FERIOB20B wrote:FERIOB20B wrote:frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Saya cenderung tidak setuju penggunaan lightweight pulley pada crank shaft pada mobil harian, karena pada lightweight pulley tidak terdapat balancer rubber, untuk mesin yang tidak dibalance (alias standard dari pabrik) akan terjadi terlalu banyak getaran.
Pernah ada kasus pada CELICA temanku yang mesinnya terjadi masalah karena pulley2 lightweight.
Bagaimana penyuturbo, tolong dijelaskan, saya ngetiknya lambat hehehe
Lhaaa ... ngasih kerjaan yak ?
Getaran Normal Orde Pertama (First Order Normal Vibration) yang diakibatkan oleh putaran mesin biasanya jarang terjadi, kecuali untuk mesin segaris 3 dan 5 cylinders dan juga mesin V-6 yang nggak make counterbalance shaft.
Kebanyakan terjadinya Getaran Normal Orde Pertama diakibatkan oleh tidak adanya mass balance pada komponen-komponen yang berhubungan dan berputar bersama-sama dengan poros engkol (crankshaft).
Catatan : Beberapa jenis getaran yang berkaitan dengan putaran mesin adalah
normal, dan mesti ada dampernya supaya nggak dirasakan di ruang dalam mobil.
Mesin-mesin yang nggak mempunyai Getaran Normal Orde Pertama, komponen-komponen berikut dapat menyebabkan terjadinya Getaran Normal Orde Pertama berkaitan dengan putaran mesin :
1. Harmonic Balancer
2. Crankshaft Pulley
3. Flywheel
4. Flexplate
5. Torque Converter
6. Pressure Plate
7. Clutch Disk or Transmission Input Shaft
8. Crankshaft
9. Balance Shafts
10. Missing or Damaged Vibration Dampers
Jadi ya perlu ada Balancing Analysis, kalau mau mengubah komponen ke yang lebih ringan (Pulley, Flywheel dsb yang berkaitan dan berputar bersama poros engkol ... termasuk semua yang dihubungkan dengan belting). Memang dari satu sudut energy consumption, yang ringan ini akan memerlukan energi lebih sedikit, tapi dari sudut lain perlu pertimbangan dan rebalancing. Belum lagi kalau toleransinya keluar dari jangkauan ... bisa-bisa bearing cepat rusak ... biasanya kalau bearing dah rusak, sealnya akan ikutan ... walhasil oli bocor kemana-mana.
Sedang mesin-mesin yang mempunyai Getaran Normal Orde Pertama (IL3, IL5 dan V6 tanpa counter balance shaft), maka komponen-komponen berikut, jika rusak atau masangnya kagak bener, akan mengakibatkan Getaran Orde Pertama :
1. Motor mounts
2. Transmission mounts
3. Exhaust mounts
4. Body mounts
5. Propshaft Slip Yoke
6. A/C or power steering hoses
7. Aftermarket accessories
Ini yang sering dirasakan pada Volvo 5 cylinders engine series, kalau mobil udah berumur, beraneka ragam getaran terjadi tanpa diketahui penyebabnya ... yang pada akhirnya setelah servis AC .... hehehehe getarannya jadi hilang ... itu baru AC belum lagi kalau mountings ... ini hanya untuk IL3, IL5 dan V-6 w/o counter balance.