TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frontier

TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi

Post by frontier »

Guys,
Gue denger2 sudah ada turbo kit (mungkin juga supercharger) available untuk honda jazz (VTEC dan atau i-DSi)... Mohon info kalo ada yang tau :
- Merk apa aja yang available, dan merk apa yang recommended ?
- Berapa harga incl. installation ?
- Dimana toko / bengkelnya ? di Sby sudah ada kah ?
- Hal-hal apa saja yang musti diperhatikan agar kondisi mesin dan performa Jazz Turbo tetap selalu prima ?
- Apakah turbo kit tersebut termasuk intercooler ?
- Berapa besar naiknya tenaga setelah dipasang turbo ? Top speed mencapai berapa kph ?
- Adakah rekan Jazzer yang sudah menggunakan turbo ? Please share info dan pengalamannya dooooong.........

Salam,
Frontier/Jeskoneng
frontier

Post by frontier »

Ada info katanya turbo kit dedicated untuk Jazz merk JUN. Adakah yang tau ? Ada juga info, katanya CARMEN Turbo Specialist di Jakarta pernah masang turbo kit untuk Jazz VTEC, dan hasil dyno menunjukkan angka 182 HP..... Lalu kata mereka di milis Jazz Cyber Community, yang perlu diperhatikan mengenai turbo :
- musti lebih sering ganti oli mesin
- musti kurangi kompresi mesin
- musti pasang turbo timer
- boost turbo sedikit aja untuk harian, demi ketahanan mesin untuk jangka panjang

Adakah info lain yang spesifik ? tentang merk dan harga turbo kit, dimana adanya ?....
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

wow....

Pas sore tadi ada Jazz yg pakai turbo intercooler di belakang saya di tol Jakarta - Tangerang, Jazz-nya itu yg ada stiker HANDY MOTOR yg pernah masuk di beberapa majalah itu lho... di Jazztuning juga ikut kalo ga salah....

Gile... bumper depannya sengaja dilepas gitu jadinya intercooler (ga jelas mereknya, kayanya sih GReddy, CMIIW) keliatan jelas dari spion saya....

Lumayan kencang juga nih mobil, kalo tadi jalan tol sepi sih, penasaran juga sama kecepatannya....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

tampaknya bos frontier penasaran banget dengan jazz, coba deh di milis jazz.
Image
frontier

Post by frontier »

boss Handlling,
masalahnya gue sudah telanjur mulai memodif jazz baru gue : copot CC, pasang header, Unichip.... tapi kok cuman tarikan aja yang terasa nambah... top speed kayaknya tetap segitu-gitunya aja, sekitar 180 kph.... Jadi gue mulai berpikir apalagi neh, untuk meningkatkan top-speed.... tapi gue juga diingetin oleh kawan2 di forum ini bahwa safey features Jazz telah dilucuti habis2an untuk pasar lokal kita, oleh karena itu gue juga buka topik tentang how to improve our car's stopping power (Brake Fluid Dot 4 vs Dot 3)... kan gak lucu kalo mobil kita larinya kenceng tapi susah brentinya... hehehehe..... Sedangkan di milis Jazz (ada 2 yang aku ikutin yaitu Jazz Fit Indonesia dan Jazz Cyber Community) gak banyak yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan performance mesin dan sistem rem......
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Frontier,

Untuk ningkatin TOP SPEED tentunya POWER mesti ditambah, walaupun ada KIT TURBOCHARGER, pikir-pikir dulu. Banyak yang mesti digenti komponen dalemnya. Kalau nggak bisa jebol tu komponen dalemnya.

Coba tambahkan dulu dalam tangki mobil 1 liter Toluene 100% dan 0.1 liter Dimetylketone 100%. Bung Frontier bisa melaju minimum 200 km/jam.

Selamat mencoba.
frontier

Post by frontier »

Dimana bisa ndapetin Toluen dan temen2nya itu ? emang sudah disebut2 oleh majalah MobilMotor sih... belinya di apotik kah ?
frontier

Post by frontier »

Lalu setelah ditambah Toluen cs itu apakah tidak perlu re-setting timing pengapian dll ? Apakah penambahan toluen ini bisa diterapkan pada semua jenis mobil berbahan bakar bensin, lama ataupun baru ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Lalu setelah ditambah Toluen cs itu apakah tidak perlu re-setting timing pengapian dll ? Apakah penambahan toluen ini bisa diterapkan pada semua jenis mobil berbahan bakar bensin, lama ataupun baru ?
Beli Toluene di toko CAT, namanya THINNER tapi yang 100%.

Untuk mobil-mobil baru, timing sudah di set dalam CHIP, maximum advanced dan Maximum Retard. Jadi CHIPS akan menyesuaikan dengan OCTANE BBM yang digunakan, ini dengan perantaraan KNOCK SENSOR.

Jadi setelah ditambahkan TOLUENE 100%, nggak perlu reset timing, biarkan ECU yang ngatur asalkan OCTANE BBM tidak dibawah nilai minimum untuk JAZZ.

Yang penting sekali adalah tambahan 200 cc ACETONE 100%. Acetone ini biasanya untuk ngluturin CAT KUKU (CUTEX). Acetone ini juga biasanya sebagai campuran Toluene untuk Thinner CAT.

Gue biasa beli di Carrefour, dah campuran sih, 60% Toluene, 20% Acetone dan 20% Metyl Acetate. Beli aja di Toko CAT.

Belum percaya kalau belum dicoba .......
frontier

Post by frontier »

Boss PenyuTurbo,
Apakah ada merk dagangnya kalo yang sudah berupa campuran yang tersedia di Carrefour ? kalo di toko cat, apakah bisa minta tokonya yang membuat campurannya ? Lalu apakah ada efek samping negatifnya terhadap komponen mesin dll ? for your info : ECU pada Jazz VTEC ku bisa di-rubah settingannya karena udah dipasangai Unichip Piggyback Computer yang tugasnya memang mengakali ECU bawaan mobil.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Boss PenyuTurbo,
Apakah ada merk dagangnya kalo yang sudah berupa campuran yang tersedia di Carrefour ? kalo di toko cat, apakah bisa minta tokonya yang membuat campurannya ? Lalu apakah ada efek samping negatifnya terhadap komponen mesin dll ? for your info : ECU pada Jazz VTEC ku bisa di-rubah settingannya karena udah dipasangai Unichip Piggyback Computer yang tugasnya memang mengakali ECU bawaan mobil.
Merek dagangnya nggak ada. Lebih baik beli di toko CAT, dan minta yang 100%. Efek negatif sampingan pada komponen mesin ????, bukan negatif tapi malah positif. Ring Piston dan dinding silinder nggak cepat aus, umur mesin jadi panjang dan tentu saja power tetap tune punya.

Walaupun settingnya ECU bisa diubah-ubah, tetap saja ada harga maximum dan minimumnya. Contohnya Maximum Advance Timing dan Minimum Retard Timing, tinggal ngeset signal dari Knock Sensor.
frontier

Post by frontier »

Ya Boss... nanti kubicarakan dengan Pak Singgih, boss bengkel GUT Surabaya... setelah di-reset Unichip-nya, aku mau minta print-out hasil dyno test Dastek...... lalu aku laporkan di forum ini... kalo perlu setelah ditambah toluene & acetone, minta di dyno test lagi supaya jelas nampak bedanya dibandingkan dengan tanpa toluene & acetone....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Ya Boss... nanti kubicarakan dengan Pak Singgih, boss bengkel GUT Surabaya... setelah di-reset Unichip-nya, aku mau minta print-out hasil dyno test Dastek...... lalu aku laporkan di forum ini... kalo perlu setelah ditambah toluene & acetone, minta di dyno test lagi supaya jelas nampak bedanya dibandingkan dengan tanpa toluene & acetone....
Jika Dyno Test-nya menggunakan Skala HP untuk power dan lb.ft untuk Torque, maka kedua Grafik harus berpotongan di RPM = 5252.

Formula : POWER = TORQUE x RPM/5252.

Pada saat RPM mencapai 5252, maka POWER = TORQUE.
frontier

Titik perpotongan grafik power & torque

Post by frontier »

apakah rumus patokan 5252 RPM sebagai titik perpotongan grafik power & torque itu hanya berlaku untuk Honda Jazz VTEC Matic atau berlaku untuk semua / any car ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: Titik perpotongan grafik power & torque

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:apakah rumus patokan 5252 RPM sebagai titik perpotongan grafik power & torque itu hanya berlaku untuk Honda Jazz VTEC Matic atau berlaku untuk semua / any car ?
General formula for any car.
frontier

Post by frontier »

jadi kalo kita mau test tarikan mbl kita, kalo ada shift light, diset di 5252 RPM ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:jadi kalo kita mau test tarikan mbl kita, kalo ada shift light, diset di 5252 RPM ?
Woooaaa yang ini mesti ngelihat dulu hasil dyno testnya. Maximum Power ada di RPM berapa, kemudian Torque Maksimum ada di RPM berapa. Lalu GEAR RATIO-nya JAZZ. Baru kita bisa ngobrol gimana mau ngetest tarikannya.
frontier

Post by frontier »

Naah.. iya kan.. ternyata aku ini bodohnya luar biasaaaa..........
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Naah.. iya kan.. ternyata aku ini bodohnya luar biasaaaa..........
Bukan bodoh lah ..... belum baca aja. Ntar kalau dah tahu kan bisa ngasih tahu yang lain. Atau mau buka bengkel sendiri ???????
frontier

Post by frontier »

Back to original Topic, dari milis Jazz-Fit-Club ada berita katanya sudah tersedia Supercharger Mugen untuk Jazz/Fit.... tenaga jadi 145 HP. Torsi bawah melimpah, tanpa turbo-lag, gesit untuk pemakaian dalam kota, maintenance tidak seribet Turbocharger... Mungkin ada yang bisa share info lebih rinci ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Back to original Topic, dari milis Jazz-Fit-Club ada berita katanya sudah tersedia Supercharger Mugen untuk Jazz/Fit.... tenaga jadi 145 HP. Torsi bawah melimpah, tanpa turbo-lag, gesit untuk pemakaian dalam kota, maintenance tidak seribet Turbocharger... Mungkin ada yang bisa share info lebih rinci ?
Wah ini Boss Frontier udah mulai banyak modifnya. Bisa-bisa mesin diubah ke 2 liter jadi punya tenaga 260 HP. Brake Disk ganti Bremo punya, depan 282 mm dan belakan 252 mm. Velg 17 inche dan ban 205/40/17.

Coba masuk ke :

http://www.mugen-power.com/street/04fitmt/index.html

Honda Tuning featured Mugen's latest project, the Fit Dynamite:
http://www.mugen-power.com/topics/d...0108/index.html

Nanti kan kepingin.

Setelah itu masuk ke : http://www.kingmotorsports.com/
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Image

Image

Image

Image

Image
frontier

Post by frontier »

Pak PenyuTurbo,
hehehe... pelan2 lah modifikasi atas Jazz V-TEC Matic ku... bertahap aja.. sekarang ini lagi nunggu mas Indar bengkel CMS Surabaya, katanya dia sudahpesen beberapa unit supercharger tapi belum tiba. Biar beberapa Jazz sebagai test car dulu.. kalo sudah sip baru aku ikutan pasang supercharger. Sementara itu, modif yang kecil2 dulu : mulai pasang unichip, header, copot Cat Conv, busi iridium, elemen filter udara JFC... sekarang lagi nyari velg ukuran 16 yang lebih ringan daripada velg standarnya...
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

saya dukung deh modif jazznya, bung frontier.. hehe.. semoga bisa sampe 1500CC VTec nya bisa tembus 150 HP.. :P ATaw engine swap ama Integra Type R aja bung frontier? nendang deh... fastest Jazz in Indo.. :P EXteriornya diubah gak?Pake body kit fit dynamite aja... mantapppp

Mugen Fit dynamite emank keren banget tuhhh... temen ada yang import body kitnya.. gak taw dia masih ada stok apa nggak... dari carbon fibre gt deh.. ringan n kuat banget... bung frontier masi berminat maen exterior?

saya juga setuju ama bung Penyuturbo... ganti Brembo n pake RIms FOrged magnesium super lite 17 inches.. :P Kalo 16" mnurut ak masi kekecilan.... hehehe
frontier

modif jazz V-TEC

Post by frontier »

Bung Skullkid, trims atas simpatinya kpd Jazz-ku.. kayaknya untuk mencapai bobot yang ringan dan mengutamakan speed, lebih pas velg yang ukuran 16 aja.. apalagi kalo ketemu jalan kurang muyus... Soal rem ini juga mau aku konsultasikan kpd Boss Singgih di bengkel Gut motorsport Surabaya... mungkin kalipernya yang perlu diganti atau gimana.. Exterior standarnya sudah lumayan kok, mungkin kapan2 nyari body part (kap mesin atau pintu bagasi) yang berbahan carbon kevlar atau apa gitu yang ringan hehehe...