Daihatsu taruna

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Didihasnaasri83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Zafira

Daihatsu taruna

Post by Didihasnaasri83 »

Lagi nyari lsuv under 70 jutaan, adakah pemakai daihatsu taruna disini plu minus nya. Mungkin bisa sharing. Terima kasih
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Daihatsu taruna

Post by zonepublic »

Kayanya taruna efi rasa berkendaranya sama kaya xenia xi deh seingat saya bukan lsuv sih,tp mpv medium ,yg lebih ga enak dari itu ya daihatsu espass
Tapi kalo bujet segitu saya pilih kijang kapsul yg sekelas dengan taruna ya tipe lx tp naikan lbh enak kijang
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: Daihatsu taruna

Post by dany_pos »

Jaman masih baru2nya dulu bokap punya yg tipe csx, ane masih SD tuh. Yg teringat ya mobilnya bbrp kali mogok gegara overheat. Ga tau sekarang ya, kan setelah itu ada banyak tipe2 nya termasuk ada yg efi jg. Tapi aneh jg mobil ini sekarang bener2 jarang liat di jalanan, entah pada kemana, padahal yg seangkatan walau ga sekelasnya masih cukup sering keliatan di jalan kayak escudo (1.6, 2.0, 2.5), crv gen1 n gen2, blazer, bahkan tavera
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Daihatsu taruna

Post by Chr1stm1 »

Taruna cukup robust yah, dl jaman bokap beli baru dari 2002 tipe FGX yg warna biru..
Keluhan paling limbung dan gardan dengung, sisanya asal sesuai jadwal perawatan aman...
Sampai di alh tangan di 2018 masih greng tuh mobil
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Daihatsu taruna

Post by RCMN »

Bokap punya yg FGX limited edition yg biru dari awal beli sampe sekarang masih dipake.

Gila ini mobil kuat banget sampe sekarang perawatannya cuma standar2 aja ganti oli, aki, ban, dsb.
Muat banyak dan lega banget. Real 7-seater. Lebih cocok disebut Med MPV kali ya daripada LSUV.
Mesin masih bandel dan gak terlalu boros deh seingat saya (versi manual).
Kaki2 masih enak2 aja tanpa bunyi2. AC dari dulu sampe sekarang dingin banget padahal belum pernah diservis sekalipun.

Masalah paling berat setahu saya cuma kadang2 overheat, biasanya kalo pas perjalanan jauh & lama + jalan nanjak + muatan penuh.
Satu lagi, aki cepet tekor. Tapi kelihatannya ada faktor karena bokap nambahin ini itu (ganti head unit & speaker dll).
Velg ntah kenapa bocel2 sendiri padahal gak pernah kena lecet/gesek apapun.

Sama bokap gak dijual2 padahal udh banyak yg nawar... katanya nyesek denger penawaran harganya hahaha.
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Daihatsu taruna

Post by fansdiesel »

kalo gak masalah dengan bensin bisa lirik terrano :mky_03:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Daihatsu taruna

Post by nyotsaeba »

Pernah pake 2 thn an. Yg FL EFI, trondol abizzz, velg dop, no power window, adanya power hand, boro2 ada dobel blower.

Bensin jg rewel, pake premium (blom ada pertalit) nglitik gila2an kyk mesin ketik.

Kl pake pertamax tarikan agak ok.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Daihatsu taruna

Post by kenop »

Dl pernah ada di rumah, beli edisi awal bgt yg taon 99
CSX yg msh karbu, pake sampe 250rb-an km msh ngga ada penyakit aneh2

Cm filter bensin aja yg mampet terus, entah bensinnya yg ga bagus ato filternya yg ngaco

Sm kadang suka mogok krn wiper cowl covernya retak / getas, dan posisi distributor persis di bawah cover itu jd suka "banjir" kl ujan, tp tinggal ditambel aja kl emg retak
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Daihatsu taruna

Post by quyquy »

Taruna ada chassis pendek: CL, CX, CXS, CSR
ada yang chassis panjang: FL, FX, FGX, FGZ (FGX + wood panel)

CSR itu spesial karena mesinnya 1600cc + injeksi -> terkencangnya taruna

Saran ambil yang FGX tahun diatas 2002
Karena ->
1. Dia chasis panjang, lebih nyaman ketimbang avanza-xenia
2. Sudah ada retract elekctric mirror
3. Sudah double blower AC
4. Sudah injeksi
5. Sudah lampu crytal

Modif dikit aja, visco fannya ganti pakai elektrik kepunyaan Terios
lalu pasangin spion fendernya rush

Sedikit ralat utk beberapa postingan diatas
1. Taruna termasuk low SUV. Dia penerusnya daihatsu feroza, predessornya Rush-Terios. Peleknya aja baut 5 R15 khas SUV jaman itu.
2. Fun fact, diluaran sana Taruna nama lainnya Terios
3. Untuk Espass, diantara minibus hidung pendek (Kayak APV, carry, zebra lama, grandmaxluxio) dia paling nyaman posisi duduk nyetirnya. Gak setegak yang lainnya.
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Daihatsu taruna

Post by RCMN »

quyquy wrote: Tue May 09, 2023 6:24 Taruna ada chassis pendek: CL, CX, CXS, CSR
ada yang chassis panjang: FL, FX, FGX, FGZ (FGX + wood panel)

CSR itu spesial karena mesinnya 1600cc + injeksi -> terkencangnya taruna

Saran ambil yang FGX tahun diatas 2002
Karena ->
1. Dia chasis panjang, lebih nyaman ketimbang avanza-xenia
2. Sudah ada retract elekctric mirror
3. Sudah double blower AC
4. Sudah injeksi
5. Sudah lampu crytal

Modif dikit aja, visco fannya ganti pakai elektrik kepunyaan Terios
lalu pasangin spion fendernya rush

Sedikit ralat utk beberapa postingan diatas
1. Taruna termasuk low SUV. Dia penerusnya daihatsu feroza, predessornya Rush-Terios. Peleknya aja baut 5 R15 khas SUV jaman itu.
2. Fun fact, diluaran sana Taruna nama lainnya Terios
3. Untuk Espass, diantara minibus hidung pendek (Kayak APV, carry, zebra lama, grandmaxluxio) dia paling nyaman posisi duduk nyetirnya. Gak setegak yang lainnya.
Thank you tambahan info & koreksinya om.

Kemarin pas lebaran kebetulan pulang kampung dan sempet cobain naik mobil ini lagi, duduk sendiri di baris paling belakang.
Masih nyaman banget row ke-3 nya. Cukup lah buat sy yg 165cm. AC juga dinginnya masih kerasa.
Bantingan gak empuk banget yg mentul2, tapi gak keras menyakitkan juga.

Kalo impresi pas nyetir sih seingat saya: body enak, meski panjang tapi gak terlalu lebar.
Terus rasanya kayak ini mobil ringan banget, gak kayak bawa Captiva yg berat tapi stabil.
Cuma buat dalam kota agak capek juga karena koplingnya menurut sy agak dalam dan berat (manual).
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Daihatsu taruna

Post by quyquy »

RCMN wrote: Tue May 09, 2023 7:50
Thank you tambahan info & koreksinya om.

Kemarin pas lebaran kebetulan pulang kampung dan sempet cobain naik mobil ini lagi, duduk sendiri di baris paling belakang.
Masih nyaman banget row ke-3 nya. Cukup lah buat sy yg 165cm. AC juga dinginnya masih kerasa.
Bantingan gak empuk banget yg mentul2, tapi gak keras menyakitkan juga.

Kalo impresi pas nyetir sih seingat saya: body enak, meski panjang tapi gak terlalu lebar.
Terus rasanya kayak ini mobil ringan banget, gak kayak bawa Captiva yg berat tapi stabil.
Cuma buat dalam kota agak capek juga karena koplingnya menurut sy agak dalam dan berat (manual).
Kopling berat ada keumgkinan sudah mulai habis plat kopling nya.

Kalo sudah ganti dengan yang baru tapi kok masih terasa berat, ada kok Om alat peringannya. Banyak dijual di toko ijo.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Daihatsu taruna

Post by ariswp »

Bokap dulu pernah nyaris ambil taruna FGX yang biru, tapi batal akhirnya ambil LGX Diesel
Setahu saya sih trim tertinggi Taruna itu Taruna FGZ 1.6 injeksi
Kata bapak sih nyetirnya masi enakan nyetir kijang meskipun taruna udah monokok, berasa lebih limbung

Saat itu saya masi SMA kelas 1 di balikpapan, kesana kemari masi naik suzuki ternoda, tapi jaman mbah gus dur segitu yah dikuasai kuartet kijang, panther, taruna, dan kuda
Klo hatchback dikuasai peugeot 206, dcab dikuasai ford ranger
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Daihatsu taruna

Post by kunaskun »

yang paling memorable dari taruna selain bantingan aneh, suara gardan unik banget, jadi suara mekanikal dari mesin kedengeran eh ini dari belakang juga ada.
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Daihatsu taruna

Post by sapifr22 »

Kalau suara gardan, sepertinya jadi signature Daihatsu.
Dari jaman Hijet 1000 sampai Xenia.

Entah mengapa dari pabrikan tdk ada yg terganggu dengan suaranya.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Daihatsu taruna

Post by Asfur »

Pernah pake taruna CX mgkn 2 tahunan, udah agak lupa sih impresinya kek gimana, soalnya taon 2003-2005 gt pakenya, tp sepertinya emang ngk ada yg aneh2, cukup empuk kalo buat sy, sering ai hajar poldur sampe loncat2 ai nya :mky_01: , setir enteng, ac yah dingin, cukup robust sih mnrt ai, cuman bener jg spt yg disebutin di atas, ini mobil kok skrg udah kayak dedemit dijalan, ampir ngk pernah liat lagi, entah udah pada geser ke daerah atau emang udah pada dijualin ke junkyard.
battousan
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Sep 12, 2023 10:09
Location: Lampung
Daily Vehicle: Taruna EFI

Re: Daihatsu taruna

Post by battousan »

Bokap pake Taruna FGZ efi 1.6 (2002) sampe almarhum 2017, total 180rb km, sold buat byr rmh sakit.
Akhirnya 2018 ane beli yg Oxxy FX 2005 buat sendiri.
Kelebihannya:
  • Work & family car, rutin mudik jkt-malang, mogok 1x doang (aki krg air/lupa isi)
  • Bandel sangat, gak pernah overheat (rajin kuras radiator)
  • Jajannya murah meriah serasa mobil sejuta umat, meski unit jarang terlihat
    (cek post ini utk biaya2nya: viewtopic.php?p=1278309#p1278309)
  • Part ori jepangnya (kode 000) awet parah!
  • Kaki-kaki kokoh brutal bin nyaman, diisi 5 dewasa berasa alpart, klo sendirian jd katana
  • Teknologi simpel, minim sensor, minim drama elektrikal
  • Jago tanjakan, ga takut genangan/jln berlubang
  • Stabil, terutama yg seri F bebas limbung krn bodi panjang
  • Minum oktan 88/90 gak ngelitik (set delco turun dikit)
  • BBM lukot/dalkot standar 9-11 km/ltr
  • Audio bawaan mantab, dpn-blkng pioneer 6.5 inch
  • Masih pake konde (tergantung selera)
  • Lumayan badak: diserempet lcgc emak2 ampe bemper doi lepas, sini lecet doang dikompon ilang
Kekurangannya:
  • Fitur interior basic abis, mewahan transmover wkwkw
  • Dengunan mesin & gardan berisik masuk kabin di rpm tertentu
  • Masuk gigi 1, 2, R kadang agak susah, dari jaman taft katanya gitu
  • Di tol kita orang taat aturan: gigi 5 rpm 3500 pas 100kpj
  • Penyakit umum motuba: bushing2, kancing2, part2 yg plastik udah pada aus
  • Yg non-oxxy waspada timing belt putus, klo oxxy bentuk kepala piston udh ngikutin posisi klep
  • Termostat jgn dilepas, visco jgn dipaten, ini mobil sensi ama suhu, kedinginan salah, kepanasan apalagi
  • Rajin2 cek & bersihin PCV valve, klo nutup/mampet jd boros, tekanan di ruang klep tinggi, panas, ujung2nya bikin sil/gasket pd bocor
  • Klo PCV dol/mbuka terus jg bahaya ngotorin intake & ngerusak sensor maf, idle up, dan vakum2 laennya
  • Pernah dikira mobil dosen sm security kampus (is this good/bad?)
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Daihatsu taruna

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi