Nggg anu, agak oot sih, tapi berhubung sama2 DNGA, mau sharing TD Agya GR..
Sebagai benchmark, ane bawa mobil cukup lama sbb:
1. 2012 GL L11 1.5 Ultimate AT (2012-2015)
2. 2013 Fiesta 1.4 MT tipe S jadi2an (per & shock pake tipe S, aslinya Trend) 2013-2019
3. 2012 Ertiga 1.4 GL MT (2016-now)
4. 2011 Yaris J MT (2016-now)
5. 2013 City GM2 AT 2013-2015
6. 2015 City GM6 CVT (2015-2022)
7. 2019 Xpander Sport AT (2019-now)
8. 2020 Avanza G 1.3 MT (2021-now)
9. 2019 Innova 2.0 G MT (2021-now)
10. 2022 Hilux E 6MT (2021-now)
Berawal dari mau cari mobil perang kecil, irit, baru, maka mulai lah nyari2, mengkerucut ke Agya G CVT.
coba hubungi di A2K kota ane ga ada tipe G, adanya GR, nanya Yaris cross jg blm ada, padahal pengen coba juga sekalian..
akhirnya tetep lanjut dah, biar ga penasaran walaupun cuma TD di sekitaran A2K mereka ada trek buat TD yg cukup luas.
Impresi pertama, setir cukup enak di pegang, kayanya faktor lapis kulit.
Posisi jok asli peningkatan banget, kalo dibanding mobil2 yg pernah saya pegang, ini cukup mirip dengan Fiesta Trend tapi versi posisi duduk tinggi.
Support paha gak se-panjang Fiesta, tapi lebih panjang dari City GM2/GM6.
sudut pandang Spion samping cukup kecil, lebih kecil dibanding City GM6 yg menurut ane agak kecil dibanding Fiesta yg sudut pandang di ujungnya melebar.
Starter mesin, start awal berasa lebih getar, tapi masih tolerable, mirip2 dengan getar2 di Livina L11 atau Avanza.
Mulai jalan, berasa bgt pavling block di setir, entah krn suspensi atau over inflate, atau karena faktor ban kali ya?
Tarikan awal cukup galak, lebih responsif dari City GM6, mungkin faktor 3 silinder & settingan gas Toyota yg kuat di bawah.
Coba tes stop & go di tanjakan, diisi 4 orang masih oke, gak ada gejala lemot atau gmn, menurut saya sih oke juga nih buat mobil perang wkwkw
Nah berikutnya tes kaki2, ada poldur cukup tinggi yg dibuat mepet 5 baris.
Surprisingly, bantingan & peredaman gak se parah Avanza RWD last FL!! lebih enak dari Rush juga, apalagi Agya gen sebelumnya..
Cukup meredam, walaupun gak se meredam Fiesta.
hampir mendekati Yaris bapau, tapi gak se-empuk bapau.
Sasis juga ga ada bunyi kriyet2 kaya Avanza/Rush, temen ane punya Rush masih baru udh kriyet2 kalo sasis flexing wkwkwkw
sasis cukup kaku lah, tapi gak se kaku Fiesta/City GM6, bener2 seperti penerus spiritual Yaris bapau, mungkin ini versi shrinkflation nya wkwkwkw
Kalo di banding Brio? belom nnyoba brio Ass-lift sih wkwk tapi kalo dibanding setrika, ini much better..
Hemat saya, untuk segmen A, DNGA bagus sih, 85/100 lah kalo sasis/platform..
nah masalahnya, ini platform kan dipake juga di segmen B macem Avanza, Veloz atau YarCross..
Kalo compare ke Xpander, ini masih jauh banget sih, DNGA-A 70, Xpander 85.
Kayanya YarCross kalo soal ride quality pasti kalah dibanding Mitsu XFC..
apalagi di atas2 di jelasin, TNGA-B sama Honda B segment aja kekuatan high tensile steel nya lebih rendah dibanding Honda B segment.