TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Re: b20b

Post by FERIOB20B »

PenyuTurbo wrote:
FERIOB20B wrote:gak main top speed bung penyu, close ratio untuk circuit Sentul, estimated BHP engine 310HP, di dyno dynamics sekitar 240 WHP. The car hasnt been tested yet, soon for the lap timing, baru jadi, masih running in period.
Ini sih ngalahin 850T5 ... yang steady cruising pada 240 kph.

Running in period termasuk Bedding-in Brake Pad ?
Running in period untuk semua hehehe, rem udah OK, saya juga lagi test suspension, Pake BuddyClub P1 damper, tapi dibongkar dan diisi lagi biar sesuai dengan kemau-an driver dan karakter circuit.:D
Juga lagi test Hypermax PRO damper, liat bagusan mana hehehe.
B20B DOHC VTEC
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: b20b

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote: Running in period untuk semua hehehe, rem udah OK, saya juga lagi test suspension, Pake BuddyClub P1 damper, tapi dibongkar dan diisi lagi biar sesuai dengan kemau-an driver dan karakter circuit.:D
Juga lagi test Hypermax PRO damper, liat bagusan mana hehehe.
Nggak nyoba TITAN ? ... nggak tahu di JKT ada nggak ?. Titan ini custome made ... kalau ganti stok ke Titan, driver mesti test dulu sampai pada setting yang dimaui.
Image
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

FERIOB20B wrote:
frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Saya cenderung tidak setuju penggunaan lightweight pulley pada crank shaft pada mobil harian, karena pada lightweight pulley tidak terdapat balancer rubber, untuk mesin yang tidak dibalance (alias standard dari pabrik) akan terjadi terlalu banyak getaran.

Pernah ada kasus pada CELICA temanku yang mesinnya terjadi masalah karena pulley2 lightweight.

Bagaimana penyuturbo, tolong dijelaskan, saya ngetiknya lambat hehehe
B20B DOHC VTEC
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote:
FERIOB20B wrote:
frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Saya cenderung tidak setuju penggunaan lightweight pulley pada crank shaft pada mobil harian, karena pada lightweight pulley tidak terdapat balancer rubber, untuk mesin yang tidak dibalance (alias standard dari pabrik) akan terjadi terlalu banyak getaran.

Pernah ada kasus pada CELICA temanku yang mesinnya terjadi masalah karena pulley2 lightweight.

Bagaimana penyuturbo, tolong dijelaskan, saya ngetiknya lambat hehehe
Lhaaa ... ngasih kerjaan yak ?

Getaran Normal Orde Pertama (First Order Normal Vibration) yang diakibatkan oleh putaran mesin biasanya jarang terjadi, kecuali untuk mesin segaris 3 dan 5 cylinders dan juga mesin V-6 yang nggak make counterbalance shaft.

Kebanyakan terjadinya Getaran Normal Orde Pertama diakibatkan oleh tidak adanya mass balance pada komponen-komponen yang berhubungan dan berputar bersama-sama dengan poros engkol (crankshaft).

Catatan : Beberapa jenis getaran yang berkaitan dengan putaran mesin adalah normal, dan mesti ada dampernya supaya nggak dirasakan di ruang dalam mobil.

Mesin-mesin yang nggak mempunyai Getaran Normal Orde Pertama, komponen-komponen berikut dapat menyebabkan terjadinya Getaran Normal Orde Pertama berkaitan dengan putaran mesin :

1. Harmonic Balancer
2. Crankshaft Pulley
3. Flywheel
4. Flexplate
5. Torque Converter
6. Pressure Plate
7. Clutch Disk or Transmission Input Shaft
8. Crankshaft
9. Balance Shafts
10. Missing or Damaged Vibration Dampers

Jadi ya perlu ada Balancing Analysis, kalau mau mengubah komponen ke yang lebih ringan (Pulley, Flywheel dsb yang berkaitan dan berputar bersama poros engkol ... termasuk semua yang dihubungkan dengan belting). Memang dari satu sudut energy consumption, yang ringan ini akan memerlukan energi lebih sedikit, tapi dari sudut lain perlu pertimbangan dan rebalancing. Belum lagi kalau toleransinya keluar dari jangkauan ... bisa-bisa bearing cepat rusak ... biasanya kalau bearing dah rusak, sealnya akan ikutan ... walhasil oli bocor kemana-mana.



Sedang mesin-mesin yang mempunyai Getaran Normal Orde Pertama (IL3, IL5 dan V6 tanpa counter balance shaft), maka komponen-komponen berikut, jika rusak atau masangnya kagak bener, akan mengakibatkan Getaran Orde Pertama :

1. Motor mounts
2. Transmission mounts
3. Exhaust mounts
4. Body mounts
5. Propshaft Slip Yoke
6. A/C or power steering hoses
7. Aftermarket accessories

Ini yang sering dirasakan pada Volvo 5 cylinders engine series, kalau mobil udah berumur, beraneka ragam getaran terjadi tanpa diketahui penyebabnya ... yang pada akhirnya setelah servis AC .... hehehehe getarannya jadi hilang ... itu baru AC belum lagi kalau mountings ... ini hanya untuk IL3, IL5 dan V-6 w/o counter balance.
Image
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Lightweight pulley

Post by FERIOB20B »

Jadi Penyuturbo, jawabannya lightweight pulley crank yes or no?
PenyuTurbo wrote:
FERIOB20B wrote:
FERIOB20B wrote: Saya cenderung tidak setuju penggunaan lightweight pulley pada crank shaft pada mobil harian, karena pada lightweight pulley tidak terdapat balancer rubber, untuk mesin yang tidak dibalance (alias standard dari pabrik) akan terjadi terlalu banyak getaran.

Pernah ada kasus pada CELICA temanku yang mesinnya terjadi masalah karena pulley2 lightweight.

Bagaimana penyuturbo, tolong dijelaskan, saya ngetiknya lambat hehehe
Lhaaa ... ngasih kerjaan yak ?

Getaran Normal Orde Pertama (First Order Normal Vibration) yang diakibatkan oleh putaran mesin biasanya jarang terjadi, kecuali untuk mesin segaris 3 dan 5 cylinders dan juga mesin V-6 yang nggak make counterbalance shaft.

Kebanyakan terjadinya Getaran Normal Orde Pertama diakibatkan oleh tidak adanya mass balance pada komponen-komponen yang berhubungan dan berputar bersama-sama dengan poros engkol (crankshaft).

Catatan : Beberapa jenis getaran yang berkaitan dengan putaran mesin adalah normal, dan mesti ada dampernya supaya nggak dirasakan di ruang dalam mobil.

Mesin-mesin yang nggak mempunyai Getaran Normal Orde Pertama, komponen-komponen berikut dapat menyebabkan terjadinya Getaran Normal Orde Pertama berkaitan dengan putaran mesin :

1. Harmonic Balancer
2. Crankshaft Pulley
3. Flywheel
4. Flexplate
5. Torque Converter
6. Pressure Plate
7. Clutch Disk or Transmission Input Shaft
8. Crankshaft
9. Balance Shafts
10. Missing or Damaged Vibration Dampers

Jadi ya perlu ada Balancing Analysis, kalau mau mengubah komponen ke yang lebih ringan (Pulley, Flywheel dsb yang berkaitan dan berputar bersama poros engkol ... termasuk semua yang dihubungkan dengan belting). Memang dari satu sudut energy consumption, yang ringan ini akan memerlukan energi lebih sedikit, tapi dari sudut lain perlu pertimbangan dan rebalancing. Belum lagi kalau toleransinya keluar dari jangkauan ... bisa-bisa bearing cepat rusak ... biasanya kalau bearing dah rusak, sealnya akan ikutan ... walhasil oli bocor kemana-mana.



Sedang mesin-mesin yang mempunyai Getaran Normal Orde Pertama (IL3, IL5 dan V6 tanpa counter balance shaft), maka komponen-komponen berikut, jika rusak atau masangnya kagak bener, akan mengakibatkan Getaran Orde Pertama :

1. Motor mounts
2. Transmission mounts
3. Exhaust mounts
4. Body mounts
5. Propshaft Slip Yoke
6. A/C or power steering hoses
7. Aftermarket accessories

Ini yang sering dirasakan pada Volvo 5 cylinders engine series, kalau mobil udah berumur, beraneka ragam getaran terjadi tanpa diketahui penyebabnya ... yang pada akhirnya setelah servis AC .... hehehehe getarannya jadi hilang ... itu baru AC belum lagi kalau mountings ... ini hanya untuk IL3, IL5 dan V-6 w/o counter balance.
B20B DOHC VTEC
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: Lightweight pulley

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote: Jadi Penyuturbo, jawabannya lightweight pulley crank yes or no?
Personnaly NO.

Prefer to mod intake and exhaust systems and use home made petrol conditionner. Actually the only culprit is the Petrol Quality.
Image
frontier

Post by frontier »

Oke... aku kan orang awam pak, jadi nurut ngikut aja, gak usah nyari light weight pulley, tapi mantap tukar tambah throttle body original dengan Spoon, nanti di ko Wewe... mungkin dengan bantuan mas Yakob Ferio, harganya bisa didiskon dikit hehehe... lalu setting exhaust dengan N-1 muffler...
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Bung Frontier,

Nggak di rekomen modif induction itu bukan berarti nggak boleh, hanya dikhawatirkan modifnya berlebihan. Untuk setiap komponen itu biasanya di disain ada Safety Factornya. Safety factor yang paling ketat itu di aerospace/aviation industries (hanya 1.5) untuk menghindari overweight supaya bisa terbang. Untuk sipil biasanya cukup besar (bisa nyampe 10). Untuk komponen mesin mobil dan transmisinya berbeda-beda faktor safety nya menurut kemudahan penggantian secara berkala (scheduled replacement) ... Safety factor poros engkol berbeda dengan ConRod dsb ... dsb. Yang jelas akan lebih besar dari 1.5 (aviation) dan sekurang-kurangnya 2.

Mugen pun modif Honda Jazz jadi turbo ... hanya saja maksimum powernya nyampai ke 164 HP aja. Kalau dilihat dari Torque dan Powerband-nya, improvement ditujukan untuk memperoleh Low End Torque ... Ini berarti Turbo yang digunakan adalah yang LPT ... Low Pressure Turbo dan maximum Boost pressure nya sampai ke 4.5 psi saja.

Kalau dilihat dari cara penempatan Inter Cooler ... mungkin ada yang complain ... nggak cukup effectif ... yang semestinya diletakkan sejajar dengan Radiator ... hanya saja tempat nggak memadai ... jadi dipasang kayak gitu.

Itulah kalau dilihat pada bagian atas Intercooler ada semacam plat aluminium yang menganga ... tujuannya untuk mengalirkan udara luar ke intercooler. Disamping itu Exhaust Manifold dan turbo-nya ada dibelakang (deket fire wall)... dalam arti kata pengaruh pemanasan mesin ke intercooler dapat ditekan seminim mungkin (tentunya pada kondisi saat mobil berjalan). Ini sebagai counter argument pada yang complain pemasangan intercooler semacam itu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

Koreksi ya bung PenyuTurbo,

gambar attached bukan turbonya MUGEN, itu adalah HKS Kyusu Turbo kit.
Turbo kit diatas harganya terlalu mahal, kalo gak salah sekitar JPY 450.000 (sekitar 40 juta di jepang).

FYI, saya juga Distributor Tunggal resmi HKS.:D
PenyuTurbo wrote:
frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Bung Frontier,

Nggak di rekomen modif induction itu bukan berarti nggak boleh, hanya dikhawatirkan modifnya berlebihan. Untuk setiap komponen itu biasanya di disain ada Safety Factornya. Safety factor yang paling ketat itu di aerospace/aviation industries (hanya 1.5) untuk menghindari overweight supaya bisa terbang. Untuk sipil biasanya cukup besar (bisa nyampe 10). Untuk komponen mesin mobil dan transmisinya berbeda-beda faktor safety nya menurut kemudahan penggantian secara berkala (scheduled replacement) ... Safety factor poros engkol berbeda dengan ConRod dsb ... dsb. Yang jelas akan lebih besar dari 1.5 (aviation) dan sekurang-kurangnya 2.

Mugen pun modif Honda Jazz jadi turbo ... hanya saja maksimum powernya nyampai ke 164 HP aja. Kalau dilihat dari Torque dan Powerband-nya, improvement ditujukan untuk memperoleh Low End Torque ... Ini berarti Turbo yang digunakan adalah yang LPT ... Low Pressure Turbo dan maximum Boost pressure nya sampai ke 4.5 psi saja.

Kalau dilihat dari cara penempatan Inter Cooler ... mungkin ada yang complain ... nggak cukup effectif ... yang semestinya diletakkan sejajar dengan Radiator ... hanya saja tempat nggak memadai ... jadi dipasang kayak gitu.

Itulah kalau dilihat pada bagian atas Intercooler ada semacam plat aluminium yang menganga ... tujuannya untuk mengalirkan udara luar ke intercooler. Disamping itu Exhaust Manifold dan turbo-nya ada dibelakang (deket fire wall)... dalam arti kata pengaruh pemanasan mesin ke intercooler dapat ditekan seminim mungkin (tentunya pada kondisi saat mobil berjalan). Ini sebagai counter argument pada yang complain pemasangan intercooler semacam itu.
B20B DOHC VTEC
frontier

Post by frontier »

Apalagi TC yang harganya sampai 40 jt gitu... wah itu sudah jelas jauh melebihi batas safety kantong..
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

40 jtjt huhuehuehueh nanti kalau udah jadi pejabat, saya traktir masang turbo pak frontier secara cuma-cuma huehuehe
frontier

Post by frontier »

Bung Yusaku, Amin, aku doakan nanti jadi pejabat, tapi jangan hasil korupsi ya untuk nraktir pasang turbo di mobilku....
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Post by Yusaku »

ok ok jadi pejabat yang bersih hehehe
budpan10
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Aug 23, 2006 8:15

Post by budpan10 »

Bung Frontier, Skunk2 bikin turbo buat Honda Jazz, ini mungkin masih prototipenya, mudah2an setelah itu ada kit nya. Ini ada gambar dan videonya:

http://www.fitfreak.net/forums/showthread.php?t=8103
frontier

Turbo Kit

Post by frontier »

soal forced induction (TC atau SC) kalo memang ada kit yang ready bolt-on, dan udah proven tidak ada negative side effect untuk Jazz Matic, ya barulah kita pertimbangkan dengan serius... mungkin tinggal soal harga aja masalahnya
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

bisa pake produk thailand , uda dipasang di bbrp boil si denger2 blm perna ada masalah ... harga sekitar 20-25jt`an uda lengkap ... emang jauh harganya kalo dibanding dengan hks , dsb ... hehe ...
frontier

Post by frontier »

TC produk Thai ? Cuma 25 jt ? Tolong dong.. kalo ada info tentang spec dan performance-nya, juga foto2nya ? Dimana ndapetinnya ?
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

saya pm pak tory detail`nya ...
frontier

Post by frontier »

Trims, aku tunggu aja pm nya
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

frontier wrote:Trims, aku tunggu aja pm nya
Tidak direkomended sama sekali menurut saya. Turbo chargernya sendiri adalah turbo charger bekas yang di overhaul, kit kasar sekali buatannya dan kit ini include E-manage yang sudah di pretuned yang AF nya berantakan. Satu lagi, turbo charger yang di gunakan kebanyakan turbo charger second hand bekas generator sets.... untuk apa mengorbankan mobil yang harganya 160an juta untuk barang 25 juta.
B20B DOHC VTEC
frontier

Post by frontier »

oke trims mas Yakob, aku mau maksimalkan dulu kondisi N/A Jeskonengku.... Throttle body, dan mungkin light weight pulleys dan campuran BBM yang pas... Aku optimis, tanpa Forced Induction, Jazz VTEC Matic bisa mencapai sekitar 140-an HP, itu sudah lebih dari cukup laaah...
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

frontier wrote:oke trims mas Yakob, aku mau maksimalkan dulu kondisi N/A Jeskonengku.... Throttle body, dan mungkin light weight pulleys dan campuran BBM yang pas... Aku optimis, tanpa Forced Induction, Jazz VTEC Matic bisa mencapai sekitar 140-an HP, itu sudah lebih dari cukup laaah...
on wheels apa on engine pak?btw jeskoneng dah perna coba dyno test belum?hehe..
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

FERIOB20B wrote:
frontier wrote:Trims, aku tunggu aja pm nya
Tidak direkomended sama sekali menurut saya. Turbo chargernya sendiri adalah turbo charger bekas yang di overhaul, kit kasar sekali buatannya dan kit ini include E-manage yang sudah di pretuned yang AF nya berantakan. Satu lagi, turbo charger yang di gunakan kebanyakan turbo charger second hand bekas generator sets.... untuk apa mengorbankan mobil yang harganya 160an juta untuk barang 25 juta.
wah saya mala baru tau kalo ini pak , masa sih yah barang bekas and ga mutu , yg jual toko bonafide lho padahal , hmmm ... setau saya sih yg udah pasang pake piggyback + turbomodule dastek ...

mreka uda aplikasi buat daily usage , di set 0.5bar aja , lebih dr itu buat matic mulai terasa gejala kopling selip ...

mayan lho idsi dapet 140`an hp ... makanya ngiler , hehe , belom lg bunyi *ngiiiing* -nya :e-clap:
frontier

Post by frontier »

Bung Skullkid, Jeskoneng pernah di dyno, dua kali setelah pasang Unichip di Gut Sby, waktu itu dapetnya sekitar 126 HP, tapi kesulitan merekam grafiknya, karena sebelum peak power, selalu RPM limiter dan Matic CVT interfere, sehingga terjadi auto shift up, RPM jatuh... Jadi aku targetkan, dengan TB Spoon + light weight pulley + modif resonator/muffler + ramuan BBM dari Pak Penyu, bisa lah mencapai 140-an HP......
koes
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Aug 28, 2006 14:35

Post by koes »

maz....
aku baru nih...Mau tanya mengenai alat yg dinamakan surbo.
Alat apakah itu, serta manfaatnya apa sih....
Mohon pencerahannya.
Thanks