b0ku wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 3:27
kalo cuma ngandelin sumbernya dari barang primitif namanya batre mah gak bakalan deh
namanya aja ud batre musti di isi, yang ngisi another technology, bisa solar panel, genset diesel, reaktor nuklir, atau mungkin bisa pake ini
tapi balik lagi butuh instant cepet bisa ngisi dimana2x ujung2xnya narik genset diesel bakar solar gak sekalian aja pake mobil diesel
Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
saat ini emang sihn
tapi prubahan bisa trus terjadi dan arah angin bisa berubah
Suryaputra wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 0:57 Both.
Inovasi gak terjadi scr otomatis, ada sekelompok orang yg melakukan effort untuk membuat sesuatu hal menjadi fit to the market.
se7 bangetChZ wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 3:04 pasti akan berdampingan semua.
kenapa? sederhananya different tool for different job. ya mungkin nanti juga bersamaan dengan synthetic fuel technology. alternatifnya ada e-fuel (carbon capture) atau hydrogen combustion.
EV ya harapannya tentu saja.... pake hydrogen juga (FCEV).
tapi diesel atau bensin punah ya tidak akan terjadi dalam waktu dekat juga, malah mungkin gak akan terjadi kali selama itu tetep solusi paling murah dan praktis. dan gas and oil tidak akan berhenti dibakar, kenapa? lah nanti pabrik mau pake apa pake ekstrak buah manggis? rumah mati lampu hotel mati lampu aja dah pada ribut kepanasan nyalain genset diesel deh
beneran dystopia kalo beneran di-cut semua sumberdaya nya internal combustion.
klo di sini ada yang nonton black mirror, ada disinggung sedikit, ceritanya sewa EV yang udah tua krn duitnya ngepas, tapi ke luar kota chargernya udah gak support.
ICE dan EV itu lebih kayak uang kertas vs cashless. masing-masing ada gunanya sendiri. transfer atau QR emang lebih praktis, tapi nyatanya loket setor tunai di bank jg sampe hari ini masih rame-rame aja orang bawa duit segebong ratusan juta
hiduo bersama lebih baek ada byk pilihan, ndak mlulu itu2 tok
enjin uap
mantul banget info nyaBibieight wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 2:00 Hydrogen disini saya asumsikan yg fuel cell ya, bukan hidrogen yg dibakar, jd sama aja EV, tapi bukan pake batere. Nah kalo begini asumsikan aja semuanya sama di drive feel dll dsb., tinggal masalahnya di kesiapan infrastruktur.
Untuk hidrogen berarti butuh tangki timbun kryogenik buat simpen hidrogen cair, butuh dispenser buat hidrogen cair, butuh fleet truk kryogenik buat angkut hidrogen dan yg paling besar butuh fasilitas buat bikin hidrogen (misal : electrolysis). Kurang lebihnya infranya sama dengan BBG dengan tingkat kesulitan lebih tinggi (handling barang dengan suhu minus 250 C).
Untuk listrik butuh peningkatan grid, terutama untuk trafonya, biar bisa handling kebutuhan home/apartment charging. Di sisi pembangkit butuh kemampuan untuk handling peak demand (misal : charging bareng2 malem2 atau pas lebaran).
Nah tinggal besar mana ongkosnya, terus siapa yang mau bayar buat bikin infra itu, kl yg pertama mulai dari nol, yg kedua tinggal upgrade dan mungkin bisa melalui insentif disinsentif untuk pricingnya.
Nah kenapa sy milih dua2nya, lebih ke tunggu kesiapan infra, kenapa sekarang saya pakai battery EV ?, ya karena infranya paling siap, di rumah trafo kompleks sy baru , di luar kota, SPKLU di titik2 kritis dah ada, meskipun colokannya masih sedikit .
Don't ate
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
sesudah pluncuran bz4x sebagai bukti kalo toyodai bisa buat ivi
cukup sudah
no more ivi
ucapan yg langsung menguncang dunia otomotif global karena diucapkan oleh bos produsen mobil terbesar dunia
genderang perang telah dimulai dan biem dabelyu bergandeng tangan erat dgn hopeng siang ho produksi biem set for dan ol niu supra untuk mengguncang dunia ivi
tapi kalo bahas cewek cantik bernama ivi ya ndak papa pasti nya
bi kerful leon masker
Don't ate
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1082
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9775
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Semoga panjang umur untuk beliaufabreguz wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 18:43
sesudah pluncuran bz4x sebagai bukti kalo toyodai bisa buat ivi
cukup sudah
no more ivi
ucapan yg langsung menguncang dunia otomotif global karena diucapkan oleh bos produsen mobil terbesar dunia
genderang perang telah dimulai dan biem dabelyu bergandeng tangan erat dgn hopeng siang ho produksi biem set for dan ol niu supra untuk mengguncang dunia ivi
tapi kalo bahas cewek cantik bernama ivi ya ndak papa pasti nya
bi kerful leon masker
Krn org ini menentukan juga masa depan roadmap car industry
Klo sektor industry most likely saya pikir, pasti pakai Hidrogen sbg sumber bahan bakarnya (terlepas fuel cell atau ice)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2620
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Taun 80an juga blg gt, oil crisisZaxis wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 19:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9775
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Propaganda barat aja, spy publik dibrainwash, klo timteng punya cadangan minyak berlimpahfarizfsa wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 0:49Taun 80an juga blg gt, oil crisisZaxis wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 19:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
We are now living in socmed era, informasi secepat cahaya menyebar
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Kaset rusak diulang2 mulu wkwkwkw makanya basi bilang gt.farizfsa wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 0:49Taun 80an juga blg gt, oil crisisZaxis wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 19:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
Paling gampang liat aja siapa siapa yang ngomong kalo orang punya kepentingan ya gitu ngomongnya.
Barat mah suka gitu, pandemi aja gudangnya teori konspirasi di sono narasi ud basi dulu bilangnya mau kiamat melulu tiap ada pandemi
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jan 11, 2022 14:35
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Honda
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
BBM dan BBG masih lumayan jumlahnya, hanya saja penambangannya lumayan costly dengan teknologi saat ini
Perkembangan iptek akan menurunkan cost dan impact fracking atau pun pengolahan gas-gas yang berbahaya.
Ladang-ladang gas di Inggris atau pun di Natuna pada masa depan mau tidak mau harus dieksploitasi
Perkembangan iptek akan menurunkan cost dan impact fracking atau pun pengolahan gas-gas yang berbahaya.
Ladang-ladang gas di Inggris atau pun di Natuna pada masa depan mau tidak mau harus dieksploitasi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
batery itu malah materialnya lebih terbatas sebenernya buat demand kendaraan seluruh dunia gak akan cukup dan untuk minyak belom sampe 2050 juga saya gak yakin kita masih bakar minyak bumi skarang aja kita mulai bakar minyak kelapaZaxis wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 19:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
selama kita terlalu bergantung barang tambang disitulah akan selalu mengkawatirkan ntah itu batre atau minyak emang ud semestinya nyari sumber tenaga yang bisa di buat berulang2x contohnya ya minyak kelapa ini
dan konon katanya disini sabut kelapanya di pake buat gantiin batubara
dan ya ini juga bisa jadi alternatifnya
bahkan semua mobil jd ev aja cuma nguraing 10% konsumsi minyak karena dasarnya yang banyak pake itu pesawat sama kapal laut
tapi arab sendiri mulai investasi negaranya jadi negara pariwisata merka juga tau kalo tergantung sama minyak mulu lama2x mereka bisa kiamatSuryaputra wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 1:01
Propaganda barat aja, spy publik dibrainwash, klo timteng punya cadangan minyak berlimpah
We are now living in socmed era, informasi secepat cahaya menyebar
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
some says malah gak berkurang sama sekali cuma pindah aj
makanya gimana gak curiga ini cuma skema bisnis aja yang diributin mobil melulu apalagi yang bacot orang punya pabrik mobil listrik, klo fokus climate change diem diem bae tuh pesawat kapal sama pabrik2 yang konsumsi minyak nya gede
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ilhami on Fri Nov 18, 2022 3:37, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 387
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
BBG cost tinggi di invest intalasi awal.. Ketika udah terpasang murah banget untuk operasionalnya.. Itung2an kasarnya, gas PGN harga per 1m3 itu 10rb rupiah, kalau dijadikan per 1 liter berarti harganya cuma 10rupiah .. Yang kepake di mobil? Sekitar 15liter per tabung. Dihitung aja itu SPBG yang udah lama jualan udah berapa gede untungnya (skrng harga CNG per lsp 4500 rupiah), apalagi yg ngelayanin truk industri kaya di cikarang.. Tiap shift ada terus truk yang ngisi berkubik2kanjengromo wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 1:08 BBM dan BBG masih lumayan jumlahnya, hanya saja penambangannya lumayan costly dengan teknologi saat ini
Perkembangan iptek akan menurunkan cost dan impact fracking atau pun pengolahan gas-gas yang berbahaya.
Ladang-ladang gas di Inggris atau pun di Natuna pada masa depan mau tidak mau harus dieksploitasi
Kalau dirumahnya udah ada jalur pipa gas PGN sebenernya tinggal invest di home cng refulling station, colok sekitar 1-4jam udah penuh (tergantung spek mesin kompresornya). Udah punya modal mesin refuelling tinggal bayar listriknya aja, saya baca sih masih gede bayar listrik untuk pakai dishwasher (mesin cuci piring) dibanding buat ngisi CNG.
Gas CNG sebenernya prosesnya bolak balik tekanan dinaik turunin.. Dari sumber pipa PGN tekanan CNG 4bar, buat bisa disimpan jumlah banyak di tabung kendaraan perlu dikompres dengan tekanan 200bar. Udah disimpan, biar bisa diproses jadi bahan bakar ke mesin diturunin ke 20bar di stage 1 reducer terus diturunin lagi ke 2bar di stage 2 reducer.. Yg disemprotin ke mesin hanya tekanan 2bar lewat injektor bbg.
Untuk hidrogen pasti lebih kompleks dibanding SPBG, tabung cryogenicnya pasti lebih mahal dibanding tabung CNG tekanan tinggi. Tapi kalau sudah beroperasi kemungkinan bisa lebih murah dari cost bahan bakunya.. Ya mirip seperti gaslah, tapi ini air yg diproses lagi. Source air lebih banyak dibanding gas(yg hanya ada dibeberapa tempat karna instalasinya repot), mungkin sumber daya airnya bisa dipake di tempat yang dekat dengan pdam/waste water treatment..
Nah yang kita ga tau, harga hidrogen itu berapa rupiah per liternya? Apakah bersaing dibanding bbm? Ini kan kasusnya mirip seperti pakai bbg.. Dulu harga bbg 3100 rupiah per liter (jabodetabek) luar itu 4500 rupiah tapi harga premium juga masih 6rban, pertamax 7rban..selisih cuma 2-3rban perliter, orang mikir nanggung ngapain invest konverter kit mahal tapi selisih cuma dikit dengan bbm jadinya bbg gak menarik. Tapi seiring harga bbm skrng yang naiknya gila2an selisih costnya dengan bbg jauh banget.. 5500-9000 rupiah, belum dibandingin sama dex yang sampe selisih 13000 rupiah jadi konversi ke bbg skrng mulai dilirik lagi. Kendalanya hanya perluasan SPBG yg lambat banget, padahal intensitas kendaraan yg udah pakai bbg kebutuhan bbgnya lebih sering dibanding bbm karna keterbatasan kapasitas tabung kendaraan yg hanya bisa nampung sekitar 13-15liter apalagi yg mobilnya boros, jalan 100km udah harus ngisi lagi.
Hidrogen vs EV, ya pasti jalan berdampingan.. Siapa tau hyundai ngebawa & tes mobil hidrogennya ke indo.. Kan nanti bisa jadi trend starter disini..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Membuat hidrogen dengan elektrolisis itu biayanya mahal. Sekarang masih pakai reaksi dengan gas alam (metana atau CH4).
https://afdc.energy.gov/fuels/hydrogen_production.html
https://afdc.energy.gov/fuels/hydrogen_production.html
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
maksudnya cuma ngurangin 10% itu minyaknya akan pindah ke yang laen buat support ev ,apalagi mau semuanya EV yang ada makin jor2xan tambang materialnya dan nambang itu pake alat berat alat beratnya itu pake diesel semua, pake batre???? asik donk bisa ngaso mulu nungguin chargingilhami wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 3:34
50 persen masih untuk bbm kendaraan.
https://afdc.energy.gov/data/10661
energy-use-by-transporta.png
coba hitung2xan sederhana dulu aja satu wall charger hyundai 7000watt kali populasi mobil di jakarta coba liat hasilnya berapa daya yang di konsumsi kalo yang ngecharge 10-30%nya aja bareng2xan kalo gak shock
dan makin banyak di hitung makin banyak pula yang gak masuk diakal.......
di video yang saya kirim aja butuh 400thn buat bisa bikin batre yang bisa ngebackup power waktu winter lah 400thn bukanya batre itu bagus2xnya aj 10-20thn ud tewas itu mah sama aja ud kayak vonis hukuman mati
disitu juga di kasih tau mau nutupin seluruh amerika sama solar panel pun cuma cukup buat setengah amrik
emang EV ini muungkin sponsornya ibu peri kali
nah itu dia malah ributin banda orang padahal banda sendiri lebih ngerusakChZ wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 2:42 some says malah gak berkurang sama sekali cuma pindah aj
makanya gimana gak curiga ini cuma skema bisnis aja yang diributin mobil melulu apalagi yang bacot orang punya pabrik mobil listrik, klo fokus climate change diem diem bae tuh pesawat kapal sama pabrik2 yang konsumsi minyak nya gede
yang lucu ngimpi mereka pesawat pun mau di bikin EV kagak mikir itu pesawat jet tenaganya dapet dari pembakaran avtur makannya powernya bisa gede, mau diganti batre yang ada malah balik ke baling2x
the best yang mereka bisa bikin malah balik kek gini
pake solar panel sama batre jgn lupa diesel generator buat keaadaaan darurat
makannya lucu saya bilang lama2x batre ini ud kayak berhala kesannya semua bisa di ganti pake batre padahal batre itu paling gak bisa diandalkan karena ini bukan mesin tapi penyimpanan tenaga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1082
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Mungkin kali ini beneran karena Arab aja mulai beralih ke tourism bahkan mulai bikin moblis jugafarizfsa wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 0:49Taun 80an juga blg gt, oil crisisZaxis wrote: ↑Thu Nov 17, 2022 19:24 Hydrogen paling nanti untuk kendaraan berat macam truk bus kereta kapal pesawat
Mobil kecil mah tetep ev
Mobil2 tua convert ke ev atau ke bbg macam taksi
2050 kata nya BBM habis
Kalo ga mau mobil ev yah mulai belajar ternak kuda dari sekarang
Balik lagi ke jaman sebelum mobil diciptakan kemana2 naek kuda
Sampe sekarang masih ada aja tuh wkwk
Yang pasti kan cadangan bbm indo cuma sisa 9 taun
https://www.cnbcindonesia.com/news/2022 ... i-10-tahun
Daripada devisa + APBN abis buat subsidi BBM kan mending pake barang yg ada dalam negri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9775
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Emg ideally.. category dan jenis mobil ini jangan dibatasi.
Biarin aja produsen berkarya dan inovasi semaksimal mungkin.
Lihat mana infra yg mendukung.
Jd semuanya sama" bergerak ke arah yg inovatif, bukan terpaksaaa dan ujung2nya chaos.
Masalah produknya market fit atau nggak, biar pasar yg nentuin.
Biarin aja produsen berkarya dan inovasi semaksimal mungkin.
Lihat mana infra yg mendukung.
Jd semuanya sama" bergerak ke arah yg inovatif, bukan terpaksaaa dan ujung2nya chaos.
Masalah produknya market fit atau nggak, biar pasar yg nentuin.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
CMIIW,
Hidrogen yg umum dipakai di industri saat ini berasal dari migas juga, blue hydrogen. By productnya CO2, malah bahaya untuk lingkungan.
Kalau hidrogen dari energi terbarukan, green hydrogen, mahal. Plus lebih efisien pakai listriknya langsung dibanding buat hidrogen kemudian dikonversi lagi di fuel cell.
Hidrogen yg umum dipakai di industri saat ini berasal dari migas juga, blue hydrogen. By productnya CO2, malah bahaya untuk lingkungan.
Kalau hidrogen dari energi terbarukan, green hydrogen, mahal. Plus lebih efisien pakai listriknya langsung dibanding buat hidrogen kemudian dikonversi lagi di fuel cell.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1660
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
percaya lah, hidrogen utk skrg masih jauh dari take-off
adopsi EV lebi gampang
buat skrg yah paling bagus e-fuel & EV
hidrogen apa" mahal
infra mesti bikin baru, ngirimnya jg pke special tank. nyimpen mesti pke special container.& pressurized pula. ribet bet bet bet
dah gtu bikinnya susah, hasil produk g seberapa tapi keluar energi yg gede bgt
-------------------
e-fuel jg sebenernya butuh energy gede krn kan mesti capture & dipecah lagi elemennya
tapi sangat realistis, karena volume produk jadinya lebih banyak
bahan baku tinggal ambil dari udara, recycle
scr logistic & infra jg enak, gausa bikin baru
e-fuel klo ud jadi ya tinggal kirim pke truk biasanya & guyur ke spbu aja
selesai
adopsi EV lebi gampang
buat skrg yah paling bagus e-fuel & EV
hidrogen apa" mahal
infra mesti bikin baru, ngirimnya jg pke special tank. nyimpen mesti pke special container.& pressurized pula. ribet bet bet bet
dah gtu bikinnya susah, hasil produk g seberapa tapi keluar energi yg gede bgt
-------------------
e-fuel jg sebenernya butuh energy gede krn kan mesti capture & dipecah lagi elemennya
tapi sangat realistis, karena volume produk jadinya lebih banyak
bahan baku tinggal ambil dari udara, recycle
scr logistic & infra jg enak, gausa bikin baru
e-fuel klo ud jadi ya tinggal kirim pke truk biasanya & guyur ke spbu aja
selesai
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1660
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
iya pindah doank sebenernya mahChZ wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 2:42some says malah gak berkurang sama sekali cuma pindah aj
makanya gimana gak curiga ini cuma skema bisnis aja yang diributin mobil melulu apalagi yang bacot orang punya pabrik mobil listrik, klo fokus climate change diem diem bae tuh pesawat kapal sama pabrik2 yang konsumsi minyak nya gede
jatohnya carbon neutral krn mobilnya kan ga keluarkan emisi, cuma bikinnya aja.
klo skrg kan bikin, ngirim & mobilnya kan keluar emisi semua
cuma yah sampe carbon neutral butuh waktu lumayan lama
zero carbon tuh cuma kampanye politisi & bisnis doank, aslinya mah hampir impossible buat net-zero. bisa carbon neutral aja ud sukur
skrg gmn mau fokus climate change, org tuh aktivis aja pegi masi pke pesawat yg pakai minyak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1660
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
yah minimal produk akhirnya ga nambahin emisi
daripada nambahin terus
kyk misal masda 3 119g/km
jalan 50km aja ud ngasilin 5950g co2, itu baru 1 mobil, kalo ada ribuan?
kan lumayan klo dikurangi
or atleast pke e-fuel kan ga nambahin
tar tinggal pabrik e-fuel makin canggih, capture & output makin gede
nah baru pesawat sama kapal laut bisa pake
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
Cadangan minyak indonesia tinggal 8 tahun lagi".
Pakai EV karena minyak habis dan jadi importir minyak bumi. Kalau EV kan fleksibel, energi dari hulu bisa pakai PLTU gas, batubara, tenaga angin dsb.
Pakai EV karena minyak habis dan jadi importir minyak bumi. Kalau EV kan fleksibel, energi dari hulu bisa pakai PLTU gas, batubara, tenaga angin dsb.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
NOPE e-fuel alliance itu targetnya pesawat sama cargo shipdarrelund wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 11:23 yah minimal produk akhirnya ga nambahin emisi
daripada nambahin terus
kyk misal masda 3 119g/km
jalan 50km aja ud ngasilin 5950g co2, itu baru 1 mobil, kalo ada ribuan?
kan lumayan klo dikurangi
or atleast pke e-fuel kan ga nambahin
tar tinggal pabrik e-fuel makin canggih, capture & output makin gede
nah baru pesawat sama kapal laut bisa pake
kalo projectnya porsche baru buat mobil dan itu baru sebatas mobil2x balap mereka atau mungkin customer mereka
mungkin mereka mau jadi pilot project kalo berhasil mungkin akan di support sama goverment kalo sing pada waras
lagian kata polpo kalo dari study mereka buat EV setara yang icenya itu butuh jalan 110.000 km jalan buat bikintuh ev lebih sedikit carbon footprintnya karena semua orang gak itung carbon footprint dari bikin tuh batre kalo di itung sebenernya ya malah lebih ancur apalagi di indo mobil 10thn km mayoritas 100rban kecil bahkan banyak di bawah 100rb apalagi modelan volvo
kalo ngitungnya gitu pas ganti batre juga kan kena carbon footprint lagi jd kalo ganti batre otomatis jalan 110rb akan nambah lagi mungkin bisa 80rb kali since yang bikin berat kan batrenya
balik lagi om T&C apply soalnya masih akan exsplorasi lagi nyari titik bor baru buat ladang minyak makanya dari 30thn lalu juga ngemengnya tinggal berapa tahun lagi cuma gak abis2x karena mereka juga nyari lagi itu itungan kalo gak ada explorasi lagi
cuma balik lagi ud dari minyak barang tambang terus tergantung pake barang tambang laen yang notabe di bikin jd tembok beton berton2x dan makan banyak bahan, ujung2xnya minyak yang di sedot di pake buat alat berat buat nambang tuh barang, transport, produksi bahkan dipake buat ngecharging dunia emang ud gilaaaaa
gak lagsung aja mendingan pake tuh meisn diesel sama bensin
saya sendiri biarpun suka pake mobil combustion agak2x gak suka tergantung sama minyak bumi karena minyak bumi itu barang terbatas
makannya salah satu alesan saya simpen diesel di rumah padahal saya sendiri kurang suka diesel karena RPMnya rendah banget
karena diesel itu kalo kepepet saya bisa oplos sama minyak goreng jd kalo emang amit2x darurat itu mobil masih bisa dicari bahan bakarnya dengan resiko injektornya mungkin gak tahan lama tapi mayan buat surviving
emang mereka mau pake kapal listrik baling2xdarrelund wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 11:16
iya pindah doank sebenernya mah
jatohnya carbon neutral krn mobilnya kan ga keluarkan emisi, cuma bikinnya aja.
klo skrg kan bikin, ngirim & mobilnya kan keluar emisi semua
cuma yah sampe carbon neutral butuh waktu lumayan lama
zero carbon tuh cuma kampanye politisi & bisnis doank, aslinya mah hampir impossible buat net-zero. bisa carbon neutral aja ud sukur
skrg gmn mau fokus climate change, org tuh aktivis aja pegi masi pke pesawat yg pakai minyak
jgnkan batre pake kapal baling2x biasa aja orangnya ditimbang sebarang2xnya loh
gimana naek kapal batre suruh bawa body doank kali yang ada
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4257
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
lebih menarik lagi
ternyata selama ini
lingkaran setan
awalnya pake nuklir di protes karena pada paranoid
akhirnya di shutdown balik ke coal sama CNG
mulai pada pake mobil listrik GRIDNYa gak sanggup akhirnya kepepet gas terus coal sama cngnya
-
- SM Specialist
- Posts: 15634
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?
same here sih klo dibilang pro banget sama fossil fuel use ya tidak juga tp ane lebih pro ke synth fuels atau alternative fuels, drpd mengubah jenis penggerak. kalo bisa ya why not, lbh sustainable jg older cars gak perlu di scrap semua krn masih ada opsi buat jalanin.
keluar diesel modern jg gak bikin susah yang mau piara daihatsu taft kebo kan bisa cuek2 aja toh itu mobil dependable sangat di kebon, solarnya masih bisa pake. paling maintenance nya lebih aja soalnya solar modern udah minim sulfur sementara dia sulfurnya buat ngelumasin fuelpump
sbenernya petrol-heads gak akan ribut kalo politisi bule gak maen mau ngeban-ngeban combustion apalagi cuma modal dengerin rich billionaire tukang pompom saham yang memang punya kepentingan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7