Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

wicaksono99 wrote: Tue Nov 15, 2022 7:13
Jepang kembangin hidrogen karna tau EV tidak efisien proses recharge listriknya, butuh waktu lama (fast charging ngorbanin umur baterai). Hidrogen dipake karna pengisiannya lebih cepet hanya butuh sekitar 5-10mnt untuk isi hidrogen pada transportasi bus. Hidrogen kendalanya butuh storage cryogenic dan suhu minus, pas pengisian kendalanya nozzlenya beku. Keuntungan hidrogen itu tanpa emisi, sebagai cooling sekaligus daya untuk baterainya juga.

Indonesia mau pakai hidrogen? Halah, itu spbg aja lambat banget ngejamurnya... Hidrogen lebih rumit penanganan stasiun pengisiannya dibanding spbg. Cuma jadi bahan pengadaan gak jelas doang nanti sama pemerintah.
Saya cukup pakai CNG aja, murah dan ramah lingkungan meskipun spbg ga sebanyak spbu. Toh pengeluaran untuk bahan bakar udah kepangkas 55% sendiri dari sebelumnya pakai pertalite.. :big_grin:
jgn lupa om jepang gak mau betting on electric only soalnya percuma energy mereka jg selama ini impor sementara resource mereka yang ada cuma negara kepulauan dikelilingi aer :big_biglaugh:

indo kan biasa latah om, tergantung bisnis apa yang lagi ngejamur :mky_03: SPKLU jg practically non existent di luar jakarta :mky_03:

btw dulu waktu pertama rame CNG juga saya pernah coba mobil demo pertamina innova reborn bensin pake CNG sekilas deket deket aja gak berasa bedanya bensin sama pake gas :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Tue Nov 15, 2022 6:33 100% EV kendala di infrastruktur, udah gak perlu denial tidak realistis ganti semua pom bensin jadi pom listrik :big_biglaugh: nanti kebijakan ban ICE jg bakal "disesuaikan" dengan sendirinya :mky_03:
Ini akan kejadian pertama di fast charger di jalan tol, kalo tetep cuma ada satu atau dua colokan, 6 bulan kedepan bakal seru di jalan tol. Kemarin aja saya ke Semarang pas bareng sejalan ama Ioniq lain, ya ketemu di situ2 aja berdua. Di 207A charger 50kWh dua colokan CCS (tapi ternyata stroom paroan @ 25 kWh per mobil), di Semarang ketemuan lagi, cuma ada 2 colokan DC, PLN Jatingaleh + PLN Pemuda, gantian deh di Jatingaleh.
Untung masih pada early adopter sopan2 semua, pada saling pengertian, "Pak saya ke semarang koq, ntar saya cas dihotel Santika, lagian dah 70%, saya jalan ya biar bapak cas dulu", bayangin kerna gara2 wajib mobil listrik yang dateng rombongan wiu2 bekas pemakai duo gadjah-arrowgun bisa2 saya di :big_slap: :big_slap: :big_slap: ....
Kalo di rumah, perlu ada peta daerah2 mana yang trafo 20 kVa ke 220 va dah 70% kapasitas, kalo ndak semua ngecas malem bisa turun ke 170 volt tu sekompleks :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ....

Pengalaman pribadi (kemaren pertama2nya ke Jawa pake mobil listrik), paling pantes kalo per 200-an km dr pusat populasi besar (Jkt, Sby, Bandung, Smrg) perlu ada 5-an fast DC yg 150 kW (ini mentoknya BZ4X). Asumsi besok2 mobil kelas 400-500an juta pada pakai batere pack 40 kWh dengan konsumsi 8km/kWh (std Ioniq lama), kalau pada keluar rumah 100%, jarak 200-an km habis 60%, atau 25an kWh, di mesin 150 kW ini bisa dapet 15an menit, jadi sejam bisa isi mobil 20 unit khusus buat orang yg buru2, antri kencingpun ndak ada yg kurang dr 15 menit kan ?. Nah yg colok di mesin ini dikasih menit, penuh ndak pergi kena surcharge 10.000/5 menit :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Selain mesin 150 kW, bisa dipasangin mesin 25 kW buat orang yang mau makan +/1 jam, ini mesin bisa dibanyakin lah, bangsa 20an unit, jadi total di rest area pivot sejam jalan bisa ambil 40 mobil.
Nah buat padding kapasitas, semua rest area trans jawa mestinya ada 2-4 mesin kapasitas 25 kWh, buat orang antisipasi lupa cas, atau males antri di cas2an kapasitas besar.
Kalo cek google, pantes itu di rest area Cirebon (km 207), abis gitu rest area Batang (km 391) buat yang ndak mau masuk Semarang, terus rest area Ngawi (km 575) buat yang mau bablas ke Surabaya. Nah semua tempat ini kan Travoy (punya Jasa Marga), berarti bisa diukur wajib listrik ini lip service atau bener2 niat, kalo 6 bulan kedepan di tempat2 ini dibanyakinfast charger berarti serius, kalo ndak ya cuma lip service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

Nah kenapa ndak ada cas2an di wilayah Joglosemar, lha antara Semarang-Salatiga-Solo-Joga kan range-nya < 200 km semua, ya pada cas di rumah masing2 atau mal2 tempat tujuan laah :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Contoh, masa ke Dusun Semilir cuman sejam, kan ndak ?, minimal 2 jam, kalo pake Wallbox 7 kW udah 14 kW dah separoh penuh...

Jadi malah rasa2nya si ndak perlu ganti pom bensin jadi pom stroom, cukup bikin titik2 hub pom stroom kapasitas tinggi, dipadding kapasitas di sekelilingnya, sama banyakin AC level 2 (7kW) di mall2/kantor2 di kota2nya...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Tue Nov 15, 2022 7:43
Ini akan kejadian pertama di fast charger di jalan tol, kalo tetep cuma ada satu atau dua colokan, 6 bulan kedepan bakal seru di jalan tol. Kemarin aja saya ke Semarang pas bareng sejalan ama Ioniq lain, ya ketemu di situ2 aja berdua. Di 207A charger 50kWh dua colokan CCS (tapi ternyata stroom paroan @ 25 kWh per mobil), di Semarang ketemuan lagi, cuma ada 2 colokan DC, PLN Jatingaleh + PLN Pemuda, gantian deh di Jatingaleh.
Untung masih pada early adopter sopan2 semua, pada saling pengertian, "Pak saya ke semarang koq, ntar saya cas dihotel Santika, lagian dah 70%, saya jalan ya biar bapak cas dulu", bayangin kerna gara2 wajib mobil listrik yang dateng rombongan wiu2 bekas pemakai duo gadjah-arrowgun bisa2 saya di :big_slap: :big_slap: :big_slap: ....
Kalo di rumah, perlu ada peta daerah2 mana yang trafo 20 kVa ke 220 va dah 70% kapasitas, kalo ndak semua ngecas malem bisa turun ke 170 volt tu sekompleks :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ....

Pengalaman pribadi (kemaren pertama2nya ke Jawa pake mobil listrik), paling pantes kalo per 200-an km dr pusat populasi besar (Jkt, Sby, Bandung, Smrg) perlu ada 5-an fast DC yg 150 kW (ini mentoknya BZ4X). Asumsi besok2 mobil kelas 400-500an juta pada pakai batere pack 40 kWh dengan konsumsi 8km/kWh (std Ioniq lama), kalau pada keluar rumah 100%, jarak 200-an km habis 60%, atau 25an kWh, di mesin 150 kW ini bisa dapet 15an menit, jadi sejam bisa isi mobil 20 unit khusus buat orang yg buru2, antri kencingpun ndak ada yg kurang dr 15 menit kan ?. Nah yg colok di mesin ini dikasih menit, penuh ndak pergi kena surcharge 10.000/5 menit :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Selain mesin 150 kW, bisa dipasangin mesin 25 kW buat orang yang mau makan +/1 jam, ini mesin bisa dibanyakin lah, bangsa 20an unit, jadi total di rest area pivot sejam jalan bisa ambil 40 mobil.
Nah buat padding kapasitas, semua rest area trans jawa mestinya ada 2-4 mesin kapasitas 25 kWh, buat orang antisipasi lupa cas, atau males antri di cas2an kapasitas besar.
Kalo cek google, pantes itu di rest area Cirebon (km 207), abis gitu rest area Batang (km 391) buat yang ndak mau masuk Semarang, terus rest area Ngawi (km 575) buat yang mau bablas ke Surabaya. Nah semua tempat ini kan Travoy (punya Jasa Marga), berarti bisa diukur wajib listrik ini lip service atau bener2 niat, kalo 6 bulan kedepan di tempat2 ini dibanyakinfast charger berarti serius, kalo ndak ya cuma lip service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

Nah kenapa ndak ada cas2an di wilayah Joglosemar, lha antara Semarang-Salatiga-Solo-Joga kan range-nya < 200 km semua, ya pada cas di rumah masing2 atau mal2 tempat tujuan laah :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Contoh, masa ke Dusun Semilir cuman sejam, kan ndak ?, minimal 2 jam, kalo pake Wallbox 7 kW udah 14 kW dah separoh penuh...

Jadi malah rasa2nya si ndak perlu ganti pom bensin jadi pom stroom, cukup bikin titik2 hub pom stroom kapasitas tinggi, dipadding kapasitas di sekelilingnya, sama banyakin AC level 2 (7kW) di mall2/kantor2 di kota2nya...
wah kl nanti bau bau drama tuh musim mudik lebaran :mky_03: d sini antri bensin aja bisa gelut, apalagi mudik lebaran. modelan d sini pergi biasa tanpa persiapan cuss aja panik-panik chargernya penuh musuh emak-emak atau bapack2 oknum aparat kan susah :ungg:

btw di semarang om jangan2 kita papasan neh :big_biglaugh: plat L bukan om :big_biglaugh: 2 kali liat ioniq5 warna doff keliaran plat L jangan2 itu om :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ExorT »

Bibieight wrote: Tue Nov 15, 2022 7:43 ...

Kalo cek google, pantes itu di rest area Cirebon (km 207), abis gitu rest area Batang (km 391) buat yang ndak mau masuk Semarang, terus rest area Ngawi (km 575) buat yang mau bablas ke Surabaya. Nah semua tempat ini kan Travoy (punya Jasa Marga), berarti bisa diukur wajib listrik ini lip service atau bener2 niat, kalo 6 bulan kedepan di tempat2 ini dibanyakinfast charger berarti serius, kalo ndak ya cuma lip service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

...

Konon charger yang di pakai di G20 Bali sekarang juga bakalan dipindah dan disebear ke Jawa juga. Harusnya sih ke Rest Area ya, mau dimana lagi paling tepatnya kalau ga disitu.

Kalau dari Surabaya ke Nusa dua, lebih baiknya berhenti di Banyunwagi. Ada dealer Hyundai dan beberapa hotel yang nyediain charging station buat mobil listrik. Kalau maksa berhenti di Negara udah agak rawan dan banyak faktor yang tidak bisa diprediksi. Mana akomodasi juga poor disana.

Untuk di Bali sendiri sih, kayaknya ideal sekali untuk dibangun ekosistem mobil listrik. Malah ada 2 SPKLU dengan jarak cuman sekitar 200 meteran. Dan yang paling ideal memang SUV kompak seukuran HRV/kona dengan GC yang tinggi. GC tinggi is a must di Bali.

Btw diskusi di page belakang damai ya, jadi enjoy baca-nya :mky_02:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Tue Nov 15, 2022 8:11
Bibieight wrote: Tue Nov 15, 2022 7:43
Ini akan kejadian pertama di fast charger di jalan tol, kalo tetep cuma ada satu atau dua colokan, 6 bulan kedepan bakal seru di jalan tol. Kemarin aja saya ke Semarang pas bareng sejalan ama Ioniq lain, ya ketemu di situ2 aja berdua. Di 207A charger 50kWh dua colokan CCS (tapi ternyata stroom paroan @ 25 kWh per mobil), di Semarang ketemuan lagi, cuma ada 2 colokan DC, PLN Jatingaleh + PLN Pemuda, gantian deh di Jatingaleh.
Untung masih pada early adopter sopan2 semua, pada saling pengertian, "Pak saya ke semarang koq, ntar saya cas dihotel Santika, lagian dah 70%, saya jalan ya biar bapak cas dulu", bayangin kerna gara2 wajib mobil listrik yang dateng rombongan wiu2 bekas pemakai duo gadjah-arrowgun bisa2 saya di :big_slap: :big_slap: :big_slap: ....
Kalo di rumah, perlu ada peta daerah2 mana yang trafo 20 kVa ke 220 va dah 70% kapasitas, kalo ndak semua ngecas malem bisa turun ke 170 volt tu sekompleks :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ....

Pengalaman pribadi (kemaren pertama2nya ke Jawa pake mobil listrik), paling pantes kalo per 200-an km dr pusat populasi besar (Jkt, Sby, Bandung, Smrg) perlu ada 5-an fast DC yg 150 kW (ini mentoknya BZ4X). Asumsi besok2 mobil kelas 400-500an juta pada pakai batere pack 40 kWh dengan konsumsi 8km/kWh (std Ioniq lama), kalau pada keluar rumah 100%, jarak 200-an km habis 60%, atau 25an kWh, di mesin 150 kW ini bisa dapet 15an menit, jadi sejam bisa isi mobil 20 unit khusus buat orang yg buru2, antri kencingpun ndak ada yg kurang dr 15 menit kan ?. Nah yg colok di mesin ini dikasih menit, penuh ndak pergi kena surcharge 10.000/5 menit :big_peace: :big_peace: :big_peace: .
Selain mesin 150 kW, bisa dipasangin mesin 25 kW buat orang yang mau makan +/1 jam, ini mesin bisa dibanyakin lah, bangsa 20an unit, jadi total di rest area pivot sejam jalan bisa ambil 40 mobil.
Nah buat padding kapasitas, semua rest area trans jawa mestinya ada 2-4 mesin kapasitas 25 kWh, buat orang antisipasi lupa cas, atau males antri di cas2an kapasitas besar.
Kalo cek google, pantes itu di rest area Cirebon (km 207), abis gitu rest area Batang (km 391) buat yang ndak mau masuk Semarang, terus rest area Ngawi (km 575) buat yang mau bablas ke Surabaya. Nah semua tempat ini kan Travoy (punya Jasa Marga), berarti bisa diukur wajib listrik ini lip service atau bener2 niat, kalo 6 bulan kedepan di tempat2 ini dibanyakinfast charger berarti serius, kalo ndak ya cuma lip service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

Nah kenapa ndak ada cas2an di wilayah Joglosemar, lha antara Semarang-Salatiga-Solo-Joga kan range-nya < 200 km semua, ya pada cas di rumah masing2 atau mal2 tempat tujuan laah :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Contoh, masa ke Dusun Semilir cuman sejam, kan ndak ?, minimal 2 jam, kalo pake Wallbox 7 kW udah 14 kW dah separoh penuh...

Jadi malah rasa2nya si ndak perlu ganti pom bensin jadi pom stroom, cukup bikin titik2 hub pom stroom kapasitas tinggi, dipadding kapasitas di sekelilingnya, sama banyakin AC level 2 (7kW) di mall2/kantor2 di kota2nya...
wah kl nanti bau bau drama tuh musim mudik lebaran :mky_03: d sini antri bensin aja bisa gelut, apalagi mudik lebaran. modelan d sini pergi biasa tanpa persiapan cuss aja panik-panik chargernya penuh musuh emak-emak atau bapack2 oknum aparat kan susah :ungg:

btw di semarang om jangan2 kita papasan neh :big_biglaugh: plat L bukan om :big_biglaugh: 2 kali liat ioniq5 warna doff keliaran plat L jangan2 itu om :big_biglaugh:
Yang saya jiper itu emang ketemu emak2 bini pezabat pake Ioniq 5 lupa ngecas.... :big_bored: :big_bored: :big_bored: ....

Bukaaan, plaat saya B koq... Tapi saya kaget juga lho, di Semarang ini saya ketemu Ioniq 5 dua kali, tapi memang lebih sering lagi ketemu si kutu Woolenk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... kemaren balik Jkt ngecas di Jatingaleh tetangganya Woolenk Pink (untung cewe yg pake :mky_01: :mky_01: :mky_01: )....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Tue Nov 15, 2022 8:29 Yang saya jiper itu emang ketemu emak2 bini pezabat pake Ioniq 5 lupa ngecas.... :big_bored: :big_bored: :big_bored: ....

Bukaaan, plaat saya B koq... Tapi saya kaget juga lho, di Semarang ini saya ketemu Ioniq 5 dua kali, tapi memang lebih sering lagi ketemu si kutu Woolenk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... kemaren balik Jkt ngecas di Jatingaleh tetangganya Woolenk Pink (untung cewe yg pake :mky_01: :mky_01: :mky_01: )....
Nahhh kl bini pejabat kyknya mending alokasiin waktu istirahat lbh lama mbah emg disuruh nongkrong dulu, panjang dramanya bisa bawa bawa jabatan :big_biglaugh:

Hooo kirain soalnya saya ktm mobil sama 2x :big_biglaugh: ... Woleng ev surprisingly banyak jg emang di sini sering kl lampu merah nyelap nyelip kayak kutu, kurang ajar :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: Tue Nov 15, 2022 7:43 Jadi malah rasa2nya si ndak perlu ganti pom bensin jadi pom stroom, cukup bikin titik2 hub pom stroom kapasitas tinggi, dipadding kapasitas di sekelilingnya, sama banyakin AC level 2 (7kW) di mall2/kantor2 di kota2nya...
paling tar kaya video2 tesla supercharging yang ownernya pada berantem, panggil2 police.
kalau di indo ya paling video viral rebutan isi listrik entah ribut2 lisan atau berantem beneran dengan sejuta komen yang bikin tambah kaya yang repost tu video terus ga lama keluar video ttd meterai ceban :upss:

EV ini memang akan mengubah banyak kebiasaan. terutama dari segi isi ulang ya. biasin full charge di rumah, biasain road planning, biasain nungguin isi ulang, dsb.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

ExorT wrote: Tue Nov 15, 2022 8:14
Bibieight wrote: Tue Nov 15, 2022 7:43 ...

Kalo cek google, pantes itu di rest area Cirebon (km 207), abis gitu rest area Batang (km 391) buat yang ndak mau masuk Semarang, terus rest area Ngawi (km 575) buat yang mau bablas ke Surabaya. Nah semua tempat ini kan Travoy (punya Jasa Marga), berarti bisa diukur wajib listrik ini lip service atau bener2 niat, kalo 6 bulan kedepan di tempat2 ini dibanyakinfast charger berarti serius, kalo ndak ya cuma lip service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...

...

Konon charger yang di pakai di G20 Bali sekarang juga bakalan dipindah dan disebear ke Jawa juga. Harusnya sih ke Rest Area ya, mau dimana lagi paling tepatnya kalau ga disitu.

Kalau dari Surabaya ke Nusa dua, lebih baiknya berhenti di Banyunwagi. Ada dealer Hyundai dan beberapa hotel yang nyediain charging station buat mobil listrik. Kalau maksa berhenti di Negara udah agak rawan dan banyak faktor yang tidak bisa diprediksi. Mana akomodasi juga poor disana.

Untuk di Bali sendiri sih, kayaknya ideal sekali untuk dibangun ekosistem mobil listrik. Malah ada 2 SPKLU dengan jarak cuman sekitar 200 meteran. Dan yang paling ideal memang SUV kompak seukuran HRV/kona dengan GC yang tinggi. GC tinggi is a must di Bali.

Btw diskusi di page belakang damai ya, jadi enjoy baca-nya :mky_02:
Maap ya om kemaren bikin rusuh :mky_01:

Yg ane bingung kalo populasi EV tambah banyak, kalo kaya lebaran/liburan panjang segala gimana tuh. Kalo emang serius ngepush jd EV, bukan hanya SPKLU yg dibanyakin, jalanan jg harus diperlebar kayanya. Sekarang tol transjawa aja cuma 2 baris, untuk akomodir transport saat lebaran dan liburan panjang aja uda ngos2an. Rest area juga kalo lagi padat bakal jadi simpul kemacetan. Kalo mudik kebanyakan orang cuma ngisi bensin, Ke toilet, beli cemilan. Hitung lah kasarnya ketiga kegiatan itu rata2 10-15mnt/mbl. Itu aja sukses bikin kemacetan panjang bisa berapa km sblm tuh rest area. Kalo EV uda menjamur dan musti antri ngecharge kurleb 1jam/mobil jadi kaya apa tuh macetnya.

Di china uda mulai kejadian kaya gini pas libur nasional, ga bisa dibayangin gimana disini kalo pas mudik

https://www.chinadaily.com.cn/a/202110/ ... 6e0b7.html
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

bikin SPKLU jauh lebih mudah, ngga perlu bikin tangki pendam untuk 5 jenis BBM.
Nanti juga banyak, kalau pemilik mobil listrik sudah menjamur.
sambil berhenti di rest area 1 jam, sudah full charge lagi.
Hotel, resto juga bisa bikin di parkirannya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Tue Nov 15, 2022 17:50
Maap ya om kemaren bikin rusuh :mky_01:

Yg ane bingung kalo populasi EV tambah banyak, kalo kaya lebaran/liburan panjang segala gimana tuh. Kalo emang serius ngepush jd EV, bukan hanya SPKLU yg dibanyakin, jalanan jg harus diperlebar kayanya. Sekarang tol transjawa aja cuma 2 baris, untuk akomodir transport saat lebaran dan liburan panjang aja uda ngos2an. Rest area juga kalo lagi padat bakal jadi simpul kemacetan. Kalo mudik kebanyakan orang cuma ngisi bensin, Ke toilet, beli cemilan. Hitung lah kasarnya ketiga kegiatan itu rata2 10-15mnt/mbl. Itu aja sukses bikin kemacetan panjang bisa berapa km sblm tuh rest area. Kalo EV uda menjamur dan musti antri ngecharge kurleb 1jam/mobil jadi kaya apa tuh macetnya.

Di china uda mulai kejadian kaya gini pas libur nasional, ga bisa dibayangin gimana disini kalo pas mudik

https://www.chinadaily.com.cn/a/202110/ ... 6e0b7.html
bukan cuma itu juga masalahnya om itung semua parkiran REST area EV charging juga gak akan cukup ditambah kalo semua pake listriknya kesedot dayanya turun otomatis mau namanya ultra fast charging super duper hyper neo ultimate fast charging++++++++ bakalan drop karena dayanya kebagi2x akhirnya jadi charging biasa sudah banyak kejadian di amrik kek gini, makannya dulu saya suka ngejoke lama2x tuh di belakang rest area ada PLTUnya :big_bored:

mau dibilang ada teknologi baru bisa charge cuma 20menit itu kan T&C apply kalo kita doank yang charging kalo pas semua nyolok dayanya gak kuat akhirnya drop kecepatannya turun, makannya saya suka ledek iya 20menit ngecharge malem2x kalo gak ada yang ngecharge juga kalo speednya nambah kan pasti juga dari daya yang di sedot sama itu mesin sendiri, lagian kan yang ud ada kayak tesla supercharger V3 dayanya 250.000watt kalo gak salah kaliin aja 100 mobil aja ud 25jt watt sendiri daya segini bisa ngidupin mall :big_think:

ya ini itung2xang ngawur plus sotoy aja sih kita coba itung
Sebagai Ibu Kota negara, kebutuhan listrik Jakarta terbilang besar mencapai 5.500 MegaWatt (MW). Kebutuhan listrik tersebut sebanyak 30 persennya diperoleh dari Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Muara Karang.
https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... nggung-dki

jakarta aja listriknya 5.500.000.000watt

itunglah jumlah mobil di jakarta 4,1jt
Selain sepeda motor, DKI Jakarta juga menampung 4,1 juta unit mobil penumpang, 785,6 ribu unit truk, dan 342,7 ribu unit bus.
https://databoks.katadata.co.id/datapub ... -pada-2021

yang ngechas bareng2x di rumah 1jt 7000watt kali 1jt mobil jadinya 7.000.000.000 watt puyeng dah saya...... :big_chicken:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by pendoli »

kendibocor wrote: Tue Nov 15, 2022 17:50 Hitung lah kasarnya ketiga kegiatan itu rata2 10-15mnt/mbl. Itu aja sukses bikin kemacetan panjang bisa berapa km sblm tuh rest area. Kalo EV uda menjamur dan musti antri ngecharge kurleb 1jam/mobil jadi kaya apa tuh macetnya.

Di china uda mulai kejadian kaya gini pas libur nasional, ga bisa dibayangin gimana disini kalo pas mudik
Btw si wuling dan EV mocin kutu laennya pada ga bisa fastcharge kan ya? Pake yg watt gede juga min 4 jam ke 100% yak
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

Listrik itu di jawa sudah grid, bukan di supply oleh satu pembangkit saja.

1 juta mobil listrik itu juga nggak sim salabim konversi semua. Nanti ada insentif juga kalau cas mobil listrik jam 10 malam keatas, diluar beban puncak.

Mobil hidrogen juga sebenarnya mobil listrik dan ada baterainya juga. Mobil hidrogen masih lebih kompleks daripada mobil listrik dengan baterai.
topiqfurqan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Tue Mar 28, 2017 13:05

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by topiqfurqan »

mestinya sekarang saat yang tepat buat bangun banyak spklu ya, terlepas dari siapa yang bangun
karena konon pln lagi over supply listrik

https://www.cnbcindonesia.com/news/2022 ... istrik-pln

mudah mudahan semakin banyak mobil listrik sejalan dengan perkembangan spklu, makin banyak varian mobil dan makin terjangkau mobilnya, hehe
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

bebas ganjil genap di jakarta
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by arsaerescool »

ChZ wrote: Tue Nov 15, 2022 3:11
sbenernya yang mahal apa yah itu mobil sejauh mata memandang seperti terbuat dari recycled plastic semua ban velg aja sampe cuma pake 12inch :big_think:

apa battery nya masih import atau masalah klasik yang bikin mobil rakit lokal disini mahal : supply chain ? :big_think:

minim kalau mau harga jual 150juta ya harus NJKB nya di bawah 90 juta, itupun harus dibantu tax incentive macem LCGC. dulu kalo inget awal2 LCGC muncul NJKB kan di bawah 90 juta makanya brio E matic ga masuk LCGC
Saya penasaran akhirnya cari ke mbah gugel, ke wik i
"In 2020, the Mini EV had a price starting at US$4,162, and topped out at US$5,607 for a fully-loaded model, making it China's cheapest electric car"
Sekitar 80-100 jt
wah betul ini deltanya dg harga sekarang
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Dogies »

Siapin power bank...
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by farizfsa »

ini mobil ac nya dingin ga si om sebenernya? katanya dingin2 anyep kaya suzuki carry gt bener ga si?

di jakarta ini mbl udah banyak ya segala warna2 ada, yg di modif lucu juga udah banyak

cuma kayanya itu mobil cat nya lama2 gampang butek kali ya SPKLU rata2 masih outdoor xixixi

kalo infrastruktur pengisian listriknya masif sih harusnya program EV berhasil ya. cm udah berapa tahun dari kona electric keluar kayanya ya sama sekali belum masif ya pendiriannya. pernah denger SPKLU ada 2, mati 1 di rest area mana gitu, agak nangis darah sih kalo buru2 terus yg antri 2-3 mobil (berarti minimal nunggu 2-3 jam baru dapet giliran kali ya)

sementara yg bagus untuk sekarang sebenernya PHEV, cuma ntahlah pada males masukinnya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

ilhami wrote: Tue Nov 15, 2022 22:44
Mobil hidrogen juga sebenarnya mobil listrik dan ada baterainya juga. Mobil hidrogen masih lebih kompleks daripada mobil listrik dengan baterai.
lagi di ujicoba om hydrogen combustion :mky_03:


arsaerescool wrote: Wed Nov 16, 2022 0:44
Saya penasaran akhirnya cari ke mbah gugel, ke wik i
"In 2020, the Mini EV had a price starting at US$4,162, and topped out at US$5,607 for a fully-loaded model, making it China's cheapest electric car"
Sekitar 80-100 jt
wah betul ini deltanya dg harga sekarang
jangan2 gegara CKD sourcing batrenya lokal malah jd mahal :big_biglaugh:
farizfsa wrote: Wed Nov 16, 2022 2:19
kalo infrastruktur pengisian listriknya masif sih harusnya program EV berhasil ya. cm udah berapa tahun dari kona electric keluar kayanya ya sama sekali belum masif ya pendiriannya. pernah denger SPKLU ada 2, mati 1 di rest area mana gitu, agak nangis darah sih kalo buru2 terus yg antri 2-3 mobil (berarti minimal nunggu 2-3 jam baru dapet giliran kali ya)

sementara yg bagus untuk sekarang sebenernya PHEV, cuma ntahlah pada males masukinnya
selama daya beli di 400 juta ke bawah, kyknya sulit berharap EV lebih dari 10% car sales total krn sweet spotnya udah di 700 jutaan ke atas itu aja pembelinya pasti punya SUV diesel atau bensin buat kegunaan lain artinya 1 household punya EV pasti punya ICE wkwkwkkw :mky_03:

kecuali ekonomi indonesia ajaib average buying powernya bisa naik 100% dalam 3 tahun itu aja bisa ga supply nya keep up dengan demand nya :mky_03:

idealnya PHEV emang kayak gabungin 2 mobil jadi 1, jd kita orang gak perlu beli mobil bensin ama listrik. klo hybrid biasa batre msh kekecilan. tp PHEV emang msh mahal mbah, itu otlender PHEV aja 1.2miliar.

for perspective



ini di oz loh negara maju politisinya lbh vokal ngomong soal listrik2an :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by bensinsolar »

kendibocor wrote: Tue Nov 15, 2022 2:42
bensinsolar wrote: Tue Nov 15, 2022 2:36
Yg saya bold itu main pointnya untuk Wuling Air EV ini semoga DFSK jual dirange ini karena feel mobil EV kelas ini seperti nyetir golf cart mertua [emo-yesno]
DFSK apa sudah ada sinyal2 kapan akan launch om? Sebenernya harga produksi baterenya wuling kira2 brp ya. Kalo emang cost produksinya uda diatas 100jt an, emang sulit sih berharap dia jual dibawah 200jt.
Masih lama Om dari DFSK mkgn late 2023.. Tp kalau liat harga golf cart sekarang juga ud ratusan juta lho.. Bingung katanya batere makin lama makin murah tp koq ga sesuai kenyataan [emo-yesno]
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: Wed Nov 16, 2022 2:25
ilhami wrote: Tue Nov 15, 2022 22:44
Mobil hidrogen juga sebenarnya mobil listrik dan ada baterainya juga. Mobil hidrogen masih lebih kompleks daripada mobil listrik dengan baterai.
lagi di ujicoba om hydrogen combustion :mky_03:


arsaerescool wrote: Wed Nov 16, 2022 0:44
Saya penasaran akhirnya cari ke mbah gugel, ke wik i
"In 2020, the Mini EV had a price starting at US$4,162, and topped out at US$5,607 for a fully-loaded model, making it China's cheapest electric car"
Sekitar 80-100 jt
wah betul ini deltanya dg harga sekarang
jangan2 gegara CKD sourcing batrenya lokal malah jd mahal :big_biglaugh:
farizfsa wrote: Wed Nov 16, 2022 2:19
kalo infrastruktur pengisian listriknya masif sih harusnya program EV berhasil ya. cm udah berapa tahun dari kona electric keluar kayanya ya sama sekali belum masif ya pendiriannya. pernah denger SPKLU ada 2, mati 1 di rest area mana gitu, agak nangis darah sih kalo buru2 terus yg antri 2-3 mobil (berarti minimal nunggu 2-3 jam baru dapet giliran kali ya)

sementara yg bagus untuk sekarang sebenernya PHEV, cuma ntahlah pada males masukinnya
selama daya beli di 400 juta ke bawah, kyknya sulit berharap EV lebih dari 10% car sales total krn sweet spotnya udah di 700 jutaan ke atas itu aja pembelinya pasti punya SUV diesel atau bensin buat kegunaan lain artinya 1 household punya EV pasti punya ICE wkwkwkkw :mky_03:

kecuali ekonomi indonesia ajaib average buying powernya bisa naik 100% dalam 3 tahun itu aja bisa ga supply nya keep up dengan demand nya :mky_03:

idealnya PHEV emang kayak gabungin 2 mobil jadi 1, jd kita orang gak perlu beli mobil bensin ama listrik. klo hybrid biasa batre msh kekecilan. tp PHEV emang msh mahal mbah, itu otlender PHEV aja 1.2miliar.

for perspective



ini di oz loh negara maju politisinya lbh vokal ngomong soal listrik2an :mky_03:
Apakah ini akan jd silver bullet? Saya dari dulu follow Honda untuk FCXnya dari yg bentuk kontak, ternyata Toyota lebih duluan ya..
Kemarin ini juga liat di IG ada gasoline yg didapat dari carbon dioxide yg di capture dari udara luar cukup menarik..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Wed Nov 16, 2022 2:55 Apakah ini akan jd silver bullet? Saya dari dulu follow Honda untuk FCXnya dari yg bentuk kontak, ternyata Toyota lebih duluan ya..
Kemarin ini juga liat di IG ada gasoline yg didapat dari carbon dioxide yg di capture dari udara luar cukup menarik..
sejauh ini masih prototype sih tapi lumayan massive jg toyota developnya :mky_03:



ini tinggal race against the time krn emang bergantung sama fossil fuel terus jelas gak mungkin emang butuh alternative fuels macem e-fuel atau hydrogen fuel. cm hydrogen combustion butuh mekanikal lbh robust, jd expect nanti teknologinya gak murah jg :mky_03:

makanya ane lbh support ganti bahan bakarnya bkn ganti penggeraknya krn kalo ganti penggerak cuma memperlambat apocalypse. kl ganti fuelnya aplikasi bbm kan di segala sektor kehidupan jelas lbh masuk akal. gak bisa semua semua mau dibikin electric.

lebih enak sih kalo makanan2 tertentu bisa jadi bahan bakar :mky_03: mobil bahan bakar jagung atau ubi wkwkwkwkkwwk belanja bulanan borong 100 kg jagung :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Nov 16, 2022 3:12
sejauh ini masih prototype sih tapi lumayan massive jg toyota developnya :mky_03:



ini tinggal race against the time krn emang bergantung sama fossil fuel terus jelas gak mungkin emang butuh alternative fuels macem e-fuel atau hydrogen fuel. cm hydrogen combustion butuh mekanikal lbh robust, jd expect nanti teknologinya gak murah jg :mky_03:

makanya ane lbh support ganti bahan bakarnya bkn ganti penggeraknya krn kalo ganti penggerak cuma memperlambat apocalypse. kl ganti fuelnya aplikasi bbm kan di segala sektor kehidupan jelas lbh masuk akal. gak bisa semua semua mau dibikin electric.

lebih enak sih kalo makanan2 tertentu bisa jadi bahan bakar :mky_03: mobil bahan bakar jagung atau ubi wkwkwkwkkwwk belanja bulanan borong 100 kg jagung :big_biglaugh:
kalo jagung itu kalo gak salah ethanol om cuma belibet prosesnya :big_biglaugh:



inget orang ini katanya mati dibunuh, dan sampe saya pikir ni orang emang kang tepu, sejak gembar gembor E-FUEL saya makin mikir jgn2x ni orang emang beneran bisa bakar aer di mobilnya dengan naro proses pembuatan e fuel di mobilnya lsg di semprot ke ruang bakar :big_think:

dan e fuel sendiri katanya cuma teknologi lama waktu WW2 jepang sama jerman ud mau kerjasama buat rndnya sayang jerman keburu KO :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Nov 16, 2022 3:30
kalo jagung itu kalo gak salah ethanol om cuma belibet prosesnya :big_biglaugh:



inget orang ini katanya mati dibunuh, dan sampe saya pikir ni orang emang kang tepu, sejak gembar gembor E-FUEL saya makin mikir jgn2x ni orang emang beneran bisa bakar aer di mobilnya dengan naro proses pembuatan e fuel di mobilnya lsg di semprot ke ruang bakar :big_think:

dan e fuel sendiri katanya cuma teknologi lama waktu WW2 jepang sama jerman ud mau kerjasama buat rndnya sayang jerman keburu KO :big_think:
ah iya ethanol :mky_03: sangar tuh di rev ada M4 isi E85 tuning bisa nambah 50hp sendiri dari pake ron98 :mky_03:

wkwkwkw iya, kalo perang masa nunggu kiriman bensin dulu keburu ditembak lawan :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

farizfsa wrote: Wed Nov 16, 2022 2:19 kalo infrastruktur pengisian listriknya masif sih harusnya program EV berhasil ya. cm udah berapa tahun dari kona electric keluar kayanya ya sama sekali belum masif ya pendiriannya. pernah denger SPKLU ada 2, mati 1 di rest area mana gitu, agak nangis darah sih kalo buru2 terus yg antri 2-3 mobil (berarti minimal nunggu 2-3 jam baru dapet giliran kali ya)
Menurut Detik https://oto.detik.com/berita/d-6205573/ ... ikin-spklu , yg > 150 kW kena di 1,1 M dapet fee IDR 3.387,28/kWh, kata si detik saat ini IDR 20,3 juta sebulan, dibagi fee = 6.000 kWh per bulan.
Pake mobil hipotesis saya (yg max cap 40 kWh biar murah) kalo avg isi 25 kWh berarti cas 240 mobil sebulan, atau 8 mobil sehari, kalo waktu cas 15 menit per mobil efektif rate per charger cuma dua jam sisanya nganggur, yg mana agak ndak mungkin untuk proyeksi 3-4 tahun kedepan, wong sekarang dikasih Golf Cart harga 300 jt aja rebutan apalagi dikasih body LMPV batre 40 kW harga 500 jt, tetep aja rebutan mestinya, jadi mestinya utilitas per colokan bisa jauh lebih besar dari 2 jam... :big_think: :big_think: :big_think:

Belum masifnya itu memang karena Unit EV beredar sblm Ioniq 5 kan baru 600-an, kalo rate delivery Ioniq 5 150 unit per bulan dari Mei s.d Desember sudah 1.200 unit, taruh di Desember sudah 1.800 unit beredar. Kalo ini 25% jalan semua di akhir tahun pas tanggal 23 Desember dijamin seru antre di SPKLU (atau malah sekalian anggep aja Kopdar EV ya.... :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: ). Sama juga itu SPKLU disuruh sewa ke yg punya lahan, jd kalo mau support SPKLU harus diubah aturannya, buat setaun-dua taun pertama wajib kasih gratis, ntar kalo utility rate > 4 jam suruh bagi hasil..

Yg repot itu kan Dephub maksa provider SPKLU untuk sedia 2 macam colokan per charger, CCS2 buat mobil non Jepang, ChaDeMo buat mobil Jepang, masalahnya kan Jepang yang niat bikin EV cuma Batumakam, daripada bikin colokan nganggur sedangkan yg CCS2 antri, mestinya si ChaDeMo ndak usah disediakan dengan ratio 1:1 CCS2, bikin aja ratio 1 ChaDeMo per 10 CCS2, biar aja liat reaksi Toyodai gimana :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kunaskun wrote: Tue Nov 15, 2022 14:16 EV ini memang akan mengubah banyak kebiasaan. terutama dari segi isi ulang ya. biasin full charge di rumah, biasain road planning, biasain nungguin isi ulang, dsb.
Nah urusan planning, benernya kalo dah ada hub besar sama padding di tiap SPKLU tol planningnya jauh semakin mudah, wong sekarang aja saya benernya dah bisa planning SPKLU mana yg kosong, aplikasi charge.in punya PLN itu ada info real time status SPKLU-nya lagi dipake atau dut :
WhatsApp Image 2022-11-16 at 10.05.41 AM.jpeg
Disini keliatan, yg paling krusial kalo ke Jawa di 207A lagi available dua2-nya, nah ini gambar pas saya cek seminggu lalu sebelum berangkat :
WhatsApp Image 2022-11-02 at 1.25.48 PM.jpeg
Kalo lagi di jalan keluar gambar begitu berarti saatnya bikin plan B :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Nah yang kurang disitu itu tinggal kalo lagi ada tulisan in use (ijo) perlu ditambahkan remaining time-nya, jadi bisa diplanning. Kemaren itu pas jalan ke Jawa kurang 1 jam dr 207 dari dua colokan in use satu dan didepan saya ada I5 item kentjeng bener, jadi saya plan B nunggu, sapa tau yg ijo selesai, ternyata pas sampe sana udah selesai itu, jadi ada 2 I5 jejeran....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

Yg ane penasaran kenapa pemerintah seakan rada maksain EV ya. G20 mobil EV semua ya, IKN target semua moblis. Secara kita jg masih jd konsumen doang, blm bisa produksi EV buatan nasional. Apa gara2 banyak nikel doang disini yg bisa ditambang?

Apa udah ada studi tuh pemerintah kalo EV udah brp persen dsri jumlah mobil yg beredar apa infrastruktur mendukung. Yg uda keliatan jelas aja SPKLU ga nambah banyak2 banget, blm lg yg saya blg diatas kalo sampe ada antrian panjang saat public holiday gmn. Apa tetep aja kebijakannya kaya sebelum2nya, uda terjadi dlu masalahnya baru mikir penyelesaiannya gmn. Emang sih menurut ane pribadi jg EV ga bakalan jadi mayoritas dlm 10-20 thn lg. Tp kita sendiri aja bangun infrastruktur lambat banget. Apa bisa nanti infrastrukturnya support EV kalo nanti udah menjamur.
b0ku wrote: Tue Nov 15, 2022 22:20
kendibocor wrote: Tue Nov 15, 2022 17:50
Maap ya om kemaren bikin rusuh :mky_01:

Yg ane bingung kalo populasi EV tambah banyak, kalo kaya lebaran/liburan panjang segala gimana tuh. Kalo emang serius ngepush jd EV, bukan hanya SPKLU yg dibanyakin, jalanan jg harus diperlebar kayanya. Sekarang tol transjawa aja cuma 2 baris, untuk akomodir transport saat lebaran dan liburan panjang aja uda ngos2an. Rest area juga kalo lagi padat bakal jadi simpul kemacetan. Kalo mudik kebanyakan orang cuma ngisi bensin, Ke toilet, beli cemilan. Hitung lah kasarnya ketiga kegiatan itu rata2 10-15mnt/mbl. Itu aja sukses bikin kemacetan panjang bisa berapa km sblm tuh rest area. Kalo EV uda menjamur dan musti antri ngecharge kurleb 1jam/mobil jadi kaya apa tuh macetnya.

Di china uda mulai kejadian kaya gini pas libur nasional, ga bisa dibayangin gimana disini kalo pas mudik

https://www.chinadaily.com.cn/a/202110/ ... 6e0b7.html
bukan cuma itu juga masalahnya om itung semua parkiran REST area EV charging juga gak akan cukup ditambah kalo semua pake listriknya kesedot dayanya turun otomatis mau namanya ultra fast charging super duper hyper neo ultimate fast charging++++++++ bakalan drop karena dayanya kebagi2x akhirnya jadi charging biasa sudah banyak kejadian di amrik kek gini, makannya dulu saya suka ngejoke lama2x tuh di belakang rest area ada PLTUnya :big_bored:

mau dibilang ada teknologi baru bisa charge cuma 20menit itu kan T&C apply kalo kita doank yang charging kalo pas semua nyolok dayanya gak kuat akhirnya drop kecepatannya turun, makannya saya suka ledek iya 20menit ngecharge malem2x kalo gak ada yang ngecharge juga kalo speednya nambah kan pasti juga dari daya yang di sedot sama itu mesin sendiri, lagian kan yang ud ada kayak tesla supercharger V3 dayanya 250.000watt kalo gak salah kaliin aja 100 mobil aja ud 25jt watt sendiri daya segini bisa ngidupin mall :big_think:

ya ini itung2xang ngawur plus sotoy aja sih kita coba itung
Sebagai Ibu Kota negara, kebutuhan listrik Jakarta terbilang besar mencapai 5.500 MegaWatt (MW). Kebutuhan listrik tersebut sebanyak 30 persennya diperoleh dari Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Muara Karang.
https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... nggung-dki

jakarta aja listriknya 5.500.000.000watt

itunglah jumlah mobil di jakarta 4,1jt
Selain sepeda motor, DKI Jakarta juga menampung 4,1 juta unit mobil penumpang, 785,6 ribu unit truk, dan 342,7 ribu unit bus.
https://databoks.katadata.co.id/datapub ... -pada-2021

yang ngechas bareng2x di rumah 1jt 7000watt kali 1jt mobil jadinya 7.000.000.000 watt puyeng dah saya...... :big_chicken:
Ane ga ngerti ttg perlistrikan, tp kalo emang gitu artinya ya memang bener kalo mo alih ke EV ya ga cuman segamoang menyiapkan SPKLU doang. Infrastruktur yg harus diubah dan ditambah banyak sekali jadinya. Kayaknya sulit kalo mo established di p. Jawa. Tp mayoritas ekonomi dan duit adanya di p.jawa, penjualan EV jg mayoritas di jawa. Bingung kan :big_chicken:
Last edited by kendibocor on Wed Nov 16, 2022 4:16, edited 1 time in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20