Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ordengineering
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Thu Oct 22, 2015 8:04

Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ordengineering »

Kita bagi2 tips gratis, tinggal donglot

dari basic sampe cara engineer F1 bangun mesin, dan ini bahan landasan mimin bangun mesin2 pemecah rekor drag dan dyno challange dari 2001

Image


Download 3 Ebook Tips Modifikasi GRATIS di Bawah ini.

Agar Modifikasi mu tepat guna, tidak buang uang sia-sia.

Sayangi mobil Mahal Mu!

Efisien, Powerfull, Mesin Awet, Tepat Guna, Untuk Harian, maupun Balap Weekend

Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot




NEWBIE LEVEL

1. Tips Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
Image
Gaes, kamu ga mau salah modif yang bikin dompet mu jontor kan? Kita pandu gratis disini gaes! Biar kenaikan performa mobil kesayanganmj sesuai harapan dan sesuai dompet.

Trus satu lagi nih gaes, kita kasi tips free, supaya kita terhindar dari 3 kesalahan fatal dalam modifikasi knalpot! Yuk langsung isi email dan whatsap kamu, kita kirimin langsung yah sekarang! Thanks gaes!

(NB : Periksa Email Rutin, Berbonus Voucher Dadakan Reguler Per Bulan Khusus dari ORD exhaust)

Tips Modifikasi Sesuai Budget & Tiga Kesalahan Modifikasi Knalpot
Tips Selamat Modifikasi Era Covid 19 dan Resesi Ekonomi
MODIFIKASI MESIN 4 STROKE MAXIMUM ACCURACY HORSEPOWER DURABILITY
TIPS NEWBIE SAMPAI EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Download : http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE



2. Tips Selamat Modifikasi Era Covid 19 dan Resesi Ekonomi
Image
Gawat lho gaes, kita jangan buang duit ga jelas di era Post Pandemic dan Resesi Global kaya gini. . Krisis moneter pula. Jadi biar kamu tahu gimana cara save money, dan juga backup keadaan urgent mobilitas kendaraan mu untuk keluarga. Tapi tanpa mengorbankan hoby mu. Bahkan Menjadi Bentuk Investasi Menguntungkan Secara Finansial. Download disini ya gaes Tips nya! Biar kamu gak salah arah! . Terimakasih ya gaes udah download, semoga semua dilimpahi keselamatan dan rezeki dari Tuhan! Dalam menghadapi era tak menentu ini.

Klik Dibawah untuk Download :

http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE





3. ADVANCE ENGINEERING LEVEL – TEKNIK PEMECAH REKOR NASIONAL
(Khusus Modifikator Engine Building, Race Car Builder, Scientist, Mekanik Tim Balap Nasional – Internasional).
Image
MODIFIKASI MESIN 4 STROKE MAXIMUM ACCURACY HORSEPOWER DURABILITY

Ini adalah Teknik Pamungkas dari Modifikasi Mesin 4 Langkah, inilah rahasia ORD engineering menjadi Engineered To Be Feared, since 2001-2014. Bahkan Saat kami sudah berfokus ke ORDexhaust. Ratusan Rekor Nasional Bertebaran Bertahan belasan Tahun, Mesin NA 400 Hp sudah kami bangun sedari 2004, Rekor 12sec SOCH Allmotor since 2003, Dan Banyak sekali Rekor yang tak bisa kami hitung. HIngga sekarang sampai menjadi partner engineering Tim Formula FSAE Internasional, Yes Formula Car. Bukan Mobil City Car Bracket Class 😀

Lets Do This,

This Wrote and Tested By Odie Rachmat, Founder CEO of ORDexhaust ORDengineering – Engineered to be Feared

KOMPLIT Sesuai Standart Engine Analyzer Enterprise Edition, As Formula 1 Engineering Use

• BASIC CARA KERJA 4 STROKE ENGINE

• MENGHITUNG TARGET HORSEPOWER

• VOLUMETRIC EFISENSI (INTAKE, PORT, CAMSHAFT EXHAUST, ETC)

• THERMAL EFFICIENCY (FUEL, IGNITION, TUNING) • MECHANICAL EFFICIENCY (KEKUATAN JEROAN MESIN SAMPE BERAT ROTATING MASS ETC)

• MATERIAL INTERNAL ENGINE

• FUEL SETTING

• IGNITION TIMING

• SOFTWARE SIMULATION

• DYNO TESTING &TUNING

Skuy, langsung belajar yak! Kalau Kepala Berasap, jangan salahin Mimin wkwkwk.

Klik Download di bawah

http://lead.ordexhaust.com/download/for ... tgQAvD_BwE



Modifikasi tepat guna, tidak buang uang sia-sia.

Sayangi mobil Mahal Mu!


https://ordexhaust.com/news-article/tip ... cah-rekor/
Pusing BBM naek? Mobil Ngempos? Suara Kaya Angkot?
Santuy, Nih Solusi : Power Naek 18%, Irit BBM 11%
Gratis Test Muffler Di mobilmu
Garansi Power Up Moneyback

https://ordexhaust.com/
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by adri31 »

makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by Or4cle »

adri31 wrote: Sat Oct 22, 2022 0:07 makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
Bantu jawab ya ...
Impossible, itu melawan hukum alam :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by b0ku »

adri31 wrote: Sat Oct 22, 2022 0:07 makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
sebenernya selama gak diotak atik tuh ecu sama fuel pump gak bakalan tambah boros om intinya ngurangin gas aja jgn dalem2x nah maen kenalpot sama filter udara aja mobil saya mah sama aja padahal mungkin ud 125-130hp mungkin kalo kaki saya lebih jinak bisa lebih irit karena dengan pasokan BBM yang sama tenaganya lebih gede jd otomatis lebih irit :big_bored:

kalo mau iirt modifnya ngejar torsi aja kek filter pake replacement kenalpot ganti khusus matic semua tenaga bawah dijamin naek otomatis ngegasnya lebih dikit ud lari, kalo ngejar HP ya mungkin malah boros karena gainnya di RPM tinggi bawahnya makin loyo akhirnya harus bejek lebih dalem :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ChZ »

adri31 wrote: Sat Oct 22, 2022 0:07 makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
sebenarnya kecuali mobilnya dibuat setelan drag racing, modifikasi mobil harian itu gak mungkin bikin tambah boros. krn pada dasarnya modifikasi itu meningkatkan efisiensi kerja mesin. tipikal gasoline engine (economy) itu peak torque di 3500 - 4500 rpm, artinya kl kita bikin tambah gendut kurvanya secara teoritikal makin irit dan makin ngacir.

cm karena enak ngegasnya jadi supirnya biasa kalap ngegas. dulu waktu standar nyetir panteng 1500-2500 rpm, sekarang karena exhaust catless, filter freeflow, apalagi kalo remap, rpm ngacengnya cepet, ya tembus terus 3000-4000 rpm baru ganti gigi. lah iya, soalnya makin plong makin enak juga power di rentang segitu. baru tau mobilnya larinya ternyata bisa seenak itu.

kemungkinan kedua, main ke tukang knalpot abal. muffler kasi yang gedhe kata kang knalpotnya enak ni suaranya, dites ya enak suaranya, tp dibawa harian makin lama berasa gembot dan boros karna ukuran kegedean buat mobil yang peak torquenya di 5000 rpm keatas. ya pasti gak enak.

kemungkinan ketiga, kena scam bengkel modifikasi :mky_03: dibilang pake open filter aja pak, pasang ini pak pasang anu pak. gak tanya dulu buat racing apa buat harian, gak ada itungan, pokoknya pasang pasang pasang. abis puluhan jt tenaga gak naik yang ada :big_biglaugh:

kayak saya mah waktu ganti mapping civic yang terakhir rasanya enak banget, makin berasa boros gegara bensin naik cm bisa 1:10 :big_biglaugh: sekarang nyetir kayak waktu mesin standar karena rpm 1500-2000 udah nendang ya main pulse and glide aja, iritnya sama malah kayaknya lebih irit deh.

balik ke pertanyaan : xenia mesin NR setau saya blom bisa di remap. jadi jawabannya paling basic buang aja catcon nya ganti catless header/downpipe, filter ganti freeflow. itu udah cukup membantu buat sehari-hari udah berasa efeknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Oct 22, 2022 3:27
sebenarnya kecuali mobilnya dibuat setelan drag racing, modifikasi mobil harian itu gak mungkin bikin tambah boros. krn pada dasarnya modifikasi itu meningkatkan efisiensi kerja mesin. tipikal gasoline engine (economy) itu peak torque di 3500 - 4500 rpm, artinya kl kita bikin tambah gendut kurvanya secara teoritikal makin irit dan makin ngacir.

cm karena enak ngegasnya jadi supirnya biasa kalap ngegas. dulu waktu standar nyetir panteng 1500-2500 rpm, sekarang karena exhaust catless, filter freeflow, apalagi kalo remap, rpm ngacengnya cepet, ya tembus terus 3000-4000 rpm baru ganti gigi. lah iya, soalnya makin plong makin enak juga power di rentang segitu. baru tau mobilnya larinya ternyata bisa seenak itu.

kemungkinan kedua, main ke tukang knalpot abal. muffler kasi yang gedhe kata kang knalpotnya enak ni suaranya, dites ya enak suaranya, tp dibawa harian makin lama berasa gembot dan boros karna ukuran kegedean buat mobil yang peak torquenya di 5000 rpm keatas. ya pasti gak enak.

kemungkinan ketiga, kena scam bengkel modifikasi :mky_03: dibilang pake open filter aja pak, pasang ini pak pasang anu pak.

kayak saya mah waktu ganti mapping civic yang terakhir rasanya enak banget, makin berasa boros gegara bensin naik cm bisa 1:10 :big_biglaugh: sekarang nyetir kayak waktu mesin standar karena rpm 1500-2000 udah nendang ya main pulse and glide aja, iritnya sama malah kayaknya lebih irit deh.
nah ini om kenalpot sama filter gak boleh sembarang apalagi matic yang ada malah bikin ngempos RPM bawah yang ada ya malah bejeknya lebih dalem :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by KielConstantine »

adri31 wrote: Sat Oct 22, 2022 0:07 makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
Di TUSSbol aja om…


Brand ambass nya blom dateng aja neh :mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by DOHC »

bensin kasi yg bergizi, minimal yg non buatan plaat merah

busi kasi yg baru

filter udara ama bensin wajip kasi yg baru / jgn ampe mampet

oli mesin jgn tunggu ampe ancur2an

ATF, atawa MTF ama gardan jg rutin ganti

tekanan angin ban bener

uda itu doank koq resep mobil harian irit ama tarikan enak , ga usa yg aneh2 lah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by Or4cle »

rumus HP = (RPM * T) / 5252
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.

Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.

Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Sat Oct 22, 2022 5:08 rumus HP = (RPM * T) / 5252
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.

Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.

Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
yang repot klo mau main modif mesin emang musti cari mesin bawaan orok yang ok punya. krn sekarang rata-rata gasoline engine jg torsi dibuang ke bawah semua. kl lihat dan nyoba LMPV ma hatchback <1500 skrg powernya ga ad yang peaknya bagus. blom kadang ecu nya kaga bisa di read gimana mau di remapping.

remap jg kadang kl bawaan orok ga bagus gain nya ga banyak2 amet.

6000 rpm udah mati semua kecuali honda L15 itu aja sbenernya ditahan timingnya kl dibiarin timingnya maju dikit lagi kan musti wajib bbm bagus apa pada mau brio isi pertamax atau ron95 :mky_03:

sweet spot emang turbo engine sih. small turbo engine lbh fleksibel tinggal pabrikan mau bikin gimana tuh setelan. hajar di bawah semua macem toyota 1KRVET atau bikin flat bawah tp boost atas kuat macem honda L15 turbo.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by AbdulHakim »

Enak kalo yg tinggal pencet/puter tombol atau geser tuas: eco - normal - Power
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by daimler »

ChZ wrote: Sat Oct 22, 2022 3:27
adri31 wrote: Sat Oct 22, 2022 0:07 makasih sharing ilmunya. mau tanya, kalau xenia 1.5 2022, untuk meningkatkan power tanpa membuat mesin makin boros, apa yg bisa dilakukan?
sebenarnya kecuali mobilnya dibuat setelan drag racing, modifikasi mobil harian itu gak mungkin bikin tambah boros. krn pada dasarnya modifikasi itu meningkatkan efisiensi kerja mesin. tipikal gasoline engine (economy) itu peak torque di 3500 - 4500 rpm, artinya kl kita bikin tambah gendut kurvanya secara teoritikal makin irit dan makin ngacir.

cm karena enak ngegasnya jadi supirnya biasa kalap ngegas. dulu waktu standar nyetir panteng 1500-2500 rpm, sekarang karena exhaust catless, filter freeflow, apalagi kalo remap, rpm ngacengnya cepet, ya tembus terus 3000-4000 rpm baru ganti gigi. lah iya, soalnya makin plong makin enak juga power di rentang segitu. baru tau mobilnya larinya ternyata bisa seenak itu.

kemungkinan kedua, main ke tukang knalpot abal. muffler kasi yang gedhe kata kang knalpotnya enak ni suaranya, dites ya enak suaranya, tp dibawa harian makin lama berasa gembot dan boros karna ukuran kegedean buat mobil yang peak torquenya di 5000 rpm keatas. ya pasti gak enak.

kemungkinan ketiga, kena scam bengkel modifikasi :mky_03: dibilang pake open filter aja pak, pasang ini pak pasang anu pak. gak tanya dulu buat racing apa buat harian, gak ada itungan, pokoknya pasang pasang pasang. abis puluhan jt tenaga gak naik yang ada :big_biglaugh:

kayak saya mah waktu ganti mapping civic yang terakhir rasanya enak banget, makin berasa boros gegara bensin naik cm bisa 1:10 :big_biglaugh: sekarang nyetir kayak waktu mesin standar karena rpm 1500-2000 udah nendang ya main pulse and glide aja, iritnya sama malah kayaknya lebih irit deh.

balik ke pertanyaan : xenia mesin NR setau saya blom bisa di remap. jadi jawabannya paling basic buang aja catcon nya ganti catless header/downpipe, filter ganti freeflow. itu udah cukup membantu buat sehari-hari udah berasa efeknya.
Ikut nimbrung suhu. Mazdut 2 dan agay oe masih standar dar. Kalo lepas catcon, berarti bisa lebih bertenagakah? Kalo ganti filter freeflow belum berani karena lingkungan oe di semarang banyak debunya. Jd filter masih yg model paper saja
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ChZ »

daimler wrote: Sat Oct 22, 2022 15:05 Ikut nimbrung suhu. Mazdut 2 dan agay oe masih standar dar. Kalo lepas catcon, berarti bisa lebih bertenagakah? Kalo ganti filter freeflow belum berani karena lingkungan oe di semarang banyak debunya. Jd filter masih yg model paper saja
Wah semarange ndi om? :big_peace:

Lepas catcon enaknya nanti akselerasi improve om keseluruhan lbh ga ketahan sih. Pngalaman kalo mesin NA low end ngaruh bgt jd irit bbm.

Ane jg kerja di daerah berdebu tiap ari hajar arteri ketemu truk terus civic pasang freeflow apex sih tiap servis dibersihin aja :mky_01: gampang sih rendem aer aja sama dikasih oli rutin :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by daimler »

ChZ wrote: Sat Oct 22, 2022 15:31
Wah semarange ndi om? :big_peace:

Lepas catcon enaknya nanti akselerasi improve om keseluruhan lbh ga ketahan sih. Pngalaman kalo mesin NA low end ngaruh bgt jd irit bbm.

Ane jg kerja di daerah berdebu tiap ari hajar arteri ketemu truk terus civic pasang freeflow apex sih tiap servis dibersihin aja :mky_01: gampang sih rendem aer aja sama dikasih oli rutin :mky_03:
Ane di daerah gedawang om :big_peace:
Di daerah sini kebetulan ada proyek galian gorong2 entah karena musim hujan atau apa, jdnya hampir tiap hari debunya mayan. Belum lg kebetulan tetangga ada yg renov rumah, sehari aja debu potongan keramiknya tebell nutupin teras dan kendaraan.

Wah sippdah pankapan cari header/downpipe, tinggal pasang ga perlu naek dynolah ya? Filter freeflow takut jg kalo ngasi olinya kelebihan ada yg bilang bisa bikin pembacaan sensor MAF jd ga akurat gatau bener apa engga karena belum berani coba :big_peace:
Kalo di agay sih setau ane emg ga pake MAF
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Sat Oct 22, 2022 8:03
Or4cle wrote: Sat Oct 22, 2022 5:08 rumus HP = (RPM * T) / 5252
Dari situ jelas tinggal pilih ; torsi atau HP. Kalau pilih torsi gede, otomatis karakter mesin gak akan peaky sampai RPM tinggi. Kalau pilih mesin peaky (HP tinggi), otomatis torsi akan kecil di RPM rendah.

Masalahnya untuk output engine HP tinggi, gak cocok buat kondisi dalkot. Butuh jalanan panjang buat engine berkitir sampai peak RPM baru bisa maksimal power akan keluar.

Modifikasi I/H/E pada dasarnya hanya menggeser karakter powerband. Setelan pabrik itu sdh terbaik, disesuaikan kondisi jalanan daily ... So, ikutin petuah om Klep ; gak usah yang aneh2 lah.
yang repot klo mau main modif mesin emang musti cari mesin bawaan orok yang ok punya. krn sekarang rata-rata gasoline engine jg torsi dibuang ke bawah semua. kl lihat dan nyoba LMPV ma hatchback <1500 skrg powernya ga ad yang peaknya bagus. blom kadang ecu nya kaga bisa di read gimana mau di remapping.

remap jg kadang kl bawaan orok ga bagus gain nya ga banyak2 amet.

6000 rpm udah mati semua kecuali honda L15 itu aja sbenernya ditahan timingnya kl dibiarin timingnya maju dikit lagi kan musti wajib bbm bagus apa pada mau brio isi pertamax atau ron95 :mky_03:

sweet spot emang turbo engine sih. small turbo engine lbh fleksibel tinggal pabrikan mau bikin gimana tuh setelan. hajar di bawah semua macem toyota 1KRVET atau bikin flat bawah tp boost atas kuat macem honda L15 turbo.
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit. :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ChZ »

daimler wrote: Sat Oct 22, 2022 18:10
Ane di daerah gedawang om :big_peace:
Di daerah sini kebetulan ada proyek galian gorong2 entah karena musim hujan atau apa, jdnya hampir tiap hari debunya mayan. Belum lg kebetulan tetangga ada yg renov rumah, sehari aja debu potongan keramiknya tebell nutupin teras dan kendaraan.

Wah sippdah pankapan cari header/downpipe, tinggal pasang ga perlu naek dynolah ya? Filter freeflow takut jg kalo ngasi olinya kelebihan ada yg bilang bisa bikin pembacaan sensor MAF jd ga akurat gatau bener apa engga karena belum berani coba :big_peace:
Kalo di agay sih setau ane emg ga pake MAF
wah iya skrg lagi musim galian dimana-mana sampe males mo keluar macet melulu :big_bored:

kalo mobilnya pake header lbh sulit itungannya biarpun banyakan sih kalo spek harian ya gitu-gitu aja kecuali spec khusus.

tp mobil sekarang sih rata-rata dah tinggal ganti downpipe nya aja lah. naik dyno kalo iseng aja om itupun percuma kalo gak ada before/after dan cuaca beda aja udah beda result :big_biglaugh:
Or4cle wrote: Mon Oct 24, 2022 3:37
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit. :big_biglaugh:
tergantung kalo ngomong efisiensi itu apakah cuma sekedar irit-iritan ya cekek aja bensinnya lean burn dengan resiko mesin panas lama lama ancur :mky_03: dan tahan tahanin aja nyetir mobil lemot krn bensin dicekek pasti lemot. itupun kl power terlalu kecil ya boros juga toh akhirnya tetep harus diinjek dalem biar lari?

dulu kuliah mesin sih gak diajarin efisiensi = irit iritan. efisiensi dasarnya kan ngeluarin the most of the engine tanpa ngeluarin excessive energy. kalo mesin sama satunya bisa 100hp satunya 90hp dengan bbm sejenis dan konsumsi sama, ya lebih efisien yang 100hp.

nah di civic saya sendiri sih kalo bisa keluarin 240hp bensin tetep 1:11, ya ngapain stay di stock yang 170hp bensin tetep sama segitu juga :big_biglaugh: makanya saya bilang naik power lebih efisien.

artinya entah tuning saya blom mentok apa setelan pabrik emang tidak optimal walau saya nebak yang kedua sih utk case mobil2 sekarang, simpel aja krn ngebelain mayoritas yang mau aman mbl turbo isi pertalite timing jd gak advance :mky_03:

ah kl tussbol mah keliatan kayak panik sama bengkel remap selalu bilangnya tidak mengubah mapping mesin keliatan lah dia panik ma siapa. :mky_03: abis bengkel remap sekali colok bisa 10% gain dia blom tentu dapet segitu :mky_03: mang ada tussbol nunjukin hasil dyno yang dipamerin mobil mewah isi pertalite melulu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by daimler »

Or4cle wrote: Mon Oct 24, 2022 3:37
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit. :big_biglaugh:
TUSSbol ini yg postingannya gencar IGnya provi*****lab ya? Yg isinya postingan mobil MT taro di gigi 5 ga digas, bahkan sambil direm. Mobilnya tetep jalan ga ngelitik :big_think:
cm dia ngerahasian TUSSbol tu diapain diremap atau paan. Kalo matic gatau bisa apa kagak
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by evanbngdor »

daimler wrote: Mon Oct 24, 2022 5:05
Or4cle wrote: Mon Oct 24, 2022 3:37
Sebenarnya antara meningkatkan power dgn meningkatkan efisiensi itu beda.
Kalau meningkatkan power tidak ada jalan lain selain memasukkan campuran udara & fuel yg banyak ke combustion chamber.
Sekelas TUSSbol pun masih ambigu ; di satu sisi bilang setelah tussbol tenaga meningkat significant, sisi lain bilang tussbol bukan untuk kencang & bukan untuk irit. :big_biglaugh:
TUSSbol ini yg postingannya gencar IGnya provi*****lab ya? Yg isinya postingan mobil MT taro di gigi 5 ga digas, bahkan sambil direm. Mobilnya tetep jalan ga ngelitik :big_think:
cm dia ngerahasian TUSSbol tu diapain diremap atau paan. Kalo matic gatau bisa apa kagak
Mau matic atau manual sama2 bisa Om.

Cuma ya karena semuanya itu 'misteri' jd kita ngga bisa tau jg sebenernya diapain itu mesin. Skg jg pamor nya udah mulai meredup kayaknya, beberapa kali lewat bengkelnya sih memang rame cuma ngga kayak pas hype dulu awal2
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Mon Oct 24, 2022 6:09
daimler wrote: Mon Oct 24, 2022 5:05 TUSSbol ini yg postingannya gencar IGnya provi*****lab ya? Yg isinya postingan mobil MT taro di gigi 5 ga digas, bahkan sambil direm. Mobilnya tetep jalan ga ngelitik :big_think:
cm dia ngerahasian TUSSbol tu diapain diremap atau paan. Kalo matic gatau bisa apa kagak
Mau matic atau manual sama2 bisa Om.

Cuma ya karena semuanya itu 'misteri' jd kita ngga bisa tau jg sebenernya diapain itu mesin. Skg jg pamor nya udah mulai meredup kayaknya, beberapa kali lewat bengkelnya sih memang rame cuma ngga kayak pas hype dulu awal2
konon katanya di porting n polish, ada yang bilang engine blueprinting, dll. tapi keluar-keluar kok ga nyambung semua logikanya power nambah tp bisa isi pertalite, yang solar bisa isi biosolar.

bilangnya terus emang tidak sesuai logika mesin. lah? mslhnya ilmu teknik mesin dari dulu ya gt-gt aja terus ini pake jin apaan :big_biglaugh: coba tanya bengkel balap manapun bisa gak bikin engine blueprinting / pnp tapi ngisinya pertalite yang ada diusir kali :big_biglaugh:

yang dimainin mobil fuel injection modern juga. ane hari gini overclaim bilang tanpa utak atik ecu udah gak percaya dulu. mana bisa mobil skrg gak di fine tuning via ecu kalo ud bongkar hardware nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 7:56
evanbngdor wrote: Mon Oct 24, 2022 6:09
daimler wrote: Mon Oct 24, 2022 5:05 TUSSbol ini yg postingannya gencar IGnya provi*****lab ya? Yg isinya postingan mobil MT taro di gigi 5 ga digas, bahkan sambil direm. Mobilnya tetep jalan ga ngelitik :big_think:
cm dia ngerahasian TUSSbol tu diapain diremap atau paan. Kalo matic gatau bisa apa kagak
Mau matic atau manual sama2 bisa Om.

Cuma ya karena semuanya itu 'misteri' jd kita ngga bisa tau jg sebenernya diapain itu mesin. Skg jg pamor nya udah mulai meredup kayaknya, beberapa kali lewat bengkelnya sih memang rame cuma ngga kayak pas hype dulu awal2
konon katanya di porting n polish, ada yang bilang engine blueprinting, dll. tapi keluar-keluar kok ga nyambung semua logikanya power nambah tp bisa isi pertalite, yang solar bisa isi biosolar.

bilangnya terus emang tidak sesuai logika mesin. lah? mslhnya ilmu teknik mesin dari dulu ya gt-gt aja terus ini pake jin apaan :big_biglaugh: coba tanya bengkel balap manapun bisa gak bikin engine blueprinting / pnp tapi ngisinya pertalite yang ada diusir kali :big_biglaugh:

yang dimainin mobil fuel injection modern juga. ane hari gini overclaim bilang tanpa utak atik ecu udah gak percaya dulu. mana bisa mobil skrg gak di fine tuning via ecu kalo ud bongkar hardware nya.
Udah gitu, dulu si bengkel tsb sering posting foto entah bagian apa dr mesin yg dikumpulin hasil TUSSbol katanya. Makin membagongkan deh itu part diambil trs diganti yg baru apa gimana kan.

Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
:mky_03: :mky_02:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: Mon Oct 24, 2022 8:04
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
:mky_03: :mky_02:
itu mah name keren dari stel klep mbah

cuman kan kl mobil2 yg pake bucket shim seolah2 ga bsa di stel lg, jd yah di ganti tu bucket shim nya sesuai dgn standard dari fabriekan , makanya doi blg ad yg perlu ada yg ga usa

tussbol mah itu kayanya PnP plus kutak katik pengapian sikit lah dari ECU, kl ga sperti kata mbah chz, mustahil bsa turun oktan, kcuali nambah gasket deksel (tp ini tenaga malah jd turun)

tapi overall kl emg hasil nya bagus dan awet yah why not kl mnurut kita orang, asal jangan ud mahal, hasil nya bahlul , nah ini kebangetan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Mon Oct 24, 2022 8:04 Udah gitu, dulu si bengkel tsb sering posting foto entah bagian apa dr mesin yg dikumpulin hasil TUSSbol katanya. Makin membagongkan deh itu part diambil trs diganti yg baru apa gimana kan.

Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
:mky_03: :mky_02:
nahh iya biasa satu paket kan tussbol dan optik :mky_03:

yang sekelas spoon sports aja di bengkelnya ruang engine ga dirahasiain orang umum bole liat atas seizin yang bangun mesin. masa iya ini rahasia2an :mky_03:

jangankan gitu emang kurang jelas apa itu engine handbuilt AMG / nissan GTR di expose lewat media. enjin pabrikan kan tuh, dia kan bangga banggain setup pabrikan :mky_03:

kalo emang bengkel profesional sih harusnya gak takut ditiru, orang laen niru blom tentu sama koq :mky_03: ayam KFC banyak tiruan jg rasanya gak bisa sama pdhl bentuk sama-sama ayam tepung :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Mon Oct 24, 2022 8:12
evanbngdor wrote: Mon Oct 24, 2022 8:04
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
:mky_03: :mky_02:
itu mah name keren dari stel klep mbah

cuman kan kl mobil2 yg pake bucket shim seolah2 ga bsa di stel lg, jd yah di ganti tu bucket shim nya sesuai dgn standard dari fabriekan , makanya doi blg ad yg perlu ada yg ga usa

tussbol mah itu kayanya PnP plus kutak katik pengapian sikit lah dari ECU, kl ga sperti kata mbah chz, mustahil bsa turun oktan, kcuali nambah gasket deksel (tp ini tenaga malah jd turun)

tapi overall kl emg hasil nya bagus dan awet yah why not kl mnurut kita orang, asal jangan ud mahal, hasil nya bahlul , nah ini kebangetan
Temen sih pernah cerita dulu dia pernah bawa ke bengkel itu buat TUSSbol sama Optik W202 nya. Kalo gak salah habisnya sekitar 9jt. Katanya sih memang jd lebih irit sedikiiiiiit, cuma dia ngga pernah pake premium jg selalu pertamax dr dulu, ngga berani dia

Tp kalo saya tanya sih katanya ngga worth it dengan harga segitu
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 7:56 konon katanya di porting n polish, ada yang bilang engine blueprinting, dll. tapi keluar-keluar kok ga nyambung semua logikanya power nambah tp bisa isi pertalite, yang solar bisa isi biosolar.

bilangnya terus emang tidak sesuai logika mesin. lah? mslhnya ilmu teknik mesin dari dulu ya gt-gt aja terus ini pake jin apaan :big_biglaugh: coba tanya bengkel balap manapun bisa gak bikin engine blueprinting / pnp tapi ngisinya pertalite yang ada diusir kali :big_biglaugh:

yang dimainin mobil fuel injection modern juga. ane hari gini overclaim bilang tanpa utak atik ecu udah gak percaya dulu. mana bisa mobil skrg gak di fine tuning via ecu kalo ud bongkar hardware nya.
kl bengkel di semarang yg bisa pnp bagus ada ga ya mod?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Tips Newbie Sampai EXPERT : MODIFIKASI MESIN BALAP PEMECAH REKOR

Post by ctopher7 »

evanbngdor wrote:
DOHC wrote: Mon Oct 24, 2022 8:12
evanbngdor wrote: Mon Oct 24, 2022 8:04
Selain TUSSbol, ada 1 jasa lg dr dia yg cukup naik daun waktu itu, namanya Optimalisasi Klep. Nah entah diapain lg itu, katanya 1:100 mobil baru di indo yg ngga perlu OptiK
:mky_03: :mky_02:
itu mah name keren dari stel klep mbah

cuman kan kl mobil2 yg pake bucket shim seolah2 ga bsa di stel lg, jd yah di ganti tu bucket shim nya sesuai dgn standard dari fabriekan , makanya doi blg ad yg perlu ada yg ga usa

tussbol mah itu kayanya PnP plus kutak katik pengapian sikit lah dari ECU, kl ga sperti kata mbah chz, mustahil bsa turun oktan, kcuali nambah gasket deksel (tp ini tenaga malah jd turun)

tapi overall kl emg hasil nya bagus dan awet yah why not kl mnurut kita orang, asal jangan ud mahal, hasil nya bahlul , nah ini kebangetan
Temen sih pernah cerita dulu dia pernah bawa ke bengkel itu buat TUSSbol sama Optik W202 nya. Kalo gak salah habisnya sekitar 9jt. Katanya sih memang jd lebih irit sedikiiiiiit, cuma dia ngga pernah pake premium jg selalu pertamax dr dulu, ngga berani dia

Tp kalo saya tanya sih katanya ngga worth it dengan harga segitu
:mky_01:
9jt jaman skrg kalo mobil berturbo, tinggal naek dyno sama dicolok laptop juga naik tenaga beneran significant

masih dapet kembalian pula kalo mobil mobil jepun dc nya paling 5-6 jt. hasil keluar jelas bisa di optimize buat ron 92 95 98 bebas
pecinta bio solar