The new generation of Kijang, 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Posted: Sun Dec 04, 2022 9:21
Prolog
Berhubung Zenix yang mau saya review platnya belum keluar, bawa yang EV aja sekalian deh. Innova EV ini sedunia cuma ada 5, 2 di thai 3 di indo. Dan mobil ini beneran EV, bukan kayak orang bilang tampangnya doang tapi isinya 2GD. Buatan mana? Bukan buatan Toyota, tapi sistemnya disubcon ke orang aussie.
Mungkin ini review paling eksklusif se-SM raya hahaha, soalnya yang boleh bawa cuma authorized personnel dan beberapa orang di luar Toyota.
Car : 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Mileage : ~1200km on going
Price : developnya aja konon habis >1M
Exterior
Ini sebenernya bingung mau bahas apa, hahaha. Lha wong plek2an sama Reborn. Bedanya ada di lampu depan, gril, emblem EV, sticker, sama lampu belakang clear.
Basic mobil ini Venturer, dibongkar habis sisa body interior aja. Itu lampu depan sama belakang ganti juga karena wiringnya ganti, sekalian aja ganti selampu2nya biar keren pas pameran IIMS kemaren. Striping mirip punya Innova anniversary tapi ini biru motif mesin. Gril ketutup karena udah ga perlu cooling lagi, as usual EV lah.
Nah yang menarik itu velgnya. Unit yang saya bawa velgnya punya tipe G-V, bukan punya Venturer kayak pas IIMS. Kenapa gitu? Ya karena ini beda unit. Unit yang velg Venturer itu dipake pameran sama jalan jarak deket aja. Penyebabnya karena ban. Ban Turanza oemnya Venturer itu gak kuat nahan bobot mobil ini, makanya unit yang dipake road test dikasih velg G-V dengan ban Michelin Agilis yang biasanya buat light truck.
Interior
Nah dibanding exterior ini agak banyak bedanya dibanding Venturer biasa. Dari pintu, material sandaran tangannya kain biasa yang lumayan alus. Panel piano black tetep ada. Trim kayu ala Venturer semua diganti motif mirip karbon sampe ke setir2nya.
Orang banyak nyangka ini EV boongan gara-gara speedonya masih ada tachometer. Ya ini tacho boongan sih, soalnya aslinya ini speedo G. Kenapa gak pake speedo Venturer? Soalnya softwarenya banyak yang harus diubah. Tachonya cuma gantiin indikator READY yang biasanya ada di Toyota hybrid. Kalo rpmnya udah di 1 berarti mobil udah ready buat jalan.
Lanjut ke HU, HUnya pake merek entahlah yang bisa mantau kondisi drivetrain. Jadi posisi shifter, rem tangan, batere, sampe berapa tenaga yang dipake bisa diliat di situ. Anehnya camera mundur mobil ini ilang hahaha. Suara audionya sih biasa aja kayak Venturer normal.
Di bawahnya biasa kan ada tombol eco/sport, di sini diganti panel tulisan EV sama tombol power. Loh tombol powernya buat apa? Nah nanti saya jelasin di bawah. Shifter model tombol, ada R, N, D, sama B. Tombol-tombolnya semua sih rasanya aftermarket banget hahaha.
Detail interior lain yang beda ada di jok sama karpet. Saya pikir awalnya niat banget Toyota bikin interior sama exteriornya sebeda itu. Joknya putih, beda sama Innova atau Venturer. Di headrestnya juga ada emboss Innova EV. Karpetnya juga khusus buat Innova EV, ada emboss tulisan Innova EV nya.
Driving
Nah ini bagian yang ditunggu-tunggu pasti hahaha. Begitu masuk, gak ada suara sambutan atau visual display (namanya juga mobil convertan).
Nyalainnya beda, dia ada dua tombol power. Buat nyalain electric systemnya, teken dulu tombol yang ada di tengah. Kalo indikatornya udah nyala, teken lagi sambil tahan barengan sama tombol start-stop biasa. Mobil baru ready untuk jalan kalo rpm nya udah naik dari 0 ke 1.
Setelah itu udah deh, tinggal jalan kayak mobil biasa. Bedanya cuma kalo mundur, gak bisa dari D langsung teken R, harus teken N dulu baru masuk R. Sebenernya mobil matic biasa juga gini sih tapi kan biasanya pake shifter, jadi gak kerasa.
Sebelom jalan, saya kasi tau dulu spec sekilas mobil ini. Innova BEV ini tetep penggerak belakang, sasisnya tetep tangga. Thatβs why mobil ini beratnya 2.3 ton. Keberatan batere sama ladder hahaha. Motornya punya torsi 700an nm, tenaganya 180an hp. Ya kurleb tenaganya mirip sama Zenix hybrid tapi bobotnya jauh lebih berat. Rangenya? Theoritically, mobil ini bisa 300km full charge. Realnya cuma 220an km aja. Not bad lah 73% dari klaim untuk mobil prototype. Baterenya 60an kWh kayaknya, lupa.
Oke, pencet D, trus jalan. Well mobil ini agak beda dengan EV lainnya yang dari stop digas dikit udah ngacir, Innova EV malah kerasa kayak Innova bensin biasa. Mesti digas agak dalem baru mau maju, tapi emang effortless banget pas udah jalan. Masih kerasa lah aura prototypenya.
Tapi beda cerita kalo digaspol. Tarikannya gila bener buat sebuah MPV gambot. Dan semuanya kerasa aneh, karena kalo ngegaspol Kijang kan bunyinya doang kenceng tapi gak lari, kalo gaspol ini larinya kenceng tapi bunyinya nging nging doang hahaha. Tanjakan Cipularang juga effortless banget ini mobil, gak kayak Innova bensin yang ngeden.
Approx 0-100 10-12 detikan lah tapi, soalnya di high speed dia udah gak narik kayak EV biasanya. Top speednya juga dilimit cuma 120an. Aslinya mobil ini bisa 150 lebih tapi udah gak narik dan risiko panas ke motor dan baterenya. Yang bikin gemes, buat akselerasi ke 120 itu cepet banget, jadi limiternya berasa banget hahaha.
Soal handling, mobil ini agak beda dibanding Reborn normal. Sebabnya karena steering dan suspensionnya juga dirombak total. Karena Innova BEV ini udah full listrik, jadinya power steering pun ngikut jadi EPS. Kaki-kaki pun full diganti karena bobot mobil yang jauh bertambah dibandin Reborn biasa. Even center of gravitynya pun berubah karena batere ditaroh lantai ladder semua. Bagusnya, ground clearance tetep tinggi.
Rasa setirnya jujur aja agak aneh hahaha. Kebiasaan bawa Reborn yang hidrolik, bawa ini jadi agak beda karena ringan banget buat mobil segede gini. Tapi di high speed agak berat karena speed-sensitive dan juga bobot mobil yang berat banget. Ya namanya juga prototype.
Suspensi pun jadi beda, menurut saya enakan ini dibanding Reborn standar. Lebih empuk (ya faktor ban juga sih) kayaknya karena disiapin buat bawa beban 2 ton lebih. Tapi handlingnya (di luar steering aneh tadi) lebih enak dibanding Reborn standar, karena center of gravitynya turun.
Gimana kalo dibawa harian atau jarak jauh. Sadly, seperti yang saya bilang tadi, meskipun baterenya gede, real rangenya cuma 220 km aja. Konsumsi listriknya juga boros, di angka 4-5km/kWh aja dari itung2an saya. Dan itu nyampur ya rute tol dan rute macet2an. Sedikit lebih boros dibanding Ioniq 5 yang bisa di atas 5 km/kWh bahkan sampe 7km/kWh. Tapi ya balik lagi, ini mobil prototype.
Ngecasnya kalo pake chargeran di Toyota itu cuma 4 jam-an. Di rumahan atau nyolok di tempat-tempat umum (colokan standar) itu 8 jam lebih tergantung situasi dan kondisi. Pengalaman saya, jangan coba-coba pake terminal kalo ngecharge Innova ini. Bisa panas banget itu terminal. Mobil EV lain yang saya coba masih bisa kalo darurat, gak sepanas itu. Oh ya Innova EV ini belum support fast charging yah.
Karena mobil ini gak dijual, gak saya kasih kesimpulan ya hahaha.
Info tambahan :
Selain unit ini, seperti yang saya bilang, ada dua lagi di indo dan dua lagi di thai. Yang di indo satu di TAM, satu dibawa keliling buat pameran. Yang di thai diapain? Yang di thai dibongkar sama unit Zenix juga, karena rencananya mau buat Zenix EV.
Emang ada pasarnya?
Nah, pasarnya si Zenix EV ini rencananya bukan buat perorangan, melainkan fleet pemerintahan dan swasta. Demandnya emang dari GSO sama perusahaan2 yang mau go green, salah satunya tambang yang ada risiko safety pake fleet gasoline/diesel. Sama ntar ada buat Kinto juga.
Unitnya belom ada, jadi sabar hahaha.
Thank you!
Berhubung Zenix yang mau saya review platnya belum keluar, bawa yang EV aja sekalian deh. Innova EV ini sedunia cuma ada 5, 2 di thai 3 di indo. Dan mobil ini beneran EV, bukan kayak orang bilang tampangnya doang tapi isinya 2GD. Buatan mana? Bukan buatan Toyota, tapi sistemnya disubcon ke orang aussie.
Mungkin ini review paling eksklusif se-SM raya hahaha, soalnya yang boleh bawa cuma authorized personnel dan beberapa orang di luar Toyota.
Car : 2022 Toyota Kijang Innova BEV
Mileage : ~1200km on going
Price : developnya aja konon habis >1M
Exterior
Ini sebenernya bingung mau bahas apa, hahaha. Lha wong plek2an sama Reborn. Bedanya ada di lampu depan, gril, emblem EV, sticker, sama lampu belakang clear.
Basic mobil ini Venturer, dibongkar habis sisa body interior aja. Itu lampu depan sama belakang ganti juga karena wiringnya ganti, sekalian aja ganti selampu2nya biar keren pas pameran IIMS kemaren. Striping mirip punya Innova anniversary tapi ini biru motif mesin. Gril ketutup karena udah ga perlu cooling lagi, as usual EV lah.
Nah yang menarik itu velgnya. Unit yang saya bawa velgnya punya tipe G-V, bukan punya Venturer kayak pas IIMS. Kenapa gitu? Ya karena ini beda unit. Unit yang velg Venturer itu dipake pameran sama jalan jarak deket aja. Penyebabnya karena ban. Ban Turanza oemnya Venturer itu gak kuat nahan bobot mobil ini, makanya unit yang dipake road test dikasih velg G-V dengan ban Michelin Agilis yang biasanya buat light truck.
Interior
Nah dibanding exterior ini agak banyak bedanya dibanding Venturer biasa. Dari pintu, material sandaran tangannya kain biasa yang lumayan alus. Panel piano black tetep ada. Trim kayu ala Venturer semua diganti motif mirip karbon sampe ke setir2nya.
Orang banyak nyangka ini EV boongan gara-gara speedonya masih ada tachometer. Ya ini tacho boongan sih, soalnya aslinya ini speedo G. Kenapa gak pake speedo Venturer? Soalnya softwarenya banyak yang harus diubah. Tachonya cuma gantiin indikator READY yang biasanya ada di Toyota hybrid. Kalo rpmnya udah di 1 berarti mobil udah ready buat jalan.
Lanjut ke HU, HUnya pake merek entahlah yang bisa mantau kondisi drivetrain. Jadi posisi shifter, rem tangan, batere, sampe berapa tenaga yang dipake bisa diliat di situ. Anehnya camera mundur mobil ini ilang hahaha. Suara audionya sih biasa aja kayak Venturer normal.
Di bawahnya biasa kan ada tombol eco/sport, di sini diganti panel tulisan EV sama tombol power. Loh tombol powernya buat apa? Nah nanti saya jelasin di bawah. Shifter model tombol, ada R, N, D, sama B. Tombol-tombolnya semua sih rasanya aftermarket banget hahaha.
Detail interior lain yang beda ada di jok sama karpet. Saya pikir awalnya niat banget Toyota bikin interior sama exteriornya sebeda itu. Joknya putih, beda sama Innova atau Venturer. Di headrestnya juga ada emboss Innova EV. Karpetnya juga khusus buat Innova EV, ada emboss tulisan Innova EV nya.
Driving
Nah ini bagian yang ditunggu-tunggu pasti hahaha. Begitu masuk, gak ada suara sambutan atau visual display (namanya juga mobil convertan).
Nyalainnya beda, dia ada dua tombol power. Buat nyalain electric systemnya, teken dulu tombol yang ada di tengah. Kalo indikatornya udah nyala, teken lagi sambil tahan barengan sama tombol start-stop biasa. Mobil baru ready untuk jalan kalo rpm nya udah naik dari 0 ke 1.
Setelah itu udah deh, tinggal jalan kayak mobil biasa. Bedanya cuma kalo mundur, gak bisa dari D langsung teken R, harus teken N dulu baru masuk R. Sebenernya mobil matic biasa juga gini sih tapi kan biasanya pake shifter, jadi gak kerasa.
Sebelom jalan, saya kasi tau dulu spec sekilas mobil ini. Innova BEV ini tetep penggerak belakang, sasisnya tetep tangga. Thatβs why mobil ini beratnya 2.3 ton. Keberatan batere sama ladder hahaha. Motornya punya torsi 700an nm, tenaganya 180an hp. Ya kurleb tenaganya mirip sama Zenix hybrid tapi bobotnya jauh lebih berat. Rangenya? Theoritically, mobil ini bisa 300km full charge. Realnya cuma 220an km aja. Not bad lah 73% dari klaim untuk mobil prototype. Baterenya 60an kWh kayaknya, lupa.
Oke, pencet D, trus jalan. Well mobil ini agak beda dengan EV lainnya yang dari stop digas dikit udah ngacir, Innova EV malah kerasa kayak Innova bensin biasa. Mesti digas agak dalem baru mau maju, tapi emang effortless banget pas udah jalan. Masih kerasa lah aura prototypenya.
Tapi beda cerita kalo digaspol. Tarikannya gila bener buat sebuah MPV gambot. Dan semuanya kerasa aneh, karena kalo ngegaspol Kijang kan bunyinya doang kenceng tapi gak lari, kalo gaspol ini larinya kenceng tapi bunyinya nging nging doang hahaha. Tanjakan Cipularang juga effortless banget ini mobil, gak kayak Innova bensin yang ngeden.
Approx 0-100 10-12 detikan lah tapi, soalnya di high speed dia udah gak narik kayak EV biasanya. Top speednya juga dilimit cuma 120an. Aslinya mobil ini bisa 150 lebih tapi udah gak narik dan risiko panas ke motor dan baterenya. Yang bikin gemes, buat akselerasi ke 120 itu cepet banget, jadi limiternya berasa banget hahaha.
Soal handling, mobil ini agak beda dibanding Reborn normal. Sebabnya karena steering dan suspensionnya juga dirombak total. Karena Innova BEV ini udah full listrik, jadinya power steering pun ngikut jadi EPS. Kaki-kaki pun full diganti karena bobot mobil yang jauh bertambah dibandin Reborn biasa. Even center of gravitynya pun berubah karena batere ditaroh lantai ladder semua. Bagusnya, ground clearance tetep tinggi.
Rasa setirnya jujur aja agak aneh hahaha. Kebiasaan bawa Reborn yang hidrolik, bawa ini jadi agak beda karena ringan banget buat mobil segede gini. Tapi di high speed agak berat karena speed-sensitive dan juga bobot mobil yang berat banget. Ya namanya juga prototype.
Suspensi pun jadi beda, menurut saya enakan ini dibanding Reborn standar. Lebih empuk (ya faktor ban juga sih) kayaknya karena disiapin buat bawa beban 2 ton lebih. Tapi handlingnya (di luar steering aneh tadi) lebih enak dibanding Reborn standar, karena center of gravitynya turun.
Gimana kalo dibawa harian atau jarak jauh. Sadly, seperti yang saya bilang tadi, meskipun baterenya gede, real rangenya cuma 220 km aja. Konsumsi listriknya juga boros, di angka 4-5km/kWh aja dari itung2an saya. Dan itu nyampur ya rute tol dan rute macet2an. Sedikit lebih boros dibanding Ioniq 5 yang bisa di atas 5 km/kWh bahkan sampe 7km/kWh. Tapi ya balik lagi, ini mobil prototype.
Ngecasnya kalo pake chargeran di Toyota itu cuma 4 jam-an. Di rumahan atau nyolok di tempat-tempat umum (colokan standar) itu 8 jam lebih tergantung situasi dan kondisi. Pengalaman saya, jangan coba-coba pake terminal kalo ngecharge Innova ini. Bisa panas banget itu terminal. Mobil EV lain yang saya coba masih bisa kalo darurat, gak sepanas itu. Oh ya Innova EV ini belum support fast charging yah.
Karena mobil ini gak dijual, gak saya kasih kesimpulan ya hahaha.
Info tambahan :
Selain unit ini, seperti yang saya bilang, ada dua lagi di indo dan dua lagi di thai. Yang di indo satu di TAM, satu dibawa keliling buat pameran. Yang di thai diapain? Yang di thai dibongkar sama unit Zenix juga, karena rencananya mau buat Zenix EV.
Emang ada pasarnya?
Nah, pasarnya si Zenix EV ini rencananya bukan buat perorangan, melainkan fleet pemerintahan dan swasta. Demandnya emang dari GSO sama perusahaan2 yang mau go green, salah satunya tambang yang ada risiko safety pake fleet gasoline/diesel. Sama ntar ada buat Kinto juga.
Unitnya belom ada, jadi sabar hahaha.
Thank you!