Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Suryaputra »

ginting wrote: 23 Nov 2022, 23:44
Suryaputra wrote: 23 Nov 2022, 22:13
ginting wrote: 23 Nov 2022, 21:51

EGR kan tugasnya mencirculasikan kembali sebagian kecil gas buang ke intake.
supaya suhu ruang bakar sesudah dicampur gas buang tadi jadi menurun (dibanding semua pake udara segar.
efeknya adalah emisi NOX berkurang. NOX ini buang kerok Cancer, makanya negara maju sangat concerned dgn ini NOX.
(makin tinggu suhu combustion chamber maka makin banyak NOX).

Tapi EGR juga ada sisi jeleknya yaitu intake jadi lebih jorok (dibanding dengan EGR ditutup).
bayangkan aja kalau gas buang dimasukkan lagi ke dalam intake.

efek EGR ditutup adalah makin ngacir krn pembakaran lebih galak.
lbh cepat spool krn semua dibuang buat muter blade turbo.

sekian urun pendapat nubie.
Ya itu dia mudhorot long term...

Nutup egr = intake lbh bersih, tapi suhu kan naik, dan NOX increase + long term di mesin makin panas, efeknya ke seal karet lbh cepet klewer"

Buka egr sesuai std pabrik = intake lbh kotor, tapi.. sesuai std pabrik yg dah diriset minusnya lbh sedikit in long term
Nah, definisi "long term" nya ini yg agak tricky.
kita gak tahu persis umurnya makin pendek dari berapa tahun menjadi berapa tahun.
tapi secara empiris, kayaknya oom Turboman sudah sejak 6 tahun lalu posting perihal tutup EGR tapi so far gak ada issue sih sepanjang hal-hal lain diperhatikan.
saya juga MUX 2016 ditutup EGR , sampai dijual 5 tahun kemudian, gak ada apa apa.

Kalau saya melihat, yg significant merusak mesin itu adalah Remap yg abal abal tanpa memperhatikan safety mesin (yg penting sekian HP dan NM naeknya biar tuner makin laku dan user bahagia), dan perawatan.
dan terakhir yg tak kalah penting adalah faktor Sikill pengendara... :mky_07: :mky_07:
Ya maka dari itu diesel diban di bbrp negara.
Krn emg polutif banget, apalagi EGR ditutup.

Klo pas naik motor gtu, macet di blkg diesel, ampun itu parfum bisa berubah jd bau asap disel :big_biglaugh:

Bagus aja lah jinik bikin gebrakan sbg market leader di Indonesiah :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: 24 Nov 2022, 06:33
Ya maka dari itu diesel diban di bbrp negara.
Krn emg polutif banget, apalagi EGR ditutup.

Klo pas naik motor gtu, macet di blkg diesel, ampun itu parfum bisa berubah jd bau asap disel :big_biglaugh:

Bagus aja lah jinik bikin gebrakan sbg market leader di Indonesiah :ngacir:
Saya juga hepi zenix no disel.
Sudah eneg banget ngeliat anki disel lebay n ngebul,nyetirnya luar biasa tolol.
Yang beginian biasanya yang bawa abg2 alay setengah matang,yang beli mobil n duit modif masih dimodalin ortunya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: 24 Nov 2022, 08:19
Suryaputra wrote: 24 Nov 2022, 06:33
Ya maka dari itu diesel diban di bbrp negara.
Krn emg polutif banget, apalagi EGR ditutup.

Klo pas naik motor gtu, macet di blkg diesel, ampun itu parfum bisa berubah jd bau asap disel :big_biglaugh:

Bagus aja lah jinik bikin gebrakan sbg market leader di Indonesiah :ngacir:
Saya juga hepi zenix no disel.
Sudah eneg banget ngeliat anki disel lebay n ngebul,nyetirnya luar biasa tolol.
Yang beginian biasanya yang bawa abg2 alay setengah matang,yang beli mobil n duit modif masih dimodalin ortunya.
:upss: :upss:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Rakean »

pengendiesel wrote: 24 Nov 2022, 08:19
Suryaputra wrote: 24 Nov 2022, 06:33
Ya maka dari itu diesel diban di bbrp negara.
Krn emg polutif banget, apalagi EGR ditutup.

Klo pas naik motor gtu, macet di blkg diesel, ampun itu parfum bisa berubah jd bau asap disel :big_biglaugh:

Bagus aja lah jinik bikin gebrakan sbg market leader di Indonesiah :ngacir:
Saya juga hepi zenix no disel.
Sudah eneg banget ngeliat anki disel lebay n ngebul,nyetirnya luar biasa tolol.
Yang beginian biasanya yang bawa abg2 alay setengah matang,yang beli mobil n duit modif masih dimodalin ortunya.
kaum2 ntuh banyak yg butthurt gegara innova zenix muncul... di HOI banyak banget :big_biglaugh:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: 19 Sep 2015, 00:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Mitsubishi KR1W 4X2 8AT

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by psiturism »

BADAK wrote: 02 Nov 2022, 09:34 Dulu saya yg posting untuk masalah EPB di ANPS, ya memang itu terjadi kemungkinan karena unit jarang saya pakai. Bisa jadi motor EPB nya jamuran atau berdebu sehingga tidak contact.
Unit saya ANPS keluaran awal 2016, odo msh 28rb. Selama pakai 6th lebih tidak ada penggantian part slow moving sama sekali. Bahkan ban dan aki msh awet dr bawaan. Ya iyalah mobil gak pernah dipakai. Wkwkwkwk.
Masalah oli yg berkurang saya jg tidak pernah mengalami (oli masih menggunakan std Mitsubishi).
Cuman kendalanya putaran bawah sangat lelet, sehingga terasa capek dibawa keluar kota, apalagi kalau kondisinya macet.
Target nya ntar taon ke 8 odo msh belum tembus 30rb ini mobil. Wkwkwkwk
Om ini benerin EPB nya di mitsu cikupa bukan? Soalnya saya pernah diceritain sama orang sana ANPS CBU odo 30rb sudah error EPB nya... saya diceritain pas EPB saya error juga sih :big_biglaugh:

Saya punya error gbs release pas habis cuci mobil.. tbtb nyangkut trus akhirnya saya benerin.. pas benerin itu sekitar KM 70rb an, 1.5 tahun lalu.. sampai skrg KM 120rban masih aman belum ada problem lg.. cm yg saya notice sejak dibenerin suara motornya jd lebih kasar dikit, ntah sugesti atau tidak.. :big_chicken:

Oh iya, saya jg pernah liat ANPS CKD 2018 sudah error EPBnya.. waktu itu sebelah²an sama mobil sy pas lg servis disana.. cm memang mobil high mileage sih, kalo gak salah odo nya sudah 130rb pas kena EPBnya.. kalo untuk yg facelift sy krg paham ada perbedaan di motornya atau tidak, krn yg facelift jg dapat auto hold dan ada fitur auto lock dan auto release, sementara yg pre facelift belum ada fitur² tsb..
2016 Mitsubishi KR1W 4x2 4N15 8AT
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5987
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by BADAK »

psiturism wrote: 30 Nov 2022, 00:19
BADAK wrote: 02 Nov 2022, 09:34 Dulu saya yg posting untuk masalah EPB di ANPS, ya memang itu terjadi kemungkinan karena unit jarang saya pakai. Bisa jadi motor EPB nya jamuran atau berdebu sehingga tidak contact.
Unit saya ANPS keluaran awal 2016, odo msh 28rb. Selama pakai 6th lebih tidak ada penggantian part slow moving sama sekali. Bahkan ban dan aki msh awet dr bawaan. Ya iyalah mobil gak pernah dipakai. Wkwkwkwk.
Masalah oli yg berkurang saya jg tidak pernah mengalami (oli masih menggunakan std Mitsubishi).
Cuman kendalanya putaran bawah sangat lelet, sehingga terasa capek dibawa keluar kota, apalagi kalau kondisinya macet.
Target nya ntar taon ke 8 odo msh belum tembus 30rb ini mobil. Wkwkwkwk
Om ini benerin EPB nya di mitsu cikupa bukan? Soalnya saya pernah diceritain sama orang sana ANPS CBU odo 30rb sudah error EPB nya... saya diceritain pas EPB saya error juga sih :big_biglaugh:

Saya punya error gbs release pas habis cuci mobil.. tbtb nyangkut trus akhirnya saya benerin.. pas benerin itu sekitar KM 70rb an, 1.5 tahun lalu.. sampai skrg KM 120rban masih aman belum ada problem lg.. cm yg saya notice sejak dibenerin suara motornya jd lebih kasar dikit, ntah sugesti atau tidak.. :big_chicken:

Oh iya, saya jg pernah liat ANPS CKD 2018 sudah error EPBnya.. waktu itu sebelah²an sama mobil sy pas lg servis disana.. cm memang mobil high mileage sih, kalo gak salah odo nya sudah 130rb pas kena EPBnya.. kalo untuk yg facelift sy krg paham ada perbedaan di motornya atau tidak, krn yg facelift jg dapat auto hold dan ada fitur auto lock dan auto release, sementara yg pre facelift belum ada fitur² tsb..
Bukan om, saya di jatim koq. Sama nih, sejak diservis skrg motor EPB nya kalo release pertama kali jd ada suara ctek agak keras.
Gara2 EPB pernah macet jd agak trauma nih, gak berani pencet waktu ditengah jalan pas lampu merah. Hehehe
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Post Reply