1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by BADAK »

Baca dr awal amp akhir koq banyak bener neh jajan nya :big_think:
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa :big_dunno:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

BADAK wrote: Thu Oct 26, 2023 3:46 Baca dr awal amp akhir koq banyak bener neh jajan nya :big_think:
Perasaan gua dulu waktu meminang W124 E320 th 93 cuman minor aja jajan nya. Yg paling mahal cuman peremajaan fast moving macam aki, ban ,coil. Padahal waktu survei gua jg gak ada pengalaman sama sekali sama mobil eropa :big_dunno:
ada alasan kenapa disebut shirr repairing plisurr om :mky_03:

kalo ditotal semua peremajaan blom ampe cepetiau sih sama biaya akuisisi mobilnya. masih di range 80-90 juta total (di luar fast moving dan modifikasi ya, kalo ditotal semua ya lebih dari cepetiau pasti). ane karena ngga punya waktu banyak jadi kayak sering ngebengkel padahal biaya ya nggak sebesar itu jg om.

merci temen saya ambil E280 abisnya masih lebih gede dr saya sih. emang konon merci lebih jarang ke bengkel tp sekali ke bengkel lebih mahal, BMW lebih murah tapi lebih sering :ungg: sebelah om @asfur w212nya aja jg lumayan tuh abisnya

keknya ane jarang denger juga main W124 abis banyak om. emg keterlaluan badaknya tuh mobil. di beberapa negara aja jadi taxi kan. makanya banyak yang suka main dan simpen w124 : timeless, ga ribet, part mudah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

Wuittt ada di sebut2 nih....hahahha, iya maen eropa udah beumur mah pasti perlu peremajaanlah, yg penting msh urusan yg ngk aneh2, buat ane sih msh wajar. Atau emang ane yg OCD sama kesempurnaan mobkas yah ngk tau juga yah, yg pasti emang dr dulu gonta ganti mobkas, kalo ada bunyi2 dikit udah ngk betah dan lgs ganti part biar fresh. Yg penting ati puas, kaki2 ngk glodakan. Soalnya kalo ada bunyi kriyet2 aja udah males dengernya [emo-yesno]
Kalo yg ECU sama bunyi nguk2 yg kmrn solve sih dugaan ane krn ane salah pake montir :big_biglaugh: :big_biglaugh: , gara2 mau nyantai, jadi panggil home service montir eks bengkel resmi mercy, tp yah ngk apa2 toh udah buruan ane antisipasi kan sblm menjadi parah, dan skrg ngk berani lagi panggil montir home service deh.
Mending capean dikit ke bengkel tp toolsnya lbh menunjang dan mobil bisa naik pake lift jadi kerjanya kan jg lbh sip.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motuba [emo-yesno] dititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih :mky_07: BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih. :big_okay: :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Asfur wrote: Thu Oct 26, 2023 9:48 Wuittt ada di sebut2 nih....hahahha, iya maen eropa udah beumur mah pasti perlu peremajaanlah, yg penting msh urusan yg ngk aneh2, buat ane sih msh wajar. Atau emang ane yg OCD sama kesempurnaan mobkas yah ngk tau juga yah, yg pasti emang dr dulu gonta ganti mobkas, kalo ada bunyi2 dikit udah ngk betah dan lgs ganti part biar fresh. Yg penting ati puas, kaki2 ngk glodakan. Soalnya kalo ada bunyi kriyet2 aja udah males dengernya [emo-yesno]
Kalo yg ECU sama bunyi nguk2 yg kmrn solve sih dugaan ane krn ane salah pake montir :big_biglaugh: :big_biglaugh: , gara2 mau nyantai, jadi panggil home service montir eks bengkel resmi mercy, tp yah ngk apa2 toh udah buruan ane antisipasi kan sblm menjadi parah, dan skrg ngk berani lagi panggil montir home service deh.
Mending capean dikit ke bengkel tp toolsnya lbh menunjang dan mobil bisa naik pake lift jadi kerjanya kan jg lbh sip.
Tp ngeberesinnya emang bikin kepuasan tersendiri om. Udah gitu karena kualitas barangnya dari orok emang joss, kadang rusakpun masih enak. Abis dibenerin jadi huwenakkk tenan :big_biglaugh:

Kadang jg mikir ke bengkel terus selain emang hobi itung2 nambah ilmu jadi sering ngobrol sama sesama owner dan mekanik. Nambah temen dan koneksi juga :big_grin:

Selama rusaknya gak bikin pusing kepala aja. Hampir semua kerusakan sifatnya wear n tear yg blom ane beresin dari beli sih dan bisa dicicil nggak hrs saat itu juga :big_biglaugh: fokus nya malah bagusin tampilan mobilnya dulu biar semangat beresinnya. Dipikir2 biaya setelah ane kalkulasi gak mahal walau kayaknya sering banget ke bengkel.
Last edited by ChZ on Thu Oct 26, 2023 23:45, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Asfur wrote: Thu Oct 26, 2023 10:00 Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motuba [emo-yesno] dititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih :mky_07: BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih. :big_okay: :big_okay:
Kmrn liat video bagus banget om... Senior dunia per BMW an bilang

Kalo loe dapet BMW harga di bawah pasar, ya sisanya itu biaya perbaikannya.

Mungkin itu boxer jg sama om 30jt tp biaya beresinnya 40jt :mky_07: atau ya minim2 20jt kan pasaran boxer di 50-60 kondisi nggak istimewa
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

Asfur wrote: Thu Oct 26, 2023 10:00 Oh iya speaking of W124, bbrp bulan lalu ane dipinjemin nih mobil E220 lupa taon brp sempet pake 2 mingguan, emang sih mobil nya jalan, ditawarin udah elu bayarin aja nih mobil wkwkwkw. Jadi nie mobil sblmnya dipake temen boss, trus dibayarin ke temen ane (sekantor) berhubung dia takut bawa pulang krn diomelin bini beli motuba [emo-yesno] dititiplah di kantor ane (krn ini circlenya msh temen boss ane juga) jadi diijinin, maka itu dia bilang udah elu bawa aja tuh mobil, kali elu suka elu bayarin aja tuh :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Krn kalo nih mobil ditangan ane, bakal ane full refresh itu kaki2 udah kagak betah, ngk enak bener, tarikan berat, matiknya agak nyendak, ngeremnya kerassss, krei mati, vakum headrest blkg rusak, lampu kayak petromak, kap mesin tutupnya agak ngk rapet atasnya (walopun katanya ini lazm di boxer), cat udah ngk klimis. Yah ditangan 2 org itu fine2 aja, tp suruh ane bayar 30 jt jg males sih :mky_07: BTW, mobilnya dulu dibeli sm temen boss 100 jt, dibeli temennya yg minjemin ane 70 jt, udah ditawar 60 jt sama penggemar mercy yg ketemu di bengkel, tp kagak mau dijual, maunya 70 up krn cari margin
Prinsip ane, tiap org yg suka maen mobkas itu pasti ada preferensi tersendiri atas kendaraannya, ada yg bisa terima apa adanya, ada yg suka di refresh, ujung2nya yg penting mau nge refresh kek, ngk mau refresh kek, yg penting puas itu aja sih. :big_okay: :big_okay:
E220 ya bukan 220E, kalo 220E body boxer lama lucu tuh
W124 beneran mbl hobby sih sekarang. sy jg mungkin lg males tahap restore mobil apa lg model nanggung kaya W124 ya, kecuali klasik mungkin lebih seru.

sempet beberapa kali ketemu pelanggan di bengkel, ujung2nya malah beli mbl nya. dl pernah beli mercy mini W115 tahun 71, full US cuma 25 juta hahaha, rapih 25 juta juga, jual 80 jt. sekarang kl dijual bisa tembus 150 padahal..
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Akibat bosen dengan tampilan terakhir... Browsing tokoijo cari velg dgn offset kecil. Selain karena gatel juga ngeliat looks mobil kayak kurang greng.

Eh ketemu velg yang lama dicari cari speknya juga pas.

JF luxury alpina softline 18x8.5-9.5 ET13-18. Harga juga oke jadi sikat lah. Enak gak usah pake adaptor / spacer. spek dobel PCD 5x120-114
IMG-20231229-WA0002.jpg
Nyampe barang liat spek center bore ... 73.1 :big_bored: daripada pusing ya udahlah bubut center bore dulu biar masuk. karena pengalaman dgn bengkel ban terakhir kurang menyenangkan jadi ane bawa ke ahlinya perpelekan di smg deh : Arvia MT Haryono.

Memuaskan dan ngga banyak drama :big_okay:

Dan voila jadilah
IMG20240106134508.jpg
IMG20240106134555.jpg
sekilas larinya juga lebih enteng. kayaknya bobot spacer nya cukup lumayan jadi sekarang ringan banget.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

cakep om, tinggal beliin dop alpina yang model pake kunci beneran, biar kaya ori xixixi
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
AndImJames
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu May 26, 2022 4:47
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by AndImJames »

Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah.. :big_exellent: Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Tue Jan 09, 2024 4:01 cakep om, tinggal beliin dop alpina yang model pake kunci beneran, biar kaya ori xixixi
itu dop ama velgnya kayaknya mahal dopnya om :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

AndImJames wrote: Tue Jan 09, 2024 4:48 Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah.. :big_exellent: Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
kalo reference nya ini harusnya ducktail/spoiler om :ungg:

Image

sama galau mau lowering tapi jalanan ga bersahabat wakakkaka
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Habis modif terbitlah ke bengkel. Wakakakk.

Jadi sore sore pas pake mendadak kok curiga yah ada cairan ijo di bawah mobil. Dikit sih, tapi tetep aja bikin was was. Definitely coolant. Ane coba coba nyalain matiin bbrp kali, kalo mesin nyala dia gak netes. Netesnya sekitar 5-10 menit sejak mesin dimatiin.

Fingers crossed tanya mekanik andalan ane mas kipu dan anak2 komunitas kesimpulan mengerucut ke 1 hal : radiatornya harus ganti :big_childish:

Ya udah pagi pagi deh langsung bawa untuk cek dan bener radiator kondisi udah berkarat. Coolant rembes dari sela selanya.

Lumayanlah belum parah, perjalanan sekitar 10 kilometer masih survive tanpa kendala.
IMG20240113134159.jpg
IMG-20240113-WA0003.jpg
IMG-20240113-WA0004.jpg
Dan selang 2 hari radiator baru pun terpasang. Merk nissens. 3.4juta + ongkos 350rebu.
IMG20240115141556.jpg
pas beberapa waktu lalu ane kok ya baru galau urusan radiator beli cap 140 kPa (nurut arahan suhu quora om federico timothy) eh radiatornya malah minta ganti sekalian. ya udah itu cap 140 kPa sekalian dipasang. research di internet juga banyak yang saranin kalo udah tua enak pake 140 kPa aja biar nggak terlalu beban ke selang2.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ExorT »

ChZ wrote: Wed Jan 17, 2024 2:56 Habis modif terbitlah ke bengkel. Wakakakk.

Jadi sore sore pas pake mendadak kok curiga yah ada cairan ijo di bawah mobil. Dikit sih, tapi tetep aja bikin was was. Definitely coolant. Ane coba coba nyalain matiin bbrp kali, kalo mesin nyala dia gak netes. Netesnya sekitar 5-10 menit sejak mesin dimatiin.

Fingers crossed tanya mekanik andalan ane mas kipu dan anak2 komunitas kesimpulan mengerucut ke 1 hal : radiatornya harus ganti :big_childish:

Ya udah pagi pagi deh langsung bawa untuk cek dan bener radiator kondisi udah berkarat. Coolant rembes dari sela selanya.

Lumayanlah belum parah, perjalanan sekitar 10 kilometer masih survive tanpa kendala.

IMG20240113134159.jpg

IMG-20240113-WA0003.jpg

IMG-20240113-WA0004.jpg

Dan selang 2 hari radiator baru pun terpasang. Merk nissens. 3.4juta + ongkos 350rebu.

IMG20240115141556.jpg

pas beberapa waktu lalu ane kok ya baru galau urusan radiator beli cap 140 kPa (nurut arahan suhu quora om federico timothy) eh radiatornya malah minta ganti sekalian. ya udah itu cap 140 kPa sekalian dipasang. research di internet juga banyak yang saranin kalo udah tua enak pake 140 kPa aja biar nggak terlalu beban ke selang2.
Selang2nya kapan terakhir ganti om? Biasanya abis radiator, selang2 yang nyambung ke radiatornya yang mesti di replace :upss:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

ChZ wrote: Tue Jan 09, 2024 7:39
AndImJames wrote: Tue Jan 09, 2024 4:48 Beuhhh emang velg Alpina ga pernah salah.. :big_exellent: Udah jadi replica alpina e39 belom sih ini? Kan lip udah, apalagi ya?
kalo reference nya ini harusnya ducktail/spoiler om :ungg:

Image

sama galau mau lowering tapi jalanan ga bersahabat wakakkaka
kl jalanan nya ga aneh2 sih ceperin aja om, pake lowering kit eibach, kalo h&r terlalu drop ambles. cm kerenan pake h&r secara tampilan. eibach msh sisa 2 jari paling tp ttp empuk.

f10 ane di jaksel si aman, pake h&r depan belakang sisa masuk sekelingking jari.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

ExorT wrote: Wed Jan 17, 2024 5:28
Selang2nya kapan terakhir ganti om? Biasanya abis radiator, selang2 yang nyambung ke radiatornya yang mesti di replace :upss:
nah itu om... ane blom tanya owner lamanya wakakkak tp kalo radiatornya sendiri udah 8 taun lalu. klo waterpump dan thermostat masih baru banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Wed Jan 17, 2024 5:58 kl jalanan nya ga aneh2 sih ceperin aja om, pake lowering kit eibach, kalo h&r terlalu drop ambles. cm kerenan pake h&r secara tampilan. eibach msh sisa 2 jari paling tp ttp empuk.

f10 ane di jaksel si aman, pake h&r depan belakang sisa masuk sekelingking jari.
iya om, ini biar ga trlalu banyak pengeluaran gegara insiden radiator jadi musti nunda dulu deh khilaf lowering kitnya :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by pengendiesel »

Ternyata pelihara bmw seru banget yah.....asal cuma sebatas baca di forum doang :big_biglaugh:

Velgnya wapik pol mbah, berasa nostalgia ke thn 90-2000an,jamannya sedan2 super cool
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Wed Jan 17, 2024 9:47 Ternyata pelihara bmw seru banget yah.....asal cuma sebatas baca di forum doang :big_biglaugh:

Velgnya wapik pol mbah, berasa nostalgia ke thn 90-2000an,jamannya sedan2 super cool
Bener mbah. Tp mayanlah e39 itungannya masih durable rusak2 mayoritas karena umur jg. Part affordable dan gampang mekanik hapal di luar kepala.

Makanya ane modip2 biar makin semangat ada motivasi ngurusinnya :big_biglaugh:

Zaman2 ini emang tuner BMW pada kek kacang goreng mbah. Dari alpina acs hartge hamann dll. Makanya single tuner ni kesannya 90s- early 00s banget. Velg jaman2 ini harganya mayan ke up euy.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
joedhie2k
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Nov 16, 2010 6:23

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by joedhie2k »

oom ChZ, sejak ambil mbl pernah ngoprek mesin supaya balik ke 190 dk lg?
br ambil 528 jg ni, salah satunya terinspirasi trit ini
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

joedhie2k wrote: Wed Jan 31, 2024 3:26 oom ChZ, sejak ambil mbl pernah ngoprek mesin supaya balik ke 190 dk lg?
br ambil 528 jg ni, salah satunya terinspirasi trit ini
ane blum pernah otak atik mesin sih om. cuma kalo 0-100 nya masih sesuai klaim 8.8s pabrikan. jd kayaknya kudanya blom banyak berkurang :mky_01: mgkn kalo top speed baru ketauan tp lari 160 ke atas jg masih enteng :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by pendoli »

joedhie2k wrote: Wed Jan 31, 2024 3:26 oom ChZ, sejak ambil mbl pernah ngoprek mesin supaya balik ke 190 dk lg?
br ambil 528 jg ni, salah satunya terinspirasi trit ini
Wah kecebur ke sheer repairing pleasure juga ni om hehehe
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
joedhie2k
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Nov 16, 2010 6:23

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by joedhie2k »

pendoli wrote: Wed Jan 31, 2024 7:36
joedhie2k wrote: Wed Jan 31, 2024 3:26 oom ChZ, sejak ambil mbl pernah ngoprek mesin supaya balik ke 190 dk lg?
br ambil 528 jg ni, salah satunya terinspirasi trit ini
Wah kecebur ke sheer repairing pleasure juga ni om hehehe
drpd dicari masalah mending nyari duluan wkwkwk
tp emg pas beli lgsg ganti macem2 kyk suspensi, thermostat, n macem2 perkaretan.. faktor umur jg
abis itu dipake macet2an commute gambir-bekasi aman2 aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

joedhie2k wrote: Thu Feb 01, 2024 1:34
drpd dicari masalah mending nyari duluan wkwkwk
tp emg pas beli lgsg ganti macem2 kyk suspensi, thermostat, n macem2 perkaretan.. faktor umur jg
abis itu dipake macet2an commute gambir-bekasi aman2 aja
cakep, yang penting enak dipakenya om :upss: mayan sering ke bengkel kan nambah temen jg :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by detektifkonan »

Holaaa oom Chz numpang mejeng dan nimbrung yak, kita mutualan di Instagram dan beberapa kali diskusi soal maintenance E39 :mky_01:

Image

tipenya sama dengan oom TS : E39 Aspen Silver 528i 1998
usia pemakaian ni mobil beda2 dikit sama oom TS beda sebulan 2 bulan doang :big_biglaugh:

mau sharing dikit keluh kesah pemakaian 1 tahun terakhir dan upgrade kecil2an :

- awal beli pakai OEM nya size Ring 15, super duper nyaman buat dalam kota & luar kota, bahkan MBZ bener2 kaya karpet terbang kalo udah 120 keatas :big_biglaugh: :big_biglaugh:. Velg OEM ini pake lumayan lama sekitar 7 bulan pertama, bahkan dibawa roadtrip sampe ke Jogja nyaman poll :big_exellent:

- ngerasa bosen pake Velg OEM karena ni mobil susah banget nyari velg PNP nya dan dipaksa bersahabat dengan Adaptor dan Spacer akhirnya angkut BBS LM Ring 19 ET 35 dari daerah Jatim sana.Karena ET bawaan nya kecil di ET 20 akhirnya saya beli adaptor 30mm di tokoijo (biasa kaum mendang mending cari yg murah aja 1 juta untuk 4 pcs :big_grin: )

- untuk Audio sebenernya E39 ini udah cukup enak, secara spek sudah tersedia 10 Speaker di Mobil ini. 3 di masing2 pintu depan, 1 Tweeter di masing2 pintu belakang, dan 2 speaker di bawah kaca belakang. itu kalo FULL SPEK :big_biglaugh: utk 528i yg masuk resmi hanya ada 6 Speaker, Middle di masing2 pintu depan hanya pajangan saja alias kopong gak ada isi, begitu juga dengan tweeter di pintu belakang :big_biglaugh:
akhirnya modal nekat dan berani memberanikan diri untuk DIY mods 3 Way di pintu depan, ukuran speaker untuk Middle di sebelah kisi AC 1.75 inch, ane beli seharga 50rb dgn tipikal speaker full range. supaya freq nya gak tabrakan satu sama lain dipakaikan crossover passive 3 way harga 75rb dari tokoijo :big_grin:

hasil upgrade bisa diliat di video dibawah barangkali ada temen2 user E39 yang mau juga :




- untuk sektor perlampuan sebenernya jadi salah satu momok buat para pengguna motuba, ada yang bulbnya udah redup, kebanyakan reflektornya yang udah gosong dimakan umur. case gini kejadian juga di ane setelah berkutat ganti bohlam halogen nya ke LED CSP mulai dari 30W terus kurang puas ganti lagi ke 55W ternyata nambah terang nya gak efektif. akhirnya ane bongkar dan bener aja kondisi reflektor sekitaran lobang lampu udah gosong hitam2 gitu :mky_04: :mky_04:
setelah pertimbangan daripada ganti reflektor yang biayanya lumayan akhirnya nyoba teknologi terkini : pasang Biled Projector. mulanya hanya pasang seperti bawaan OEM nya, hanya 1 set di kiri dan kanan dgn ukuran sedikit lebih besar yang ukuran 3 Inch. lagi2 semua dikerjakan DIY (luckily PNP :big_biglaugh:) dan untuk produk bilednya seharga 750.000 untuk 1 Set, untuk slot lampu high beam masih bawaan hanya bohlam diganti pakai LED.

setelah pemakaian 1 bulanan rasa rasanya kok kurang terang apalagi dibanding diesel2 lampu ala2 RGB yang terang nya gokil karena Mini Laser nya itu :ungg: akhirnya memberanikan diri untuk pasang lagi di slot highbeam. jadi total ada 2 Set di kiri dan kanan :upss:. Total konsumsi daya untuk Low Beam nyala bersamaan 4-4 nya di 200W, high beam di 300W. sofar untuk settingan ini sudah cukup puas sih, luar kotaan sangat capable buat ngedim sampe spion truk :upss: :upss: :upss:
total cost nya untuk upgrade perlampuan ini masih masuk budget mahasiswa lah sekitar 1.5- 1.75 juta :big_weee:

First run karena DIY masih agak berantakan cutoff-nya :



Test Pass Beam :




untuk maintenance setahun ini belum ada yang aneh2 sih, gasalah kalo M52 ini masuk kategori enjin BADAK versi keluarga BMW tapi yak :mky_07: , sofar sih cuman ganti filter oli,udara dan bensin di awal beli, selang rem pecah di jalan akibatnya mundur sampe nabrak Ayla bemper nya doi remuk :big_bored: sama overheat 1x perkara extrafan jebol, dibawa ke asam reges diservice gulung ulang & ganti arang total cost 350rb sudah kayak baru lagi (IMO better than kampakan yg gatau umurnya). sisanya? isi bensin ganti oli jreng :big_exellent:

waktu awal beli di 172.000 KM sekarang sudah masuk 191.000, pemakaian mobil daily di bandung buat ngampus & wara wiri, 1x roadtrip ke Yogyakarta, PP Jakarta - Bandung sebulan minimal 1x. soal konsumsi bensin dalam kota macet bandung bisa 1:6-7, Luar kota JKT-BDG 1:11-12, BDG-JKT 1:13-14, Luar Kota Full Tol Cipali 1:12-13 agak boros karena lari di 120-150 (best nya cruising di 100-120)

sekedar info persiapan masuk KM 200.000 harus makan indomie neh tiap hari :big_bored: , mau ganti full semua cairan, overhaul matic yg udah ada gejala jedug, kaki2 belakang yang udah ada bunyi ngikngik, sensor TD atas bawah udah harus aware drpd mogok dijalan, fuelpump juga udah harus peremajaan, sekalian full tuneup kalo bisa sih turun setengah biar fresh, perkiraan budget di 25-30 :big_slap:

kayanya segitu dulu sharingnya, btw oom TS nanti bulan 8 ane ada rencana mau Road Trip ke Bali kitee kopdar yuuukk :big_smoking: :big_smoking:
Sheer Driving Pleasure

Now :
E39 M52B28 "98 > Perfect Balance
E36 M40B18 "93 > Mesin Jait

Past :
E34 M60B30 "95 > V8 Powah :big_love: