[Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

[Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by zonepublic »

Pengen tahu apa sih mobil harian yang secara keseluruhan irit buat daily use kalian jelaskan secara subjektif sehingga sebisa mempengaruhi pembaca untuk membeli dan menggunakan
Mobil bebas mau bilang mercy S class,BMW seri 5 irit juga gpp tapi please persuade me,kenapa bisa irit
Saya open ya
Dari berbagai macam mobil yang saya gunakan mobil yang menurut saya paling overall irit secara overall yaitu Suzuki Ignis GX AGS
Alasan
1 dengan jarak tempuh harian dalam kota-luar kota tapi banyak dalam kotanya sekitar 100-200km/hari konsumsi bbm dalkot 1:14-16 lukot tol transjawabahn 1:25
Jenis BBM Pertamax ya (kayanya klo turun ke premium/pertalite pasti ngelitik deh,pengalaman di suzuki splash 4AT diisi premium kedengeran kok ngelitiknya,kayanya mesinnya Suzuki mmg minimal harus minum pertamax baru layak guna kurang suka naik mobil yg mesinnya ngelitik tiap akselerasi,kuping gatel)
2 transmisi AGS memang aneh tapi perawatannya murah,tiap 20ribu km ganti oli transmisi aja cuma habis 70-80ribuan kalo oli matic atf minimal untuk ganti aja bukan kuras habis 400-500ribuan,kalo cvt ga tahu belum pernah ganti (asumsi interval ganti oli transmisi sama2 20ribu karena mobil dipake dan dirawat bener)
3 ganti oli+filter per 10ribu km paling habis 400ribu (oli 350ribu+filter 35ribu)
Dengan kondisi seperti itu sangat tidak ragu untuk servis di beres suzuki
4 waktu beli bekas tahun 2019 dapat unit tahun 2018 dapat di harga 135 juta rupiah km 12ribu overall kondisi oke dapet unit udah full option ,headlamp,udah drl,LED,ac digital climate control,head unit sudah pake touchscreen tanpa tombol,ada tombol steering switch,start stop engine,keyless tanpa anak kunci,kursi ada height adjuster,speedometer semi digital,menurut saya best buy sekali
5 mobil N/A digeber di tol sanggup lari max 175kph
6 awalnya sempat mau ambil brio lagi tapi 2013 pernah punya brio dan sangat tidak suka bantingannya klo kena jalan rusak kaya mau patah kakinya,keras abis,sedangkan ignis ini suspensinya empuk,peredamannya juga lebih baik dari brio
Silakan lanjutkan jika ada pendapat lain
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by KielConstantine »

Seru nih ngebahas mobil irit daily use

Ga bisa kasih point2 ky om diatas .

Cumannn . . .
Ane akhir-akhir ini lg penasaran & lg riset kecil2an sama diesel modern eropa. Macem 320d ; 520d ; X5 25d; merc e class 220d :mky_06:

Soalnya bulan lalu sempet jalan2 ke thailand. Wong2 tajir disana mobil eropanya banyak bgt yg pake diesel. Trus di daily use gitu hari biasa weekdays sering bener ktemu gerombolan diatas.

Ketambahan lagi (yg kg ada di indo) cls 250d; merc glc diesel; gle diesel pada buat macet2 an di bangkok tuh klo rush hour wkwk. Jarang bgt nemu yg pure gasoline. Hybrid lumayan bnyk jg ketemu, malah mobil rental disana banyak pake camry hybrid & accord hybrid buat jadi fleet
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by farizfsa »

Budget nya berapa?

Butuh irit nya dalam kategori mbl apa jg?

Irit itu relatif wkwkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by zonepublic »

farizfsa wrote: Sun Apr 23, 2023 20:20 Budget nya berapa?

Butuh irit nya dalam kategori mbl apa jg?

Irit itu relatif wkwkwk
Oleh karena itu saya buka topik ini,memang relatif,value kan subjektif,anda tinggal di dubai pakai ferrari mau berargumen irit dengan alasan kenyamanan,kecepatan juga boleh kok,krn kriterianya subjektif
Bujet bebas,yang penting anda pernah punya jadi penilaian subjektifnya jelas dengan pengalamannya
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by fenrir »

itu di utube ayla trim 1.2 yang matic bisa dapet 33.2 km/l, mesin 1.2 modern + cipiti + velg kecil jadi andalan.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by trebla88 »

Ags ignis uda pling irit klo lancar tol dan dalkot, di klas 100jt-150tan 2nd klo filter olx harga
Cuma ndut2an nya yg bikin kesel klo creeping
Oli ags nya ga ngotak ,ganti per 40rb km

Pnasaran ma dualjet nya k10c espresso
Soalnya ignis di india sana uda ada yg dualjetnya jg
Harusnya teori lbih irit dikit
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by wicaksono99 »

Mobil hemat dan muat banyak versi saya terbukti proven dipakai daily (mobilitas sekitar 185km per hari). Suzuki all new ertiga suzuki sport CNG. Kenapa?
1. LMPV dengan kabin luas dengan tambahan konverter kit CNG, bagasi belakang muat tabung gede isi 16liter CNG tanpa kendala. Bawa penumpang full 7-8 orang masih muat sekali bawa dan posisi kursi relax, tapi dengan mode seperti ini bagasi belakang tinggal sisa 1/4 kompartemen buat taruh barang. Mode baris 3 dilipat masih muat 6 galon aqua dengan masih nyisa sedikit ruang kosong, masih bisa 9 sebenernya kalau tabung CNG sudah dikasih bordes pelindung.
2. Keiiritan macet parah sekitar 1:11, kombinasi 1:14~15. Itu pakai CNG yang harganya 4500/LSP. Bensin cuma 1 bulan sekali isi pertalite 120rb dah cukup. Rata2 per hari jalan 185~200km keluar duit buat isi CNG sekitar 60-65rb. Ini yg disebut mini daily cost dapetnya maxi.
3. Cost perawatan ya standar seperti mobil2 lainnya, yang ngebedain paling kapasitas oli yg minim hanya butuh 3,1liter dengan pergantian filter. Cost perawatan konverter kit? Murah.. Ganti filter low pressure sekitar 100rb (20rb km). Semua2nya saya tangani sendiri termasuk mapping ECU CNGnya. Karna pakai CNG, benefit lainnya adalah oli mesin lebih bersih (masa pakai bisa extend lebih lama), ruang bakar bersih (gak ninggalin kerak) otomatis sampe skrng 105rb km gak pernah tune up masih greng terus, CC knalpot gak mampet karna ga ada residu pembakaran, suara mesin jauh lebih halus dibanding pakai bensin.
4. Pakai CNG sanggup digeber 170km/jam. Akselerasi khusus di mobil saya lancar jaya, tidak tersendat2, responsif, tanjakan gak loyo. Kebetulan kemarin saya ambil video pas sepi di tanjakan flyover casablanca

Kira2 begitulah mobil keluarga yang irit dan hemat versi saya. :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by kendibocor »

Mbl daily kebetulan ada 2, Bmw F30 sama mazda 2. Kalo mo dibilang irit atau nggak relatif sih ya. Jarak rumah-tempat kerja pp ane buletin aja 50km (pergi 29km karena muter dikit lewat tol, plg 22km lewat jalan biasa) Ane coba breakdown disini:

1. Mazda 2 sky
FC di mid 1:14 jadi bensin 3,6 ltr x 13.300 (pertamax) Jadi sehari 47.880. Ganti oli tiap 6 bln/7rb km+filter kurleb 700rb. Oli transmisi kemaren odo 40rb tap drain doang 3 liter. Sama jasa sekitaran 1 jt. Pajak + asuransi sekitar 7-8jt an.

2. BMW F30
FC di mid 1:11,5 jadi tiap hari 4,3 ltr x 15.100 (shell nitro) jadi sehari 64.900. Ganti oli+filter biasa di odo 10rb / 1 thn sekitar 2 jt. Oli transmisi blm ganti dari awal tp ini uda waktunya ganti sesuai rekomendasi zf uda minta quotationnya di salah satu bengkel spesialis kena 5,6 jt. Pajak + asuransi sekitar 15 jt an.

Mazda kalo liat pure FC doang lumayan irit sih tp maintenancenya ga bs dibilang murah. Selama ini service di beres biayanya mirip2 dlu ane service crv rm, malah kadang lebih mahal.

Dari 2 mbl itu ane pake gantian tergantung mood dan waktu kerja (kadang berangkat pagi, kadang siang). Kalo lg berangkat pagi n liat di gugel map kosong, lebih sering pake biem karena enak masih sepi. Kalo berangkat siang n macet ya pake mazda.

Kalo ditanya urit nggak, ya dua2nya boros sih. 1 boros di maintenance, 1 lg boros di bbm+maintenance. Tiap melipir ke pom bensin rasanya pgn ane jual tuh mbl ganti wulink ev. Tp pikir2 lg, kerja uda capek n self healing ane sebenernya ya nyetir (kalo pas ga macet ya) jadi kayaknya ane bakalan stress deh kalo ganti mbl yg hanya sekedar mobil untuk transport yg ane ga happy tiap bawanya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by ChZ »

Kalau ngomong irit secara menyeluruh, artinya tdk hanya irit by mpg (km/l) karena definite answer pasti hybrid atau electric. Tapi tentu 300jt (minus subsidy) untuk sebuah wuling air ev, buat sy nggak jadi irit itu namanya (dan harus upgrade listrik rumah biar kuat cas).

Tapi jg gak bikin lantas mobil citycar masuk irit kriteria saya. Krn lagi2 buat sy proper car itu harus nyaman juga. Terlalu gampang jawabannya kalo agya ayla brio. Mohon maaf kl yang punya agya ayla brio, belinya krn kondisi keuangan. Kalo ditanya pasti jg kepengen mobil yang lebih enak.

SUV jelas tdk karena ukuran ban besar mpg pasti jelek dan harga ban mahal.

So lemme answer jawaban kurang umum : honda civic FB. Ane bahkan kasih dy julukan honda corolla krn karakternya lbh ke corolla drpd civic.

9-10 kml urban, 13 kml mixed tol dan urban.
Part murah (cheaper than M15 gen suzuki SX4/Swift). Kaki kaki kuat.
Suspensi independen nyaman stabil buat luar kota. Lebih enak dan balance dr altis se generasi.
Ban murah pake eko2 jg bisa. Ukurannya kecil r16.
Bensin? Pertalite jg bisa. Cuma aga boros sikit. Enak pake pertamak.

Acquisition? Ga ad nyebut harus baru jd approx 170juta jg sudah dapat yang good cond.

Kok ngga civic turbo? Acquisition price nya masih tinggi (>300jt) dapet 2 biji FB.

Kec ada dananya ya sikat turbo sekalian. Maintenance mirip2 aja sih. 350jt cuma nambah dari wuling ev baru masih worth. Yg sedan bisa as low as 300jt kecil. Disetir jauh lebih enak.

Makanya sy dari dulu harian paling cocok pake civic model apapun. Yah di amrik juga ini mobil biasa aja bkn mobil mewah. Ga heran ekonomis.
Last edited by ChZ on Mon Apr 24, 2023 2:38, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by ak4ng »

Mobil paling irit, jelas mobil kantor operasional. BBM + Driver + pajak + perawatan full ditanggung kantor. Kbetulan mobilnya reborn bensin G manual. Saya ga perlu mikirin apapun tinggal naik mobilnya and enjoy saja
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by josomba »

Saya pribadi mix tol + dalkot bisa 1:12-14 udah oke. Part/service mobil saya agak merem, selama ga semahal yurop. Agak rewel misal kaki2 berisik/interval ganti agak lebih cepat masih bisa diterima, asal ga sampe mogok yg gabisa dipake setiap period waktu tertentu.

OOT yg malah dipentingkan sekarang malah akselerasi, makin hari makin banyak lanehogger main hape sambil nyetir, diklakson pd budeg jd yaah mobil harus sigap bisa selap selip.
Image
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by pendoli »

+1 buat ertiga. Harga belinya irit, biaya operasional irit, kenyamanan oke buat kelasnya jadi irit biaya pijet juga 👌ni mobil paling sering keluar di rumah, sekitar 1000km/bulan lah
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by farizfsa »

misal budget 400 jt disuruh cari sedan besar

BMW 520d bisa di bilang irit, dalkot masih gampang dapat 1:12-14, luar kota atau toll2 dikit 1:20-22 sih gampang, cuma ya per km nya kalo ngumpanin pakai dex atau shell diesel memang ga gimana bgt. mobil sih tidak rewel, delapan tahun pakai dari baru ga pernah rusak berat sampai mobil nginap, bocor oli pun hanya satu aja. kalo colok scanner dr sekian puluh hal yang ke cek, error cuma 2, glow plug (normal di mbl common rail) bacanya error dan LED DRL lampu depan error. sisanya no fault. Selain barang fast moving yang di ganti, mbl ini jg awet, kaki2 saya baru ganti full di km 115rban karena ada bunyi2 dikit, oli matic kayanya di 100rb jg, aki bawaan mobil baru ganti tahun ke 7. KM sekarang sudah mau 130rb, mobil 2014.

Lexus ES300h, bisa dibilang irit untuk mobil besar dan nyaman dan buat mobil bensin 2500cc. dalam kota di jalur dan kecepatan yang sama dgn bmw diatas, bisa dapat 1:14-16, tp kalo diluar kota dan banyak toll lexus hybrid ini kalah, dgn cara bawa yang sama paling cuma 1:19-20 aja. cuma kalo dihitung per km lebih murah karena dia hanya minta oktan 92. perawatan so far belum keluar apa2 kecuali ganti oli karena baru make 5 bulan. cek scanner, mobil no fault at all bener2 flawless kl dr komputer. KM sekarang sudah mau 155rb, mobil 2014.

dua mobil diatas masih ter cover oleh Astra, jd no pusing2 kalo perlu inden parts.

bawa bmw kalo lg pgn agak2 serius sport nyetir di toll karena nafasnya lebih enak, bawa lexus kalo pgn chill empuk2 dan macet2an dalkot karena lebih sering EV mode, mobil super anteg ga ada geter2 yg biasa kereas di bmw diesel ane.

sebenarnya mobil hybrid itu cocok bgt di jakarta, tp dgr2 pajak mobil hybrid dan PHEV akan naik tuh karena pemerintah lebih kejar BEV.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by KielConstantine »

Kalo tesla buat daily use irit ga mbah… :upss: :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by ctopher7 »

kalo untuk lukot menurut saya paling hemat reborn diesel dicekokin bio solar sih uda pasti. cari solar di jawa mudah, kalo cng dan electric masih susah pom nya.

kalo dalkot uda pasti electric menang ya, apalagi kalo bisa charge di rumah (pajak murah, listrik jauh lebih murah dr bbm atau bbg, bebas gage). tapi ini ga itung depresiasi mobil

menurut saya sampe bio solar dilarang, pilihan paling irit dan praktis ya masih reborn diesel. apalagi kalo sering luar kota.
pecinta bio solar
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by Angelpesek »

Ignis ini penyakit bawaannya apa ya?
Sy beberapa minggu ini sering liat ignis mogok pada buka kap
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by trebla88 »

Angelpesek wrote: Tue Apr 25, 2023 2:19 Ignis ini penyakit bawaannya apa ya?
Sy beberapa minggu ini sering liat ignis mogok pada buka kap
Ags nya overheat kali
Harusnya ni mesin ga aneh² ga ada penyakit yg sampe bikin mogok mendadak
Kcuali para kaum "bpjs" yg pake busi "bpjs", oli yg "bpjs",part mekanikal "bpjs"
:upss:


Note "bpjs" di sini konteknya= palsu.
Pada maunya semurah²nya di bawah harga yg tdk masuk akal
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by r1409 »

kriterianya kurang lengkap, misal seperti range harga, matic/manual, jenis 2 row atau 3 row, dipake untuk keliling sendirian aja atau bawa barang berat. karena dengan range kriteria sebesar itu jadi terlalu luas pilihannya.

tapi kalo perbandingan dgn ignis AGS, saya kasih yg mirip2. krn pake ignis, bisa dipastikan pemakaian sendirian, tidak bawa barang banyak. berarti cukup mobil kecil 2 baris, lupakan 3 baris krn overall pasti lebih boros, dan lebih mahal secara harga dan pajak.

kalau dengan kriteria seperti diatas, ignis itu sudah salah 1 pilihan terbaik, nyari pengganti yg setara ga akan worth. mobil bensin paling irit overall, kecil ramping dan lengkap, tenaga sangat cukup krn ringan dan transmisinya aslinya manual. paling hanya kurang di masalah kenyamanan krn bantingan yg agak keras, tapi bisa diakali dengan pakai ban comfort dan tekanan angin minimal spec.

kalau mau yg nyaman & lebih irit lagi dan dapet space lebih besar, ya ertiga diesel isi biosolar. sy pake ini, beneran enak. dapet kenyamanan ala ertiga, apalagi setelah ganti ban 205/65. FC dalkot lebih irit dari ignis, bisa di 17-18kpl dengan harga biosolar + aditif yg sy hitung jadi jatuhnya cuma 7500/liter. untuk di tol, cruising 100kph di MID bisa dapet diatas 20kpl, sepertinya ignis FC nya lebih baik tapi masih lebih mahal krn harga bbm nya.
perawatan lebih mahal krn banyak part yg lebih cepet ganti kalau pake biosolar, tapi jatuhnya lebih murah krn selisih harga bbm. drawbacknya cuma lebih ribet soal maintenance, jadi harus lebih telaten drpd si ignis. dan juga hanya ada transmisi manual, tapi kalau banyak di tol harusnya malah lebih enak pake manual untuk akselerasi.

kalau cari yg irit, selain ignis krn banyak di tol sy rekomen yg cvt. dan pilihan cvt yg irit dan masih enak dinaiki menurut sy tinggal grand livina L11 cvt (supernyaman dan 100kph cuma 1500rpm) atau ukuran citycar sy rekomen ke mitsu mirage exceed facelift (nyaman, tinggal ganti HU touchscreen dan pasang modul cruise control). sy pernah punya mirage yg GLS cvt pre facelift, puas banget dengan kenyamanan dan FC nya di tol perawatan mudah dan murah, mesin bandel.

sebetulnya yg cvt tapi lebih bertenaga dan lebih irit ada di brio/mobilio/brv, tapi krn jarak tempuh segitu pasti butuh yg nyaman, lupakan saja mereka :D
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by zonepublic »

Angelpesek wrote: Tue Apr 25, 2023 2:19 Ignis ini penyakit bawaannya apa ya?
Sy beberapa minggu ini sering liat ignis mogok pada buka kap
dulu saya pake 30ribu km lebih aman kok ga da keluhan berarti,cm ganti klakson aja yg rusak nerjang banjir,yg penting rutin ganti oli mesin dan transmisi aja,tapi bbm juga wajib pertamax,jangan pertalite
trebla88 wrote: Tue Apr 25, 2023 3:14
Angelpesek wrote: Tue Apr 25, 2023 2:19 Ignis ini penyakit bawaannya apa ya?
Sy beberapa minggu ini sering liat ignis mogok pada buka kap
Ags nya overheat kali
Harusnya ni mesin ga aneh² ga ada penyakit yg sampe bikin mogok mendadak
Kcuali para kaum "bpjs" yg pake busi "bpjs", oli yg "bpjs",part mekanikal "bpjs"
:upss:


Note "bpjs" di sini konteknya= palsu.
Pada maunya semurah²nya di bawah harga yg tdk masuk akal
padahal oli2nya lho murah2 oli transmisi cm 70ribuan,oli mesin +filter plg mahal 400ribu dikasi shell helix eco jg aman
percayalah suzuki tu udah murah abis partnya apalagi yg rakitan lokal,ga semahal merk jepangan H/T

r1409 wrote: Tue Apr 25, 2023 3:20 kriterianya kurang lengkap, misal seperti range harga, matic/manual, jenis 2 row atau 3 row, dipake untuk keliling sendirian aja atau bawa barang berat. karena dengan range kriteria sebesar itu jadi terlalu luas pilihannya.

tapi kalo perbandingan dgn ignis AGS, saya kasih yg mirip2. krn pake ignis, bisa dipastikan pemakaian sendirian, tidak bawa barang banyak. berarti cukup mobil kecil 2 baris, lupakan 3 baris krn overall pasti lebih boros, dan lebih mahal secara harga dan pajak.

kalau dengan kriteria seperti diatas, ignis itu sudah salah 1 pilihan terbaik, nyari pengganti yg setara ga akan worth. mobil bensin paling irit overall, kecil ramping dan lengkap, tenaga sangat cukup krn ringan dan transmisinya aslinya manual. paling hanya kurang di masalah kenyamanan krn bantingan yg agak keras, tapi bisa diakali dengan pakai ban comfort dan tekanan angin minimal spec.

kalau mau yg nyaman & lebih irit lagi dan dapet space lebih besar, ya ertiga diesel isi biosolar. sy pake ini, beneran enak. dapet kenyamanan ala ertiga, apalagi setelah ganti ban 205/65. FC dalkot lebih irit dari ignis, bisa di 17-18kpl dengan harga biosolar + aditif yg sy hitung jadi jatuhnya cuma 7500/liter. untuk di tol, cruising 100kph di MID bisa dapet diatas 20kpl, sepertinya ignis FC nya lebih baik tapi masih lebih mahal krn harga bbm nya.
perawatan lebih mahal krn banyak part yg lebih cepet ganti kalau pake biosolar, tapi jatuhnya lebih murah krn selisih harga bbm. drawbacknya cuma lebih ribet soal maintenance, jadi harus lebih telaten drpd si ignis. dan juga hanya ada transmisi manual, tapi kalau banyak di tol harusnya malah lebih enak pake manual untuk akselerasi.

kalau cari yg irit, selain ignis krn banyak di tol sy rekomen yg cvt. dan pilihan cvt yg irit dan masih enak dinaiki menurut sy tinggal grand livina L11 cvt (supernyaman dan 100kph cuma 1500rpm) atau ukuran citycar sy rekomen ke mitsu mirage exceed facelift (nyaman, tinggal ganti HU touchscreen dan pasang modul cruise control). sy pernah punya mirage yg GLS cvt pre facelift, puas banget dengan kenyamanan dan FC nya di tol perawatan mudah dan murah, mesin bandel.

sebetulnya yg cvt tapi lebih bertenaga dan lebih irit ada di brio/mobilio/brv, tapi krn jarak tempuh segitu pasti butuh yg nyaman, lupakan saja mereka :D
bebas,cuma karena saya bilang "paling" ya pastinya cm 1 yang memang anda pasti mau untuk dipake sehari2,anda argumenkan kenapa anda pake mobil itu,irit bahan bakar tapi ga nyaman sampe anda ga mau pake ya ga masuk kriteria
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by Pboyz97 »

zonepublic wrote: Sun Apr 23, 2023 18:38 Pengen tahu apa sih mobil harian yang secara keseluruhan irit buat daily use kalian jelaskan secara subjektif sehingga sebisa mempengaruhi pembaca untuk membeli dan menggunakan
Mobil bebas mau bilang mercy S class,BMW seri 5 irit juga gpp tapi please persuade me,kenapa bisa irit
Saya open ya
Dari berbagai macam mobil yang saya gunakan mobil yang menurut saya paling overall irit secara overall yaitu Suzuki Ignis GX AGS
Alasan
1 dengan jarak tempuh harian dalam kota-luar kota tapi banyak dalam kotanya sekitar 100-200km/hari konsumsi bbm dalkot 1:14-16 lukot tol transjawabahn 1:25
Jenis BBM Pertamax ya (kayanya klo turun ke premium/pertalite pasti ngelitik deh,pengalaman di suzuki splash 4AT diisi premium kedengeran kok ngelitiknya,kayanya mesinnya Suzuki mmg minimal harus minum pertamax baru layak guna kurang suka naik mobil yg mesinnya ngelitik tiap akselerasi,kuping gatel)
2 transmisi AGS memang aneh tapi perawatannya murah,tiap 20ribu km ganti oli transmisi aja cuma habis 70-80ribuan kalo oli matic atf minimal untuk ganti aja bukan kuras habis 400-500ribuan,kalo cvt ga tahu belum pernah ganti (asumsi interval ganti oli transmisi sama2 20ribu karena mobil dipake dan dirawat bener)
3 ganti oli+filter per 10ribu km paling habis 400ribu (oli 350ribu+filter 35ribu)
Dengan kondisi seperti itu sangat tidak ragu untuk servis di beres suzuki
4 waktu beli bekas tahun 2019 dapat unit tahun 2018 dapat di harga 135 juta rupiah km 12ribu overall kondisi oke dapet unit udah full option ,headlamp,udah drl,LED,ac digital climate control,head unit sudah pake touchscreen tanpa tombol,ada tombol steering switch,start stop engine,keyless tanpa anak kunci,kursi ada height adjuster,speedometer semi digital,menurut saya best buy sekali
5 mobil N/A digeber di tol sanggup lari max 175kph
6 awalnya sempat mau ambil brio lagi tapi 2013 pernah punya brio dan sangat tidak suka bantingannya klo kena jalan rusak kaya mau patah kakinya,keras abis,sedangkan ignis ini suspensinya empuk,peredamannya juga lebih baik dari brio
Silakan lanjutkan jika ada pendapat lain
kalo saya pribadi. buat lukot saya prefer 2kd/ 2gd matic or ops anps dakar (dengan solbus) . pure karena torsi & tarikannya yg ngisi disemua putaran + remap dikit tenaganya udh naik lumayan hehehe. buat dalkot saya prefer lmpv kaya xpander or brv kalo mau 7 seater or brio / hrv kalo 5 seater

buat poin no 6 kebetulan saya pernah naik ketiganya & sekarang pakai brio satya e cvt 2022 beli dari baru. dibanding brio lama sih jauh ya. jauh lebih empuk * nyaman. kalo dari ignis bakal upgrade jauh dari segi driving feel, tarikan dan handling + akomodasinya juga jauh membaik dibanding brio lama menurut saya + bantingannya juga lebih empuk dibanding brio lama menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by darrelund »

CX3 / masda 2 oke tu

gasoline rasa hibrid ni mobil

1:20 gampang, klo kaki ud super sehat bisa 1:22-23

gausa pusing maintain

klo beli baru, sejak taun 2022 semua masda free servis 3th/60rb

harga jg bersaing la....

m2 338jt, cx3 379jt

gausa dipusingin barang aging, yg penting lebi murah dari T&H yg equipment setara :big_biglaugh:

rawat jg gausa pusing, ud ada tritnya disini, bukan mobil nyusahin......
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by ricz »

Kalo misalnya kesampingkan perawatan (krn perawatan itu relatif, malah banyak brand mobil baru ada kasih free maintenance)

Jika pake bbm subsidi : kalo saya pribadi liriknya ke Innova 2GD matic.... Konsumsi 1:11-12 + biosolar 6800 = jaminan irit di kantong pas ngisi bbm, meskipun gak irit pas ganti oli rutin :big_biglaugh:

Jika isi pertalite, maka mungkin pilihan saya seperti om TS yaitu Ignis... pernah dipinjamin temen, dapet 1:13 (based on MID) nggak susah sama sekali :mky_03:

Jika pake non subsidi : European diesel kek 320d, 520d, atau South Korean diesel kaya Santa Fe pilihan yg menarik...
2021 Fortuner VRZ
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by sherryandkez »

zonepublic wrote: Sun Apr 23, 2023 18:38 Pengen tahu apa sih mobil harian yang secara keseluruhan irit buat daily use kalian jelaskan secara subjektif sehingga sebisa mempengaruhi pembaca untuk membeli dan menggunakan
Mobil bebas mau bilang mercy S class,BMW seri 5 irit juga gpp tapi please persuade me,kenapa bisa irit
Saya open ya
Dari berbagai macam mobil yang saya gunakan mobil yang menurut saya paling overall irit secara overall yaitu Suzuki Ignis GX AGS
Alasan
1 dengan jarak tempuh harian dalam kota-luar kota tapi banyak dalam kotanya sekitar 100-200km/hari konsumsi bbm dalkot 1:14-16 lukot tol transjawabahn 1:25
Jenis BBM Pertamax ya (kayanya klo turun ke premium/pertalite pasti ngelitik deh,pengalaman di suzuki splash 4AT diisi premium kedengeran kok ngelitiknya,kayanya mesinnya Suzuki mmg minimal harus minum pertamax baru layak guna kurang suka naik mobil yg mesinnya ngelitik tiap akselerasi,kuping gatel)
2 transmisi AGS memang aneh tapi perawatannya murah,tiap 20ribu km ganti oli transmisi aja cuma habis 70-80ribuan kalo oli matic atf minimal untuk ganti aja bukan kuras habis 400-500ribuan,kalo cvt ga tahu belum pernah ganti (asumsi interval ganti oli transmisi sama2 20ribu karena mobil dipake dan dirawat bener)
3 ganti oli+filter per 10ribu km paling habis 400ribu (oli 350ribu+filter 35ribu)
Dengan kondisi seperti itu sangat tidak ragu untuk servis di beres suzuki
4 waktu beli bekas tahun 2019 dapat unit tahun 2018 dapat di harga 135 juta rupiah km 12ribu overall kondisi oke dapet unit udah full option ,headlamp,udah drl,LED,ac digital climate control,head unit sudah pake touchscreen tanpa tombol,ada tombol steering switch,start stop engine,keyless tanpa anak kunci,kursi ada height adjuster,speedometer semi digital,menurut saya best buy sekali
5 mobil N/A digeber di tol sanggup lari max 175kph
6 awalnya sempat mau ambil brio lagi tapi 2013 pernah punya brio dan sangat tidak suka bantingannya klo kena jalan rusak kaya mau patah kakinya,keras abis,sedangkan ignis ini suspensinya empuk,peredamannya juga lebih baik dari brio
Silakan lanjutkan jika ada pendapat lain
menurut saya mobil paling irit yang pernah saya pake : Toyota Camry Hybrid 2012

kenapa?

1. konsumsi bensin dalkot 14-16km/l, macet gila masih bisa 12-13km/l. tol jarak jauh di atas 25km/l gak susah. dan dia gak rewelan sama bensin, sampe sekarang masih diisi pertalite kalo dalkot, mau jalan jauh baru isi vpower.
2. worry free, namanya juga toyota. parts gak ada yang mahal banget kecuali batere hybrid 51jt, steering rack 16jt, dan slow moving lain2. fast moving murah2 dan kalo medit ada kwnya di toped.
3. servis terakhir ke toyota 240rb km cuma 1.3jt. mau lebih murah ya beli oli eneos 500rb+filter 80rb, minta gantiin di beres biar kerecord.
4. harga bekas murah banget kalo gak mau dibilang gila. 200jt udah dapet mobil fullspec hybrid, kursi pijet, ac 3 zone, tilt steering electric memory, etc etc yang cape sebutinnya.
5. lari di tol effortless, 190kph dapet gampang banget sayang dilimit.
6. udah gak mau lirik mbl lain lah abis beli ini, kecuali buat senang2 hobi

lain2 : pajak murah 5jt (avanza baru sekarang 4jtan), batere hybrid udah ada yang bisa rekondisi, dan yang paling penting : bisa diajak nyari cuan ketemu klien yang model judge a book by its cover :big_biglaugh:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by alexand »

Mau ngomongin irit2an doang tanpa mikir yg lain2 ya mobil listrik

Antara wuling airEV atau sekalian mercedes EQS
yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38

Re: [Persuade Me!! ]Mobil Irit buat daily use/nguli secara overall (bukan weekend car)

Post by yozhuaa »

ak4ng wrote: Mon Apr 24, 2023 2:36 Mobil paling irit, jelas mobil kantor operasional. BBM + Driver + pajak + perawatan full ditanggung kantor. Kbetulan mobilnya reborn bensin G manual. Saya ga perlu mikirin apapun tinggal naik mobilnya and enjoy saja
+ asuransi all risk Pak.

Innova jg berasa tank 😂
:big_peace: