Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ExorT »

YanuarS wrote: 14 Nov 2022, 17:01
kalau saya pribadi lebih ke wait and see, selain hitungan sentimentil tentang rasa berkendara (Matic Torque converter dan CVT saja kalau untuk spirited driving saya masih suka pakai mobil saya yang matic daripada yang CVT), hitungan ekonomis saya masih agak ragu mengeluarkan uang segitu untuk kendaraan dikelasnya dimana di ICE saya sudah dapat mobil yang minimal 1 kelas diatasnya.

Nanti mungkin saya akan beralih ke Hybrid kalau waktunya ganti mobil lagi. lebih ngejar ke arah efisiensi BBMnya.
Nanya Om, untuk harga kelas ioniq 5, apakah mobil seperti Palisade dan CX9 berasa 1 kelas diatasnya?

Kalau iya, berarti secara kelas (kasta), ioniq 5 ini sekelas sama Santa Fe ya?
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by RezPrat »

Agak malas nih mobil Unyil 300 JT, kalo Segede Ayla sih ane kepikiran buat ambil heheheh, nemenin motor listrik yg dah ada. Oh ya kalo garansi mobil EV kudu ambil yg 100k km/ 10 tahun dong, kalo kurang dari itu lupakan saja. Berat di ongkos nanti nya. Kecuali emang mau pake cuma gegayaan aja 5 tahun d scrap jadi besi tua. 300 JT anggap uang senang2 aja.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

ac235287 wrote: 14 Nov 2022, 17:35 Agak malas nih mobil Unyil 300 JT, kalo Segede Ayla sih ane kepikiran buat ambil heheheh, nemenin motor listrik yg dah ada. Oh ya kalo garansi mobil EV kudu ambil yg 100k km/ 10 tahun dong, kalo kurang dari itu lupakan saja. Berat di ongkos nanti nya. Kecuali emang mau pake cuma gegayaan aja 5 tahun d scrap jadi besi tua. 300 JT anggap uang senang2 aja.
Emang harganya yg bikin males om. Kalo dia bisa dibawah 200 sih bakalan jadi package yg menarik banget.

Btw, seminggu ini kerja hampir tiap hari ktmu ni mbl, terakhir td pagi ada ngko2 separuh baya makan bakso depan gang bawa ni mbl warna hijau. Saya malah blm liat warna biru, kirain bakalan jadi favorit.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

ExorT wrote: 14 Nov 2022, 17:23
YanuarS wrote: 14 Nov 2022, 17:01
kalau saya pribadi lebih ke wait and see, selain hitungan sentimentil tentang rasa berkendara (Matic Torque converter dan CVT saja kalau untuk spirited driving saya masih suka pakai mobil saya yang matic daripada yang CVT), hitungan ekonomis saya masih agak ragu mengeluarkan uang segitu untuk kendaraan dikelasnya dimana di ICE saya sudah dapat mobil yang minimal 1 kelas diatasnya.

Nanti mungkin saya akan beralih ke Hybrid kalau waktunya ganti mobil lagi. lebih ngejar ke arah efisiensi BBMnya.
Nanya Om, untuk harga kelas ioniq 5, apakah mobil seperti Palisade dan CX9 berasa 1 kelas diatasnya?

Kalau iya, berarti secara kelas (kasta), ioniq 5 ini sekelas sama Santa Fe ya?
Ndak isa mbandingin ama CX9 & Palisade, tp sy ada 320i G20. Nah secara interior (plastik2an+empuk2an) sih terus terang sebanding, jok juga masih sama2 imitasi, rasa-rasa di pantat sama, pegangan di steering wheel sama2 aja rasanya, terus tombol2nya ya tactilenya si I5 jg ndak kalah Overall interior wise, feelnya emang msh kerasa bagusan G20, tp si I5 ya ndak ketinggalan jauh. Bantingan pintu I5 mengejutkan kedap antep gitu, giliran yg G20 yg brak :big_peace: :big_peace: :big_peace: . NVH, terus terang ya ndak isa dibandingin, yg jelas kacanya 2-2nya dah double glass laminated. 2 taun lalu pernah pegang Camry, seinget saya feelnya masih mewah I5....
Masalahnya terbesarnya cuma satu, mereknya Hyundai, coba mereknya Ioniq gitu....
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ExorT »

Bibieight wrote: 14 Nov 2022, 21:22
ExorT wrote: 14 Nov 2022, 17:23
Nanya Om, untuk harga kelas ioniq 5, apakah mobil seperti Palisade dan CX9 berasa 1 kelas diatasnya?

Kalau iya, berarti secara kelas (kasta), ioniq 5 ini sekelas sama Santa Fe ya?
Ndak isa mbandingin ama CX9 & Palisade, tp sy ada 320i G20. Nah secara interior (plastik2an+empuk2an) sih terus terang sebanding, jok juga masih sama2 imitasi, rasa-rasa di pantat sama, pegangan di steering wheel sama2 aja rasanya, terus tombol2nya ya tactilenya si I5 jg ndak kalah Overall interior wise, feelnya emang msh kerasa bagusan G20, tp si I5 ya ndak ketinggalan jauh. Bantingan pintu I5 mengejutkan kedap antep gitu, giliran yg G20 yg brak :big_peace: :big_peace: :big_peace: . NVH, terus terang ya ndak isa dibandingin, yg jelas kacanya 2-2nya dah double glass laminated. 2 taun lalu pernah pegang Camry, seinget saya feelnya masih mewah I5....
Masalahnya terbesarnya cuma satu, mereknya Hyundai, coba mereknya Ioniq gitu....
Wah, sipp. Thank you penjelasannya Om!!

Maaf tanya lagi Om, misalkan kedua mobil itu available, terus jalanan lancar (ga macet), lebih pingin bawa jalan yang mana? kalau tanpa mikirin range dan konsumsi bensin.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

ExorT wrote: 14 Nov 2022, 22:37
Bibieight wrote: 14 Nov 2022, 21:22
ExorT wrote: 14 Nov 2022, 17:23
Nanya Om, untuk harga kelas ioniq 5, apakah mobil seperti Palisade dan CX9 berasa 1 kelas diatasnya?

Kalau iya, berarti secara kelas (kasta), ioniq 5 ini sekelas sama Santa Fe ya?
Ndak isa mbandingin ama CX9 & Palisade, tp sy ada 320i G20. Nah secara interior (plastik2an+empuk2an) sih terus terang sebanding, jok juga masih sama2 imitasi, rasa-rasa di pantat sama, pegangan di steering wheel sama2 aja rasanya, terus tombol2nya ya tactilenya si I5 jg ndak kalah Overall interior wise, feelnya emang msh kerasa bagusan G20, tp si I5 ya ndak ketinggalan jauh. Bantingan pintu I5 mengejutkan kedap antep gitu, giliran yg G20 yg brak :big_peace: :big_peace: :big_peace: . NVH, terus terang ya ndak isa dibandingin, yg jelas kacanya 2-2nya dah double glass laminated. 2 taun lalu pernah pegang Camry, seinget saya feelnya masih mewah I5....
Masalahnya terbesarnya cuma satu, mereknya Hyundai, coba mereknya Ioniq gitu....
Wah, sipp. Thank you penjelasannya Om!!

Maaf tanya lagi Om, misalkan kedua mobil itu available, terus jalanan lancar (ga macet), lebih pingin bawa jalan yang mana? kalau tanpa mikirin range dan konsumsi bensin.
Kalo udah paruh abad empty nest macam saya, untuk full dalkot mending Wuling, ini Ioniq panjaaaang dan lebaaaar, panjangnya sama ama Innova, lebarnya lebih lebar, belum radius putarnya yg maut banget. Bawa I5 masuk gang2 kecil di Jaksel dijamin keringatan, radius putarnya juga maut.
Yang bikin illfil ama Wuling cuma satu, harganya yg 100% ajaib :big_bored: :big_bored: :big_bored: . Kalo itu barang dilepas 125-150, amat sangat cocok buat mobil kedua... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Btw, I5 buat long range weekend driving (selama pulau Jawa) ternyata amat feasible, ke Semarang cukup cas sekali (nekat ndak perlu jg, ktnya sisa 7-11%), Surabaya Nusa Dua cukup cas sekali di Negara (katanya push sisa 7-11% jg)....
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

kalau mobil listrik, item service rutinnya apa aja asih?
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ExorT »

Bibieight wrote: 15 Nov 2022, 06:42
ExorT wrote: 14 Nov 2022, 22:37
Bibieight wrote: 14 Nov 2022, 21:22
Ndak isa mbandingin ama CX9 & Palisade, tp sy ada 320i G20. Nah secara interior (plastik2an+empuk2an) sih terus terang sebanding, jok juga masih sama2 imitasi, rasa-rasa di pantat sama, pegangan di steering wheel sama2 aja rasanya, terus tombol2nya ya tactilenya si I5 jg ndak kalah Overall interior wise, feelnya emang msh kerasa bagusan G20, tp si I5 ya ndak ketinggalan jauh. Bantingan pintu I5 mengejutkan kedap antep gitu, giliran yg G20 yg brak :big_peace: :big_peace: :big_peace: . NVH, terus terang ya ndak isa dibandingin, yg jelas kacanya 2-2nya dah double glass laminated. 2 taun lalu pernah pegang Camry, seinget saya feelnya masih mewah I5....
Masalahnya terbesarnya cuma satu, mereknya Hyundai, coba mereknya Ioniq gitu....
Wah, sipp. Thank you penjelasannya Om!!

Maaf tanya lagi Om, misalkan kedua mobil itu available, terus jalanan lancar (ga macet), lebih pingin bawa jalan yang mana? kalau tanpa mikirin range dan konsumsi bensin.
Kalo udah paruh abad empty nest macam saya, untuk full dalkot mending Wuling, ini Ioniq panjaaaang dan lebaaaar, panjangnya sama ama Innova, lebarnya lebih lebar, belum radius putarnya yg maut banget. Bawa I5 masuk gang2 kecil di Jaksel dijamin keringatan, radius putarnya juga maut.
Yang bikin illfil ama Wuling cuma satu, harganya yg 100% ajaib :big_bored: :big_bored: :big_bored: . Kalo itu barang dilepas 125-150, amat sangat cocok buat mobil kedua... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Btw, I5 buat long range weekend driving (selama pulau Jawa) ternyata amat feasible, ke Semarang cukup cas sekali (nekat ndak perlu jg, ktnya sisa 7-11%), Surabaya Nusa Dua cukup cas sekali di Negara (katanya push sisa 7-11% jg)....
Kalau ioniq 5 banding G20 gimana Om? Lebih pilih mana di garasi untuk dibawa jalan? Untuk case yg sama seperti komparasi wuling ev dan ioniq 5 diatas. Apa G20 sekarang jadi redundant?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

https://www.kia.com/id/discover-kia/ask ... nance.html

Kalau masalah baterai, mungkin nya ada mekanisme "tabungan baterai", jadi biaya ganti oli dan service berkala, dialihkan ke sini.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: 15 Nov 2022, 08:59 https://www.kia.com/id/discover-kia/ask ... nance.html

Kalau masalah baterai, mungkin nya ada mekanisme "tabungan baterai", jadi biaya ganti oli dan service berkala, dialihkan ke sini.
Battery

The battery is the most critical, expensive, and the largest component in an electric car. Depending on how you treat your electric vehicle, such as the options you make about your battery and your battery charging habits directly determines the longevity of your vehicle.

- Keep your battery charge between 20% and 80% whenever possible. Frequent full charge to the battery degrades it more quickly. Leaving the battery at a low charging state for an extended time also is a negative influence on it.

- Extreme temperature is a bad factor for the battery. EV parked in the hot sun for several hours should be strongly avoided. Extreme cold also temporarily reduces the battery range.

- For electric cars, Kia provides a battery warranty of 3 to 10 years. The coverage of Kia’s battery warranty varies, so we recommend to check our warranty page or contact an authorized Kia dealer to find out detailed information of battery warranty.



Technically... batre Lithium, dan NiMh itu optimal operating temp nya di 5 ~ 35 C
klo di luar range tsb, degrade more quickly.
prinsip kerjanya mirip lah ya sama batre laptop atau gadget, yg udah pakai Lithium.

Area high-land spt: Bandung, Malang, Batu, dsb nya ini cocok banget pk EV.
Batre jg bisa lbh awet, dibanding dipakai di kota" di Indonesia yg sejajar dgn ketinggian laut.

Hopefully di masa depan, ada teknologi batre yg lbh robust terhadap extreme temp
(terutama buat di Indonesia, yg rata" ambience temp nya bisa up to 40 C klo terik macet di siang hari)

Jd... issue range, durability anxiety bisa minimal lah, dan lbh menarik.
not just EV powah kickin yooo. :mky_02:


*disclemer
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by bensinsolar »

Bibieight wrote: 15 Nov 2022, 06:42
ExorT wrote: 14 Nov 2022, 22:37
Bibieight wrote: 14 Nov 2022, 21:22
Ndak isa mbandingin ama CX9 & Palisade, tp sy ada 320i G20. Nah secara interior (plastik2an+empuk2an) sih terus terang sebanding, jok juga masih sama2 imitasi, rasa-rasa di pantat sama, pegangan di steering wheel sama2 aja rasanya, terus tombol2nya ya tactilenya si I5 jg ndak kalah Overall interior wise, feelnya emang msh kerasa bagusan G20, tp si I5 ya ndak ketinggalan jauh. Bantingan pintu I5 mengejutkan kedap antep gitu, giliran yg G20 yg brak :big_peace: :big_peace: :big_peace: . NVH, terus terang ya ndak isa dibandingin, yg jelas kacanya 2-2nya dah double glass laminated. 2 taun lalu pernah pegang Camry, seinget saya feelnya masih mewah I5....
Masalahnya terbesarnya cuma satu, mereknya Hyundai, coba mereknya Ioniq gitu....
Wah, sipp. Thank you penjelasannya Om!!

Maaf tanya lagi Om, misalkan kedua mobil itu available, terus jalanan lancar (ga macet), lebih pingin bawa jalan yang mana? kalau tanpa mikirin range dan konsumsi bensin.
Kalo udah paruh abad empty nest macam saya, untuk full dalkot mending Wuling, ini Ioniq panjaaaang dan lebaaaar, panjangnya sama ama Innova, lebarnya lebih lebar, belum radius putarnya yg maut banget. Bawa I5 masuk gang2 kecil di Jaksel dijamin keringatan, radius putarnya juga maut.
Yang bikin illfil ama Wuling cuma satu, harganya yg 100% ajaib :big_bored: :big_bored: :big_bored: . Kalo itu barang dilepas 125-150, amat sangat cocok buat mobil kedua... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Btw, I5 buat long range weekend driving (selama pulau Jawa) ternyata amat feasible, ke Semarang cukup cas sekali (nekat ndak perlu jg, ktnya sisa 7-11%), Surabaya Nusa Dua cukup cas sekali di Negara (katanya push sisa 7-11% jg)....
Yg saya bold itu main pointnya untuk Wuling Air EV ini semoga DFSK jual dirange ini karena feel mobil EV kelas ini seperti nyetir golf cart mertua [emo-yesno]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

bensinsolar wrote: 15 Nov 2022, 09:36
Yg saya bold itu main pointnya untuk Wuling Air EV ini semoga DFSK jual dirange ini karena feel mobil EV kelas ini seperti nyetir golf cart mertua [emo-yesno]
DFSK apa sudah ada sinyal2 kapan akan launch om? Sebenernya harga produksi baterenya wuling kira2 brp ya. Kalo emang cost produksinya uda diatas 100jt an, emang sulit sih berharap dia jual dibawah 200jt.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 09:42
DFSK apa sudah ada sinyal2 kapan akan launch om? Sebenernya harga produksi baterenya wuling kira2 brp ya. Kalo emang cost produksinya uda diatas 100jt an, emang sulit sih berharap dia jual dibawah 200jt.
sbenernya yang mahal apa yah itu mobil sejauh mata memandang seperti terbuat dari recycled plastic semua ban velg aja sampe cuma pake 12inch :big_think:

apa battery nya masih import atau masalah klasik yang bikin mobil rakit lokal disini mahal : supply chain ? :big_think:

minim kalau mau harga jual 150juta ya harus NJKB nya di bawah 90 juta, itupun harus dibantu tax incentive macem LCGC. dulu kalo inget awal2 LCGC muncul NJKB kan di bawah 90 juta makanya brio E matic ga masuk LCGC
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by 3mul »

ChZ wrote: 15 Nov 2022, 10:11
kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 09:42
DFSK apa sudah ada sinyal2 kapan akan launch om? Sebenernya harga produksi baterenya wuling kira2 brp ya. Kalo emang cost produksinya uda diatas 100jt an, emang sulit sih berharap dia jual dibawah 200jt.
sbenernya yang mahal apa yah itu mobil sejauh mata memandang seperti terbuat dari recycled plastic semua ban velg aja sampe cuma pake 12inch :big_think:

apa battery nya masih import atau masalah klasik yang bikin mobil rakit lokal disini mahal : supply chain ? :big_think:

minim kalau mau harga jual 150juta ya harus NJKB nya di bawah 90 juta, itupun harus dibantu tax incentive macem LCGC. dulu kalo inget awal2 LCGC muncul NJKB kan di bawah 90 juta makanya brio E matic ga masuk LCGC
Yg bikin mahal ya cuannya :big_grin: :big_grin:
Secara NJKB versi long range cuma 166jt. Pajak dan biaya2 taruhlah 40%. Jadi total NJKB + pajak = 232jt.
Dgn harga jual hampir 300jt, berarti cuannya sekitar 60jt an lho :big_love: :big_love:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

3mul wrote: 15 Nov 2022, 11:10
Yg bikin mahal ya cuannya :big_grin: :big_grin:
Secara NJKB versi long range cuma 166jt. Pajak dan biaya2 taruhlah 40%. Jadi total NJKB + pajak = 232jt.
Dgn harga jual hampir 300jt, berarti cuannya sekitar 60jt an lho :big_love: :big_love:
nahh pdhl bukannya malah ni mobil harusnya ringan pajaknya ya ? kyknya kan pemerintah jg lagi jor joran ringanin pajak EV :big_think:

kalau LMPV yang harganya 300 juta ambil contoh veloz apa stargazer gt NJKBnya berapa yah :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 15 Nov 2022, 10:11
kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 09:42
DFSK apa sudah ada sinyal2 kapan akan launch om? Sebenernya harga produksi baterenya wuling kira2 brp ya. Kalo emang cost produksinya uda diatas 100jt an, emang sulit sih berharap dia jual dibawah 200jt.
sbenernya yang mahal apa yah itu mobil sejauh mata memandang seperti terbuat dari recycled plastic semua ban velg aja sampe cuma pake 12inch :big_think:

apa battery nya masih import atau masalah klasik yang bikin mobil rakit lokal disini mahal : supply chain ? :big_think:

minim kalau mau harga jual 150juta ya harus NJKB nya di bawah 90 juta, itupun harus dibantu tax incentive macem LCGC. dulu kalo inget awal2 LCGC muncul NJKB kan di bawah 90 juta makanya brio E matic ga masuk LCGC
3mul wrote: 15 Nov 2022, 11:10
ChZ wrote: 15 Nov 2022, 10:11
kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 09:42
DFSK apa sudah ada sinyal2 kapan akan launch om? Sebenernya harga produksi baterenya wuling kira2 brp ya. Kalo emang cost produksinya uda diatas 100jt an, emang sulit sih berharap dia jual dibawah 200jt.
sbenernya yang mahal apa yah itu mobil sejauh mata memandang seperti terbuat dari recycled plastic semua ban velg aja sampe cuma pake 12inch :big_think:

apa battery nya masih import atau masalah klasik yang bikin mobil rakit lokal disini mahal : supply chain ? :big_think:

minim kalau mau harga jual 150juta ya harus NJKB nya di bawah 90 juta, itupun harus dibantu tax incentive macem LCGC. dulu kalo inget awal2 LCGC muncul NJKB kan di bawah 90 juta makanya brio E matic ga masuk LCGC
Yg bikin mahal ya cuannya :big_grin: :big_grin:
Secara NJKB versi long range cuma 166jt. Pajak dan biaya2 taruhlah 40%. Jadi total NJKB + pajak = 232jt.
Dgn harga jual hampir 300jt, berarti cuannya sekitar 60jt an lho :big_love: :big_love:
Kalo NJKB 166jt ya mungkin bener baterenya hampir 100jt kali ya.
Kalo cuan bersih 60jt ada kemungkinan ga ya kalo oversupply bisa dpt diskon gede? :big_grin:
ChZ wrote: 15 Nov 2022, 11:16
3mul wrote: 15 Nov 2022, 11:10
Yg bikin mahal ya cuannya :big_grin: :big_grin:
Secara NJKB versi long range cuma 166jt. Pajak dan biaya2 taruhlah 40%. Jadi total NJKB + pajak = 232jt.
Dgn harga jual hampir 300jt, berarti cuannya sekitar 60jt an lho :big_love: :big_love:
nahh pdhl bukannya malah ni mobil harusnya ringan pajaknya ya ? kyknya kan pemerintah jg lagi jor joran ringanin pajak EV :big_think:

kalau LMPV yang harganya 300 juta ambil contoh veloz apa stargazer gt NJKBnya berapa yah :big_think:
Insentif pajak bwat EV skrng apa aja sih om vs ICE?
Harusnya kaya norway ya subsidinya dimana2 kalo pake EV. Baca berita terbaru 80% penjualan mobil disana udah EV. Kalo mo sukses jd negara carbon neutral ya harus contoh scandinavian kayanya. Mereka generate listriknya pun pake hydropower.

Kalo pemerintah serius sih harusnya jgn cuma pajak yg dpt insentif, margin keuntungan atpm jg harus diregulasi. Jgn pajak dimurahin tp ngambil untung seenaknya, sama aja bohong.

https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... pet-avanza

Njkb stargazer, veloz antara 150-200an kecil. Paling mendekati wuling, si stargazer di tipe trend MT (NJKB 167jt) harga otr di web hyundai 263.300.000.
Ya kalo jd pemain satu2nya bebas sih emang mo kasih harga brp, laen sama stargazer yg dikelasnya harus baku hantam sama merk lain :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

ExorT wrote: 15 Nov 2022, 06:59 Kalau ioniq 5 banding G20 gimana Om? Lebih pilih mana di garasi untuk dibawa jalan? Untuk case yg sama seperti komparasi wuling ev dan ioniq 5 diatas. Apa G20 sekarang jadi redundant?
Overall redundant, jadi kalo sekarang yang jadi workhorse yg I5, berhubung masih butuh mobil dua, yg I5 dipake buat yang jaraknya lebih jauh atau yg jalurnya macet. Saya kalo main jauh atau lukot sekarang malah yg keluar yang I5, bingung bawa G20 buat ngapain, dalkot macet, main jauh capek, lagian secara umur stamina dah ndak bisa main spirited driving lama2.
Tp istri veto kalo saya mau buang G20, dia masih sayang sama suara revving-nya G20 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .....
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by 3mul »

ChZ wrote: 15 Nov 2022, 11:16 nahh pdhl bukannya malah ni mobil harusnya ringan pajaknya ya ? kyknya kan pemerintah jg lagi jor joran ringanin pajak EV :big_think:

kalau LMPV yang harganya 300 juta ambil contoh veloz apa stargazer gt NJKBnya berapa yah :big_think:
betoooll.. BBNKBnya cuma 200 ribuan :big_grin:

ini NJKB stargeser: Hyundai Stargazer Prime 1.5 4x2 A/T - Rp 202.000.000
+asumsi pajak 40%: 282.8jt

harga jual: Prime 1.5 CVT 7P Single Tone Rp.307.100.000,-

berarti cuan 24 juta dowang :big_slap: :big_slap: :big_slap:
kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 11:18 Kalo NJKB 166jt ya mungkin bener baterenya hampir 100jt kali ya.
Kalo cuan bersih 60jt ada kemungkinan ga ya kalo oversupply bisa dpt diskon gede? :big_grin:
tunggu aja 1-2 taun lagi setelah hype-nya hilang dan orang2 tahu kualitas sesungguhnya :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 11:18 Insentif pajak bwat EV skrng apa aja sih om vs ICE?
Harusnya kaya norway ya subsidinya dimana2 kalo pake EV. Baca berita terbaru 80% penjualan mobil disana udah EV. Kalo mo sukses jd negara carbon neutral ya harus contoh scandinavian kayanya. Mereka generate listriknya pun pake hydropower.

Kalo pemerintah serius sih harusnya jgn cuma pajak yg dpt insentif, margin keuntungan atpm jg harus diregulasi. Jgn pajak dimurahin tp ngambil untung seenaknya, sama aja bohong.

https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... pet-avanza

Njkb stargazer, veloz antara 150-200an kecil. Paling mendekati wuling, si stargazer di tipe trend MT (NJKB 167jt) harga otr di web hyundai 263.300.000.
Ya kalo jd pemain satu2nya bebas sih emang mo kasih harga brp, laen sama stargazer yg dikelasnya harus baku hantam sama merk lain :big_biglaugh:
Ntah om seingat ane kan revisi2an pajak itu buat hybrid juga gak ajaib macem dulu tesla dibilang 6000cc :big_biglaugh:

Indo kyknya lebih cocok hydrogen, soalnya alesan toyota ngembangin hydrogen kan jg alasan geografis jepang lbh cocok pake hydrogen :mky_03:

kalau incentives buat mbl jenis apapun tetep ga setuju, malah nurut ane yg harus diberi insentif yang ke kantor jalan kaki atau punya anak di bawah 2 :big_grin: lebih ngaruh ke nett emisi.

Kalo dipajakin kan nanti ribet lg tau sendiri lapor pajak di sini belibet :big_biglaugh:

tp bener di sini hrs ada regulasi kartel :big_slap: mau direvisi kayak apapun, ntah kenapa kenaikan harganya sedikit kurang wajar :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

Kenapa mobil listrik harus dari yang mahal dulu?
Apa susahnya bikin model avanza dikasih baterai...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

ilhami wrote: 15 Nov 2022, 12:37 Kenapa mobil listrik harus dari yang mahal dulu?
Apa susahnya bikin model avanza dikasih baterai...
Avanza dikasi batere nembus 500 jt jg kali om...itu wulink ev kecil mungil aja udah 300jeti :big_think:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 13:16
ilhami wrote: 15 Nov 2022, 12:37 Kenapa mobil listrik harus dari yang mahal dulu?
Apa susahnya bikin model avanza dikasih baterai...
Avanza dikasi batere nembus 500 jt jg kali om...itu wulink ev kecil mungil aja udah 300jeti :big_think:
Kalo diberita dimari https://www.idxchannel.com/economics/te ... eng-geleng harganya 414.5 juta buat yg LR. Kapasitas 72.8 kWh, jadi per kWh = 5.7 juta. Taruh Avanza kasih 40 kWh, batere doang dah kena 230 juta.... Taruh mesin + girbox dibuang tapi diganti motor listrik+charger+inverter, cuma ngurangin harga 50 juta-an, Veloz dah 300 juta, dikurangi 50 juta tambah 230 juta dah 470 juta... Tinggal itu insentif BM Import + PPnBM + BBN dimakan TAM atau dipass ke customer, kalo dimakan TAM berarti bener harga 500 juta kurang dikit atau lebih dikit, kalo di pass ke customer bisa 400 juta kurang dikit lebih dikit....

Wuling kalo pake itung2an 5.7 jt per kWh, batere doang 27 kWh x 5.7 juta = 150 juta, sisanya tinggal itung2an dianggep pantes 150 juta ndak, atau si BZ4X 5.7 x 71 = 404 juta, jadi sisanya yg 800 juta bener ndak harga segitu :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

ilhami wrote: 15 Nov 2022, 12:37 Kenapa mobil listrik harus dari yang mahal dulu?
Apa susahnya bikin model avanza dikasih baterai...
jawabannya ada di sini om



masalah terbesar EV itu packaging. untuk mencapai performa sama dgn gasoline/diesel engine butuh baterai yang.... enormous. makanya itu kenapa air EV jg tenaganya cuma 40hp dan 0-100 nya 20 detik lebih. itu bahkan blm mendekati performa mesin 1KR agya. kabin pasti tidak bisa spacious, sebagian ruang kabin hrs dikorbankan buat baterai. kona EV aja jadi ceper banget karena platformnya tidak didesain dari ground-up untuk EV.

kedua yang klasik ya cost tinggi. utk mobil sama aja kona EV dan MG ZS EV itu 200jt-300jt lebih mahal dari versi gasoline... itu tentu saja dengan sudah ikut aturan pajak sekarang. pdhl dua model ini kan yang harapannya ke mass market.

nurut ane mobil kecil mah masih lebih efisien mesin kecil + mild hybrid ga usah dipaksain EV juga... perkembangan nanti sepertinya gak mungkin 100% EV atau 100% ICE juga apalagi sekarang aja udah gak wkwkwkwk.

100% EV kendala di infrastruktur, udah gak perlu denial tidak realistis ganti semua pom bensin jadi pom listrik :big_biglaugh: nanti kebijakan ban ICE jg bakal "disesuaikan" dengan sendirinya :mky_03:

mobil besar lebih efisien pake PHEV dengan range batre 40-50km aja toh dalem kota jg paling jalan segini luar kota dan towing ttp lebih efisien pake bensin. di real world range mobil listrik buat high load cepet dropnya apalagi kalo sama towing.

ini masalah right tool for the right job aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ExorT »

Ada pernah baca entah dimana, kalau harga listrik bisa ditekan semurah mungkin sekarang, shifting industry nya jadi terlalu cepat.

Singkatnya, mereka tidak bisa mengimbangi demand dan supply.

Dari posting2an diatas saja, bilang kalau harga 150an juta untuk WEV, bakal mau cobain.

Contoh di Eropa, VW ID yang tidak murah saja laris inden berbulan2. Merk2 lain juga rata2 sama.

Mobil EV di Eropa, sudah pasti sangat besar persentase nya yang beli itu dipakai sebagai company car (leasing). Jadi mereka tidak peduli masalah teknis dll, apalagi garansi sangat panjang. Minimal 2 tahun juga bisa diganti mobil baru sama company nya.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by wicaksono99 »

ChZ wrote: 15 Nov 2022, 12:08
kendibocor wrote: 15 Nov 2022, 11:18 Insentif pajak bwat EV skrng apa aja sih om vs ICE?
Harusnya kaya norway ya subsidinya dimana2 kalo pake EV. Baca berita terbaru 80% penjualan mobil disana udah EV. Kalo mo sukses jd negara carbon neutral ya harus contoh scandinavian kayanya. Mereka generate listriknya pun pake hydropower.

Kalo pemerintah serius sih harusnya jgn cuma pajak yg dpt insentif, margin keuntungan atpm jg harus diregulasi. Jgn pajak dimurahin tp ngambil untung seenaknya, sama aja bohong.

https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... pet-avanza

Njkb stargazer, veloz antara 150-200an kecil. Paling mendekati wuling, si stargazer di tipe trend MT (NJKB 167jt) harga otr di web hyundai 263.300.000.
Ya kalo jd pemain satu2nya bebas sih emang mo kasih harga brp, laen sama stargazer yg dikelasnya harus baku hantam sama merk lain :big_biglaugh:
Ntah om seingat ane kan revisi2an pajak itu buat hybrid juga gak ajaib macem dulu tesla dibilang 6000cc :big_biglaugh:

Indo kyknya lebih cocok hydrogen, soalnya alesan toyota ngembangin hydrogen kan jg alasan geografis jepang lbh cocok pake hydrogen :mky_03:

kalau incentives buat mbl jenis apapun tetep ga setuju, malah nurut ane yg harus diberi insentif yang ke kantor jalan kaki atau punya anak di bawah 2 :big_grin: lebih ngaruh ke nett emisi.

Kalo dipajakin kan nanti ribet lg tau sendiri lapor pajak di sini belibet :big_biglaugh:

tp bener di sini hrs ada regulasi kartel :big_slap: mau direvisi kayak apapun, ntah kenapa kenaikan harganya sedikit kurang wajar :ungg:
Jepang kembangin hidrogen karna tau EV tidak efisien proses recharge listriknya, butuh waktu lama (fast charging ngorbanin umur baterai). Hidrogen dipake karna pengisiannya lebih cepet hanya butuh sekitar 5-10mnt untuk isi hidrogen pada transportasi bus. Hidrogen kendalanya butuh storage cryogenic dan suhu minus, pas pengisian kendalanya nozzlenya beku. Keuntungan hidrogen itu tanpa emisi, sebagai cooling sekaligus daya untuk baterainya juga.

Indonesia mau pakai hidrogen? Halah, itu spbg aja lambat banget ngejamurnya... Hidrogen lebih rumit penanganan stasiun pengisiannya dibanding spbg. Cuma jadi bahan pengadaan gak jelas doang nanti sama pemerintah.
Saya cukup pakai CNG aja, murah dan ramah lingkungan meskipun spbg ga sebanyak spbu. Toh pengeluaran untuk bahan bakar udah kepangkas 55% sendiri dari sebelumnya pakai pertalite.. :big_grin:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post