Frugal Living, topic : Cars

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

pertama kali denger istilah frugal living tuh dari channel youtube ini :



lalu belakangan resonate lagi akibat 3 thread review terakhir.
viewtopic.php?f=19&t=32576&sid=2fe1484e ... dd28ab13ed
viewtopic.php?f=19&t=32571&sid=2fe1484e ... dd28ab13ed
viewtopic.php?f=19&t=32569&sid=2fe1484e ... dd28ab13ed

dan menyoroti harga mobil baru yang semakin skyrocket, meski kalau hitung pakai kalkulator inflasi sebenernya masuk akal aja, tapi POV nya begini :

Image

untuk common cars (japanese) untuk upgrade dari tipe yang sekarang ke model terbaru. misal CR-V gen 4 ke CR-V gen 5, harus stretch budget sangat lumayan. say kita dulu beli CR-V gen 4 edisi terakhir di 2015 seharga 500 juta-an, sekarang CR-V gen 5 last edition di 660 juta-an. sementara itu CR-V gen 4 kita jual harganya nyungsep tinggal 200 juta-an. artinya kita nambahnya bukan 160 juta, tapi a whopping 460 juta untuk mobil yang secara fungsi sama!

ini dilemma yang sama waktu ane dl sempat berpikir mau tukar FK4 ke FE1. FK4 saya beli 400 juta, sekarang dijual yah pasaran si masih kuat yah 350 juta, say laku di 330juta, untuk beli FE1 brand new, saya harus rogoh kocek hampir 2 kali lipat dari harga jual saya tersebut.

mungkin untuk yang omset usahanya >10 miliar per tahun, nambah segitu nggak jadi masalah, tapi dari sisi financial rasanya kok nambah another 300-500juta untuk mobil yang nyaris (nyaris ya, bukan plek) sama secara fungsi gengsi dan spesifikasi itu.... terdengar seperti suatu financial mistake. apalagi kalo jual cuma dapet DPnya, sisanya dicicil. weleh kok makin terdengar salah lagi. meski katanya nilai uangnya beda, tapi kan secara angka tetep aja ngenes coy. kalo 350 jutanya saya pake beli mobil baru cuma dapet honda WRV. turun kelas nya 2 step wkwkwkwk.

sementara mobil saya jual jg belum tentu sudah rewel. masih works fine. masih hampir kayak baru malah with few wearable parts yang kalo di replace pun sebenernya hanya nggak sampe belasan. ya mungkin belasan juta kalo mobilnya europes. tapi kan daripada nambah 800 juta untuk beli brand new G20 utk upgrade dari F30 early model yang harga bekasnya paling 250 jutaan? paling mahal juga timing chain ganti per 5 tahun wkwkwkw. 15 juta, geli-geli dibanding nambah segitu.

Frugal Living : art of living with minimum cost, maximum benefit.

di channel youtube atas itu si pasangan sama-sama karyawan kantoran, dan ane cukup kaget juga wow pilihan mobilnya VW Tiguan. bukan avanza atau kawan kawannya. dan kalau menilik pasaran VW Tiguan model itu dengan biaya perbaikan, rasanya harga agya GR-S baru pun masih kembalian cukup banyak.

dan jika budget kita longgar, rasanya 300 juta saja bisa dapet 2 mobil yang sama-sama bagus. i propose seekor camry dan satunya motuba jerman, atau harrier/CRV lama buat pasangan. sementara kalau dipaksa beli mobil baru, dapetnya cuma sebuah toyota raize, atau kalo mau dipaksa ya wuling cortez, atau si odong-odong air EV.

kalau beli mobil bekas tua - harga murah, enaknya udah pasti beban cicilan nol. ya perbaikan kalau cari unitnya bener sih seharusnya nggak routine visit ke bengkel wkwkwk. kalo mobil jepang usia 10 tahun sih baru lepas breakin alias geli-geli doang apalagi odometer blom nyentuh 200 ribu. dah pasti sehat wal afiat. soalnya dari mini research, orang indo itu pake mobil sebenernya bentar-bentar. kayaknya lamaan macet daripada jalan. setahun 20ribu kilometer itu sedikit untuk itungan daily car dibanding di amrik yang bisa pake sampe lebih dari 50ribu per tahun. di indo

tapi ya ada tapinya... dari semua keenakan itu memang paling enggak harus belajar-belajar dikit soal mobil. karena mobil bekas nggak ada yang bisa 100% siap pake tinggal gas. pasti meninggalkan pe er yang sooner or later. apalagi kalau usianya sudah 10yrs up. musti effort dikit buat doing routine checking di pagi hari. dan selalu harus simpan nomor mekanik. kalau mobil jepang mungkin relatif gampang sih hampir semua bisa. mungkin merek seperti honda atau nissan yang butuh specialized technician.

dan enaknya lg biasa mekanik mobil tua-tapi-pasaran itu nggak main tebak-tebak berhadiah macem mekanik magang di bengkel resmi :upss: apalagi atpm korea dan china yang udahlah inden parts lama (mobil bisa produksi terus tapi parts inden) teknisinya jg masih belajaran wkwkwkwk. mekanik mekanik mobil tua mah udahlah jago channel partsnya jg kemana-mana. rusak ga harus ganti baru dicariin kampakan banyak :upss:

Image

ya selama orang indo masih punya mindset mobil harus ganti 5 thn sekali padahal dipake 15 thn jg belom kenapa-napa mobilnya, biarin aja jadi kesempatan kita yang budget cekak untuk piara mobil enak budget minimal. :upss: lebih green lagi daripada beli brand new electric car :upss:

plus enaknya lagi : mobil tua rata-rata pertalite-friendly, bahkan sekelas eropa sekalipun :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Krucilatoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Krucilatoz »

Kebetulan pernah baca buku, judulnya The Millionaire Next Door, buku jadul sih itu, tahun 1996.
bercerita tentang orang 'biasa' di US yang ternyata net-worthnya bisa berjuta dollar, yang uniknya profesi mereka biasa aja, mulai dari guru, petani, pemadam-kebakaran dst. Ada juga self-employed, atau small-business owner.

Key-point dari buku tersebut (selain 1 chapter berjudul "Frugal frugal frugal") ada di "You aren't what you drive". Intinya, orang-orang tersebut terbiasa dengan punya mobil yg fungsional, malah ketika disurvey ada persentase signifikan dari mereka yg kalau beli mobil sengaja seken.
Tujuannya ga lain untuk fokus meningkatkan wealth mereka, dalam buku tsb disebut sebagai "Positive Accumulator of Wealth - PAW".

Dan, setuju banget dengan om Chz di trit ini, menikmati mobil baru sih boleh, tapi pastikan kurva wealth tetap ke atas :big_smile]
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by iamwewe »

diskusi yg sangat menarik

sy coba discuss di paragraf awal aja ya
untuk common cars (japanese) untuk upgrade dari tipe yang sekarang ke model terbaru. misal CR-V gen 4 ke CR-V gen 5, harus stretch budget sangat lumayan. say kita dulu beli CR-V gen 4 edisi terakhir di 2015 seharga 500 juta-an, sekarang CR-V gen 5 last edition di 660 juta-an. sementara itu CR-V gen 4 kita jual harganya nyungsep tinggal 200 juta-an. artinya kita nambahnya bukan 160 juta, tapi a whopping 460 juta untuk mobil yang secara fungsi sama!

menurut saya sndiri, kenaikan harga ini wajar. bahkan wajar banget. knp? ya om chz sndiri juga ngerasain sndiri kan, perbedaan antar generasi anggep aja gen 4 ke gen 5 crv, perbedaan chassis dan technologinya kaya gimana kan. belum lagi ya gimmick2 kaya panoramic nya. kalo disorot whopping 460jt sih rasanya kurang tepat ya. krn yg di bandingin antar unit bekas dan unit baru. tapi kalo dibandingin dulu edisi terakhir 500jtan dan skrg last edition 660jt, kembali lagi kita sendiri yang timbang2 apakah selisih 160jt ini worth utk segala kelebihan itu.

dan kalo bicara dari sisi fungsi (sama2 mobil ya fungsinya sama), ya ini juga kurang tepat juga. kalo bicara sisi fungsi, rasanya avanza juga udh cukup ngisi di sisi fungsinya. cuma kan emang beli mobil itu adalah satu paket. ya sepaket sasisnya, ya teknologi mesinnya, feel berkendaranya, mgkn juga prestisnya.

sy lbh nyorot knp ada beberapa mobil harga 2ndnya, utk taun ke 5 aja deh. biasa nya udh sparo harga baru nya. kira2 knp ya? mobil yg ga reliable? ato emang pasar yg nentuin?
*kalo pake cth om chz, ya dari kubu hond ya crv. kalo dari kubu tyt ya mgkn xv50 kali ya.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by farizfsa »

tipikal orang berbeda sih tp ya

ada org yang kaya, suka jd org kaya tp dia ga terlalu suka nabung. jd ada duit pasti jd barang, biasanya barang mewah
ada org yang kaya, suka jd org kaya dengan nominal uang yang banyak, biasanya barang2 nya sedehana aja

kalo dalam konteks permobilan, blm lama ini saya kan sewa rumah di jaksel, ternyata owner nya bisa dibilang sangat kaya lah, sudah lama kaya, properti milik dia di daerah senopati, kebayoran baru ada lebih dr 5, di menteng (menteng orkay) ada 3.

orgnya kayanya sederhana, ga mau neko2, padahal biaya saya sewa rumah dibandingkan harta dia paling secuil doang.

dalam konteks permobilan, mobilnya ya hanya toyota2 aja, relatif tahun muda. tidak terlihat mobil super mewah.

agent nya pun tinggal di dharmawangsa/senopati dia sendiri ada 2 rumah, mbl nya hanya hrv lama, beli seken.

jd kalo saya liat, ya intinya sesuaikan kebutuhan ya mereka. mereka juga sudah secured rasanya dgn punya uang banyak jd ga perlu lg menampilkan "saya orang kaya".

tipikal mereka, ada duit, panjerin properti. banyak juga yang saya tau ditinggal warisan rumah di senopati dan area menteng. dia sewakan rumah2 itu sedangkan owner nya sewa rumah biasa aja di daerah bintaro. setahun bs dapet 1 miliaran bersih dan akhirnya beliau ya ga kerja haha. mobilnya innova aja.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

Krucilatoz wrote: Mon Apr 03, 2023 4:46 Kebetulan pernah baca buku, judulnya The Millionaire Next Door, buku jadul sih itu, tahun 1996.
bercerita tentang orang 'biasa' di US yang ternyata net-worthnya bisa berjuta dollar, yang uniknya profesi mereka biasa aja, mulai dari guru, petani, pemadam-kebakaran dst. Ada juga self-employed, atau small-business owner.

Key-point dari buku tersebut (selain 1 chapter berjudul "Frugal frugal frugal") ada di "You aren't what you drive". Intinya, orang-orang tersebut terbiasa dengan punya mobil yg fungsional, malah ketika disurvey ada persentase signifikan dari mereka yg kalau beli mobil sengaja seken.
Tujuannya ga lain untuk fokus meningkatkan wealth mereka, dalam buku tsb disebut sebagai "Positive Accumulator of Wealth - PAW".

Dan, setuju banget dengan om Chz di trit ini, menikmati mobil baru sih boleh, tapi pastikan kurva wealth tetap ke atas :big_smile]
yep om, exactly the point. ini sy liat juga dari profil aki aki penghuni chinatown kota saya yang rumahnya nggak gedong, mobil parkir titip, mungkin cuma innova atau camry tua, tapi giliran ke bank itu satpam hormat grak kasih karpet merah ke lobby bca prio :upss:

aki aki dengan saldo miliaran di kota sy tidak berkeliaran dengan brand new mercedes or alphard... mungkin kalaupun mercedes ya mercedes tua yang dia dulu beli utk self reward. atau alphard gen 1-2 yang gak ganti-ganti meski dia mampu beli brand new royces atau bentley. wkwkwkwkw.

sebelum muncul istilah frugal living, orang-orang ini udah ngelakuin duluan :big_peace: mungkin first car nya aja bukan brand new civic or corolla di masa itu, tapi 2nd hand mitsubishi colt t120 yang dia pake buat kirim barang dengan hire seorang supir terus dia ikut bongkar muat juga wkwkwkwk.

bahkan untuk orang yang saldo nya 30-50 miliar, beli mobil 600 juta brand new kadang nggak make sense.
iamwewe wrote: Mon Apr 03, 2023 6:05 diskusi yg sangat menarik

sy coba discuss di paragraf awal aja ya
untuk common cars (japanese) untuk upgrade dari tipe yang sekarang ke model terbaru. misal CR-V gen 4 ke CR-V gen 5, harus stretch budget sangat lumayan. say kita dulu beli CR-V gen 4 edisi terakhir di 2015 seharga 500 juta-an, sekarang CR-V gen 5 last edition di 660 juta-an. sementara itu CR-V gen 4 kita jual harganya nyungsep tinggal 200 juta-an. artinya kita nambahnya bukan 160 juta, tapi a whopping 460 juta untuk mobil yang secara fungsi sama!

menurut saya sndiri, kenaikan harga ini wajar. bahkan wajar banget. knp? ya om chz sndiri juga ngerasain sndiri kan, perbedaan antar generasi anggep aja gen 4 ke gen 5 crv, perbedaan chassis dan technologinya kaya gimana kan. belum lagi ya gimmick2 kaya panoramic nya. kalo disorot whopping 460jt sih rasanya kurang tepat ya. krn yg di bandingin antar unit bekas dan unit baru. tapi kalo dibandingin dulu edisi terakhir 500jtan dan skrg last edition 660jt, kembali lagi kita sendiri yang timbang2 apakah selisih 160jt ini worth utk segala kelebihan itu.

dan kalo bicara dari sisi fungsi (sama2 mobil ya fungsinya sama), ya ini juga kurang tepat juga. kalo bicara sisi fungsi, rasanya avanza juga udh cukup ngisi di sisi fungsinya. cuma kan emang beli mobil itu adalah satu paket. ya sepaket sasisnya, ya teknologi mesinnya, feel berkendaranya, mgkn juga prestisnya.

sy lbh nyorot knp ada beberapa mobil harga 2ndnya, utk taun ke 5 aja deh. biasa nya udh sparo harga baru nya. kira2 knp ya? mobil yg ga reliable? ato emang pasar yg nentuin?
*kalo pake cth om chz, ya dari kubu hond ya crv. kalo dari kubu tyt ya mgkn xv50 kali ya.
makanya ane tulis di awal disclaimer ini
meski kalau hitung pakai kalkulator inflasi sebenernya masuk akal aja
dan justru paragraf awal itu prolog... makanya jgn cuma disorot itunya aja om :big_peace:

hmmm gimana ngomongnya ya om... ini POV pembeli dan penjual aja sebenernya.

dari sisi pembeli kayak kita nih, kan kita nggak mungkin jual mobil lama kita seharga barunya dulu ya tho? :big_peace: nomboknya udah kayak nambah mobil, padahal kita maunya upgrade loh sebenernya. ane sebagai orang kampung ngerasa kok mending pake mobil lama tapi 460 jutanya daripada ditombokin enak diputer di bisnis atau investasi... improvementnya nggak "segitunya" juga.

ini kan sebenernya saya jg pertanyakan 1 thn lalu apakah improve di civic baru layak klo saya nambahnya segitu? ane rasa nggak sih. se enaknya civic baru, not worth 300mio of my money for the satisfaction. ya dari sisi HPM dia sih cuma nambah 100juta dari price tag, di sisi saya? satisfaction paling nambah 20%, tapi nambah duitnya 300juta. wkwkwkkwkw. ya mending beli 2nd BMW. gimana-gimana puasnya nambah punya mobil 1 lagi.

mau dibilang gimanapun, orang dgn saldo 30 miliar tetep nganggep 300-500 juta itu uang gede. dengan skill dan relasi dia berbisnis 500 juta itu jadi 1.5 miliar in a years time. wkwkwkkw. beats the inflation.

lalu pertanyaan knp mobil >500juta depreciate 50%... ya simply itu kan om... daya beli masyarakatnya di situ-situ aja tapi harga mobilnya meroket terus. ini muternya lagi artinya meski dari sisi penjual naikin harga itu make sense dengan inflasi kenaikan bahan dan improvement, dari sisi pembeli dapetnya mobil yang downgrade terus karena daya belinya blom sampe situ.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Mon Apr 03, 2023 8:07 tipikal orang berbeda sih tp ya

ada org yang kaya, suka jd org kaya tp dia ga terlalu suka nabung. jd ada duit pasti jd barang, biasanya barang mewah
ada org yang kaya, suka jd org kaya dengan nominal uang yang banyak, biasanya barang2 nya sedehana aja

kalo dalam konteks permobilan, blm lama ini saya kan sewa rumah di jaksel, ternyata owner nya bisa dibilang sangat kaya lah, sudah lama kaya, properti milik dia di daerah senopati, kebayoran baru ada lebih dr 5, di menteng (menteng orkay) ada 3.

orgnya kayanya sederhana, ga mau neko2, padahal biaya saya sewa rumah dibandingkan harta dia paling secuil doang.

dalam konteks permobilan, mobilnya ya hanya toyota2 aja, relatif tahun muda. tidak terlihat mobil super mewah.

agent nya pun tinggal di dharmawangsa/senopati dia sendiri ada 2 rumah, mbl nya hanya hrv lama, beli seken.

jd kalo saya liat, ya intinya sesuaikan kebutuhan ya mereka. mereka juga sudah secured rasanya dgn punya uang banyak jd ga perlu lg menampilkan "saya orang kaya".

tipikal mereka, ada duit, panjerin properti. banyak juga yang saya tau ditinggal warisan rumah di senopati dan area menteng. dia sewakan rumah2 itu sedangkan owner nya sewa rumah biasa aja di daerah bintaro. setahun bs dapet 1 miliaran bersih dan akhirnya beliau ya ga kerja haha. mobilnya innova aja.
kadang kalau ane liat itu bawaan dari dulu susah biasa hidup sederhana. wkwkwk. living with bare minimum (ya ini prinsipnya frugal living). mungkin mobil yang dy pake sekarang blom tentu belinya baru karena sayang dan dulu ga ada duitnya. wkwkwkkww.

ga berasa saldo muter di bisnis udah em em an. tapi karena mobil innova tuanya belum rusak, ya udah dipake aja terus. pokoknya tiap supirnya ke a2k udah pasti tau itu mobil dia :mky_07:

beli mobil mewah itu biasa lebih ke nyenengin anak istri, atau self reward aja tapi habis itu ya udah kerja tetep pake itu innova tua.

yang enak kalo beli mobil dari orang2 gini, nego nggak alot dan rata-rata pasti good condition barang cuma dipanasin ama supirnya. :big_grin: mungkin kondisinya jauh lebih pristine daripada unit kang goreng di instagram dengan harga paling 20% lebih murah..
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by b0ku »

disitu kadang saya malah segen kalo nemu bapak2x pake mobil butut mulus terus keluar2x bajunya rapi apalagi kalo pake supir lsg dalam hati OKL dateng :mky_07:
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by fansdiesel »

kalo small business owner
buka toko biasanya mobilnya emang gak perlu mencolok

tapi bisnis dan profesi tertentu gak bisa frugal karena perlu image , networking , perlu show off dan zero downtime... gak lucu lagi mau meeting penting tiba tiba mobil mogok dijalan .....
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by lamatlancah »

fansdiesel wrote: Mon Apr 03, 2023 8:54 kalo small business owner
buka toko biasanya mobilnya emang gak perlu mencolok

tapi bisnis dan profesi tertentu gak bisa frugal karena perlu image , networking , perlu show off dan zero downtime... gak lucu lagi mau meeting penting tiba tiba mobil mogok dijalan .....
nah ini bener.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by farizfsa »

fansdiesel wrote: Mon Apr 03, 2023 8:54 kalo small business owner
buka toko biasanya mobilnya emang gak perlu mencolok

tapi bisnis dan profesi tertentu gak bisa frugal karena perlu image , networking , perlu show off dan zero downtime... gak lucu lagi mau meeting penting tiba tiba mobil mogok dijalan .....
Ini bener jg, karena blk lg cars atau kendaraan itu tools, ga lebih dr itu harusnya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by timbermaniac123 »

fansdiesel wrote: Mon Apr 03, 2023 8:54 kalo small business owner
buka toko biasanya mobilnya emang gak perlu mencolok

tapi bisnis dan profesi tertentu gak bisa frugal karena perlu image , networking , perlu show off dan zero downtime... gak lucu lagi mau meeting penting tiba tiba mobil mogok dijalan .....
kalau pengusaha biasanya mobilnya ga mau mencolok karena takut dikira kegedean makan cuannya.

kalau yang berhubungan dengan bidang jasa, harus show off sesuai bidangnya. Misal kontraktor saya lihat lebih berwibawa kalau bawa hilux / anf / anps. Kalau lawyer bawa sedan mewah. Kalau berhubungan sama pemerintahan harus totalitas kali ya biar ga diremehin.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Mon Apr 03, 2023 8:08 makanya ane tulis di awal disclaimer ini
meski kalau hitung pakai kalkulator inflasi sebenernya masuk akal aja
dan justru paragraf awal itu prolog... makanya jgn cuma disorot itunya aja om :big_peace:

hmmm gimana ngomongnya ya om... ini POV pembeli dan penjual aja sebenernya.

dari sisi pembeli kayak kita nih, kan kita nggak mungkin jual mobil lama kita seharga barunya dulu ya tho? :big_peace: nomboknya udah kayak nambah mobil, padahal kita maunya upgrade loh sebenernya. ane sebagai orang kampung ngerasa kok mending pake mobil lama tapi 460 jutanya daripada ditombokin enak diputer di bisnis atau investasi... improvementnya nggak "segitunya" juga.

ini kan sebenernya saya jg pertanyakan 1 thn lalu apakah improve di civic baru layak klo saya nambahnya segitu? ane rasa nggak sih. se enaknya civic baru, not worth 300mio of my money for the satisfaction. ya dari sisi HPM dia sih cuma nambah 100juta dari price tag, di sisi saya? satisfaction paling nambah 20%, tapi nambah duitnya 300juta. wkwkwkkwkw. ya mending beli 2nd BMW. gimana-gimana puasnya nambah punya mobil 1 lagi.

mau dibilang gimanapun, orang dgn saldo 30 miliar tetep nganggep 300-500 juta itu uang gede. dengan skill dan relasi dia berbisnis 500 juta itu jadi 1.5 miliar in a years time. wkwkwkkw. beats the inflation.

lalu pertanyaan knp mobil >500juta depreciate 50%... ya simply itu kan om... daya beli masyarakatnya di situ-situ aja tapi harga mobilnya meroket terus. ini muternya lagi artinya meski dari sisi penjual naikin harga itu make sense dengan inflasi kenaikan bahan dan improvement, dari sisi pembeli dapetnya mobil yang downgrade terus karena daya belinya blom sampe situ.

mgkn ini yg namanya saya kena clickbait kali ya wkwkw. kalo dibaca selisihnya gitu waw banget soalnya, padahal yg dibandingin ya emang mobil bekas dan mobil baru. ditambah lagi yg dibandingin case diatas ya crv. makin2 dah.

kalo bicara civic dulu waktu keluar all new FE, ya mau gk mau kita compare ke altis dong. emang kalo dulu dibandingin, gile ngeri banget perbedaannya. bahkan dibanding sama altis hybrid sekalipun, jaraknya jauh banget padahal corolla dan civic selalu di kelas yg sama. lalu dicompare ke camry TNGA, apalagi pas kena penyesuaian pajak sedan, makin bingung lagi. kok gak beda jauh sama camry tnga. khusus case civic, emang sy juga bertanya2, apa emang seworth itu? nah anehnya skrg altis hybrid jadi mepet banget sama FE. tau dah gmn justifikasi nya wkkww.

jawaban menarik. berarti daya beli ya jawabannya. sangat masuk akal. emang sih berdasarkan data 10 penjualan mobil terlaris bulanan, biasa emang di range yg paling mahal hrv ya. anggep aja SE, max 400jt kali ya. anomali di innova aja paling wkwkwkw
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by kendibocor »

Kalo masyarakat umum kebanyakan ya gara2 social pressure dan fomo. Liat tetangga beli mobil baru ikutan panas mau beli jg. Tetangga renov rumah ikutan jg renov rumah. Kebanyakan yg kaya gini ya kaum middle class. Kalo OKL2 mah hidupnya uda established, ga perlu pengakuan social lagi semua relasinya tau dia orkay.

Masalah kebiasaan ganti mobil 5 thn banyak banget faktornya. Mulai dari produsen mobil yg emang biasanya major change di tahun ke 5-7, warranty yg biasanya jg cuma 3-5thn, atau kebiasaan anggapan bahwa mobil >100rb km itu uda mobil capek. Ada 1 lg yg cukup kuat doktrinasinya itu dari keluarga terutama ortu. Saya salah satu yg kedoktrin dari dulu pake mobil jepang max 5 thn, eropa 6-7thn. Ini uda kebiasaan bokap dari dulu. Anggapannya mobil usia segitu ya uda rewel n pasti banyak perbaikan. Doktrinasi kaya gini bwat ane pribadi sih kuat bener pengaruhnya sampe ane bisa beli mbl sendiri. Entah berapapun ruginya mobil lama dijual, atau mau turun kelas kek, pokoknya tahun kelima ya ganti mbl baru. Sampe brp tahun lalu ngejual salah satu mbl n bingung mau ganti apa, duit jg agak pas2an. Iseng2 nyoba beli mobkas tahun agak lebih tua dikit tp naek kelas. Dari situ "iman" kayak kebuka kalo mobil usia >5thn itu masih enak buanget tanpa keluar duit banyak2. Sejak saat itu males beli mobil baru kalo bwat pribadi. Terakhir beli mbl baru 2017 kemaren bwat mobil perang. Mobil bwat seneng2 pas weekend malahan belinya 2nd trus uda 3 thn ini. Kalo buat istri, ortu sampe sekarang ya masi mau gamau beli mbl baru sebab mereka ya cuma ngertinya isi bensin n pakai doang. Bakalan rewel kalo mobilnya masuk2 bengkel.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Aswajr »

kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2023 10:40 Kalo masyarakat umum kebanyakan ya gara2 social pressure dan fomo. Liat tetangga beli mobil baru ikutan panas mau beli jg. Tetangga renov rumah ikutan jg renov rumah. Kebanyakan yg kaya gini ya kaum middle class. Kalo OKL2 mah hidupnya uda established, ga perlu pengakuan social lagi semua relasinya tau dia orkay.

Masalah kebiasaan ganti mobil 5 thn banyak banget faktornya. Mulai dari produsen mobil yg emang biasanya major change di tahun ke 5-7, warranty yg biasanya jg cuma 3-5thn, atau kebiasaan anggapan bahwa mobil >100rb km itu uda mobil capek. Ada 1 lg yg cukup kuat doktrinasinya itu dari keluarga terutama ortu. Saya salah satu yg kedoktrin dari dulu pake mobil jepang max 5 thn, eropa 6-7thn. Ini uda kebiasaan bokap dari dulu. Anggapannya mobil usia segitu ya uda rewel n pasti banyak perbaikan. Doktrinasi kaya gini bwat ane pribadi sih kuat bener pengaruhnya sampe ane bisa beli mbl sendiri. Entah berapapun ruginya mobil lama dijual, atau mau turun kelas kek, pokoknya tahun kelima ya ganti mbl baru. Sampe brp tahun lalu ngejual salah satu mbl n bingung mau ganti apa, duit jg agak pas2an. Iseng2 nyoba beli mobkas tahun agak lebih tua dikit tp naek kelas. Dari situ "iman" kayak kebuka kalo mobil usia >5thn itu masih enak buanget tanpa keluar duit banyak2. Sejak saat itu males beli mobil baru kalo bwat pribadi. Terakhir beli mbl baru 2017 kemaren bwat mobil perang. Mobil bwat seneng2 pas weekend malahan belinya 2nd trus uda 3 thn ini. Kalo buat istri, ortu sampe sekarang ya masi mau gamau beli mbl baru sebab mereka ya cuma ngertinya isi bensin n pakai doang. Bakalan rewel kalo mobilnya masuk2 bengkel.
padahal mobil jepang yang terkenal bisa sampe puluhan tahun yah, malah terbalik eropa yang lebih lama persepsinya..
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by mike22 »

Puji Tuhan ada yg menangkat topik yang sangat relate dengan masalah pasca pandemi : inflasi. I have to say that ini diperparah oleh bursa mobil bekas digital dan agresifnya leasing mobil bekas dalam menawarkan "kemudahan" pembayaran.
.
Contoh dari titik bawah aja, tahun lalu saya ada urgensi harus ada mobil krn pekerjaan, sy nyari yg dibawah 100 jt kondisi siap pakai tapi non-lcgc, akhirnya saya dapat unit limo ex PT unit kantor yg dijual di showroom (salah satu anak usaha PT itu jg) dengan harga 75 wajib kredit di leasing anak usahanya PT itu juga 🥰 . Sbenarnya ada puluhan unit batal pakai jg yg km nya masih 300-500 perak, tp di harga 105.
Lalu ternyata tahun ini, limo ex burung biru dijual di harga 90 (sama2 plat B, sama2 2015). Edan. Mobil kosongan tahun lama aja bisa naik lho, bukan mobil keluarga/mobil barang.
This is not gonna happen in malaysia, yah enak sih disana mobil rekondisi ex jepang bebas masuk jd ga ada cerita harga seken alphard bisa naik 😛
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by hackers11 »

Same sih.
Selama covid ringan amat ganti mobil semudah bernafas [emoji28][emoji28]
Sekarang settle di Rocky aja. Modif2 juga ditahan kecuali looks dan fungsi. Masih lbh murah biaya mobil+modif drpd harga pricelist baru ini mobil.

Dulu senang bgt liat mobil keren/canggih. Sekarang lebih senang liat tabungan dan aset growing.
Somehow still dreaming pension di 45 tahun. Let's see...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by kendibocor »

Aswajr wrote: Mon Apr 03, 2023 10:49
padahal mobil jepang yang terkenal bisa sampe puluhan tahun yah, malah terbalik eropa yang lebih lama persepsinya..
Di keep lebih lama karena harga aja om mobil eropa lebih mahal pas belinya trus kebanyakan major change jg 7 tahunan n biasanya jd garage queen. Kalo mbl jepang kebanyakan jd mobil capek, anter ke pabrik, anter adek sekolah, ke pasar, dll. Dlu kebanyakan malah 3 tahunan dijual, odo bisa 80rb km.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Aswajr »

kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2023 12:42
Aswajr wrote: Mon Apr 03, 2023 10:49
padahal mobil jepang yang terkenal bisa sampe puluhan tahun yah, malah terbalik eropa yang lebih lama persepsinya..
Di keep lebih lama karena harga aja om mobil eropa lebih mahal pas belinya trus kebanyakan major change jg 7 tahunan n biasanya jd garage queen. Kalo mbl jepang kebanyakan jd mobil capek, anter ke pabrik, anter adek sekolah, ke pasar, dll. Dlu kebanyakan malah 3 tahunan dijual, odo bisa 80rb km.
sama kaya seberang rumah om, mobil Mercynya ga pernah keluar..ditaro aja di carport, eh velgnya bisa rusak..velg loh yang rusak suer aneh banget...bukan electricty, aki, dll..
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by kendibocor »

Aswajr wrote: Mon Apr 03, 2023 12:45
kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2023 12:42
Aswajr wrote: Mon Apr 03, 2023 10:49
padahal mobil jepang yang terkenal bisa sampe puluhan tahun yah, malah terbalik eropa yang lebih lama persepsinya..
Di keep lebih lama karena harga aja om mobil eropa lebih mahal pas belinya trus kebanyakan major change jg 7 tahunan n biasanya jd garage queen. Kalo mbl jepang kebanyakan jd mobil capek, anter ke pabrik, anter adek sekolah, ke pasar, dll. Dlu kebanyakan malah 3 tahunan dijual, odo bisa 80rb km.
sama kaya seberang rumah om, mobil Mercynya ga pernah keluar..ditaro aja di carport, eh velgnya bisa rusak..velg loh yang rusak suer aneh banget...bukan electricty, aki, dll..
Dlu pertama bokap punya merc W124. Super disayang kaya anak sendiri. Jarang banget keluar, saking ga pernah keluarnya sampe 2-3 bulan ban berasa ga bulet pas jalan :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by MSU »

Pake merk V longterm...cukup unik sih ni orang...kebanyakan orang pegang brand jepang utk longterm haha...
Btw soal mobil ini memang kadang bikin galau..misal punya budget 120jt...mending avxen tahun rada baru atau innova tahun rada lama tp low km atau malah dpt brand eropa image mewah di jamannya
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Venturtle »

Sekarang makin malas lihat mobil mobil baru zaman now.. harga makin mahal gak masuk akal, kualitas material downgrade.. kualitas parts gak seawet mayoritas mobil mobil dibawah tahun 2012..
Coba mobil sana sini, terasa kok mayoritas sekarang jualan fitur..banyak kok mobil yang model barunya malah makin ga enak naikannya daripada model lama..
Kalo gak untuk kebutuhan/senang nyetir/hobi mobil/benar benar disuka sampai gak bisa tidur 7 hari 7 malam, mending sebisa mungkin pertahankan mobil lama saja kalo masih sehat mobilnya.. sedih bener mobil usia dibawah 5 tahun masih segar bugar, secondnya nyungsep dan ditawar sadis pedagang mobil bekas.. pas lihat harga mobil baru yang modelnya sama persis (paling cuma facelift), uda beda sekian ratus juta..lama lama mobil akan kembali menjadi barang mewah :ungg:

Opini pribadi, belum saatnya Medium SUV melewati harga psikologis 500 jutaan (setelah diskon).. ngeri bener kalo Medium SUV saja mau 600,700,800 jt..mending untuk kebutuhan yang lain kecuali duitnya kebanyakan :big_peace:

Oh ya, sesuaikan juga jumlah mobil dengan jumlah slot parkir pribadi kalau tidak mau disumpah serapahi sama tetangga sekitar :mky_05:
Mending duitnya beli dulu rumah yang lebih besar dan dapat menampung jumlah mobil yang diinginkan sebelum membeli mobil mobilnya :big_okay:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by kendibocor »

Venturtle wrote: Mon Apr 03, 2023 13:54 Sekarang makin malas lihat mobil mobil baru zaman now.. harga makin mahal gak masuk akal, kualitas material downgrade.. kualitas parts gak seawet mayoritas mobil mobil dibawah tahun 2012..
Coba mobil sana sini, terasa kok mayoritas sekarang jualan fitur..banyak kok mobil yang model barunya malah makin ga enak naikannya daripada model lama..
Kalo gak untuk kebutuhan/senang nyetir/hobi mobil/benar benar disuka sampai gak bisa tidur 7 hari 7 malam, mending sebisa mungkin pertahankan mobil lama saja kalo masih sehat mobilnya.. sedih bener mobil usia dibawah 5 tahun masih segar bugar, secondnya nyungsep dan ditawar sadis pedagang mobil bekas.. pas lihat harga mobil baru yang modelnya sama persis (paling cuma facelift), uda beda sekian ratus juta..lama lama mobil akan kembali menjadi barang mewah :ungg:

Opini pribadi, belum saatnya Medium SUV melewati harga psikologis 500 jutaan (setelah diskon).. ngeri bener kalo Medium SUV saja mau 600,700,800 jt..mending untuk kebutuhan yang lain kecuali duitnya kebanyakan :big_peace:

Oh ya, sesuaikan juga jumlah mobil dengan jumlah slot parkir pribadi kalau tidak mau disumpah serapahi sama tetangga sekitar :mky_05:
Mending duitnya beli dulu rumah yang lebih besar dan dapat menampung jumlah mobil yang diinginkan sebelum membeli mobil mobilnya :big_okay:
:mky_03:
Beli mobil murah n gampang om, beli rumah susahhhh....
Mo yg muat 2 mbl di carpot daerah pinggiran jkt (bsd, bekasi) uda kepala 2-3M semua. Kalo mbl kan relatif lebih murah. Beli hrv aja 400jt uda termazuk mevvah sekarang. Ketemu relasi dianggap lumayan berduit lah. Kalo rumah kan ga ada yg tau dimana selama ga bertamu. Yg prinsipnya kaya gini banyak. Blm lagi kalo beli rumah pertimbangannya bisa seribu. Harus madap timur lah, mau yg jalan depannya gede, keamanan terjamin, bebas banjir, akses gampang, ga macet dll dll dll lama2 syaratnya makin panjang n bisa rumahnya cuman bisa ktmu di kompleks surga :big_biglaugh:

Kebetulan gw beberapa properti invest sekalian disewa2in. Di pik 2 ada apt cuman tipe studio sih. Daerahnya masi blm gitu rame kan. Kemaren kesewa cuman 13jt, pikir2 drpd kosong sayang bayar IPL ya gw sewain aja murah2 sama anak muda perantauan dari sumatra. Pas begitu nemenin dia daftar parkir mbl, mobilnya F10 pre LCI dong. Ga perhatiin tahun brp tp kurleb ya F10 200-300jt an lah, harusnya uda bisa dong beli apt sendiri. Gatau pertimbangannya apa ya lebih milih beli mbl tp ngontrak tempat tinggal dibanding beli tempat tinggal dlu. Entah kebutuhan atau sekedar gengsi, who knows.

Di bsd jg ada rumah dlu beli harga pasaran di cluster tsb 1,5an. Ada 1 rumah segang ma gw, mobilnya alphard, pajero, sama innova. Padahal carport muat 1 mbl doang. Harga mobil lebih mahal drpd rumah :big_biglaugh:

Malahan ini antitesis dari frugal living. Tp kelihatannya sih malah penganut prinsip YOLO kaya gini yg banyak. Makanya mobil baru tetep aja banyak kan di jalan, walaupun makin bergeser levelnya. Dulu tahun 2005-2015 masih sering banget liat crv baru, fortuner baru di jalan. Sekarang ya LCGC maning LCGC maning. Mentok2 lmpv. Liat crv or fortuner baru blm tentu 1 minggu sekali yg plat 2021-23.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by darrelund »

bener kata om chz, selama masih banyak kaum lembiru yg 5th ganti mobil baru.

masih enak dapat mobkas yg relatif seger

contohnya ini: https://www.mobil123.com/dijual/honda-a ... a/11716641

550jt sudah dapat accord CV, civic FE sudah 600jt+ sekarang

harga turun, kepuasan naik :big_biglaugh:

28rb geli" lah buat jepangan
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by zonepublic »

Sekarang di situs2 jual beli banyak yg ngejualin mobil terutama CC besar (15xx cc keatas) tahun2 lama,5-20 tahun terakhir
Best offer banget,harganya sudah cukup jatuh banyak
Lihat tuh situs2 jual beli mobil saking banyaknya pilihan sampe bingung mau tuker yang mana ada civic fd,honda accord,alphard,odyssey,crv
Crv gen 2 dengan jazz gd3 aja harganya bahkan tinggi jazz gd3
Padahal barunya dulu harga crv 2x harga jazz
Kemarin aja saya sempat tertarik mau ambil crv 2.4 2011 yg kmnya belum nyentuh 100ribu di harga yang sama dengan jazz ge8 2011 yang kmnya sudah gondrong di atas 100ribuan
Tapi balik lagi ke pertimbangan maintenancenya
Cek lagi deh mobil2 lcgc macam brio,agya,ayla,calya,sigra,karimun yg umurnya baru 5 tahun aja kilometernya udah gondrong(bisa 20ribu/tahun) dan harga bekasnya malah jauh lebih bertahan
Dan mobil2 yg sanggup pake solar busuk macam innova 2kd,2gd malah pada naik harga
Orang indo masih butuh mobil untuk harian (anti panas anti hujan) dengan biaya maintenance serendah mungkin bila perlu cukup isi bahan bakar aja jalan,apalagi rakyat indo masih belum bisa lepas dari subsidi bahan bakar
Itulah kenapa mobil cc>1500 jeblok semua harganya
Indonesia beda dengan negara luar (negara paman sam misalnya) disana orang2 suka nyimpan truck/muscle car ber cc besar mereka sanggup beli bahan bakarnya padahal mobil di sana harganya jauh lebih murah daripada di indonesia
Disini orang banyak yang tidak sanggup beli bahan bakar non subsidi (kalo pemerintah jadi menerapkan pembatasan bbm) lihat aja nanti pasti jalanan akan lebih sepi dan bisa jadi anda akan kaget banyak orang2 kaya akan pake lcgc
Karena sejak pemerintah naikin solar&pertalite tahun lalu aja cukup berefek ke pengguna mobil kok,di kota saya sudah berasa lebih sepi jalanan di jam2 tertentu
Jadi kalo mau simpan mobil enak (namanya mobil enak memang cc besar,krn kenyamanan nambah bobot mobil) ya siap2 aja buat perawatan& ngasih minumnya karena ngasih minum dalam jangka panjang jujur berasa di kantong kok
Kalau soal banyak orang ganti mobil per 5 tahun dari pengalaman teman yg "dulu mampu beli sampai punya prinsip itu" mereka cenderung menghindari kerepotan untuk servis/perbaikan mobil karena waktu mereka lebih berharga daripada harga mobilnya,tapi sekarang teman saya itu pendapatannya sudah jauh dibawah 10 tahun lalu,jadinya sejak 2012 dia belom ada kepikiran mau ganti mobil
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: Mon Apr 03, 2023 14:49
Venturtle wrote: Mon Apr 03, 2023 13:54 Sekarang makin malas lihat mobil mobil baru zaman now.. harga makin mahal gak masuk akal, kualitas material downgrade.. kualitas parts gak seawet mayoritas mobil mobil dibawah tahun 2012..
Coba mobil sana sini, terasa kok mayoritas sekarang jualan fitur..banyak kok mobil yang model barunya malah makin ga enak naikannya daripada model lama..
Kalo gak untuk kebutuhan/senang nyetir/hobi mobil/benar benar disuka sampai gak bisa tidur 7 hari 7 malam, mending sebisa mungkin pertahankan mobil lama saja kalo masih sehat mobilnya.. sedih bener mobil usia dibawah 5 tahun masih segar bugar, secondnya nyungsep dan ditawar sadis pedagang mobil bekas.. pas lihat harga mobil baru yang modelnya sama persis (paling cuma facelift), uda beda sekian ratus juta..lama lama mobil akan kembali menjadi barang mewah :ungg:

Opini pribadi, belum saatnya Medium SUV melewati harga psikologis 500 jutaan (setelah diskon).. ngeri bener kalo Medium SUV saja mau 600,700,800 jt..mending untuk kebutuhan yang lain kecuali duitnya kebanyakan :big_peace:

Oh ya, sesuaikan juga jumlah mobil dengan jumlah slot parkir pribadi kalau tidak mau disumpah serapahi sama tetangga sekitar :mky_05:
Mending duitnya beli dulu rumah yang lebih besar dan dapat menampung jumlah mobil yang diinginkan sebelum membeli mobil mobilnya :big_okay:
:mky_03:
Beli mobil murah n gampang om, beli rumah susahhhh....
Mo yg muat 2 mbl di carpot daerah pinggiran jkt (bsd, bekasi) uda kepala 2-3M semua. Kalo mbl kan relatif lebih murah. Beli hrv aja 400jt uda termazuk mevvah sekarang. Ketemu relasi dianggap lumayan berduit lah. Kalo rumah kan ga ada yg tau dimana selama ga bertamu. Yg prinsipnya kaya gini banyak. Blm lagi kalo beli rumah pertimbangannya bisa seribu. Harus madap timur lah, mau yg jalan depannya gede, keamanan terjamin, bebas banjir, akses gampang, ga macet dll dll dll lama2 syaratnya makin panjang n bisa rumahnya cuman bisa ktmu di kompleks surga :big_biglaugh:

Kebetulan gw beberapa properti invest sekalian disewa2in. Di pik 2 ada apt cuman tipe studio sih. Daerahnya masi blm gitu rame kan. Kemaren kesewa cuman 13jt, pikir2 drpd kosong sayang bayar IPL ya gw sewain aja murah2 sama anak muda perantauan dari sumatra. Pas begitu nemenin dia daftar parkir mbl, mobilnya F10 pre LCI dong. Ga perhatiin tahun brp tp kurleb ya F10 200-300jt an lah, harusnya uda bisa dong beli apt sendiri. Gatau pertimbangannya apa ya lebih milih beli mbl tp ngontrak tempat tinggal dibanding beli tempat tinggal dlu. Entah kebutuhan atau sekedar gengsi, who knows.

Di bsd jg ada rumah dlu beli harga pasaran di cluster tsb 1,5an. Ada 1 rumah segang ma gw, mobilnya alphard, pajero, sama innova. Padahal carport muat 1 mbl doang. Harga mobil lebih mahal drpd rumah :big_biglaugh:

Malahan ini antitesis dari frugal living. Tp kelihatannya sih malah penganut prinsip YOLO kaya gini yg banyak. Makanya mobil baru tetep aja banyak kan di jalan, walaupun makin bergeser levelnya. Dulu tahun 2005-2015 masih sering banget liat crv baru, fortuner baru di jalan. Sekarang ya LCGC maning LCGC maning. Mentok2 lmpv. Liat crv or fortuner baru blm tentu 1 minggu sekali yg plat 2021-23.
Sewa tempat tinggal itu bisa menguntungkan juga, karena di indo yield harga sewa lumayan rendah dibandingkan dgn harga ril propertinya. Sy sewa padahal ada apt, uang apt saya pake buay sewa rumah yg lebih luas dan besar

Apartemen plg cuma 5%, sy sewa rumah aja cm 2.3% hahaha

Beli properti kl kebutuhan tdk sesuai malah jd beban, dr perawatan, iuran, pajak, dll. Sy pernah baca, properti ga bs dijadikan investasi kl tidak menghasilkan

Apt saya aja banyak yg harganya malah turun atau ga naik2 dr beli
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)