Page 1 of 6

Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 4:04
by kendibocor
Hello warga SM, Untuk ngisi waktu ane coba mau review dikit2 mobil yg kepaksa dibeli ini. Disclaimer: seperti biasa ane reviewer amatiran yg skill menulisnya masih dibawah rata2, jadi kalo ada salah kata, typo, dll ya mohon maaf sebelumnya

BACKGROUND:
Beli mobil ini boleh dibilang karena terpaksa. Awal tahun 2022 sediain budget untuk ganti mobil sebenernya hanya 1, yaitu mobil istri yg ane jg uda review di thread satunya lg (review bercampur curhat karena drama beli mobilnya sukses bikin ane hipertensi).
Kenapa terpaksa? jadi beli mobil ini semata2 hanya gara2 ortu harus operasi, sehingga harus memiliki mobil yg row 2 nya cukup friendly biar nanti bisa bolak-balik ke rs untuk fisioterapi dan rehabilitasi pasca operasi. Nengok ke garasi, lho ni mobil di garasi kok row 2 nya menyedihkan semua :mky_01:
Setelah brainstorming sama menkeu, kesimpulannya ya mau gamau kayaknya harus beli mobil lg. Setelah bobok celengan ayam dan nguras dompet sampe koin 100 perak terakhir, akhirnya diputuskan untuk ambil mobil dengan syarat yg cukup simpel yaitu row kedua luas, captain seat, dan akses keluar masuk mobil mudah.

Beberapa opsi langsung kena coret macem innivi disil kebanggaan warga SM karena tinggi jadi sulit naek turun. Opsi pertama adalah alphard 2nd gen yg welcab. Dlu pas nenek sakit, kebetulan keluarga pernah punya biar mobilitas beliau mudah. Tp uda dijual dari brp tahun lalu. Untuk tahun 2012an masuk budget sih tp kalo dipikir2 lg ambil mobkas pasti akan buang waktu dan biaya untuk perbaikan lg, sedangkan mobil butuh lumayan cepat. Jd opsi ini dicoret.
Opsi kedua sienta welcab, tp kebentur harga yg 400an dan jg kalo ane ga salah dapet info ini spot order. Jadi akhirnya dicoret jg.
Mau buyback fortie vrz ane yg dibeli mertua kok kayak menjilat ludah sendiri dan ga bisa move on ya? (Nggak deng sebenernya karena lebih tinggi lg dari innipi disil :mky_01: )

Mikir2 lg mobil <300jt, baru, row 2 luas, akses mudah, dan captain seat akhirnya mengerucut ke si hyundae stargeser ini.
Begitu bulat keputusan, butuh proses 3 hari sampe spk. Hari pertama nyari unit TD, kebetulan ada di sowrum Hyundae deket rumah, hari kedua berburu diskon, hari ketiga SPK.
SPK akhir nov dapet diskon 25jt dan potongan toped lagi hampir 3 jt. Agak nyesel sih ternyata awal des diskon bisa sampe 32jt blm pengajuan. Tp yawda lah emang rejekinya dapet disc cuma segitu gawsa diambil pusing dan disyukuri aja. 5 hari setelah transfer duid, mobilnya akhirnya dikirim juga. Mobil kebetulan redi stok hampir semua warna. Warna yg dipilih silver biar kalo kotor ga keliatan, trus ga niat dicoating segala macem jadi pilih warna paling gampang dirawat. Lain2 yg didapat dari pembelian ini standar aja, kaca film, apar, dan plat sementara 1 bulan.

EXTERIOR
20230102_161152.jpg
Exterior mau dilihat dari segi manapun, ga ada yg bisa dibilang istimewa. Bagian depan ada positioning lamp (apa drl ya ga gitu perhatiin) yg memanjang dari headlamp kiri ke kanan. Macam wuling Air EV lah. Headlamp pake LED, foglamp gatau led apa bukan
20230102_161143.jpg
Siluet samping biasa aja, next
20230102_161132.jpg
Nah lampu belakang ini mengingatkan ane sama pesawat X-wing (kalo ga salah) yg dipunya rebel alliance di film starwars. Not bad.
Ban pake kumho solus ukuran 205/55/16. Yg bisa ane katakan ya road noisenya cukup baik. Grip? Aquaplanning? Bleh, boro2 ngerasain ginian, orang asal pake ni mobil di tol aja paling jalan 70-80km, maklum bawa orang sakit.
20230102_174702.jpg
Model dashboard bisa diliat sendiri disini. Not bad KECUALI itu housing speedo n HU yg jenong kayak ikan louhan. Tempat penyimpanan? Super banyak. Laci ada 2 (walaupun yg 1 hampir ga guna karena super pendek, paling cuma bisa masuk kunci2 rumah atau kartu. Laci kedua ga gitu gede, tp bisa simpen apar bawaan. Dari console ac penumpang depan sampe housing HU dan stir ada 2 layer bertingkat yg bisa digunakan buat taro hp, dompet, dll. Malah ini yg paling saya demen dari ni mobil.
20230102_160916.jpg
Console tengah ada tuas transmisi yg mirip cheap version dari crv turbo, rem tangan modal otot (real man use his muscle :big_smoking: ), sisanya power outlet 12:, usb slot, dan wireless charging.
HU bawaan interfacenya biasa aja, cenderung terlalu simpel. Tp isinya lengkap, bisa untuk setting blulink, apple carplay wireless. Android auto blm nyoba. Ada ga sih ya?
20230102_160616.jpg
Speedometer digital kualitas gambar biasa, MID dan pengaturan mesin ada disini semua. Yg paling ketara kalo ganti drive mode warnanya berubah2. Tulisan angkanya masih model layar kalkulator.
20230102_174632.jpg
Material seperti doortrim 95% hard plastic, softpad cuma di penyangga tangan di doortrim. Tp hard plastic ini buildnya lumayan solid. Buka tutup pintu doortrimnya ga meleyot2 kedalem saking tuh plastik tipis banget kayak di ciarpih rm saya dlu.
20230102_183225.jpg
Yg bikin kelihatan modern sedikit ya ambient lightnya yg cukup terang dan banyak (sebenernya too much for my liking). Sayang warnanya ga bisa diganti2, hanya biru. Selera saya sendiri mending warna2 yg lebih soft macem orange bmw atau putih sekalian.
20230102_161038.jpg
20230102_160824.jpg
Masuk row kedua, bisa diliat masih cukup besar jarak lutut kaki ke jok depan kalo saya yg duduk (FYI: tinggi saya 173cm).
Oh iya, jok semua uda bahan leatheratte (ini kulit palsu kalo ga salah ya?) Bahannya cukup halus, ga panas. Cuma memang captain seatnya agak keras dan agak sempit kalo saya yg dudukin. Untuk penumpang belakang jg disediakan usb port 2 buah, biar ga berantem. Door trim juga bisa taruh minuman kemasan 1,5 liter diatas, dan dibawah bisa isi 2-3 botol yg 600cc
Di bangku kiri, ada meja yg bisa dilipat. Cukup solid n kokoh.

Row ketiga ane ga fotoin, soalnya ada kursi roda jadi males keluarin. Yg pasti sih ada power outlet 12V juga. Waktu TD sempet masuk row ketiga, seinget ane cukup proper kok untuk 2 orang dewasa. Akses masuk row ketiga ga terlalu sulit, memang kalo dibandingkan dengan alphard, hanya perlu usaha lebih jalan setengah nunduk aja mengingat emang roofnya ga tinggi.

IMPRESI BERKENDARA
Hmmm, ini saya agak bingung mulai darimana. Jujur aja, saya baru 3-4x bawa itu pun macet2an ke rs di daerah semanggi.
Mulai dari FC dulu aja, FC yg didapat sekarang 1:10 pake pertamax. Mobil lewat daerah macet trus dan sering jadi genset. Kelihatannya boros? Tp sebenernya irit kok, saya bawa macet2an wajar masih bisa 1:14. Sekarang dpt segitu kayaknya karena jd genset aja.

Puteran rpm bawah, berasa torsinya kurang banget. Power atasnya ga pernah nyoba jg sih karena seperti yg saya blg sebelumnya, ni mobil ga pernah jalan lewat dari 80kmh. Tp impresi ini agak sulit saya untuk objektif jg soalnya emang kebetulan mobil di rumah 2 merk M yg low rpm torquenya lumayan ngisi dan 1 lg 2000cc turbo dan jg figur tenaga si stargeser diatas kertas aja ga istimewa2 banget. Hanya 115PS, 143 Nm.

Ada 3 driving mode. Eco, normal, sport, sama smart. Jujur ane hampir ga ngerasain bedanya apa. Beda paling signifikan malah warna di speedometer digitalnya aja yg berubah.
Awal TD yg berasa paling signifikan adalah mobil ini cukup nyaman, lebih nyaman dari mobil2 di rumah yg uda kena tangan jahil ane. Duduk di baris kedua yg paling ane rasakan adalah kalo lewat poldur reboundnya terasa pas, ga mental mentul kayak mobil jepang yg pernah saya coba (well emang saya blm pernah coba mobil jepun sekelas stargeser yg gen sekarang sih, pernah yg gen sebelumnya). Menkeu dan ortu yg ngikut TD cocok dengan karakter peredaman yg seperti ini. Kurangnya memang kalo di jalan yg ga rata, agak sedikit berasa keras. Sebenernya bukan keras sih, tp lebih berasa firm aja.

Coba bawa mobil ini sendiri, kesan yg pertama didapat adalah setirnya terasa berbobot, ga kopong melompong kayak hondo2 sblm turbo. Tp feelnya berasa agak aneh, walaupun berbobot tp saya ga merasakan adanya konektivitas antara stir dan ban yg menapak ke aspal. Gimana ya jelasinnya, agak susah menjabarkan feelnya gmn tp pokoknya ni mobil berasa ga natural aja handlingnya. Yah tp mau ngomongin handling di mobil keluarga ga relevan jg sih.

FITUR
-Fitur smartsensenya cukup lengkap dan akurat, hanya ga ada adaptive cruise control aja, sama lane following assistnya kok ane nyoba sekali dia ga bisa mempertahankan tetep ditengah antara 2 garis putus2 ya. Jadi dia agak ke kiri sedikit tar ke kanan, trus uda condong ke kanan dia ke kiri lg. Jd ga bisa center gitu. Tp ini ane cuman nyoba sekali n macet2an. Mungkin nanti2 ane bakal coba lg di speed yg lebih tinggi.
-6 airbag
-immobilizer
-auto mirror folding saat kita ngexmdekat/menjauh dari mobil.
-blulink. Sedikit komplain mengenai blulink. Kalo input command dari hp (kunci pintu/buka pintu, nyalain mesin) ga langsung jalan. Nunggu ada kali 30 detik-1 menit. Fiturnya jadi ga berguna kecuali kunci hilang/ketinggalan. Ngomong2 soal kunci, karena uda ada blulink jadi remote cuma dikasi 1 dan 1 lg anak kunci aja.

VERDICT
Ni mobil cocok untuk keluarga dengan anak2 yg masih piyiks. Material interior walaupun 90% plastic tapi justru jadi keunggulan kalo menghadapi abuse dari anak2 kecil. Kalo softpad2 atau kulit justru ngeri robek atau dicoret2.

Fitur2 keamanan cukup lengkap, balon udara ada 6. Hasil ujicoba ncap asia dpt bintang 4. Cukup lah untuk mobil yg bakalan jarang banget lewat 100kmh. Crossed-finger aja ga dihajar 2 gajah di tol :ngacir:

Puas ga beli ni mobil? Hmmmm...jujur beli mobil ini agak terburu2. Ga sempet test drive mobil lain jadi agak susah ngomong. Kalo ngomong untuk pribadi sih ga bakalan beli mobil seperti ini karena ane masih berjiwa muda  :big_smoking: :big_slap:
karena Tp kalo pure menilai price to value sih ga nyesel sih.

It's not a beautiful one, but very useful indeed  :big_grin:

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 4:41
by satriakarisma
Wah akhirrnya.
congrats Om.
Semoga ortu tercinta lekas sembuh dan sehat kembali ya

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 5:55
by kendibocor
satriakarisma wrote: Tue Jan 03, 2023 4:41 Wah akhirrnya.
congrats Om.
Semoga ortu tercinta lekas sembuh dan sehat kembali ya
Makasih om, uda lg mulai belajar jalan lagi :mky_01:

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 8:28
by L0b4k
congrats om,
samaan ambil prime 6p 2tone akhir desember kemarin

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 8:39
by ChZ
pertama kali kemaren iseng TD stargejer jg rasa lebih ke kopongnya kayak mobil ada turbo lag nya... bukan kopong yang masih ada isi kayak honda VTEC :big_bored: soalnya begitu dibejeg rasa nariknya kuat banget.

di creta lebih kuat sih, di stargejer masih rasanya agak berat mungkin jg bobot + kayaknya unit TD isi ron90 :mky_06:

package nya ok sih dibanding xpander yang 300 juta gak dapet apa apa airbags cuma 2 pula padahal dibilang lebih refine ya hampir sama naikannya blom inget mitsu punya CVT jatco agak ngeri-ngeri sedep durabilitynya dengan interval ganti cvtf ajaib ala nissan/mitsu :big_bored:

smoga gak kena jackpot drama aftersales hyundai dan inden2 part ga jelas mbah :mky_07: soalnya udah ada yang pesen TPMS aja 2 minggu gegara ban sobek di tol hajar TPMSnya.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 8:41
by wekiweko
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 4:04 Hello warga SM, Untuk ngisi waktu ane coba mau review dikit2 mobil yg kepaksa dibeli ini. Disclaimer: seperti biasa ane reviewer amatiran yg skill menulisnya masih dibawah rata2, jadi kalo ada salah kata, typo, dll ya mohon maaf sebelumnya

BACKGROUND:
Beli mobil ini boleh dibilang karena terpaksa. Awal tahun 2022 sediain budget untuk ganti mobil sebenernya hanya 1, yaitu mobil istri yg ane jg uda review di thread satunya lg (review bercampur curhat karena drama beli mobilnya sukses bikin ane hipertensi).
Kenapa terpaksa? jadi beli mobil ini semata2 hanya gara2 ortu harus operasi, sehingga harus memiliki mobil yg row 2 nya cukup friendly biar nanti bisa bolak-balik ke rs untuk fisioterapi dan rehabilitasi pasca operasi. Nengok ke garasi, lho ni mobil di garasi kok row 2 nya menyedihkan semua :mky_01:
Setelah brainstorming sama menkeu, kesimpulannya ya mau gamau kayaknya harus beli mobil lg. Setelah bobok celengan ayam dan nguras dompet sampe koin 100 perak terakhir, akhirnya diputuskan untuk ambil mobil dengan syarat yg cukup simpel yaitu row kedua luas, captain seat, dan akses keluar masuk mobil mudah.

Beberapa opsi langsung kena coret macem innivi disil kebanggaan warga SM karena tinggi jadi sulit naek turun. Opsi pertama adalah alphard 2nd gen yg welcab. Dlu pas nenek sakit, kebetulan keluarga pernah punya biar mobilitas beliau mudah. Tp uda dijual dari brp tahun lalu. Untuk tahun 2012an masuk budget sih tp kalo dipikir2 lg ambil mobkas pasti akan buang waktu dan biaya untuk perbaikan lg, sedangkan mobil butuh lumayan cepat. Jd opsi ini dicoret.
Opsi kedua sienta welcab, tp kebentur harga yg 400an dan jg kalo ane ga salah dapet info ini spot order. Jadi akhirnya dicoret jg.
Mau buyback fortie vrz ane yg dibeli mertua kok kayak menjilat ludah sendiri dan ga bisa move on ya? (Nggak deng sebenernya karena lebih tinggi lg dari innipi disil :mky_01: )

Mikir2 lg mobil <300jt, baru, row 2 luas, akses mudah, dan captain seat akhirnya mengerucut ke si hyundae stargeser ini.
Begitu bulat keputusan, butuh proses 3 hari sampe spk. Hari pertama nyari unit TD, kebetulan ada di sowrum Hyundae deket rumah, hari kedua berburu diskon, hari ketiga SPK.
SPK akhir nov dapet diskon 25jt dan potongan toped lagi hampir 3 jt. Agak nyesel sih ternyata awal des diskon bisa sampe 32jt blm pengajuan. Tp yawda lah emang rejekinya dapet disc cuma segitu gawsa diambil pusing dan disyukuri aja. 5 hari setelah transfer duid, mobilnya akhirnya dikirim juga. Mobil kebetulan redi stok hampir semua warna. Warna yg dipilih silver biar kalo kotor ga keliatan, trus ga niat dicoating segala macem jadi pilih warna paling gampang dirawat. Lain2 yg didapat dari pembelian ini standar aja, kaca film, apar, dan plat sementara 1 bulan.

EXTERIOR
20230102_161152.jpg
Exterior mau dilihat dari segi manapun, ga ada yg bisa dibilang istimewa. Bagian depan ada positioning lamp (apa drl ya ga gitu perhatiin) yg memanjang dari headlamp kiri ke kanan. Macam wuling Air EV lah. Headlamp pake LED, foglamp gatau led apa bukan

20230102_161143.jpg
Siluet samping biasa aja, next

20230102_161132.jpg
Nah lampu belakang ini mengingatkan ane sama pesawat X-wing (kalo ga salah) yg dipunya rebel alliance di film starwars. Not bad.
Ban pake kumho solus ukuran 205/55/16. Yg bisa ane katakan ya road noisenya cukup baik. Grip? Aquaplanning? Bleh, boro2 ngerasain ginian, orang asal pake ni mobil di tol aja paling jalan 70-80km, maklum bawa orang sakit.

20230102_174702.jpg
Model dashboard bisa diliat sendiri disini. Not bad KECUALI itu housing speedo n HU yg jenong kayak ikan louhan. Tempat penyimpanan? Super banyak. Laci ada 2 (walaupun yg 1 hampir ga guna karena super pendek, paling cuma bisa masuk kunci2 rumah atau kartu. Laci kedua ga gitu gede, tp bisa simpen apar bawaan. Dari console ac penumpang depan sampe housing HU dan stir ada 2 layer bertingkat yg bisa digunakan buat taro hp, dompet, dll. Malah ini yg paling saya demen dari ni mobil.

20230102_160916.jpg
Console tengah ada tuas transmisi yg mirip cheap version dari crv turbo, rem tangan modal otot (real man use his muscle :big_smoking: ), sisanya power outlet 12:, usb slot, dan wireless charging.
HU bawaan interfacenya biasa aja, cenderung terlalu simpel. Tp isinya lengkap, bisa untuk setting blulink, apple carplay wireless. Android auto blm nyoba. Ada ga sih ya?

20230102_160616.jpg
Speedometer digital kualitas gambar biasa, MID dan pengaturan mesin ada disini semua. Yg paling ketara kalo ganti drive mode warnanya berubah2. Tulisan angkanya masih model layar kalkulator.

20230102_174632.jpg
Material seperti doortrim 95% hard plastic, softpad cuma di penyangga tangan di doortrim. Tp hard plastic ini buildnya lumayan solid. Buka tutup pintu doortrimnya ga meleyot2 kedalem saking tuh plastik tipis banget kayak di ciarpih rm saya dlu.

20230102_183225.jpg
Yg bikin kelihatan modern sedikit ya ambient lightnya yg cukup terang dan banyak (sebenernya too much for my liking). Sayang warnanya ga bisa diganti2, hanya biru. Selera saya sendiri mending warna2 yg lebih soft macem orange bmw atau putih sekalian.

20230102_161038.jpg
20230102_160824.jpg
Masuk row kedua, bisa diliat masih cukup besar jarak lutut kaki ke jok depan kalo saya yg duduk (FYI: tinggi saya 173cm).
Oh iya, jok semua uda bahan leatheratte (ini kulit palsu kalo ga salah ya?) Bahannya cukup halus, ga panas. Cuma memang captain seatnya agak keras dan agak sempit kalo saya yg dudukin. Untuk penumpang belakang jg disediakan usb port 2 buah, biar ga berantem. Door trim juga bisa taruh minuman kemasan 1,5 liter diatas, dan dibawah bisa isi 2-3 botol yg 600cc
Di bangku kiri, ada meja yg bisa dilipat. Cukup solid n kokoh.

Row ketiga ane ga fotoin, soalnya ada kursi roda jadi males keluarin. Yg pasti sih ada power outlet 12V juga. Waktu TD sempet masuk row ketiga, seinget ane cukup proper kok untuk 2 orang dewasa. Akses masuk row ketiga ga terlalu sulit, memang kalo dibandingkan dengan alphard, hanya perlu usaha lebih jalan setengah nunduk aja mengingat emang roofnya ga tinggi.

IMPRESI BERKENDARA
Hmmm, ini saya agak bingung mulai darimana. Jujur aja, saya baru 3-4x bawa itu pun macet2an ke rs di daerah semanggi.
Mulai dari FC dulu aja, FC yg didapat sekarang 1:10 pake pertamax. Mobil lewat daerah macet trus dan sering jadi genset. Kelihatannya boros? Tp sebenernya irit kok, saya bawa macet2an wajar masih bisa 1:14. Sekarang dpt segitu kayaknya karena jd genset aja.

Puteran rpm bawah, berasa torsinya kurang banget. Power atasnya ga pernah nyoba jg sih karena seperti yg saya blg sebelumnya, ni mobil ga pernah jalan lewat dari 80kmh. Tp impresi ini agak sulit saya untuk objektif jg soalnya emang kebetulan mobil di rumah 2 merk M yg low rpm torquenya lumayan ngisi dan 1 lg 2000cc turbo dan jg figur tenaga si stargeser diatas kertas aja ga istimewa2 banget. Hanya 115PS, 143 Nm.

Ada 3 driving mode. Eco, normal, sport, sama smart. Jujur ane hampir ga ngerasain bedanya apa. Beda paling signifikan malah warna di speedometer digitalnya aja yg berubah.
Awal TD yg berasa paling signifikan adalah mobil ini cukup nyaman, lebih nyaman dari mobil2 di rumah yg uda kena tangan jahil ane. Duduk di baris kedua yg paling ane rasakan adalah kalo lewat poldur reboundnya terasa pas, ga mental mentul kayak mobil jepang yg pernah saya coba (well emang saya blm pernah coba mobil jepun sekelas stargeser yg gen sekarang sih, pernah yg gen sebelumnya). Menkeu dan ortu yg ngikut TD cocok dengan karakter peredaman yg seperti ini. Kurangnya memang kalo di jalan yg ga rata, agak sedikit berasa keras. Sebenernya bukan keras sih, tp lebih berasa firm aja.

Coba bawa mobil ini sendiri, kesan yg pertama didapat adalah setirnya terasa berbobot, ga kopong melompong kayak hondo2 sblm turbo. Tp feelnya berasa agak aneh, walaupun berbobot tp saya ga merasakan adanya konektivitas antara stir dan ban yg menapak ke aspal. Gimana ya jelasinnya, agak susah menjabarkan feelnya gmn tp pokoknya ni mobil berasa ga natural aja handlingnya. Yah tp mau ngomongin handling di mobil keluarga ga relevan jg sih.

FITUR
-Fitur smartsensenya cukup lengkap dan akurat, hanya ga ada adaptive cruise control aja, sama lane following assistnya kok ane nyoba sekali dia ga bisa mempertahankan tetep ditengah antara 2 garis putus2 ya. Jadi dia agak ke kiri sedikit tar ke kanan, trus uda condong ke kanan dia ke kiri lg. Jd ga bisa center gitu. Tp ini ane cuman nyoba sekali n macet2an. Mungkin nanti2 ane bakal coba lg di speed yg lebih tinggi.
-6 airbag
-immobilizer
-auto mirror folding saat kita ngexmdekat/menjauh dari mobil.
-blulink. Sedikit komplain mengenai blulink. Kalo input command dari hp (kunci pintu/buka pintu, nyalain mesin) ga langsung jalan. Nunggu ada kali 30 detik-1 menit. Fiturnya jadi ga berguna kecuali kunci hilang/ketinggalan. Ngomong2 soal kunci, karena uda ada blulink jadi remote cuma dikasi 1 dan 1 lg anak kunci aja.

VERDICT
Ni mobil cocok untuk keluarga dengan anak2 yg masih piyiks. Material interior walaupun 90% plastic tapi justru jadi keunggulan kalo menghadapi abuse dari anak2 kecil. Kalo softpad2 atau kulit justru ngeri robek atau dicoret2.

Fitur2 keamanan cukup lengkap, balon udara ada 6. Hasil ujicoba ncap asia dpt bintang 4. Cukup lah untuk mobil yg bakalan jarang banget lewat 100kmh. Crossed-finger aja ga dihajar 2 gajah di tol :ngacir:

Puas ga beli ni mobil? Hmmmm...jujur beli mobil ini agak terburu2. Ga sempet test drive mobil lain jadi agak susah ngomong. Kalo ngomong untuk pribadi sih ga bakalan beli mobil seperti ini karena ane masih berjiwa muda  :big_smoking: :big_slap:
karena Tp kalo pure menilai price to value sih ga nyesel sih.

It's not a beautiful one, but very useful indeed  :big_grin:
baca ceritanya um kendibocor bener2 mirip alur cerita bokap beli ini mobil. cari ganti ANKI 2.0 G manual dia karena udah berumur, tadinya mau beli reborn G 2.4 disil tapi ane bilang, sayang duit ngapain beli mahal2 tapi kopong. akhirnya ane bilang aja gpp turun kelas ke LMPV atau LSUV tapi yang ngasih biggest bang for your bucks. BRV, Xpander sama Stargazer masuk shortlist beliau, mengerucut ke BRV sama Stargazer eh tiba2 dia jalan2 ke PIM3 liat Stargazer udah bawa pulang SPK.

sepakat sih sama konklusinya um kendibocor, not a beautiful one but very useful dan gives good value for the money spent on it. lantas mungkin karena lapang dan captain seat, bokap juga jadi lebih sering wara wiri naik ini daripada HRV RV SE nya dia

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 9:39
by kendibocor
wekiweko wrote: Tue Jan 03, 2023 8:41
baca ceritanya um kendibocor bener2 mirip alur cerita bokap beli ini mobil. cari ganti ANKI 2.0 G manual dia karena udah berumur, tadinya mau beli reborn G 2.4 disil tapi ane bilang, sayang duit ngapain beli mahal2 tapi kopong. akhirnya ane bilang aja gpp turun kelas ke LMPV atau LSUV tapi yang ngasih biggest bang for your bucks. BRV, Xpander sama Stargazer masuk shortlist beliau, mengerucut ke BRV sama Stargazer eh tiba2 dia jalan2 ke PIM3 liat Stargazer udah bawa pulang SPK.

sepakat sih sama konklusinya um kendibocor, not a beautiful one but very useful dan gives good value for the money spent on it. lantas mungkin karena lapang dan captain seat, bokap juga jadi lebih sering wara wiri naik ini daripada HRV RV SE nya dia
Lha, bukan ceritanya doang yg mirip om. Tempat ngambilnya juga samaan di PIM 3 :big_weee:
Padahal ane tinggal di jakbar tp dasar hamba disc ya paling gede di PIM3, bela2in deh ke PIM3 sore2 macet2an.
L0b4k wrote: Tue Jan 03, 2023 8:28 congrats om,
samaan ambil prime 6p 2tone akhir desember kemarin
Wah om pasti dpt disc >30jt ya. Masih agak dongkol masalah diskon nih, soalnya ane pelunasan tgl 29 apa 30 nov gitu. Tgl 2 des sales2 yg ane tanyain pd wa semua kasi disc ada yg sampe 32jt :big_slap:
ChZ wrote: Tue Jan 03, 2023 8:39 pertama kali kemaren iseng TD stargejer jg rasa lebih ke kopongnya kayak mobil ada turbo lag nya... bukan kopong yang masih ada isi kayak honda VTEC :big_bored: soalnya begitu dibejeg rasa nariknya kuat banget.

di creta lebih kuat sih, di stargejer masih rasanya agak berat mungkin jg bobot + kayaknya unit TD isi ron90 :mky_06:

package nya ok sih dibanding xpander yang 300 juta gak dapet apa apa airbags cuma 2 pula padahal dibilang lebih refine ya hampir sama naikannya blom inget mitsu punya CVT jatco agak ngeri-ngeri sedep durabilitynya dengan interval ganti cvtf ajaib ala nissan/mitsu :big_bored:

smoga gak kena jackpot drama aftersales hyundai dan inden2 part ga jelas mbah :mky_07: soalnya udah ada yang pesen TPMS aja 2 minggu gegara ban sobek di tol hajar TPMSnya.
Seperti yg ane cerita mbah, ga pernah ngerasain ni tenaga sebenernya. Baru ngegas dikit uda dikeplak kepala ane sama orng belakang :big_slap:
Masalah airbag ini jg concern utama ane sih, skrng sih ane ga akan beli mobil yg "boobs"nya cuman 2 :big_biglaugh:
Drama aftersales ya finger-crossed aja mbah ga terjadi, kalo terjadi ya anggap aja bwat ngerelease stress menghadapi dunia ini dengan marah2 ke orang :big_biglaugh:

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 12:35
by pendoli
Ortu naik-turunnya gampang ngga om ke baris 2?

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 15:04
by kendibocor
pendoli wrote: Tue Jan 03, 2023 12:35 Ortu naik-turunnya gampang ngga om ke baris 2?
Kebetulan ortu abis operasi kaki om, jadi kaki harus lurus trus dan ga boleh napak sebulan. Sejauh ini sih untuk gerakan masuk ke mobil dari berdiri 1 kaki kemudian masuk ke dlm mobil dengan posisi 1 kaki yg operasi harus lurus ga ada masalah om, tp memang kaki yg di operasinya harus ada yg pegangin dari sisi sebaliknya.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 15:41
by darrelund
nice ripiu um.....

semoga cepat sembuh ortunya

jadi rasa berkendara yg di reviewer cukup valid dong ya? nyaman tapi firm

steering mungkin feelnya sengaja di disconnect karena ngejer nyaman

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 18:39
by KielConstantine
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 15:04
pendoli wrote: Tue Jan 03, 2023 12:35 Ortu naik-turunnya gampang ngga om ke baris 2?
Kebetulan ortu abis operasi kaki om, jadi kaki harus lurus trus dan ga boleh napak sebulan. Sejauh ini sih untuk gerakan masuk ke mobil dari berdiri 1 kaki kemudian masuk ke dlm mobil dengan posisi 1 kaki yg operasi harus lurus ga ada masalah om, tp memang kaki yg di operasinya harus ada yg pegangin dari sisi sebaliknya.
Operasi knp om? Dengkulnya ganti plat besi ya? Klo ud mulai tua biasa dengkul pada kena… maklum sparepart seumur idup wkwkwk

Musti cari yg modelan captain seat klo itu emang. Freed/sienta modelan pintu sliding. Atau sekelas inopa ladder masih tolerable sebenernya sehh buat naek turun.. si zenix harusnya lebih gampang ya buat naek turun penumpang 2nd row…

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 23:25
by pendoli
Kemaren jemput ortu pake sedan pada susah juga keluar masuk 😭 biasa mereka kalo pergi2 sama kakak gw tapi dia mau pindah ke luar negeri jadi bakal seringan gw yg jemput ni. Lagi mikir nuker sedan jadi yg lebi gampang buat mereka wkwkwk

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Tue Jan 03, 2023 23:49
by kendibocor
darrelund wrote: Tue Jan 03, 2023 15:41 nice ripiu um.....

semoga cepat sembuh ortunya

jadi rasa berkendara yg di reviewer cukup valid dong ya? nyaman tapi firm

steering mungkin feelnya sengaja di disconnect karena ngejer nyaman
Firm om memang. Kalo turun dari poldur reboundnya ga lebay, tp setting suspensi kayak gini bikin kalo jalan di jalanan yg ga rata misalkan kayak di pik gitu jadi agak kekocok2. Tp masih dlm taraf acceptable sih.
KielConstantine wrote: Tue Jan 03, 2023 18:39
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 15:04
pendoli wrote: Tue Jan 03, 2023 12:35 Ortu naik-turunnya gampang ngga om ke baris 2?
Kebetulan ortu abis operasi kaki om, jadi kaki harus lurus trus dan ga boleh napak sebulan. Sejauh ini sih untuk gerakan masuk ke mobil dari berdiri 1 kaki kemudian masuk ke dlm mobil dengan posisi 1 kaki yg operasi harus lurus ga ada masalah om, tp memang kaki yg di operasinya harus ada yg pegangin dari sisi sebaliknya.
Operasi knp om? Dengkulnya ganti plat besi ya? Klo ud mulai tua biasa dengkul pada kena… maklum sparepart seumur idup wkwkwk

Musti cari yg modelan captain seat klo itu emang. Freed/sienta modelan pintu sliding. Atau sekelas inopa ladder masih tolerable sebenernya sehh buat naek turun.. si zenix harusnya lebih gampang ya buat naek turun penumpang 2nd row…
Nggak om gara2 jatuh, dipasang plat hehehe. Innova ma fortie beda jauh ga sih tingginya? Klo fortie sih 1000% ga bisa :big_biglaugh:
pendoli wrote: Tue Jan 03, 2023 23:25 Kemaren jemput ortu pake sedan pada susah juga keluar masuk 😭 biasa mereka kalo pergi2 sama kakak gw tapi dia mau pindah ke luar negeri jadi bakal seringan gw yg jemput ni. Lagi mikir nuker sedan jadi yg lebi gampang buat mereka wkwkwk
Yg mana yg mo dituker om? Sayang atuh :upss: tp emang kalo ortu susah si naek turun sedan, butuh dengkul yg kuat.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 0:45
by AbdulHakim
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 23:49
Nissan Serena 2017 kyknya masih dapet di bawah 300jt, captain seat, 2nd row lega, sliding door, suspensi nyaman, tapi kyknya lantainya lebih tinggi dibanding Stargezer, jadi akses buat ortu juga ga jadi lebih gampang ya om
Tapi ya jatohnya bukan mobil baru alias seken, dan aftersalesnya saat ini mungkin 11 12 sama H Miring CMIIW

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 1:24
by Montero
Nice reviu om, case hampir sama dengan saya waktu itu butuh mobil buat memudahkan mobilisasi bapak yang kena stroke.

Karena budget ga banyak, pilihan mobil captain seat rentang 120-150jt yang reasonable cuma freed, akhirnya ambil itu. Ternyata captain seat sangat membantu, ditambah power sliding door nya.. Penasaran juga captain seat di stargezer ini se enak apa

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 1:32
by peterming77
KielConstantine wrote: Tue Jan 03, 2023 18:39
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 15:04
pendoli wrote: Tue Jan 03, 2023 12:35 Ortu naik-turunnya gampang ngga om ke baris 2?
Kebetulan ortu abis operasi kaki om, jadi kaki harus lurus trus dan ga boleh napak sebulan. Sejauh ini sih untuk gerakan masuk ke mobil dari berdiri 1 kaki kemudian masuk ke dlm mobil dengan posisi 1 kaki yg operasi harus lurus ga ada masalah om, tp memang kaki yg di operasinya harus ada yg pegangin dari sisi sebaliknya.
Operasi knp om? Dengkulnya ganti plat besi ya? Klo ud mulai tua biasa dengkul pada kena… maklum sparepart seumur idup wkwkwk

Musti cari yg modelan captain seat klo itu emang. Freed/sienta modelan pintu sliding. Atau sekelas inopa ladder masih tolerable sebenernya sehh buat naek turun.. si zenix harusnya lebih gampang ya buat naek turun penumpang 2nd row…
Ngak Gan, Zenix baris kedua sama susahnya utk orang tua, apalagi orang tua + tinggi badan 160an, krn posisi kursi ada di atas rel yang juga diatas lantai, sama aja tinggi kalo dari pijakan tanah. Posisi keluar masuk yg gampang buat orang berumur itu seperti di Veloz dan Stargazer ini, krn napak masuk ke kabin ga perlu panjat2 lagi.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 2:14
by kendibocor
AbdulHakim wrote: Wed Jan 04, 2023 0:45
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 23:49
Nissan Serena 2017 kyknya masih dapet di bawah 300jt, captain seat, 2nd row lega, sliding door, suspensi nyaman, tapi kyknya lantainya lebih tinggi dibanding Stargezer, jadi akses buat ortu juga ga jadi lebih gampang ya om
Tapi ya jatohnya bukan mobil baru alias seken, dan aftersalesnya saat ini mungkin 11 12 sama H Miring CMIIW
Bener om milihnya yg baru aja kemarin, saya kebetulan lg sibuk2nya jg jadi ga ada waktu luang untuk hunting mobkas.
Montero wrote: Wed Jan 04, 2023 1:24 Nice reviu om, case hampir sama dengan saya waktu itu butuh mobil buat memudahkan mobilisasi bapak yang kena stroke.

Karena budget ga banyak, pilihan mobil captain seat rentang 120-150jt yang reasonable cuma freed, akhirnya ambil itu. Ternyata captain seat sangat membantu, ditambah power sliding door nya.. Penasaran juga captain seat di stargezer ini se enak apa
Captain seatnya biasa aja sih om, cenderung malah agak sempit tp ya cukup nyaman kok.
peterming77 wrote: Wed Jan 04, 2023 1:32
Ngak Gan, Zenix baris kedua sama susahnya utk orang tua, apalagi orang tua + tinggi badan 160an, krn posisi kursi ada di atas rel yang juga diatas lantai, sama aja tinggi kalo dari pijakan tanah. Posisi keluar masuk yg gampang buat orang berumur itu seperti di Veloz dan Stargazer ini, krn napak masuk ke kabin ga perlu panjat2 lagi.
Bener om, ini sih dia ga perlu jinjit2 lg, begitu bangun dari kursi roda langsung gerakan duduk aja ke dalam kabin dan kakinya dibantu naik. Pas sih ini ketinggian ya.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 2:15
by Pboyz97
nice review & congrats buat mobil barunya. semoga ortunya bisa pulih kembali seperti sedia kala. mobil ini memang cukup futuristik dari segi desain + fiturnya cukup lengkap, sayang brand imagenya masih blm sekuat brand jepang di Indo menurut saya

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 2:49
by ChZ
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 9:39 Seperti yg ane cerita mbah, ga pernah ngerasain ni tenaga sebenernya. Baru ngegas dikit uda dikeplak kepala ane sama orng belakang :big_slap:
Masalah airbag ini jg concern utama ane sih, skrng sih ane ga akan beli mobil yg "boobs"nya cuman 2 :big_biglaugh:
Drama aftersales ya finger-crossed aja mbah ga terjadi, kalo terjadi ya anggap aja bwat ngerelease stress menghadapi dunia ini dengan marah2 ke orang :big_biglaugh:
begitu ngegas langsung lompat, berasa ugal ugalan ya :mky_03:

wkwkwkw berdoa saja tidak ada [cencored] happens krn kalo ada [cencored] happens lama bener tuh HMID ngurusinnya, ga berubah dari dulu atpm lama :mky_03:
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 15:04
Kebetulan ortu abis operasi kaki om, jadi kaki harus lurus trus dan ga boleh napak sebulan. Sejauh ini sih untuk gerakan masuk ke mobil dari berdiri 1 kaki kemudian masuk ke dlm mobil dengan posisi 1 kaki yg operasi harus lurus ga ada masalah om, tp memang kaki yg di operasinya harus ada yg pegangin dari sisi sebaliknya.
ini kayaknya dia bener bener nyontek Xp dari sisi ergonomi keluar-masuk kabin emang enak banget. lantai gak ketinggian dan jarak lantai ke atap tinggi banget. dah hampir kayak van macem freed/sienta. bokap dulu waktu pertama stroke kita bawa sienta biar gampang, abis itu coba pake Xp ternyata gak terlalu susah. sekarang malah kebiasa pake Xp.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 7:48
by Devidpg
Menurut gw mobil ini best value bgt dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apalagi Desember krmn gw dpt diskon 38jt, hehe

Izin komen bbrp hal ya om:
1. Karakter suspensi yg firm di jalanan rusak & speed trap itu menurut salah satu youtuber banyak krn peranan ban Kumhonya. Beliau ganti ke ban Conti CC6 yg empuk dan menurutnya jadi jauh improve.
2. Drive mode di gw berasa. Kalo di Eco respon gas lelet bgt, begitu ganti ke sport bejek dikit langsung ngacir
3. Dashboard gw wrap hitam skrg jadi mendingan. At least jadi nyaru krn sewarna dengan warna dashboard lainnya
4. Bluelink buat gw kepake buat dua hal, pertama buat manasin mobil kl lagi lama ditinggal, kedua kalo lagi parkir dijemur kita bisa nyalain duluan dari manapun biar pas masuk udah adem
5. Lane keeping assist emg rada ke kiri, ga pas di tengah2 bgt. Tp fitur ini buat gw kepake sih kalo di tol, enak bgt ga mesti sering2 pegang setir

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 7:50
by esaka
Ini mobil yang IMHO, dari kesan pertamanya zelas-zelas meniru gaya dan style dari Espander. Bedanya? Kalau Espander berkarakter tajam dan presisi, maka Stargazer ini berkarakter kalem dan lembut meski jadi terlihat gemuk.
Varian terbawahnya ane cek kemarin kok masuk bajet juga.

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 8:08
by kendibocor
Devidpg wrote: Wed Jan 04, 2023 7:48 Menurut gw mobil ini best value bgt dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apalagi Desember krmn gw dpt diskon 38jt, hehe

Izin komen bbrp hal ya om:
1. Karakter suspensi yg firm di jalanan rusak & speed trap itu menurut salah satu youtuber banyak krn peranan ban Kumhonya. Beliau ganti ke ban Conti CC6 yg empuk dan menurutnya jadi jauh improve.
2. Drive mode di gw berasa. Kalo di Eco respon gas lelet bgt, begitu ganti ke sport bejek dikit langsung ngacir
3. Dashboard gw wrap hitam skrg jadi mendingan. At least jadi nyaru krn sewarna dengan warna dashboard lainnya
4. Bluelink buat gw kepake buat dua hal, pertama buat manasin mobil kl lagi lama ditinggal, kedua kalo lagi parkir dijemur kita bisa nyalain duluan dari manapun biar pas masuk udah adem
5. Lane keeping assist emg rada ke kiri, ga pas di tengah2 bgt. Tp fitur ini buat gw kepake sih kalo di tol, enak bgt ga mesti sering2 pegang setir
Saya pribadi justru demen karakter firmnya om, kalo mental mentul malah ga enak.
Om blulink kalo masukin inout perintah langsung jalan apa nunggu dlu om brp puluh detik? Blulink saya soalnya ga langsung jalan.
Dashboard warna hitam di wrap pake apa om? Liat dong :mky_02:

Btw, soal drive mode saya ga pernah pake eco karena di mode normal aja agak2 belet. Kalo normal ke sport jg ga gitu berasa tp entah ya soalnya ya seperti yg saya blg, saya bawa pelan2 trus

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 11:10
by pendoli
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 23:49
Yg mana yg mo dituker om? Sayang atuh :upss: tp emang kalo ortu susah si naek turun sedan, butuh dengkul yg kuat.
Pasti e39 si yg bisa dituker :big_childish: apa tuker x5 e53 aja ya hahaha

Tapi baca2 stargazer kayanya lumayan yaa buat daily beater. Ada mobil 2 baris yang bangku belakang lebi lega dari stargazer ga ya? Kayanya ga ada yak 🤔 kalo suv ntar malah ketinggian…

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 15:08
by kendibocor
pendoli wrote: Wed Jan 04, 2023 11:10
kendibocor wrote: Tue Jan 03, 2023 23:49
Yg mana yg mo dituker om? Sayang atuh :upss: tp emang kalo ortu susah si naek turun sedan, butuh dengkul yg kuat.
Pasti e39 si yg bisa dituker :big_childish: apa tuker x5 e53 aja ya hahaha

Tapi baca2 stargazer kayanya lumayan yaa buat daily beater. Ada mobil 2 baris yang bangku belakang lebi lega dari stargazer ga ya? Kayanya ga ada yak 🤔 kalo suv ntar malah ketinggian…
Crv RM rasanya aja ga seluas stargezer row 2nya. Kalo yg lebih luas lg ga ada kayaknya. Lexus RX segala ga pernah masuk ane. Oh ada om yg 100% pasti lebih luas dan 2 row doang, lexus LM :ngacir:

Re: Hyundai Stargezer Prime 6P

Posted: Wed Jan 04, 2023 15:18
by papico
Baru pake keluar kota pertama kali, jalan malam, tipe prime 7 seater. Kalo malam, temperatur udah diset 27 (paling tinggi), tetep dingiiiin banget anginnya dan dinginnya menusuk. Bsk pas service 1 mau sy utarakan. Semoga ada solusi. Selama perjalanan tadi sekitar 15 mnt matiin tombol kompresor ac sampe cabin agak hangat, baru dihidupkan lagi kompresor ac nya.

KF bawaan nya gak bagus bagus amat, rencana mo ganti kalo gak 3M crystaline ya solargard black phantom.
Cabinnya terlalu kedap, kalo nutup pintu kurang kenceng, sukanya mantul balik, trus telinga terasa seperti kena tekanan dari luar (beda cerita kalau jendela dibuka sedikit).

Kulit jognya terasa kesat banget, sementara ini ya disemprot lemon pledge dulu, kalo dah keset disemprot lagi 😅

Overall ok stargazer buat pemakaian sehari hari. Lincah dan praktis mnrt saya. Untuk masalah oli, dengan kapasitas filter oli sekecil itu, sy tetap ganti di km 7000an baru per 15rb nanti ambil yang dari dealer atau kalau secara km belum tercapai ya nanti ambil patokan batas waktu service aja. Masih agak kurang percaya ganti oli 15.000 😅

Salam sesama pengguna Stargeser 👍