bZ4X launching di indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Nov 11, 2022 5:21
Ini siklus berulang mbah.
Klo dalam industry yg melibatkan bnyk stakeholder (pemegang kepentingan), siklus ini bisa terjadi dalam puluhan thn ke depan.

Selama siklus berjalan juga akan ada (potensi) disrupsi teknologi lain nya

*makin ke kanan, itu (biasanya) relatively merepresentasikan umur makin senior :big_biglaugh:
YANG kanan yang punya duit tapi otaknya bisa pake mobil sampe bego belom nyusahin kagak dijual :big_biglaugh:

yang kiri yang cuma ngimpi doank yang tengah2x yang banyak beli :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 5:44
Suryaputra wrote: Fri Nov 11, 2022 5:21
Ini siklus berulang mbah.
Klo dalam industry yg melibatkan bnyk stakeholder (pemegang kepentingan), siklus ini bisa terjadi dalam puluhan thn ke depan.

Selama siklus berjalan juga akan ada (potensi) disrupsi teknologi lain nya

*makin ke kanan, itu (biasanya) relatively merepresentasikan umur makin senior :big_biglaugh:
YANG kanan yang punya duit tapi otaknya bisa pake mobil sampe bego belom nyusahin kagak dijual :big_biglaugh:

yang kiri yang cuma ngimpi doank yang tengah2x yang banyak beli :big_biglaugh:
ente mbah yg kanan dong :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 4:38 kalo batre itu kan elctrical dia di test gak ada masalah tapi gak tau kalo di lapangan, ud banyak cases ud di recall aja masih gitu lagi emang sifat nature batre itu karena nyimpen listrik bukan generate jd kalo ada apa2x ya listriknya tumpah jd api kalo generate kan tinggal cut off mesinnya listriknya langsung hilang :big_bored:
Paling gampang baca trit sebelah aja yg mercedes kebakar pdhl udah 5 thn dipake gakpapa :mky_03:

Yang umum2 ada, siapa yang pengalaman aki mobil mendadak ngambek padahal selama masa warranty gpp :mky_03: yakin ga dikit yang ngalamin.

Aki klo blm loyo2 amat di jumper masih bisa, klo manual malah pancing aja pake gigi 3 didorong.

Soal practicality dan durability tetep mechanical > electrical.

Klo tinggal di daerah bakal bingung kok mobil pickup kijang karbu msh ada yang pake :big_biglaugh:

Ada kok langganan gw tunggangannya unik2 dari t120 jadul ama kijang buaya. Mogok2 knalpot bocor jg pernah didorong aja kelar bawa bengkel besok kerja lagi :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Bibieight »

Ibet wrote: Fri Nov 11, 2022 4:54 gr2.jpeg

tag yourself :big_grin:
Saya ngikut yang di the - chasm berarti.... :mky_01: :mky_01: :mky_01: , jaman Kona, Ioniq Classic ama Leaf keluar sy ndak masuk, masih banyak ragu2nya. Tapi ya, ikut grup2 EV lokal, dari topik diskusi dll, 25% ada di early adopter, 50% di the chasm dan 25%nya di ujung kiri early pragmatist, dideteksi dari pengetahuan teknis untuk EV (charging pattern mau gimana, dipake sampe berapa %, SOH itu apa dll. gitu).

Urusan EV ini saya benernya termasuk yang 100% tidak setuju ban ICE. Tapi meletakan ICE di perspektif ekonomi-nya. Khusus Indonesia, subsidi BBM tahun ini 500 T, tahun depan di-cap 350 T, belum lagi efek ke balance of payment, duit segitu kan konversi ke USD semua beli minyak. Ini semua kan gara2 ndak ada alternatif transportasi pribadi selain ICE. Jadi selama ini yang menikmati subsidi sebenernya bukan rakyat, tapi value chain ICE, karena ujung duitnya kan ke value chain ICE itu....

Nah daripada ban ICE, mending beri alternatif transport pribadi yang makan subsidi lebih dikit atau yg membebani balance of payment lebih kecil. Taruh kita mau bikin GTL, ini kan sebelum bisa jadi bensin harus keluar duit raksasa buat inves pabrik, nah, modalinnya dari mana, terpaksa floating bond kan, nah dengan kondisi anti karbon, yakin ini floating bond ada yg beli ?. Mau bikin hidrogen, sapa yang mau bikin infrastruktur hidrogen dari nol ?, pemerintah ?, kok nyimut (Asmuni style) yang keringetan pemerintah yang happy2 Toyota dong... :big_bored: :big_bored: :big_bored: ... Naah, akhirnya alternatif yang hype dan rada masuk akal (jadi mudah cari modal, sama modal per expenditure-nya kecil) kan saat ini BEV.

Listrik dapet dari batubara lokal, bener masih makan subsidi tapi bisa dimainin (kenain aja pajak export kan), terus karena lokal ndak ada ancaman balance of payment.

Bahan bakunya ?, pabrik batere-nya mau bikin sendiri pun floating bond gampang, lagi hype koq, bahan bakunya juga lokal, balik lagi ndak kena balance of payment.

Terus kalo orang kuatir batere ganti mahal ?, dimodel aja subscription per kWh, subsidinya ya per penggunaan kWh, modal awalnya buat beli batere ya floating bond lagi, malah kalo yg pakai BEV model subsrciption semakin banyak bond ini akan jd recurring revenue, cocok buat pensiunan beli obligasi ini.

Nah kalo dibikin level playing field kayak gini kan orang tinggal milih, mau ICE, ya silahkan isi sendiri pake bensin dengan keekonomian normal, mau pake EV ya silahkan, TCO-nya dibantuin dari alih subsidi BBM.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Nov 11, 2022 5:48

ente mbah yg kanan dong :big_biglaugh:
bisa jadi om soalnya kalo maen di forum bule cocoknya sama enkong2x semua yang piaraaannya mustang tua, truck ford tua lah ud berapa kali bales2xan komen saya cek ya engkong2x tapi fotonya punya muscle car sama truk tua semua :big_biglaugh:

ada yang ngomong sama saya ud 60thn keknya gak bakalan beli mobil lagi isi garasinya mustang sama ford f150 tua :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Nov 11, 2022 5:52 Paling gampang baca trit sebelah aja yg mercedes kebakar pdhl udah 5 thn dipake gakpapa :mky_03:

Yang umum2 ada, siapa yang pengalaman aki mobil mendadak ngambek padahal selama masa warranty gpp :mky_03: yakin ga dikit yang ngalamin.

Aki klo blm loyo2 amat di jumper masih bisa, klo manual malah pancing aja pake gigi 3 didorong.

Soal practicality dan durability tetep mechanical > electrical.

Klo tinggal di daerah bakal bingung kok mobil pickup kijang karbu msh ada yang pake :big_biglaugh:

Ada kok langganan gw tunggangannya unik2 dari t120 jadul ama kijang buaya. Mogok2 knalpot bocor jg pernah didorong aja kelar bawa bengkel besok kerja lagi :big_biglaugh:
dulu ada joke packing aja bisa diganti pake kemasan khong guan jgn2x bener :wkkk:

makanya mobil tua cenderung lebih long lasting karena ada trouble belom tentu ganti komponen kadang cuma di repair juga beres :mky_03:

sama lah kek toyota jaman 2010 kebawah kenapa mobilnya laku dan awet bangeet karena kuno dan simple gampang di benerin tapi terlalu kuno akhirnya kena hujat :mky_03:

buat saya dari dulu cuma honda yang bisa balance antara canggih dan simple, canggih iya tapi gampang di benerin sama di mengerti mekanikalnya :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 6:08 dulu ada joke packing aja bisa diganti pake kemasan khong guan jgn2x bener :wkkk:

makanya mobil tua cenderung lebih long lasting karena ada trouble belom tentu ganti komponen kadang cuma di repair juga beres :mky_03:

sama lah kek toyota jaman 2010 kebawah kenapa mobilnya laku dan awet bangeet karena kuno dan simple gampang di benerin tapi terlalu kuno akhirnya kena hujat :mky_03:

buat saya dari dulu cuma honda yang bisa balance antara canggih dan simple, canggih iya tapi gampang di benerin sama di mengerti mekanikalnya :mky_03:
jaman sebelum akio menjabat :mky_03: cape dia dibilang toyota mobil engkong2 melulu :big_biglaugh: begitu jabat langsung bikin supra 86 GR yaris.

honda engine sih terkenal simple, back to the basic banget. bukan tipe yang kalo mau power lebih terus kasih teknologi terbaru :mky_03: dia ngerti kalo mau mesin power gede halus tanpa harus buang bensin percuma macem american V8 :mky_03: dikasih VTEC biar kayak punya 2 mesin :mky_03:

dari pengalaman sih blm nemu mesin jepang yang power delivery dan kehalusannya seenak mesin honda. yg turbo pun alus banget deliverynya gak meledak2 di bawah lalu ilang dan sebaliknya.

FK8 FL5 type R aja gak joining bandwagon dikasih dual clutch transmission atau traction control berlebihan dia cuma main differential sama desain arm suspensi depan. basic banget :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Nov 11, 2022 7:06
jaman sebelum akio menjabat :mky_03: cape dia dibilang toyota mobil engkong2 melulu :big_biglaugh: begitu jabat langsung bikin supra 86 GR yaris.

honda engine sih terkenal simple, back to the basic banget. bukan tipe yang kalo mau power lebih terus kasih teknologi terbaru :mky_03: dia ngerti kalo mau mesin power gede halus tanpa harus buang bensin percuma macem american V8 :mky_03: dikasih VTEC biar kayak punya 2 mesin :mky_03:

dari pengalaman sih blm nemu mesin jepang yang power delivery dan kehalusannya seenak mesin honda. yg turbo pun alus banget deliverynya gak meledak2 di bawah lalu ilang dan sebaliknya.

FK8 FL5 type R aja gak joining bandwagon dikasih dual clutch transmission atau traction control berlebihan dia cuma main differential sama desain arm suspensi depan. basic banget :mky_03:
karena kalo kata bossnya SPOON honda itu mesinnya lebih ke crafmanship kek bikin water jacket model head sampe materialnya, sampe itungan rigidity juga ada di mesinya mereka bikin mesin buat ibu2x ke pasar ud kayak mau bikin mesin buat ferarri :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 7:20
karena kalo kata bossnya SPOON honda itu mesinnya lebih ke crafmanship kek bikin water jacket model head sampe materialnya, sampe itungan rigidity juga ada di mesinya mereka bikin mesin buat ibu2x ke pasar ud kayak mau bikin mesin buat ferarri :big_biglaugh:
yang unik coba liat list mesin-mesin bagus di dunia pasti pernah punya track record bikin mesin motor.

honda yamaha suzuki BMW :mky_03:

makanya honda gampang aja nemu resepnya gimana mobil econobox mesinnya bisa kenceng sekaligus irit bagusin balance mesin (klo kata spoon baut baut honda itu bobotnya sama semua makanya digeber sampe rpm tinggi juga alus) terus naikin rev limiter, dah gitu modularity nya gila banget 1 mesin bisa ada versi 140 hp sampe 250hp. ngerusak pakem dulu kalo mau kenceng harus big block big displacement dia cukup nambah high profile cam aja udah jadi kenceng.

hybrid hybrid an dan listrik listrikan gw liatnya lama lama kayak teknologi kejar tayang aja cuma buat ngejar EPA dan euro rating nyenengin kaum tree hugger dan regulator :big_biglaugh: resepnya cuma nggak pake gas engine ya anak SD jg tau :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Nov 11, 2022 7:34
yang unik coba liat list mesin-mesin bagus di dunia pasti pernah punya track record bikin mesin motor.

honda yamaha suzuki BMW :mky_03:

makanya honda gampang aja nemu resepnya gimana mobil econobox mesinnya bisa kenceng sekaligus irit bagusin balance mesin (klo kata spoon baut baut honda itu bobotnya sama semua makanya digeber sampe rpm tinggi juga alus) terus naikin rev limiter, dah gitu modularity nya gila banget 1 mesin bisa ada versi 140 hp sampe 250hp. ngerusak pakem dulu kalo mau kenceng harus big block big displacement dia cukup nambah high profile cam aja udah jadi kenceng.

hybrid hybrid an dan listrik listrikan gw liatnya lama lama kayak teknologi kejar tayang aja cuma buat ngejar EPA dan euro rating nyenengin kaum tree hugger dan regulator :big_biglaugh: resepnya cuma nggak pake gas engine ya anak SD jg tau :big_biglaugh:
bener juga karena mesin motor revnya bisa tinggi harus kecil efisien dan ada powernya :mky_03:

nah itu dia teknologi bisa di beli tapi craftmanship itu yang gak semua punya :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Nov 11, 2022 7:34
b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 7:20
karena kalo kata bossnya SPOON honda itu mesinnya lebih ke crafmanship kek bikin water jacket model head sampe materialnya, sampe itungan rigidity juga ada di mesinya mereka bikin mesin buat ibu2x ke pasar ud kayak mau bikin mesin buat ferarri :big_biglaugh:
yang unik coba liat list mesin-mesin bagus di dunia pasti pernah punya track record bikin mesin motor.

honda yamaha suzuki BMW :mky_03:

makanya honda gampang aja nemu resepnya gimana mobil econobox mesinnya bisa kenceng sekaligus irit bagusin balance mesin (klo kata spoon baut baut honda itu bobotnya sama semua makanya digeber sampe rpm tinggi juga alus) terus naikin rev limiter, dah gitu modularity nya gila banget 1 mesin bisa ada versi 140 hp sampe 250hp. ngerusak pakem dulu kalo mau kenceng harus big block big displacement dia cukup nambah high profile cam aja udah jadi kenceng.

hybrid hybrid an dan listrik listrikan gw liatnya lama lama kayak teknologi kejar tayang aja cuma buat ngejar EPA dan euro rating nyenengin kaum tree hugger dan regulator :big_biglaugh: resepnya cuma nggak pake gas engine ya anak SD jg tau :big_biglaugh:
Respect Engineering more than (just) gimmick :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by adriangaut »

:off_good_job:
ChZ wrote: Fri Nov 11, 2022 7:34
b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 7:20
karena kalo kata bossnya SPOON honda itu mesinnya lebih ke crafmanship kek bikin water jacket model head sampe materialnya, sampe itungan rigidity juga ada di mesinya mereka bikin mesin buat ibu2x ke pasar ud kayak mau bikin mesin buat ferarri :big_biglaugh:
yang unik coba liat list mesin-mesin bagus di dunia pasti pernah punya track record bikin mesin motor.

honda yamaha suzuki BMW :mky_03:

makanya honda gampang aja nemu resepnya gimana mobil econobox mesinnya bisa kenceng sekaligus irit bagusin balance mesin (klo kata spoon baut baut honda itu bobotnya sama semua makanya digeber sampe rpm tinggi juga alus) terus naikin rev limiter, dah gitu modularity nya gila banget 1 mesin bisa ada versi 140 hp sampe 250hp. ngerusak pakem dulu kalo mau kenceng harus big block big displacement dia cukup nambah high profile cam aja udah jadi kenceng.

hybrid hybrid an dan listrik listrikan gw liatnya lama lama kayak teknologi kejar tayang aja cuma buat ngejar EPA dan euro rating nyenengin kaum tree hugger dan regulator :big_biglaugh: resepnya cuma nggak pake gas engine ya anak SD jg tau :big_biglaugh:
Yang gila itu honda civic itu pelopornya mobil irit yang ga perlu catalytic converter buat lolos uji emisinya US sono loh, Honda CVCC

Pabrikan US sampe pada bingung ni mobil kecil tenaganya lumayan bisa irit dan low emission di jamannya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

adriangaut wrote: Fri Nov 11, 2022 9:06
Yang gila itu honda civic itu pelopornya mobil irit yang ga perlu catalytic converter buat lolos uji emisinya US sono loh, Honda CVCC

Pabrikan US sampe pada bingung ni mobil kecil tenaganya lumayan bisa irit dan low emission di jamannya
modal intake doank abis itu di ledekin Gm dia ngamuk lsg beli impala di kirim ke jepang di pasangin CVCC tuh impala lsg lulus uji emisi tanpa catalic :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

adriangaut wrote: Fri Nov 11, 2022 9:06 Yang gila itu honda civic itu pelopornya mobil irit yang ga perlu catalytic converter buat lolos uji emisinya US sono loh, Honda CVCC

Pabrikan US sampe pada bingung ni mobil kecil tenaganya lumayan bisa irit dan low emission di jamannya
waktu jaman VTEC muncul aja bikin V8 fanboys pada gak terima cuma mesin ukuran botol susu bisa imbang di drag race :big_biglaugh:

Kesel dia V8 mesin bagong 6 liter tenaga 300hp body berat, ini mesin botol susu 1.6L 180hp body ringan lebih kenceng :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Nov 11, 2022 11:40
waktu jaman VTEC muncul aja bikin V8 fanboys pada gak terima cuma mesin ukuran botol susu bisa imbang di drag race :big_biglaugh:

Kesel dia V8 mesin bagong 6 liter tenaga 300hp body berat, ini mesin botol susu 1.6L 180hp body ringan lebih kenceng :big_biglaugh:
itu lebih ngeselin lagi di tikungan ud peaknya tinggi jd bisa nahan gigi pas nikung ditambah bodynya ringan dan rigid jd gampang di kontrol , ditambah cc kecil jadi torsinya gak over sampe bikin bannya selip akhirnya di tikungan traksinya maksimal dan fwd pula jd response sterringnya lebih cepet ditambah lagi visibility kek naek buble glass :big_biglaugh:

ud kayak maen game pake cheat lah bawa gituan apalagi maen di jalanan banyak obstacle sama tikungannya :wkkk:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1623
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Fri Nov 11, 2022 6:02
Ibet wrote: Fri Nov 11, 2022 4:54 gr2.jpeg

tag yourself :big_grin:
Urusan EV ini saya benernya termasuk yang 100% tidak setuju ban ICE. Tapi meletakan ICE di perspektif ekonomi-nya. Khusus Indonesia, subsidi BBM tahun ini 500 T, tahun depan di-cap 350 T, belum lagi efek ke balance of payment, duit segitu kan konversi ke USD semua beli minyak. Ini semua kan gara2 ndak ada alternatif transportasi pribadi selain ICE. Jadi selama ini yang menikmati subsidi sebenernya bukan rakyat, tapi value chain ICE, karena ujung duitnya kan ke value chain ICE itu....

Nah daripada ban ICE, mending beri alternatif transport pribadi yang makan subsidi lebih dikit atau yg membebani balance of payment lebih kecil. Taruh kita mau bikin GTL, ini kan sebelum bisa jadi bensin harus keluar duit raksasa buat inves pabrik, nah, modalinnya dari mana, terpaksa floating bond kan, nah dengan kondisi anti karbon, yakin ini floating bond ada yg beli ?. Mau bikin hidrogen, sapa yang mau bikin infrastruktur hidrogen dari nol ?, pemerintah ?, kok nyimut (Asmuni style) yang keringetan pemerintah yang happy2 Toyota dong... :big_bored: :big_bored: :big_bored: ... Naah, akhirnya alternatif yang hype dan rada masuk akal (jadi mudah cari modal, sama modal per expenditure-nya kecil) kan saat ini BEV.

Listrik dapet dari batubara lokal, bener masih makan subsidi tapi bisa dimainin (kenain aja pajak export kan), terus karena lokal ndak ada ancaman balance of payment.

Bahan bakunya ?, pabrik batere-nya mau bikin sendiri pun floating bond gampang, lagi hype koq, bahan bakunya juga lokal, balik lagi ndak kena balance of payment.

Terus kalo orang kuatir batere ganti mahal ?, dimodel aja subscription per kWh, subsidinya ya per penggunaan kWh, modal awalnya buat beli batere ya floating bond lagi, malah kalo yg pakai BEV model subsrciption semakin banyak bond ini akan jd recurring revenue, cocok buat pensiunan beli obligasi ini.

Nah kalo dibikin level playing field kayak gini kan orang tinggal milih, mau ICE, ya silahkan isi sendiri pake bensin dengan keekonomian normal, mau pake EV ya silahkan, TCO-nya dibantuin dari alih subsidi BBM.
bener um, oe jg kg dukung subsidi mobil EV. ngapaen bakar duit yg mobilnya cuma dipake buat orkay

dan oe jg termsuk yg setuju dengan battery subscription

mobilnya jd lebih murah walopun kita mesti langganan tiap bulan

tapi yah minimal kita ganti batere terus :big_biglaugh:

makanya oe tunggu bgt tuh kehadiran NIO

modelan gini diprotes org amrik, padahal buat market laen yg buying powernya kecil nih oke bgt lho

yah battery swap bisa jadi solusi terbaek ketimbang nungguin 5 taon sampe tu batere kaput

dan tiap swap battery ud di charge ke 90%, hampir full

subs mayan mahal, tapi bisa ganti batere sepuas hati :big_biglaugh:
Image
Image

atau klo gamau bulanan jg bisa dibeli baterenya
https://electrek.co/2022/04/26/nio-is-a ... batteries/
(1$ = Rp 15.483)

Here are the current charges for opting-out of swaps to buy your battery directly from NIO:
75 kWh battery – 70,000 yuan ($10,675) + 3,000 yuan ($455) service fee = Rp 172.330.242
100 kWh battery – 128,000 yuan ($19,500) + 3,000 yuan ($455) service fee = Rp 308.971.247
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Nov 11, 2022 12:04
itu lebih ngeselin lagi di tikungan ud peaknya tinggi jd bisa nahan gigi pas nikung ditambah bodynya ringan dan rigid jd gampang di kontrol , ditambah cc kecil jadi torsinya gak over sampe bikin bannya selip akhirnya di tikungan traksinya maksimal dan fwd pula jd response sterringnya lebih cepet ditambah lagi visibility kek naek buble glass :big_biglaugh:

ud kayak maen game pake cheat lah bawa gituan apalagi maen di jalanan banyak obstacle sama tikungannya :wkkk:
wkwkwkwk yang langganan ngebully fwd kan orang amrik juga ini grocery getter lebih kenceng dari muscle gua,

orang europ mana ada ngebully fwd orang pelopornya modern fwd mini cooper :mky_03:
Bibieight wrote: Fri Nov 11, 2022 6:02
Nah kalo dibikin level playing field kayak gini kan orang tinggal milih, mau ICE, ya silahkan isi sendiri pake bensin dengan keekonomian normal, mau pake EV ya silahkan, TCO-nya dibantuin dari alih subsidi BBM.
tp klo nyuruh beli harga keekonomian normal, ya pertamina nya hrs transparan harga oil per barrel per hari ini brp rumus itungannya gimana bisa jadi harga segitu :big_bored:

krn kayak bbrp bulan lalu waktu gila-gilanya aja, bilangnya selalu harga keekonomian pertamax 17 ribu itu dari mana itungannya pdhl di saat swasta aja jual masih 14 ribu kan jadi pertanyaan :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Nov 12, 2022 2:59 wkwkwkwk yang langganan ngebully fwd kan orang amrik juga ini grocery getter lebih kenceng dari muscle gua,

orang europ mana ada ngebully fwd orang pelopornya modern fwd mini cooper :mky_03:


tp klo nyuruh beli harga keekonomian normal, ya pertamina nya hrs transparan harga oil per barrel per hari ini brp rumus itungannya gimana bisa jadi harga segitu :big_bored:

krn kayak bbrp bulan lalu waktu gila-gilanya aja, bilangnya selalu harga keekonomian pertamax 17 ribu itu dari mana itungannya pdhl di saat swasta aja jual masih 14 ribu kan jadi pertanyaan :big_bored:
muscle kan cuma bagus selama jalanannya lurus body kayak perahu gitu apalagi demon maen di gunung bisa2x nyemplung jurang :big_biglaugh:

tesla pun saya gak yakin bisa bantai honda di tikungan kayak touge plaid sama GT3 RS yang kalah quarter mile aja bisa ketinggalan 10menit di nurburging :wkkk:

tapi emang ud waktunya kita ganti yang kita bakar gak bisa minyak bumi mulu masalahnya E-FUEL itu banyak politiknya katanya gak energy efisien lah energi yang kepake cuma berapa persen :big_bored:

tapi gak itungin tuh EV ketergantungan sama teknologi laen gimana cara isi listriknya ?? solar panel lama, wind farm sama colok ke grid gak bisa dimana2x instant balik lagi ke combustion pake diesel apa gak itunganya jadi gak energi efisiennya combustion masuk situ baru jadi listrik :wkkk:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by pendoli »

Anyway

Ni bz4x ada yang dipajang di showroom mana gitu ga si? Kali aja mertua kesambet trus beli…
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

pendoli wrote: Sat Nov 12, 2022 4:42 Anyway

Ni bz4x ada yang dipajang di showroom mana gitu ga si? Kali aja mertua kesambet trus beli…
coba tanya toyota sunter aja kan pusatnya disitu :big_think:
irwan2011
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue May 03, 2011 5:01

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by irwan2011 »

Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by b0ku »

irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 6:57 Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
kalo hasil study volvo sih bilang buat ngalahin emisi mobil bensin yang setara ev itu butuh jalan 110.000km dulu itu emisi dari produksi mobilnya loh terus kalo baru jalan 120.000 terus batre tewas apa gak harus jalan lagi mungkin 60-90rb lagi karena emisi segede gitu keluar dari manufacturing batrenya dan kayak duo mobil saya dua2xnya baru 90.000km dalam waktu ampir 10thn berarti sejauh ini mobil saya statusnya masih ramah lingkungan itu dengan mesin V8 4silinder di 1500 bensin 4 silinder 2.5 turbodiesel yang study volvo mereka pake mesin V6 basednya :wkkk:

saya ini jualan mobil loh mayoritas mobil 10thn itu kilometer baru 100rban kecil bahkan banyak yang masih 70-90rb :big_biglaugh:

jd mereka maksa EV padahal gak bisa di pukul rata semua lebih baik pake EV, ev itu lebih bagus buat transport yang jalannya banyak macem taxi angkutan travel dan logistik jatohnya akan lebih murah tapi ya itu balik lagi kalo gak keberatan sama charging time yang lama :big_bored:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ilhami »

mahal banget mobilnya. Kalau TKDN nya disamakan dengan Innova dkk, jadi berapa harganya?
irwan2011
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue May 03, 2011 5:01

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by irwan2011 »

b0ku wrote:
irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 6:57 Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
kalo hasil study volvo sih bilang buat ngalahin emisi mobil bensin yang setara ev itu butuh jalan 110.000km dulu itu emisi dari produksi mobilnya loh terus kalo baru jalan 120.000 terus batre tewas apa gak harus jalan lagi mungkin 60-90rb lagi karena emisi segede gitu keluar dari manufacturing batrenya dan kayak duo mobil saya dua2xnya baru 90.000km dalam waktu ampir 10thn berarti sejauh ini mobil saya statusnya masih ramah lingkungan itu dengan mesin V8 4silinder di 1500 bensin 4 silinder 2.5 turbodiesel yang study volvo mereka pake mesin V6 basednya :wkkk:

saya ini jualan mobil loh mayoritas mobil 10thn itu kilometer baru 100rban kecil bahkan banyak yang masih 70-90rb :big_biglaugh:

jd mereka maksa EV padahal gak bisa di pukul rata semua lebih baik pake EV, ev itu lebih bagus buat transport yang jalannya banyak macem taxi angkutan travel dan logistik jatohnya akan lebih murah tapi ya itu balik lagi kalo gak keberatan sama charging time yang lama :big_bored:
Kalo memang benar begitu om, berarti memang cuma mindahin kadar emisi udara ke kawasan industri manufaktur mobil, batere & power plant aja.
Memang kalo pada pake EV semua, kawasan pemukiman & perkotaan akan jd free emisi sih. Karena utk distribusi listrik dr power plant ke rumah2 cukup pake menara sutet & gardu aja yg ga ada emisinya. Lain hal kalo mau distribusi bbm dr lokasi kilang minyak/depo ke spbu yg pake truk tangki & pake solar lg. Jadi emisinya masih ke bawa ke kawasan perkotaan.
Ya tinggal sudut pandang aja sih. Tapi kalo uda orientasi kepentingan bisnis & politis ya susah jg sih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bZ4X launching di indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sat Nov 12, 2022 7:12
irwan2011 wrote: Sat Nov 12, 2022 6:57 Polemik kadar emisi antara mobil ev & ice memang perlu ada pengujian compare secara apple to apple.
Misal : utk menggerakkan mobil ice sejauh 1 km itu akan menghasilkan brp gram emisinya. Dan jg utk memproduksi listrik 1 kwh di power plant akan menggenerate brp gram emisinya. Kalo ternyata sama aja ya cuma mindahin lokasi emisi doang dr kawasan perkotaan ke kawasan power plant. Dan 1 hal lg utk 1 kwh listrik itu bisa menggerakkan mobil ev sejauh brp km.
kalo hasil study volvo sih bilang buat ngalahin emisi mobil bensin yang setara ev itu butuh jalan 110.000km dulu itu emisi dari produksi mobilnya loh terus kalo baru jalan 120.000 terus batre tewas apa gak harus jalan lagi mungkin 60-90rb lagi karena emisi segede gitu keluar dari manufacturing batrenya dan kayak duo mobil saya dua2xnya baru 90.000km dalam waktu ampir 10thn berarti sejauh ini mobil saya statusnya masih ramah lingkungan itu dengan mesin V8 4silinder di 1500 bensin 4 silinder 2.5 turbodiesel yang study volvo mereka pake mesin V6 basednya :wkkk:

saya ini jualan mobil loh mayoritas mobil 10thn itu kilometer baru 100rban kecil bahkan banyak yang masih 70-90rb :big_biglaugh:

jd mereka maksa EV padahal gak bisa di pukul rata semua lebih baik pake EV, ev itu lebih bagus buat transport yang jalannya banyak macem taxi angkutan travel dan logistik jatohnya akan lebih murah tapi ya itu balik lagi kalo gak keberatan sama charging time yang lama :big_bored:
gw makanya suka satir, mobil yang green itu aventador warna ijo :big_biglaugh:

itu rumbling V12 kalo cuma dinyalain sabtu-minggu di track doang kan gak merusak bumi :mky_03: maka nya pabrik supercar itu pada protes, pada nyadar kok big gas guzzling V12 nya cuma nyala di akhir pekan tp mereka ikut kena strict emission regulation sampe aston minta toyota bikinin cygnet.

pdhl sehari keliaran di jalan aston itungan jari, toyota corolla berapa biji :mky_03:

1 rumah tinggal 1 orang punya 10 gas guzzling V8 yang dipake cuma occasional tetep lebih "ijo" daripada 4 orang punya 4 mobil listrik. 1 orang kan gak mungkin nyetir 10 mobil sekaligus :big_biglaugh:

problemnya bukan di mobil apa yang dipake, tapi berapa orang yang pake mobil. jaman dulu masih karbu mesin bagong 8000cc cuma 100hp ya gak ribut emisi wong yang pake mobil dikit.

sbenernya selama populasi manusia masih banyak ya emisi akan berkutat di situ-situ aja :mky_03: bayangin berapa emisi dari pakaian, makanan, air bersih, kesehatan, tempat tinggal. belum yang sekunder macem internet dan kendaraan. kotoran sapi sama kuda aja emisinya sama kayak mobil bensin, not mentioning kita napas jg hasilin CO2 :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7