Mazda CX9 2010 - 2013

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rhanugaulia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun May 10, 2015 15:06

Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Rhanugaulia »

Permisi Mohon izin bertanya..

Sedang mempertimbangkan meminang CX9 second 2010-2013

Topik ini saya buat karena minim sekali ada ulasan dimanapun terkait unit tersebut.
Saya sudah obark abrik seluruh media online rasanya masih buta hehe
Begitu sedikit sekali literasi untuk mobil ini.

PREMIER
Untuk ditahun sekarang yang usia mobil +- 10-12tahun, Masalah ada yang commond ditemui?
Dengan usia tersebut dan kilometer 50-100ribuan up, apa akan bermasalah kedepannya dan masih woth to buy kah?
Masalah terberat apa yang pernah dialami?
Ketika melihat unit, apa saja yang harus saya perhatikan dan waspadai?
Semisal dapat, apa saja yang harus saya ganti (sparepart dalam kondisi bagus maupun buruk)?
Bagaimana cara merawat agar mobil tersebut cukup dalam kondisi prima disetiap waktu?
Ditempat saya jarang terdapat pertamax turbo, mayoritas max di pertamax, perlukah saya menguras tangki ketika baru beli?
Untuk saat ini apakah sparepart sudah aman dan banyak ditemui?
Adakah yang pernah mogok dijalan? Karena apa?
Dan apa saja dari berbagai macam hal yang menyertai mobil tersebut yang mungkin harus saya tau, mengerti, dan fahami?

TERSIER
Setelah dapat unit, pengen ganti velg di ring 21-22 apakah aman?
Dan mau ganti headunit yang terintegrasi google apple apakah aman juga?


INFO
Unit kemungkinan besar akan jadi penghuni garasi, dipakai untuk jarak jauh saja dalam 3-4 tahun kedepan.


INFO SEKUNDER
Sebenarnya pertimbangan ada 3.
Pajero sport dakar 2011-2012
Xtrail 2015-2016
Intinya SUV 7seater, namun pertimbangan pribadi FC (mungkin) tidak terlalu jauh dan terasa signifikan, dan kebutuhan akan interior yang lapang karena akan memuat 4orang dewasa dan 3bocah aktif berikut barang bawaan yang serumah banyaknya. Jadi fokus di CX9

Sekian, mohon sekali untuk dibantu petunjuk dan sarannya.
Terima kasih banyak
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by sintoni »

Dulu ortu sempet punya tahun 2011 yang model bemper senyum itu, pake selama 1.5 tahun, tapi jarang jalan karena boros + terlalu besar untuk harian.

Anak2 SM Surabaya sempet bawa jg seinget ane.

Rasanya 1,5 tahun cuma jalan 2-3rb km kah.

Menurut ane lumayan badak kok, soalnya emang mobilnya ga terlalu canggih, mesinnya jg.

Konsumsi BBM sekitar 1:5-6 dalam kota Surabaya.

Terus kelemahan mobil ini kalau ga salah ga ada tombol lipat spion mobil, jadi kalau kita mau lipat harus pake tenaga otot.

Kalau yg lain sih mantep lah, tenaga + handling enak bingit untuk mobil seukuran itu. Kalau keempukan ya menurut ane lumayan keras sih.

Kalau soal sparepart kurang tahu.

Kalau mau upsize velg ke 21-22 ya aman aja, cuma paling nanti bantingan jadi tambah keras + kaki2 lebih sering minta jajan.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by AbdulHakim »

Go for it, om!
Bosen liat mobil itu2 aja yang dibahas di SM.
Pengen liat mobil non mainstream kayak CX9 ini, ada siy review CX9 tahun muda, silahkan om ubek-ubek di bagian review corner.
Mnrt pendapat saya, spare partnya aja yang ga segampang mobil baru dan populer dapetinnya, dan harganya tentu premium juga, tapi berhubung ini garage queen, jadi harusnya ga gitu masalah.
semoga segera dapat unit yang sehat om dan ditunggu reviewnya :big_exellent: :big_okay:
sintoni wrote: Fri Oct 21, 2022 3:12 Dulu ortu sempet punya tahun 2011 yang model bemper senyum itu, pake selama 1.5 tahun, tapi jarang jalan karena boros + terlalu besar untuk harian.
Iya, masih pake bahasa desain "Nagare" belum "Kodo" mbah, sama kyk CX7 yang udah punah
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by maydhi09 »

Halo om, saya kebetulan juga ambil cx9 2010 di tahun 2021, udah 1,5 tahun pakai, ODO naik 16rb km

soal maintenance, udah ganti
fast moving
part kaki2 , kampas rem, busi , belt , ini suprise banyak kw nya koq di online,

slowing part ini inden 1 - 2 bulan,
contoh kemarin inden seal busi (cover valve) sama gasket ,, harga 650rb untuk gasket per cylinder , seal busi 250rb per lubang

Issue nya ini serem sih , soalnya bom waktu kalau baca2 di forum luar
- transfer case (AWD system) ini banyak yg hancur, dan klo hancur bisa kena ke transmisi juga karena saling berhubungan , Prefentive nya buang aja transfer casenya , AWD nya konversi ke FWD, cuma blm nemu di indo yg udah lakuin dimana,
- water pump, water pump ini termasuk part berumur, di mobil biasa aja mungkin per 5 - 6 tahun ganti atau mulai bocor tipis, nah water pump cx9 ini lokasinya di dalem , jadi klo ada kebocoran / kerusakan water pump niscaya tidak akan melihat tanda2 air radiator bocor karena didalem mesin dan tau2 klo rusak membuat hancur daleman, karena air radiator bocor dalem campur oli dkk , kalau mau ganti buat prefentive juga harus turun mesin biar mudah (bongkar samping) , yg ngeselin sih sulit deteksinya kapan udah mulai rusak, tapi damage nya luar biasa

cuma 2 issue ini belum mengalami sih om, cuma be prepare aja ikhlas klo kejadian (dana dan mental) toh gambling nya dapet mobil murah , lega , body tebel , safety ok , tenaga kuat , dll
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by sintoni »

maydhi09 wrote: Fri Oct 21, 2022 3:37 Halo om, saya kebetulan juga ambil cx9 2010 di tahun 2021, udah 1,5 tahun pakai, ODO naik 16rb km

soal maintenance, udah ganti
fast moving
part kaki2 , kampas rem, busi , belt , ini suprise banyak kw nya koq di online,

slowing part ini inden 1 - 2 bulan,
contoh kemarin inden seal busi (cover valve) sama gasket ,, harga 650rb untuk gasket per cylinder , seal busi 250rb per lubang

Issue nya ini serem sih , soalnya bom waktu kalau baca2 di forum luar
- transfer case (AWD system) ini banyak yg hancur, dan klo hancur bisa kena ke transmisi juga karena saling berhubungan , Prefentive nya buang aja transfer casenya , AWD nya konversi ke FWD, cuma blm nemu di indo yg udah lakuin dimana,
- water pump, water pump ini termasuk part berumur, di mobil biasa aja mungkin per 5 - 6 tahun ganti atau mulai bocor tipis, nah water pump cx9 ini lokasinya di dalem , jadi klo ada kebocoran / kerusakan water pump niscaya tidak akan melihat tanda2 air radiator bocor karena didalem mesin dan tau2 klo rusak membuat hancur daleman, karena air radiator bocor dalem campur oli dkk , kalau mau ganti buat prefentive juga harus turun mesin biar mudah (bongkar samping) , yg ngeselin sih sulit deteksinya kapan udah mulai rusak, tapi damage nya luar biasa

cuma 2 issue ini belum mengalami sih om, cuma be prepare aja ikhlas klo kejadian (dana dan mental) toh gambling nya dapet mobil murah , lega , body tebel , safety ok , tenaga kuat , dll
Bener ya om? Belum ada tombol lipat spion kan?
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by maydhi09 »

sintoni wrote: Fri Oct 21, 2022 3:47
maydhi09 wrote: Fri Oct 21, 2022 3:37 Halo om, saya kebetulan juga ambil cx9 2010 di tahun 2021, udah 1,5 tahun pakai, ODO naik 16rb km

soal maintenance, udah ganti
fast moving
part kaki2 , kampas rem, busi , belt , ini suprise banyak kw nya koq di online,

slowing part ini inden 1 - 2 bulan,
contoh kemarin inden seal busi (cover valve) sama gasket ,, harga 650rb untuk gasket per cylinder , seal busi 250rb per lubang

Issue nya ini serem sih , soalnya bom waktu kalau baca2 di forum luar
- transfer case (AWD system) ini banyak yg hancur, dan klo hancur bisa kena ke transmisi juga karena saling berhubungan , Prefentive nya buang aja transfer casenya , AWD nya konversi ke FWD, cuma blm nemu di indo yg udah lakuin dimana,
- water pump, water pump ini termasuk part berumur, di mobil biasa aja mungkin per 5 - 6 tahun ganti atau mulai bocor tipis, nah water pump cx9 ini lokasinya di dalem , jadi klo ada kebocoran / kerusakan water pump niscaya tidak akan melihat tanda2 air radiator bocor karena didalem mesin dan tau2 klo rusak membuat hancur daleman, karena air radiator bocor dalem campur oli dkk , kalau mau ganti buat prefentive juga harus turun mesin biar mudah (bongkar samping) , yg ngeselin sih sulit deteksinya kapan udah mulai rusak, tapi damage nya luar biasa

cuma 2 issue ini belum mengalami sih om, cuma be prepare aja ikhlas klo kejadian (dana dan mental) toh gambling nya dapet mobil murah , lega , body tebel , safety ok , tenaga kuat , dll
Bener ya om? Belum ada tombol lipat spion kan?
Bener om, pakai 💪, haha,
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Pboyz97 »

Rhanugaulia wrote: Fri Oct 21, 2022 2:59 Permisi Mohon izin bertanya..

Sedang mempertimbangkan meminang CX9 second 2010-2013

Topik ini saya buat karena minim sekali ada ulasan dimanapun terkait unit tersebut.
Saya sudah obark abrik seluruh media online rasanya masih buta hehe
Begitu sedikit sekali literasi untuk mobil ini.

PREMIER
Untuk ditahun sekarang yang usia mobil +- 10-12tahun, Masalah ada yang commond ditemui?
Dengan usia tersebut dan kilometer 50-100ribuan up, apa akan bermasalah kedepannya dan masih woth to buy kah?
Masalah terberat apa yang pernah dialami?
Ketika melihat unit, apa saja yang harus saya perhatikan dan waspadai?
Semisal dapat, apa saja yang harus saya ganti (sparepart dalam kondisi bagus maupun buruk)?
Bagaimana cara merawat agar mobil tersebut cukup dalam kondisi prima disetiap waktu?
Ditempat saya jarang terdapat pertamax turbo, mayoritas max di pertamax, perlukah saya menguras tangki ketika baru beli?
Untuk saat ini apakah sparepart sudah aman dan banyak ditemui?
Adakah yang pernah mogok dijalan? Karena apa?
Dan apa saja dari berbagai macam hal yang menyertai mobil tersebut yang mungkin harus saya tau, mengerti, dan fahami?

TERSIER
Setelah dapat unit, pengen ganti velg di ring 21-22 apakah aman?
Dan mau ganti headunit yang terintegrasi google apple apakah aman juga?


INFO
Unit kemungkinan besar akan jadi penghuni garasi, dipakai untuk jarak jauh saja dalam 3-4 tahun kedepan.


INFO SEKUNDER
Sebenarnya pertimbangan ada 3.
Pajero sport dakar 2011-2012
Xtrail 2015-2016
Intinya SUV 7seater, namun pertimbangan pribadi FC (mungkin) tidak terlalu jauh dan terasa signifikan, dan kebutuhan akan interior yang lapang karena akan memuat 4orang dewasa dan 3bocah aktif berikut barang bawaan yang serumah banyaknya. Jadi fokus di CX9

Sekian, mohon sekali untuk dibantu petunjuk dan sarannya.
Terima kasih banyak
Saya bantu jawab ya
PREMIER
Untuk ditahun sekarang yang usia mobil +- 10-12tahun, Masalah ada yang commond ditemui?
kaki2, rack steering, mounting, elektrikal
Dengan usia tersebut dan kilometer 50-100ribuan up, apa akan bermasalah kedepannya dan masih woth to buy kah?
asal service recordnya jelas dan teratur, masih worth it. yg penting kalo mau aman abis beli langsung kuras oli / servis rutin. atau at least jangan segan2 buat test drive, gcu ke beres sblm beli atau bawa scanner or inspektor pas cek unit
Masalah terberat apa yang pernah dialami?
kaki2, rack steering, mounting, elektrikal
Ketika melihat unit, apa saja yang harus saya perhatikan dan waspadai?
ya seperti cek mobil bekas pada umumnya aja. cek apakah ada bekas banjir/ tabrak, terus wiring jg harus dicek, masih bagus dan ori atau udh bekas akal2an or jumper2an, km juga pastikan keasliannya, minimal kalo km masih dibawah 80 rb jok kulitnya harusnya masih bagus dan gaboleh sobek or kempot terutama dibagian driver , sm setirnya juga harusnya masih kulit jeruk, blm botak, aus or retriman (service record wajib lengkap) sm mengingat mobil ini pada jamannya adalah mobil premium, jangan lupa bawa scanner, karena elektrikalnya cukup banyak buat ukuran mobil jepang menurut saya
Semisal dapat, apa saja yang harus saya ganti (sparepart dalam kondisi bagus maupun buruk)?
servis rutin , ganti oli mesin maupun kuras oli maticnya
Bagaimana cara merawat agar mobil tersebut cukup dalam kondisi prima disetiap waktu?
bensin wajib pertamax minimal, service kalo bisa rutin dan jangan sampe telat, ganti oli matic harus teratur dan rutin, pasti bakal prima kok. dulu saya pernah miara adenya yg tahun 2013 juga - 2019 di odo 152 rb pas dijual gaada masalah yg aneh2. dan yg gen 2 dari 2018-2021 dijual pas odo 43 rb jg gaada masalah yg aneh2. masih aman2 aja, yg 2013 cuma ganti mounting sm shock kiri kanan depan belakang sm yg gen 2 jg cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya aman2 aja
Ditempat saya jarang terdapat pertamax turbo, mayoritas max di pertamax, perlukah saya menguras tangki ketika baru beli?
tidak perlu, yg penting pas test drive coba rasakan apakah ada bunyi seperti mesin kasar, ngelitik, sm di bagian tutup oli apakah ada keraknya? kalo indikasi tersebut salah 1 aja ada di mobil inceran om, mending tinggalin aja cari unit lain karena ada potensi harus bongkar separo mesin or worse casenya turun mesin full
Untuk saat ini apakah sparepart sudah aman dan banyak ditemui?
tergantung domisili om dimana. kalo om tinggal di jabodetabek, aman2 aja, dulu pengalaman saya miara mazda selama 8 tahun dari 2013-2021 aman2 aja partnya, beresnya jg masih banyak yg bisa handle. kalo di daerah saya kurang tau, yg penting kalo om tinggal di luar jabodetabek coba explore ke komunitasnya or cari beres or spesialis yg emg bisa dipercaya buat handle mazda di daerah tempat tinggal om
Adakah yang pernah mogok dijalan? Karena apa?
sepengalaman saya miara mazda cx5 2 generasi dari 2013 - 2021, gapernah mogok dijalan. paling kalo mogok gajauh2 dari matic nyangkut or overheat setau saya
Dan apa saja dari berbagai macam hal yang menyertai mobil tersebut yang mungkin harus saya tau, mengerti, dan fahami?
bengkel resmi dan spesialisnya kalo om tinggal diluar jabodetabek, elektrikalnya, konsumsi bbmnya yg cukup boros

TERSIER
Setelah dapat unit, pengen ganti velg di ring 21-22 apakah aman?
aman
Dan mau ganti headunit yang terintegrasi google apple apakah aman juga?
harusnya aman, yg 2010-2013 setau saya blm sky kan. cuma saya agak lupa HU nya masih pake indash integrated atau udh ganti HU aftermarket. kalo HU bawaannya udh aftermarket, harusnya aman

tapi kalo saya pribadi, kalo om masih concern sm aftersales dan parts, dan om tinggal di luar jabodetabek saya vote dakar. udh paling bener kalo nyari parts murah dan durability + bengkel ada dimana2 hehehe. cuma ya minusnya paling gak nyaman dibanding kandidat lainnya. tapi kalo om udh khatam mengenai beres. spesialis, aftersalesnya kalau om tinggal diluar jabodetabek, go for cx9 or xtrail . jauh lebih nyaman dibanding dakar terutama row 2 nya menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
blacksaphire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by blacksaphire »

Saya pake yg 2012, udah model facelift yg udah bumper senyum n spion beda dari yg awal, tapi bukan facelift terakhir yg ganti grille. Udah setahunan pake n akhirnya memutuskan ambil cx9 setelah lama mempertimbangkan cx9 vs dodge journey. Enak mobil ini dibawa cruising maupun selap selip, stabil tapi di satu sisi lincah n fun, ga berasa bawa mobil besar dgn panjang lbh dari 5 meter. Bawa anak pada nyaman naik ini. Perawatan sejauh ini masih baik2 aja, slow moving blm ganti2 soalnya, udah diberesin ama pemilik sebelumnya. Yg berasa itu borosnya, saya yg sebelumnya pake captiva bensin aja berasa pindah ke cx9 nambah boros secara literan bensinnya, asumsi dgn pemakaian rute kombinasi selama ini konsumsinya cuman bisa 1:5, ga ada mid jg buat tau brp, pake kira2 aja. Sama agak2 nyesel sih sebenernya ambil cx9, soalnya secara design suka journey, tiap papasan di jalan selalu ada perasaan kno waktu itu ga ambil journey ya... Cuman ya alasan ambil cx9 karena lebih suka design interior, lebih suka ride quality (setelah test drive, journey ga bisa dibilang mobi yg fun to drive sih), brand jepang dgn asumsi perawatan lebiih mudah (walaupun setelah ambil cx9 nemu bengkel spesialis jeep, chrysler, dodge ga jauh dari rumah), dan petimbangan terakhir itu adalah harga saat barunya dulu (mungkin ga penting buat sebagian orang, tapi buat saya ngerasain punya mobil yg dulunya mahal ada kebahagian tersendiri walaupun belinya udah saat harganya murah) .... Jadi curcol
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by farizfsa »

Harga sekennya sih menarik ya untuk apa yg di dapetin tp 3700cc jgn harap irit aja

Untuk velg, perlu di perhatiin karena ini mobil awd, jadi lebar velg lebih baik harus rata ga bisa belang depan belakang, begitupun ukuran ban ga bisa beda. Kalo beda bisa merusak transfercase. Cari velg r22 lebar 9.5 aja biar cari ban nya gampang dan murah. Ban r21 ga ada yang murah.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by pradit_d »

Bungkus om, ini mobil udah 1/4 harga barunya. Dulu 800jt an klo ga salah. Pernah nyetir lama tapi blm pernah ngerawat. Jadi cuman bisa komen dari rasa berkendaranya aja, yg jelas enak banget n ga bikin cepet capek. Lupakan aja pajero sport ama xtrail yg om masukin buat jadi alternatif. Pajero sport jauh banget lebih ga enak, sementara xtrail bukan bener2 7 seater n tenaganya ga seagresif cx7. Susah cari alternatif yg bisa ngimbangin di rentang harga yg sama
:big_peace:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by KielConstantine »

pradit_d wrote: Sat Oct 22, 2022 2:20 Bungkus om, ini mobil udah 1/4 harga barunya. Dulu 800jt an klo ga salah. Pernah nyetir lama tapi blm pernah ngerawat. Jadi cuman bisa komen dari rasa berkendaranya aja, yg jelas enak banget n ga bikin cepet capek. Lupakan aja pajero sport ama xtrail yg om masukin buat jadi alternatif. Pajero sport jauh banget lebih ga enak, sementara xtrail bukan bener2 7 seater n tenaganya ga seagresif cx7. Susah cari alternatif yg bisa ngimbangin di rentang harga yg sama
Kayanya yg bisa ngimbangin / lebihin CX-9 taon 2010an, ya Lexus RX350 AWD (pre facelift). Tapi harga barunya pas jaman itu udh jomplang banget jg seh, harga sekenannya as per 2022 juga lumayan ada gap walaupun kg trlalu gede jg..
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Rhanugaulia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun May 10, 2015 15:06

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Rhanugaulia »

sintoni wrote: Fri Oct 21, 2022 3:12 Dulu ortu sempet punya tahun 2011 yang model bemper senyum itu, pake selama 1.5 tahun, tapi jarang jalan karena boros + terlalu besar untuk harian.

Anak2 SM Surabaya sempet bawa jg seinget ane.

Rasanya 1,5 tahun cuma jalan 2-3rb km kah.

Menurut ane lumayan badak kok, soalnya emang mobilnya ga terlalu canggih, mesinnya jg.

Konsumsi BBM sekitar 1:5-6 dalam kota Surabaya.

Terus kelemahan mobil ini kalau ga salah ga ada tombol lipat spion mobil, jadi kalau kita mau lipat harus pake tenaga otot.

Kalau yg lain sih mantep lah, tenaga + handling enak bingit untuk mobil seukuran itu. Kalau keempukan ya menurut ane lumayan keras sih.

Kalau soal sparepart kurang tahu.

Kalau mau upsize velg ke 21-22 ya aman aja, cuma paling nanti bantingan jadi tambah keras + kaki2 lebih sering minta jajan.
Untuk Seni lipat melipat sih bukan masalah buat saya, otot jarang dipake jadi lumayan buat olahraga hehe
Waktu baru beli, sempet dinaikin full capasity ndak? Pendapat keluarga maupun semua yang pernah ikut naik gimana?

AbdulHakim wrote: Fri Oct 21, 2022 3:17 Go for it, om!
Bosen liat mobil itu2 aja yang dibahas di SM.
Pengen liat mobil non mainstream kayak CX9 ini, ada siy review CX9 tahun muda, silahkan om ubek-ubek di bagian review corner.
Mnrt pendapat saya, spare partnya aja yang ga segampang mobil baru dan populer dapetinnya, dan harganya tentu premium juga, tapi berhubung ini garage queen, jadi harusnya ga gitu masalah.
semoga segera dapat unit yang sehat om dan ditunggu reviewnya :big_exellent: :big_okay:

[quote=sintoni post_id=<a href="tel:1244617">1244617</a> time=<a href="tel:1666321948">1666321948</a> user_id=35057]
Dulu ortu sempet punya tahun 2011 yang model bemper senyum itu, pake selama 1.5 tahun, tapi jarang jalan karena boros + terlalu besar untuk harian.
Iya, masih pake bahasa desain "Nagare" belum "Kodo" mbah, sama kyk CX7 yang udah punah
Iya saya juga sudah baca yang review CX9 baru, cukup lamayan sangat banyak kalo review yang baru.. yang lama kyk seIndonesia ini cuman seRT yang pake deh, dikit banget literasi yang bisa dicari..

Aamiinn semoga, sejauh saya memandang rata-rata diangka 100km dan dominan minus pajak off dan lucunya itu pajaknya bisa beda-beda, ada yang tulis 7jt ada yang 5jt bahkan ada yang tulis 9jt.
Rencana mau langsung saya mutasi atas nama sendiri sih..

maydhi09 wrote: Fri Oct 21, 2022 3:37 Halo om, saya kebetulan juga ambil cx9 2010 di tahun 2021, udah 1,5 tahun pakai, ODO naik 16rb km

soal maintenance, udah ganti
fast moving
part kaki2 , kampas rem, busi , belt , ini suprise banyak kw nya koq di online,

slowing part ini inden 1 - 2 bulan,
contoh kemarin inden seal busi (cover valve) sama gasket ,, harga 650rb untuk gasket per cylinder , seal busi 250rb per lubang

Issue nya ini serem sih , soalnya bom waktu kalau baca2 di forum luar
- transfer case (AWD system) ini banyak yg hancur, dan klo hancur bisa kena ke transmisi juga karena saling berhubungan , Prefentive nya buang aja transfer casenya , AWD nya konversi ke FWD, cuma blm nemu di indo yg udah lakuin dimana,
- water pump, water pump ini termasuk part berumur, di mobil biasa aja mungkin per 5 - 6 tahun ganti atau mulai bocor tipis, nah water pump cx9 ini lokasinya di dalem , jadi klo ada kebocoran / kerusakan water pump niscaya tidak akan melihat tanda2 air radiator bocor karena didalem mesin dan tau2 klo rusak membuat hancur daleman, karena air radiator bocor dalem campur oli dkk , kalau mau ganti buat prefentive juga harus turun mesin biar mudah (bongkar samping) , yg ngeselin sih sulit deteksinya kapan udah mulai rusak, tapi damage nya luar biasa

cuma 2 issue ini belum mengalami sih om, cuma be prepare aja ikhlas klo kejadian (dana dan mental) toh gambling nya dapet mobil murah , lega , body tebel , safety ok , tenaga kuat , dll
Pendapat keluarga kerabat temen gimana om pas naik cx9nya? Kalo dibawa ke tongkrongan temen-temen pada gimana liat eksteriornya?
Ini soalnya saya tinggal di kota yang jauh dari peradaban, di ibukota provinsi sayapun gapernah sekalipun saya lihat dijalan.
Sejauh ini, saya benar-benar liat hanya 2x di showroom mobkas.
Secara data lebih besar dari pajero sport tapi waktu liat mata seakan tidak melihat mobil itu berukuran besar sama sekali haha
.
Pake sparepart kw gpp mobilnya?
Btw kenapa ganti gasket dan seal busi? Ada terasa trouble apa waktu itu?
Terkait issue semoga ga kejadian deh..
Dulu saya sempat turun mesin accord abisnya 60jtan dan itu gatau apa-apa saya, pasrah aja sama bengkelnya dan ternyata makin rusak dan banyak kendala aja mobilnya haha
Jangan sampe kejadian deh itu hehe

Pboyz97 wrote: Fri Oct 21, 2022 18:47 Saya bantu jawab ya
PREMIER
Untuk ditahun sekarang yang usia mobil +- 10-12tahun, Masalah ada yang commond ditemui?
kaki2, rack steering, mounting, elektrikal
Dengan usia tersebut dan kilometer 50-100ribuan up, apa akan bermasalah kedepannya dan masih woth to buy kah?
asal service recordnya jelas dan teratur, masih worth it. yg penting kalo mau aman abis beli langsung kuras oli / servis rutin. atau at least jangan segan2 buat test drive, gcu ke beres sblm beli atau bawa scanner or inspektor pas cek unit
Masalah terberat apa yang pernah dialami?
kaki2, rack steering, mounting, elektrikal
Ketika melihat unit, apa saja yang harus saya perhatikan dan waspadai?
ya seperti cek mobil bekas pada umumnya aja. cek apakah ada bekas banjir/ tabrak, terus wiring jg harus dicek, masih bagus dan ori atau udh bekas akal2an or jumper2an, km juga pastikan keasliannya, minimal kalo km masih dibawah 80 rb jok kulitnya harusnya masih bagus dan gaboleh sobek or kempot terutama dibagian driver , sm setirnya juga harusnya masih kulit jeruk, blm botak, aus or retriman (service record wajib lengkap) sm mengingat mobil ini pada jamannya adalah mobil premium, jangan lupa bawa scanner, karena elektrikalnya cukup banyak buat ukuran mobil jepang menurut saya
Semisal dapat, apa saja yang harus saya ganti (sparepart dalam kondisi bagus maupun buruk)?
servis rutin , ganti oli mesin maupun kuras oli maticnya
Bagaimana cara merawat agar mobil tersebut cukup dalam kondisi prima disetiap waktu?
bensin wajib pertamax minimal, service kalo bisa rutin dan jangan sampe telat, ganti oli matic harus teratur dan rutin, pasti bakal prima kok. dulu saya pernah miara adenya yg tahun 2013 juga - 2019 di odo 152 rb pas dijual gaada masalah yg aneh2. dan yg gen 2 dari 2018-2021 dijual pas odo 43 rb jg gaada masalah yg aneh2. masih aman2 aja, yg 2013 cuma ganti mounting sm shock kiri kanan depan belakang sm yg gen 2 jg cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya aman2 aja
Ditempat saya jarang terdapat pertamax turbo, mayoritas max di pertamax, perlukah saya menguras tangki ketika baru beli?
tidak perlu, yg penting pas test drive coba rasakan apakah ada bunyi seperti mesin kasar, ngelitik, sm di bagian tutup oli apakah ada keraknya? kalo indikasi tersebut salah 1 aja ada di mobil inceran om, mending tinggalin aja cari unit lain karena ada potensi harus bongkar separo mesin or worse casenya turun mesin full
Untuk saat ini apakah sparepart sudah aman dan banyak ditemui?
tergantung domisili om dimana. kalo om tinggal di jabodetabek, aman2 aja, dulu pengalaman saya miara mazda selama 8 tahun dari 2013-2021 aman2 aja partnya, beresnya jg masih banyak yg bisa handle. kalo di daerah saya kurang tau, yg penting kalo om tinggal di luar jabodetabek coba explore ke komunitasnya or cari beres or spesialis yg emg bisa dipercaya buat handle mazda di daerah tempat tinggal om
Adakah yang pernah mogok dijalan? Karena apa?
sepengalaman saya miara mazda cx5 2 generasi dari 2013 - 2021, gapernah mogok dijalan. paling kalo mogok gajauh2 dari matic nyangkut or overheat setau saya
Dan apa saja dari berbagai macam hal yang menyertai mobil tersebut yang mungkin harus saya tau, mengerti, dan fahami?
bengkel resmi dan spesialisnya kalo om tinggal diluar jabodetabek, elektrikalnya, konsumsi bbmnya yg cukup boros

TERSIER
Setelah dapat unit, pengen ganti velg di ring 21-22 apakah aman?
aman
Dan mau ganti headunit yang terintegrasi google apple apakah aman juga?
harusnya aman, yg 2010-2013 setau saya blm sky kan. cuma saya agak lupa HU nya masih pake indash integrated atau udh ganti HU aftermarket. kalo HU bawaannya udh aftermarket, harusnya aman

tapi kalo saya pribadi, kalo om masih concern sm aftersales dan parts, dan om tinggal di luar jabodetabek saya vote dakar. udh paling bener kalo nyari parts murah dan durability + bengkel ada dimana2 hehehe. cuma ya minusnya paling gak nyaman dibanding kandidat lainnya. tapi kalo om udh khatam mengenai beres. spesialis, aftersalesnya kalau om tinggal diluar jabodetabek, go for cx9 or xtrail . jauh lebih nyaman dibanding dakar terutama row 2 nya menurut saya
“kaki2, rack steering, mounting, elektrikal“ ini biaya berapa pak?
“ bawa scanner or inspektor pas cek unit” sepertinya ini yang sulit hehe
Kemungkinan saya akan lihat unit yang ada di surabaya dan semarang, ada kenalan montir yang bisa diboyong ke lokasi om?
“ servis rutin , ganti oli mesin maupun kuras oli maticnya” ini estimasi biayanya berapa juga pak? hehehe
Nah domisili ini yang cukup membuat rumit, meskipun skrg orang ditempat saya uda brani piara mazda,kia,hyundai,nissan. (Pak Haji ditempat saya sudah ga dominan innova, uda brani ambil grandsedona hahaha) Tapi tetep aja merk-merk itu mobil baru, mobil lamanya yang seliweran tetep yang generik umum.
Jadi semisal mau rawat tetep kudu ke surabaya yang jarak tempuhnya 3-4jaman saat ini (sebenernya deket cuma 100an kilo sekitar 2jam, tapi lagi banyak perbaikan jalan)
Karena itu semisal dapat mau saya general check up dan ganti semua part yang perlu biar selamat tinggal diantah berantah ini hehe

blacksaphire wrote: Fri Oct 21, 2022 23:37 Saya pake yg 2012, udah model facelift yg udah bumper senyum n spion beda dari yg awal, tapi bukan facelift terakhir yg ganti grille. Udah setahunan pake n akhirnya memutuskan ambil cx9 setelah lama mempertimbangkan cx9 vs dodge journey. Enak mobil ini dibawa cruising maupun selap selip, stabil tapi di satu sisi lincah n fun, ga berasa bawa mobil besar dgn panjang lbh dari 5 meter. Bawa anak pada nyaman naik ini. Perawatan sejauh ini masih baik2 aja, slow moving blm ganti2 soalnya, udah diberesin ama pemilik sebelumnya. Yg berasa itu borosnya, saya yg sebelumnya pake captiva bensin aja berasa pindah ke cx9 nambah boros secara literan bensinnya, asumsi dgn pemakaian rute kombinasi selama ini konsumsinya cuman bisa 1:5, ga ada mid jg buat tau brp, pake kira2 aja. Sama agak2 nyesel sih sebenernya ambil cx9, soalnya secara design suka journey, tiap papasan di jalan selalu ada perasaan kno waktu itu ga ambil journey ya... Cuman ya alasan ambil cx9 karena lebih suka design interior, lebih suka ride quality (setelah test drive, journey ga bisa dibilang mobi yg fun to drive sih), brand jepang dgn asumsi perawatan lebiih mudah (walaupun setelah ambil cx9 nemu bengkel spesialis jeep, chrysler, dodge ga jauh dari rumah), dan petimbangan terakhir itu adalah harga saat barunya dulu (mungkin ga penting buat sebagian orang, tapi buat saya ngerasain punya mobil yg dulunya mahal ada kebahagian tersendiri walaupun belinya udah saat harganya murah) .... Jadi curcol
Nah itu om “dulu harga barunya mahal” hahahaha
Dipersepsi saya mobil itu harga sebenarnya adalah harga secondhandnya..
Apalagi harga yang uda mentog diposisi terbawanya..
Entah kenapa saya terpatri asumsi kalo mobil baru itu tertipu korporat hahaha
Ya meskipun tetep beli juga sih, april lalu saya ambil xpander baru, dan kenyataan kebetulan membenarnya ekspektasi saya, juni powersteeringnya mati total, tapi sudah diganti baru dibulan juli. Jadi ya semi bener sih menurut saya kalo beli baru itu ga maintenance free juga, namanya hidup, pasti ada aja lah hahaha
.
Sebetulnya mau ambil mitsubishi sekalian (pajero sport) biar aman sentosa untuk posisi saya yang tinggal jauh dari mana-mana.. cuman kok umum sekali dan (harga barunya dulu jauh dibawah cx9 hahaha)
Terus terang saya sampe detik ini baru lihat 2x cx9 om.. secara dimensi betul lebih besar dari pajero sport? Pernah parkir sebelahan?
Karna ini salah satu pertimbangan utama saya, mobil besar dengan cabin luas dan lapang.
Anak saya 3 kecil semua. Repot sekali perjalanan jauh pake mobil kecil.

farizfsa wrote: Sat Oct 22, 2022 1:17 Harga sekennya sih menarik ya untuk apa yg di dapetin tp 3700cc jgn harap irit aja

Untuk velg, perlu di perhatiin karena ini mobil awd, jadi lebar velg lebih baik harus rata ga bisa belang depan belakang, begitupun ukuran ban ga bisa beda. Kalo beda bisa merusak transfercase. Cari velg r22 lebar 9.5 aja biar cari ban nya gampang dan murah. Ban r21 ga ada yang murah.
R22 bannya justru lebih murah dari r21? Wah menarik sekali ini..
Selama ini saya ndak pernah sekalipun ganti velg, banpun uda botak juga masih saat pertahanin sampe bener-bener gundul haha
Entah kenapa mainset saya buruk sekali tentang ban, seperti tidak penting sekali untuk diperhatikan dalam benak saya haha
Tapi untuk kali ini mau coba ganti velg dan beli ban bagus, karena sepertinya cx9 ini keren sekali kalo ganti velg dan karna mobilnya besar, dibayangan saya akan nyaman kalo bannya lebar haha
pradit_d wrote: Sat Oct 22, 2022 2:20 Bungkus om, ini mobil udah 1/4 harga barunya. Dulu 800jt an klo ga salah. Pernah nyetir lama tapi blm pernah ngerawat. Jadi cuman bisa komen dari rasa berkendaranya aja, yg jelas enak banget n ga bikin cepet capek. Lupakan aja pajero sport ama xtrail yg om masukin buat jadi alternatif. Pajero sport jauh banget lebih ga enak, sementara xtrail bukan bener2 7 seater n tenaganya ga seagresif cx7. Susah cari alternatif yg bisa ngimbangin di rentang harga yg sama
Yup, direntang harga ini sulit cari alternatif yang lebih baik, hanya minus di FU aja kyknya ini cx9 haha
Sebenernya masalah juga sih, cuman karna mobil akan jarang sekali dipakai, hanya untuk perjalanan jauh saja ya gpp deh hahaha
.
Xtrail itu sangat menarik, tapi seperti masih agak sempit untuk kebutuhan saya.
KielConstantine wrote: Sat Oct 22, 2022 4:18 Kayanya yg bisa ngimbangin / lebihin CX-9 taon 2010an, ya Lexus RX350 AWD (pre facelift). Tapi harga barunya pas jaman itu udh jomplang banget jg seh, harga sekenannya as per 2022 juga lumayan ada gap walaupun kg trlalu gede jg..
Keren itu om.. cuma seatnya kurang buat saya.. saya perlu 7 dia cuma 5. Uda itu aja kurangnya.
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by dany_pos »

Om yakin ga masalah dengan ukuran mobil ini? Panjangnya lebih dari 5 meter, trus lebar banget juga. Pajero sport n fortuner ga ada apa2nya dibanding ukuran ukuran cx-9, mreka cuman besar secara visual karena tinggi n cingkrang. Btw klo agak worry ama servis n perawatan mazda, coba lirik2 real pajero (bukan sport), sekarang 300an kecil udah dapet tuh, cuman alternatif aja. Tapi beneran sih mobil ini berasa banget mewah walau banyak fitur2 standar sejamannya yg absen kyk mid, auto retract. Ane jg ga sreg ama opsi xtrail klo mau cari 7 seater. Itu baris 3 sempit, nissan aja dulu nyebutnya 5+2 seater. Pajero sport juga coret aja. Di harga yang sama sih bisa lirik duo korea santa fe n sorento juga, tapi rasanya ya ga se wah cx-9
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3405
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by kendibocor »

Dari pertama om TS bwat thread, uda bisa prediksi pasti concern utama di FCnya. Sepupu dlu pernah pake CX7 jg sama keluhannya FC ga kira2 :big_slap:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Pboyz97 »

Rhanugaulia wrote: Sat Oct 22, 2022 4:30

“kaki2, rack steering, mounting, elektrikal“ ini biaya berapa pak?
“ bawa scanner or inspektor pas cek unit” sepertinya ini yang sulit hehe
Kemungkinan saya akan lihat unit yang ada di surabaya dan semarang, ada kenalan montir yang bisa diboyong ke lokasi om?
“ servis rutin , ganti oli mesin maupun kuras oli maticnya” ini estimasi biayanya berapa juga pak? hehehe
Nah domisili ini yang cukup membuat rumit, meskipun skrg orang ditempat saya uda brani piara mazda,kia,hyundai,nissan. (Pak Haji ditempat saya sudah ga dominan innova, uda brani ambil grandsedona hahaha) Tapi tetep aja merk-merk itu mobil baru, mobil lamanya yang seliweran tetep yang generik umum.
Jadi semisal mau rawat tetep kudu ke surabaya yang jarak tempuhnya 3-4jaman saat ini (sebenernya deket cuma 100an kilo sekitar 2jam, tapi lagi banyak perbaikan jalan)
Karena itu semisal dapat mau saya general check up dan ganti semua part yang perlu biar selamat tinggal diantah berantah ini hehe


kaki2 ,rack steering mounting ya biaya sekitaran 3-4 jtan kalo di cx5 saya dulu dan di beres. kalo elektrikal ya lumayan ya, apalagi cx9 kelasnya diatas cx5, cuma elektrikal, kalo mobil yg om beli udh dicolok scanner dan no malfunction biasanya buat jangka panjang bakal aman kok elektrikalnya

mending ambil di jkt om. surabaya atau smg setau saya opsi unit sekennya agak jarang, kalo di jabodetabek lumayan sepengalaman saya, karena ya emg beres mazda paling banyak disitu hehehe. kalo kenalan bisa kontak st mobi tv om. beliau owner bengkel sekaligus bisa dimintain tolong buat nyariin mobil juga, domisili karanganyar. beliau ngeceknya cukup teliti, kemana2 bawa scanner dan independen kok menurut saya. beliau biasa main di daerah jogja, jateng dan jatim setau saya hehehe

servis rutin, ganti oli mesin, kuras oli matic. sebagai gambaran, cx5 saya dulu ada di kisaran 3-5 jt di beres, kalo cx9 ya diatas itu

nah yg saya bold. tinggal 2 pilihan kalo buat saya. take it or leave it. apakah om rela nempuh perjalanan minimal 2 jam hanya untuk servis saja untuk segala kelebihan dari mobilnya yg memang bakal om dapetin. kalo om rela melakukan itu (dengan resiko, partnya worse casenya harus inden dari jkt , sedangkan di jktnya sendiri harus inden dari LN, mengingat mobil ini CBU jepang dan hampir semua komponennya impor dari LN ya go for it. tapi kalo om masih blm mau untuk nempuh perjalanan jauh buat servis dengan resiko worse case yg saya sebutkan diatas. go for dakar. dari semua kandidat udh paling aman buat urusan spareparts dan aftersales dibanding kandidat lainnya. walaupun menjadi yg paling gak nyaman di row 2 dibanding kandidat lainnya

kalo pun om mau ganti semua parts, tetep yg saya bold itu yg harus bener2 om pertimbangin mateng2. karena walaupun om udh GCU dll, tetep aja, namanya pemakaian, apalagi om bakal sering jalan jauh, pasti bakal ada parts yg harus diganti karena umur or peremajaan, which is harus tetep dilakukan yg namanya servis rutin yg om sebutin itu, perjalanan minimal 2 jam dengan risk yg udh saya sebutin. intinya om siap gak? kalo siap silahkan ambil, tapi kalo blm siap mending cari merek yg pasti2 aja, biarpun gak nyaman dibanding cx9, tapi aftersales dan partsnya minimal terjamin di kota tempat tinggal om

karena saya sendiri kalo ada di posisi om, tinggal diluar jabodetabek, saya juga mikir 2x mau beli merek nonmainstream macam mazda ini. bukan karena mobilnya jelek. bukan. saya sudah pernah pakai brand ini selama 8 tahun dan saya puas dengan produknya. paling fun to drive dikelasnya, fitur lengkap, tarikan enak, handling enak, walaupun akomodasinya agak kurang. sekedar sharing aja. mazda pertama saya adalah cx5 touring yg 2.0 2013, saya pakai sampai dijual tahun 2019 di km 152rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti parts yg memang perlu peremajaan aja karena km emg udh lumayan capek buat ukuran mobil mazda + saya juga abuse to the max mobil itu, sampe ancur, pas dijual ya kondisinya memprihatinkan, lampu headlamp butek dua duanya, setir udh grebes2, jok udh bukan kempot lagi, tapi yg drive sampe keluar busanya :big_biglaugh: . tapi mesin masih running well dan interior masih solid, no rattle, maticnya juga masiih sehat. kemudian, tahun 2018 akhir, saya ganti ke CX5 gen 2 elite. saya pakai sampai 2021 , dijual di odo 43rb juga gaada masalah yg aneh2. cuma ganti shock belakang kiri kanan doang. sebenernya berat buat ngelepasnya , cuma terpaksa kami lego karena perlu mobil dengan akomodasi yg lebih baik meningat ada ibu saya dan nenek saya juga yg sering duduk di row 2, dan digantikan sm crv pres 2019 yg masih saya pakai sampai hari ini. saya lebih concern ke aftersalesnya yg kalo buat saya, sorry to say masih agak kurang kalo diluar jabodetabek. kalo untuk kualitas produk, tidak usah diragukan lagi, saya sudah membuktikan sendiri dan cukup puas dengan merek ini . saat ini saya kembali ke merek mainstream kaya T dan H tegak driving feel, tarikan dan handlingnya mohon maaf blm ada yg bisa sebaik mazda menurut saya pribadi :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by farizfsa »

Barusan liat harga cx9 harganya udh murah ya 150 jt juga bisa dapet

Ban r22 lebih murah karena barang nya banyak juga, velg aftermarket juga banyakan r22 dibanding r21. R21 pilihannya dikit dan biasanya ukuran oem ban mobil mewah macem bentley, rr, range rover atau suv2 german zaman skrg

Urusan ban jgn main2 jg sih om, taruhannya nyawa.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by trebla88 »

farizfsa wrote: Sat Oct 22, 2022 6:07 Barusan liat harga cx9 harganya udh murah ya 150 jt juga bisa dapet

Ban r22 lebih murah karena barang nya banyak juga, velg aftermarket juga banyakan r22 dibanding r21. R21 pilihannya dikit dan biasanya ukuran oem ban mobil mewah macem bentley, rr, range rover atau suv2 german zaman skrg

Urusan ban jgn main2 jg sih om, taruhannya nyawa.
Mobil yg sgt menarik dengan harganya.....
Tp kalau utk harian kayanya jangan kali ya
Body partnya kalau ketubruk susah carinya

Cmiiw :big_childish:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by daimler »

Dulu pernah naik CX9 thn 2013 punya bokap yg desian bumpernya masih senyum gt sebelum desain kodo dapet COP kantor. Cuma ya krg tau urusan servis, menyervisnya. Paling ya seperti yg udah disebutin di atas td spionnya utk harga mbl di thn itu yg ga bisa dibilang murah anehnya blm elektrik retract, cm setting atas-bawah kiri-kanan yg udh elektrik. FCnya jg mending merem aja buat mobil 3000+cc drpd overthinking. Dimensinya emg gueedee bgt, buat parkir perlu mikir2 dan krg cocok kalo sering lewat jalanan yg kecil menurut ane. Kalo butuh jasa inspektor mobil bisa hubungi nomor ini
0813-7197-7977 Agus Muhib, ada channel yutubnya Mas Wahid itu
*Tdk berafiliasi apapun dengan orangnya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Veyron »

Sempat pakai mobil ini selama 2 tahun. Beli seken juga di tahun 2017. Ini mobil jangan dipakai buat sehari hari. Konsumsi bensinnya ampun borosnya apalagi kena macet. Lebih cocok untuk mobil weekend dan untuk long trip. Nikmat banget buat cruising di tol. Atau dari mall to mall. Cuma parkir aja lebih ribet karena lebar dan panjang. Kalau bawa di tol sih jadinya nggak terlalu boros. Worth it banget dengan harga sekarang. Lupakan pajero fortuner dan sekelasnya. Jauh lebih enak dipakai buat crusing dan audio jg sudah bose. Karena harga sudah murah, ya kompensasi buat isi bbm lebih banyak dan nikmati di jalan. Trus juga cx9 ini udah termasuk proper 7 seater. Yg duduk paling belakang juga masih enak. Happy hunting.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by ChZ »

CX9 gen ini kayaknya gak perlu pertamax turbo kan cukup pertamax aja jg bisa? mesinnya sama kyk mustang V6 yang mobil rakyat di amerika jd regular gas aja setau ane cukup.

murican cars mah mesin boros-boros gila gede-gede tp ramah sama bensin endonesah :ngacir: dulu di forum sebelah ada cerita bawa mustang V8 dari pelabuhan bensin kosong darurat isi premium jg jalan tanpa masalah :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Rhanugaulia
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Sun May 10, 2015 15:06

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Rhanugaulia »

dany_pos wrote: Sat Oct 22, 2022 5:05 Om yakin ga masalah dengan ukuran mobil ini? Panjangnya lebih dari 5 meter, trus lebar banget juga. Pajero sport n fortuner ga ada apa2nya dibanding ukuran ukuran cx-9, mreka cuman besar secara visual karena tinggi n cingkrang. Btw klo agak worry ama servis n perawatan mazda, coba lirik2 real pajero (bukan sport), sekarang 300an kecil udah dapet tuh, cuman alternatif aja. Tapi beneran sih mobil ini berasa banget mewah walau banyak fitur2 standar sejamannya yg absen kyk mid, auto retract. Ane jg ga sreg ama opsi xtrail klo mau cari 7 seater. Itu baris 3 sempit, nissan aja dulu nyebutnya 5+2 seater. Pajero sport juga coret aja. Di harga yang sama sih bisa lirik duo korea santa fe n sorento juga, tapi rasanya ya ga se wah cx-9
Amannn hehehe
Saya cuma pernah liat mobil ini dalam kondisi idle sih, tanpa pembanding ukuran, uda lama juga liatnya..
Cuman secara visual di mata saya saat itu "ga gede-gede banget" seolah masih gede pajero sport dan fortuner haha
Saya cari di internet gada foto atau video yang jejerin mereka jadi masih sulit sebenernya saya membayangkan sedigdaya apa besarnya cx9 ini.
Btw karna cingkrangnya itu kok kesannya bisa lebih gede fortuner pajero ya haha
Kalo sebelahan gitu baru keliatan kali ya full size sebenernya..
.
Real pajero susah..
Saya klik sana sini untuk jatim jateng gada hasil hehe
Santafe kekecilan kyknya, kalo sorento sepertinya lebih gede ya..
Orang rumah saya kasih liat sorentos langsung "katakan tidak" semua haha

kendibocor wrote: Sat Oct 22, 2022 5:10 Dari pertama om TS bwat thread, uda bisa prediksi pasti concern utama di FCnya. Sepupu dlu pernah pake CX7 jg sama keluhannya FC ga kira2 :big_slap:
Iya kalo dipake harian sepertinya sangat tidak memungkinkan..
Apalagi tiap ke pom sama istri, bisa makin marah itu biaya bensin lebih mahal dari skincarenya.
Kalo ngomel doang mending ya..
Kalo minta upgrade skincare itu yang repot hahaha
Pboyz97 wrote: Sat Oct 22, 2022 6:04 kaki2 ,rack steering mounting ya biaya sekitaran 3-4 jtan kalo di cx5 saya dulu dan di beres. kalo elektrikal ya lumayan ya, apalagi cx9 kelasnya diatas cx5, cuma elektrikal, kalo mobil yg om beli udh dicolok scanner dan no malfunction biasanya buat jangka panjang bakal aman kok elektrikalnya

mending ambil di jkt om. surabaya atau smg setau saya opsi unit sekennya agak jarang, kalo di jabodetabek lumayan sepengalaman saya, karena ya emg beres mazda paling banyak disitu hehehe. kalo kenalan bisa kontak st mobi tv om. beliau owner bengkel sekaligus bisa dimintain tolong buat nyariin mobil juga, domisili karanganyar. beliau ngeceknya cukup teliti, kemana2 bawa scanner dan independen kok menurut saya. beliau biasa main di daerah jogja, jateng dan jatim setau saya hehehe

servis rutin, ganti oli mesin, kuras oli matic. sebagai gambaran, cx5 saya dulu ada di kisaran 3-5 jt di beres, kalo cx9 ya diatas itu

nah yg saya bold. tinggal 2 pilihan kalo buat saya. take it or leave it. apakah om rela nempuh perjalanan minimal 2 jam hanya untuk servis saja untuk segala kelebihan dari mobilnya yg memang bakal om dapetin. kalo om rela melakukan itu (dengan resiko, partnya worse casenya harus inden dari jkt , sedangkan di jktnya sendiri harus inden dari LN, mengingat mobil ini CBU jepang dan hampir semua komponennya impor dari LN ya go for it. tapi kalo om masih blm mau untuk nempuh perjalanan jauh buat servis dengan resiko worse case yg saya sebutkan diatas. go for dakar. dari semua kandidat udh paling aman buat urusan spareparts dan aftersales dibanding kandidat lainnya. walaupun menjadi yg paling gak nyaman di row 2 dibanding kandidat lainnya

kalo pun om mau ganti semua parts, tetep yg saya bold itu yg harus bener2 om pertimbangin mateng2. karena walaupun om udh GCU dll, tetep aja, namanya pemakaian, apalagi om bakal sering jalan jauh, pasti bakal ada parts yg harus diganti karena umur or peremajaan, which is harus tetep dilakukan yg namanya servis rutin yg om sebutin itu, perjalanan minimal 2 jam dengan risk yg udh saya sebutin. intinya om siap gak? kalo siap silahkan ambil, tapi kalo blm siap mending cari merek yg pasti2 aja, biarpun gak nyaman dibanding cx9, tapi aftersales dan partsnya minimal terjamin di kota tempat tinggal om

karena saya sendiri kalo ada di posisi om, tinggal diluar jabodetabek, saya juga mikir 2x mau beli merek nonmainstream macam mazda ini. bukan karena mobilnya jelek. bukan. saya sudah pernah pakai brand ini selama 8 tahun dan saya puas dengan produknya. paling fun to drive dikelasnya, fitur lengkap, tarikan enak, handling enak, walaupun akomodasinya agak kurang. sekedar sharing aja. mazda pertama saya adalah cx5 touring yg 2.0 2013, saya pakai sampai dijual tahun 2019 di km 152rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti parts yg memang perlu peremajaan aja karena km emg udh lumayan capek buat ukuran mobil mazda + saya juga abuse to the max mobil itu, sampe ancur, pas dijual ya kondisinya memprihatinkan, lampu headlamp butek dua duanya, setir udh grebes2, jok udh bukan kempot lagi, tapi yg drive sampe keluar busanya :big_biglaugh: . tapi mesin masih running well dan interior masih solid, no rattle, maticnya juga masiih sehat. kemudian, tahun 2018 akhir, saya ganti ke CX5 gen 2 elite. saya pakai sampai 2021 , dijual di odo 43rb juga gaada masalah yg aneh2. cuma ganti shock belakang kiri kanan doang. sebenernya berat buat ngelepasnya , cuma terpaksa kami lego karena perlu mobil dengan akomodasi yg lebih baik meningat ada ibu saya dan nenek saya juga yg sering duduk di row 2, dan digantikan sm crv pres 2019 yg masih saya pakai sampai hari ini. saya lebih concern ke aftersalesnya yg kalo buat saya, sorry to say masih agak kurang kalo diluar jabodetabek. kalo untuk kualitas produk, tidak usah diragukan lagi, saya sudah membuktikan sendiri dan cukup puas dengan merek ini . saat ini saya kembali ke merek mainstream kaya T dan H tegak driving feel, tarikan dan handlingnya mohon maaf blm ada yg bisa sebaik mazda menurut saya pribadi :big_peace:
"dicolok scanner dan no malfunction biasanya buat jangka panjang bakal aman kok elektrikalnya"
Ooookkeee
.
"kalo kenalan bisa kontak st mobi tv" ada nomornya om?
.
Kalo ambil di jakarta tu saya kesulitan buat balik nama dan segala proses dokumennya. Ini juga harapannya nemu sesama jatim biar ga ribet urusan samsatnya.
.
"servis rutin, ganti oli mesin, kuras oli matic. sebagai gambaran, cx5 saya dulu ada di kisaran 3-5 jt di beres, kalo cx9 ya diatas itu" ini berapa bulan sekali om?
.
Iya sudah mempertimbangkan matang-matang, kalo cuma servis atau maintenance standart saya rasa aman.
Yang saya takut itu kalo (namanya manusia ada luputnya) mogok dijalan.
Waduh bakal super repot itu, karena dipakai long trip otomatis lagi pelesir bareng semua keluarga.
Anak kecil 3, aktif semua.
Nunggu mobil dibenerin bisa berubah jadi singa semua, emaknya jadi biangnya singa.
Itu aja ketakutan saya.
Karena itu harapannya kalo dapat unit sehat, dan masih saya perbaiki juga bisa bertahan dengan aman hehe
.
Nah itu CRV pres 2019, istri suka sekali itu, sangat suka, saya juga suka, dompet saya yang ga suka hahaha
Temen punya cx5 elite kakaknya (sudah menikah beranak 2) pake CRV pres, mereka tinggal serumah, tapi kakaknya sering pinjem cx5 elitenya hahaha

farizfsa wrote: Sat Oct 22, 2022 6:07 Barusan liat harga cx9 harganya udh murah ya 150 jt juga bisa dapet

Ban r22 lebih murah karena barang nya banyak juga, velg aftermarket juga banyakan r22 dibanding r21. R21 pilihannya dikit dan biasanya ukuran oem ban mobil mewah macem bentley, rr, range rover atau suv2 german zaman skrg

Urusan ban jgn main2 jg sih om, taruhannya nyawa.
Yang 150an itu pajeknya pada mati tahunan kyknya, kalo enggak ya kilonya uda jauh lebih tinggi..
Saya perhatikan harga normalnya di 180 up.
.
Oh begitu yaa r21 jadi velg bawaan mereka. Ini cx9 kyknya bawaan juga r21.
Mungkin kalo jadi ganti saya samain aja ukuran velgnya..
Siapp, mulai concern ini masalah ban, demi kemaslahatan bersama hehe
Makasih uda diingetin.

trebla88 wrote: Sat Oct 22, 2022 7:28 Mobil yg sgt menarik dengan harganya.....
Tp kalau utk harian kayanya jangan kali ya
Body partnya kalau ketubruk susah carinya

Cmiiw :big_childish:
Iya bukan untuk harian, bulanan saya juga keberatan kalo buat harian hahaha
daimler wrote: Sat Oct 22, 2022 16:18 Dulu pernah naik CX9 thn 2013 punya bokap yg desian bumpernya masih senyum gt sebelum desain kodo dapet COP kantor. Cuma ya krg tau urusan servis, menyervisnya. Paling ya seperti yg udah disebutin di atas td spionnya utk harga mbl di thn itu yg ga bisa dibilang murah anehnya blm elektrik retract, cm setting atas-bawah kiri-kanan yg udh elektrik. FCnya jg mending merem aja buat mobil 3000+cc drpd overthinking. Dimensinya emg gueedee bgt, buat parkir perlu mikir2 dan krg cocok kalo sering lewat jalanan yg kecil menurut ane. Kalo butuh jasa inspektor mobil bisa hubungi nomor ini
0813-7197-7977 Agus Muhib, ada channel yutubnya Mas Wahid itu
*Tdk berafiliasi apapun dengan orangnya
Iya saya uda tutup mata FCnya, dibawa doa aja sudah itu hahaha
Urusan besarnya ini yang saya belum bisa bayangin, dalam minggu ini saya coba datengin yang di jatim dulu.
Makasih info mekaniknya om, sangat membantu 🙏🏻
Veyron wrote: Mon Oct 24, 2022 3:36 Sempat pakai mobil ini selama 2 tahun. Beli seken juga di tahun 2017. Ini mobil jangan dipakai buat sehari hari. Konsumsi bensinnya ampun borosnya apalagi kena macet. Lebih cocok untuk mobil weekend dan untuk long trip. Nikmat banget buat cruising di tol. Atau dari mall to mall. Cuma parkir aja lebih ribet karena lebar dan panjang. Kalau bawa di tol sih jadinya nggak terlalu boros. Worth it banget dengan harga sekarang. Lupakan pajero fortuner dan sekelasnya. Jauh lebih enak dipakai buat crusing dan audio jg sudah bose. Karena harga sudah murah, ya kompensasi buat isi bbm lebih banyak dan nikmati di jalan. Trus juga cx9 ini udah termasuk proper 7 seater. Yg duduk paling belakang juga masih enak. Happy hunting.
Nah itu tujuannya buat pelesiran aja, bangku paling belakang itu yang jadi fokus saya juga..
Saya perhatikan divideo juga masih cukup luas bagasinya.
Saya kalo healing serumah saya angkut semua itu barangnya, kalo rumahnya muat, saya angkut juga itu haha
Seringnya uda bejubelpun masih aja ada yang ketinggalan haha
Penasaran betul saya dimensianya itu kalo sandingan dengan fortuner atau pajero, masih cari gambarnya sampe ke pinterest belum nemu haha
ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 4:14 CX9 gen ini kayaknya gak perlu pertamax turbo kan cukup pertamax aja jg bisa? mesinnya sama kyk mustang V6 yang mobil rakyat di amerika jd regular gas aja setau ane cukup.

murican cars mah mesin boros-boros gila gede-gede tp ramah sama bensin endonesah :ngacir: dulu di forum sebelah ada cerita bawa mustang V8 dari pelabuhan bensin kosong darurat isi premium jg jalan tanpa masalah :big_biglaugh:
Siappp, pertamax sangat aman disini.. rata-rata yang ngecer diwarung juga jualnya pertamax bukan pertalite.
Kepikiran sih nanti tetep sedia galon isi pertamax hahaha
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Pboyz97 »

Rhanugaulia wrote: Mon Oct 24, 2022 9:21

"dicolok scanner dan no malfunction biasanya buat jangka panjang bakal aman kok elektrikalnya"
Ooookkeee
.
"kalo kenalan bisa kontak st mobi tv" ada nomornya om?
.
Kalo ambil di jakarta tu saya kesulitan buat balik nama dan segala proses dokumennya. Ini juga harapannya nemu sesama jatim biar ga ribet urusan samsatnya.
.
"servis rutin, ganti oli mesin, kuras oli matic. sebagai gambaran, cx5 saya dulu ada di kisaran 3-5 jt di beres, kalo cx9 ya diatas itu" ini berapa bulan sekali om?
.
Iya sudah mempertimbangkan matang-matang, kalo cuma servis atau maintenance standart saya rasa aman.
Yang saya takut itu kalo (namanya manusia ada luputnya) mogok dijalan.
Waduh bakal super repot itu, karena dipakai long trip otomatis lagi pelesir bareng semua keluarga.
Anak kecil 3, aktif semua.
Nunggu mobil dibenerin bisa berubah jadi singa semua, emaknya jadi biangnya singa.
Itu aja ketakutan saya.
Karena itu harapannya kalo dapat unit sehat, dan masih saya perbaiki juga bisa bertahan dengan aman hehe

.
Nah itu CRV pres 2019, istri suka sekali itu, sangat suka, saya juga suka, dompet saya yang ga suka hahaha
Temen punya cx5 elite kakaknya (sudah menikah beranak 2) pake CRV pres, mereka tinggal serumah, tapi kakaknya sering pinjem cx5 elitenya hahaha
untuk nomornya sudah saya kirim via PM ya. gaenak kalo saya share disini

gak ribet kok, yg penting SPH ada kalau mobilnya atas nama PT dan kalau atas nama pribadi, KTP pemilik yg ada di faktur masih ada + ada biro jasanya. kalo nyari yg sesama jatim ya berat , setau saya mazda seken lebih banyak di jkt dibanding jatim .

kalo berapa bulan ya pake patokan km om, kalo saya biasa 6 bulan sekali / kelipatan 10rb buat oli mesin dan oli matic di kelipatan 20-30rban

makanya saya bilang om mau gak, kalo in case ada apa apa harus ke sby dulu yg lumayan jauh, blm lg sampe sana amit2 partnya kudu inden dari jkt dulu, sedangkan di jktnya sendiri harus inden lagi dari LN. yg saya concern, bengkel non resmi mazda di diluar jabodetabek masih agak jarang, di jabodetabek aja masih jarang, apa2 harus ke beres, apalagi di luar jabodetabek. cuma kalo om udh nemu bengkel non resmi yg emg bisa handle mazda di daerah om, in case ada apa apa, dan kalau ke bengkel resmi jauh ya go for it. tapi kalo blm, go for passport dakar, biarpun gak nyaman, tapi memenuhi semua kriteria at least dari semua kandidat paling aman buat urusan aftersales dan spareparts, bengkel resmi maupun spesialisnya banyak dimana2, jadi in case ada apa apa, yg misalkan om bilang worse casenya mogok dijalan, bisa diarahkan ke bengkel non resmi yg terdekat dari TKP, jadi masalah pada mobil om bisa diatasin, karena setau saya bengkel spesialis mitsu di daerah lumayan banyak, paling banyak dibanding mazda maupun nissan menurut pengamatan sotoy saya

nah yg saya bold itu, kalau om masih blm siap mental, go for dakar, dijamin gak bakal repot in case ada apa apa, minimal aftersales dan partsnya terjamin dan cocok juga buat roadtrip, walaupun dibanding cx9 ya jauh oom. cuma kalo emg bakal jadi mobil yg dipake hampir tiap hari, mending dakar, kecuali itu cx9 bakal dipake sesekali doang dan ada mobil lain buat harian. ada yg harus dikorbankan memang. mau yg nyaman tapi aftersalesnya masih kurang di daerah tempat tinggal om atau yg terjamin aftersalesnya di daerah tempat tinggal om tapi gak nyaman, gak bisa milih dua duanya

terus kalo nunggu mobil dibenerin, kalo mazda siap2 nginep loh ya. secara komponennya rata2 impor, dan kalopun om bisa ke sby, harus nunggu dikirim dulu dari jakarta. itupun kalo di jktnya sendiri ready, yg repot udh jauh2 ke sby, partnya kudu inden dari jakarta, eh di jakartanya sendiri itu parts kudu inden lagi dari LN :big_slap: . itu yg om harus dipertimbangin mateng2. kalo om dan keluarga om siap dengan risk yg saya beritau diatas (semoga aja gak terjadi) go for it, tapi kalo emg blm siap mental. om harus rela mengorbankan kenyamanan di cx9 ke dakar yg memang gak nyaman (diantara semua kandidat) tapi aftersales dan partsnya paling aman + terjamin dibanding kandidat lainnya at least, di kota tempat tinggal om

kalo crv pres 2019 bayarin aja punya saya oom. , rencananya mau saya jual nih. apalagi istrinya om kebetulan juga suka. buat keluarga nyaman, buat disetir juga enak + irit bbm juga. punya saya warna putih (warna favorit) , km 54 rb (service record beres honda), tipe prestige (tipe tertinggi), tangan pertama dari baru atas nama bapak saya sendiri, cvt dijamin sehat, selalu rutin dan gak pernah telat ganti oli CVT nya & selalu pake pertabo dari baru - sekarang. km asli NO PUTAR PUTAR, dan ban bawaan MASIH TEMBUS TAHUN 2019 + jaminan bebas tabrak dan banjir , plat kaleng panjang sampai Juli 2024 & pajak panjang sampai Juli 2023. kalo minat bisa pm saya. trims
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by pradit_d »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 4:14 CX9 gen ini kayaknya gak perlu pertamax turbo kan cukup pertamax aja jg bisa? mesinnya sama kyk mustang V6 yang mobil rakyat di amerika jd regular gas aja setau ane cukup.

murican cars mah mesin boros-boros gila gede-gede tp ramah sama bensin endonesah :ngacir: dulu di forum sebelah ada cerita bawa mustang V8 dari pelabuhan bensin kosong darurat isi premium jg jalan tanpa masalah :big_biglaugh:
Sorry oot, setuju mod, di buku manual dodge journey sepupu ane jg disebut ron nya 90. Kmrn sempet lirik2 grand cherokee wk2 yg pentastar 3.6 n liat2 di forum jg aman bgt mimum ron90, cuman klo beli ron90 di indo bakal direkam n dijulidin netizen kali ya dibilang "mobil elit isi bensin sulit"....padahal harganya udah remah2annya aja. Btw kyknya ini bisa jadi opsi buat ts jg, tapi sayangnya wk2 ga 7 seater. Ada liat iklannya yg v8 5.7 harga cash nya udah 400an lebih dikit, mungkin bisa nego banyak
:big_peace:
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by Veyron »

Dimensi nya mirip dengan CX9 yg generasi sekarang. Panjang sama 5,075mm lebarnya lebih kecil 34mm. Yang lama 1,935mm dan yang baru 1,969mm. Yang pasti gede dan berasa kalau parkir di mall 😁
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mazda CX9 2010 - 2013

Post by AbdulHakim »

Veyron wrote: Tue Oct 25, 2022 3:44 Dimensi nya mirip dengan CX9 yg generasi sekarang. Panjang sama 5,075mm lebarnya lebih kecil 34mm. Yang lama 1,935mm dan yang baru 1,969mm. Yang pasti gede dan berasa kalau parkir di mall 😁
muatlah om itu kalo sekedar parkir, yang begitu syulit itu adalah buka pintunya bisa muat badan buat keluar gak? :big_grin: