bZ4X launching di indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 2:58 Naaaaah ini poin pentingnya om. Banyak orang ngira ev = tesla = elon. Pdhl elon cuma peduli kantongnya sendiri :mky_03: buat muter uang di project2 lain spaceX dll.

Mobil ice gardan depan torsi 400 sekarang ada sih itu hothatch2 pada 400Nm civic FK8 makanya start nya susah :big_biglaugh: pdhl ban udah 20inch tipis, suspensi udah khusus didesain beda.

Ane bawa civic biasa aja udah remap 270nm mau nyalip belakangan rasanya torque steer melulu rada serem jg apalagi electric :big_chicken:
menurut saya anak emasnya elon itu space X telsa itu cuma ajang dia buat ngumpulin duit buat ngedanain space X :mky_03:

makanya saya bilang dia itu hebat sekali dalam hal ngejar mimpi :mky_03:

makannya saya bilang kegedean power gak ada gunanya bener itu resep honda lama N/A enteng FWD chasis rigid serigid2xnya sekali2x cobain ge8 saya om fun banget justru faktor funnya ada di powernya yang pas2xan juga :mky_03:

karena menurut saya kita kan cuma ngejar fun bisa nyetir aggresive tapi masi gampang di kontrol bukan ngejar piala :mky_01:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Pboyz97 »

desain exterior & interiornya not bad lah ya menurut saya . cuma ya harga nya lumayan juga ya dibandingin sm ionic 5 yg sama2 EV
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 2:58
Bibieight wrote: Sun Nov 13, 2022 2:06 Nah yg bikin adopsi EV susah kan gara2 aktivis edan macem gini, hal2 ini kan jadi malah bikin kubu sana atau kubu sini, geger kalo di US MAGA vs WOKE. Untung lho KTT G20 disini, https://www.cnnindonesia.com/nasional/2 ... selama-g20 , kaum edan itu akhirnya ketemu batunya, disana mana ada namanya Banser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .....
Sama satu lagi, paklik Musk edan itu, dia pompom EV kan benernya bukan EVnya tapi saham Teslanya, kayaknya si buat dia sebodosetan adopsi EV yg penting saham Tesla jozzz, bisa buat bikin huru-hara, salah satunya akuisisi Twitter, masalahnya banyak orang kemakan EV = Tesla, padahal salah besaaaaar itu...

Balik topik, ini BZ4X kan gardan depan ya, ada gak sih mobil ICE gardan depan torsi segitu (265 nm) ?, soalnya sy pake I5 (350 nm) , pasang sport mode, kalo bejek dalem itu kayak roda belakang mau ndahuluin roda depan, sy yakin traction control dah maksa main disini (mantep sih, palagi kalo dipake nyelip 2 kontener sekaligus di tanjakan Secang). Nah kalo gardan depan keluar torsi segitu apa ndak mlintir abis ya ?
Naaaaah ini poin pentingnya om. Banyak orang ngira ev = tesla = elon. Pdhl elon cuma peduli kantongnya sendiri :mky_03: buat muter uang di project2 lain spaceX dll.

Mobil ice gardan depan torsi 400 sekarang ada sih itu hothatch2 pada 400Nm civic FK8 makanya start nya susah :big_biglaugh: pdhl ban udah 20inch tipis, suspensi udah khusus didesain beda.

Ane bawa civic biasa aja udah remap 270nm mau nyalip belakangan rasanya torque steer melulu rada serem jg apalagi electric :big_chicken:
Kalo traction controlnya agresif berarti si BZ4X ini antara ndak keluar semua potensinya, atau kalo ndak keluarnya pelan2 ya ?. Itu I5 semalem sy coba matiin TCnya pantatnya rd geyol dikit (jalanannya basah sih), jd kyknya di I5 TC harga mati, kecuali mang niat mau ngedrift pake ban harga 6 juta sebiji :big_weee: :big_weee: :big_weee: .... Kalo ada yg review BZ4X titip tes TCnya tuh, penasaran...
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by fl4b1e »

b0ku wrote:
ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 1:37 Supercar itu orang jg pakenya lama lama gak disposable macem mobil biasa :mky_03: klo liat di kolektor2 punya 20 ferrari di basementnya dari taun 70an sampe terbaru semua beli dari baru. kurang sustainable apa :mky_03:

Klo cara pake mobilnya disposable ev sih nambah masalah wong naturnya lebih disposable :big_bored:
nah saya belakangan penasaran sama RIMAC itu ntar kalo batrenya jebol keknya calon dibuang sama ownernya gila mobil kek gitu kena batre mau berapa duit terus di perthanin valuenya apa??? soalnya pasti rimac keluarin yang baru dengan tech lebih bagus mendingan beli yang baru :wkkk:

beda sama sama hypercar pure combustion kadang yang beli itu invest juga apalagi di seri2x limited macem pagani itu mereka simpen garasi 5-10thn masuk auction cuannya milyaran makannya di indonesia makin banyak mobil aneh di jalan mereka belom tentu beli buat dinikmatin juga bisa jadi investasi sekalian cuci uang kotor :big_biglaugh:
ChZ wrote: Sun Nov 13, 2022 1:46
Kenapa protesnya gak sambil telanjang aja itu baju ama kain buat protes belum tintanya pake oil gak :big_biglaugh:

Ya gitulah, kadang activist jg ada bekingan dibayar jg sama pihak tertentu gw yakin itu semua orchestrated kalo gak kenapa tiba tiba ngerusak sana sini :mky_03:

Apa efek stress kali yah krisis energi di europ :mky_03:


Yoi om kalo bilang susah yah kita kan gaji mereka buat itu :big_biglaugh: masa kita jg yang mikir solusinya terus mereka come up cuma "ban ICE thn sekian" itu bukan solusi itu mah males mikir namanya :big_bored:
mereka protes minyak tapi gak protest sama tambang batre yang juga ngerusak :big_bored:

trus kalo urusan emisi carbon juga mendingan protest di showroom mobil ev manufacturing carbon mereka juga lebih tinggi :big_bored:

Image

Image

:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
setuju mvah.. ga setuju dengan istilah zero emission.. Carbon neutral ya. penghalusan sih memang. hahahaha.. tetep ajalah antara ICE dengan EV pasti ada polusi, direct maupun indirect.

Kalau hemat saya sih, paling ngga mobil hybrid lebih banyakin dulu saja. lebih ke sustainability sih. at keast, baiknya bikin standarisasi ukuran baterelah.. kerjasama jepang korea china gt, jadi harga batere mobil hybrid bisa ditekan. Jadi pengembangannya pun beneran bisa diganti shg merek2 jepang sama korea sama china gt bisa fokus ke hal2 lain, kayak konsep usb-lah..

Si pabrikan batere, bukin 3 alternatif ukuran juga, jadi mobil kecil bisa hybrid. sementara itu pabrikan batere fokus k3 pengenbangan teknologi batere.. harapannyq batere generasi barunya bisa fit dengan ukuran yg sama. Jadi mobil lama yang dah pake batere yang udqh lewat 5-10 tahun baisa ganti dengan teknologi batere yg lebih update..

Rada lupa, yang diganti selnya atau batere utuhnya ya kalau hybrid begini..


Kalau Toyota EV ini, hmmm masalah beli gak beli, ya iti kan masalah bujet ya Om. kalau di kantong saya sih secara gak ada bujet 800 juta - 1.2M tuk beli either Ioniq5 atau Toyota EV ini, saya gak akan berani kasih komen2.. wwkwkwkk..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sun Nov 13, 2022 3:51 menurut saya anak emasnya elon itu space X telsa itu cuma ajang dia buat ngumpulin duit buat ngedanain space X :mky_03:

makanya saya bilang dia itu hebat sekali dalam hal ngejar mimpi :mky_03:

makannya saya bilang kegedean power gak ada gunanya bener itu resep honda lama N/A enteng FWD chasis rigid serigid2xnya sekali2x cobain ge8 saya om fun banget justru faktor funnya ada di powernya yang pas2xan juga :mky_03:

karena menurut saya kita kan cuma ngejar fun bisa nyetir aggresive tapi masi gampang di kontrol bukan ngejar piala :mky_01:
wkwkwkw makanya yang ngaku fans nya elon ini pada gak ngerti kalo fokusnya elon bukan industri otomotif. dia gak tertarik ke dalem industrynya secara langsung cuma dari pinggir jadi tukang kompor aja di semua sektor industri :big_biglaugh:

cuma yang keren sih FK8 torsi 400Nm itu tanpa terlalu banyak electronic nannies udah bisa ngurangin torque steer modal ganti desain arm suspensi. blom sempat coba FK8 udah muncul FL5, kebayang nambah 30hp lagi itu makin banyak lg yang diutik :mky_03:
Bibieight wrote: Sun Nov 13, 2022 4:38
Kalo traction controlnya agresif berarti si BZ4X ini antara ndak keluar semua potensinya, atau kalo ndak keluarnya pelan2 ya ?. Itu I5 semalem sy coba matiin TCnya pantatnya rd geyol dikit (jalanannya basah sih), jd kyknya di I5 TC harga mati, kecuali mang niat mau ngedrift pake ban harga 6 juta sebiji :big_weee: :big_weee: :big_weee: .... Kalo ada yg review BZ4X titip tes TCnya tuh, penasaran...
pengalaman dengan EV dan "EV" (hyundai ioniq, nissan kicks), mungkin pada akhirnya dibuat gak terlalu instant kali yah ntah apa bisa gak ngerti jg :big_think: soalnya kicks itu kan torsi juga.... lupa, sekitar 270Nm ? untuk body segitu tapi feel gradualnya tetep ada. dibawa kayak bawa HRV adek yang udah remap minus noise aja.

quicker sih dari 0-60 nya. tapi gak se meledak-ledak innova di remap :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by grimjow »

:big_blushing: Review bz4x yang menarik langsung dari Jepang

Kalau liat videonya :
Positive nya akselerasi spontan, nvh minimal konstruksi khusus di develop Toyota, visibiltas bagus.
Minus nya nih mobil desain MID yang jauh itu bikin susah cari posisi steering wheel yang pas tanpa halangin MID, no glove box, dan bbrp review bilang range of distance nya ga sesuai harapan :big_think:

Cuman semua EV itu secara design sih misal ada masalah di battery tetap perlu ampe total bongkar segala kompartemen, jok, dll kayanya masih kebayang ribet nya dan pasti ga bisa beresin/benerin sendiri.


Uda ada opsi sewa juga Rp20 juta /bulan. Apa malah lebih menarik sewa itu trus pake rame2 satu rw.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by kunaskun »

grimjow wrote: Sun Nov 13, 2022 7:30 Cuman semua EV itu secara design sih misal ada masalah di battery tetap perlu ampe total bongkar segala kompartemen, jok, dll kayanya masih kebayang ribet nya dan pasti ga bisa beresin/benerin sendiri.
karena batery pack EV itu bagian terberat dari mobil itu, jadi sejak awal dijadiin center of gravity, dan otomatis ditaro di posisi di tengah dan terendah dari mobil itu, dan barengan dengan komponen terberat berikutnya: motor penggerak yang otomatis ditaro sedekat mungkin dengan axle depan belakang. bahkan lupa nonton dimana: baterry pack + motor saking berat dan kokohnya bisa dianggap sebagai sub structure dari mobil itu. kalau mobil ICE kan mesin dan transmission itu bisa diacak2 ngikut platform paling masalah dudukan doang. dan akibatnya sepertinya belum ada ya platform EV yang bisa multi purpose macem platform ICE yang bisa multi purpose jadi SUV / MPV / Sedan.

makanya di mobil2 yang aslinya ICE kalau ada versi hybrid pasti itu battery pack lokasinya akan makan tempat bangku belakang atau bagasi.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by darrelund »

grimjow wrote: Sun Nov 13, 2022 7:30 dan bbrp review bilang range of distance nya ga sesuai harapan :big_think:
banyak malah um yg bilang ini

bz4x emg rerata underperform dari claim

di norway pada tes pke aircon yg ga terlalu agresif dapet 360an km, jauh dibawah rating yg 500km

di amrik malah full highway ada yg cuma dapet 250km :big_biglaugh:

motor listriknya rada boros, khas ev nippon semua penyakitnya begitu

ux300e aja yg 54kwh mau 250km aja susah payah, di norway bahkan ada yg cuma dapet 200km

hundei hebat jg tuh kona ev bisa 1:10
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sun Nov 13, 2022 14:51 banyak malah um yg bilang ini

bz4x emg rerata underperform dari claim

di norway pada tes pke aircon yg ga terlalu agresif dapet 360an km, jauh dibawah rating yg 500km

di amrik malah full highway ada yg cuma dapet 250km :big_biglaugh:

motor listriknya rada boros, khas ev nippon semua penyakitnya begitu

ux300e aja yg 54kwh mau 250km aja susah payah, di norway bahkan ada yg cuma dapet 200km

hundei hebat jg tuh kona ev bisa 1:10
jujur sih lebih value for money ioniq 5 :mky_03:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Bibieight »

darrelund wrote: Sun Nov 13, 2022 14:51
grimjow wrote: Sun Nov 13, 2022 7:30 dan bbrp review bilang range of distance nya ga sesuai harapan :big_think:
banyak malah um yg bilang ini

bz4x emg rerata underperform dari claim

di norway pada tes pke aircon yg ga terlalu agresif dapet 360an km, jauh dibawah rating yg 500km

di amrik malah full highway ada yg cuma dapet 250km :big_biglaugh:

motor listriknya rada boros, khas ev nippon semua penyakitnya begitu

ux300e aja yg 54kwh mau 250km aja susah payah, di norway bahkan ada yg cuma dapet 200km

hundei hebat jg tuh kona ev bisa 1:10
Baru tau saya UX300e cuma 200km :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: , fix mobil tjantik dalkot macam Wuling dong ?. Keluar kota via Trans Jawa charger terdekat di 207A, I5 SLR saya masih sisa 47% sampai sana padahal. Itu kapasitas = Kona, yg Kona jg sampe sana masih spare banyak deh kayaknya. SPKLU Trans Jawa kondisi sekarang itu didesain untuk mobil dengan batere Kona/Ioniq Classic yg jarak 300an km....