Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.
Posted: Fri Nov 18, 2022 4:49
Bingung antara taruh road trip atau review, sementara saya parkir disini dulu ya. Ceritanya ini saya bikin review Jakarta-Borobudur pp dalam rangka BoMar kemarin, cuma kali ini beda dengan review yang lain, ini fotonya sedikit grafiknya banyak.
Karena dibilang EV itu mahal di batere, untuk trip kali ini saya akan cerita tentang batere-nya, berapa suhunya, berapa powernya, manajemen suhunya seperti apa. Untuk proxy suhu batere saya pakai artikel ini : https://www.evcreate.nl/ideal-battery-temperature/ . Dimana range optimum itu antara 25C sd. 35C. Lewat itu degradasi batere cepet, dan kalo diatas 50C siap2 kabur karena mobil bakal mbledug…..
Beda dengan mobil ICE, kalau EV itu harus planning, jadi saya bikin planning seperti ini : Pakai OBD+aplikasi Carscanner saya dapat setidak2nya 400 data point, seluruh data diolah lebih lanjut offline ya, jadi saya tdk pakai screenshoot scannernya.
Satu dan lain hal saya nyaris ndak berangkat, akhirnya jalan juga tapi dengan start batere di 91.5%. Kesiangan jadi macet di MBZ-Cikampek Utama, sisanya Cikampek Utama – km 207A lumayan lancar.
Ini adalah bacaan parameter terkait batere dari rumah s/d. km 207, Rata2 kecepatan 59 km/h, pernah mentok di 137 km/h di stretch Cikamput-km 207. Baterenya ternyata punya std. deviasi yg kecil sekali, cuma 1C, dengan rata2 32C. Jadi meskipun sempat ketemu 36C akan cepat dibawa ke 32C-33C. Kenapa saya tambah parameter compressor AC disini, karena pendinginan batere-nya dapat dari compressor AC.
Nah berikut adalah time series dari data tsb. Sama ceritanya : Data speed dan kompresor baru masuk di 08:43, tapi sisanya sudah masuk sejak jalan. Nah garis oranye itu adalah kW yang keluar dari batere, kalo + berarti lagi jalan, kalo – berarti lagi regen. Untuk speed (hijau), dari 08:43 – 09:10 itu jalan di MBZ, naaaah dari 09:10 sampai 10:50 itu perjoangan berat di Cikampek. Average, kompresor AC itu stabil di 1000 rpm. Lepas Cikamput keliatan kalo kenceng, jadi garis ijo naik tinggi diiringi garis orange yang band-nya lebih lebar.
Naah, kalo diplot per 2 parameter (biar lebih jelas), antara power keluar masuk sama speed ndak ada hubungan, kalo power lebih ke arah driving style : Jadi stop-go, karena ada regen daya-nya balik lagi ke batere mobil, bahkan pas saat dipake kenceng, kalo modelnya speed-glide-brake energi regennya juga masuk ke baterenya mobil. Nah, efek power keluar masuk kayak gitu ke suhu batere seperti apa ?
Bisa dilihat, power memang ada ngaruhnya ke suhu, disini jalan dari MBZ sd. Cikampek Utama batere naik dari 30C ke 33C, tapi naiknya gradual. Naaah di kotak merah, lepas Cikampek Utama kaki capek (nahan rem-pindah gas) slalom gas rem, itu bikin suhu baterai naik, cepet, dari 33C di 10:30 sampai ke 36 di 10:40an, tapi kalo diperhatikan detil suhunya juga cepet turunnya, jadi rahasianya :
Begitu suhu ketemu 33C dan konstan 10 menit, AC langsung naik RPM-nya, dan akan mati2an di RPM 4000 untuk membawa suhu turun ke 33C. Kayaknya, algoritma I5 itu akan menjaga suhu di 33C, antisipasi begitu 33C kejadian waktu lama, follow the curve sampai 36, begitu 36 langsung habis2an bawa suhu balik ke 32C.
Sampai di Cipali, ketemu sodara item, saya yang silver ya, itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu. Naaah, cas 207A ini 50 kW dibagi dua, pas ngecas dah keduluan sodara item, saya yang silver ya (itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu), jadi akhirnya abis 72 menit.
Total abis ngecas : 72 menit ngapain aja ?, antri toilet, makan siang (empal gentongnya kurang, jauh lebih maknyus sate marangginya), pesen Starbuck, chit-chat sama driver I5 item, terus capcus ke Semarang.....
Nah itu OBD+Car Scanner kenapa berenti sebelum ngecas, ya karena saya bawa makan, jadi ndak ada reading chargingnya....
Selesai cas jalan lagi, dari 207A ke Semarang tol lancar, ini overall grafiknya : Nah highlight kali ini di dua kotak item itu, kotak pertama, selesai cas suhu masih di 37C tapi dalam waktu 15 menit dengan daya upaya kompresor AC suhu dibawa ke 33C lagi, dan uneventful sampai Jatingaleh. Nah kotak kedua itu cerita saya cas di Jatingaleh. Saya zoom sedikit menjelang cas dan setelah cas : Masuk Jatingaleh suhu batere di 34C, brenti colok cas+isi di charge.in sambil mesin nyala turun ke 33C, nah, pas stroom masuk langsung ke 50 kW (garis oranye), langsam terus selama 19 menit, 3/4 jalan suhu naik ke 37C, nah disini AC mulai kick off bawa suhu ke 33C lagi.
Selesai cas jalan, AC-nya masih muter di 4000-an RPM sampai suhu balik ke 33C.
Kesimpulan sementara, I5 punya algoritma cooling battery jaga di kisaran 33C, begitu ke 37C dia akan kick off cooling mati2an sampai balik ke 33C. Kondisi driving normal (versi bawa G20) akan naik pelan2 ke 37C, tapi akan langsung digiring ke 33C dalam waktu 15 menit. Fast charging akan bikin suhu naik cepet, tapi akan ditahan di 37C oleh AC supaya tidak lebih dari itu.
Jadi urusan suhu, jalan dari jam 8 pagi sampai jam 7 malem, (11 jam), kayaknya suhu batere di 37C mayoritas (90%) cuma kejadian pas di cas DC, sisanya pas lari diatas 120 km atau tarik2an, itupun cuma max 15 menit dah ditekan kebawah oleh sistem AC.
Terakhir, nasib batere akan bergantung seberapa sehat kondisi AC kita, soalnya tugas utama AC di I5 bukan buat ngademin yang naik tapi ngademin batere-nya.
Karena dibilang EV itu mahal di batere, untuk trip kali ini saya akan cerita tentang batere-nya, berapa suhunya, berapa powernya, manajemen suhunya seperti apa. Untuk proxy suhu batere saya pakai artikel ini : https://www.evcreate.nl/ideal-battery-temperature/ . Dimana range optimum itu antara 25C sd. 35C. Lewat itu degradasi batere cepet, dan kalo diatas 50C siap2 kabur karena mobil bakal mbledug…..
Beda dengan mobil ICE, kalau EV itu harus planning, jadi saya bikin planning seperti ini : Pakai OBD+aplikasi Carscanner saya dapat setidak2nya 400 data point, seluruh data diolah lebih lanjut offline ya, jadi saya tdk pakai screenshoot scannernya.
Satu dan lain hal saya nyaris ndak berangkat, akhirnya jalan juga tapi dengan start batere di 91.5%. Kesiangan jadi macet di MBZ-Cikampek Utama, sisanya Cikampek Utama – km 207A lumayan lancar.
Ini adalah bacaan parameter terkait batere dari rumah s/d. km 207, Rata2 kecepatan 59 km/h, pernah mentok di 137 km/h di stretch Cikamput-km 207. Baterenya ternyata punya std. deviasi yg kecil sekali, cuma 1C, dengan rata2 32C. Jadi meskipun sempat ketemu 36C akan cepat dibawa ke 32C-33C. Kenapa saya tambah parameter compressor AC disini, karena pendinginan batere-nya dapat dari compressor AC.
Nah berikut adalah time series dari data tsb. Sama ceritanya : Data speed dan kompresor baru masuk di 08:43, tapi sisanya sudah masuk sejak jalan. Nah garis oranye itu adalah kW yang keluar dari batere, kalo + berarti lagi jalan, kalo – berarti lagi regen. Untuk speed (hijau), dari 08:43 – 09:10 itu jalan di MBZ, naaaah dari 09:10 sampai 10:50 itu perjoangan berat di Cikampek. Average, kompresor AC itu stabil di 1000 rpm. Lepas Cikamput keliatan kalo kenceng, jadi garis ijo naik tinggi diiringi garis orange yang band-nya lebih lebar.
Naah, kalo diplot per 2 parameter (biar lebih jelas), antara power keluar masuk sama speed ndak ada hubungan, kalo power lebih ke arah driving style : Jadi stop-go, karena ada regen daya-nya balik lagi ke batere mobil, bahkan pas saat dipake kenceng, kalo modelnya speed-glide-brake energi regennya juga masuk ke baterenya mobil. Nah, efek power keluar masuk kayak gitu ke suhu batere seperti apa ?
Bisa dilihat, power memang ada ngaruhnya ke suhu, disini jalan dari MBZ sd. Cikampek Utama batere naik dari 30C ke 33C, tapi naiknya gradual. Naaah di kotak merah, lepas Cikampek Utama kaki capek (nahan rem-pindah gas) slalom gas rem, itu bikin suhu baterai naik, cepet, dari 33C di 10:30 sampai ke 36 di 10:40an, tapi kalo diperhatikan detil suhunya juga cepet turunnya, jadi rahasianya :
Begitu suhu ketemu 33C dan konstan 10 menit, AC langsung naik RPM-nya, dan akan mati2an di RPM 4000 untuk membawa suhu turun ke 33C. Kayaknya, algoritma I5 itu akan menjaga suhu di 33C, antisipasi begitu 33C kejadian waktu lama, follow the curve sampai 36, begitu 36 langsung habis2an bawa suhu balik ke 32C.
Sampai di Cipali, ketemu sodara item, saya yang silver ya, itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu. Naaah, cas 207A ini 50 kW dibagi dua, pas ngecas dah keduluan sodara item, saya yang silver ya (itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu), jadi akhirnya abis 72 menit.
Total abis ngecas : 72 menit ngapain aja ?, antri toilet, makan siang (empal gentongnya kurang, jauh lebih maknyus sate marangginya), pesen Starbuck, chit-chat sama driver I5 item, terus capcus ke Semarang.....
Nah itu OBD+Car Scanner kenapa berenti sebelum ngecas, ya karena saya bawa makan, jadi ndak ada reading chargingnya....
Selesai cas jalan lagi, dari 207A ke Semarang tol lancar, ini overall grafiknya : Nah highlight kali ini di dua kotak item itu, kotak pertama, selesai cas suhu masih di 37C tapi dalam waktu 15 menit dengan daya upaya kompresor AC suhu dibawa ke 33C lagi, dan uneventful sampai Jatingaleh. Nah kotak kedua itu cerita saya cas di Jatingaleh. Saya zoom sedikit menjelang cas dan setelah cas : Masuk Jatingaleh suhu batere di 34C, brenti colok cas+isi di charge.in sambil mesin nyala turun ke 33C, nah, pas stroom masuk langsung ke 50 kW (garis oranye), langsam terus selama 19 menit, 3/4 jalan suhu naik ke 37C, nah disini AC mulai kick off bawa suhu ke 33C lagi.
Selesai cas jalan, AC-nya masih muter di 4000-an RPM sampai suhu balik ke 33C.
Kesimpulan sementara, I5 punya algoritma cooling battery jaga di kisaran 33C, begitu ke 37C dia akan kick off cooling mati2an sampai balik ke 33C. Kondisi driving normal (versi bawa G20) akan naik pelan2 ke 37C, tapi akan langsung digiring ke 33C dalam waktu 15 menit. Fast charging akan bikin suhu naik cepet, tapi akan ditahan di 37C oleh AC supaya tidak lebih dari itu.
Jadi urusan suhu, jalan dari jam 8 pagi sampai jam 7 malem, (11 jam), kayaknya suhu batere di 37C mayoritas (90%) cuma kejadian pas di cas DC, sisanya pas lari diatas 120 km atau tarik2an, itupun cuma max 15 menit dah ditekan kebawah oleh sistem AC.
Terakhir, nasib batere akan bergantung seberapa sehat kondisi AC kita, soalnya tugas utama AC di I5 bukan buat ngademin yang naik tapi ngademin batere-nya.