2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

HerryLaksono
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Sep 05, 2023 8:11
Location: Cibubur
Daily Vehicle: ACU30

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by HerryLaksono »

carlowolvie wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 7:49 Ikutan nimbrung ya om.. ane pengguna Harrier 2007 V6 3.5
Baru februari kmrn angkat, kebetulan lg banyak waktu luang jd bisa coba jalan2 keluar kota. Sekalian test kaya apa sih rasanya Harrier ini? Sbelumnya ane pengguna e36, e46, Camry xv30 dan e39 sampe skrg.

Ini mobil tarikan bawahnya aga berat ya? Tp emang klo udah diatas enak nariknya. Udah di carbon clean, bersihin injector, ganti coil, oli pake 5/30, matic cuma ganti 4ltr. Tp ga terlalu signifikan. Akhirnya coba pake coil booster yg tulisannya curut, okelah awal2 (mungkin karena barengan carbon clean sama kalibrasi injector jg pas dipasang).

Lgsg test ke Purwakarta makan sate di pleret, trus ke Lembang lewat Sabang. Sampe rumah di full in lg dapet sekitar 1:9

Karena masih belum puas sama tarikannya, akhirnya pasang throttle controller, nah ini baru enak bangeet tenaganya, dr bawah ngisi terus. Langsung cuuus lagi ke batu Raden purwokerto, trus sempet jg ke puncak 2 jalan jelek + nanjak2. Tetep di 1:8-9 FC nya.

Nah klo buat jarak Deket trus banyakan idle bisa 1:4-5, haha.. untuk tenaga sih udah oke, puas banget.

Tp kadang Masi heran sama klaim di forum luar yg katanya bisa 8.4L/100km (Β±1:12 lah ya)

Bukan soal bensinnya sih, tp apakah mobil ane ini sehat apa ngga. Toh biasanya jg E39 pake hari2

Pengen coba bersihin maf, bersihin catalytic converter sama ganti filter udara jg nanti..

Oia, klo dibawa jalan jauh ko pantat kerasa panas + pegel ya? Padahal bahan kulitnya ber pori gitu. Diliat2 jg ga kempes padahal. Di E39 ngga soalnya. Apa pantat gw yg tepos jd norak

Halo om semua, salam kenal.
Saya juga kebetulan baru ambil Harrier 2010. Ternyata benar, tarikan bawahnya agak lemot. Sempat terfikir pasang throttle controller seperti di T32 saya. Tapi ternyata yang 2.4 belum drive by wire alias masih pake kabel sling pedal gasnya.
Kira-kira opsi apa lagi ya buat naikin tenaganya?
Tksh sebelumnya buat pencerahannya.
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by 1203L »

sudah pernah nyoba nyetir harrier 2.4 nik 2009 di salah satu dealer mobkas di wtc mangdu meski dg rute terbatas.klo dibandingkan maxda cx5 gt 2013 yg 2000cc yg prnah ane coba kendarai, respon mesin harrier tergolong lemot ya dan lebih boros.cuma suspensinya nyaman dan klo buat nikung tajam agak limbung.harga pasar di mobkas utk th 2008-2013 dg odometer di atas 100rb km amazingly jg msh stabil dan cukup tinggi antara 180-250 krn mkn faktor brand toyota dan durabilitas mesinnya. Kisaran harga yg msh stabil itulah sygnya yg menghambat ane utk beli πŸ˜‚πŸ˜
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by ariswp »

1203L wrote: ↑Tue Sep 05, 2023 16:09 sudah pernah nyoba nyetir harrier 2.4 nik 2009 di salah satu dealer mobkas di wtc mangdu meski dg rute terbatas.klo dibandingkan maxda cx5 gt 2013 yg 2000cc yg prnah ane coba kendarai, respon mesin harrier tergolong lemot ya dan lebih boros.cuma suspensinya nyaman dan klo buat nikung tajam agak limbung.harga pasar di mobkas utk th 2008-2013 dg odometer di atas 100rb km amazingly jg msh stabil dan cukup tinggi antara 180-250 krn mkn faktor brand toyota dan durabilitas mesinnya. Kisaran harga yg msh stabil itulah sygnya yg menghambat ane utk beli πŸ˜‚πŸ˜
Ya wajar sih, faktor teknologi mesin, sasis, dan bobot kendaraan
selisih umur teknologi yang beda 10 tahun, yang satu didesain buat ngejar kenyamanan dan fitur super lengkap khas suv premium, yang satu ya suv monokok kelas mainstream yg ngejar driving dynamics

Selain brand, secara looks dan design imho harrier ini juga lebih timeless dan berwibawa sih, saya aja masih sering menoleh klo ketemu harrier generasi ini di jalan dan terawat, apalagi bagian buritan cakep bener,
Sama generasi setelah ini aja masih cakepan yg generasi ini hehe
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by bensinsolar »

Punya Harrier 2008 dari baru. Mobil yg enak & nyaman. Peremajaan terakhir habis ampir 23jt utk:
- Ban 4 pake Yokohama XT AE61
- Shockbreaker depan belakang KYB
- Karet stabil depan belakang
- Link stabil depan & belakang
- Karet per bawah bagian depan
- Bush arm depan
- Long & tie rod depan
- Karet support depan
- Karet support boot belakang
- Bushing/karet stopper depan belakang
- Bearing shock depan
- Filter matic, gasket & ganti oli matic (+- 4 liter)
- Bush knuckle kanan belakang
- Busi, filter udara & karet pin rem belakang yg hilang (menyebabkan suara di roda belakang)
- Kampas rem depan ORI

Kalau gamau mahal semestinya Ban cukup Achiles aja (1 Yokohama dapet 2 Achiles, tp karena ud sempet 2 ban ganti Yokohama AE61 jd ganti Yokohama semua. Karet support depan pas & karet stabil ketika diganti juga masih lumayan bagus. Bearing shock depan ganti karena ketika ganti shock jd agak macet.

Note: Shockdepan ORI pas ganti ditarik masuk lagi dikira montirnya ud mati, ternyata itu ciri2 shock oli. Sptnya masih lumayan bagus karena msh masuk sendiri tp ud keburu beli KYB jd disimpen aja d.

Next project:
- Ganti bushing knuckle sisa ada 5 biji (1 ud diganti karena pecah); Ini lebih ke nafsu bwt peremajaan aja

Problem yg ud diperbaiki (+-20jt):
- Sunroof bocor
- Rembes power steering sampe minyak abis
- Turun 1/2 mesin karena air radiator abis melulu & ud 2x ke A2k gatau masalahnya, sampe tiba2 overheat & dicek ternyata rembes ke mesin. Karena ada yg dipapas kompresi mesin naik, tenaga bawah & menengah jd lbh joss apalagi setelah ganti minyak & filter matic
- Dashboard retak

Pajak tahunan Low 4jt.
Konsumsi dalkot 1:7 sebelum ganti itu semua bs 1:5
So far ini mobil enak & lbh bertenaga setelah turun 1/2 mesin. Handling meningkat setelah ganti KYB yg lebih firm dikit. Lbh firm tp tetap comfort. Mid-Long term, keep dulu.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by sintoni »

bensinsolar wrote: ↑Wed Sep 06, 2023 2:40
Ini ganti di BeRes om?
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by bensinsolar »

sintoni wrote: ↑Wed Sep 06, 2023 3:49
bensinsolar wrote: ↑Wed Sep 06, 2023 2:40
Ini ganti di BeRes om?
Panggil montir temen ke rumah jd lbh hemat jasa :big_exellent:
hughesdarren
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Aug 14, 2017 3:25
Location: Jakarta

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by hughesdarren »

Om, kalo montir temennya punya waktu dan mau project yang sama (peremajaan kaki2), bisa kontak saya. Makasih
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by carlzeiss »

Mobil yang bakal bertahan banget 5 - 10 tahun kedepan untuk modelnya even umurnya udh ga muda, dan nasib timelessnya ini bakal diterusin sama HRV sebelum model skrg yang dibanding model baru aja masih bagus yg lama
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
carlowolvie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Dec 20, 2021 2:09
Daily Vehicle: e39_ACU30_civic es

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by carlowolvie »

HerryLaksono wrote: ↑Tue Sep 05, 2023 8:41
carlowolvie wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 7:49 Ikutan nimbrung ya om.. ane pengguna Harrier 2007 V6 3.5
Baru februari kmrn angkat, kebetulan lg banyak waktu luang jd bisa coba jalan2 keluar kota. Sekalian test kaya apa sih rasanya Harrier ini? Sbelumnya ane pengguna e36, e46, Camry xv30 dan e39 sampe skrg.

Ini mobil tarikan bawahnya aga berat ya? Tp emang klo udah diatas enak nariknya. Udah di carbon clean, bersihin injector, ganti coil, oli pake 5/30, matic cuma ganti 4ltr. Tp ga terlalu signifikan. Akhirnya coba pake coil booster yg tulisannya curut, okelah awal2 (mungkin karena barengan carbon clean sama kalibrasi injector jg pas dipasang).

Lgsg test ke Purwakarta makan sate di pleret, trus ke Lembang lewat Sabang. Sampe rumah di full in lg dapet sekitar 1:9

Karena masih belum puas sama tarikannya, akhirnya pasang throttle controller, nah ini baru enak bangeet tenaganya, dr bawah ngisi terus. Langsung cuuus lagi ke batu Raden purwokerto, trus sempet jg ke puncak 2 jalan jelek + nanjak2. Tetep di 1:8-9 FC nya.

Nah klo buat jarak Deket trus banyakan idle bisa 1:4-5, haha.. untuk tenaga sih udah oke, puas banget.

Tp kadang Masi heran sama klaim di forum luar yg katanya bisa 8.4L/100km (Β±1:12 lah ya)

Bukan soal bensinnya sih, tp apakah mobil ane ini sehat apa ngga. Toh biasanya jg E39 pake hari2

Pengen coba bersihin maf, bersihin catalytic converter sama ganti filter udara jg nanti..

Oia, klo dibawa jalan jauh ko pantat kerasa panas + pegel ya? Padahal bahan kulitnya ber pori gitu. Diliat2 jg ga kempes padahal. Di E39 ngga soalnya. Apa pantat gw yg tepos jd norak

Halo om semua, salam kenal.
Saya juga kebetulan baru ambil Harrier 2010. Ternyata benar, tarikan bawahnya agak lemot. Sempat terfikir pasang throttle controller seperti di T32 saya. Tapi ternyata yang 2.4 belum drive by wire alias masih pake kabel sling pedal gasnya.
Kira-kira opsi apa lagi ya buat naikin tenaganya?
Tksh sebelumnya buat pencerahannya.
Lah kirain yg facelift semuanya udah drive by wire semua.. yg 2.4 lemotnya emang bikin gregetan, sempet tanya buat remap, tp jrg yg bisa buat Harrier. Ane pribadi kebantu sama grounding, coil booster sama TC. Skrg sih puas, torsi nya berasa instant yg tdnya aga lamban, klo ada rejeki pgn bersihin body Valve matic, kuras oli matic jg, ganti knalpot full system + air filter K&N. Paling itu sih yg ane tau, untuk masalah signifikan ato ngga nya di varian 2.4 krg tau jg om.
rezandip
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 16:59

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by rezandip »

Salam kenal agan2 sekalian,
Nubie ikut nimbrung disini, kebetulan cm nerusin mobil warisan dari bokap, Toyota Harrier 2008 mesin nya 2AZ-FE, kilometer udah 200rb an, beli dari baru, ane megang mulai akhir 2020.

Pas pertama kali megang mobil ini hal yg ane lakuin adalah engine refresh, ganti radiator baru dan karena gearbox jg udah gak terlalu menggigit lgs ganti gearbox segelondong aja sekalian, kebetulan Seller nya berani nge garansi 30 hari, tinggal bongkar pasang, kuras oli. Dan sampai skrg gak pernah ada masalah lagi dgn gerbox

Selanjutnya langsung lanjut cek kaki2, ganti total 4 engine mounting yg ori Toyota, ganti baru bushing2 dan laker2 yg udah kemakan umur, ganti shock depan baru yg ori toyota dan shock belakang merk kyb, skalian ganti ban 5 tahunan pakai continental UC6 235/60 R18

12 bulan berlalu, sunroof mulai ada tanda2 kebocoran, akhirnya skalian bersihin jalur air kanan kiri skalian ganti list karet kanan kiri.

Problem terakhir yg baru terselesaikan adalah ganti cover cylinder head yg mulai korosi, skalian ganti packing seal head gasket, ganti selang hawa yg mulai sobek dan servis rack steer

Secara garis besar ini mobil cukup reliable, walaupun menurut ane tarikan bawahnya berat dan agak boros, tp termaafkan dgn kenyamanan dan jg minumnya yg masih bs pakai pertalite.

Owya sempat cek di salah satu forum katanya ada bengkel yg spesialis bikin irit mobil, namanya provis, klo di TUSS bisa lebih irit dan tarikan bs lebih enak, apa suhu2 ada yg udah coba?
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by t105erd »

rezandip wrote: ↑Tue Nov 14, 2023 17:55 Salam kenal agan2 sekalian,
Nubie ikut nimbrung disini, kebetulan cm nerusin mobil warisan dari bokap, Toyota Harrier 2008 mesin nya 2AZ-FE, kilometer udah 200rb an, beli dari baru, ane megang mulai akhir 2020.

Pas pertama kali megang mobil ini hal yg ane lakuin adalah engine refresh, ganti radiator baru dan karena gearbox jg udah gak terlalu menggigit lgs ganti gearbox segelondong aja sekalian, kebetulan Seller nya berani nge garansi 30 hari, tinggal bongkar pasang, kuras oli. Dan sampai skrg gak pernah ada masalah lagi dgn gerbox

Selanjutnya langsung lanjut cek kaki2, ganti total 4 engine mounting yg ori Toyota, ganti baru bushing2 dan laker2 yg udah kemakan umur, ganti shock depan baru yg ori toyota dan shock belakang merk kyb, skalian ganti ban 5 tahunan pakai continental UC6 235/60 R18

12 bulan berlalu, sunroof mulai ada tanda2 kebocoran, akhirnya skalian bersihin jalur air kanan kiri skalian ganti list karet kanan kiri.

Problem terakhir yg baru terselesaikan adalah ganti cover cylinder head yg mulai korosi, skalian ganti packing seal head gasket, ganti selang hawa yg mulai sobek dan servis rack steer

Secara garis besar ini mobil cukup reliable, walaupun menurut ane tarikan bawahnya berat dan agak boros, tp termaafkan dgn kenyamanan dan jg minumnya yg masih bs pakai pertalite.

Owya sempat cek di salah satu forum katanya ada bengkel yg spesialis bikin irit mobil, namanya provis, klo di TUSS bisa lebih irit dan tarikan bs lebih enak, apa suhu2 ada yg udah coba?
Sama camry mesinua sama ga sih? Camry bisa pertalite juga yaa berarti?

Saya pernah tanya disana buat mesin 1NZ aja 7 - 8 juta, mihil buat saya, tapi kalo mau coba silahkan nanti review di sini
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by ChZ »

rezandip wrote: ↑Tue Nov 14, 2023 17:55 Salam kenal agan2 sekalian,
Nubie ikut nimbrung disini, kebetulan cm nerusin mobil warisan dari bokap, Toyota Harrier 2008 mesin nya 2AZ-FE, kilometer udah 200rb an, beli dari baru, ane megang mulai akhir 2020.

Pas pertama kali megang mobil ini hal yg ane lakuin adalah engine refresh, ganti radiator baru dan karena gearbox jg udah gak terlalu menggigit lgs ganti gearbox segelondong aja sekalian, kebetulan Seller nya berani nge garansi 30 hari, tinggal bongkar pasang, kuras oli. Dan sampai skrg gak pernah ada masalah lagi dgn gerbox

Selanjutnya langsung lanjut cek kaki2, ganti total 4 engine mounting yg ori Toyota, ganti baru bushing2 dan laker2 yg udah kemakan umur, ganti shock depan baru yg ori toyota dan shock belakang merk kyb, skalian ganti ban 5 tahunan pakai continental UC6 235/60 R18

12 bulan berlalu, sunroof mulai ada tanda2 kebocoran, akhirnya skalian bersihin jalur air kanan kiri skalian ganti list karet kanan kiri.

Problem terakhir yg baru terselesaikan adalah ganti cover cylinder head yg mulai korosi, skalian ganti packing seal head gasket, ganti selang hawa yg mulai sobek dan servis rack steer

Secara garis besar ini mobil cukup reliable, walaupun menurut ane tarikan bawahnya berat dan agak boros, tp termaafkan dgn kenyamanan dan jg minumnya yg masih bs pakai pertalite.

Owya sempat cek di salah satu forum katanya ada bengkel yg spesialis bikin irit mobil, namanya provis, klo di TUSS bisa lebih irit dan tarikan bs lebih enak, apa suhu2 ada yg udah coba?
rajin check oli kalo engine 2AZ. vampir oli tuh mesin.

sama coolant temp nya rajin di kontrol kapan hari ada case coolant temperature sensornya mampus kg ada warningnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rezandip
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 16:59

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by rezandip »

t105erd wrote: ↑Wed Nov 15, 2023 1:32
rezandip wrote: ↑Tue Nov 14, 2023 17:55 Salam kenal agan2 sekalian,
Nubie ikut nimbrung disini, kebetulan cm nerusin mobil warisan dari bokap, Toyota Harrier 2008 mesin nya 2AZ-FE, kilometer udah 200rb an, beli dari baru, ane megang mulai akhir 2020.

Pas pertama kali megang mobil ini hal yg ane lakuin adalah engine refresh, ganti radiator baru dan karena gearbox jg udah gak terlalu menggigit lgs ganti gearbox segelondong aja sekalian, kebetulan Seller nya berani nge garansi 30 hari, tinggal bongkar pasang, kuras oli. Dan sampai skrg gak pernah ada masalah lagi dgn gerbox

Selanjutnya langsung lanjut cek kaki2, ganti total 4 engine mounting yg ori Toyota, ganti baru bushing2 dan laker2 yg udah kemakan umur, ganti shock depan baru yg ori toyota dan shock belakang merk kyb, skalian ganti ban 5 tahunan pakai continental UC6 235/60 R18

12 bulan berlalu, sunroof mulai ada tanda2 kebocoran, akhirnya skalian bersihin jalur air kanan kiri skalian ganti list karet kanan kiri.

Problem terakhir yg baru terselesaikan adalah ganti cover cylinder head yg mulai korosi, skalian ganti packing seal head gasket, ganti selang hawa yg mulai sobek dan servis rack steer

Secara garis besar ini mobil cukup reliable, walaupun menurut ane tarikan bawahnya berat dan agak boros, tp termaafkan dgn kenyamanan dan jg minumnya yg masih bs pakai pertalite.

Owya sempat cek di salah satu forum katanya ada bengkel yg spesialis bikin irit mobil, namanya provis, klo di TUSS bisa lebih irit dan tarikan bs lebih enak, apa suhu2 ada yg udah coba?
Sama camry mesinua sama ga sih? Camry bisa pertalite juga yaa berarti?

Saya pernah tanya disana buat mesin 1NZ aja 7 - 8 juta, mihil buat saya, tapi kalo mau coba silahkan nanti review di sini

Camry ada jg yg mesin nya 2AZ-FE, cm ga tau yg gen berapa dan tahun brp, kompresi mesin nya skitar 9, jadi aman aja pake ron 90
rezandip
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 16:59

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by rezandip »

ChZ wrote: ↑Wed Nov 15, 2023 2:31
rezandip wrote: ↑Tue Nov 14, 2023 17:55 Salam kenal agan2 sekalian,
Nubie ikut nimbrung disini, kebetulan cm nerusin mobil warisan dari bokap, Toyota Harrier 2008 mesin nya 2AZ-FE, kilometer udah 200rb an, beli dari baru, ane megang mulai akhir 2020.

Pas pertama kali megang mobil ini hal yg ane lakuin adalah engine refresh, ganti radiator baru dan karena gearbox jg udah gak terlalu menggigit lgs ganti gearbox segelondong aja sekalian, kebetulan Seller nya berani nge garansi 30 hari, tinggal bongkar pasang, kuras oli. Dan sampai skrg gak pernah ada masalah lagi dgn gerbox

Selanjutnya langsung lanjut cek kaki2, ganti total 4 engine mounting yg ori Toyota, ganti baru bushing2 dan laker2 yg udah kemakan umur, ganti shock depan baru yg ori toyota dan shock belakang merk kyb, skalian ganti ban 5 tahunan pakai continental UC6 235/60 R18

12 bulan berlalu, sunroof mulai ada tanda2 kebocoran, akhirnya skalian bersihin jalur air kanan kiri skalian ganti list karet kanan kiri.

Problem terakhir yg baru terselesaikan adalah ganti cover cylinder head yg mulai korosi, skalian ganti packing seal head gasket, ganti selang hawa yg mulai sobek dan servis rack steer

Secara garis besar ini mobil cukup reliable, walaupun menurut ane tarikan bawahnya berat dan agak boros, tp termaafkan dgn kenyamanan dan jg minumnya yg masih bs pakai pertalite.

Owya sempat cek di salah satu forum katanya ada bengkel yg spesialis bikin irit mobil, namanya provis, klo di TUSS bisa lebih irit dan tarikan bs lebih enak, apa suhu2 ada yg udah coba?
rajin check oli kalo engine 2AZ. vampir oli tuh mesin.

sama coolant temp nya rajin di kontrol kapan hari ada case coolant temperature sensornya mampus kg ada warningnya.
Iya,ngecek beberapa info di youtube, review mesin 2AZ FE ini katanya normalnya emang gitu ya, oli bisa berkurang, apalagi klo perjalanan jauh, bs signifikan berkurangnya, karena kesedot mesin, mgkn itu obat awet muda mesin nya ya :big_biglaugh:

Cm klo mobil beginian bisa sampe 1:10 dalam kota dan 1:15 luar kota pake ron90 mah udah ajib bgt, mengingat dimensi mobil dan beratnya yg lumayan, bener2 mencitrakan mobil kaum middle class yg pengen mobil nyaman aman dan ga terlalu boros :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: 2008 Toyota Harrier L Premium: di usia nya yang ke 15thn apakah masih layak?

Post by MrRichardhn »

bensinsolar wrote: ↑Wed Sep 06, 2023 2:40 Punya Harrier 2008 dari baru. Mobil yg enak & nyaman. Peremajaan terakhir habis ampir 23jt utk:
- Ban 4 pake Yokohama XT AE61
- Shockbreaker depan belakang KYB
- Karet stabil depan belakang
- Link stabil depan & belakang
- Karet per bawah bagian depan
- Bush arm depan
- Long & tie rod depan
- Karet support depan
- Karet support boot belakang
- Bushing/karet stopper depan belakang
- Bearing shock depan
- Filter matic, gasket & ganti oli matic (+- 4 liter)
- Bush knuckle kanan belakang
- Busi, filter udara & karet pin rem belakang yg hilang (menyebabkan suara di roda belakang)
- Kampas rem depan ORI

Kalau gamau mahal semestinya Ban cukup Achiles aja (1 Yokohama dapet 2 Achiles, tp karena ud sempet 2 ban ganti Yokohama AE61 jd ganti Yokohama semua. Karet support depan pas & karet stabil ketika diganti juga masih lumayan bagus. Bearing shock depan ganti karena ketika ganti shock jd agak macet.

Note: Shockdepan ORI pas ganti ditarik masuk lagi dikira montirnya ud mati, ternyata itu ciri2 shock oli. Sptnya masih lumayan bagus karena msh masuk sendiri tp ud keburu beli KYB jd disimpen aja d.

Next project:
- Ganti bushing knuckle sisa ada 5 biji (1 ud diganti karena pecah); Ini lebih ke nafsu bwt peremajaan aja

Problem yg ud diperbaiki (+-20jt):
- Sunroof bocor
- Rembes power steering sampe minyak abis
- Turun 1/2 mesin karena air radiator abis melulu & ud 2x ke A2k gatau masalahnya, sampe tiba2 overheat & dicek ternyata rembes ke mesin. Karena ada yg dipapas kompresi mesin naik, tenaga bawah & menengah jd lbh joss apalagi setelah ganti minyak & filter matic
- Dashboard retak

Pajak tahunan Low 4jt.
Konsumsi dalkot 1:7 sebelum ganti itu semua bs 1:5
So far ini mobil enak & lbh bertenaga setelah turun 1/2 mesin. Handling meningkat setelah ganti KYB yg lebih firm dikit. Lbh firm tp tetap comfort. Mid-Long term, keep dulu.
Wah boleh om info mekaniknya, kebetulan juga punya Harrier 2.4 tahun 2008 punya dari baru, dan sekarang konsumsi bensinnya udah jadi boros dan agak lemot padahal sudah ganti oli. Firasat saya sih oli matic dkk yang perlu diservis.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh