Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by inrandomthoughts »

Clonz wrote: Thu Nov 09, 2023 0:32
inrandomthoughts wrote:
avantgardebronze wrote: Tue Oct 31, 2023 9:53

Pasang nya di Andala om, di Radio Dalam..
Om, ini kemarin beli di tokped bawa ke andala atau mereka udah ready kita tinggal bilang aja? Menarik nih om.

Btw 2GD-2022 saya lg kepikiran ganti shock antara tokico atau profender oem nih. Masih galau setelah bbrp review disini.

Kemudian ada yg pakai per eibach ngga ya? Kira2 turun brp cm dibanding per bawaan?
Eibach om20220831_153150.jpg
Wah thank you om fotonya.. skrg gerobak ane pake R18 235/50
Pengen ga terlalu turun GC karena sering dipake blusukan juga. Hahaha. Sepertinya akan coba ganti shock dl, setelah itu baru ganti per. Gpp deh kena ongkos bongkar pasang 2x. Pengen tau perbedaan impact dr masing2 ke bantingan.
E74821E7-B6EB-49A6-B22C-8BB79A1558FD.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @inrandomthoughts
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by gwsecretc »

inrandomthoughts wrote: Wed Nov 08, 2023 22:59
Om, ini kemarin beli di tokped bawa ke andala atau mereka udah ready kita tinggal bilang aja? Menarik nih om.

Btw 2GD-2022 saya lg kepikiran ganti shock antara tokico atau profender oem nih. Masih galau setelah bbrp review disini.

Kemudian ada yg pakai per eibach ngga ya? Kira2 turun brp cm dibanding per bawaan?
Anki 2gd ane pakai tokico thai + per bawaan so far so good. Terasa lebih keras dibanding bawaan, namun masih dalam batas toleransi + bonus mobil lebih stabil dibanding shock bawaan.

Oh ya ane lihat sekarang di toped suda ada yg jual shock tokico black oem part number khusus anki reborn bukan buat inova lama..

Dan ada juga yang jual tokico alpha plus buat gnki+anki. Mungkin di mari kalo ada yang sudah pake boleh dishare impresinya gimana
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

inrandomthoughts wrote: Wed Nov 08, 2023 22:59
avantgardebronze wrote: Tue Oct 31, 2023 9:53
piggypig77 wrote: Tue Oct 31, 2023 2:25

Om boleh info pasang di bengkel mana? Rencana mau pasang stopper di as shockbreaker juga buat fortuner 2022
Pasang nya di Andala om, di Radio Dalam..
Om, ini kemarin beli di tokped bawa ke andala atau mereka udah ready kita tinggal bilang aja? Menarik nih om.

Btw 2GD-2022 saya lg kepikiran ganti shock antara tokico atau profender oem nih. Masih galau setelah bbrp review disini.

Kemudian ada yg pakai per eibach ngga ya? Kira2 turun brp cm dibanding per bawaan?


Ya Om.. Beli barang nya di tokped.. Di andala cuman jasa pasangin barang aja.. Sekalian spooring..
bagusokasurya
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Dec 10, 2020 13:20
Location: Bali
Daily Vehicle: 2008 Innova Gasoline Manual

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by bagusokasurya »

well wrote: Mon Nov 06, 2023 5:38
bagusokasurya wrote: Sat Nov 04, 2023 13:34 IMG20231104110648.jpg

IMG20231104110745.jpg

Halo temen-temen serayamotor, ini saya mau review dikit soal shockbreaker Profender OEM series yang saya pasang di Innova kesayangan saya.

Simpelnya dengan muatan 5 orang + koper lebih dari 8 buah, menghasilkan shockbreaker ini nyaman dan enak digunakan. Kekurangan sedikitnya mungkin sedikit lebih keras di jalan aspal (kalau udah biasa shockbreaker original) karena penggunaan nya bisa untuk off-road dan on road. Dengan banderol 2,1 juta per satu set + ongkos pasang dengan spooring 500 ribu sih saya rasa worth it sih pake shockbreaker merk ini.
mungkin setelah 1500 kilometer bisa di review lagi om.
biasanya shock masih baru masih inreyen, cenderung masih lbh keras.
Terima kasih
Baik om, soalnya baru tanggal 27 kemarin ganti, bentar saya review ya, soalnya udah 1000 km wkwkwk
Totobee
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 31, 2023 1:34

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Totobee »

avantgardebronze wrote: Thu Nov 09, 2023 12:28
inrandomthoughts wrote: Wed Nov 08, 2023 22:59
avantgardebronze wrote: Tue Oct 31, 2023 9:53

Pasang nya di Andala om, di Radio Dalam..
Om, ini kemarin beli di tokped bawa ke andala atau mereka udah ready kita tinggal bilang aja? Menarik nih om.

Btw 2GD-2022 saya lg kepikiran ganti shock antara tokico atau profender oem nih. Masih galau setelah bbrp review disini.

Kemudian ada yg pakai per eibach ngga ya? Kira2 turun brp cm dibanding per bawaan?


Ya Om.. Beli barang nya di tokped.. Di andala cuman jasa pasangin barang aja.. Sekalian spooring..
Om mau tanya juga mendingan pake per keong W123 atau W124 (ORI) secara barang nya langka semua jdi hoki" an dpt nya yang mana

Trus ada beda nga per W123 & W124
Denger" W124 lebih pendek dibanding W123 dalam kondisi Std
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by tesna »

klo coilover ada yang udah pernah coba belom di 2GD? mobil saya yg lain pake coilover enak.. (tp ini sedan...) jadi kepikiran innova mau dijejelin coilover juga.

sekarang di 2GD pake tokico thai depan belakang + eibach no potong2 + ban 235/50/18. ini setup udah stabil bgt, tapi sebenernya karena ngerasain adjustable coilover kayaknya enak jg klo bisa disetel diempukin buat harian dan dikerasin klo buat kluar kota......

tapi ya cek dl testimoni dari yang pernah pake, apa ladderframe susah mau dibikin enak + stabil wkwkwkwkwk
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by esaka »

bagusokasurya wrote: Sat Nov 04, 2023 13:34 IMG20231104110648.jpg

IMG20231104110745.jpg

Halo temen-temen serayamotor, ini saya mau review dikit soal shockbreaker Profender OEM series yang saya pasang di Innova kesayangan saya.

Simpelnya dengan muatan 5 orang + koper lebih dari 8 buah, menghasilkan shockbreaker ini nyaman dan enak digunakan. Kekurangan sedikitnya mungkin sedikit lebih keras di jalan aspal (kalau udah biasa shockbreaker original) karena penggunaan nya bisa untuk off-road dan on road. Dengan banderol 2,1 juta per satu set + ongkos pasang dengan spooring 500 ribu sih saya rasa worth it sih pake shockbreaker merk ini.
Gimana kagak keras, 4 shock breaker baru dipake langsung semuanya,
Kalau dari testimoninya sampean, Profender OEM untuk ban belakang sepertinya memang dibuat keras dari settingan pabrik untuk antisipasi heavy-load di jalanan busuk. (namanya juga shock OEM yang sifatnya jack-of-all-trades).
Di gw karena cuma pakai depan, nggak terasa kerasnya di saya, dan nggak jedug-jedug juga.
Rumah ane banyak off-road dan jalan busuknya, jadi ya ane rasa cocok. :big_biglaugh:
yang jelas sih lebih stabil daripada shock ori bawaan yg emang udah sangat berumur.
kalau stikernya dilepas tuh mirip shock asli habis dipoles ke tukang cuci.
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Totobee wrote: Sun Dec 10, 2023 8:54
avantgardebronze wrote: Thu Nov 09, 2023 12:28
inrandomthoughts wrote: Wed Nov 08, 2023 22:59

Om, ini kemarin beli di tokped bawa ke andala atau mereka udah ready kita tinggal bilang aja? Menarik nih om.

Btw 2GD-2022 saya lg kepikiran ganti shock antara tokico atau profender oem nih. Masih galau setelah bbrp review disini.

Kemudian ada yg pakai per eibach ngga ya? Kira2 turun brp cm dibanding per bawaan?


Ya Om.. Beli barang nya di tokped.. Di andala cuman jasa pasangin barang aja.. Sekalian spooring..
Om mau tanya juga mendingan pake per keong W123 atau W124 (ORI) secara barang nya langka semua jdi hoki" an dpt nya yang mana

Trus ada beda nga per W123 & W124
Denger" W124 lebih pendek dibanding W123 dalam kondisi Std




Coba liat beda kerapatan ulir sama ketebalan ulir nya aja Om.. Kalo sama, sikat aja kalo memang lebih pendek yg w124,, jadi ga perlu potong2 per lagi.. Hehe
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Vai0907 »

avantgardebronze wrote: Wed Feb 15, 2023 4:02 ImageSalam modifikasi untuk para penghobi icip icip,
Kali ini momod mau sharing pengalaman momod gonta ganti shockbreaker selama miara kijang innova dari first gen sampai reborn.

1. 2KD-G 2007
2. 2GD-Q 2015
3. 2KD-V 2015

Yang paling bertahan lama dan paling betah di keluarga ya si 2KD. Dengan segala ke simple-an nya, 2KD tetep primadona di keluarga. Beda dengan si 2GD yang bertahan cuman 3 tahun. Kenapa bisa gitu?, yaa udah banyak dibahas ya di topic & threats SerayaMotor yang lain soal Innova Reborn. Jadi gak perlu diceritain ulang di threats ini.




Okey, back to topic. Untuk kategori shockbreaker settingan ane, ane lebih suka yang nyaman dan gak berasa digebrak gebrak badan kita. Nah it means kategori shock sport / kompetisi gak termasuk ya guys. Tapi, nyaman kategori ane sedikit nge-jelimet. Gimana cara settingan suspensi nyaman itu tidak nose dive, tidak limbung, diajak speeding up to 160 bawa penumpang full di "Trans-Jabahn" juga tetep enjoy gak ada komplain dari penumpang.

Jadi keputusan nya; 'okay kita eksperimen test berbagai macam shock breaker, resiko nya banyak buang uang untuk gonta ganti shock beserta ongkos pasang dan spooring'. Yes, I spend a lot of money for that [cencored].

Kita bahas one by one berbagai merek shock aftermarket yang beredar / pernah beredar di indo ataupun ecommerce indo, yang sudah ane beli dan rasakan sendiri (bukan gratisan, apalagi endorsan. Phhuiiih :big_weee: )



1. Kayaba Exel - G (pre 2012); Shock ini berasa lumayan keras waktu awal2 pakai.. Setelah beberapa bulan pakai (masa inreyen), ya makin keras sih :big_biglaugh: . Mobil berasa bener2 rigid, walaupun udah full load tetep berasa banget rebound back nya. Penumpang gak nyaman kaget2an kalo lewat jalan keriting / minihole. Pas diajak speeding masih berasa kurang nurut manuvernya, karena dulu pre 2015 belum ada tol transjabahn paling mentok ya jagorawi

2. Monroe - front (made in India & made in thailand), ane beli 2-2 nya. Yang made in Thailand warna shock warna item, dus warna biru. Yang made in India shock warna kuning, dus warna putih hijau. ini dua dua nya barang lama. Dipasang di 2KD first gen sama reborn. Feel nya ambyar. gak enak sama sekali. Lebih parah dari Exel -G. gak ada nyaman dan enak nya sama sekali :big_peace:

3. Kayaba Premium; ya ini lebih better daripada shock ori sih. Ngayun nya tetep ada, limbung nya tetep ada. Tapi feel nya lebih tetep sedikit agak enak daripada ori.

4. Kayaba Ultra; wah ini sih cocok nya buat mobil barang aja deh :big_biglaugh: ,, kalo buat mobil yang sering full load tanpa bawa penumpang alis cuman angkut2 barang, ini cocok banget.

5. Monroe OESpectrum (made in China); hmm, kalau menurut ane ini shock cocok nya buat yang suka jalan pelan, gak pernah ngebut (driving max 60kph). Alias alon alon asal kelakuan. Eh, kelakon. Trus lebih sering solo-driving. kalau buat ane, ini shock lebih parah limbung dan empuk nya dibanding shock ORI nya mobil.

6. Kayaba New SR Special (rear), made in JAPAN; nah ini shock best of the best buat ane. Sampe sekarang ini shock masih dipake dan bahkan sampai nge stock 1 set rear. Nyaman nya dapet, empuk nya dapet, stabil nya dapet. Mau full load atau solo-driving tetep shock ini gak ada komplain sama sekali. Diajak ngebut hayuk, anteng banget mobil. Lewatin speed trap gak ada cerita di shock lain yang bisa geser sendiri ekor mobil, pake shock ini antep banget mobil. FYI: shock ini sebener nya untuk Land Cruiser Prado first gen yang non air suspension. Dudukan shock & panjang shock travel, 100% mirip banget sama kijang innova - innova reborn. yang bikin beda cuman besar tabung shock nya. Makanya shock ini perfecto banget buat ane untuk comfort nya. Inget kata orang2, kalau mau ganti shock yang lebih enak, cari subtitusi part nya untuk mobil yang lebih berat bobot nya. Akhirnya nemu lah si shock belakang Prado gen awal ini yang non airsus. Buat yang mau coba, mungkin bisa cari di ecommerce atau toko parts, atau toko langganan, asli nya Prado ini ORI nya dia made in TOKICO JAPAN. Jadi kalau nemu shock belakang Prado non airsus tulisan nya TOKICO JAPAN, sikat aja kalau ada budget. Itu barang ori Prado asli. Untuk Kayaba New SR Special ini barang nya udah ghaib, alias untung2an. Nampak nya importir nya cuman iseng aja import ini barang. Gak pernah ada restock lagi untuk semua jenis Kayaba New SR Special.

7. Kayaba XR (front), made in Indonesia alias made in Karawang; Untuk Shock ini, ane baru pake beberapa hari aja. Itupun juga beli seken dari orang yang katanya baru pake 2 minggu. Orang nya pakai di reborn bensin, dia copot karena istri nya yang lagi bunting ngerasa gak cocok / kekerasan sama shock Kayaba XR. Jadi akhirnya orang tersebut balik lagi pake ori reborn bensin (by part number & nomor rangka) yang ngayun ngayun mentul mentul ginuk ginuk itu karakter nya, terus bbrp bulan kemudian meler oli shock nya (yang katanya bukan bocor) hehehe.. Untuk Kayaba XR ini dimobil ane (2KD-V 2015) sih oke oke aja, kalau digambarkan itu karakter nya gabungan antara Kayaba Premium sama shock ori nya GNKI. Sedikit agak ngayun, tapi gak bikin mual / less nose dive. Lembut nya dapet. Ngehajar lobang pake shock ini gak berasa. Lewat jalan keriting juga nyaman2 so far.

8. Tokico OEM replacement Thailand (front); Ini cocok banget buat yang suka speeding, rasanya pede banget manuver di jalur 0. Mantep aja gitu. Gak ada rasa khawatir ber manuver2. Buat ane, so far shock ini masih favorit. Cuman karena shock Tokico yang terpasang di ane ini stock lama (mungkin stok tahun 2008-an), jadi umur nya cuman 1 tahun di ane yg sering melintas di trans-jabahn. Setelah 1 tahun dan 30ribu kilometer, berasa ngayun nya. Dan mulai agak ngeri kalo lagi manuver, jadi akhirnya ane ganti ke Kayaba XR. Kalau di kondisi jalan kurang mulus, shock ini berasa "dhar dhar dhar" nya. Tapi tetep gak mengurangi kenyamanan tulang ekor ane. Mungkin kalau ada yang mau meminang shock ini, minta aja stock shock Tokico yang agak mudaan tahun produksi nya. Kalau ane liat di ecommerce toko ijo, Tokico OEM yang fresh production, cat shock nya hitam doff. Kalau Tokico OEM stok lama, warna nya black shine.




Di 2KD-V 2015 yang sekarang ini, settingan kaki kaki ane;
* Shock depan Kayaba XR
* Shock belakang Kayaba NEW SR Special (punya nya Prado first gen)
* Karet roti (bushing stabil link), pakai punya nya 2KD-G 2007 (indent pakai nomor rangka). Karena harganya lebih mahal yg 2007 daripada yang 2015 punya.
* Stopper belakang ganti pakai stopper spon made in cirebon (ada di tokoijo)
* Per belakang ganti pakai per Mercy Tiger (ori, ada logo mercy dan part number di per nya), potong 2 ulir / sesuaikan tinggi nya sama shock bawaan mobil
* per depan standar bawaan mobil
* Dunlop LM705 205-70-R15 (bawaan mobil 205-65-R15)

Stock Suspensi;
+ Kayaba New SR Special (rear) Prado first gen
+ Profender OEM Series (front)
+ Toyota Original Shock Absorber by part number (front)


Q&A;
Q: Kenapa dengan settingan suspensi bawaan mobil Om?
A: Karena shockbreaker bawaan mobil adalah salah satu part yang lebih murah harga nya dibanding shockaftermarket. Jadi gak ada salahnya kita trial n error barang yang lebih mahal harganya daripada barang ori (harga bengkel resmi). Kalau ada part aftermarket yang harganya lebih murah daripada shock ori bawaan mobil, yaa jangan berharap lebih deh. Ada harga ada rupa, ada kekurangan. Patokan ane ya harga bengkel resmi.

Q: Gak coba karet2 dari Protoflex Om?
A: Udah, gak nyaman dan gak safety rasanya. At the end pakaii part ori innova 2007 yang lebih mahal harga nya dari Protoflex. Mungkin Protoflex di desain untuk keperluan kompetisi. Kalau buat harian, buat ane pribadi gak cocok ya.

Q: Kok diganti pakai per Mercy om belakang nya?
A: Udah nyaman pakai itu dari awal pakek Innova di 2007. Pakai shock itu di 3 kijang ane, udah nyaman aja. Kayak udah mandatory, kijang per belakang ganti pake punya per Mercy Tiger.

Q: Kelebihan pakai stopper bahan karet spon apa Om?
A: Lebih kearah kenyamanan penumpang paling belakang. Gak jedug jedug kalo full Load. Fungsi peredaman stopper karet spon nya bener2 bikin penumpang pules gak sakit pinggang.






Sekian review ane yang gak dibayar dan gak diendorse oleh barang2 yang ane sebut tadi. Ulasan murni berdasarkan pengalaman pribadi, pemakaian pribadi, dan uang pribadi. Bukan menjelekkan, tapi sebuah real feel dari tulang ekor ane yang manja.
Om..mau tanya..shock prado ori tokico japan itu plug n play di reborn?ga perlu dimodifikasi?
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Shock belakang nya aja yg plug n play..
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Vai0907 »

avantgardebronze wrote: Fri Dec 22, 2023 15:11 Shock belakang nya aja yg plug n play..
Brp-an y om budgetnya?
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Kalau di onlen sekitar 2jtan belakang only.. Kalau bengkel resmi gak tau deh
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Vai0907 »

avantgardebronze wrote: Mon Dec 25, 2023 5:51 Kalau di onlen sekitar 2jtan belakang only.. Kalau bengkel resmi gak tau deh
Ada yg jual 1,25jt om tokico japan..kira2 bagus ga om?yg kayaba new sr special kaga ada lg yg jual kayanya di marketplce
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Cek harga bengkel resmi dulu aja om.. Bawa part number yg ada di online ke bengkel resmi.. Bisa compare harga dulu
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Vai0907 »

Vai0907 wrote: Mon Dec 25, 2023 9:52
avantgardebronze wrote: Mon Dec 25, 2023 5:51 Kalau di onlen sekitar 2jtan belakang only.. Kalau bengkel resmi gak tau deh
Ada yg jual 1,25jt om tokico japan..kira2 bagus ga om?yg kayaba new sr special kaga ada lg yg jual kayanya di marketplce
Om..sorry nanya lg..pilihan kedua ternyaman setelah shocknya prado apa y om?
Totobee
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 31, 2023 1:34

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Totobee »

avantgardebronze wrote: Tue Oct 31, 2023 9:50
Totobee wrote: Tue Oct 31, 2023 1:40 Om Prado first gen ini yang kode nya j70 ya?
TRJ 150 atau TRJ 120 om
Om orang bengkel nya bilang 120 sama 150 beda om
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by MSU »

Fyi kemaren ga sengaja liat di shopee...sok belakang bilstein dr official storenya...B6 idr 4xx.[cencored], B4 8xx.[cencored]
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by bsetiawan »

MSU wrote: Tue Jan 02, 2024 8:12 Fyi kemaren ga sengaja liat di shopee...sok belakang bilstein dr official storenya...B6 idr 4xx.[cencored], B4 8xx.[cencored]
Sebaiknya hati2 krena harganya ga masuk akal. Saya perhatikan fotonya pun jg nyomot dari bbrp lapak org; sekelas official store tpi nyomot foto org :big_think:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by MSU »

bsetiawan wrote: Tue Jan 02, 2024 9:15
MSU wrote: Tue Jan 02, 2024 8:12 Fyi kemaren ga sengaja liat di shopee...sok belakang bilstein dr official storenya...B6 idr 4xx.[cencored], B4 8xx.[cencored]
Sebaiknya hati2 krena harganya ga masuk akal. Saya perhatikan fotonya pun jg nyomot dari bbrp lapak org; sekelas official store tpi nyomot foto org :big_think:
Noted om...aneh memang koq bs harga sekelas KYB
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Totobee wrote: Tue Jan 02, 2024 7:23
avantgardebronze wrote: Tue Oct 31, 2023 9:50
Totobee wrote: Tue Oct 31, 2023 1:40 Om Prado first gen ini yang kode nya j70 ya?
TRJ 150 atau TRJ 120 om
Om orang bengkel nya bilang 120 sama 150 beda om



Ya Om, beda part number & beda tahun.. Tapi secara bentuk sama dudukan atas ama bawah nya sama innova/fortuner..
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by avantgardebronze »

Kalau mau aman, seperti yg saya bilang2 sebelum nya, ke bengkel resmi aja, minta contoh shock belakang Prado TRJ 120/150, trus liat dudukan atas sama bawah nya.. Sama apa engga sama innova fortuner.
inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by inrandomthoughts »

Dear all, saya jadinya kmrn ganti profender OEM series. Skrg udah jalan sekitar 3000-an KM lah. Detail lebih kurang seperti ini:
Mobil: innova reborn diesel 2022
Velg: 18inch (Motegi Traklite)
Ban: michelin premacy 4 235/50


Review:
Shock asli saya pakai sampe KM kira2 30rb dan Saya ganti dengan profender OEM ini, sangat terasa bedanya. Mungkin karena pada saat akan diganti shock bawaan sudah lemah dan ayunan sudah terlalu banyak. Begitu ganti saya pakai lsg roadtrip ke dieng dan jogja, via krakalan dan tambi.

Menurut saya Per ini jauuuuuh lebih nyaman daripada shock ori. Yang paling terasa, ayunannya ga bikin pusing. Dan indikator buat saya kalau ini bukan sugesti, adalah istri yg tumben2 komen bilang: “ini mobil diapain? Ko skrg kalo kena polisi tidur dan di tol ngga rata, kerasa lebih enak?” Fyi, istri saya type yg kalo setir saya ganti atau pasang sunroof aja kayanya ga akan ngeh 🤣

Jd buat saya untuk harga 2,1jt sangat worth to try.
IG: @inrandomthoughts
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by well »

inrandomthoughts wrote: Thu Jan 11, 2024 9:59 Dear all, saya jadinya kmrn ganti profender OEM series. Skrg udah jalan sekitar 3000-an KM lah. Detail lebih kurang seperti ini:
Mobil: innova reborn diesel 2022
Velg: 18inch (Motegi Traklite)
Ban: michelin premacy 4 235/50


Review:
Shock asli saya pakai sampe KM kira2 30rb dan Saya ganti dengan profender OEM ini, sangat terasa bedanya. Mungkin karena pada saat akan diganti shock bawaan sudah lemah dan ayunan sudah terlalu banyak. Begitu ganti saya pakai lsg roadtrip ke dieng dan jogja, via krakalan dan tambi.

Menurut saya Per ini jauuuuuh lebih nyaman daripada shock ori. Yang paling terasa, ayunannya ga bikin pusing. Dan indikator buat saya kalau ini bukan sugesti, adalah istri yg tumben2 komen bilang: “ini mobil diapain? Ko skrg kalo kena polisi tidur dan di tol ngga rata, kerasa lebih enak?” Fyi, istri saya type yg kalo setir saya ganti atau pasang sunroof aja kayanya ga akan ngeh 🤣

Jd buat saya untuk harga 2,1jt sangat worth to try.
om, ini ganti full 4 biji y shocknya?
apakah tidak keras om? sy juga rencana mau ada ganti profender oem, cuma takut keras naikannya.
inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by inrandomthoughts »

well wrote: Fri Jan 12, 2024 1:25
om, ini ganti full 4 biji y shocknya?
apakah tidak keras om? sy juga rencana mau ada ganti profender oem, cuma takut keras naikannya.
Iya ganti 4-4nya om.. menurut ukuran saya dan istri sih ngga om. Masih empuk, padahal saya udh pake velg ring 18. Saya pernah coba innova temen pakai per yss + shock yss yang bisa disetting. Itu malah keras bgt. Dibikin empuk maksimal malah gampang jedug dan ga dpt enaknya sih
IG: @inrandomthoughts
Totobee
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 31, 2023 1:34

Re: Review Shock Absorber / Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova All Gen Ladder Frame (Not the Monokok of Zenix)

Post by Totobee »

avantgardebronze wrote: Thu Jan 04, 2024 12:35 Kalau mau aman, seperti yg saya bilang2 sebelum nya, ke bengkel resmi aja, minta contoh shock belakang Prado TRJ 120/150, trus liat dudukan atas sama bawah nya.. Sama apa engga sama innova fortuner.
Mau nambahin om udah dibandingkan Prado punya sama Innova travelnya beda jauh om
Kiri Prado kanan Innova, baut atasnya juga Prado lebih besar. Minta saran dan masukkan nya om. Karna klo ganti per shock std malah nambah ngayun lebih kuat om, apakah harus pake new sr punya klo bisa minta foto shock kyb new sr nya om biar saya ada referensi buat nyari barangnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.