hidrogen ud dijual om cuma ya gak praktis, maksud saya E-FUEL itu prosesnya ud turunan hidrogen bahan bakunya aer di suling sama CO2 hasilnya malah jadi kerosene kek minyak bumi tinggal tuang ke tangki bensin lsg gelinding lagi ud di test di mobil tua sama pesawat jalan semua tinggal siapa aja yang mau buat PLTN khusus buat bikin ni fuel dijamin harganya bisa terjun bebasilhami wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 0:12
itu mobil buat proof of concept saja. Ya memang bisa dibuat tapi
- hidrogen molekulnya sangat kecil, sehingga bisa melewati pori-pori bahan apapun. Kalau mobil disimpan lama, hidrogen nya habis sendiri.
- resiko nya besar, tangki hidrogen butuh 700 bar. Kalau bocor rembes di garasi bisa meledak. Tukang balon gas aja kebakaran sampai korban tewas.
- transport hidrogen sulit, untuk mencairkan hidrogen butuh suhu dingin -250C, lebih sulit dari membuat nitrogen cair. Untuk memindahnya ke tangki SPBU rumit sekali.
- produksi hidrogen mahal. Mungkin menunggu reaktor FUSI bisa berjalan di bumi, sehingga ada energi melimpah. Tapi masih lebih praktis untuk mengecas baterai.
Apa yang bisa dibuat belum tentu efisien dan feasible untuk dijalankan. Contoh, gurun pasir kering bisa saja ditanami kalau ada air. Air bisa diambil dari desailinasi air laut, kemudian di pompa ke pegunungan, mengalir lagi sebagai sungai. Tapi, energi yang dibutuhkan akan sangat-sangat besar.
Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Nubie vote EV lha wong hidrogen tu rumit, susah banget distribusi dan storagena juga. Ga bisa sembarangan SDM yang handle juga ga ada faktor kepraktisan sama skale
Salah 1 faktor terbesar yang membuat ICE bisa bertahan sampe kini karena di faktor praktis banget kan
Walo nubie berharap ada terobosan teknologi terbaru di hidrogen tapi hilal itu blom terlihat sampe kini
Dalam hal kepraktisan jelas EV menang telak dan ga mungkin disaingi oleh boil hidrogen
CMIIW
Salah 1 faktor terbesar yang membuat ICE bisa bertahan sampe kini karena di faktor praktis banget kan
Walo nubie berharap ada terobosan teknologi terbaru di hidrogen tapi hilal itu blom terlihat sampe kini
Dalam hal kepraktisan jelas EV menang telak dan ga mungkin disaingi oleh boil hidrogen
CMIIW
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9776
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Sumber energi listrik masih Coal.
Jadi makin memperparah pulusi klo butuh electricity lebih di masa depan.
Elon gak jadi invest di sini krn Hulunya masih Tenaga Coal
Jadi makin memperparah pulusi klo butuh electricity lebih di masa depan.
Elon gak jadi invest di sini krn Hulunya masih Tenaga Coal
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Semoga menang Um@Charlos Ghosn
You deserve to get that
Setelah apa yg dilakukan nissan Jepun terhadapna asli ga respect pada merk ini lage biar bangkrut skalian aza
Padahal Ghosn adalah visioner dan Pionir terdepan dalam masa transisi ke EV global wong elon Musk sama skale bukan siapa2 saat itu
Malah kebalek skarang
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
jgn om kasian yang punya GTRpcx wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 8:48
Semoga menang Um@Charlos Ghosn
Setelah apa yg dilakukan nissan Jepun terhadapna asli ga respect pada merk ini lage biar bangkrut skalian aza
Padahal Ghosn adalah visioner dan Pionir terdepan dalam masa transisi ke EV global wong elon Musk sama skale bukan siapa2 saat itu
Malah kebalek skarang
biarin aja mati gak mau idup segan dia sekarang nyari duit ngerestore mobil2x tuanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Biarin aja ben kapok Um@bokub0ku wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 9:09jgn om kasian yang punya GTRpcx wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 8:48
Semoga menang Um@Charlos Ghosn
Setelah apa yg dilakukan nissan Jepun terhadapna asli ga respect pada merk ini lage biar bangkrut skalian aza
Padahal Ghosn adalah visioner dan Pionir terdepan dalam masa transisi ke EV global wong elon Musk sama skale bukan siapa2 saat itu
Malah kebalek skarang
biarin aja mati gak mau idup segan dia sekarang nyari duit ngerestore mobil2x tuanya
Liat aja sekarang kerjana cuman gonta ganti CEO mlulu tu nisan Jepun
Kalo nisan Jepun kepepet ga punya duit lage paling ngemis2 balikin triple diamonds ke Mitsubishi grup lage wkwkwkwkw
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Kalau mnrr saya, tetep baik mobil EV maupun hydrogen tetep harus invest, Krn liat strategi energi dunia. Malah kalau liat ujungnya, hatrategi energi hidrogen mungkin punya lifecycle yg lebih panjang kedepannya gara2 banyak aturan ESG serta masalah habisnya non-renewable energy.
Ya kalau khusus Jepang, saya sih liatnya lebih dari background negara. jepang itu negara importir hydrocarbon (mau gas atau minta kbuni) serta importir listrik.
Semenentara itu, Jepang termasuk negara yg punya blueprint matang tuk hidrogen . Makanya strategi industri Jepang kedepannya adalah menggunakan Hidrogen.
Layaknya industri rokok yg mana beberapa investor yg sudah terikat dengan aturan ESG ga boleh lagi Belis saham rokok, aturan ESG ini mau ga mau bakal mempengaruhi dunia termasuk otomotif di kemudian hari.. Meski ya bergantung dengan komitmen2 masing2 negara sih tuk penerapan ESG ini (sustainable finance).
Jadi kalau Indonesia ga buru2 juga mulai invest, yg tadinya kita jaya di non renewable energy,, akan jadi importi renewable energy Di masa mendatang..
Terlampir ini negara2 yang bakalan jadi produsen hydrogen di 2030.
https://www.hydrogeninsight.com/product ... -1-1405571
Ya kalau khusus Jepang, saya sih liatnya lebih dari background negara. jepang itu negara importir hydrocarbon (mau gas atau minta kbuni) serta importir listrik.
Semenentara itu, Jepang termasuk negara yg punya blueprint matang tuk hidrogen . Makanya strategi industri Jepang kedepannya adalah menggunakan Hidrogen.
Layaknya industri rokok yg mana beberapa investor yg sudah terikat dengan aturan ESG ga boleh lagi Belis saham rokok, aturan ESG ini mau ga mau bakal mempengaruhi dunia termasuk otomotif di kemudian hari.. Meski ya bergantung dengan komitmen2 masing2 negara sih tuk penerapan ESG ini (sustainable finance).
Jadi kalau Indonesia ga buru2 juga mulai invest, yg tadinya kita jaya di non renewable energy,, akan jadi importi renewable energy Di masa mendatang..
Terlampir ini negara2 yang bakalan jadi produsen hydrogen di 2030.
https://www.hydrogeninsight.com/product ... -1-1405571
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4604
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Coal dijadikan black campaign eropa dan amerika.Suryaputra wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 8:01 Sumber energi listrik masih Coal.
Jadi makin memperparah pulusi klo butuh electricity lebih di masa depan.
Elon gak jadi invest di sini krn Hulunya masih Tenaga Coal
Dulu industri mereka berjaya karena coal gak ada teriak2x polusi, sudah habis coal mereka baru teriak polusi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1660
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
sampe skrg jg kaga proven tuh ghosn guilty nya dimanapcx wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 9:29Biarin aja ben kapok Um@bokub0ku wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 9:09jgn om kasian yang punya GTRpcx wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 8:48
Semoga menang Um@Charlos Ghosn
Setelah apa yg dilakukan nissan Jepun terhadapna asli ga respect pada merk ini lage biar bangkrut skalian aza
Padahal Ghosn adalah visioner dan Pionir terdepan dalam masa transisi ke EV global wong elon Musk sama skale bukan siapa2 saat itu
Malah kebalek skarang
biarin aja mati gak mau idup segan dia sekarang nyari duit ngerestore mobil2x tuanya
Liat aja sekarang kerjana cuman gonta ganti CEO mlulu tu nisan Jepun
Kalo nisan Jepun kepepet ga punya duit lage paling ngemis2 balikin triple diamonds ke Mitsubishi grup lage wkwkwkwkw
biar dikata raja cut cost, faktanya grgr belio makanya nissan masi ada skrg
GTR dibangkitin, fairlady dibangkitin
nissin bete"an waktu mau di merge ama renault, skrg malah alliance kuat
cuma emg perlu diakui ghosn powernya terlalu besar
liat video ini, cuma grgr nanya doang dipecat
Last edited by darrelund on Sat Jul 15, 2023 15:43, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
konsumsi COAL naek terus om terutama di china
pada cancel nuclear terus pake renewables eh gagal buru2x bakar batubara double ongkos double problem ud lah gak ngerti gw sama pikiran monyet2x di pemerintahan jaman sekarang
-
- SM Specialist
- Posts: 15635
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Lbh tepatnya kesalahan ghosn itu nggak sebanding ama tuntutannya. Financial misconduct. Dan emang banyak spending gak perlu. Macem ngakunya perjalanan dinas tapi bermilyar2 gegara minta fasilitasnya paling top. Lifestyle dy juga gila seh.darrelund wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 15:20 sampe skrg jg kaga proven tuh ghosn guilty nya dimana
biar dikata raja cut cost, faktanya grgr belio makanya nissan masi ada skrg
GTR dibangkitin, fairlady dibangkitin
nissin bete"an waktu mau di merge ama renault, skrg malah alliance kuat
cuma emg perlu diakui ghosn powernya terlalu besar
liat video ini, cuma grgr nanya doang dipecat
Tapi ya nggak worth ampe jadi buronan dan diburu tanpa sidang dulu.
Tp kalo jadi eksekutif batu makam... Nemuin dikit aja celah kesalahan ghosn jadi peluru buat ngekudeta. Wkwkwkw.
Chain reaction aja sih ini. Udah saling gak suka.
Lagian ghosn cost cuttingnya gila revenue nya dari minus ke profit senjatanya PHK sana sini. Ya terang aja revenue naik drastis. Trus berita prestasinya digoreng di media. Dpt trust = saham dibeli, dipercaya bank buat pembiayaan, dll.
Udah lah emang merek salah urus biarin meninggal aja
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4604
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Eropa dan Amerika gak mau Benua Asia maju om. Kan kalau kita di Asia maju semua produksi sendiri kan mereka yang rugi.
Karena mereka gak bisa export barang mereka ke Asia karena bisa bikin sendiri semua.
Bahkan gak mau export batu bara lagi.
Lihat saja sekarang Nickel gak di export ke mereka, Eropa marah2x wakakaka.
China gak banyak bacot, langsung bangun pabrik pemurnin Nickel. Invest puluhan T
Eropa gugat di WTO, CPO juga di ban alasan deforestisasi.
Memangnya CPO mau ditanam di mana kalau gak buka hutan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4604
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Jelas salah urus, 8 thn produksi tetap saja problemnya ada wakakakChZ wrote: ↑Sun Jul 16, 2023 0:43Lbh tepatnya kesalahan ghosn itu nggak sebanding ama tuntutannya. Financial misconduct. Dan emang banyak spending gak perlu. Macem ngakunya perjalanan dinas tapi bermilyar2 gegara minta fasilitasnya paling top. Lifestyle dy juga gila seh.darrelund wrote: ↑Sat Jul 15, 2023 15:20 sampe skrg jg kaga proven tuh ghosn guilty nya dimana
biar dikata raja cut cost, faktanya grgr belio makanya nissan masi ada skrg
GTR dibangkitin, fairlady dibangkitin
nissin bete"an waktu mau di merge ama renault, skrg malah alliance kuat
cuma emg perlu diakui ghosn powernya terlalu besar
liat video ini, cuma grgr nanya doang dipecat
Tapi ya nggak worth ampe jadi buronan dan diburu tanpa sidang dulu.
Tp kalo jadi eksekutif batu makam... Nemuin dikit aja celah kesalahan ghosn jadi peluru buat ngekudeta. Wkwkwkw.
Chain reaction aja sih ini. Udah saling gak suka.
Lagian ghosn cost cuttingnya gila revenue nya dari minus ke profit senjatanya PHK sana sini. Ya terang aja revenue naik drastis. Trus berita prestasinya digoreng di media. Dpt trust = saham dibeli, dipercaya bank buat pembiayaan, dll.
Udah lah emang merek salah urus biarin meninggal aja
mending atoyot, 5 sd 6 thn sudah solve
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1660
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
bener sih umChZ wrote: ↑Sun Jul 16, 2023 0:43
Lbh tepatnya kesalahan ghosn itu nggak sebanding ama tuntutannya. Financial misconduct. Dan emang banyak spending gak perlu. Macem ngakunya perjalanan dinas tapi bermilyar2 gegara minta fasilitasnya paling top. Lifestyle dy juga gila seh.
Tapi ya nggak worth ampe jadi buronan dan diburu tanpa sidang dulu.
Tp kalo jadi eksekutif batu makam... Nemuin dikit aja celah kesalahan ghosn jadi peluru buat ngekudeta. Wkwkwkw.
Chain reaction aja sih ini. Udah saling gak suka.
Lagian ghosn cost cuttingnya gila revenue nya dari minus ke profit senjatanya PHK sana sini. Ya terang aja revenue naik drastis. Trus berita prestasinya digoreng di media. Dpt trust = saham dibeli, dipercaya bank buat pembiayaan, dll.
Udah lah emang merek salah urus biarin meninggal aja
ghosn sendiri ngaku klo dia cuma korban dari unek" exec nippon
dia pun sadar klo gabungin renault-nissan itu kaga bakal beres, tapi dibiarin aja. dan itu kyknya dijadiin senjata buat ngeluarin
tapi mmg kan zaman itu nissin kaga efisien, model banyak tpi kg ada yg kejual
makanya model" enthusiast & aneh" disikat abis + PHK dan tutup pabrik
jaman ghosn ud ngaco, skrg malah tambah parah
liat aja infiniti nasibnya gmn, berbanding kebalik sama lexus
makanya liat masda sekecil gitu hebat bisa bikin inline 6, infiniti yg jauh lebi gede malah decline abis"an