cek youtube aja om banyak yang tebalik di tol
Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Emang suka ngerasa sok paling berkuasa sih tuh bule2 benua biru sepanjang sejarah klo belajar history perbudakan penjajahan kelakuan benua biru jgnyotsaeba wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 5:25 Nah sy amatin sih tu benua biru sorry to say, cara bisnisnya munafik & pengecut:
CPO diban abis sama yurop, alasannya klasik, lingkungan. Padahal browse aja, di kolong langit ga ada minyak nabati yg se ekonomis sawit. Mau rapeseed, olive kek, mereka perlu lahan berkali2 lipat buat output yg sama dgn sawit, artinya bisa lebih ramah lingkungan cpo dong??? Parahnya, sawit cuma bisa tumbuh di daerah tropis, ga bakal bisa yurop tanem sawit.
Julit lah tu yurop, cpo di black campaign, kalo nggak di ban bisa mampus tu produsen minyak di sana. Lantas kita produsen dibikin susah, harus ada sertifikasi RSPO buat jual sawit kesana, itu jg masih dipersulit. Akhirnya cost cpo kita naik, supaya produk minyak nabati mrk masih ada kesempatan idup. Busuk kan?
Coal jg sama kyk yg sy sebutin diatas.
Nah EV jg mungkin sama kasusnya, yurop ga bs bersaing ICE nya sm jepun, korea, cina, jadi pake cara preman yg sama sm cpo. Ujung2 nya bisnis bos, supaya mereka ga dijajah asia dlm hal industri.
Skr para hipokrit lg kena batunya, sok2 an sangsi rusia, akhirnya susah sendiri rakyatnya, inflasi tinggi. Coba kalo berani polling ke rakyatnya dulu, pilih tutup mata sm rusia tp harga energi stabil apa pilih sangsi rusia tp inflasi ga keruan.
Yg terbaru yurop nge ban apple soal port lightning iphone, entahlah ada motif bisnis apa lagi hehehe
Kalo gak bisa bersaing, ya atur regulasinya
Sekarang mendadak jadi ahli lingkungan, padahal yang ngerusak ya dari mereka mereka juga. Bikin NGO buat greenwashing ngalihin isu buang minyak ke laut tp seakan penyebab nomer satunya plastik.
Sekarang bikin seakan penyebab climate change itu asep knalpot mobil
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
ChZ wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 6:02 Emang suka ngerasa sok paling berkuasa sih tuh bule2 benua biru sepanjang sejarah klo belajar history perbudakan penjajahan kelakuan benua biru jg
Kalo gak bisa bersaing, ya atur regulasinya
Sekarang mendadak jadi ahli lingkungan, padahal yang ngerusak ya dari mereka mereka juga. Bikin NGO buat greenwashing ngalihin isu buang minyak ke laut tp seakan penyebab nomer satunya plastik.
Sekarang bikin seakan penyebab climate change itu asep knalpot mobil
mereka gak akan pernah puas sampe kota kita balik berubah jadi hutan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
NAH INI KESEL JUGA SAYA OM!!!nyotsaeba wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 5:25 Nah sy amatin sih tu benua biru sorry to say, cara bisnisnya munafik & pengecut:
CPO diban abis sama yurop, alasannya klasik, lingkungan. Padahal browse aja, di kolong langit ga ada minyak nabati yg se ekonomis sawit. Mau rapeseed, olive kek, mereka perlu lahan berkali2 lipat buat output yg sama dgn sawit, artinya bisa lebih ramah lingkungan cpo dong??? Parahnya, sawit cuma bisa tumbuh di daerah tropis, ga bakal bisa yurop tanem sawit.
Julit lah tu yurop, cpo di black campaign, kalo nggak di ban bisa mampus tu produsen minyak di sana. Lantas kita produsen dibikin susah, harus ada sertifikasi RSPO buat jual sawit kesana, itu jg masih dipersulit. Akhirnya cost cpo kita naik, supaya produk minyak nabati mrk masih ada kesempatan idup. Busuk kan?
Coal jg sama kyk yg sy sebutin diatas.
Nah EV jg mungkin sama kasusnya, yurop ga bs bersaing ICE nya sm jepun, korea, cina, jadi pake cara preman yg sama sm cpo. Ujung2 nya bisnis bos, supaya mereka ga dijajah asia dlm hal industri.
Skr para hipokrit lg kena batunya, sok2 an sangsi rusia, akhirnya susah sendiri rakyatnya, inflasi tinggi. Coba kalo berani polling ke rakyatnya dulu, pilih tutup mata sm rusia tp harga energi stabil apa pilih sangsi rusia tp inflasi ga keruan.
Yg terbaru yurop nge ban apple soal port lightning iphone, entahlah ada motif bisnis apa lagi hehehe
inget banget dulu 2018 akhir bisnis sawit terseok2, batu bara anjlok.. skrg kena getahnya kan tuh, inflasi gila2an..
Isu SARA juga banyak dari sana, politik adu domba, politik perbudakan, penjajahan... hadeehh gudangnya cara licik dah mereka
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
[quote=iamwewe post_id=1243393 time=1665626866
om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.
apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.
perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
[/quote]
Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.
apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.
perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
[/quote]
Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
bad news harganya taon ini aja ud naek berapa kali ini imbas demand naek loh dan deman sekarang belom seberapa di banding penjualan mobil keseluruhan, ditambah materialnya juga rare ke depannya bakalan makin mahal kok karena kan katanya demandnya bakalan naekhosea wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 8:52 Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
camry hybrid 46 juta ongkos pasang 2jt total 48jt, bisa service nonresmi dengan ganti sel yang rusak satu sel 1,2jt ongkos kerja 1jt paling abis itu lembiru karena kalo diterusin pake terus sampe semua sel diganti jatohnya lebih mahal dari ke toyota
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Nah... Keterbatasan resourcesnya aja udah jadi problem dulu kokb0ku wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 9:28 bad news harganya taon ini aja ud naek berapa kali ini imbas demand naek loh dan deman sekarang belom seberapa di banding penjualan mobil keseluruhan, ditambah materialnya juga rare ke depannya bakalan makin mahal kok karena kan katanya demandnya bakalan naek
camry hybrid 46 juta ongkos pasang 2jt total 48jt, bisa service nonresmi dengan ganti sel yang rusak satu sel 1,2jt ongkos kerja 1jt paling abis itu lembiru karena kalo diterusin pake terus sampe semua sel diganti jatohnya lebih mahal dari ke toyota
Gabisa itu menuhin demand sedunia, sumberdaya dikit tp demand tinggi harga ya pasti ga bakal turun, hukum pasar kok ini
Yang ada bukan ramah lingkungan, malah makin ngerusak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
itu teknologi baterai masih berkembang terus.b0ku wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 9:28bad news harganya taon ini aja ud naek berapa kali ini imbas demand naek loh dan deman sekarang belom seberapa di banding penjualan mobil keseluruhan, ditambah materialnya juga rare ke depannya bakalan makin mahal kok karena kan katanya demandnya bakalan naekhosea wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 8:52 Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
camry hybrid 46 juta ongkos pasang 2jt total 48jt, bisa service nonresmi dengan ganti sel yang rusak satu sel 1,2jt ongkos kerja 1jt paling abis itu lembiru karena kalo diterusin pake terus sampe semua sel diganti jatohnya lebih mahal dari ke toyota
baterai yg dipake sama toyota buat hybrid kan tipe NiMh yang mana ga dipake sama mobil2 listrik (Lithium). Yg LIthium pun ada beragam macam, ioniq pake NMC, wuling pake LFP. ke depan who knows tipe batere mana yg akhirnya jd pemenang. belum lagi tipe batere ada 1680, 2170, 4680 atau batere pedang kyk punya nya BYD.
Jadi, sepertinya sih harga baterai yg dipake sama mobil2 skrg ga akan turun di masa depan, kecuali format baterai itu ternyata jd standard nya di masa depan.
"Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011." => ini juga ga jelas kan om, karena camry hybrid emg baru keluar th 2011, jadi sudah diganti baterainya tp diganti di tahun berapa? bisa jadi th 2015, 2016 alias baru umur 5-6 tahun udah harus ganti. sebacaan saya di SM sini apa di grup lain ada koq yg camry hybridnya ganti baterai di tahun ke 5.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
gak ada yang menang om selama itu batre trouble gak akan jauh2x dari bobot, dan apithe-mantal wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 10:05 itu teknologi baterai masih berkembang terus.
baterai yg dipake sama toyota buat hybrid kan tipe NiMh yang mana ga dipake sama mobil2 listrik (Lithium). Yg LIthium pun ada beragam macam, ioniq pake NMC, wuling pake LFP. ke depan who knows tipe batere mana yg akhirnya jd pemenang. belum lagi tipe batere ada 1680, 2170, 4680 atau batere pedang kyk punya nya BYD.
Jadi, sepertinya sih harga baterai yg dipake sama mobil2 skrg ga akan turun di masa depan, kecuali format baterai itu ternyata jd standard nya di masa depan.
"Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011." => ini juga ga jelas kan om, karena camry hybrid emg baru keluar th 2011, jadi sudah diganti baterainya tp diganti di tahun berapa? bisa jadi th 2015, 2016 alias baru umur 5-6 tahun udah harus ganti. sebacaan saya di SM sini apa di grup lain ada koq yg camry hybridnya ganti baterai di tahun ke 5.
makannya saya bilang listrik mah listrik aja power sourcenya di ganti selama ngandelin batre disitulah masalahnya
contoh kalo di pake sama luxury liner itu diesel electric, kalo di pake sama kapal2x militer amrik nuclear electric, selama cuma pake batre yang notabe nyimpen plasma dan plasma itu sama aja sama api dalam bentuk listrik ujung2xnya akan meleduk dan susah di kontrol karena kalo dah meleduk itu listrik didalemnya emang mau dibuang kemana??? kalo bensin mah tinggal tuang aja lah itu listrik gimana buangnya coba ya pasti bakalan jadi apiii yang ada
kalo kata bule batrenya puncture alias bocor ditusuk lsg keluar api blarrrr
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu May 04, 2017 14:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Jd kurang masuk akal ya kalo dibilang:
5 tahun lg teknologi berkembang, harga batre akan makin murah blablabla. Yg ada 5 tahun lg (2027) batre buat ev kita yg produksi tahun 2022 bakal makin mahal, karena teknologi lama dan uda ga masspro lagi.
Harga ev skrg mahal, nanti akan makin terjangkau blablabla....
Dari jaman ICE juga harga makin naik. Turun harga itu karena turun spek atau model. Misal kijang ke avxen terus ke calsig.
Bisa jd nanti ada sih ev yg sub 200jt, tapi modelnya uda kyk bajaj qute yg disetrum. Ev sekelas ioniq5 mungkin 3 tahun lg uda saingan alphard harganya.
Kalo mau gampang ya liat aja harga tesla model 3 dr launch 2019 smp skrg 3 tahun kemudian apakah makin turun atau enggak.
5 tahun lg teknologi berkembang, harga batre akan makin murah blablabla. Yg ada 5 tahun lg (2027) batre buat ev kita yg produksi tahun 2022 bakal makin mahal, karena teknologi lama dan uda ga masspro lagi.
Harga ev skrg mahal, nanti akan makin terjangkau blablabla....
Dari jaman ICE juga harga makin naik. Turun harga itu karena turun spek atau model. Misal kijang ke avxen terus ke calsig.
Bisa jd nanti ada sih ev yg sub 200jt, tapi modelnya uda kyk bajaj qute yg disetrum. Ev sekelas ioniq5 mungkin 3 tahun lg uda saingan alphard harganya.
Kalo mau gampang ya liat aja harga tesla model 3 dr launch 2019 smp skrg 3 tahun kemudian apakah makin turun atau enggak.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Halo om..iamwewe wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 2:07om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:yaseinotulip wrote: ↑Wed Oct 12, 2022 18:15
DCT gagal ? Ga cocok pemakaian nya aja plg.. ga bs dibilang gagal selama teknologi itu masi ke pake apa lg sm mobil sekilas Porsche dkk..
Om jgn meng generalisir org Amrik cm dengan stereotipe yg sering denger di YouTube, V8, V6
Hybrid di USA tahun lalu naik 76% tuh.. cari berita nya.. EV jg naik 83%..
Teknologi baru daya tahan berkurang apa lagi om? Kita masi ngomongin hybrid kan?
Umur pake mobil hybrid sama sm ICE, masalah batere om? Rusak beli om.. kaya HP tu batere klo rusak jg diganti tinggal beli.. haha
Yg beli mobil Hybrid gw yakin ga ada yg peduli carbon footprint. Tau nya teknologi baru, irit, tertarik dan dicoba. Kan gw udah blg itu urusan pemerintah… industri nya ngerusak haha.. ya sudahlah
Terakhir lah gw tanggepin om boku ini.. asal nulis ke sana ke sini makin ga jelas..
Jd tau ky gmn org nya haha..
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.
apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.
perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
Ya klo 18 km/l pasti dpt..
klo jd genset gigi di P itu akan pakai batere ny.. klo udah drop di 3 bar, nanti engine akan nyala jadi genset ngisi batere sampe batere cukup lagi trs engine alan mati lagi..
Sistem Hybrid itu ga cuma irit dari EV mode nya aja, tapi pas start dari diem biasanya jg dibantu motor listrik nya.. itu jg bikin hemat..
Klo ngerem itu bantu isi batere, tp klo ngerem di kemacetan speed 0-20 ya ga efek jg, karena rem dikit berenti
Ngisi byk klo pas ngerem turunan..
Gw jg pake HRV 1.5 kok.. rute biasa 12-14 km/l. Klo pake cocross 23-25 km/l, buat perbandingan aja. Klo istri yg pake turun jd 21 km/l karena ternyata wanita klo injek gas lebih ga sopan
Om hosea jg udah jawab tuh.. bisa tanya2 lbh lanjut di thread altis hybrid ny om hosea. Klo disini tar disuruh ganti raize turbo sisa duit di deposito haha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
nyotsaeba wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 10:35 Jd kurang masuk akal ya kalo dibilang:
5 tahun lg teknologi berkembang, harga batre akan makin murah blablabla. Yg ada 5 tahun lg (2027) batre buat ev kita yg produksi tahun 2022 bakal makin mahal, karena teknologi lama dan uda ga masspro lagi.
Harga ev skrg mahal, nanti akan makin terjangkau blablabla....
Dari jaman ICE juga harga makin naik. Turun harga itu karena turun spek atau model. Misal kijang ke avxen terus ke calsig.
Bisa jd nanti ada sih ev yg sub 200jt, tapi modelnya uda kyk bajaj qute yg disetrum. Ev sekelas ioniq5 mungkin 3 tahun lg uda saingan alphard harganya.
Kalo mau gampang ya liat aja harga tesla model 3 dr launch 2019 smp skrg 3 tahun kemudian apakah makin turun atau enggak.
sama autopilot bayar lagi ada langganan atau pass seumur idup....................maksudnya seumur idup mobilnyaHowever, Tesla is still listing the same prices for the FSD subscription on its website following the price increase to $12,000:
Basic Autopilot to FSD capability $199.00 per month
Enhanced Autopilot to FSD capability $99.00 per month
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Iya Om.....untung saya spk di bulan februari lalu, masih dapat harga 512 juta, hehehe.b0ku wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 9:28bad news harganya taon ini aja ud naek berapa kali ini imbas demand naek loh dan deman sekarang belom seberapa di banding penjualan mobil keseluruhan, ditambah materialnya juga rare ke depannya bakalan makin mahal kok karena kan katanya demandnya bakalan naekhosea wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 8:52 Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
camry hybrid 46 juta ongkos pasang 2jt total 48jt, bisa service nonresmi dengan ganti sel yang rusak satu sel 1,2jt ongkos kerja 1jt paling abis itu lembiru karena kalo diterusin pake terus sampe semua sel diganti jatohnya lebih mahal dari ke toyota
Kalau saya sih ga berani macem macem lah soal baterai ya ganti di beres. Segala resiko sudah saya perhitungan kok. Memang sudah diniati mau nyoba hybrid.
Yang penting rajin cari duit biar tetap bisa nikmati dan kalau waktunya ganti baterai, ya ganti lah.
Life is too short to overthink anything Gan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Yup memang ada kemungkinan sudah diganti, kalau gantinya diluar beres ya. Maksud saya, data di beres astra (online di seluruh indo), belum ada penggantian baterai hybrid camry sejak tahun 2011 sampai 2022.the-mantal wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 10:05itu teknologi baterai masih berkembang terus.b0ku wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 9:28bad news harganya taon ini aja ud naek berapa kali ini imbas demand naek loh dan deman sekarang belom seberapa di banding penjualan mobil keseluruhan, ditambah materialnya juga rare ke depannya bakalan makin mahal kok karena kan katanya demandnya bakalan naekhosea wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 8:52 Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
camry hybrid 46 juta ongkos pasang 2jt total 48jt, bisa service nonresmi dengan ganti sel yang rusak satu sel 1,2jt ongkos kerja 1jt paling abis itu lembiru karena kalo diterusin pake terus sampe semua sel diganti jatohnya lebih mahal dari ke toyota
baterai yg dipake sama toyota buat hybrid kan tipe NiMh yang mana ga dipake sama mobil2 listrik (Lithium). Yg LIthium pun ada beragam macam, ioniq pake NMC, wuling pake LFP. ke depan who knows tipe batere mana yg akhirnya jd pemenang. belum lagi tipe batere ada 1680, 2170, 4680 atau batere pedang kyk punya nya BYD.
Jadi, sepertinya sih harga baterai yg dipake sama mobil2 skrg ga akan turun di masa depan, kecuali format baterai itu ternyata jd standard nya di masa depan.
"Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011." => ini juga ga jelas kan om, karena camry hybrid emg baru keluar th 2011, jadi sudah diganti baterainya tp diganti di tahun berapa? bisa jadi th 2015, 2016 alias baru umur 5-6 tahun udah harus ganti. sebacaan saya di SM sini apa di grup lain ada koq yg camry hybridnya ganti baterai di tahun ke 5.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
- Location: Indonesia
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Pake kicks aja atau at least test drive dulu buat perbandingan sama hybridnya toyota.iamwewe wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 2:07om yas, ijin tanya nih ya. kalo kebutuhan:yaseinotulip wrote: ↑Wed Oct 12, 2022 18:15
DCT gagal ? Ga cocok pemakaian nya aja plg.. ga bs dibilang gagal selama teknologi itu masi ke pake apa lg sm mobil sekilas Porsche dkk..
Om jgn meng generalisir org Amrik cm dengan stereotipe yg sering denger di YouTube, V8, V6
Hybrid di USA tahun lalu naik 76% tuh.. cari berita nya.. EV jg naik 83%..
Teknologi baru daya tahan berkurang apa lagi om? Kita masi ngomongin hybrid kan?
Umur pake mobil hybrid sama sm ICE, masalah batere om? Rusak beli om.. kaya HP tu batere klo rusak jg diganti tinggal beli.. haha
Yg beli mobil Hybrid gw yakin ga ada yg peduli carbon footprint. Tau nya teknologi baru, irit, tertarik dan dicoba. Kan gw udah blg itu urusan pemerintah… industri nya ngerusak haha.. ya sudahlah
Terakhir lah gw tanggepin om boku ini.. asal nulis ke sana ke sini makin ga jelas..
Jd tau ky gmn org nya haha..
1. cuma anter jemput anak ke sekolah. (bini nyetir + 2 anak)
2. jarak tempuh 1hari bolak balik rumah skolahh 25km aja. tapi macet parah.
3. dann... kebanyakan mobil cuma dipake sbg genset AC nyala, karena faktor macet parah merayap itu lah. karena faktor nunggu anak di parkiran lah.
apakah kita tetep bisa menikmati kehematan nya hybrid? which is anggep aja 18km/liter? mengingat hybrid juga ketolong irit nya dgn gaya kinetik pengereman. lah ini jalannya aja merayap pol.
perbandingan aja skrg bawa hrv 1.5 cuma dpt 9km-10km/liter dgn rute tsb
Plusnya kicks:
- sensasi mobil listrik tanpa charge
- bisa one pedal (toyota ga bs, pdhl enak banget ini)
- tarikan kenceng dan smooth
- bensin isi pertalite cukup
- irit (terjelek 17km/ltr, eco bs 22km/ltr)
- sound system bawaan udh cukup banget cenderung bagus.
- blind spot, adaptive cruise control bs sampe berenti total.
- harga murah banding toyota
- bs beli extended warranty harga 7.7jt saja
Minusnya:
- agak sempit
- ac dingin banget (jd sering matiin nyalain, termostat kyk ga fungsi)
- sedikit keras bantingannya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Aug 20, 2015 23:26
- Daily Vehicle: Baleno New Age 2023
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Kalo buat saya pribadi setelah hitung2 antara ICE + Cost Perawatan + Cost Bensin VS EV Termurah untuk ukuran mobil proper (let say KONA) itu masih lebih mahal beli EV dengan biaya cost perawatan + bensin selama 5 tahun
Ini itung2an saya ya dan ini tergantung pemakaia usernya
1. Harga Mobil Contoh Stargeser = 310 Juta
2. Biaya Servis, Asumsi ga dpt servis gratis = 3jt per bulan X 60 Bulan = 180jt
3. Bensin = Sebulan 2 juta X 60 bulan = 120
4. Pajak = asumsi 6jt per tahun X 5 Tahun = 30
Total= 640 Juta, harga Kona 740jt
masih ada selisih 100 juta, dan sebagai orang indo pasti akan mikir harga jual, asumsi depresiasi harga 10% / Tahun maka sisa harga mobil pas di jual di taun ke 5= 200 juta
jadi buat saya masih lebih hemat mobil ICE, nanti kalo harganya udh make sense sama kaya harga mobil ICE baru deh pertimbangkan ganti EV hehehe
Ini itung2an saya ya dan ini tergantung pemakaia usernya
1. Harga Mobil Contoh Stargeser = 310 Juta
2. Biaya Servis, Asumsi ga dpt servis gratis = 3jt per bulan X 60 Bulan = 180jt
3. Bensin = Sebulan 2 juta X 60 bulan = 120
4. Pajak = asumsi 6jt per tahun X 5 Tahun = 30
Total= 640 Juta, harga Kona 740jt
masih ada selisih 100 juta, dan sebagai orang indo pasti akan mikir harga jual, asumsi depresiasi harga 10% / Tahun maka sisa harga mobil pas di jual di taun ke 5= 200 juta
jadi buat saya masih lebih hemat mobil ICE, nanti kalo harganya udh make sense sama kaya harga mobil ICE baru deh pertimbangkan ganti EV hehehe
Mazda 2 Sedan R Type - 1.5L MZR (ZY-VE)
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
VW Polo A4 (1J) - Mk4
X-Trail T32 - QR25DE
Biante SkyActiv - 2.0 L SkyActiv-G (PE-VPS) I4
New Age Baleno - K14B
StargazerX - Smartstream G1.5 G4FL
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
nih om saya kasih data dari WA saya dari orang2x yang ngejapri jualan kemry hybrid itung dah sono ada berapa ini saya jualan dari tahun 2019 jd gak semua ini baru dijual bisa aja barang dari 3th lalu dijual
FS: Toyota Camry 2.5 V Hybrid
Black on Beige
NIK 2012
Pajak Bulan 11 2019
Atas nama PT (Bukan Rental)
77k km on going
- Leather Interior Like New
- Exterior baru Nano Coating (5jt)
- Carpet Comfort (3jt)
- Monitor bawaan dengan Navigasi dan Bluetooth Pairing with JBL sound system
- Wood Panel and Wood Steering Wheel
- Kursi Pijat with Reclining dan Side Blind (langka)
- Paling Full Option
- Ban 4 pcs baru Falken
- Kaki2 banyak yg sudah diganti , aman ga ada bunyi seperti baru
- Baterry Hybrid Baru ganti tidak sampai 1 tahun (30jt)
- Plat Genap
- Tidak bekas tabrakan, banjir maupun rental
- Parking Sensor
- Rear View Camera
- Automatic Retract Side Mirror
- Bi-Xenon Headlight
- LED Fog Light
-------
Lokasi: Alam Sutera
Fs :
Camry hybrid 2012
Black mica rare jarang ada
Km 80 ribu
Pajak on 10/2020 plat genap
New hybrid battery (bergaransi)+new 12v battery
Well maintaned
Tangan pertama
Baru service besar
Sangat irit dan nyaman
Konsumsi bbm 1:15 daam kota
Selau isi di shell
Plat genap
TOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID (Sangat irit tanpa Battry Konsumsi BBM 1:14 Dalam Kota)
Seventh Generation (XV50)
Year 2013 Akhir ( KM Low barang antik)
Black On Beige
Automatic Transmission (Service Record Auto 2000)
Full Standard (No Modification)
Full Option:
Electric Seats
Cooler Seats (Only Hybrid Type)
Massage Seats (Only Hybrid Type)
3-Zone A/C (Only Hybrid Type)
3 Rear Krey (Only Hybrid Type)
LED Headlight Like Lexus (Only Hybrid Type)
JBL Sound System (Only Hybrid Type)
Layar Monitor, Dvd Cd , MP3 RadioMobil Tidak ada PR Siap Pakai
Spion Re-trackable & Electric Mirror
Good Condition
* Pajak Panjang a/n Pribadi
* Baru service & ganti oli dll dijamin enak
* Battry Hybrid Sebaiknya diganti, tapi tidak pengaruh pemakaian Mesin saja masih sangat irit 1:14 BBM dan sangat responsif (Estimasi 16 JT ganti Battry) bisa dibantu Jika harga Deal.
* Mesin lebih responsif dibanding Camry 3.5 V6
* Mesin CVT sangat halus dan irit serta Responsif
* Harga Nett For serious Buyer. (Cash Only)
Note : Jual jujur apa adanya (tidak bohong mengenai Battry mobil)
Camry Hybrid new pmk 2013 Nik 2012 Km 90 rb an Record Toyota
Hitam kinclong ga ada Pr service record toyota baru peremajaan,
(Battry sdh ganti 55jt jadi dijamin pake bertahun2 enak dan irit, ban baru ganti 4 pcs 9jt. Bensin sangat irit 1L : 26 km
Surat2 lengkap dan dijamin kunci serep ada memory seat, heater seat dan kursi pijat fungsi semua
Baru ganti Shockbreaker 4 pcs toyota ori dan tune up + ganti oli dan oli matic. Dijamin perfect ga rugi
Bahan bakar pertamax turbo
Ga ada kendala dijamin ( cat msh full ori gk ada bekas dempul)
Pajak panjang smpe Desember
Fs :
Toyota Camry Hybrid 2013
Nik 2012 , pmk 2013
KM 105.[cencored]
Pajak bulan 10 2021 (bisa terima panjang)
Service rutin
Very well maintained
Black
Baru service rutin ganti oli dll
Battery hybrid sudah di ganti
Aki sudah diganti
Jual murah Camry Hybrid 12 pemakaian 2013 km 90 an
mobil sudah coating 2 layer, cat gk ada baret kinclong
interior bersih like new
An Pribadi ex Pejabat
mobil sdh tune up ganti oli
batre aman??
Batre udh replace
Sm org toyota belinya
Jual murah Camry Hybrid ex Pejabat Bumn Nik 2014 pemakaian 2015 km 90 an
Battry hybrid baru ganti di Toyota.
( 65 jt ). Jadi pakai 9-10 tahun tetap aman gk ada kendala hybrid Shockbreaker baru ganti jg ( 7 jt ).
Strobo dan Sirine masih terpsang rapih. ( Include kl gk nego )
Battry baru ganti
Bensin 1 liter 24 kilo ( pemakaian dalam kota ) semua sdh peremajaan dijamin gk rugi yg beli
mobil sudah coating 2 layer, cat kinclong. Ban baru
interior bersih. Jok upgrade Jok Lexus
An Pribadi ex Pejabat
mobil sdh tune up ganti oli service berkala
Camry hybrid perfect nik 12 pake 2013. Plat cantik B 123 mulus abis
Very low km 48 rb buat mejeng aja
Battry hybrid sudah ganti
Velg bbs Racing R19 concave mahal, interior bagus rapih
Kursi pijet, kursi pendingin semua aktif, electric krey kamera mundur 360. Memory seat aktif
Sangat terawat ban tebel
Pajak 11-2020. ( pertahun 5,6 jt )
Plat cantik include
Tuh bro km 48. Battry baru plat cantik
ntah itu toyota datanya ngaco apa mereka asal ngomong liat aja ud berapa yang masuk beres ganti batreJual murah Camry Hybrid ex Pejabat Pemakaian 2013 km 100 ( tinggal pake aja )
Battry hybrid sudah ganti di Toyota auto 2000
( 68 jt ). Jadi pakai 9-10 tahun tetap aman gk ada kendala hybrid Shockbreaker sudah ganti jg ( 5jt ).
Bensin 1 liter 29kilo ( pemakaian dalam kota ) semua sdh peremajaan dijamin gk rugi yg beli
Electric krey, kursi pijat, cooler seat. Camera semua berfungsi
cat kinclong. Ban baru 4 pcs
interior bersih.
mobil sdh tune up ganti oli service berkala
yang ex pejabat aja ud 2 tuh 2 2nya masuk toyota kalo gak salah barangnya dari satu bumn
itu cek aja ada beberapa saya lsg nembak batre aman gak
belom ada tuh penghuni SM omnya punya ud jalan 200rban kalo gak salah ud 2 kali ganti juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1066
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Itu harga batre kok beda2
Ada yg 55 ada 65 ada yg 68
Si om nya bilang cuma 48 jt
Harga batre nya bisa nego kali ya
Ada yg 55 ada 65 ada yg 68
Si om nya bilang cuma 48 jt
Harga batre nya bisa nego kali ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 502
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
Thanks data nya Om. Kalau saya baca rata rata tahun 2012-2013 ya, which is about 8-10 tahun, menurut saya masih ok karena yang diganti itu juga bukan rusak total baterainya, sebagian besar mungkin drop aja, jadi keiritannya berkurang....still untuk mobil camry 2400 cc , bisa dapat 1:14 masih good buat saya.b0ku wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 15:31nih om saya kasih data dari WA saya dari orang2x yang ngejapri jualan kemry hybrid itung dah sono ada berapa ini saya jualan dari tahun 2019 jd gak semua ini baru dijual bisa aja barang dari 3th lalu dijual
FS: Toyota Camry 2.5 V Hybrid
Black on Beige
NIK 2012
Pajak Bulan 11 2019
Atas nama PT (Bukan Rental)
77k km on going
- Leather Interior Like New
- Exterior baru Nano Coating (5jt)
- Carpet Comfort (3jt)
- Monitor bawaan dengan Navigasi dan Bluetooth Pairing with JBL sound system
- Wood Panel and Wood Steering Wheel
- Kursi Pijat with Reclining dan Side Blind (langka)
- Paling Full Option
- Ban 4 pcs baru Falken
- Kaki2 banyak yg sudah diganti , aman ga ada bunyi seperti baru
- Baterry Hybrid Baru ganti tidak sampai 1 tahun (30jt)
- Plat Genap
- Tidak bekas tabrakan, banjir maupun rental
- Parking Sensor
- Rear View Camera
- Automatic Retract Side Mirror
- Bi-Xenon Headlight
- LED Fog Light
-------
Lokasi: Alam SuteraFs :
Camry hybrid 2012
Black mica rare jarang ada
Km 80 ribu
Pajak on 10/2020 plat genap
New hybrid battery (bergaransi)+new 12v battery
Well maintaned
Tangan pertama
Baru service besar
Sangat irit dan nyaman
Konsumsi bbm 1:15 daam kota
Selau isi di shell
Plat genapTOYOTA CAMRY 2.5 HYBRID (Sangat irit tanpa Battry Konsumsi BBM 1:14 Dalam Kota)
Seventh Generation (XV50)
Year 2013 Akhir ( KM Low barang antik)
Black On Beige
Automatic Transmission (Service Record Auto 2000)
Full Standard (No Modification)
Full Option:
Electric Seats
Cooler Seats (Only Hybrid Type)
Massage Seats (Only Hybrid Type)
3-Zone A/C (Only Hybrid Type)
3 Rear Krey (Only Hybrid Type)
LED Headlight Like Lexus (Only Hybrid Type)
JBL Sound System (Only Hybrid Type)
Layar Monitor, Dvd Cd , MP3 RadioMobil Tidak ada PR Siap Pakai
Spion Re-trackable & Electric Mirror
Good Condition
* Pajak Panjang a/n Pribadi
* Baru service & ganti oli dll dijamin enak
* Battry Hybrid Sebaiknya diganti, tapi tidak pengaruh pemakaian Mesin saja masih sangat irit 1:14 BBM dan sangat responsif (Estimasi 16 JT ganti Battry) bisa dibantu Jika harga Deal.
* Mesin lebih responsif dibanding Camry 3.5 V6
* Mesin CVT sangat halus dan irit serta Responsif
* Harga Nett For serious Buyer. (Cash Only)
Note : Jual jujur apa adanya (tidak bohong mengenai Battry mobil)Camry Hybrid new pmk 2013 Nik 2012 Km 90 rb an Record Toyota
Hitam kinclong ga ada Pr service record toyota baru peremajaan,
(Battry sdh ganti 55jt jadi dijamin pake bertahun2 enak dan irit, ban baru ganti 4 pcs 9jt. Bensin sangat irit 1L : 26 km
Surat2 lengkap dan dijamin kunci serep ada memory seat, heater seat dan kursi pijat fungsi semua
Baru ganti Shockbreaker 4 pcs toyota ori dan tune up + ganti oli dan oli matic. Dijamin perfect ga rugi
Bahan bakar pertamax turbo
Ga ada kendala dijamin ( cat msh full ori gk ada bekas dempul)
Pajak panjang smpe DesemberFs :
Toyota Camry Hybrid 2013
Nik 2012 , pmk 2013
KM 105.[cencored]
Pajak bulan 10 2021 (bisa terima panjang)
Service rutin
Very well maintained
Black
Baru service rutin ganti oli dll
Battery hybrid sudah di ganti
Aki sudah diganti
Jual murah Camry Hybrid 12 pemakaian 2013 km 90 an
mobil sudah coating 2 layer, cat gk ada baret kinclong
interior bersih like new
An Pribadi ex Pejabat
mobil sdh tune up ganti oli
batre aman??
Batre udh replace
Sm org toyota belinya
Jual murah Camry Hybrid ex Pejabat Bumn Nik 2014 pemakaian 2015 km 90 an
Battry hybrid baru ganti di Toyota.
( 65 jt ). Jadi pakai 9-10 tahun tetap aman gk ada kendala hybrid Shockbreaker baru ganti jg ( 7 jt ).
Strobo dan Sirine masih terpsang rapih. ( Include kl gk nego )
Battry baru ganti
Bensin 1 liter 24 kilo ( pemakaian dalam kota ) semua sdh peremajaan dijamin gk rugi yg beli
mobil sudah coating 2 layer, cat kinclong. Ban baru
interior bersih. Jok upgrade Jok Lexus
An Pribadi ex Pejabat
mobil sdh tune up ganti oli service berkalaCamry hybrid perfect nik 12 pake 2013. Plat cantik B 123 mulus abis
Very low km 48 rb buat mejeng aja
Battry hybrid sudah ganti
Velg bbs Racing R19 concave mahal, interior bagus rapih
Kursi pijet, kursi pendingin semua aktif, electric krey kamera mundur 360. Memory seat aktif
Sangat terawat ban tebel
Pajak 11-2020. ( pertahun 5,6 jt )
Plat cantik include
Tuh bro km 48. Battry baru plat cantikntah itu toyota datanya ngaco apa mereka asal ngomong liat aja ud berapa yang masuk beres ganti batreJual murah Camry Hybrid ex Pejabat Pemakaian 2013 km 100 ( tinggal pake aja )
Battry hybrid sudah ganti di Toyota auto 2000
( 68 jt ). Jadi pakai 9-10 tahun tetap aman gk ada kendala hybrid Shockbreaker sudah ganti jg ( 5jt ).
Bensin 1 liter 29kilo ( pemakaian dalam kota ) semua sdh peremajaan dijamin gk rugi yg beli
Electric krey, kursi pijat, cooler seat. Camera semua berfungsi
cat kinclong. Ban baru 4 pcs
interior bersih.
mobil sdh tune up ganti oli service berkala
yang ex pejabat aja ud 2 tuh 2 2nya masuk toyota kalo gak salah barangnya dari satu bumn
itu cek aja ada beberapa saya lsg nembak batre aman gak
belom ada tuh penghuni SM omnya punya ud jalan 200rban kalo gak salah ud 2 kali ganti juga
Saya sih ga mau fanatik bela teknologi apapun ya. Teknologi terus berkembang, dan semakin banyak pilihan tentu semakin baik buat konsumen, mau pilih yang mana sesuai keyakinan, selera dan dompet masing masing.
Buat saya pribadi Hybrid pararel (bukan serial hybrid) dan PHEV saat ini pilihan yang lebih tepat daripada full EV, namun juga menarik untuk dicoba.
Best of both world menurut opini saya. Iritnya dapat, pengendaraan nyaman dengan torsi melimpah, ga usah bingung soal sumber listrik, selama masih ada SPBU ya aman aman saja tinggal isi bensin.
Dan ga pakai ritual ritual merepotkan seperti full EV.
Selisih harga dengan non hybrid (untuk model yang sama), terbayar dengan kenyamanan dan hemat bahan bakar, jarang ke spbu.
Saya yakin kita semua orang dewasa ya, beli mobil seharusnya sudah dipertimbangkan masak masak antara cost vs benefit, kepuasan vs resiko, dll.
Kalau beli mobil juga ada unsur subyektifnya, kalau hanya hitungan ekonomi , ya beli avanza atau inopa dijel saja beres....but where's the fun .
Kenapa orang mau beli GR yaris seharga nyaris 1 M dapatnya mobil 3 cylinder, manual, build quality biasa aja...padahal dengan duit segitu bisa beli lexus atau inopa 2 biji....kembali lagi tergantung kepuasan dan pertimbangan masing masing orang.
Beli laptop harga 15 juta, setelah 6-8 tahun juga drop baterainya dan harga baterai sekitar 10% harga laptopnya. Pilihannya ya ganti baterai atau ganti laptop baru. Kalau ga diganti ya ga bisa dipakai.
Baterai hybrid drop setelah 8 tahun, dan ga mau keluarkan uang ganti baterai? Ya biarin aja, mobil tetap jalan kok dengan bensin, konsumsi nya juga sama dengan ICE, tidak lebih boros juga.
Buat saya, yang penting mobilnya nyaman dan tidak rewel, dan altis salah satu sedan paling reliable di dunia.
Lebih baik beli toyota hybrid, ganti baterai setiap 8-10 tahun daripada beli mobil ICE eropa tapi jadi endless money pit atau sheer repairing pleasure
Again, let's makes this thread healthy and positive by exchanging information, and reapect each other's opinion.
Kembali ke TS nya, kalau mau nyoba hybrid sih pilihan paling aman masih toyota ya, karena teknologi hybrid nya sudah "mature", sudah melewati lebih dari 10 tahun penelitian dan pengembangan, dan toyota tidak akan mempertaruhkan reputasi reliability nya, baik untuk mobil ICE maupun hybrid nya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
48 sih saya tau dari dia ya om saya juga ingetnya yang 55jt 65 68 mungkin ud all in ongkos kerja dll, atau harganya pun ud naek itu sih video 2018 ,sedangkan saya mulai jualan 2018 keatas, saya kalo dapet refrensi selalu pake harga yang rendah apalagi buat debat disini mendingan pake data paling jelek kalo kenyataan lebih pait kan saya gak salah
cuma kalo harganya ud 40jt kebawah pasti ud fix nonresmi ganti sel doang karena emang assynya diatas 40jt kalo di toyota, cuma kalo ganti packnya toyota dapet casenya juga, kalo ganti nonresmi casenya tetep pake yang lama, dan itu ya dapet kek gitu dari yang jualan juga beda2x orang apa adanya paling saya cuma cut harga mobil dan lokasinya
yang pasti ternyata nyatanya juga lebih parah dari bacot saya juga kan, saya ingetnya gak separah itu, baru ngeh ternyata dari liat iklan2x itu lagi apalagi pas ud jejer ngumpul ternyata lebih parah dari yang saya inget
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
cuma saya kasih tau aja ya om mau money pit europ atau mobil jepang yang namanya combustion itu kumatnya lebih banyak dari kilometer itu mobil mau umurnya ud puluhan tahun kalo cuma kerjannya duduk ngejogrok di garasi atau ya sehari pakai2x deket2x kayak 2 mobil tua saya mayoritas dipake deket2x jarang ya tiba2x kumat terus suruh keluar duit 40-60jthosea wrote: ↑Fri Oct 14, 2022 0:59
Thanks data nya Om. Kalau saya baca rata rata tahun 2012-2013 ya, which is about 8-10 tahun, menurut saya masih ok karena yang diganti itu juga bukan rusak total baterainya, sebagian besar mungkin drop aja, jadi keiritannya berkurang....still untuk mobil camry 2400 cc , bisa dapat 1:14 masih good buat saya.
Saya sih ga mau fanatik bela teknologi apapun ya. Teknologi terus berkembang, dan semakin banyak pilihan tentu semakin baik buat konsumen, mau pilih yang mana sesuai keyakinan, selera dan dompet masing masing.
Buat saya pribadi Hybrid pararel (bukan serial hybrid) dan PHEV saat ini pilihan yang lebih tepat daripada full EV, namun juga menarik untuk dicoba.
Best of both world menurut opini saya. Iritnya dapat, pengendaraan nyaman dengan torsi melimpah, ga usah bingung soal sumber listrik, selama masih ada SPBU ya aman aman saja tinggal isi bensin.
Dan ga pakai ritual ritual merepotkan seperti full EV.
Selisih harga dengan non hybrid (untuk model yang sama), terbayar dengan kenyamanan dan hemat bahan bakar, jarang ke spbu.
Saya yakin kita semua orang dewasa ya, beli mobil seharusnya sudah dipertimbangkan masak masak antara cost vs benefit, kepuasan vs resiko, dll.
Kalau beli mobil juga ada unsur subyektifnya, kalau hanya hitungan ekonomi , ya beli avanza atau inopa dijel saja beres....but where's the fun .
Kenapa orang mau beli GR yaris seharga nyaris 1 M dapatnya mobil 3 cylinder, manual, build quality biasa aja...padahal dengan duit segitu bisa beli lexus atau inopa 2 biji....kembali lagi tergantung kepuasan dan pertimbangan masing masing orang.
Beli laptop harga 15 juta, setelah 6-8 tahun juga drop baterainya dan harga baterai sekitar 10% harga laptopnya. Pilihannya ya ganti baterai atau ganti laptop baru. Kalau ga diganti ya ga bisa dipakai.
Baterai hybrid drop setelah 8 tahun, dan ga mau keluarkan uang ganti baterai? Ya biarin aja, mobil tetap jalan kok dengan bensin, konsumsi nya juga sama dengan ICE, tidak lebih boros juga.
Buat saya, yang penting mobilnya nyaman dan tidak rewel, dan altis salah satu sedan paling reliable di dunia.
Lebih baik beli toyota hybrid, ganti baterai setiap 8-10 tahun daripada beli mobil ICE eropa tapi jadi endless money pit atau sheer repairing pleasure
Again, let's makes this thread healthy and positive by exchanging information, and reapect each other's opinion.
Kembali ke TS nya, kalau mau nyoba hybrid sih pilihan paling aman masih toyota ya, karena teknologi hybrid nya sudah "mature", sudah melewati lebih dari 10 tahun penelitian dan pengembangan, dan toyota tidak akan mempertaruhkan reputasi reliability nya, baik untuk mobil ICE maupun hybrid nya.
ini yang jadi concern saya makannya saya selalu bilang ya kalo mau pake mobil berbatre itu kejar setoran baru untung makin banyak dipakai makin nutup cost batrenya kalo cuma beli dipake sedikit ya buat apaan??? naah sekarang pemerintah push semua mobil berbatre nanti ya jatohnya mobil gini semua 8thn pake gak di pake lsg jadi money pit enak aja orang2x kayak saya pake mobil apa?? apalagi saya doyanya beli bekas
buktinya tuh liat aja di iklan saya ada 1 baru 48.000 ud ganti batre saya sih punya mobil kek gitu suruh keluar 40-50jt sih kesel ya
atau kayak saya punya GE8 saya sayang2x saking sayangnya saya jadiin garage queeen, umur ud mau 10th itu ge8 kalo hybrid sih ud saya jual males sama batrenya , untung aja N/A tinggal rawat yang bener soalnya saya planning mau saya simpen selama yang saya bisa mungkin sampe anak saya gede saya tetep simpen tuh mobil kalo itu mobil hybrid itung aja 20thn saya ud abis 100jt buat maintain batre doank
pokoknya selama itu barang di push saya akan selalu kasih tau jelek dan bagusnya karena emang mereka dibuat buat musnahin alat yang paling praktis buat kita yaitu pure combustion saya bukannya fanantik teknologi tapi ya so far yang terbaik ya masih itu
ditambah saya gak suka itu batre di belakang bikin bobot mobil makin berat ngaruh ke handling soalnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1055
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
om hosea, thanks banget sharingnya ya. iya nih, mesin nya sama ya kaya corcross ini ya. bnr2 cuma beda di body sedannya aja. bnr2 menarik ya msh dpt 1:18 kpl dgn kondisi cewe yg bawa, cuma anjem anak sekolah (rute pendek dan macet biasanya)hosea wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 8:52
Ijin bantu jawab Om, karena point 1 sampai 3 itu persis yang dijalanin sama nyonya saya. Bahkan 2 anak saya beda sekolah dengan jarak cukup jauh. Total per hari tempuh jarak 40 km an.
Pakai altis hybrid, dapat 18 km/ liter, compare dengan mobil sebelumnya suzuki swift 11 km/liter.
Total hemat sekitar 400 ribu per bulan dengan hitungan pertamax 14 rb/liter.
Setahun hemat rp. 4,8 juta.
Info dari beres, mobil toyota hybrid tertua yang pernah ganti baterai adalah camry hybrid tahun 2011.
Dengan asumsi pemilik hybrid tidak ganti baterai diluar beres, maka jika umur baterai 10 tahun, dengan harga 40 juta.
Maka selama 10 tahun pemakaian masih lebih irit dikit, boleh dikata impas.
Tapi harga baterai harusnya makin kesini makin turun.
Soal resale value, bagi saya semua mobil 10 tahun ya ga bs diharapkan banget resale value nya.
Lagipula, saya beli mobil untuk dinikmati, mencoba teknologi baru, kenyamanan dan model yang cocok.
Ga ada kepikiran soal lingkungan dan resale value setelah 10 tahun
buset dah, saya sih nggak sampe ngitungin harga batre dkk gitu, pake mah pake aja. salah satu alasan kandidat cuma di altis dan corcross ya karena buat sy toyota udh jualan tech hybrid nya dari prius gen1 di indo. harusnya sih, selain udh semakin mateng teknologinya, dia juga udh lebih disesuaikan dengan 'kearifan lokal', baik dari sisi habit user pengguna di indo, bbm indo, ataupun iklim di indo.
daridulu saya mah kalo mau beli ya belii aja.. dari jaman pake 2kd, sampe skrg 2gd, full bodo biosolar no additif no purging, biar kata org nanti injektor mampet dll, ya elah sebodo amat dah.... kepercayaan masing2 aja kita mah..nyatanya kgk pernah ada yg jebol tuh
kalo resale value, semua banyak tergantungnya om tenang aja. org beli gk cuma rational buying kok, tapi juga emotional buying. liat aja skrg mobil2 jadul juga dijualnya tinggi2 kok. tuh di ig dkk banyak. kali aja nih, kali.... nanti kelak 10 or 15th mau dijual bisa ditulis kan di captionnya. corolla altis pertama yang pake sasis TNGA, bla bla. ini bcanda ya om, krn gk smua org beli mobil tapi mikirin resale value di nomor satu.
sarkas sendiri to my self: saya beli iphone baru... tapi gak berani di abuse pake nya..... charge di 50%, cabut charge di 80%, demi menjaga battery health, supaya nanti gak ganti battere, ato pas nanti dijual lagi harganya tetep tinggi karena battery health masih tinggi
iya om, om hosea udh bantu info juga ya. kondisi sama ya brt kita, bini juga naek hrv. kalo yg soal deposito, no comment dah. orang mau beli dan cobain teknologinya, malah dijawabin depositoyaseinotulip wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 12:43
Halo om..
Ya klo 18 km/l pasti dpt..
klo jd genset gigi di P itu akan pakai batere ny.. klo udah drop di 3 bar, nanti engine akan nyala jadi genset ngisi batere sampe batere cukup lagi trs engine alan mati lagi..
Sistem Hybrid itu ga cuma irit dari EV mode nya aja, tapi pas start dari diem biasanya jg dibantu motor listrik nya.. itu jg bikin hemat..
Klo ngerem itu bantu isi batere, tp klo ngerem di kemacetan speed 0-20 ya ga efek jg, karena rem dikit berenti
Ngisi byk klo pas ngerem turunan..
Gw jg pake HRV 1.5 kok.. rute biasa 12-14 km/l. Klo pake cocross 23-25 km/l, buat perbandingan aja. Klo istri yg pake turun jd 21 km/l karena ternyata wanita klo injek gas lebih ga sopan
Om hosea jg udah jawab tuh.. bisa tanya2 lbh lanjut di thread altis hybrid ny om hosea. Klo disini tar disuruh ganti raize turbo sisa duit di deposito haha
om, ini persentase increase price ini, ini bener2 cuma ditentuin harga batre doang? karena kalo saya nggak salah nih, kayanya konteksnya om hosea bilang ke depan harga baterai harusnya makin turunb0ku wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 14:14
sama autopilot bayar lagi ada langganan atau pass seumur idup....................maksudnya seumur idup mobilnyaHowever, Tesla is still listing the same prices for the FSD subscription on its website following the price increase to $12,000:
Basic Autopilot to FSD capability $199.00 per month
Enhanced Autopilot to FSD capability $99.00 per month
totally no sih ini kalo saya.Bpurna wrote: ↑Thu Oct 13, 2022 14:48
Pake kicks aja atau at least test drive dulu buat perbandingan sama hybridnya toyota.
Plusnya kicks:
- sensasi mobil listrik tanpa charge
- bisa one pedal (toyota ga bs, pdhl enak banget ini)
- tarikan kenceng dan smooth
- bensin isi pertalite cukup
- irit (terjelek 17km/ltr, eco bs 22km/ltr)
- sound system bawaan udh cukup banget cenderung bagus.
- blind spot, adaptive cruise control bs sampe berenti total.
- harga murah banding toyota
- bs beli extended warranty harga 7.7jt saja
Minusnya:
- agak sempit
- ac dingin banget (jd sering matiin nyalain, termostat kyk ga fungsi)
- sedikit keras bantingannya
1. modelnya udh bukan saya banget. sy udh om2 nih wkwkwkw
2. teknologi yg cenderung baru di indo
3. merk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1055
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
btw, utk camry xv70 hybrid yg udh TNGA, apa ada temen2 yg tau fuel consumptionnya? apakah sama dgn series altis dan corcross?
funfact juga saya baru tau, di facelift xv70 kmrn camry udh ganti mesin baru 2.5NA yg 200ps + 8AT ya kalo gk salah.
trkhr saya cek camry otr di 711 vs hybridnya di 844. jauh banget ya selisihnya dibanding selisih corolla series antara ICE dan hhybrid.
funfact juga saya baru tau, di facelift xv70 kmrn camry udh ganti mesin baru 2.5NA yg 200ps + 8AT ya kalo gk salah.
trkhr saya cek camry otr di 711 vs hybridnya di 844. jauh banget ya selisihnya dibanding selisih corolla series antara ICE dan hhybrid.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4198
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV
material cost batrenya sendiri naek mulu om ya ud saya bilang kalo tergantung barang tambang demand naek ya harga naek kalo ada yang bilang bakalan turun itu mah ngimpinya dia doank kemakan propaganda mobil disamain sama gadget buktinya dia aja di kibulin toyota, karena material costnya ya dari situ lucunya harga batre sendiri naek juga imbas harga bbm naek juga
itu liat aja dari video yang saya kasih 2018 sama iklan2x yang saya kirim ada angka dari 48 ke 55jt terus jadi 65 68 jt itu iklan sebenernya urutan juga dari paling lama ke yang paling baru di bawah itu aja ud ada 3 variasi harga kalo dibawah 40jt jgn di itung karena bisa aja mereka cuma ganti selnya aja
gadget jgn disamain sama mobil ya itu HP aja makin kesini harganya makin gak waras kalo flagship, makin kebeli karena makin banyak keluar model spek downgrade aja cuma kalo beli mah liatin dulu chipsetnya ini yang selalu saya peratiin tiap beli hp chipset sama batre berapa gede yang ada makin mahal kok spek requirment saya, padahal saya requirement cuma butuh chipset bagus ama batre gede kamera mah sebodo amat gimmick apalagi gak penting performance matter
Last edited by b0ku on Fri Oct 14, 2022 2:40, edited 1 time in total.