Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sun Oct 09, 2022 2:27

Ketika berhenti lebih dari (let say) 3 detik atau di lamer, mudhorotnya lbh besar di D..
Karena safety concern ajah ketika berhenti total atau lampu merah, amannya di N

Soal D ke R atau sebaliknya, gak tunggu full stop, itu resiko rusak girboksnya lbh besar.
Valve body, torque converter, wet clutch, dsb bisa kena semua :upss:

Klo CVT.. tambahin puli dan media steel beltnya bs selip :mky_03:
saya kebiasaan netral dulu biar gak nyangkut giginya kek parkir pasti netral dulu baru p jgn lsg p karena gigi bakalan nyangkut biar loss dulu di N baru tarik rem tangan terus masukin P, kalo lampu merah juga n jgn p biar giginya gak streess cuma kadang kalo bawaannya lagi excited suka D lsg R pas ngerem mau parkir :mky_01:

kemaren bawa negbut2x pas rpm tinggi ntah halu atau apa kok sekejap liat S nya kedip2x pas mobilnya juga lagi goncang sih gara2x kena gajlukan kecil :big_bored:

sampe sekarang sih normal2x aja anggep aja mungkin eror karena terlalu di hajar terlalu keras :big_biglaugh:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Venturtle »

kalo ane sih kalo lampu merah berhenti sebentar tetap di D.. kalo lama, baru pindah ke N :big_okay:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ginting »

Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 2:58 Bagus ini

Saya mah dari dulu, 2011 saat pake GNKI bensin matic, sudah pakai N di lampu merah.
logikanya saja : kalau D itu kan mobil disuruh jalan, tapi kakinya diikat.
kan mending disuruh Netral, istrahat

lalau ada yutub video yg bilang bahwa kalau pakae N maka akan banyak serbuk friksi dari kampas kopling..gue mah anggap itu rubbish aja
gak semua juga benar alasannya.

Mengenai parkir di tanjakan, di jalan rata, turunan...sy memang selalu biasanya bahwa mobil berhenti dulu baru masuk P.
jadi gak ada sisa tenaga yang membuat lock pawl jd bekerja.

urutannya.
Masuk garasi, injak Rem, mobil berhenti.
pindah ke N
lepas Rem.
Mobil diam
geser ke P

TERAKHIR, taruh ganjal batu (biasanya anak / istri) sbg cadangan jaga jaga.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ilhami »

mungkin diperjelas, pasang parking brake nya kapan Om ?
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by DOHC »

prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
kl kaya gt, wajip berentiin mobil ampe stop , baru masupin lg ke D

sambil jalan dari N masupin ke D, alamat cepet rontok tu metik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

DOHC wrote: Mon Oct 10, 2022 2:04
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
kl kaya gt, wajip berentiin mobil ampe stop , baru masupin lg ke D

sambil jalan dari N masupin ke D, alamat cepet rontok tu metik

oh gitu ya om jadi kudu berenti total baru boleh masukin gigi D, atau mungkin kalau pas posisi urgent aja yaa, siap om thx infonya

dulu pernah OPJS pas dipake tol posisi shift knob di D tapi indikator itu berubah di N dan lgs loss power, jadi stop dulu pindah ke N baru masukin D lagi, besok nya bawa ke bengkel resmi ternyata switch inhibitor nya kena, alesannya dari SA emang penyakit OPJS begitu kalau suka nerabas air agak tinggi karena sensornya terlalu rendah :big_think: :big_think:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by daimler »

DOHC wrote: Mon Oct 10, 2022 2:04 kl kaya gt, wajip berentiin mobil ampe stop , baru masupin lg ke D

sambil jalan dari N masupin ke D, alamat cepet rontok tu metik
Waduh ogut ada pengalaman, berhenti di lampu merah posisi jalan turunan. Pas ijo, lepas hand rem, mobil dah kec 20kmj tanpa digas baru mindahin posisi dari N ke D :big_slap: semoga maticnya gapapa ini
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
Paling aman buat girboks yahh brenti dulu.

Cuma klo kondisi yg gak mungkin berhenti, misal lg di tol dan bahaya banget brenti di pinggir jalan tol.... balik lg depends ke mobilny.

Klo mobilnya udh dilengkapi Fly.. eh throttle by wire, dia bisa rpm matching sendiri dan smoga aman koq.
Rata" mobil jaman now udh Throttle by wire koq, jadi gak usah khawatir :mky_03:

Tp klo masih konvensional, throttlenya lgs konek ke kaki tanpa perantara computer, ya usahain rpm match sendiri, terakhir di rpm brp pas posisi di D, sblm kepindah?
Turunin dikit gasnya, baru dipindah.

Jd rpm mesin dan girboks relatif sinkron speednya dan gak terjadi friksi besar di TC dan Kampas kopling.
Last edited by Suryaputra on Mon Oct 10, 2022 3:01, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Chr1stm1 »

prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
Hanya 1 kejadian case per case...yakin aman lah
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by benzz89 »

Kalau di matic gear konvensional (bukan CVT or dual clutch) sering pakai engine brake gimana yah? Apakah aman2 aja?

Biasa kl lg di tol high speed tiba2 mobil di depan rem agak mendadak, ane biasa turunin gigi secara manual buat bantu rem.

Lumayan buat ngurangin laju mobil lebih kuat banding rem doang, cuman kan rpm langsung melejit tuh secara mendadak [emoji3526]

Ini sdh jd kebiasaan krn berasa lebih mantap aja banding ngandelin rem doang, jadi engine brake + rem sekaligus... daripada nyundul mobil depan [emoji1]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Mon Oct 10, 2022 3:23 Kalau di matic gear konvensional (bukan CVT or dual clutch) sering pakai engine brake gimana yah? Apakah aman2 aja?

Biasa kl lg di tol high speed tiba2 mobil di depan rem agak mendadak, ane biasa turunin gigi secara manual buat bantu rem.

Lumayan buat ngurangin laju mobil lebih kuat banding rem doang, cuman kan rpm langsung melejit tuh secara mendadak [emoji3526]

Ini sdh jd kebiasaan krn berasa lebih mantap aja banding ngandelin rem doang, jadi engine brake + rem sekaligus... daripada nyundul mobil depan [emoji1]
biar keren, sambil rev matching mbah :mky_03:

sblm downshift, sambil rem, tambahin gasnya dikit, downshift lower gear, trus baru dilepas gas nya dan pk rem.

mirip" kaya heel and toe lah.
bedanya ini gak pk kopling.. wkwkwkw



tujuannya: optimalin rentang rpm mesin, supaya gak kaget kampas kopling dan TC nya, karena perbedaan putaran mesin dr posisi gear yg berbeda, dan lbh smooth

Ini jd kmn2 yaa :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ginting »

benzz89 wrote: Mon Oct 10, 2022 3:23 Kalau di matic gear konvensional (bukan CVT or dual clutch) sering pakai engine brake gimana yah? Apakah aman2 aja?

Biasa kl lg di tol high speed tiba2 mobil di depan rem agak mendadak, ane biasa turunin gigi secara manual buat bantu rem.

Lumayan buat ngurangin laju mobil lebih kuat banding rem doang, cuman kan rpm langsung melejit tuh secara mendadak [emoji3526]

Ini sdh jd kebiasaan krn berasa lebih mantap aja banding ngandelin rem doang, jadi engine brake + rem sekaligus... daripada nyundul mobil depan [emoji1]
emang wajib begitu oom...
pakai engine brake...
yang penting cek buku manual, brp max speed dan RPM tiap gigi...
misalnya gini..oom di speed 120 kmpj...eh tiba tiba diturunkan ke gigi 2 ...RPM langsung nyundul tinggi...itu bisa over run ..
hal yg sama berlaku di mobil manual,,,
biasanya saya sih bertahap...dari gigi 6 saya turunin ke 5 lalu ke 4 lalu ke 3...terbantu banget kampas rem...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ginting »

ginting wrote: Sun Oct 09, 2022 12:42
Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 2:58 Bagus ini

Saya mah dari dulu, 2011 saat pake GNKI bensin matic, sudah pakai N di lampu merah.
logikanya saja : kalau D itu kan mobil disuruh jalan, tapi kakinya diikat.
kan mending disuruh Netral, istrahat

lalau ada yutub video yg bilang bahwa kalau pakae N maka akan banyak serbuk friksi dari kampas kopling..gue mah anggap itu rubbish aja
gak semua juga benar alasannya.

Mengenai parkir di tanjakan, di jalan rata, turunan...sy memang selalu biasanya bahwa mobil berhenti dulu baru masuk P.
jadi gak ada sisa tenaga yang membuat lock pawl jd bekerja.

urutannya.
Masuk garasi, injak Rem, mobil berhenti.
pindah ke N
lepas Rem.
Mobil diam..lalu Tarik Rem Tangan..
Geser ke P

TERAKHIR, taruh ganjal batu (biasanya anak / istri) sbg cadangan jaga jaga.
itu udah saya edit oom , tks
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

Suryaputra wrote: Mon Oct 10, 2022 2:44
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
Paling aman buat girboks yahh brenti dulu.

Cuma klo kondisi yg gak mungkin berhenti, misal lg di tol dan bahaya banget brenti di pinggir jalan tol.... balik lg depends ke mobilny.

Klo mobilnya udh dilengkapi Fly.. eh throttle by wire, dia bisa rpm matching sendiri dan smoga aman koq.
Rata" mobil jaman now udh Throttle by wire koq, jadi gak usah khawatir :mky_03:

Tp klo masih konvensional, throttlenya lgs konek ke kaki tanpa perantara computer, ya usahain rpm match sendiri, terakhir di rpm brp pas posisi di D, sblm kepindah?
Turunin dikit gasnya, baru dipindah.

Jd rpm mesin dan girboks relatif sinkron speednya dan gak terjadi friksi besar di TC dan Kampas kopling.
wkwkw maksutnya shift on the fly 4x4 yee om :big_smoking: :big_smoking:
kalau begitu mah aman terkendali pindahin giginyee

iyaa om memang hampir rata2 udah ganti throttle by wire

jadi kalau jarang2 banget masih aman ya om

yah memang baiknya si bocil taruhin di carseat aja daripada kenapa2 :mky_01:
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

Chr1stm1 wrote: Mon Oct 10, 2022 3:00
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
Hanya 1 kejadian case per case...yakin aman lah
iyaa om, lebih hati2 aja kedepannya hehe :mky_01:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ginting »

prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 6:56
Suryaputra wrote: Mon Oct 10, 2022 2:44
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
Paling aman buat girboks yahh brenti dulu.

Cuma klo kondisi yg gak mungkin berhenti, misal lg di tol dan bahaya banget brenti di pinggir jalan tol.... balik lg depends ke mobilny.

Klo mobilnya udh dilengkapi Fly.. eh throttle by wire, dia bisa rpm matching sendiri dan smoga aman koq.
Rata" mobil jaman now udh Throttle by wire koq, jadi gak usah khawatir :mky_03:

Tp klo masih konvensional, throttlenya lgs konek ke kaki tanpa perantara computer, ya usahain rpm match sendiri, terakhir di rpm brp pas posisi di D, sblm kepindah?
Turunin dikit gasnya, baru dipindah.

Jd rpm mesin dan girboks relatif sinkron speednya dan gak terjadi friksi besar di TC dan Kampas kopling.
wkwkw maksutnya shift on the fly 4x4 yee om :big_smoking: :big_smoking:
kalau begitu mah aman terkendali pindahin giginyee

iyaa om memang hampir rata2 udah ganti throttle by wire

jadi kalau jarang2 banget masih aman ya om

yah memang baiknya si bocil taruhin di carseat aja daripada kenapa2 :mky_01:
btw, saya pernah baca dimana gitu...udah lupa...
matic jaman sekarang rata rata sudah drive by wire...
dan ada logic computernya mencegah false instruction..
misalnya jalan lagi maju 80 kmpj di posisi D, tiba tiba masuk di R maka itu gak akan diproses oleh gearbox..karena dia tahu itu mah kesenggol secara gak sengaja kali...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26919
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by DOHC »

ginting wrote: Mon Oct 10, 2022 12:27
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 6:56
Suryaputra wrote: Mon Oct 10, 2022 2:44

Paling aman buat girboks yahh brenti dulu.

Cuma klo kondisi yg gak mungkin berhenti, misal lg di tol dan bahaya banget brenti di pinggir jalan tol.... balik lg depends ke mobilny.

Klo mobilnya udh dilengkapi Fly.. eh throttle by wire, dia bisa rpm matching sendiri dan smoga aman koq.
Rata" mobil jaman now udh Throttle by wire koq, jadi gak usah khawatir :mky_03:

Tp klo masih konvensional, throttlenya lgs konek ke kaki tanpa perantara computer, ya usahain rpm match sendiri, terakhir di rpm brp pas posisi di D, sblm kepindah?
Turunin dikit gasnya, baru dipindah.

Jd rpm mesin dan girboks relatif sinkron speednya dan gak terjadi friksi besar di TC dan Kampas kopling.
wkwkw maksutnya shift on the fly 4x4 yee om :big_smoking: :big_smoking:
kalau begitu mah aman terkendali pindahin giginyee

iyaa om memang hampir rata2 udah ganti throttle by wire

jadi kalau jarang2 banget masih aman ya om

yah memang baiknya si bocil taruhin di carseat aja daripada kenapa2 :mky_01:
btw, saya pernah baca dimana gitu...udah lupa...
matic jaman sekarang rata rata sudah drive by wire...
dan ada logic computernya mencegah false instruction..
misalnya jalan lagi maju 80 kmpj di posisi D, tiba tiba masuk di R maka itu gak akan diproses oleh gearbox..karena dia tahu itu mah kesenggol secara gak sengaja kali...
kcuali matic nya elcegece nya toyodai mbah G

itu masi metik jadul taon 80an nya aisin tuh , speed sensor nya aj model hidrolik jadul, belom eletronik macam inofa rebon

tiati jgn ampe ksenggol pas lg jalan tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ilhami »

Saya rasa aman ya, asalkan jangan sambil di gas
alphanumeric
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Sep 15, 2022 17:44
Location: Indonesia
Daily Vehicle: L300

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by alphanumeric »

kalo stay di D ati-ati bisa begini nih haha
https://web.facebook.com/10008651296415 ... 769892093/
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

ginting wrote: Mon Oct 10, 2022 12:27
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 6:56
Suryaputra wrote: Mon Oct 10, 2022 2:44

Paling aman buat girboks yahh brenti dulu.

Cuma klo kondisi yg gak mungkin berhenti, misal lg di tol dan bahaya banget brenti di pinggir jalan tol.... balik lg depends ke mobilny.

Klo mobilnya udh dilengkapi Fly.. eh throttle by wire, dia bisa rpm matching sendiri dan smoga aman koq.
Rata" mobil jaman now udh Throttle by wire koq, jadi gak usah khawatir :mky_03:

Tp klo masih konvensional, throttlenya lgs konek ke kaki tanpa perantara computer, ya usahain rpm match sendiri, terakhir di rpm brp pas posisi di D, sblm kepindah?
Turunin dikit gasnya, baru dipindah.

Jd rpm mesin dan girboks relatif sinkron speednya dan gak terjadi friksi besar di TC dan Kampas kopling.
wkwkw maksutnya shift on the fly 4x4 yee om :big_smoking: :big_smoking:
kalau begitu mah aman terkendali pindahin giginyee

iyaa om memang hampir rata2 udah ganti throttle by wire

jadi kalau jarang2 banget masih aman ya om

yah memang baiknya si bocil taruhin di carseat aja daripada kenapa2 :mky_01:
btw, saya pernah baca dimana gitu...udah lupa...
matic jaman sekarang rata rata sudah drive by wire...
dan ada logic computernya mencegah false instruction..
misalnya jalan lagi maju 80 kmpj di posisi D, tiba tiba masuk di R maka itu gak akan diproses oleh gearbox..karena dia tahu itu mah kesenggol secara gak sengaja kali...
ooh gitu ya om jadi dia sudah diolah sama ECU agar ada pengamanan kalau kejadian ga sengaja yg bisa membahayakan dia ga proses, wah info baru, thx sharingnya om :big_grin:
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

btw sekalian bahas lagi, kalau menurut om2 sekalian kan ada perbedaan di tuas transmisi mobil matic konvensional kebanyakan yg di indonesia

contoh nih ada yg model lurus PRND kebanyakan mobil honda, dan ada yg model gate shifter yang berkelok2 di kebanyakan mobil Toyota, nah om dimari lebih suka yang mana ?

kebetulan saya ada mobil dinas itu pakai new rush dan mobil pribadi itu xpander, tapi entah kenapa malah saya lebih suka pake model gate shifter kaya lebih enak mindahinnya :mky_01:

kira2 dasarnya apa ya pabrikan bikin model yang berbeda gitu ?? :mky_04:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9658
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

prabowow wrote: Thu Oct 13, 2022 6:45 btw sekalian bahas lagi, kalau menurut om2 sekalian kan ada perbedaan di tuas transmisi mobil matic konvensional kebanyakan yg di indonesia

contoh nih ada yg model lurus PRND kebanyakan mobil honda, dan ada yg model gate shifter yang berkelok2 di kebanyakan mobil Toyota, nah om dimari lebih suka yang mana ?

kebetulan saya ada mobil dinas itu pakai new rush dan mobil pribadi itu xpander, tapi entah kenapa malah saya lebih suka pake model gate shifter kaya lebih enak mindahinnya :mky_01:

kira2 dasarnya apa ya pabrikan bikin model yang berbeda gitu ?? :mky_04:
Ya itu safety lock aja
Klo model lurus; ada pencetan nya / tombol tuas transmisi,
Jd dr posisi D, gak bisa lgs ke R klo gak sengaja kepindah.

Klo gate type gakda pencetannya, lgs pindah" aja
Tapi pengamannya ya belok"nya itu, jd sama aja, gak bs lgs kepindah dr D ke R (krn harus belok dulu)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by RezPrat »

prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
Harusnya aman sih Om, asal jgn di gas ya, lepas gas aja shift back ke D.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by the-mantal »

prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
kayanya sih aman aja ya, dlu ada sepupu pake mobil kijang kapsul auto th 1997 punya, dia sering banget tuh coasting pake N, trus masuk lagi ke D buat gas, lalu N lagi buat coasting. sampe mobilnya dijual th 2008 n kilometer 100ribu lebih, ga denger dia ngeluh... dijual karena emg pengen ganti boil. tp ya memang baru pemakaian 11 tahun dan 100 ribu kilo, ngga representatif sih pengalaman nya.

kalo saya, kebiasaan dr jaman bokap itu parkir selalu di N (ga pernah P, karena jaman dlu mobil ga ada shift lock jd bebas aja parkir di N tinggal cabut kunci). n mobil2 yg dipake aman sentosa sampe dijual. mobil2 jaman skrg susahnya klo parkir di N ga bisa cabut kunci, jadi mau ga mau harus ke P.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours