapet jazz liat tagnya e pro gold 0w20 ewwww geli banget bacanya :wkkk:

iya berasa si dulu waktu pertama pegang pajero bener2x bego banget kek baru megang mobil karena gak pernah pegang diesel jd banyak gak taunya apalagi itu timming belt ketauan gara2x pas waterpump mau diganti kalo gak ada rusuh waterpump ud bubar tuh pajero saya, soalnya gak tau pake timming belt, gara2x kagak diganti abis itu putus dijalan cuma bengong doank deh..... untung keburu ketauan :big_bored:

kick emang gak mau dicoba bawa ke tukang batre hybrid om?? itu di jogja ada tuh katanya

mendingan sih saya bilang cek dulu sama mereka biar tau vonisnya apaan kalo dah tau ya terserah om dilabrak atau dijual aja kalo saya biasa sih ud males ribut2x mendingan saya jual yang penting kita ud tau itu kenapa karena lebih ke penasaran sama penyakitnya :mky_03: sekalian nambah ilmu dan pengalaman :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 7:22
padahal tau2x emang kualitas oli mereka aja kurang bagus :big_biglaugh:

dikasih oli premium kalo gak salah baek2x aja kan?? :mky_03:

makannya tuh saya males banget apalagi pertama dapet jazz liat tagnya e pro gold 0w20 ewwww geli banget bacanya :wkkk:

iya berasa si dulu waktu pertama pegang pajero bener2x bego banget kek baru megang mobil karena gak pernah pegang diesel jd banyak gak taunya apalagi itu timming belt ketauan gara2x pas waterpump mau diganti kalo gak ada rusuh waterpump ud bubar tuh pajero saya, soalnya gak tau pake timming belt, gara2x kagak diganti abis itu putus dijalan cuma bengong doank deh..... untung keburu ketauan :big_bored:

kick emang gak mau dicoba bawa ke tukang batre hybrid om?? itu di jogja ada tuh katanya

mendingan sih saya bilang cek dulu sama mereka biar tau vonisnya apaan kalo dah tau ya terserah om dilabrak atau dijual aja kalo saya biasa sih ud males ribut2x mendingan saya jual yang penting kita ud tau itu kenapa karena lebih ke penasaran sama penyakitnya :mky_03: sekalian nambah ilmu dan pengalaman :mky_01:
iye, tau tau ngeluarin epro turbo yg botolnya merah. lawak banget gitu dulu nyalahin usernya macet macetan :mky_03:

wah ud digituin ama nissan nya udah males ngurus ce gw gak ada waktu mo dibawa balik ke BSD aja katanya :big_biglaugh: skrg dipake seadanya tar tau2 mogok dibilang normal lagi dah gw kasi tau pokoknya kalo mogok jangan mau diminta duit buat perbaikan :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 6:03
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 4:46 BTT, nyonya uda sebulanan ini pake CX30, keluhan utamanya boros. FC 1:9-10 jalur dia kerja. Compare ma vrz rata2 FC mirip2. Ditanya mau pake vrz lagi aja? (kebetulan vrz yg nerusin mertua), tetep nggak mau. Padahal biasa nyonya kalkulatornya kenceng soal bensin segalA.

Kalo beneran mau ngirit jaman skrng ya beli mobil yg bisa minum solar lakceng, korbanin kenyamanan aja. Tp kalo ga demen solar, ya biasakan diri aja pasti keluar duit lebih banyak daripada solar. Tinggal pilih aja mau keluar duit sekali langsung gede (EV), nyicil pas uda jalan bwat maintenance (bensin), atau ya pilih tengah2 keluar duit awalnya ga gitu banyak tp ada running cost jg bwat oake sehari2 (hybrid). Itung2annya kasar2 mirip kali ya.
Itu angka km/l mirip tapi rupiahnya beda ya mbah :big_biglaugh:

Sbenernya semua akan mirip mirip aja kalo udah long trip :mky_03:

Hybrid emang menangnya di dalem kota mesin ganyala sih, tp kalo hybrid batre kecil pasti luar kota nyala nyala juga. Kicks malah lukot dilibas ama lcgc 1200cc.

Ini bokap nimbang2 HRV RS ama corcross. Emang corcross bisa irit, tp inget performance 0-100 HRV 2x lebih kenceng + potensi gila diremap. Klo kaum kaki berat kayak ane, lebih berat ke HRV RS :big_biglaugh: knp ga ada media yang bandingin yah hybrid vs petrol turbo back to back. Pdhl range harga sama

tp yang beli bokap jd ya udah ane mah ga minat keduanya stick ke FK4 aja ama nambah shirr repairing plisurrr buat hobi :upss:

maren turun dari kicks ke civic msh berasa kenceng civic even buat dalem kota :mky_03:
Iya mbah FC sama, tp rupiahnya 2x lipet :big_biglaugh:
Btw, ternyata 2.0NA mazdut ternyata ga irit2 banget. Saya nyoba di tol hari minggu push n glide cuman dpt 1:16an susah lebih irit lg. FCnya sama kayak F30 saya kalo di tol. Pdhl tenaga langit n bumi. Apa masih inreyen yah :ngacir:
hosea wrote: Fri Oct 14, 2022 6:09
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03
hosea wrote: Thu Oct 13, 2022 14:32
Yup memang ada kemungkinan sudah diganti, kalau gantinya diluar beres ya. Maksud saya, data di beres astra (online di seluruh indo), belum ada penggantian baterai hybrid camry sejak tahun 2011 sampai 2022.
Pernah liat iklan XV50 di oelex tahun 2014an keterangannya sih uda ganti batere di toyota om.
Maaf Om. Mungkin benar mungkin juga ga benar, mesti dilihat apa ada bukti otentik nya apakah benar ganti di beres.

Saya ga bilang orang toyota jujur, tapi juga ga berani bilang mereka tukang kibul. Sama juga kalau liat orang ga dikenal pasang iklan jual camry hybrid dan bilang baru ganti baterai di beres, apa kita begitu naif nya percaya gitu aja? Apa bedanya sama naif percaya omongan beres?

Di forum ini sebaiknya kita bicara fakta, bukan asumsi atau praduga. Kalau memang opini pribadi, sebaiknya kita bilang kalau itu opini.

Maaf thread ini sudah agak melenceng dari tujuan awal. Dan banyak asumsi/praduga negatif dari orang tertentu misalnya :
"......dikibulin toyota...."
" .... kemakan propaganda...."

Nadanya sudah cenderung menyudutkan.
Jadi saya ga akan respon lagi deh, waste of time.
Santai aja om, semua orang bebas beropini kan. Justru namanya forum semua orang saling beropini, sharing pengalaman, dll. Kalo ada yg bahasanya agak2 ketus ya biasa aja namanya tiap orang punya sifat beda2. Sebagai orng yg sama2 dewasa ga perlu masuk ke hati.

Mengenai naif2an yg om maksud itu saya ya? :mky_03:
Coba dibaca lg post saya. Saya ga komen apa2 loh cuman bilang "pernah liat iklan di oelex......" titik. Ga mengkontradiksi pernyataan om yg blg ga ada data camry hibrid ganti batere dari 2011. Toh bisa aja orng yg saya iklanin ganti di tunas atau auto2000 yg datanya ga ngelink ke astra atau bisa jg emang ngibul ga ganti di beres.

Kenapa saya ga cari tau lg, ya karena saya lg ga nyari camry hibrid, lg iseng2 doang buka oelex pas nyari accord cr2 eh iklannya muncul :mky_03:

Kalo dipengadilan (CMIIW), yg pernyataan om dan saya itu sama2 namanya hearsay, denger dari pihak lain, bukan liat langsung. Jadi hampir ga ada maknanya. Saya baca dari iklan orang, om jg pasti ga ngecek sendiri toh data penjualan sparepart astra toyota dari 2011? :big_peace:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Venturtle »

kalo prediksi ane sih next gen mobil mobil baru kedepannya sebagian besar minimal akan mengadopsi teknologi hybrid.. syukur syukur varian ICE nya masih dijual bersamaan.. kalo hanya dijual varian hybrid ya mau ga mau kalo pengen ganti mobil baru next gen ya harus siap dengan varian hybrid.. Innova diesel yg laris manis saja next gen nya kemungkinan besar sudah tidak akan menggunakan mesin diesel.. kemungkinan besar hanya sisa mesin bensin dan mesin bensin hybrid.. next gen Fortuner bagaimana? kemungkinan besar akan menggunakan teknologi mild diesel hybrid.. jadi bagi penggemar mesin ICE bensin sepertinya masih akan ada banyak model ICE bensin kedepannya.. sebaliknya bagi penggemar ICE diesel kemungkinan sudah berakhir eranya mulai next gen mobil mobil baru yg ada sekarang ini.. bagaimanapun, ini hanya prediksi pribadi ane.. bisa benar bisa juga salah :big_peace:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

Venturtle wrote: Fri Oct 14, 2022 8:55 kalo prediksi ane sih next gen mobil mobil baru kedepannya sebagian besar minimal akan mengadopsi teknologi hybrid.. syukur syukur varian ICE nya masih dijual bersamaan.. kalo hanya dijual varian hybrid ya mau ga mau kalo pengen ganti mobil baru next gen ya harus siap dengan varian hybrid.. Innova diesel yg laris manis saja next gen nya kemungkinan besar sudah tidak akan menggunakan mesin diesel.. kemungkinan besar hanya sisa mesin bensin dan mesin bensin hybrid.. next gen Fortuner bagaimana? kemungkinan besar akan menggunakan teknologi mild diesel hybrid.. jadi bagi penggemar mesin ICE bensin sepertinya masih akan ada banyak model ICE bensin kedepannya.. sebaliknya bagi penggemar ICE diesel kemungkinan sudah berakhir eranya mulai next gen mobil mobil baru yg ada sekarang ini.. bagaimanapun, ini hanya prediksi pribadi ane.. bisa benar bisa juga salah :big_peace:
Yg saya penasaran itu produsen ngeropah kan uda ada timetable masing2 kayaknya kapan akan go full electric macem audi katanya 2030 akan jual electric doang. Biem yg M aja gosipnya yg seri saat ini akan jadi the last pure ICE. Berikutnya kemungkinan besar akan hybrid, trus full electricnya lg uji coba jg. Merc jg diluaran lineup EVnya uda banyak banget. Nah itu bisa ada planning kedepan akan full electric kan mengacu pada infrastruktur negara maju kayak di ngeropah atau amrik. Negara2 berkembang yg masih infrastrukturnya dan budayanya (mudik pake EV) menghambat untuk full EV gmn ya?

Kalo produsen jepang si saya yakin selama pemerintah blm larang jual ICE dan demand banyak pasti akan produksi trus. Walaupun produk globalnya elektrik paling produk domestik market kita dijejelin ICE. Masalahnya apa produsen ngeropah mau bersusah2 gitu untuk penetrasi market indo?

Emang si ini masih proyeksi 10-20thn lg. Tp menarik jg ngeliat kebijakan produsen2 mobil bwat pasar2 negara berkembang macem kayak di SEA, afrika, amerika selatan, dll
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 8:37 [
Iya mbah FC sama, tp rupiahnya 2x lipet :big_biglaugh:
Btw, ternyata 2.0NA mazdut ternyata ga irit2 banget. Saya nyoba di tol hari minggu push n glide cuman dpt 1:16an susah lebih irit lg. FCnya sama kayak F30 saya kalo di tol. Pdhl tenaga langit n bumi. Apa masih inreyen yah :ngacir:



Kalo dipengadilan (CMIIW), yg pernyataan om dan saya itu sama2 namanya hearsay, denger dari pihak lain, bukan liat langsung. Jadi hampir ga ada maknanya. Saya baca dari iklan orang, om jg pasti ga ngecek sendiri toh data penjualan sparepart astra toyota dari 2011? :big_peace:
Mungkin masih breakin mbah. Tp tu sky 2.0 klo inget dia dibikin tahun 2012, skrg udah ga berasa irit2 amet jg mbah.

Di zamannya sih lawannya cuma honda sohc 2.0 udah irit dia segitu :big_biglaugh:

Btw klo camry hybrid ganti batre, disini kan sebenernya ada yang repiu juga blg ganti di taun kelima :big_think: kyknya da rahasia umum kok itu kemri batrenya minta ganti cepet.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 9:46
Mungkin masih breakin mbah. Tp tu sky 2.0 klo inget dia dibikin tahun 2012, skrg udah ga berasa irit2 amet jg mbah.

Di zamannya sih lawannya cuma honda sohc 2.0 udah irit dia segitu :big_biglaugh:

Btw klo camry hybrid ganti batre, disini kan sebenernya ada yang repiu juga blg ganti di taun kelima :big_think: kyknya da rahasia umum kok itu kemri batrenya minta ganti cepet.
Taon kelima malah lebih parah lagi om saya selalu ngomong taon ke 8 cuma emang liat iklan2x yang kmaren saya share saya juga baru ngeh sih ternyata lebih parah dari yang selalu saya omongin malah ada yang baru 48.000km ud ganti :mky_03:
2021 Toyota Camry Hybrid Battery
Your 2021 Toyota Camry Hybrid battery will generally last between 3 to 5 years, but that can vary greatly depending on battery size, type of battery, weather conditions and driving habits. Even still, just because your battery isn't totally dead, doesn't mean it's operating accurately. For that reason, it is very essential to have your battery examined every time you visit a service center. Hopefully, you're a client of Courtesy Toyota of Brandon and you will constantly receive a free multi-point check of your vehicle during every service visit. Inspecting your battery and battery cables is part of this process. If you leave your battery unchecked, when it's not running at optimal levels your 2021 Toyota Camry Hybrid can put pressure on the alternator or the starter to improve power. Drawing needless power to compensate for the loss of energy from the battery can make your engine run outside of ideal conditions. In the end, this is going to cost you more capital to fix. It's very essential for your Toyota battery to operate at near-perfect levels.
ini sih dari toyota USA :mky_03:

https://www.courtesytoyota.com/2021-toy ... attery.htm

nah ini kalo menurut saya sih ya namanya orang jualan ditanya minusnya pasti akan ditutupin kalo menurut saya toyota terlalu terbuka pun lsg jd deal breaker siapa yang mau taon 5-8 keluar 50jt :mky_03:

orang umumnya kena vonis turun mesin sama turun metic aja ud ketar ketir itu baru skitar 10-30jt loh :mky_03:

dan kemaren kasus yaris bakpao customer saya ampir kena potong babi aja 50jt buat komponen yang bener2x gak perlu di ganti kayak crossmember, manifold karena itu mobil di vonis bekas banjir tanpa kasih tau bekas banjirnya cuma nerobos doank,intinya ampir semua komponen kolongnya disuruh ganti semua, dan setelah di compare mobil saya yang sama2x bekas nerabas juga mobil saya malah lebih parah kolongnya :big_bored:

yang modelan gini aja mereka berani apalagi cuma cuap2x bilang pernah gak pernah :big_bored:

ya lagian peratiin aja sejauh ini ada yang terang2xan buka harga batre semua juga kagak jelas ngasih infonya spotong2x hyundai, wuling, toyota, tesla selama ini sih mobil pure EV saya kasih harga harga di luar negri gak tau deh kalo disini bisa berapa kali :big_bored:

itu influenza segitu banyak aja gak pernah ad yang ngorek harga batrenya :big_bored:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 9:46
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 8:37 [
Iya mbah FC sama, tp rupiahnya 2x lipet :big_biglaugh:
Btw, ternyata 2.0NA mazdut ternyata ga irit2 banget. Saya nyoba di tol hari minggu push n glide cuman dpt 1:16an susah lebih irit lg. FCnya sama kayak F30 saya kalo di tol. Pdhl tenaga langit n bumi. Apa masih inreyen yah :ngacir:



Kalo dipengadilan (CMIIW), yg pernyataan om dan saya itu sama2 namanya hearsay, denger dari pihak lain, bukan liat langsung. Jadi hampir ga ada maknanya. Saya baca dari iklan orang, om jg pasti ga ngecek sendiri toh data penjualan sparepart astra toyota dari 2011? :big_peace:
Mungkin masih breakin mbah. Tp tu sky 2.0 klo inget dia dibikin tahun 2012, skrg udah ga berasa irit2 amet jg mbah.

Di zamannya sih lawannya cuma honda sohc 2.0 udah irit dia segitu :big_biglaugh:

Btw klo camry hybrid ganti batre, disini kan sebenernya ada yang repiu juga blg ganti di taun kelima :big_think: kyknya da rahasia umum kok itu kemri batrenya minta ganti cepet.
Oh iya bener jg mbah. Iritnya irit untuk ukuran 10thn lalu yah, secara mesin jadul :big_biglaugh:
b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 10:07
ya lagian peratiin aja sejauh ini ada yang terang2xan buka harga batre semua juga kagak jelas ngasih infonya spotong2x hyundai, wuling, toyota, tesla selama ini sih mobil pure EV saya kasih harga harga di luar negri gak tau deh kalo disini bisa berapa kali :big_bored:

itu influenza segitu banyak aja gak pernah ad yang ngorek harga batrenya :big_bored:
Nah ini, kemaren nanya coccross ma wuling EV parameter warranty ganti batere itu apa dan massa warranty habis, harga brp. Jawabannya rada ga meyakinkan semua. Ada 1 sales wuling yg blg dibawah 80% diganti tp apakah ada tertulis hitam diatas putih ya? Secara batere kan ga mungkin lgsng mati total. Kalo info warranty aja ga jelas, ya kaya calon nyonyanya mbah chz nasibnya :big_weee:
Atau jgn2 ada aturan dibawah 80% ganti, tp maaf ga semua beres bs ngecek kapasitasnya brp :big_slap:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 3:09
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03 Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
itu tapi balingbalingkampret emang ampas bener, tombol2 interior aja seri-1 sampe seri-7 sama plek, cuma daleman tombolnya aja diganti jadi kalo mencet tombol di seri-7 berasa alus ga kedengeran "klek" nya kayak di seri bawah
Mobil2 VAG group tuh asik tombol2nya.. tactile banget.. bunyinya klak klek ctek ctek..


Keknya didalem kabin pencetin bgituan aj ud puas bgt.. Old porsche aj berasa pesawat tempur. Tombolnya banyak bener… :big_biglaugh:


Sayang yg kluaran skarang ud banyak ganti ke layar smua buat ngatur ini itu
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by nyotsaeba »

Btw keren nih vvuolenk air ep bisa masuk top 20 mobil terlaris sept
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 10:18
Nah ini, kemaren nanya coccross ma wuling EV parameter warranty ganti batere itu apa dan massa warranty habis, harga brp. Jawabannya rada ga meyakinkan semua. Ada 1 sales wuling yg blg dibawah 80% diganti tp apakah ada tertulis hitam diatas putih ya? Secara batere kan ga mungkin lgsng mati total. Kalo info warranty aja ga jelas, ya kaya calon nyonyanya mbah chz nasibnya :big_weee:
Atau jgn2 ada aturan dibawah 80% ganti, tp maaf ga semua beres bs ngecek kapasitasnya brp :big_slap:
nah itu om ngerinya ud harganya puluhan juta ntar ATPM lepas tangan dengan macem2x alesan kita suruh beresin sendiri pake duit sendiri kan bonyok, iyain aja 8TH warranty selama bukan kita yang beli mah :big_biglaugh:

biasanya gak lsg mati total om setau saya, kalo kasus ioniq saya curiga itu short circuit alias konslet aneh aja dari 80% lsg 0% abis itu gak bisa di charge keliatannya di cut off tuh batrenya sama sistem takut meleduk :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Fri Oct 14, 2022 10:23
Mobil2 VAG group tuh asik tombol2nya.. tactile banget.. bunyinya klak klek ctek ctek..


Keknya didalem kabin pencetin bgituan aj ud puas bgt.. Old porsche aj pesawat tempur. Tombolnya banyak bener… :big_biglaugh:


Sayang yg kluaran skarang ud banyak ganti ke layar smua buat ngatur ini itu
Image

:mky_03: sesuai perkembangan jaman om ikutin pesawat tempurnya juga :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Suryaputra »

Nih yang kayak gini memicu inovasi

https://oto.detik.com/berita/d-6344871/ ... ah-baterai

Namanya produk teknologi baru pasti butuh penyempurnaan.

Masalah produknya berhasil apa nggak?
Ya Market yg menjadi hakim dan nentuin Customer Lifetime Valuenya :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Oct 14, 2022 10:40 Nih yang kayak gini memicu inovasi

https://oto.detik.com/berita/d-6344871/ ... ah-baterai

Namanya produk teknologi baru pasti butuh penyempurnaan.

Masalah produknya berhasil apa nggak?
Ya Market yg menjadi hakim dan nentuin Customer Lifetime Valuenya :weekk:
itu pabrik ud dari 2019 harga batre malah makin naek aja 48-55-65-68 baru nemu di toped 70jt :wkkk:
2022 Toyota Corolla Hybrid Battery
Your 2022 Toyota Corolla Hybrid battery will typically last between 3 to 5 years, but that can fluctuate heavily depending on battery size, weather conditions type of battery, and driving habits. Even still, just because your battery isn't utterly dead, doesn't mean it's operating perfectly. For that reason, it is remarkably essential to have your battery examined every time you visit a service center. Hopefully, you're a client of Coggin Toyota at the Avenues and you will always receive a free multi-point inspection of your car during every service visit. Inspecting your battery and battery cables is part of this process. If you leave your battery unchecked, when it's not running at optimal levels your 2022 Toyota Corolla Hybrid can put pressure on the alternator or the starter to improve power. Drawing needless power to compensate for the loss of energy from the battery can make your engine run outside of ideal conditions. In the end, this is going to cost you more cash to fix. It's remarkably essential for your Toyota battery to operate at near-perfect levels.
https://www.coggintoyota.com/2022-toyot ... attery.htm

NAH loh saya bilangnya 8-10thn lagi :big_think:


gak tanggung jawab aah...... :ngacir:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Oct 14, 2022 10:39
KielConstantine wrote: Fri Oct 14, 2022 10:23
Mobil2 VAG group tuh asik tombol2nya.. tactile banget.. bunyinya klak klek ctek ctek..


Keknya didalem kabin pencetin bgituan aj ud puas bgt.. Old porsche aj pesawat tempur. Tombolnya banyak bener… :big_biglaugh:


Sayang yg kluaran skarang ud banyak ganti ke layar smua buat ngatur ini itu
Image

:mky_03: sesuai perkembangan jaman om ikutin pesawat tempurnya juga :big_biglaugh:
Gw ngetik hp lg di mobil aja susah, apalg lagi rolling 360 derajat mencet2 layar :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 10:18 Nah ini, kemaren nanya coccross ma wuling EV parameter warranty ganti batere itu apa dan massa warranty habis, harga brp. Jawabannya rada ga meyakinkan semua. Ada 1 sales wuling yg blg dibawah 80% diganti tp apakah ada tertulis hitam diatas putih ya? Secara batere kan ga mungkin lgsng mati total. Kalo info warranty aja ga jelas, ya kaya calon nyonyanya mbah chz nasibnya :big_weee:
Atau jgn2 ada aturan dibawah 80% ganti, tp maaf ga semua beres bs ngecek kapasitasnya brp :big_slap:
nahhhh

artinya dealer pun sbenernya masih clueless buat ngurusin mobil hybrid electric gini. ntu nissan kicking its user aja dealer ngotot2 cuma berdasarkan data test drive MID doank ga ad itu battery health nya.

klo yang jual bingung apalagi yang beli :mky_05:
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 11:44

Gw ngetik hp lg di mobil aja susah, apalg lagi rolling 360 derajat mencet2 layar :big_biglaugh:
jujur aja bahkan ngetik keyboard kapasitif aja gw ga suka. buat hal-hal penting masih lebih suka ngetik pake laptop krn ada keyboard fisik. gw masi cocok model QWERTY tapi fisik macem blackberry dulu. kl jaman hape jadul dulu malah lbh seru lagi pada nguasain kan skill ngetik SMS tanpa liat layar :mky_03: artinya hape dulu much safer buat nyetir.

itu aja udah pada ngelarang bilang gak safe skrg kok hapenya di integrasi ke mobil malahan, emang gak pegang hape tp klo mendadak dikabarin keluarga sakit apa meninggal atau urusan kantor mendadak fokus nyetirnya kan buyar :big_bored:

sekarang gw setiap nyalip lanehogger 100% orang yang gw salip itu kliatan gak fokus, lagi pegang hp ntah balesin watsap atau driver taksol cari alamat.

dah gitu karena gak ada tombol, ya kalo LCD hapenya ngambek udah matek kita gak bisa ngapa-ngapain. kemaren hape nyokap LCDnya mati gegara jatoh aja gw ngurusin gak kelar-kelar abis diganti ada aja masalahnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Oct 15, 2022 3:08
nahhhh

artinya dealer pun sbenernya masih clueless buat ngurusin mobil hybrid electric gini. ntu nissan kicking its user aja dealer ngotot2 cuma berdasarkan data test drive MID doank ga ad itu battery health nya.

klo yang jual bingung apalagi yang beli :mky_05:
ya kan ud sering di bahas cuma tuhan yang tau kondisi batre dan kapan tewasnya :big_biglaugh:

ini dari kasus ioniq nemu di FB
Frame Statement:

Problemnya adalah: mobil tidak bisa dicharge

Penyebabnya adalah sistem proteksi BMS Battery Management System) mendeteksi salah satu dari rangkaian module battery mempunyai tegangan yang berbeda. Sistem proteksi tersebut dimaksudkan untuk mencegah kerusakan pada module battery yang lainnya dengan menonaktifkan prosedur charging.

Solusi: mengganti module battery yang mempunyai tegangan berbeda tersebut dengan yang baru

Status: Pemesanan battery module sudah dilakukan oleh dealer.

Diversion:
Battery Management System kita di desain untuk dapat secara efektif dan efisien mendeteksi serta melokalisir area battert yang perlu penggantian sehingga tidak memerlukan penggantuan keseluruhan rangkaian battery
kalo menurut saya yang rusak bukan sel batrenya mungkin lebih ke koneksi batrenya ke sistem bikin konslet akhirnya sistem cut off batterynya kalo gara2x selnya lemah masa tiap module jebol suruh mogok di pinggir jalan, dari 80 tiba2x ke 0 terus gak bisa di charge aja ud aneh itu ada indikasi battery di cut off sama sistem biar gak meleduk, yang udah2x sel lemah itu mobil akan lebih cepet abis dan power ngedrop aja ini masa sampe gak bisa di charge dan bikin charger jepret :big_biglaugh:

bisa jadi ini sistem solusi hyundai pasca recall kona yang dulu sering kebakaran atau owner lagi hoki sebenernya mobilnya ud deket mau meleduk :mky_03:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Venturtle »

KielConstantine wrote: Fri Oct 14, 2022 10:23
ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 3:09
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03 Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
itu tapi balingbalingkampret emang ampas bener, tombol2 interior aja seri-1 sampe seri-7 sama plek, cuma daleman tombolnya aja diganti jadi kalo mencet tombol di seri-7 berasa alus ga kedengeran "klek" nya kayak di seri bawah
Mobil2 VAG group tuh asik tombol2nya.. tactile banget.. bunyinya klak klek ctek ctek..


Keknya didalem kabin pencetin bgituan aj ud puas bgt.. Old porsche aj berasa pesawat tempur. Tombolnya banyak bener… :big_biglaugh:


Sayang yg kluaran skarang ud banyak ganti ke layar smua buat ngatur ini itu
ane kalo soal interior mobil itu paling demen sama banyaknya tempat penyimpanan, desain interior yg unik dan rumit tapi masih user friendly serta banyaknya tombol tombol dalam kabin yg enak pengoperasiannya serta ada lampu ambient pas jalan malam..
sekarang mayoritas uda tergantikan sama salam satu dashboard yg kebanyakan juga minimalis desainnya dan layar besar di tengah dashboard yg bisa mengatur banyak hal.. yg paling aneh itu kalo ac cuma bisa dikendalikan dari layar head unit besar.. bayangkan kalo layarnya hang atau error :big_dunno:
makanya malas banget lihat mayoritas desain interior mobil mobil zaman now :big_bored:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sat Oct 15, 2022 5:54
ChZ wrote: Sat Oct 15, 2022 3:08
nahhhh

artinya dealer pun sbenernya masih clueless buat ngurusin mobil hybrid electric gini. ntu nissan kicking its user aja dealer ngotot2 cuma berdasarkan data test drive MID doank ga ad itu battery health nya.

klo yang jual bingung apalagi yang beli :mky_05:
ya kan ud sering di bahas cuma tuhan yang tau kondisi batre dan kapan tewasnya :big_biglaugh:

ini dari kasus ioniq nemu di FB
Frame Statement:

Problemnya adalah: mobil tidak bisa dicharge

Penyebabnya adalah sistem proteksi BMS Battery Management System) mendeteksi salah satu dari rangkaian module battery mempunyai tegangan yang berbeda. Sistem proteksi tersebut dimaksudkan untuk mencegah kerusakan pada module battery yang lainnya dengan menonaktifkan prosedur charging.

Solusi: mengganti module battery yang mempunyai tegangan berbeda tersebut dengan yang baru

Status: Pemesanan battery module sudah dilakukan oleh dealer.

Diversion:
Battery Management System kita di desain untuk dapat secara efektif dan efisien mendeteksi serta melokalisir area battert yang perlu penggantian sehingga tidak memerlukan penggantuan keseluruhan rangkaian battery
kalo menurut saya yang rusak bukan sel batrenya mungkin lebih ke koneksi batrenya ke sistem bikin konslet akhirnya sistem cut off batterynya kalo gara2x selnya lemah masa tiap module jebol suruh mogok di pinggir jalan, dari 80 tiba2x ke 0 terus gak bisa di charge aja ud aneh itu ada indikasi battery di cut off sama sistem biar gak meleduk, yang udah2x sel lemah itu mobil akan lebih cepet abis dan power ngedrop aja ini masa sampe gak bisa di charge dan bikin charger jepret :big_biglaugh:

bisa jadi ini sistem solusi hyundai pasca recall kona yang dulu sering kebakaran atau owner lagi hoki sebenernya mobilnya ud deket mau meleduk :mky_03:
Kali ini kyknya feeling oom b0ku bener... scr kimia itu batere ndak mungkin ujug2 0V, antara kabel item yg keluar dr batere modul itu ada yg kendor/korslet, atau pcb sensor yg didalem batere modul yg mati. Dia kan baca dr sensor batere modul, kirim info ke cell monitoring unit, dari situ baru ke battery management system, semua pake low voltage ex aki 12V.
Di cut off ya gara2 bacaan 0V, biar ndak mbledug. Jd kayaknya si ada threshold batas bawah berapa volt terus cut off... batas bawah ini yg gak bole ketauan orang sini, bayangin kl ketauan, batas bawahnya 3.5 V, dioprek ke 2V... biar nambah jarak.. digas kenceng mbledug dah.... :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Yg malah bikin penasaran, algoritma si Wuling Air konserpatip kyk gn jg gak ya ?...
Sekilas, kalo dah tau masalah di batere kenapa dipinjemin mobil segelondong ya ?, mending pinjemin batere sepapan aja kan.... :big_chicken: :big_think: :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Oct 15, 2022 6:13
Kali ini kyknya feeling oom b0ku bener... scr kimia itu batere ndak mungkin ujug2 0V, antara kabel item yg keluar dr batere modul itu ada yg kendor/korslet, atau pcb sensor yg didalem batere modul yg mati. Dia kan baca dr sensor batere modul, kirim info ke cell monitoring unit, dari situ baru ke battery management system, semua pake low voltage ex aki 12V.
Di cut off ya gara2 bacaan 0V, biar ndak mbledug. Jd kayaknya si ada threshold batas bawah berapa volt terus cut off... batas bawah ini yg gak bole ketauan orang sini, bayangin kl ketauan, batas bawahnya 3.5 V, dioprek ke 2V... biar nambah jarak.. digas kenceng mbledug dah.... :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Yg malah bikin penasaran, algoritma si Wuling Air konserpatip kyk gn jg gak ya ?...
Sekilas, kalo dah tau masalah di batere kenapa dipinjemin mobil segelondong ya ?, mending pinjemin batere sepapan aja kan.... :big_chicken: :big_think: :big_think:
keknya repot om bongkar 2x bukannya di tanem di chasis belom prosedur buka2xnya bahaya loh gak asal buka baut salah tarik kabel ntar ada yang joget2x kan gak lucu saya sih 2x kena setrum stop kontak sama pegang power supply ps pas tuh mesin lagi bugil untung masih idup sampe sekarang ngebayanginya aja ngeri ampe 2x pula :big_bored:

wuling air itu intinya sih mesinnya purba yang canggih batterynya sama OSnya aja stau saya yang mahal pokoknya chasis sama sistem battery sisanya ya barang asal tempel, kalo pernah ngorek EV china murah nah itu banyak tuh yang motor listriknya pake motor mesin cuci wuling ev mungkin pake motor sekelas motor caddy golf :mky_03:

kenapa saya bilang batenya canggih ngejude dari rangenya buat mobil ukuran segitu harusnya batterynya pake yang ud modern punya :mky_03:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by timbermaniac123 »

Venturtle wrote: Sat Oct 15, 2022 6:05
ane kalo soal interior mobil itu paling demen sama banyaknya tempat penyimpanan, desain interior yg unik dan rumit tapi masih user friendly serta banyaknya tombol tombol dalam kabin yg enak pengoperasiannya serta ada lampu ambient pas jalan malam..
sekarang mayoritas uda tergantikan sama salam satu dashboard yg kebanyakan juga minimalis desainnya dan layar besar di tengah dashboard yg bisa mengatur banyak hal.. yg paling aneh itu kalo ac cuma bisa dikendalikan dari layar head unit besar.. bayangkan kalo layarnya hang atau error :big_dunno:
makanya malas banget lihat mayoritas desain interior mobil mobil zaman now :big_bored:
Pengalaman saya pake wuling almaz. Mau nyalain ac aja repot nunggu HU loading. Mau ganti speed ac juga harus liat hu, pindah dari radio ke menu pengaturan ac. Tapi HU segede almaz vertical gitu enak pake 360 cam nya. Mau mundurin mobil berasa main game gampangnya. :mky_08:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Sat Oct 15, 2022 6:36 Pengalaman saya pake wuling almaz. Mau nyalain ac aja repot nunggu HU loading. Mau ganti speed ac juga harus liat hu, pindah dari radio ke menu pengaturan ac. Tapi HU segede almaz vertical gitu enak pake 360 cam nya. Mau mundurin mobil berasa main game gampangnya. :mky_08:
waduuh modelan gini belom ngefreeze aja saya pernah soalnya matiin mesin deh baru bener, malah pernah ngefrezee ud matiiin mesin aja gak mempan akhirnya solusinya cabut aki, bayangin kalo pas kecelakaan setting blowernya kekencengan keburu masuk angin :mky_07:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Venturtle »

timbermaniac123 wrote: Sat Oct 15, 2022 6:36
Venturtle wrote: Sat Oct 15, 2022 6:05
ane kalo soal interior mobil itu paling demen sama banyaknya tempat penyimpanan, desain interior yg unik dan rumit tapi masih user friendly serta banyaknya tombol tombol dalam kabin yg enak pengoperasiannya serta ada lampu ambient pas jalan malam..
sekarang mayoritas uda tergantikan sama salam satu dashboard yg kebanyakan juga minimalis desainnya dan layar besar di tengah dashboard yg bisa mengatur banyak hal.. yg paling aneh itu kalo ac cuma bisa dikendalikan dari layar head unit besar.. bayangkan kalo layarnya hang atau error :big_dunno:
makanya malas banget lihat mayoritas desain interior mobil mobil zaman now :big_bored:
Pengalaman saya pake wuling almaz. Mau nyalain ac aja repot nunggu HU loading. Mau ganti speed ac juga harus liat hu, pindah dari radio ke menu pengaturan ac. Tapi HU segede almaz vertical gitu enak pake 360 cam nya. Mau mundurin mobil berasa main game gampangnya. :mky_08:
nah, kalo layar besar gini keunggulan utamanya kayaknya hanya camera 360 nya ya.. tapi kualitas layarnya juga harus jernih :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by darrelund »

b0ku wrote: Sat Oct 15, 2022 5:54
ya kan ud sering di bahas cuma tuhan yang tau kondisi batre dan kapan tewasnya :big_biglaugh:

ini dari kasus ioniq nemu di FB
Frame Statement:

Problemnya adalah: mobil tidak bisa dicharge

Penyebabnya adalah sistem proteksi BMS Battery Management System) mendeteksi salah satu dari rangkaian module battery mempunyai tegangan yang berbeda. Sistem proteksi tersebut dimaksudkan untuk mencegah kerusakan pada module battery yang lainnya dengan menonaktifkan prosedur charging.

Solusi: mengganti module battery yang mempunyai tegangan berbeda tersebut dengan yang baru

Status: Pemesanan battery module sudah dilakukan oleh dealer.

Diversion:
Battery Management System kita di desain untuk dapat secara efektif dan efisien mendeteksi serta melokalisir area battert yang perlu penggantian sehingga tidak memerlukan penggantuan keseluruhan rangkaian battery
kalo menurut saya yang rusak bukan sel batrenya mungkin lebih ke koneksi batrenya ke sistem bikin konslet akhirnya sistem cut off batterynya kalo gara2x selnya lemah masa tiap module jebol suruh mogok di pinggir jalan, dari 80 tiba2x ke 0 terus gak bisa di charge aja ud aneh itu ada indikasi battery di cut off sama sistem biar gak meleduk, yang udah2x sel lemah itu mobil akan lebih cepet abis dan power ngedrop aja ini masa sampe gak bisa di charge dan bikin charger jepret :big_biglaugh:

bisa jadi ini sistem solusi hyundai pasca recall kona yang dulu sering kebakaran atau owner lagi hoki sebenernya mobilnya ud deket mau meleduk :mky_03:
sepertinya begitu oom, failsafenya mending di cut semua daripada ngerusak module yg laen

mending jogrok sekalian, daripada meleduk tengah jalan kayak dulu :big_biglaugh:

tapi ya jadinya ga solutif jg, per module hrs ada cutoff masing" supaya masi bisa jalan

entah bisa dibikin safe mode apa gmn

bener kata um, masa module tewas 1 tiba" jogrok. coba klo kejadian lagi highspeed mobil tiba" mati

ya bahaya, belom semua tombol serba elektrik. ya gabisa di apain klo ud tewas
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by darrelund »

ChZ wrote: Fri Oct 14, 2022 3:09
kendibocor wrote: Fri Oct 14, 2022 3:03
Salam 1 mesin, 1 dashboard macem baling2 kampret. Dashboard dari seri murah sampa paling mahal 90% mirip. Mesin non M semua B48, B58. Enak bener tuh stok sparepart gaperlu terlalu banyak variasi. Harga? Tetep aja naek mulu. Production cost turun bukan mobil makin murah ya mbah, tp produsen makin untung :big_slap:
itu tapi balingbalingkampret emang ampas bener, tombol2 interior aja seri-1 sampe seri-7 sama plek, cuma daleman tombolnya aja diganti jadi kalo mencet tombol di seri-7 berasa alus ga kedengeran "klek" nya kayak di seri bawah

inget seri-3 yang dulu katanya sport compact dan affordable sekarang sudah 1 miliar entry level nya :mky_03:

yang mau beli BMW "affordable" ya harus puas dengan X1 :mky_03: yang murah-murah jg down spec dapetnya mesin 3 silinder cenggo sese
itu center console aja layout idrivenya template bgt, kayak lego. beda mobil cuma dikasih beda tombol aja :big_biglaugh: :big_biglaugh:

pabrikannya seh enak, kitanya bayar lebih

X7
Image

8er cabrio
Image

8er coupe
Image