Innova jadi FWD "berkat" gempuran MAHINDRA XUV & TATA Safari ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Innova jadi FWD

Post by satriakarisma »

newrubble wrote: Fri Nov 25, 2022 4:18 market inr-dm sama lemahnya dgn indo-dm
penduduk milyaran cuma makan 2.7juta - 3 juta units per annum (2021-2022) - kita bicara mobil bukan spedamotor meski spedamotor mrk laku 3.2x lipat dr indo-dm per thn (aisi bilang thn 2022 ini mgkn antara 5.1 juta - 5.4 juta units

indo penduduk ampir 300juta makan ga sampe sejuta per thn (kasar-kasarnya gt)
inr-dm sama indo-dm urusan pajak sama-sama predatory tapi bedanya
di indo kalo barang belom di beli udah jadi bancaan (resmi)
di indi kalo barang belom di beli belom jadi bancaan

kalo ngikutin inr-dm (apalagi tailing tata n mahindra pasti 'kijang' (bukan lagi kijang) bakalan bikin yg ground clearance 200-205mm
tapi 'kijang' (ag-10 series) dibuat supaya ada segmentasi yg lbh jelas n tdk overlapping dgn ladder frame bikinan negri gajah yg katanya toyota pembuat ladder-frame level murah yg terbesar dunia (yg bermerk toyota)

toyota mau spy kalo masuk lumpur kita beneran dgn spatu boot jgn sole nya doang spatu boot atasnya pantofel

bisa jadi ag-10 (kalo jualan total tetep under sejuta per annum) persiapan tutup tmmin n pindah beneran ke thai (bisa tanya ke retained auditor toyota asean) saat astra di sisakan auto2000 tapi urusan alinea ini mari kita bicara 10 thn lg dr skrg. moga aja sy salah (kan hulu ke hilir satu pihak ga bole lg)
tulisan om NR ini mayoritas kejadian, duo M sekarang si T.
serem serem, amit amit om NR kl tmmin beneran pindah ke thai..

:big_dunno:
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Innova jadi FWD

Post by loid »

newrubble wrote: Fri Nov 25, 2022 4:18 market inr-dm sama lemahnya dgn indo-dm
penduduk milyaran cuma makan 2.7juta - 3 juta units per annum (2021-2022) - kita bicara mobil bukan spedamotor meski spedamotor mrk laku 3.2x lipat dr indo-dm per thn (aisi bilang thn 2022 ini mgkn antara 5.1 juta - 5.4 juta units

indo penduduk ampir 300juta makan ga sampe sejuta per thn (kasar-kasarnya gt)
inr-dm sama indo-dm urusan pajak sama-sama predatory tapi bedanya
di indo kalo barang belom di beli udah jadi bancaan (resmi)
di indi kalo barang belom di beli belom jadi bancaan

kalo ngikutin inr-dm (apalagi tailing tata n mahindra pasti 'kijang' (bukan lagi kijang) bakalan bikin yg ground clearance 200-205mm
tapi 'kijang' (ag-10 series) dibuat supaya ada segmentasi yg lbh jelas n tdk overlapping dgn ladder frame bikinan negri gajah yg katanya toyota pembuat ladder-frame level murah yg terbesar dunia (yg bermerk toyota)

toyota mau spy kalo masuk lumpur kita beneran dgn spatu boot jgn sole nya doang spatu boot atasnya pantofel

bisa jadi ag-10 (kalo jualan total tetep under sejuta per annum) persiapan tutup tmmin n pindah beneran ke thai (bisa tanya ke retained auditor toyota asean) saat astra di sisakan auto2000 tapi urusan alinea ini mari kita bicara 10 thn lg dr skrg. moga aja sy salah (kan hulu ke hilir satu pihak ga bole lg)
wah ada om NR, sungkem dulu

kalo ADM gimana tuh, trs apa kedepannya peran TMMIIN digantikan oleh ADM disini dan toyota indo bakal lebih banyak jualan produk badge engineered buatan daihatsu jdnya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Innova jadi FWD

Post by kunaskun »

loid wrote: Fri Nov 25, 2022 5:25 wah ada om NR, sungkem dulu

kalo ADM gimana tuh, trs apa kedepannya peran TMMIIN digantikan oleh ADM disini dan toyota indo bakal lebih banyak jualan produk badge engineered buatan daihatsu jdnya?
mungkin lebih pas: ADM itu rakitin volume maker buat Toyota. TMIIN akan rakitin barang "canggih" tanpa kejar volume lagi seperti Zenix yang target TAM "cuma" 4 ribuan unit per bulan (sudah termasuk export).
karena sepertinya pasar otomotif indo memang mentok di 1 juta unit per tahun, dan makin lama makin share per brand makin kecil karena banyak brand baru masuk atau saling bacok = saturated = blue ocean.
bagusnya kaya gini harga makin kompetitif dan dapet produk makin terkini, repotnya: buruh pabrik segitu banyak akan dikemanain karena lama kelamaan akan dikurang2in itu kapasitas pabrik.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Innova jadi FWD

Post by gadjahalphien »

newrubble wrote: Fri Nov 25, 2022 4:18 …cut…
bisa jadi ag-10 (kalo jualan total tetep under sejuta per annum) persiapan tutup tmmin n pindah beneran ke thai (bisa tanya ke retained auditor toyota asean) saat astra di sisakan auto2000 tapi urusan alinea ini mari kita bicara 10 thn lg dr skrg. moga aja sy salah (kan hulu ke hilir satu pihak ga bole lg)
Sungkem dulu buat om NR,
Wah, clue nya kok seren ya om, tapi emang si, TMMIN sekarang varian yg di produksinya makin dikit.
loid wrote: Fri Nov 25, 2022 5:25 …cut…
kalo ADM gimana tuh, trs apa kedepannya peran TMMIIN digantikan oleh ADM disini dan toyota indo bakal lebih banyak jualan produk badge engineered buatan daihatsu jdnya?
kunaskun wrote: Fri Nov 25, 2022 6:22 mungkin lebih pas: ADM itu rakitin volume maker buat Toyota. TMIIN akan rakitin barang "canggih" tanpa kejar volume lagi seperti Zenix yang target TAM "cuma" 4 ribuan unit per bulan (sudah termasuk export).
…cut…
TMMIN & ADM, prediksinya sih naik turun om. Tergantung jatah dari Region Asia Pacific.

Terlebih New Global Architecture (NGA) yg sudah di state kalo ada pembagian dlm proses developmentnya.
A & B segment yg kebagian ya Anak TMC cabang Ikeda, Osaka Alias DNGA
C, D dan upper class segment, yg develop HQ nya RND di Aichi.

Namun perkara manufacturnya, pasti bagi-bagi sesuai kapasitas dan fasilitas.

Belum ngomong new tech yg akan di implement : Hybrid maupun BEV

Bakal challenging untuk TMMIN maupun ADM kedepan, walaupun TMMIN dah terbukti dengan adanya Jinix HV.
kunaskun wrote: Fri Nov 25, 2022 6:22 …cut…
bagusnya kaya gini harga makin kompetitif dan dapet produk makin terkini, repotnya: buruh pabrik segitu banyak akan dikemanain karena lama kelamaan akan dikurang2in itu kapasitas pabrik.
Ini tantangan yg ada kedepan untuk industri manufacture.
Carbon neutral
Industrial 4.0

Pasti pengaruh ke jumlah tenaga kerja.
Benchmark 4.0 sekarang bisa lihat tesla factory atau VW.
Kalo jpn auto, mungkin tech nya akan follow amiriki dan yerman.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Innova jadi FWD

Post by grandscenic »

rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 24, 2022 14:57 Tp gak fanatik kaya di Indo yg pokonya beli mobil harus 3 baris.
Inget dulu ada user dsni namanya om asudarsono (msh aktif ga ya?), dia bilang "orang Indonesia itu hobi bawa bangku kosong kemana2"
Liat aja, pergi ngantor sendiri aja pke mpv atau suv 3 baris.. :mky_07: :mky_07:
Etme Bulma Dünyası
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Innova jadi FWD

Post by kunaskun »

gadjahalphien wrote: Fri Nov 25, 2022 12:30 Sungkem dulu buat om NR,
Wah, clue nya kok seren ya om, tapi emang si, TMMIN sekarang varian yg di produksinya makin dikit.

TMMIN & ADM, prediksinya sih naik turun om. Tergantung jatah dari Region Asia Pacific.

Terlebih New Global Architecture (NGA) yg sudah di state kalo ada pembagian dlm proses developmentnya.
A & B segment yg kebagian ya Anak TMC cabang Ikeda, Osaka Alias DNGA
C, D dan upper class segment, yg develop HQ nya RND di Aichi.

Namun perkara manufacturnya, pasti bagi-bagi sesuai kapasitas dan fasilitas.

Belum ngomong new tech yg akan di implement : Hybrid maupun BEV

Bakal challenging untuk TMMIN maupun ADM kedepan, walaupun TMMIN dah terbukti dengan adanya Jinix HV.
eh iya baru sadar dikit2 dari Thailand ya untuk produk "original" Toyota.
Ini tantangan yg ada kedepan untuk industri manufacture.
Carbon neutral
Industrial 4.0

Pasti pengaruh ke jumlah tenaga kerja.
Benchmark 4.0 sekarang bisa lihat tesla factory atau VW.
Kalo jpn auto, mungkin tech nya akan follow amiriki dan yerman.
berarti akan cut labor :ungg:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Innova jadi FWD

Post by darrelund »

kunaskun wrote: Fri Nov 25, 2022 14:50
gadjahalphien wrote: Fri Nov 25, 2022 12:30 Sungkem dulu buat om NR,
Wah, clue nya kok seren ya om, tapi emang si, TMMIN sekarang varian yg di produksinya makin dikit.

TMMIN & ADM, prediksinya sih naik turun om. Tergantung jatah dari Region Asia Pacific.

Terlebih New Global Architecture (NGA) yg sudah di state kalo ada pembagian dlm proses developmentnya.
A & B segment yg kebagian ya Anak TMC cabang Ikeda, Osaka Alias DNGA
C, D dan upper class segment, yg develop HQ nya RND di Aichi.

Namun perkara manufacturnya, pasti bagi-bagi sesuai kapasitas dan fasilitas.

Belum ngomong new tech yg akan di implement : Hybrid maupun BEV

Bakal challenging untuk TMMIN maupun ADM kedepan, walaupun TMMIN dah terbukti dengan adanya Jinix HV.
eh iya baru sadar dikit2 dari Thailand ya untuk produk "original" Toyota.
kan emg toyota techincal center asean itu di thai um

jd ya sedikit banyak pasti thai ada influence/ mobil baru hasil develop disana

oonda aja kiblatnya thai
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Innova jadi FWD

Post by XMTdeluxe »

grandscenic wrote: Fri Nov 25, 2022 13:33
rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 24, 2022 14:57 Tp gak fanatik kaya di Indo yg pokonya beli mobil harus 3 baris.
Inget dulu ada user dsni namanya om asudarsono (msh aktif ga ya?), dia bilang "orang Indonesia itu hobi bawa bangku kosong kemana2"
Liat aja, pergi ngantor sendiri aja pke mpv atau suv 3 baris.. :mky_07: :mky_07:
Prinsip "lebih baik ada meskipun tidak digunakan daripada tidak ada sewaktu mau digunakan" masih melekat disini Om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova jadi FWD

Post by ChZ »

grandscenic wrote: Fri Nov 25, 2022 13:33
rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 24, 2022 14:57 Tp gak fanatik kaya di Indo yg pokonya beli mobil harus 3 baris.
Inget dulu ada user dsni namanya om asudarsono (msh aktif ga ya?), dia bilang "orang Indonesia itu hobi bawa bangku kosong kemana2"
Liat aja, pergi ngantor sendiri aja pke mpv atau suv 3 baris.. :mky_07: :mky_07:
itu salah 1 alesan ane males pake mobil 3 baris om keliatan kyk bapak2 middle aged beranak 2 :mky_01: klo kerja biar awet muda selalu pake hatchback atau sedan :big_smoking:
satriakarisma wrote: Fri Nov 25, 2022 4:25
tulisan om NR ini mayoritas kejadian, duo M sekarang si T.
serem serem, amit amit om NR kl tmmin beneran pindah ke thai..

:big_dunno:
makanya om, yang kita tau soal otomotif indo itu cuma tip of the iceberg dari masalah sesungguhnya :big_grin: apalagi cm netijen mendang mending yang protes kok mobil a b c d e ga dimasukin ga dirakit lokal dll. yang menilai mobil cuma dari brosur dan liat video in-depth.

merek M yang kita dulu mikir nih brand udah punya konsumen loyal aja terbukti pindah sole distributornya :mky_03:

termasuk hilangnya duo merek amrik yang keliatannya laku-laku aja mobilnya :mky_03: dan knp mendadak penetrasi brand china masif gini :mky_03:

it's all business kita cm ikut aja :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Innova jadi FWD

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sat Nov 26, 2022 4:13
satriakarisma wrote: Fri Nov 25, 2022 4:25
tulisan om NR ini mayoritas kejadian, duo M sekarang si T.
serem serem, amit amit om NR kl tmmin beneran pindah ke thai..

:big_dunno:
makanya om, yang kita tau soal otomotif indo itu cuma tip of the iceberg dari masalah sesungguhnya :big_grin: apalagi cm netijen mendang mending yang protes kok mobil a b c d e ga dimasukin ga dirakit lokal dll. yang menilai mobil cuma dari brosur dan liat video in-depth.

merek M yang kita dulu mikir nih brand udah punya konsumen loyal aja terbukti pindah sole distributornya :mky_03:

termasuk hilangnya duo merek amrik yang keliatannya laku-laku aja mobilnya :mky_03: dan knp mendadak penetrasi brand china masif gini :mky_03:

it's all business kita cm ikut aja :mky_03:
yah skrg brp persen um dari nitijen tsb um yg koar" + beli? paling segelintir aja :big_biglaugh:

pd ngatain ATPM kikir & pelit, padahal mah situasinya jg lg sulit. toh mrk product planning berdasarkan data aktual konsumen :big_biglaugh:

amrik di asean sisa ford thai aja pling yah? GM ud cabut duluan, skrg diambil merk chinese
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Innova jadi FWD

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 5:06
ChZ wrote: Sat Nov 26, 2022 4:13
satriakarisma wrote: Fri Nov 25, 2022 4:25
tulisan om NR ini mayoritas kejadian, duo M sekarang si T.
serem serem, amit amit om NR kl tmmin beneran pindah ke thai..

:big_dunno:
makanya om, yang kita tau soal otomotif indo itu cuma tip of the iceberg dari masalah sesungguhnya :big_grin: apalagi cm netijen mendang mending yang protes kok mobil a b c d e ga dimasukin ga dirakit lokal dll. yang menilai mobil cuma dari brosur dan liat video in-depth.

merek M yang kita dulu mikir nih brand udah punya konsumen loyal aja terbukti pindah sole distributornya :mky_03:

termasuk hilangnya duo merek amrik yang keliatannya laku-laku aja mobilnya :mky_03: dan knp mendadak penetrasi brand china masif gini :mky_03:

it's all business kita cm ikut aja :mky_03:
yah skrg brp persen um dari nitijen tsb um yg koar" + beli? paling segelintir aja :big_biglaugh:

pd ngatain ATPM kikir & pelit, padahal mah situasinya jg lg sulit. toh mrk product planning berdasarkan data aktual konsumen :big_biglaugh:

amrik di asean sisa ford thai aja pling yah? GM ud cabut duluan, skrg diambil merk chinese
Mereka kudu belajar basic supply chain
dr mbah @omnibus

Coba posisinya dibalik... klo mereka sang nitijen punya perusahaan dengan status .tbk, dan laba yg diatribusikan harus positif sepositif2nya

Bukan saham pom pom kyk prsh tech yg ono :mky_03:

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova jadi FWD "berkat" gempuran MAHINDRA XUV & TATA Safari ?

Post by nyotsaeba »

Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.

Dipikir2 produk asli toyota yg lumayan laku cm inopah sm portun aja, paling 7000 unit per bulan. Sisanya ya jualan produk kembar.

Sedan suremmm, yaris mana bersaing sm produk ahond, sientong sekarat, alpart volume jg dikit.

Bisa jadi nanti jinik ya impor cbu aja. Toyota tutup pabrik, ganti produksi daihasut semua.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova jadi FWD

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 5:06 yah skrg brp persen um dari nitijen tsb um yg koar" + beli? paling segelintir aja :big_biglaugh:

pd ngatain ATPM kikir & pelit, padahal mah situasinya jg lg sulit. toh mrk product planning berdasarkan data aktual konsumen :big_biglaugh:

amrik di asean sisa ford thai aja pling yah? GM ud cabut duluan, skrg diambil merk chinese
Suryaputra wrote: Sat Nov 26, 2022 5:39
Mereka kudu belajar basic supply chain
dr mbah @omnibus

Coba posisinya dibalik... klo mereka sang nitijen punya perusahaan dengan status .tbk, dan laba yg diatribusikan harus positif sepositif2nya

Bukan saham pom pom kyk prsh tech yg ono :mky_03:

:ngacir:
netijen cm liat mobil tuh barang mobilnya per se tok lihat fitur langsung menilai worth dan tidak dianggepnya beli lepasan bilang aftersales gak penting harga jual kembali gak penting, beli brand sebelah ternyata lemon komplen gak ditanggepin koarkoar. mobil ditawar murah di marketplace gak mau, pdhl katanya dulu harga jual kembali gak penting :mky_03:

pdhl OTR price masang berapa itu kompleks. supply chain gimana, pajak gimana. belom program servis dan aftersales nya gimana.

contoh kenapa kok yang dibeli selalu honda/toyota, lari dikit ya daihatsu/mitsu/suzuki, ya coba aja masing-masing kalo di analisa ketemu kok dan emang terbukti lebih mateng drpd brand-brand baru :mky_03: pengalaman kolektif ya secara data emang lbh ok. whole experience pake tuh brand emang memuaskan. wong walau mobilnya lemon kalo ditangani dengan baik kan tetep beli lagi toh gak kapok?

untuk establish sistem kayak gitu kan gak murah dan gak gampang :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Innova jadi FWD

Post by MSU »

XMTdeluxe wrote: Sat Nov 26, 2022 3:01
grandscenic wrote: Fri Nov 25, 2022 13:33
rakyatwkwkland wrote: Thu Nov 24, 2022 14:57 Tp gak fanatik kaya di Indo yg pokonya beli mobil harus 3 baris.
Inget dulu ada user dsni namanya om asudarsono (msh aktif ga ya?), dia bilang "orang Indonesia itu hobi bawa bangku kosong kemana2"
Liat aja, pergi ngantor sendiri aja pke mpv atau suv 3 baris.. :mky_07: :mky_07:
Prinsip "lebih baik ada meskipun tidak digunakan daripada tidak ada sewaktu mau digunakan" masih melekat disini Om
Kalo duit banyak tentunya beli mobil sesuai kebutuhan om...ke kantor beli yg 2 bangku aja
Tp lha duit mepet..akhirnya mpv yg paling laris
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Innova jadi FWD

Post by kunaskun »

darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 2:55 kan emg toyota techincal center asean itu di thai um

jd ya sedikit banyak pasti thai ada influence/ mobil baru hasil develop disana

oonda aja kiblatnya thai
baru sadar, duo merek gede aja ga bikin disini :big_childish: DNGA saja joint develop ke negara serumpun melayu... :big_slap:
darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 5:06 yah skrg brp persen um dari nitijen tsb um yg koar" + beli? paling segelintir aja :big_biglaugh:

pd ngatain ATPM kikir & pelit, padahal mah situasinya jg lg sulit. toh mrk product planning berdasarkan data aktual konsumen :big_biglaugh:
tapi kadang dipikir2 ada bagusnya juga, bayangin saja kalau masih kaya zaman 90-20an bisa2 sampe sekarang duo kaleng masih di facelift entah keberapa kalinya... secara karakter konsumen sini kan gitu d :big_childish:
tapi yg bikin khawatir harga mobil akan tambah bikin kantong jebol. mana infrastrukur mass transport masih era 50an...
amrik di asean sisa ford thai aja pling yah? GM ud cabut duluan, skrg diambil merk chinese
Ford aja ketolong double-cab kayanya.
dan memang US brand sudah masuk kategori yang penting jualan kali ya. bahkan ternyata Ford Fiesta secara Global sudah disuntik mati :big_cry:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Innova jadi FWD

Post by kunaskun »

nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.

Dipikir2 produk asli toyota yg lumayan laku cm inopah sm portun aja, paling 7000 unit per bulan. Sisanya ya jualan produk kembar.

Sedan suremmm, yaris mana bersaing sm produk ahond, sientong sekarat, alpart volume jg dikit.

Bisa jadi nanti jinik ya impor cbu aja. Toyota tutup pabrik, ganti produksi daihasut semua.
jinik ga import kayanya, karena sempet baca kalau Jinik akan buat export dunia juga dan hybrid variant dari Indo. sepertinya bagi tugas dengan Jaidapur Domestic Market.

dan memang hal ini udah kebaca sejak lama kan, sejak era reborn keluar, banyak coba2 masukin varian baru, varian toyota sekarang saja jadi belasan biji, kalau ngeledekin Suzuki cuma jualan barang Jaidapur, dipikir2 Toyota juga sama :big_think:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Innova jadi FWD

Post by gadjahalphien »

nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.

Dipikir2 produk asli toyota yg lumayan laku cm inopah sm portun aja, paling 7000 unit per bulan. Sisanya ya jualan produk kembar.

Sedan suremmm, yaris mana bersaing sm produk ahond, sientong sekarat, alpart volume jg dikit.

Bisa jadi nanti jinik ya impor cbu aja. Toyota tutup pabrik, ganti produksi daihasut semua.
Ini justru yg seru om.
Next project nya boyota, freshly new baked car akan di plot sebagai direct competitornya HRV.
Apakah bakal selaku jinix? Atau bahkan setara 7 seaternya (pelos, apanja, rusuh)?

Mengingat next project itu DNGA-B.

Sempat ada guyonan dari teman yg jadi suppliernya tmmin, local produk nya tmmin yg laku cuma inopa & putuner (sambil intip sientong, joker).
nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.
Jika tidak ada dai, mungkin boyota bakal kerjasama dg sijuka, mengikuti fenomena yg ada di Jaipur Domestic market.
Ya selain datengin cbu dari thai
ChZ wrote: Sat Nov 26, 2022 7:55 …cut…
pdhl OTR price masang berapa itu kompleks. supply chain gimana, pajak gimana. belom program servis dan aftersales nya gimana.

contoh kenapa kok yang dibeli selalu honda/toyota, lari dikit ya daihatsu/mitsu/suzuki, ya coba aja masing-masing kalo di analisa ketemu kok dan emang terbukti lebih mateng drpd brand-brand baru
…cut…
Mod, Ini perkara ploting harga,, bisa perang tuh antara marketing product vs RnD vs engineer vs accounting.
Yg jelas kalo blue ocean macam jinix, lcgc, & airev plot nya agak lebih mudah dibandingkan LMPV-LSUV. Saingannya dah ketaker.
darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 2:55 kan emg toyota techincal center asean itu di thai um

jd ya sedikit banyak pasti thai ada influence/ mobil baru hasil develop disana
Ini clue utamanya : TDEM yg berada di bangkok
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova jadi FWD

Post by ChZ »

gadjahalphien wrote: Sat Nov 26, 2022 14:08
Mod, Ini perkara ploting harga,, bisa perang tuh antara marketing product vs RnD vs engineer vs accounting.
Yg jelas kalo blue ocean macam jinix, lcgc, & airev plot nya agak lebih mudah dibandingkan LMPV-LSUV. Saingannya dah ketaker.
Yeap, makanya kenapa skrg lebih gimmicky dan less quality.

Marketing bilangnya di lapangan gimmicky lebih menjual, rnd uda kasih suspensi mahal mesin mahal, disuruh turunin ama akunting ga masok. Jd spek gembel tp fitur banyak. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Innova jadi FWD

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Sat Nov 26, 2022 14:02
nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.

Dipikir2 produk asli toyota yg lumayan laku cm inopah sm portun aja, paling 7000 unit per bulan. Sisanya ya jualan produk kembar.

Sedan suremmm, yaris mana bersaing sm produk ahond, sientong sekarat, alpart volume jg dikit.

Bisa jadi nanti jinik ya impor cbu aja. Toyota tutup pabrik, ganti produksi daihasut semua.
jinik ga import kayanya, karena sempet baca kalau Jinik akan buat export dunia juga dan hybrid variant dari Indo. sepertinya bagi tugas dengan Jaidapur Domestic Market.

dan memang hal ini udah kebaca sejak lama kan, sejak era reborn keluar, banyak coba2 masukin varian baru, varian toyota sekarang saja jadi belasan biji, kalau ngeledekin Suzuki cuma jualan barang Jaidapur, dipikir2 Toyota juga sama :big_think:
Tp silver liningnya vrindavan market harus menyesuaikan selera global jd desainnya pun makin proper mbah. Stidaknya msh ga malu maluin buat mobil perang.

Contoh honda BRV WRV gak plintat plintut lagi pdhl itu kan dalemnya honda amaze vrindavan.

Yundai kreta stargejer jg gak vrindavan2 amat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Innova jadi FWD

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Sat Nov 26, 2022 14:42 Tp silver liningnya vrindavan market harus menyesuaikan selera global jd desainnya pun makin proper mbah. Stidaknya msh ga malu maluin buat mobil perang.

Contoh honda BRV WRV gak plintat plintut lagi pdhl itu kan dalemnya honda amaze vrindavan.

Yundai kreta stargejer jg gak vrindavan2 amat.
yang jelek mah kalau itu Jaidapur Domestic Market keluaran Sijuki :big_biglaugh:
atau Tata atau Mahindra aja yang nyeleneh sampe sekarang buat Indo
tapi ya Jaidapur ga terlalu mentingin tampilan, market sono mikirnya fungsionalitas dan irit seiritnya, sisanya bodo amat, lah macem fiat panda aja dibawa ke everest :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Innova jadi FWD

Post by darrelund »

kunaskun wrote: Sat Nov 26, 2022 13:59
darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 2:55 kan emg toyota techincal center asean itu di thai um

jd ya sedikit banyak pasti thai ada influence/ mobil baru hasil develop disana

oonda aja kiblatnya thai
baru sadar, duo merek gede aja ga bikin disini :big_childish: DNGA saja joint develop ke negara serumpun melayu... :big_slap:
thai emg lebih menjanjikan sih um, govt support oke, posisi geografis oke, industries domestiknya oke

penjualan domestik jg mayan kuat, masda disana bisa puluhan ribu unit setaon. disini? wassalam, mau masukin mobilnya aja susah :big_biglaugh:

ekspor jg kuat, itu kemri, altis, cocross, vios, CHR kan dari sono semua skrg

makanya julukannya "detroit of asia"

lom ditambah TDEM yg serve 1 asean (10 negara) :big_biglaugh:

jangankan bikin mobil, kita" modip dijel cumi aja kiblatnya kesono :big_biglaugh:
darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 5:06 yah skrg brp persen um dari nitijen tsb um yg koar" + beli? paling segelintir aja :big_biglaugh:

pd ngatain ATPM kikir & pelit, padahal mah situasinya jg lg sulit. toh mrk product planning berdasarkan data aktual konsumen :big_biglaugh:
tapi kadang dipikir2 ada bagusnya juga, bayangin saja kalau masih kaya zaman 90-20an bisa2 sampe sekarang duo kaleng masih di facelift entah keberapa kalinya... secara karakter konsumen sini kan gitu d :big_childish:
tapi yg bikin khawatir harga mobil akan tambah bikin kantong jebol. mana infrastrukur mass transport masih era 50an...
memang nitijen ada sedikit banyak peran utk beri feedback ke brand utk improve

cuma kan ituh brand pasti nanya "klo dimasukin fitur A B C D, jamin nambah laku?, cost manufaktur gmn? etc etc"

klo di peslip terus menurut oe yah, lama" ga laku

karena pasti ada pemaen baru yg lebih handal nurutin nitijen

kyk betmen merah datang bawa banyak gimmick, seketika nitijen pengen setiap mobil ada sanrup, ADAS etc etc. pada amnesia pabrikan nippon dibilang kikir, pelit

pada amnesia, dlu jg itu merk gede pd bawa barang hi-tech, dan ga laku

dulu oonda udah bawa accord CR pke full sensing, ga laku tuh :big_biglaugh:

dan yah namanya bisnis, psti decision making based on data

amrik di asean sisa ford thai aja pling yah? GM ud cabut duluan, skrg diambil merk chinese
Ford aja ketolong double-cab kayanya.
dan memang US brand sudah masuk kategori yang penting jualan kali ya. bahkan ternyata Ford Fiesta secara Global sudah disuntik mati :big_cry:
yes um, ford thai emg ketolong dcab

apalagi di ozzies emg market dcab masi ada & cukup diminati. BT50 aja masi idup disana

klo kasusnya fiesta sih, krn secara tidak lgsg overlap dengan puma, yg klo ngikut tren skrg bisa dibilang indirect successornya. mengingat tren skrg ud ke suv/cross

mungkin klo puma ud ga laku & tren cross suv jenuh, itu fiesta hatch baru dibalikin :big_biglaugh:

merk amrik emg lagi pada streamline porto kyknya seh, ford amrik aja cuma sisa suv, truk. yg riil enthusiast dikasih mustang & raptor

sedan merk local sana ud pada gudnight, accord kemri civic corolla bertarung bebas :big_biglaugh:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Innova jadi FWD

Post by XMTdeluxe »

nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.

Dipikir2 produk asli toyota yg lumayan laku cm inopah sm portun aja, paling 7000 unit per bulan. Sisanya ya jualan produk kembar.

Sedan suremmm, yaris mana bersaing sm produk ahond, sientong sekarat, alpart volume jg dikit.

Bisa jadi nanti jinik ya impor cbu aja. Toyota tutup pabrik, ganti produksi daihasut semua.
Seandainya semua produk toyota yg dikeluarkan oleh daihatsu dianggap "daihatsu", dan hanya produk yg benar2 diproduksi oleh line toyota sbg "toyota", mgkn urutannya bakal jadi: 1. Daihatsu 2. Honda 3. Toyota dst...
Lagipula jaringan bengkel astra terluas sebenarnya bukan toyota, tapi daihasut. Di jateng jogja saya selalu service di astra daihatsu. Di makassar, manado, saya masih nemu bengkel astra daihatsu.
Toyota? Saya aja tiap waktunya service terpaksa nempuh 1000 km PP dari jateng hanya utk bisa service di jaringan astra A2000.
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Innova jadi FWD

Post by Sonzz »

gadjahalphien wrote: Sat Nov 26, 2022 14:08
nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.

Dipikir2 produk asli toyota yg lumayan laku cm inopah sm portun aja, paling 7000 unit per bulan. Sisanya ya jualan produk kembar.

Sedan suremmm, yaris mana bersaing sm produk ahond, sientong sekarat, alpart volume jg dikit.

Bisa jadi nanti jinik ya impor cbu aja. Toyota tutup pabrik, ganti produksi daihasut semua.
Ini justru yg seru om.
Next project nya boyota, freshly new baked car akan di plot sebagai direct competitornya HRV.
Apakah bakal selaku jinix? Atau bahkan setara 7 seaternya (pelos, apanja, rusuh)?

Mengingat next project itu DNGA-B.

Sempat ada guyonan dari teman yg jadi suppliernya tmmin, local produk nya tmmin yg laku cuma inopa & putuner (sambil intip sientong, joker).
nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 6:05 Memang sih, toyota kalo ga ada produk2 daihasut, market sharenya kalah mungkin sm ahond.
Jika tidak ada dai, mungkin boyota bakal kerjasama dg sijuka, mengikuti fenomena yg ada di Jaipur Domestic market.
Ya selain datengin cbu dari thai
ChZ wrote: Sat Nov 26, 2022 7:55 …cut…
pdhl OTR price masang berapa itu kompleks. supply chain gimana, pajak gimana. belom program servis dan aftersales nya gimana.

contoh kenapa kok yang dibeli selalu honda/toyota, lari dikit ya daihatsu/mitsu/suzuki, ya coba aja masing-masing kalo di analisa ketemu kok dan emang terbukti lebih mateng drpd brand-brand baru
…cut…
Mod, Ini perkara ploting harga,, bisa perang tuh antara marketing product vs RnD vs engineer vs accounting.
Yg jelas kalo blue ocean macam jinix, lcgc, & airev plot nya agak lebih mudah dibandingkan LMPV-LSUV. Saingannya dah ketaker.
darrelund wrote: Sat Nov 26, 2022 2:55 kan emg toyota techincal center asean itu di thai um

jd ya sedikit banyak pasti thai ada influence/ mobil baru hasil develop disana
Ini clue utamanya : TDEM yg berada di bangkok
Jangan lupa om, Veloz itu rakitin TMMIN

Veloz aja ya, Avanza dan Xenia bukan
WahyuJuli25
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Nov 27, 2022 7:41
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Bicycle

Re: Innova jadi FWD

Post by WahyuJuli25 »

gadjahalphien wrote: Fri Nov 25, 2022 12:30 Sungkem dulu buat om NR,
Wah, clue nya kok seren ya om, tapi emang si, TMMIN sekarang varian yg di produksinya makin dikit.
loid wrote: Fri Nov 25, 2022 5:25 …cut…
kalo ADM gimana tuh, trs apa kedepannya peran TMMIIN digantikan oleh ADM disini dan toyota indo bakal lebih banyak jualan produk badge engineered buatan daihatsu jdnya?
kunaskun wrote: Fri Nov 25, 2022 6:22 mungkin lebih pas: ADM itu rakitin volume maker buat Toyota. TMIIN akan rakitin barang "canggih" tanpa kejar volume lagi seperti Zenix yang target TAM "cuma" 4 ribuan unit per bulan (sudah termasuk export).
…cut…
TMMIN & ADM, prediksinya sih naik turun om. Tergantung jatah dari Region Asia Pacific.

Terlebih New Global Architecture (NGA) yg sudah di state kalo ada pembagian dlm proses developmentnya.
A & B segment yg kebagian ya Anak TMC cabang Ikeda, Osaka Alias DNGA
C, D dan upper class segment, yg develop HQ nya RND di Aichi.

Namun perkara manufacturnya, pasti bagi-bagi sesuai kapasitas dan fasilitas.

Belum ngomong new tech yg akan di implement : Hybrid maupun BEV

Bakal challenging untuk TMMIN maupun ADM kedepan, walaupun TMMIN dah terbukti dengan adanya Jinix HV.
Kalau dilihat arahnya, basis produksi di Indonesia sudah di-plot sama TMC buat MPV dan mungkin pusat produksi Daihatsu regional ASEAN. Saya menduga sejak rilis Raize-Rocky sudah terlihat produk Daihatsu yang akan diproduksi kedepannya, termasuk rencana produk LCGC yang akan pakai platform DNGA. Kalau Yaris Cross atau Hatchback pakai DNGA, fix Indonesia jadi basis utama Daihatsu. Semua ini terjadi karena ya faktor pasar yang disasar Toyota-Daihatsu adalah mass market dibawah 500 juta jadi yg diproduksi mobil-mobil basis DNGA, ya sekalian aja jadi basis produksi regional.

Buat TMMIN, saya yakin bakal bertahan karena Toyota Thailand tidak produksi Zenix. Lagi-lagi asumsi, melihat harga Zenix terbaru sebetulnya membuka pasar baru di harga 500 juta karena praktis di rentang harga itu cuma ada HR-V RS. Kalau semisal Zenix laku dalam volume tinggi, ada peluang buat Corolla Cross lebih diseriuskan sama Toyota Astra. Tahun depan CR-V gen baru harganya melambung (efek CBU), pasti ada konsumen mereka yang gak sanggup beli dan perlu ada produk yang dikembangkan serius di rentang harga 500-600 juta dalam bentuk SUV. Zenix sendiri sudah ada pasarnya, jadi kita lihat apakah asumsi saya ini akurat karena Zenix ini pembuka jalan buat Corolla Cross.

Sama satu lagi, Veloz kan dirakit di TMMIN. Entah mungkin termasuk Yaris Cross baru juga disana. Jadi posisi TMMIN nanti bisa jadi assembly plant (maaf kalau misal salah) dimana platform dan segala material produksinya berasal dari Daihatsu. Tapi entahlah, pasar cukup dinamis untuk rentang harga 400-600 juta. Biasanya Honda yang akan menggebrak dan peluang itu besar kalau mereka memasukkan ZR-V. Ada kemungkinan Veloz misalnya pakai TNGA-B dimasa depan untuk pertahankan identitas produk asli Toyota, bisa jadi. Ada kemungkinan TMMIN jadi DMMIN (misalnya), bisa jadi juga. Tapi kalau memang benar Honda menempatkan ZR-V, ya berarti TMMIN punya masa depan untuk basis produksi platform TNGA-C untuk Zenix, Corolla Cross sama sisa-sisa platform IMV.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Innova jadi FWD

Post by newrubble »

future departure toyota (+daihatsu) dari manufacturing di indo sy sdh bilang tar aja 10 thn lagi meski tertulis jelas tyt ke tailen n dai ke malay
tapi sy jadi ingat dulu bgmn suzuki (2006) beneran pindah dr indo ke indi
pdhl dulu indo adalah market terbesar suzuki (mobil n motor) diluar jdm
mas bronto (dulu) gagal target 90ribu apv meski udah xpor sana sini
pas apv launching dia pernah bilang mgkn ini produk suzuki terahir yg khas indo
ternyata dia bener
apalagi (ini yg sy inget trus krn dia yg bilang) di indo ...
'kita blm jadi mobil tapi udah bayar ini itu, mobil nya blm sampe diler n kita bayar lg ... konsumen udah bayar pajak beli jual (dia jarang bilang jual beli) eh .... blm diiakui sbg pemilik yg berhak krn .... masih hrs isi nama n bayar lg bea balik nama ...yg sethn bisa jualan 20 juta aja ga tingkah bgitu ..."
ini sy tulis sambil sy dengarkan sound recording tua yg masih sy simpan

nah yg ini skrg komentar sy: suzuki kabur dr indo kan saham indomobil ga semurah tisu satu roll kan ,,,, astra juga ga kuatir kalo ga lg jait di indo ... kan smua aman selama masih di asean. kan ada afta. vietnam aja gagal mo pajekin mobil ex indo ghilaghilaan krn ada afta (itu cara komunis paksa brand besar spy buka jaitan di mrk)