Page 1 of 71

Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Thu Oct 06, 2022 15:06
by WiraSoenaryo
Hallo,

Silakan dilanjut disini ya.

Part 10 : viewtopic.php?t=31371
Part 11 : viewtopic.php?t=31617

Terima kasih.

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Thu Oct 06, 2022 15:14
by KielConstantine
Numpang mejeng dulu di tret oktan 999 :big_biglaugh:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Thu Oct 06, 2022 15:14
by DOHC
keduaxx

dan masi pejwan

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Thu Oct 06, 2022 22:41
by k1493nk
Wow...

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Thu Oct 06, 2022 23:10
by sintoni
Numpang mejengg di pejwan.

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 0:56
by singachu
kelimax

wah ga bisa reply mbah omni, mau nanya soal power probe maksudnya apa ya mbah ?
ama soal scan dtc, itu mesin ga dihidupkan apa bisa kliatan muncul dtc apa ga ?

buat mbah datsu, gile juga kerja di bmw ya...... jos lah


regards,
singachu

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 0:59
by singachu
reply mbah gentongz, itu pakai thread repair ama verlok sok ?

aku pernah rusakin drat pompa ps, repotnya tengah2nya ada tongolan jadi ga bisa di bor / bubut langsung....
dan susahnya karena hi press jadinya bocor mulu

regards,
singachu

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 1:42
by Dat510
Numpang page one.. :big_love: :big_love: :big_love:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 1:43
by Omnibus
singachu wrote: Fri Oct 07, 2022 0:56 kelimax

wah ga bisa reply mbah omni, mau nanya soal power probe maksudnya apa ya mbah ?
ama soal scan dtc, itu mesin ga dihidupkan apa bisa kliatan muncul dtc apa ga ?

buat mbah datsu, gile juga kerja di bmw ya...... jos lah


regards,
singachu
power probe di gugel imej ada. fungsinya buat energize komponen elektrikal ketika di bench test.

scan dtc bisa ketika KOEO (key on engine off). kaya solenoid yg misalnya open atau short itu langsung ngeflag dtc.
kecuali utk bbrp P code yg emission related, itu hrs melalui 2-3x drive cycle. itu pun bisa di scanner diset utk lbh sensitif muncul dtc nya (multiplikasi checking rate) dgn cara masuk ke menu diagnostic mode. tergantung mobilnya apa, disitulah kita tau mobil mana yg bikin software pcm nya "niat" vs yg "kurang niat"

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 1:43
by Dat510
singachu wrote: Fri Oct 07, 2022 0:56 kelimax

wah ga bisa reply mbah omni, mau nanya soal power probe maksudnya apa ya mbah ?
ama soal scan dtc, itu mesin ga dihidupkan apa bisa kliatan muncul dtc apa ga ?

buat mbah datsu, gile juga kerja di bmw ya...... jos lah


regards,
singachu
Sebenernya biasa aja mbah, hanya kurang tools.
Klo kata pepatah, benerin mobil itu harus by the right man, at the right time, in the right place, with the right tools, using the right method.. :big_smoking:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 2:30
by evanbngdor
Dat510 wrote: Fri Oct 07, 2022 1:43
singachu wrote: Fri Oct 07, 2022 0:56 kelimax

wah ga bisa reply mbah omni, mau nanya soal power probe maksudnya apa ya mbah ?
ama soal scan dtc, itu mesin ga dihidupkan apa bisa kliatan muncul dtc apa ga ?

buat mbah datsu, gile juga kerja di bmw ya...... jos lah


regards,
singachu
Sebenernya biasa aja mbah, hanya kurang tools.
Klo kata pepatah, benerin mobil itu harus by the right man, at the right time, in the right place, with the right tools, using the right method.. :big_smoking:
Problem nya sebagian besar jasa perbaikan di Indo ini not at the right side.

Baut nyangkut --> Gampang, tinggal ambil tang atau palu buat mukul obeng ke baut nya.

Secara fungsi aja itu udah menyalahi prinsip ketiga tools itu. Cuma ya apa daya umumnya para pekerja itu tanpa skill teknis yg memadai, ditambah investasi tools yg minim. Udah pasti output nya ngga akan beres

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 4:05
by DOHC
Dat510 wrote: Fri Oct 07, 2022 1:43
singachu wrote: Fri Oct 07, 2022 0:56 kelimax

wah ga bisa reply mbah omni, mau nanya soal power probe maksudnya apa ya mbah ?
ama soal scan dtc, itu mesin ga dihidupkan apa bisa kliatan muncul dtc apa ga ?

buat mbah datsu, gile juga kerja di bmw ya...... jos lah


regards,
singachu
Sebenernya biasa aja mbah, hanya kurang tools.
Klo kata pepatah, benerin mobil itu harus by the right man, at the right time, in the right place, with the right tools, using the right method.. :big_smoking:
Satu lg mbah

With the right masas (beneran) therapist


Benerin mobil itu bener2 nyiksa pinggang

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 4:10
by gentongxz
singachu wrote: Fri Oct 07, 2022 0:59 reply mbah gentongz, itu pakai thread repair ama verlok sok ?

aku pernah rusakin drat pompa ps, repotnya tengah2nya ada tongolan jadi ga bisa di bor / bubut langsung....
dan susahnya karena hi press jadinya bocor mulu

regards,
singachu
thread lock merah lumayan bantu +- 5% lah kekuatannya.. lumayan tahan getaran... ( doloe gak ada pakai alteco :big_biglaugh: )

drat yang mana 1 mbah..? yg spring gak tahan dengan tekanan..,dah pernah coba masih rembes..

kalo drat busi biasa pakai bushing busi + lem AB..,itu jaman doeloe.. dah 30 tahunan yang lalu..

baut 8 -10 body chainsaw biasa pakai pentil truk/fuso.. yang panjang..,biasa lobang tenganya lumayan center.. ( untuk pembuatan lubang jangan di tembuskan ,kasih sisa daging di dalam +- 1mm..,untuk menahan drat kuningan pentilnya + lem tread lock merah :big_exellent: )

kalo dol kayak di body pompa..,coba apa bisa di las mati dulu gak lubangnya..,baru di bor buat lubang drat baru..

kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 4:11
by yanuarra
Dah pindah rumah.... Absen doloo ahh

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 5:24
by Omnibus
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 4:10
kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:
kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 5:55
by Suryaputra
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 4:10
kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:
kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
marmut wrote:
Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 6:11
by gentongxz
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 4:10
kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:
kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
pengalaman saya dulu kasih daging ulang buat bak oli chain saw ,pakai pentil kuningan truk fuso yang panjang pak..( bisa).

biasanya pas mau kunci ,sebelum di baut ulang saya cuci dulu ulirnya pakai tap baut yang sesuai pak..,untuk keluarin kotoran..baru di kunci .
kalo sudah keluar serpihan alumuniumnya ..percuma di tap ulang..gak kuat..,harus tanam daging.. caranya yha di cor/las alumunium atau pakai pentil kuningan.

CMIIW :mky_01:
baut 8-10 itu nguncinya memang deg-degan pak.. :mky_03:

spon ijo memang serbaguna pak.. :big_exellent:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 6:28
by gentongxz
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 5:55
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 4:10
kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:
kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
marmut wrote:
Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.
kalo saya merasa gak sanggup di 12nm.. ,saya kasih locktread biru mbah..( daerah yg terkena panas lebih pakai locktread hightemp),asal baut dan lubang di tembak breakcleaner dulu..dan cuci baut..( sya demen kata ini :mky_03: ) ,yg di takutkan itu bukan kuat apa gaknya..,tapi salah satunya getaran.
CMIIW

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 6:39
by Omnibus
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 5:55
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 4:10
kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:
kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
marmut wrote:
Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.
bukan mbah suhu, malu. tuh mbah marmut, dohc, yanuarra, pak gentong suhu. :frm_salut:

dimintanya 12Nm tuh. tp ingat kesalahan org itu 12Nm dalam 1 kali pass. itu totally wrong utk kasus ini. bocor atau engga ai ga tau dan ga mau nyoba. soalnya kl sampe bocor itu paking udah ga efektif. ganti maning dan kerjaan receh buang waktu krn hrs bebesih dlsb. motto nya: do it right, first time.

fyi, oil warmer housing bautnya kepala 12mm. itu mintanya 27Nm. sama sy kerjain 3x pass dr torsi kecil, naik, dan naik.

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 6:41
by Suryaputra
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 6:28
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 5:55
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24

kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
marmut wrote:
Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.
kalo saya merasa gak sanggup di 12nm.. ,saya kasih locktread biru mbah..( daerah yg terkena panas lebih pakai locktread hightemp),asal baut dan lubang di tembak breakcleaner dulu..dan cuci baut..( sya demen kata ini :mky_03: ) ,yg di takutkan itu bukan kuat apa gaknya..,tapi salah satunya getaran.
CMIIW
Okeh jd 10NM dan pk locktread yaa?

Krn bbrp minggu kmrn saya ngetorsi baut roda sepeda anak 10NM
Trus saya suruh selama 2 minggu ke sekolah pk sepeda, deket, krn biasa jalan kaki.
Main sepedanya juga rada kasar tipikal anak cowo lah :big_biglaugh:
Ditandain pk spidol marker, so far belum berubah posisi loh :upss:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 6:45
by Omnibus
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 6:11
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 4:10
kalo alumunium.. di las alumunium.. + buat drat lubang baru..
( bongkar full ,takut panas menyebar ke seal2 karet )
CMIIW :mky_01:
kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
pengalaman saya dulu kasih daging ulang buat bak oli chain saw ,pakai pentil kuningan truk fuso yang panjang pak..( bisa).

biasanya pas mau kunci ,sebelum di baut ulang saya cuci dulu ulirnya pakai tap baut yang sesuai pak..,untuk keluarin kotoran..baru di kunci .
kalo sudah keluar serpihan alumuniumnya ..percuma di tap ulang..gak kuat..,harus tanam daging.. caranya yha di cor/las alumunium atau pakai pentil kuningan.

CMIIW :mky_01:
baut 8-10 itu nguncinya memang deg-degan pak.. :mky_03:

spon ijo memang serbaguna pak.. :big_exellent:
emang tuh baut2 kecil bikin hidup lbh semarak kl sampe dol. semarak maksudnya jd rame krn teriak2 bahasa bonbin. :big_biglaugh:

nah sama, sy juga lubang baut disemprot dulu brek kliner. utk bautnya krn sy pake magnetic tray besar, enak pak, tinggal diberdirikan (kepala dibawah) n disemprotin disitu. abis itu tembak angin kompresor dikit. lah itu krn bersih jd sy ga masukin tap tp sy tes pake baut2 itu, selama lancar berarti aman. masalah selanjutnya beda kasus, ya itu dia, kl over torque. :mky_04: atau masuk miring (tp ini jarang krn utk posisi crucial drive in baut pake tangan)

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 9:48
by gentongxz
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 6:41
gentongxz wrote: Fri Oct 07, 2022 6:28
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 5:55



Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.
kalo saya merasa gak sanggup di 12nm.. ,saya kasih locktread biru mbah..( daerah yg terkena panas lebih pakai locktread hightemp),asal baut dan lubang di tembak breakcleaner dulu..dan cuci baut..( sya demen kata ini :mky_03: ) ,yg di takutkan itu bukan kuat apa gaknya..,tapi salah satunya getaran.
CMIIW
Okeh jd 10NM dan pk locktread yaa?

Krn bbrp minggu kmrn saya ngetorsi baut roda sepeda anak 10NM
Trus saya suruh selama 2 minggu ke sekolah pk sepeda, deket, krn biasa jalan kaki.
Main sepedanya juga rada kasar tipikal anak cowo lah :big_biglaugh:
Ditandain pk spidol marker, so far belum berubah posisi loh :upss:
sepeda kalo body besi ..,di kunci pakai tangan hentak pakai tangan 2x dah kuat pak.. kalo saya yha... :big_blushing:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 9:53
by gentongxz
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 6:39
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 5:55
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24

kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
marmut wrote:
Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.
bukan mbah suhu, malu. tuh mbah marmut, dohc, yanuarra, pak gentong suhu. :frm_salut:

dimintanya 12Nm tuh. tp ingat kesalahan org itu 12Nm dalam 1 kali pass. itu totally wrong utk kasus ini. bocor atau engga ai ga tau dan ga mau nyoba. soalnya kl sampe bocor itu paking udah ga efektif. ganti maning dan kerjaan receh buang waktu krn hrs bebesih dlsb. motto nya: do it right, first time.

fyi, oil warmer housing bautnya kepala 12mm. itu mintanya 27Nm. sama sy kerjain 3x pass dr torsi kecil, naik, dan naik.
ampun mbah omni.. :frm_salut:

suhu derajat celcius kalo saya pak.. :mky_04: :big_biglaugh:

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 10:13
by Suryaputra
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 6:39
Suryaputra wrote: Fri Oct 07, 2022 5:55
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 5:24

kemarin pas ngencengin baut oil pan sy hampir dol. udah keringet dingin soalnya itu bloknya kayanya aluminum ya. ga bisa di tap ulang ya pak?
gara2nya kan spek minta 12Nm. sy udah pelan nih 3x pass. pass kesatu 5Nm (dr baut no 1 s/d 17), pass kedua 8Nm (dr baut no 1 s/d 17), nah dr situ langsung ke 12Nm (baru baut no 1) eh si tw ga nyeklek, sy udah curiga krn tetep bagaimanapun feeling hrs jalan kl terasa baut udah agak2 mau dol. akhirnya buka lagi baut no 1 itu, ulang lagi dr 5Nm, 8Nm, 10Nm (no 1 s/d 17), baru terakhir 12Nm (no 1 s/d 17). beruntung semua nyeklek, si baut no 1 ga jadi dol. :mky_01:

lesson learned nya, jangan mau cepet2 (skip urutan). trus waspada kl sampai tw ga nyeklek, jangan main hantem terus. ya kadang yg ga terduga terjadi.

oya pak, spons ijo yg buat cuci piring betul itu kepake buat bersihin paking sisa. makasih pak :big_deal: :big_grin:
*untung sy ga gatel keluarin air grinder, bisa abis tuh blok transmisi :big_biglaugh:
marmut wrote:
Mbah suhu
Klo cvtf pan diset 8 NM
Bakal bocor gak sih?

Krn a bit less pressure aja
Bedanya cuma 0,4 Kgm / 4 NM... tp mungkin pengaruh buat derat oil pan

Ntar di 80k KM jg mau ganti filter CVTF juga sih.
bukan mbah suhu, malu. tuh mbah marmut, dohc, yanuarra, pak gentong suhu. :frm_salut:

dimintanya 12Nm tuh. tp ingat kesalahan org itu 12Nm dalam 1 kali pass. itu totally wrong utk kasus ini. bocor atau engga ai ga tau dan ga mau nyoba. soalnya kl sampe bocor itu paking udah ga efektif. ganti maning dan kerjaan receh buang waktu krn hrs bebesih dlsb. motto nya: do it right, first time.

fyi, oil warmer housing bautnya kepala 12mm. itu mintanya 27Nm. sama sy kerjain 3x pass dr torsi kecil, naik, dan naik.
Hmm bertahap ya :mky_03:
Bautnya banyak wkwkwk

Re: Koleksi hand tools [Part 12]

Posted: Fri Oct 07, 2022 10:22
by DOHC
Omnibus wrote: Fri Oct 07, 2022 6:39 bukan mbah suhu, malu. tuh mbah marmut, dohc, yanuarra, pak gentong suhu. :frm_salut:

Suhu apaan, masang baut emon ke casis aj bsa slek :big_think:

Tp kl suhu klenik, maling parkiran, ini baru bener