TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

frontier wrote:Oh.. maksudku, Pak Piter itu tau tentang Jazz Turbo proyeknya Ronny SS Performance.... mungkin bukan Jazz-nya Pak Piter, atau mungkin Pak Piter akan pasang turbo juga ?
sorry baru bisa balas pak Torry... proyeknya pak ronny kayaknya udah kelar tuh, turbo nya pake Garrett 04, bisa dapat 176 HP, matic. seharusnya bisa lebih dari itu, tapi gak CVT friendly..... CVT nya honda jazz (katanya unit yang sama terpasang di oddyssey juga) sanggup menghandle sampai 180HP saja, diatas itu diperkirakan berumur pendek....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

piterr wrote: sorry baru bisa balas pak Torry... proyeknya pak ronny kayaknya udah kelar tuh, turbo nya pake Garrett 04, bisa dapat 176 HP, matic. seharusnya bisa lebih dari itu, tapi gak CVT friendly..... CVT nya honda jazz (katanya unit yang sama terpasang di oddyssey juga) sanggup menghandle sampai 180HP saja, diatas itu diperkirakan berumur pendek....
Bung piterr ... bisa gak ya .. dapetin info lebih specific tentang garett 04 nya ... trim berapa ya ? ... yang 50 atau yang 60 ?. Tq before.
Image
frontier

Post by frontier »

Mungkin paling aman diset aja Turbo Garret itu sampai dapet 165-an HP aja udah lebih dari cukup, mengingat bobot Jazz yang cuma 1050-1075 kg. Yang penting aman bagi CVT dan parts lain. Toh udah lebih besar ratio HP terhadap bobot mobil Jazz, dibandingkan misalnya Volvo Turbo Pak Penyu yang hampir 2 Ton beratnya dengan 160 HP. Turbo Garett O4 ya ? Menurut info Kang Ronny via sms, semuanya bolt-on, tidak perlu ada yang custom made (ngakal2i). Cuman blum tau berapa harga + biaya pasangnya...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

garrett d04 speknya sih belum tanya trim berapa hehehe nanti saya tanyaken
frontier

Post by frontier »

Pak Piter, mohon info juga, apakah unit Turbo Garret d04 itu di SS memang tersedia stock lengkap dengan kitnya untuk Jazz VTEC Matic ? berapa harganya ? Kan katanya yang baru dipasang itu adalah proyek pertama untuk Jazz VTEC Matic...
frontier

Post by frontier »

Oh ya Pak Piter, light weight pulley merk Summit itu udah terbukti bagus ya untuk Jazz VTEC matic ? dimana belinya dan berapa harganya ?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kalo pulley summit sudah banyak yang pakai, dan efeknya pasti berasa. saya pernah pakai di suzy karimun, tapi bukan summit merknya
frontier

Post by frontier »

Thanx pak, mudah2an di Sby ada yang jual ya, pulley merk Summit yang warnanya biru itu...
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

Saya sudah pake pulleynya merk summit..
Cukup enteng utk akselerasi awalnya..
Speedy
frontier

Post by frontier »

wow.. tarikan awal jadi lebih enteng ya ? Tentunya di rpm atasnya juga lebih enteng dooong...
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

frontier wrote:wow.. tarikan awal jadi lebih enteng ya ? Tentunya di rpm atasnya juga lebih enteng dooong...
Iya betul... :e-clap:
Speedy
frontier

Post by frontier »

Belinya dimana bro, harga berapa dan susah gak masangnya ?
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

frontier wrote:Belinya dimana bro, harga berapa dan susah gak masangnya ?
Saya beli di SS performance bandung.
harganya 1.5jt.
masangnya gampang di bengkel honda juga bisa.
Speedy
frontier

Post by frontier »

Bung Speedy, trims utk info-nya... kayaknya gue akan nyari Summit pulley dan Spoon TB...
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

Gimana udah dpt TB ama pulleynya mas?
Speedy
frontier

Post by frontier »

Blum... blum... misih blum sempat ke Jawa...masih terjebak tugas2 di Banjarmasin nih..
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

TURBO JAZZ

Post by FERIOB20B »

yang pasti modifikasi ini tidak di rekomendasi untuk JAZZ MATIC, baik IDSI ataupun VTEC. Force Induction ini akan mengacaukan operasi CVT, bung penyuturbo, apakah ini ada hubungannya antara system vacuum pada CVT?
B20B DOHC VTEC
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: TURBO JAZZ

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote:yang pasti modifikasi ini tidak di rekomendasi untuk JAZZ MATIC, baik IDSI ataupun VTEC. Force Induction ini akan mengacaukan operasi CVT, bung penyuturbo, apakah ini ada hubungannya antara system vacuum pada CVT?
Pada CVT bukannya vacuum yang bekerja tapi Hydraulic Oil Pressure, yang menggerakkan Pulley (Driving and Driven Pulley).

Walaupun ada beberapa type CVT, Pulley Driven Belt, Roller Power dan Hydromechanical ... namun yang kebanyakan digunakan di kendaraan bermotor ber kapasitas mesin sampai pada 2000 adalah yang jenis Pulley Driven Belt. Untuk kendaraan berat make yang Hydromechanical ... sedang nissan yang berkapasitas lebih dari 2000 cc cenderung menggunakan Roller Power.

Yang jadi masalah adalah kekuatan BELT ini dan juga multi layer clutch system yang menhubungkan antara DRIVEN PULLEY dengan DRIVE SHAFT. Sekalipun ada safety factor ... namun jika berlebihan menambah power pada engine, maka yang nggak tahan adalah Drive Belt dan multi clutch system-nya.

Hydraulic Oil Pressure dikendalikan oleh banyak sensor ... seperti misalnya Engine Speed (RPM) sensor, Vehicle Speed Sensor, Throttle Position Sensor ... Brake ON-OFF Sensor ... dsb ... dsb, yang tiba gilirannya akan menggerakkan piston pada drive dan driven pulleys, melebar atau menyempit.

Modifikasi bisa-bisa aja sih, hanya nambah power ... sampai batas berapa ... itu pertanyaan yang susah dijawab ... karena nggak tahu karakteristik Steel Belt dan Multi Layer Clutch-nya. Pak Pitter pernah mengatakan kalau maksium power upgrade honda Jazz supaya CVT-nya nggak jebol sampai 170 HP.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: TURBO JAZZ

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote:Force Induction ini akan mengacaukan operasi CVT, bung penyuturbo, apakah ini ada hubungannya antara system vacuum pada CVT?
Pertanyaan ini ada logikanya juga. Bahwa pengendalian motor listrik untuk mengatur tekanan hidrolis pada pulley CVT, salah satu inputan nya adalah beban mesin (engine load).

Engine load sendiri bisa diambil dari sensor posisi throttle atau VACUUM pada intake manifold. Perubahan posisi throttle akan mengakibatkan perubahan vacuum pada manifold (hubungan secara langsung). Yang jadi permasalahan, jika pengambilan parameter engine load adalah dari vacuum intake manifold, maka tidak akan akurat ... karena vacuum intake manifold ini dipengaruhi banyak faktor. Sedang jika diambil dari sensor posisi throttle tingkat akurasinya jauh lebih baik.

Untuk mesin yang sehat, pada saat idle ... vacuum berada pada minus 19-21 Inch HG dan pada WOT (Wide Open Throttle) vacuum akan menunjukkan 0 Inch HG. Akan tetapi jika terjadi kebocoran pada vacuum hoses, intake manifold gasket, exhaust manifold gasket, kerusakan head gasket, mampetnya catalytic converter, misfire ignition ... maka pembacaan vacuum tidak akurat lagi. Contohmya, jika ada kebocoran pada intake manifold gasket, maka pembacaan vacuum akan berada pada angka minus 5 Inch HG, walaupun idle atau WOT.

Apabila parameter inputan yang masuk ke ECU (kemudian dikirim ke motor listrik) adalah dengan menggunakan skala vacuum minus 21 s/d 0 Inch HG ... maka modifikasi dengan menggunakan Supercharger atau turbocharger ... skalanya akan nggak bisa meng-identifikasi vacuum, karena super/turbo charger akan memberikan positive pressure (kebalikan vacuum).

IMO, pengambilan inputan beban mesin masuk ke ECU akan diambil dari SENSOR POSISI THROTTLE ... dan yang ini nggak bergantung pada kondisi vacuum dalam intake manifold.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: TURBO JAZZ

Post by PenyuTurbo »

Kalau engine Ferio udah diganti dengan B20B ... jadi power banget nih ... !!! Berapa top speednya bung FERIOB20B
Image
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

b20b

Post by FERIOB20B »

gak main top speed bung penyu, close ratio untuk circuit Sentul, estimated BHP engine 310HP, di dyno dynamics sekitar 240 WHP. The car hasnt been tested yet, soon for the lap timing, baru jadi, masih running in period.
B20B DOHC VTEC
frontier

Post by frontier »

ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: b20b

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote:gak main top speed bung penyu, close ratio untuk circuit Sentul, estimated BHP engine 310HP, di dyno dynamics sekitar 240 WHP. The car hasnt been tested yet, soon for the lap timing, baru jadi, masih running in period.
Ini sih ngalahin 850T5 ... yang steady cruising pada 240 kph.

Running in period termasuk Bedding-in Brake Pad ?
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Siap-siap nyetok Toluene dan ganti Rubber Fuel Hose to TEFLON Fuel Hose.
Image
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

frontier wrote:ya pak, saya sih awam aja... tapi cenderung setuju bahwa forced induction is not recommended for Jazz Matic... makanya cari jalan lain aja : light weight pulleys, throttle body, I/H/E, pengapian, lalu masukan yang terbaru dari Mas Ferio = ganti packing head dengan punya Jazz iDSI..
Saya cenderung tidak setuju penggunaan lightweight pulley pada crank shaft pada mobil harian, karena pada lightweight pulley tidak terdapat balancer rubber, untuk mesin yang tidak dibalance (alias standard dari pabrik) akan terjadi terlalu banyak getaran.

Pernah ada kasus pada CELICA temanku yang mesinnya terjadi masalah karena pulley2 lightweight.

Bagaimana penyuturbo, tolong dijelaskan, saya ngetiknya lambat hehehe
B20B DOHC VTEC