(Quick Review) Subaru XV 2022

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by Andhyka »

Sebagai pemilik Subaru Impreza mesin 2000cc non-turbo dr tahun 2013 hampir 10 tahun, gw bisa share jika mobil ini awet tidak menyusahkan sama sekali. Konsumsi BBM tergolong irit untuk mesin segitu dalam kota bisa 1:9-10 dan luar kota 1:16-17. Sebenarnya mesin 2000cc sangat ideal tidak seboros mobil 2400-2500cc yg dalkotnya 1:7.

BBM yg disarankan di buku manual memang RON95 tapi diisi pertalite juga aman tidak mengelitik. Pengisiannya yang saya lakukan tergantung selisih harga BBM jika beda tipis (7.650 vs 9.800) ya diisi Vpower, jika beda banyak spt barusan ini (7.650 vs 18.000) ya diisi Pertalite lah + Redline FSC. Dulu awal punya malah diisi premium + Redline FSC.

Tuning mesin dan transmisi juga sangat cocok untuk pemakaian sehari2. Tenaganya kuat sekali dari awal sampai tengah RPM (1000-4500) jadi untuk nyalip tidak perlu ngotot gas high RPM. Akselerasi 0-100 juga mumpuni ditempuh 9 detikan. Sistem AWD juga bonus tambahan memberi percaya diri saat melewati hujan (dengan ban Michelin tentunya).

Handling juga tajam bisa melewati belokan dengan cepat, di mana biasanya mobil ladder frame harus rem dulu karena bahaya oleng. Surprisingly walaupun handling mantap, bantingan tetap empukkk. Dibandingkan semua mobil yang ada di garasi, ini mobil yang bantingannya #1 dan handlingnya juga #1. Aneh memang karena mobil pada umumnya handling bagus tetapi bantingan dikorbankan atau sebaliknya bantingan empuk tapi handling jelek. Oh ya suspensi juga aman dari baru sampai sekarang.

Servis mobilnya malah tidak dilakukan di beres. Servis biasa aja di shop & drive atau kenalan mekanik ganti oli mesin 0w-20 6bln, oli CVT 4thn, oli gardan 75w-90 2thn, filter udara 2thn, filter AC 2thn, coolant tiap 4thn layaknya mobil ICE Pada umumnya.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Tue Oct 18, 2022 3:38
racho wrote: Mon Oct 17, 2022 15:57
kalo soal diler cuma 2 biji sebenernya ga jadi soal. mobil baru mah harusnya gak rewel lah sampe 5 taon kedepan. dan pengalaman ane Subaru itu kaki-kakinya badak, 12 taun 100rb km bisa gak ganti apa2. bisa dibilang ini SUV beneran, nggak banci. bahkan kalopun terpaksa ganti busi... belajar dari youtube juga bisa. ternyata "cuma gitu doang". selebihnya yang lainnya sama lah kayak mobil pada umumnya.

:big_grin:
Menurut ane beres itu penting jg om bwat peace of mind customer awam. Ane rasa 99% pembeli mbl di indo ga bakalan ada yg sempet/mau/niat bwat DIY mobilnya. Yg kerajinan DIY kan palingan orang2 yg demen mobil kaya kita2 ini aja. Makanya tetep aja beres selalu penuh. Kemudian namanya mobil pasti ada aja yg defect makanya ada masa warranty. Nah masalahnya kalo beres jauh dari tempat tinggal itu bikin orang mikir 1000x bwat minang mobilnya.
Kaya ane kemarin aja sebenernya nyonya demen sama si xv ini tp ane gamau. Pertimbangannya lumayan banyak yg bikin mengurungkan niat beli. Dari masalah ga familiar sama merknya sampe riwayat mereka yg pernah minggat tiba2 dari indo yg bikin was2 sewaktu2 bisa terulang lg. Ya memang skrng beda atpm sih tp awam kan taunya yg minggat subarunya, bukan atpmnya siapa.
kalo kayak di luar mah kepaksa belajar sendiri DIY soalnya labor mechanic mahal :big_biglaugh: ada temen sampe jual skyline r32 gtst nya di aussie krn gak bisa DIY.

di sini labor mechanic murah jarang yang mau DIY kalo gak hobi.

biarpun emang enak sih kalo bisa DIY hemat banyak krn ongkos kerja bengkel jg gak murah. tp karena sebagian besar bengkel skrg ongkos juga free jd yah enak bawa ke bengkel aja gak capek warranty pula walau kalo ngeklaim hrs dibantu gebrak2 meja. :mky_03: :mky_03:

apalagi ud sibuk biasa sih cari waktu buat cuci mobil sendiri aja susah enak serahin ke bengkel cuci aja.

ya mayoritas pengguna subaru pasti hobi sih, tp gak semuanya jg punya waktu buat DIY kan. klo gak ada bengkel susah jg kecuali ada bengkel nonresmi yg sering pegang WRX STI :mky_03:

semua ya bilang kalo beli parts bisa via ebay tp kan downtime lagi nunggu barangnya datang. klo ada dealer resmi minimal ngurangin drama begituan dan kl males repot sortir mana yang ori/palsu mah inden aja d dealer pasti ori.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by kepo2601 »

Andhyka wrote: Tue Oct 18, 2022 3:55 Sebagai pemilik Subaru Impreza mesin 2000cc non-turbo dr tahun 2013 hampir 10 tahun, gw bisa share jika mobil ini awet tidak menyusahkan sama sekali. Konsumsi BBM tergolong irit untuk mesin segitu dalam kota bisa 1:9-10 dan luar kota 1:16-17. Sebenarnya mesin 2000cc sangat ideal tidak seboros mobil 2400-2500cc yg dalkotnya 1:7.

BBM yg disarankan di buku manual memang RON95 tapi diisi pertalite juga aman tidak mengelitik. Pengisiannya yang saya lakukan tergantung selisih harga BBM jika beda tipis (7.650 vs 9.800) ya diisi Vpower, jika beda banyak spt barusan ini (7.650 vs 18.000) ya diisi Pertalite lah + Redline FSC. Dulu awal punya malah diisi premium + Redline FSC.

Tuning mesin dan transmisi juga sangat cocok untuk pemakaian sehari2. Tenaganya kuat sekali dari awal sampai tengah RPM (1000-4500) jadi untuk nyalip tidak perlu ngotot gas high RPM. Akselerasi 0-100 juga mumpuni ditempuh 9 detikan. Sistem AWD juga bonus tambahan memberi percaya diri saat melewati hujan (dengan ban Michelin tentunya).

Handling juga tajam bisa melewati belokan dengan cepat, di mana biasanya mobil ladder frame harus rem dulu karena bahaya oleng. Surprisingly walaupun handling mantap, bantingan tetap empukkk. Dibandingkan semua mobil yang ada di garasi, ini mobil yang bantingannya #1 dan handlingnya juga #1. Aneh memang karena mobil pada umumnya handling bagus tetapi bantingan dikorbankan atau sebaliknya bantingan empuk tapi handling jelek. Oh ya suspensi juga aman dari baru sampai sekarang.

Servis mobilnya malah tidak dilakukan di beres. Servis biasa aja di shop & drive atau kenalan mekanik ganti oli mesin 0w-20 6bln, oli CVT 4thn, oli gardan 75w-90 2thn, filter udara 2thn, filter AC 2thn, coolant tiap 4thn layaknya mobil ICE Pada umumnya.
Wah ada user subaru yang pakai long term, awet juga ya mobilnya om
Kalau saya liat histori mobil yang dipakai sampe skrg unik juga ya subaru sama infiniti fx37 (?) itu suka duka miaranya gimana om?
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by Andhyka »

kepo2601 wrote: Tue Oct 18, 2022 4:17 Wah ada user subaru yang pakai long term, awet juga ya mobilnya om
Kalau saya liat histori mobil yang dipakai sampe skrg unik juga ya subaru sama infiniti fx37 (?) itu suka duka miaranya gimana om?
Infiniti memang ada beberapa kelemahan dan tidak seawet Subaru. Pertama bantingannya keras sekali tidak cocok untuk jalanan Indo, apalagi kalo ketemu polisi tidur. Velg ori 21" sudah ganti ke 18" dan sangat membantu kenyamanan untuk dipakai sehari2. Kedua steering lock switch stuck mobil tidak bisa starter. Ini masalah bisa muncul mobil apa saja bukan cuma Nissan/infiniti. Jika lewat garansi ya solusinya cabut fuse steering lock. Ketiga temperatur transmisi sangat tinggi jadi oli transmisi cepat rusak dan kampas cepat aus. Temp transmisi cepat naik ke 95-100 apalagi jalanan panas terik (padahal mobil lain temp cuma sekitar 70-75) Solusinya HARUS pasang ATF cooler jika tidak mau ganti oli ATF tiap tahun.

Masalahnya beres Infiniti menyebutkan transmisi-nya maintenance free tidak perlu ganti oli sama sekali. Ini SALAH BESAR karena kondisi jalan di Indonesia berbeda sekali dgn negara maju Jepang/USA. Di sini jalanan sering macet, stop-n-go, berhenti di D yg menyebabkan mobil Nissan/Infiniti kebanyakan mengalami transmisi overheat, kampas aus, oli trans hitam krn kotoran kampas + panas, TCM rusak.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ChZ »

Andhyka wrote: Tue Oct 18, 2022 4:48 Masalahnya beres Infiniti menyebutkan transmisi-nya maintenance free tidak perlu ganti oli sama sekali. Ini SALAH BESAR karena kondisi jalan di Indonesia berbeda sekali dgn negara maju Jepang/USA. Di sini jalanan sering macet, stop-n-go, berhenti di D yg menyebabkan mobil Nissan/Infiniti kebanyakan mengalami transmisi overheat, kampas aus, oli trans hitam krn kotoran kampas + panas, TCM rusak.
pdhl nissan di usa xtronic 1st gen juga sampe kena lawsuit, di sini adem2 bae tp diem diem banyak yang rusak :mky_07:

ya buku panduan servis kadang suka pukul rata sih. ntar kalo ada masalah baru di update lagi :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by sintoni »

Andhyka wrote: Tue Oct 18, 2022 4:48
Kalau untuk fast moving parts kayak filter oli, filter udara + ac masih aman aja om?

Beli dimana?
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by kepo2601 »

Andhyka wrote: Tue Oct 18, 2022 4:48
kepo2601 wrote: Tue Oct 18, 2022 4:17 Wah ada user subaru yang pakai long term, awet juga ya mobilnya om
Kalau saya liat histori mobil yang dipakai sampe skrg unik juga ya subaru sama infiniti fx37 (?) itu suka duka miaranya gimana om?
Infiniti memang ada beberapa kelemahan dan tidak seawet Subaru. Pertama bantingannya keras sekali tidak cocok untuk jalanan Indo, apalagi kalo ketemu polisi tidur. Velg ori 21" sudah ganti ke 18" dan sangat membantu kenyamanan untuk dipakai sehari2. Kedua steering lock switch stuck mobil tidak bisa starter. Ini masalah bisa muncul mobil apa saja bukan cuma Nissan/infiniti. Jika lewat garansi ya solusinya cabut fuse steering lock. Ketiga temperatur transmisi sangat tinggi jadi oli transmisi cepat rusak dan kampas cepat aus. Temp transmisi cepat naik ke 95-100 apalagi jalanan panas terik (padahal mobil lain temp cuma sekitar 70-75) Solusinya HARUS pasang ATF cooler jika tidak mau ganti oli ATF tiap tahun.

Masalahnya beres Infiniti menyebutkan transmisi-nya maintenance free tidak perlu ganti oli sama sekali. Ini SALAH BESAR karena kondisi jalan di Indonesia berbeda sekali dgn negara maju Jepang/USA. Di sini jalanan sering macet, stop-n-go, berhenti di D yg menyebabkan mobil Nissan/Infiniti kebanyakan mengalami transmisi overheat, kampas aus, oli trans hitam krn kotoran kampas + panas, TCM rusak.
Mantap dapat owning experiencenya langsung, thank you om
Tahun lalu sempet main ke sorum mobkas di kemayoran nemu fx37s dan memang sekilas tes duduk doang bagus sih mobilnya sama suara mesinnya lumayan gurih, tapi baru tau kalo dipake daily mending pake atf cooler ya kalo utk traffic indo
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by geofreyap »

Ijin mantau aja, buat sekalian belajar + baca longterm user review pemakai subaru 😁
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by Andhyka »

ChZ wrote: Tue Oct 18, 2022 8:00 pdhl nissan di usa xtronic 1st gen juga sampe kena lawsuit, di sini adem2 bae tp diem diem banyak yang rusak :mky_07:

ya buku panduan servis kadang suka pukul rata sih. ntar kalo ada masalah baru di update lagi :big_bored:
Iya betul penyakit hampir semua mobil Nissan yaitu transmisi cepat jebol. Memang pernah dengar kelebihan Nissan drpd merk lain yaitu mobil awal nyala tidak perlu nunggu panas langsung pakai, bahkan beberapa mobilnya tidak ada indikator biru. Tapi jadinya temperatur mesin & transmisi lebih panas sekitar 10-20c yg berakibat jangka panjang (karena musuh utama mobil adalah panas).

Sepertinya ada unsur kesengajaan dgn tujuan planned obsolescence karena masalah ini sudah lama tetapi kesannya tutup mata. Mekanik Nissan cerita (di luar dealer saat kerja sendiri) jika mereka menawarkan ganti oli matic tiap 2 tahun malah bisa kena SP...

Pokoknya mobil Nissan apapun itu Grand Livina, Serena, Xtrail WAJIB pasang transmission cooler dan ganti oli matic per 2 thn.
sintoni wrote: Tue Oct 18, 2022 8:42 Kalau untuk fast moving parts kayak filter oli, filter udara + ac masih aman aja om?

Beli dimana?
Jika ganti oli di shop & drive, nanti akan dicarikan filter oli yg kompatibel merk Astra.

Untuk filter udara & filter AC banyak dijual di shopee/aliexpress dikirim dari luar negeri. Asalkan tahu kode sparepart 10 digit pasti ketemu. Memang non ori tapi buatan Denso sudah sangat cukup.

Filter transmisi dan filter BBM pun ada yg jual di kedua marketplace itu.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Oct 17, 2022 4:18
kendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 3:33
Sayang ya mesin output pas2an tp minta bbm yg premium. Setuju sih mayoritas yg beli kayanya diehard fans atau yg sblmnya pernah pake subaru n berasa cocok. Waktu GIIAS kemarin bini sempet lihat dan naksir jg sama modelnya, tp ane yg gamau karena ga familiar dengan brand ini. Dan untuk harga segitu ada pilihan lain yg lebih familiar dan lebih unggul. Kalo jualannya karena AWDnya saya rasa 99% benefit AWD ga kepake kalo bwat daily mah.
AWD kl powernya gak ada macem subaru yang mesin NA sih pengalaman malah bikin understeer :mky_03: kl yang berturbo dulu STI sih enak di tikungan bejek aja gak takut melintir :mky_03:

masalahnya forester XT aja sekarang tenaganya turun banyak :mky_03:

di indo sih pake 2WD ada tcs nya udah cukup gak ada salju asal tcsnya pinter aja + ban bagus + skill drivernya. subaru lakunya di northern continent ama negara 4 musim. kecuali hobi weekend offroad ya kepake emang. tp balik lg subaru gak ada difflocknya gak bisa terlalu ekstrem klo hobi offroad sih enak bangun cherokee atau jimny 4x4 ada lockernya :big_bored:
eeeee tapi lucu lho um symmetrical awd subaru ini

awalnya doang understeer, tiba" ituh ECU sadar & mobil lgsg rotasi



emg yg onoh, 4 rings. understeer tiada henti. untung skrg mesinnya udh lebih mundur skrg :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by darrelund »

racho wrote: Mon Oct 17, 2022 15:57 jujurly untuk Subaru XV n Forester ini ane ga paham permintaan BBM-nya...

kalo di manual book jepangnya sendiri, bisa buka di https://www.subaru.jp/afterservice/tnst/xv/ itu mintanya cuma ''unleaded regular fuel" loh... dan konon RON-nya itu di Jepang sono cuma 89. yang beda paling kadar sulfurnya aja, disana meski RON 89 tapi sulfurnya udah 50ppm, gak 500ppm kayak disini. entah apa mungkin material bloknya rawan degradasi kalo pake sulfur tinggi kayak merk sebelah? soale disini cuma oktan 95+ yg sulfurnya 50ppm.

:big_grin:
sama lah kyk skyactiv X, masalahnya bukan di RON, org tuh mesin dicolok ron 88 aja masih jalan koq

di ozzies aja itu skyactiv X kena detune dari 186hp ke 177hp. itupun disana harus pake 95 yg 50ppm

mau optimal 186hp ya mesti dicolok bensin max 10ppm

makanya gak masuk dimari tuh enjin
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon Oct 24, 2022 5:20
eeeee tapi lucu lho um symmetrical awd subaru ini

awalnya doang understeer, tiba" ituh ECU sadar & mobil lgsg rotasi



emg yg onoh, 4 rings. understeer tiada henti. untung skrg mesinnya udh lebih mundur skrg :big_biglaugh:
harus dihajar power kan biar ecu ngebaca dia slip terus diff nya aktif :mky_03:

sayang sih yang bisa diatur cuma yang STI Manual pake DCCD. sisanya ya rata 50:50 pembagiannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by KielConstantine »

trebla88 wrote: Mon Oct 17, 2022 12:35 Jd banyak yg sepemikiran ya ini 2.0 aga underspec apalagi dgn ron 95
Jualan awd tapi powah nya sgitu aga gmn :big_weee:
Kasi turbo kecil aja biar kekinian,smuanya kan diturboin skrang :mky_04:

Ya moga2 subaru bisa tahan di Indonesia, tapi feeling kayanya aga madesu ya
Jeleknya juga hampir semua ATPM di indon tiap masukin lineup suatu mobil. Pasti pilihnya mesin yg paling kecil, either dari kubikasi; jumlah cylinders; tech force induction; horsepower rated.

Ud gw perhatiin kelakuan mereka begitu smua. Alesannya klasik gara2 pajak, sama konsumen kg butuh yg kenceng, maunya irit, sama alesan pamungkas mereka “mesin gede tdk cocok dengan kondisi bahan bakar indon” :big_slap:


Contoh si baling2 aja deh. Liat aja hampir smua lineup serie-3, serie-4 bahkan serie-5 pada pake 4 cyl turbo. Apalagi X1 laknat kg usah ditanya dah. Pdhl ada versi yg mantep pake inline-6 turbo. Trakhir yg ngebetein masukin serie-2 coupe ud keren2 eh malah yg type 220i . Malesin banget


Trus si om kendibocor jg sama kan, mau beli mazda 3. Engine cuman pilihan 2.0 na doank. Mazda 6 aj sampe skarang pake engine 2.5 na terus, pdhl ada yg 2.5Turbo

Toyota kg usah ditanya dah, innova diesel sampe disuntik mati tetep aj pake 2gd . Fortuner masuk 1gd 2.8 jg gegara gempuran pesaing laen yg nyaris2 200ps ditambah pajek ada revisi.

Honda?? Accord 1.5 T aja terus sampe bosen :mky_07:

Apalagi pegangan indomobil. VW Tiguan 1.4/1.5 tsi aja terus yg dijual sampe kiamat, pdhl ada Tiguan 2.0 ; Tiguan R . Blom lg yg overprice apa tuh namanya taigun apa tcross indihe market

Masih banyak lagi lah.. ya subaru jg gini, otaknya pada mikir kg perlu pake engine gede. Jadinya blunder sendiri
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Mon Oct 24, 2022 7:24
Jeleknya juga hampir semua ATPM di indon tiap masukin lineup suatu mobil. Pasti pilihnya mesin yg paling kecil, either dari kubikasi; jumlah cylinders; tech force induction; horsepower rated.

Ud gw perhatiin kelakuan mereka begitu smua. Alesannya klasik gara2 pajak, sama konsumen kg butuh yg kenceng, maunya irit, sama alesan pamungkas mereka “mesin gede tdk cocok dengan kondisi bahan bakar indon” :big_slap:


Contoh si baling2 aja deh. Liat aja hampir smua lineup serie-3, serie-4 bahkan serie-5 pada pake 4 cyl turbo. Apalagi X1 laknat kg usah ditanya dah. Pdhl ada versi yg mantep pake inline-6 turbo. Trakhir yg ngebetein masukin serie-2 coupe ud keren2 eh malah yg type 220i . Malesin banget


Trus si om kendibocor jg sama kan, mau beli mazda 3. Engine cuman pilihan 2.0 na doank. Mazda 6 aj sampe skarang pake engine 2.5 na terus, pdhl ada yg 2.5Turbo

Toyota kg usah ditanya dah, innova diesel sampe disuntik mati tetep aj pake 2gd . Fortuner masuk 1gd 2.8 jg gegara gempuran pesaing laen yg nyaris2 200ps ditambah pajek ada revisi.

Honda?? Accord 1.5 T aja terus sampe bosen :mky_07:

Apalagi pegangan indomobil. VW Tiguan 1.4/1.5 tsi aja terus yg dijual sampe kiamat, pdhl ada Tiguan 2.0 ; Tiguan R . Blom lg yg overprice apa tuh namanya taigun apa tcross indihe market

Masih banyak lagi lah.. ya subaru jg gini, otaknya pada mikir kg perlu pake engine gede. Jadinya blunder sendiri
denger omongan salesnya katanya tahun depan mesin turbo di ganti hybrid, gak yakin bener sih soalnya kalo beneran tuh turbo di mampusin maen ganti hybrid saya bilang ibarat nembak kaki sendiri, emang hybrid honda yang baru sih kenceng banget torsi ud kayak pajero 300nm agak aneh sih lsg cut mesin turbonya juga :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Mon Oct 24, 2022 7:24
Jeleknya juga hampir semua ATPM di indon tiap masukin lineup suatu mobil. Pasti pilihnya mesin yg paling kecil, either dari kubikasi; jumlah cylinders; tech force induction; horsepower rated.

Ud gw perhatiin kelakuan mereka begitu smua. Alesannya klasik gara2 pajak, sama konsumen kg butuh yg kenceng, maunya irit, sama alesan pamungkas mereka “mesin gede tdk cocok dengan kondisi bahan bakar indon” :big_slap:


Contoh si baling2 aja deh. Liat aja hampir smua lineup serie-3, serie-4 bahkan serie-5 pada pake 4 cyl turbo. Apalagi X1 laknat kg usah ditanya dah. Pdhl ada versi yg mantep pake inline-6 turbo. Trakhir yg ngebetein masukin serie-2 coupe ud keren2 eh malah yg type 220i . Malesin banget


Trus si om kendibocor jg sama kan, mau beli mazda 3. Engine cuman pilihan 2.0 na doank. Mazda 6 aj sampe skarang pake engine 2.5 na terus, pdhl ada yg 2.5Turbo

Toyota kg usah ditanya dah, innova diesel sampe disuntik mati tetep aj pake 2gd . Fortuner masuk 1gd 2.8 jg gegara gempuran pesaing laen yg nyaris2 200ps ditambah pajek ada revisi.

Honda?? Accord 1.5 T aja terus sampe bosen :mky_07:

Apalagi pegangan indomobil. VW Tiguan 1.4/1.5 tsi aja terus yg dijual sampe kiamat, pdhl ada Tiguan 2.0 ; Tiguan R . Blom lg yg overprice apa tuh namanya taigun apa tcross indihe market

Masih banyak lagi lah.. ya subaru jg gini, otaknya pada mikir kg perlu pake engine gede. Jadinya blunder sendiri
kayaknya gak spesifik indo aja bro. SE asia in general. atleast kalo jepangan sih. biasa ambil spec thailand dapetnya apa kita dapetnya sama :big_biglaugh:

si balingbalingkampret? yah terakhir 340i aja jadi limited. skrg G20 malah ga keluarin tipe 340i. cm 320i - 330i with basically the same engine (dari F30 LCI juga :big_biglaugh: ). pantesan balingbalingkampret dan jerman lain mulai banyak kehilangan penggemar. mana model tipe bawahnya makin fugly.

pdhl yang beli kan money no object hrsnya mentokin aja masukin 340i 540i. parts ga usah bingung kan uda dipake toyota :big_weee:

honda accord dapet 1.5t soalnya 2.0t kayaknya khusus pasar USA deh di sana kan gantiin V6 yang laku jg. accord di luar adanya hybrid 2.0L sedep sih liat acclnya.

civic kita dapet 1.5t sbenernya gak bobrok2 banget itu 1.5t di malaysia thailand jadi top spec di bawahnya ada yang 2.0 NA.

di malaysia sih malah banyak spec aneh kayak camry dapet 2.0 liter. kita masi dapet 2.4 - 2.5 liter.

cuma di sana mazda nya enak CX5 dapet 2.5 turbo. di sini sampe kiamat mesinnya 2.5 liter biasa yang makin lemot juga :big_weee: paling kenceng malah yang model lawas aneh banget.

subi aturan sih kalo males develop 1.8turbo yang banyak masalah itu, pake old FA20 di forester XT lama aja sih...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ExorT »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 7:37
kayaknya gak spesifik indo aja bro. SE asia in general. atleast kalo jepangan sih. biasa ambil spec thailand dapetnya apa kita dapetnya sama :big_biglaugh:

si balingbalingkampret? yah terakhir 340i aja jadi limited. skrg G20 malah ga keluarin tipe 340i. cm 320i - 330i with basically the same engine (dari F30 LCI juga :big_biglaugh: ). pantesan balingbalingkampret dan jerman lain mulai banyak kehilangan penggemar. mana model tipe bawahnya makin fugly.

pdhl yang beli kan money no object hrsnya mentokin aja masukin 340i 540i. parts ga usah bingung kan uda dipake toyota :big_weee:

honda accord dapet 1.5t soalnya 2.0t kayaknya khusus pasar USA deh di sana kan gantiin V6 yang laku jg. accord di luar adanya hybrid 2.0L sedep sih liat acclnya.

civic kita dapet 1.5t sbenernya gak bobrok2 banget itu 1.5t di malaysia thailand jadi top spec di bawahnya ada yang 2.0 NA.

di malaysia sih malah banyak spec aneh kayak camry dapet 2.0 liter. kita masi dapet 2.4 - 2.5 liter.

cuma di sana mazda nya enak CX5 dapet 2.5 turbo. di sini sampe kiamat mesinnya 2.5 liter biasa yang makin lemot juga :big_weee: paling kenceng malah yang model lawas aneh banget.

subi aturan sih kalo males develop 1.8turbo yang banyak masalah itu, pake old FA20 di forester XT lama aja sih...
Sadly di mobil listrik pun nasibnya sama. Disini juga dapatnya yang spek ''motor'' lemah. Hahaha.

Di negara2 tetangga dapat yang ioniq 5 300 hp, disini ngga. Agak aneh karena harga diluar juga ga terpaut jauh dibanding single motornya.

Padahal menarik juga kalau masuk, jadi mobil (accel) terkencang dibawah 1M. Bisa justify untuk yang cari mobil alternative dari AMG 35.

Penasaran dengan Innova Zenix dapatnya versi berapa HP (Gasoline dan hybridnya).
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Mon Oct 24, 2022 7:24
trebla88 wrote: Mon Oct 17, 2022 12:35 Jd banyak yg sepemikiran ya ini 2.0 aga underspec apalagi dgn ron 95
Jualan awd tapi powah nya sgitu aga gmn :big_weee:
Kasi turbo kecil aja biar kekinian,smuanya kan diturboin skrang :mky_04:

Ya moga2 subaru bisa tahan di Indonesia, tapi feeling kayanya aga madesu ya
Jeleknya juga hampir semua ATPM di indon tiap masukin lineup suatu mobil. Pasti pilihnya mesin yg paling kecil, either dari kubikasi; jumlah cylinders; tech force induction; horsepower rated.

Ud gw perhatiin kelakuan mereka begitu smua. Alesannya klasik gara2 pajak, sama konsumen kg butuh yg kenceng, maunya irit, sama alesan pamungkas mereka “mesin gede tdk cocok dengan kondisi bahan bakar indon” :big_slap:


Contoh si baling2 aja deh. Liat aja hampir smua lineup serie-3, serie-4 bahkan serie-5 pada pake 4 cyl turbo. Apalagi X1 laknat kg usah ditanya dah. Pdhl ada versi yg mantep pake inline-6 turbo. Trakhir yg ngebetein masukin serie-2 coupe ud keren2 eh malah yg type 220i . Malesin banget


Trus si om kendibocor jg sama kan, mau beli mazda 3. Engine cuman pilihan 2.0 na doank. Mazda 6 aj sampe skarang pake engine 2.5 na terus, pdhl ada yg 2.5Turbo

Toyota kg usah ditanya dah, innova diesel sampe disuntik mati tetep aj pake 2gd . Fortuner masuk 1gd 2.8 jg gegara gempuran pesaing laen yg nyaris2 200ps ditambah pajek ada revisi.

Honda?? Accord 1.5 T aja terus sampe bosen :mky_07:

Apalagi pegangan indomobil. VW Tiguan 1.4/1.5 tsi aja terus yg dijual sampe kiamat, pdhl ada Tiguan 2.0 ; Tiguan R . Blom lg yg overprice apa tuh namanya taigun apa tcross indihe market

Masih banyak lagi lah.. ya subaru jg gini, otaknya pada mikir kg perlu pake engine gede. Jadinya blunder sendiri
ATPM jg mikir demand um, ngapaen stok banyak barang kaga laku

market kyk kita yg suka enjin gede di indo kecil lah, enthusiast tuh ga nyetak duit um. alphard 3.5 aja kaga laku walopun sampe skrg masi ada di pricelistnya :big_biglaugh:

terus ditambah rupiah melemah dan ya prospek utk big enjin ya nyaris gada, toh average joe jg pada kaga komplen tuh dijejelin X1 mesin sumbang :big_biglaugh:

tapi.........

klo merk european (bmw, merc, audi) asal um ada duit mah bisa didatengin kokkkkk. asal ada versi RHD, bensin & ttp model normal merk tsb. tinggal melipir ke diler terdekat sahaja

mau modelan aneh macam 540i, 750i, M340i atau apalah itu jg asal jiwa raga siap nunggu & mau bayar ya pasti diladenin & didatengin mobilnya. SE Asia rata" semua merk european begitu. toh enak jg bisa custom spek sendiri, klo bosen ya tinggal goreng sendiri :big_biglaugh:

justru merk nippon nih yg susah buat spesial rikues model tertentu

cuma ya 2er yg baru ngehe sih, knp ga sekalian 230i aja. kan mesinnya sama :big_biglaugh:

baru dikasih B48 aja manuvernya ud jadi pembalap semua, apalagi dikasih B58.........
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 7:37
kayaknya gak spesifik indo aja bro. SE asia in general. atleast kalo jepangan sih. biasa ambil spec thailand dapetnya apa kita dapetnya sama :big_biglaugh:

si balingbalingkampret? yah terakhir 340i aja jadi limited. skrg G20 malah ga keluarin tipe 340i. cm 320i - 330i with basically the same engine (dari F30 LCI juga :big_biglaugh: ). pantesan balingbalingkampret dan jerman lain mulai banyak kehilangan penggemar. mana model tipe bawahnya makin fugly.

pdhl yang beli kan money no object hrsnya mentokin aja masukin 340i 540i. parts ga usah bingung kan uda dipake toyota :big_weee:
dibikin limited krn tes ombak dulu um

toh klopun ga di launch resmi, dateng ke diler tinggal siapin duit mau beli 340i/540i oe rasa pasti dijabanin :big_biglaugh:

dimari tuh apa" harus ada HYPE biar pada FOMO

makanya tuh G31 sama G21 diserbu kyk apan tau, ngomong doang 2022 limitit. eh 2023 dateng lagi batch baru :big_biglaugh:

dimari klo ud pada FOMO G21 320i 1.4M jg disikat, byar pada berasa kolektor. biem nya mah di HQ pesta gede krn gocekan marketingnya berhasil :big_biglaugh:

meanwhile, S205 C200/ 250/ 43, S213 E250/43/53 cuma jadi penghuni gudang padahal selalu masuk pricelist MB indo lho..........

dan cuma MB yg sejauh ini selalu konsisten masukin full lineup ke indo...

mobil cakep begini cuma dikacangin grgr ga HYPE :big_biglaugh:
https://www.mobil123.com/dijual/mercede ... to/7195699
User avatar
villanova_7th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
Location: Near......

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by villanova_7th »

ExorT wrote: Mon Oct 24, 2022 8:43
ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 7:37
kayaknya gak spesifik indo aja bro. SE asia in general. atleast kalo jepangan sih. biasa ambil spec thailand dapetnya apa kita dapetnya sama :big_biglaugh:

si balingbalingkampret? yah terakhir 340i aja jadi limited. skrg G20 malah ga keluarin tipe 340i. cm 320i - 330i with basically the same engine (dari F30 LCI juga :big_biglaugh: ). pantesan balingbalingkampret dan jerman lain mulai banyak kehilangan penggemar. mana model tipe bawahnya makin fugly.

pdhl yang beli kan money no object hrsnya mentokin aja masukin 340i 540i. parts ga usah bingung kan uda dipake toyota :big_weee:

honda accord dapet 1.5t soalnya 2.0t kayaknya khusus pasar USA deh di sana kan gantiin V6 yang laku jg. accord di luar adanya hybrid 2.0L sedep sih liat acclnya.

civic kita dapet 1.5t sbenernya gak bobrok2 banget itu 1.5t di malaysia thailand jadi top spec di bawahnya ada yang 2.0 NA.

di malaysia sih malah banyak spec aneh kayak camry dapet 2.0 liter. kita masi dapet 2.4 - 2.5 liter.

cuma di sana mazda nya enak CX5 dapet 2.5 turbo. di sini sampe kiamat mesinnya 2.5 liter biasa yang makin lemot juga :big_weee: paling kenceng malah yang model lawas aneh banget.

subi aturan sih kalo males develop 1.8turbo yang banyak masalah itu, pake old FA20 di forester XT lama aja sih...
Sadly di mobil listrik pun nasibnya sama. Disini juga dapatnya yang spek ''motor'' lemah. Hahaha.

Di negara2 tetangga dapat yang ioniq 5 300 hp, disini ngga. Agak aneh karena harga diluar juga ga terpaut jauh dibanding single motornya.

Padahal menarik juga kalau masuk, jadi mobil (accel) terkencang dibawah 1M. Bisa justify untuk yang cari mobil alternative dari AMG 35.

Penasaran dengan Innova Zenix dapatnya versi berapa HP (Gasoline dan hybridnya).

Sama dengan VOXY punya spec kan > 170hp sama 185hp yg hybrid
TOYOTAMAN: The One You Ought To Avoid, Man!
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by kepo2601 »

darrelund wrote: Mon Oct 24, 2022 17:01
ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 7:37
kayaknya gak spesifik indo aja bro. SE asia in general. atleast kalo jepangan sih. biasa ambil spec thailand dapetnya apa kita dapetnya sama :big_biglaugh:

si balingbalingkampret? yah terakhir 340i aja jadi limited. skrg G20 malah ga keluarin tipe 340i. cm 320i - 330i with basically the same engine (dari F30 LCI juga :big_biglaugh: ). pantesan balingbalingkampret dan jerman lain mulai banyak kehilangan penggemar. mana model tipe bawahnya makin fugly.

pdhl yang beli kan money no object hrsnya mentokin aja masukin 340i 540i. parts ga usah bingung kan uda dipake toyota :big_weee:
dibikin limited krn tes ombak dulu um

toh klopun ga di launch resmi, dateng ke diler tinggal siapin duit mau beli 340i/540i oe rasa pasti dijabanin :big_biglaugh:

dimari tuh apa" harus ada HYPE biar pada FOMO

makanya tuh G31 sama G21 diserbu kyk apan tau, ngomong doang 2022 limitit. eh 2023 dateng lagi batch baru :big_biglaugh:

dimari klo ud pada FOMO G21 320i 1.4M jg disikat, byar pada berasa kolektor. biem nya mah di HQ pesta gede krn gocekan marketingnya berhasil :big_biglaugh:

meanwhile, S205 C200/ 250/ 43, S213 E250/43/53 cuma jadi penghuni gudang padahal selalu masuk pricelist MB indo lho..........

dan cuma MB yg sejauh ini selalu konsisten masukin full lineup ke indo...

mobil cakep begini cuma dikacangin grgr ga HYPE :big_biglaugh:
https://www.mobil123.com/dijual/mercede ... to/7195699
Nah ini bener, merc konsisten masukin line up aneh tapi krn ngga di hype up jadinya konsumen kurang aware akhirnya ya jogrok juga di diler
Keinget sampe 2020 akhir ada 1 stok E500 C207 Coupe yang pfl di diler merc sunter ngga laku laku krn mungkin gaada yg tau ada barangnya, udah kurang lebih 10 tahun ngga laku, jadi bener kata om kalo embel'' limited apalagi hypenya kenceng pasti laku :mky_03:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon Oct 24, 2022 17:01 dibikin limited krn tes ombak dulu um

toh klopun ga di launch resmi, dateng ke diler tinggal siapin duit mau beli 340i/540i oe rasa pasti dijabanin :big_biglaugh:

dimari tuh apa" harus ada HYPE biar pada FOMO

makanya tuh G31 sama G21 diserbu kyk apan tau, ngomong doang 2022 limitit. eh 2023 dateng lagi batch baru :big_biglaugh:

dimari klo ud pada FOMO G21 320i 1.4M jg disikat, byar pada berasa kolektor. biem nya mah di HQ pesta gede krn gocekan marketingnya berhasil :big_biglaugh:

meanwhile, S205 C200/ 250/ 43, S213 E250/43/53 cuma jadi penghuni gudang padahal selalu masuk pricelist MB indo lho..........

dan cuma MB yg sejauh ini selalu konsisten masukin full lineup ke indo...

mobil cakep begini cuma dikacangin grgr ga HYPE :big_biglaugh:
https://www.mobil123.com/dijual/mercede ... to/7195699
nahh iya kalo jerman mau special order kyknya masih bisa ya asal kita mo bayarin aja. makanya yurop yang aneh2 tu banyak bgt padahal gak dijual pricelist,

yang jepang ironisnya malah lebih kegoreng soalnya susah kecuali jalur orang dalem minta dimasukin :big_biglaugh: coba aja minta masukin honda civic type R FK8 LE mana mau kalo gak jalur orang dalem / petinggi diler :big_biglaugh: bisa 2 miliar kali masukinnya

itu mobil2 jenasah gw masih gak paham sih sa ae digoreng. padahal mah tetep 320i. di sini di markup jauh di atas seri regulernya gegara masuk "mobil hobi" padahal mah di luar touring jg sama-sama aja ma tipe reguler.

buat enthusiast car BMW lebih berani masukin sih gw liat dan pasti lebih laku. seri M aja gak ragu masukin dan pasti laku liat di marketplace banyak bener itu M3 M4 grill babi baru padahal dulu dihujat2.

kalo MB mayoritas pembeli udah berumur kali yah. duit miliaran enak beli E atau S class biasa. AMG AMG an denger suspensi keras langsung alergi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Tue Oct 25, 2022 3:22
darrelund wrote: Mon Oct 24, 2022 17:01 dibikin limited krn tes ombak dulu um

toh klopun ga di launch resmi, dateng ke diler tinggal siapin duit mau beli 340i/540i oe rasa pasti dijabanin :big_biglaugh:

dimari tuh apa" harus ada HYPE biar pada FOMO

makanya tuh G31 sama G21 diserbu kyk apan tau, ngomong doang 2022 limitit. eh 2023 dateng lagi batch baru :big_biglaugh:

dimari klo ud pada FOMO G21 320i 1.4M jg disikat, byar pada berasa kolektor. biem nya mah di HQ pesta gede krn gocekan marketingnya berhasil :big_biglaugh:

meanwhile, S205 C200/ 250/ 43, S213 E250/43/53 cuma jadi penghuni gudang padahal selalu masuk pricelist MB indo lho..........

dan cuma MB yg sejauh ini selalu konsisten masukin full lineup ke indo...

mobil cakep begini cuma dikacangin grgr ga HYPE :big_biglaugh:
https://www.mobil123.com/dijual/mercede ... to/7195699
nahh iya kalo jerman mau special order kyknya masih bisa ya asal kita mo bayarin aja. makanya yurop yang aneh2 tu banyak bgt padahal gak dijual pricelist,

yang jepang ironisnya malah lebih kegoreng soalnya susah kecuali jalur orang dalem minta dimasukin :big_biglaugh: coba aja minta masukin honda civic type R FK8 LE mana mau kalo gak jalur orang dalem / petinggi diler :big_biglaugh: bisa 2 miliar kali masukinnya

itu mobil2 jenasah gw masih gak paham sih sa ae digoreng. padahal mah tetep 320i. di sini di markup jauh di atas seri regulernya gegara masuk "mobil hobi" padahal mah di luar touring jg sama-sama aja ma tipe reguler.

buat enthusiast car BMW lebih berani masukin sih gw liat dan pasti lebih laku. seri M aja gak ragu masukin dan pasti laku liat di marketplace banyak bener itu M3 M4 grill babi baru padahal dulu dihujat2.

kalo MB mayoritas pembeli udah berumur kali yah. duit miliaran enak beli E atau S class biasa. AMG AMG an denger suspensi keras langsung alergi.
Amg jaman W212 masih mending mbah, masih pure V8 NA yg suaranya kalo pake straight pipe macem roket mau launching, Eargasm banget. Masih lumayan ada peminatnya gara2 suaranya yg dahsyat walaupun ga sebanyak M cars. Nah makin kesini liat aja itu amg lineup resminya, malah yg dikasih trim 53, 63 SUVnya. Yg hatch sama sedan malah cuman dikasih trim 35, 45 :big_bored: gimana mau bersaing sama sih baling2 yg lineup M nya masih sedan semua. Pasti driving dynamicsnya jauh lebih enak sedan.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Quick Review) Subaru XV 2022

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Tue Oct 25, 2022 7:55
Amg jaman W212 masih mending mbah, masih pure V8 NA yg suaranya kalo pake straight pipe macem roket mau launching, Eargasm banget. Masih lumayan ada peminatnya gara2 suaranya yg dahsyat walaupun ga sebanyak M cars. Nah makin kesini liat aja itu amg lineup resminya, malah yg dikasih trim 53, 63 SUVnya. Yg hatch sama sedan malah cuman dikasih trim 35, 45 :big_bored: gimana mau bersaing sama sih baling2 yg lineup M nya masih sedan semua. Pasti driving dynamicsnya jauh lebih enak sedan.
AMG sejak ada seri 43 53 jd ga seru lg :big_bored: seri 63 juga abis ini pake 4 silinder hybrid. AMG seri 43 padahal aslinya cuma E400 ganti nama alias versi lite sebelum AMG 63 series.

si balingbaling setidaknya kalo bukan seri M tulen ga pake 1 angka, tetep nama biasa ditambah logo M aja. M135i, M235i.

dulu balingbaling terkenal track weapon, AMG terkenal tukang bakar ban karakternya masing-masing unik org ga beli AMG buat trackday tp buat suara dan raw power big V8.

sekarang AMGnya ikut ikutan mau jadi trackday weapon :big_bored: kyk kata james may efek dari semua pabrikan ikut ikutan develop di nurburgring.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7