Tanya Aki

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya Aki

Post by Greenhunter »

chain90s wrote: Wed Aug 16, 2023 7:59
k1493nk wrote: Wed Aug 16, 2023 7:00
chain90s wrote:
Nice info om perlu dicoba ni metode.
Btw point no 2 yg ane bold, tiap pagi mau starter ane selalu cek volt di MID, selama 6 bulan ini sekitar 10,8 - 10,9 volt om. Berarti dari sini saja sudah terlihat gejala kudu ganti ya om? :big_childish:
Coba cek di kutub akinya.
Oke om ane coba cek kutub accu nya, kalau indikator sih masih hijau
dengan mnengingat umurnya dan voltase saat pagi 10.8 kalau saya akan ganti aki daripada hemat 2 atau 3 bulan lagi tapi saat kejadian aki mati dan kita butuh mobil pada saat itu akan sangat menyebalkan. setahu saya kalau voltase dibwah 10 tidak akan kuat untuk starter. CMIIW.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tanya Aki

Post by t105erd »

chain90s wrote: Wed Aug 16, 2023 7:48
t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 3:35
chain90s wrote: Tue Aug 15, 2023 14:54 Selamat malam om2,

Punten mau tanya,
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Belum tentu baterainya sih, kemarin saya sempet ganti baterai juga gara2 baterai mati mendadak di kampung, eh ternyata pengisian dari alternator nya juga kurang jadinya benerin alternator juga. Kalo nggak baterai baru bakalan cepet drop juga.
Enaknya dibawa ke toko aki dulu utk di cek kesehatan alternator sama accu nya ya om?
Betul, di cek laju pengisian dari alternatornya juga, dipastikan masih oke biar baterai barunya ga cepet drop.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya Aki

Post by ariswp »

t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 9:40
chain90s wrote: Wed Aug 16, 2023 7:48
t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 3:35

Belum tentu baterainya sih, kemarin saya sempet ganti baterai juga gara2 baterai mati mendadak di kampung, eh ternyata pengisian dari alternator nya juga kurang jadinya benerin alternator juga. Kalo nggak baterai baru bakalan cepet drop juga.
Enaknya dibawa ke toko aki dulu utk di cek kesehatan alternator sama accu nya ya om?
Betul, di cek laju pengisian dari alternatornya juga, dipastikan masih oke biar baterai barunya ga cepet drop.
Om kalo aki umur 2 tahun 3 bulan, dicek kesehatannya pake alat gitu tertera 81% normal ga? Dan apa sudah saatnya ganti aki baru?
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

Greenhunter wrote: Wed Aug 16, 2023 8:21
chain90s wrote: Wed Aug 16, 2023 7:59
k1493nk wrote: Wed Aug 16, 2023 7:00 Coba cek di kutub akinya.
Oke om ane coba cek kutub accu nya, kalau indikator sih masih hijau
dengan mnengingat umurnya dan voltase saat pagi 10.8 kalau saya akan ganti aki daripada hemat 2 atau 3 bulan lagi tapi saat kejadian aki mati dan kita butuh mobil pada saat itu akan sangat menyebalkan. setahu saya kalau voltase dibwah 10 tidak akan kuat untuk starter. CMIIW.
Oke om terimakasih atas sarannya :big_deal:
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 9:40
chain90s wrote: Wed Aug 16, 2023 7:48
t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 3:35

Belum tentu baterainya sih, kemarin saya sempet ganti baterai juga gara2 baterai mati mendadak di kampung, eh ternyata pengisian dari alternator nya juga kurang jadinya benerin alternator juga. Kalo nggak baterai baru bakalan cepet drop juga.
Enaknya dibawa ke toko aki dulu utk di cek kesehatan alternator sama accu nya ya om?
Betul, di cek laju pengisian dari alternatornya juga, dipastikan masih oke biar baterai barunya ga cepet drop.
Siap om fix minggu ini ane cek dulu ke toko accu :big_okay:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tanya Aki

Post by t105erd »

ariswp wrote: Wed Aug 16, 2023 10:59
t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 9:40
chain90s wrote: Wed Aug 16, 2023 7:48

Enaknya dibawa ke toko aki dulu utk di cek kesehatan alternator sama accu nya ya om?
Betul, di cek laju pengisian dari alternatornya juga, dipastikan masih oke biar baterai barunya ga cepet drop.
Om kalo aki umur 2 tahun 3 bulan, dicek kesehatannya pake alat gitu tertera 81% normal ga? Dan apa sudah saatnya ganti aki baru?
Health nya 81%?
Itu mah masih oke om, kalo udah dibawah 60% baru deh boleh mulai siap2
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya Aki

Post by ariswp »

t105erd wrote: Thu Aug 17, 2023 0:46
ariswp wrote: Wed Aug 16, 2023 10:59
t105erd wrote: Wed Aug 16, 2023 9:40

Betul, di cek laju pengisian dari alternatornya juga, dipastikan masih oke biar baterai barunya ga cepet drop.
Om kalo aki umur 2 tahun 3 bulan, dicek kesehatannya pake alat gitu tertera 81% normal ga? Dan apa sudah saatnya ganti aki baru?
Health nya 81%?
Itu mah masih oke om, kalo udah dibawah 60% baru deh boleh mulai siap2
Terlanjur saya ganti kemaren om :mky_01:
Soalnya start sudah agak lambat, sama sempat utak atik ganti bohlam foglamp sendiri, 2 menitan kunci di ACC on, lampu dinyalakan, setelah mau start itu dinamo sempat beratt dan lambat banget, meskipun akhirnya nyala, jadi takut

Oh ya, untuk aki Solite Hyundai MF bagus atau tidak om? Ditawari amaron, gs calcium akhirnya ambil solite, harga lebih miring 50rb dr amaron

Speknya sih
Amaron 380cca
Solite 470cca
Gs calcium 460cca
Ambil solite gara2 cca lebih tinggi td,
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tanya Aki

Post by t105erd »

ariswp wrote: Thu Aug 17, 2023 4:23
t105erd wrote: Thu Aug 17, 2023 0:46
ariswp wrote: Wed Aug 16, 2023 10:59

Om kalo aki umur 2 tahun 3 bulan, dicek kesehatannya pake alat gitu tertera 81% normal ga? Dan apa sudah saatnya ganti aki baru?
Health nya 81%?
Itu mah masih oke om, kalo udah dibawah 60% baru deh boleh mulai siap2
Terlanjur saya ganti kemaren om :mky_01:
Soalnya start sudah agak lambat, sama sempat utak atik ganti bohlam foglamp sendiri, 2 menitan kunci di ACC on, lampu dinyalakan, setelah mau start itu dinamo sempat beratt dan lambat banget, meskipun akhirnya nyala, jadi takut

Oh ya, untuk aki Solite Hyundai MF bagus atau tidak om? Ditawari amaron, gs calcium akhirnya ambil solite, harga lebih miring 50rb dr amaron

Speknya sih
Amaron 380cca
Solite 470cca
Gs calcium 460cca
Ambil solite gara2 cca lebih tinggi td,
Wah saya kurang tau tuh om, selama ini saya lebih milih baterai yg hybrid dari pada yg MF. Pastikan aja baterai yg om pakai produksi terbaru, soalnya untuk baterai MF kan air aki nya sudah di isi dari pabrik dan sudah ada strum nya jadi tinggal pakai, kalau baterai produksi terlalu lama bakal mengurangi umur/kapasitas real baterai tsb. Kalo baterai yg biasa/hybrid kan airnya baru dituang sebelum dipakai memang jadi harus kontrol level air beberapa bulan sekali, soalnya pernah dapet aki MF produksi lama dipakai juga sama aja umurnya, malah lebih awet tipe biasa dimobil & motor saya.

Itu masih mending ada tanda2 mau mokat, dulu saya pakai aki MF GS yang ijo tiba2 mati di tengah kampung, sebelumnya padahal starter mesin normal lancar jaya.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Tanya Aki

Post by chain90s »

Permisi mau update status accu ane.

Minggu pagi tadi akhirnya ane cek dan ganti Accu amaron ane di Cakra Motor Harapan Indah.
Awalnya ane minta cek kondisi accu yg lama. Hasilnya:
1. Pakai alat tes ke-1 hasilnya udh gak bisa simpan arus, dites berkali2 bisa 80%, 60%, turun lagi ke 40% dalam keadaan mobil mati. Intinya gak stabil deh tapi status tes nya GOOD.
2. Pakai alat tes ke-2 (yg bisa print) dan masih dalam keadaan mesin mati hasilnya “unstable battery” alias gak bisa di tes :big_dunno:

Akhirnya ganti lah accu baru dengan judgement accu lama ini cellnya dah gak bisa simpan arus listrik. Begini hasil ukur tes accu baru sebelum dipasang ke mobil ane:
09EF71EF-D167-4ED9-BE3E-5E14D2B2FD1A.jpeg
Tapi ane baru ngeh pas dijalan kan sempet ke indomaret, pas kontak on kok indikator battery masih nyala yah (after starter sih hilang), kayak waktu masih pakai accu lama. Kira2 apanya yg sala ya om? Instalasi accu nya atau emg ada komponen yg bermasalah?
EC33906C-E9F5-42E9-AA33-635FBD8214C1.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kurniakerten
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27

Re: Tanya Aki

Post by kurniakerten »

chain90s wrote: Sun Aug 20, 2023 13:51 Permisi mau update status accu ane.

Minggu pagi tadi akhirnya ane cek dan ganti Accu amaron ane di Cakra Motor Harapan Indah.
Awalnya ane minta cek kondisi accu yg lama. Hasilnya:
1. Pakai alat tes ke-1 hasilnya udh gak bisa simpan arus, dites berkali2 bisa 80%, 60%, turun lagi ke 40% dalam keadaan mobil mati. Intinya gak stabil deh tapi status tes nya GOOD.
2. Pakai alat tes ke-2 (yg bisa print) dan masih dalam keadaan mesin mati hasilnya “unstable battery” alias gak bisa di tes :big_dunno:

Akhirnya ganti lah accu baru dengan judgement accu lama ini cellnya dah gak bisa simpan arus listrik. Begini hasil ukur tes accu baru sebelum dipasang ke mobil ane:

09EF71EF-D167-4ED9-BE3E-5E14D2B2FD1A.jpeg

Tapi ane baru ngeh pas dijalan kan sempet ke indomaret, pas kontak on kok indikator battery masih nyala yah (after starter sih hilang), kayak waktu masih pakai accu lama. Kira2 apanya yg sala ya om? Instalasi accu nya atau emg ada komponen yg bermasalah?

EC33906C-E9F5-42E9-AA33-635FBD8214C1.jpeg
Bukannya kalo kontak on memang indikator aki nyala ya? Trus setelah stater terus hilang... CMIIW
E300 W212
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1782
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya Aki

Post by sahabatq8 »

Amaron hi life sama GS Astra maintenance free bagusan mana ya? Harga amaron lebih mahal 100rb
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Tanya Aki

Post by daimler »

t105erd wrote: Thu Aug 17, 2023 6:06
ariswp wrote: Thu Aug 17, 2023 4:23
t105erd wrote: Thu Aug 17, 2023 0:46

Health nya 81%?
Itu mah masih oke om, kalo udah dibawah 60% baru deh boleh mulai siap2
Terlanjur saya ganti kemaren om :mky_01:
Soalnya start sudah agak lambat, sama sempat utak atik ganti bohlam foglamp sendiri, 2 menitan kunci di ACC on, lampu dinyalakan, setelah mau start itu dinamo sempat beratt dan lambat banget, meskipun akhirnya nyala, jadi takut

Oh ya, untuk aki Solite Hyundai MF bagus atau tidak om? Ditawari amaron, gs calcium akhirnya ambil solite, harga lebih miring 50rb dr amaron

Speknya sih
Amaron 380cca
Solite 470cca
Gs calcium 460cca
Ambil solite gara2 cca lebih tinggi td,
Wah saya kurang tau tuh om, selama ini saya lebih milih baterai yg hybrid dari pada yg MF. Pastikan aja baterai yg om pakai produksi terbaru, soalnya untuk baterai MF kan air aki nya sudah di isi dari pabrik dan sudah ada strum nya jadi tinggal pakai, kalau baterai produksi terlalu lama bakal mengurangi umur/kapasitas real baterai tsb. Kalo baterai yg biasa/hybrid kan airnya baru dituang sebelum dipakai memang jadi harus kontrol level air beberapa bulan sekali, soalnya pernah dapet aki MF produksi lama dipakai juga sama aja umurnya, malah lebih awet tipe biasa dimobil & motor saya.

Itu masih mending ada tanda2 mau mokat, dulu saya pakai aki MF GS yang ijo tiba2 mati di tengah kampung, sebelumnya padahal starter mesin normal lancar jaya.
ohya dapetin aki biasa/hybrid yg bener2 disii pas udah dibeli di mana mbah?
selama ini di SnD yg GS hybrid pun air akinya udh dituang dr pabrik jd tinggal dipasangin ama mekaniknya trs pake, kalo yg blm dituang itu yg GS premium cm udh jaraaang bgt di kota ane semarang. Nyari2 di toko aki pun sama yg model basah rata2 udh diisi accu zuur nya, ga kaya jaman dlu yg emg diisi pas kita mau beli
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Tanya Aki

Post by azu »

sahabatq8 wrote: Thu Dec 21, 2023 16:30 Amaron hi life sama GS Astra maintenance free bagusan mana ya? Harga amaron lebih mahal 100rb
saya prefer Amaron om.. Pengalaman pakai GS Astra yg ijo baru sekitar 1 tahunan tiba-tiba aki tekor, mobilnya Vios 2007 MT.. Padahal siangnya masih dipakai mobilnya dan lancar aja starternya, pas malam hari tiba-tiba terdengar klakson pelan banget ternyata alarm jadi error karena tegangan terlalu rendah dan tidak kuat starter lagi :big_slap:

Sudahnya saya ganti dengan Amaron Go, tahan sampai 4 tahun. Saat 4 tahun juga saya ganti aki karena starter sudah mulai lama (lebih dari 2 detik) dan kalau cek tegangan setelah mati semalaman itu di 11.7V, tapi masih kuat starter juga dan alternatornya juga sempat rusak dan sepertinya setahun terakhir itu pengisiannya mulai lemah :mky_01:

Setelahnya saya ganti Amaron Hi Life Pro, selisihnya 200rb dari yang Go, dengan harapan lebih tahan lama karena kapasitasnya lebih tinggi dan CCA yg lebih tinggi juga dari yang Go, ditambah saya juga pasang Dashcam yg aktif parking monitoringnya. Sekarang mau jalan 2 tahun dan masih oke sih..

Secara Grade Aki Amaron umumnya seperti ini:
Amaron Go: Grade paling standar dengan kapasitas dan CCA yang sama dengan aki merk lain, biasanya garansi 3 bulan.
Amaron Hi Life: Grade tengah, kapasitas sama dengan aki merk lain, tapi CCA lebih tinggi dari Amaron Go. Biasanya garansi antara 3 sampai 6 bulan.
Amaron Hi Life Pro: Grade tinggi untuk aki biasa. Kapasitas lebih tinggi dari aki merk lain, CCA lebih tinggi dari Hi Life. Biasanya Garansi 1 tahun.
Amaron Hi Life Duro: Grade paling tinggi karena aki yg support ISS. Kapasitas kalau ga salah setara Hi Life Pro tapi CCA lebih tinggi akrena sudah support untuk ISS. Biasanya garansi 1 tahun.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1782
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya Aki

Post by sahabatq8 »

azu wrote: Fri Dec 22, 2023 2:49
sahabatq8 wrote: Thu Dec 21, 2023 16:30 Amaron hi life sama GS Astra maintenance free bagusan mana ya? Harga amaron lebih mahal 100rb
saya prefer Amaron om.. Pengalaman pakai GS Astra yg ijo baru sekitar 1 tahunan tiba-tiba aki tekor, mobilnya Vios 2007 MT.. Padahal siangnya masih dipakai mobilnya dan lancar aja starternya, pas malam hari tiba-tiba terdengar klakson pelan banget ternyata alarm jadi error karena tegangan terlalu rendah dan tidak kuat starter lagi :big_slap:

Sudahnya saya ganti dengan Amaron Go, tahan sampai 4 tahun. Saat 4 tahun juga saya ganti aki karena starter sudah mulai lama (lebih dari 2 detik) dan kalau cek tegangan setelah mati semalaman itu di 11.7V, tapi masih kuat starter juga dan alternatornya juga sempat rusak dan sepertinya setahun terakhir itu pengisiannya mulai lemah :mky_01:

Setelahnya saya ganti Amaron Hi Life Pro, selisihnya 200rb dari yang Go, dengan harapan lebih tahan lama karena kapasitasnya lebih tinggi dan CCA yg lebih tinggi juga dari yang Go, ditambah saya juga pasang Dashcam yg aktif parking monitoringnya. Sekarang mau jalan 2 tahun dan masih oke sih..

Secara Grade Aki Amaron umumnya seperti ini:
Amaron Go: Grade paling standar dengan kapasitas dan CCA yang sama dengan aki merk lain, biasanya garansi 3 bulan.
Amaron Hi Life: Grade tengah, kapasitas sama dengan aki merk lain, tapi CCA lebih tinggi dari Amaron Go. Biasanya garansi antara 3 sampai 6 bulan.
Amaron Hi Life Pro: Grade tinggi untuk aki biasa. Kapasitas lebih tinggi dari aki merk lain, CCA lebih tinggi dari Hi Life. Biasanya Garansi 1 tahun.
Amaron Hi Life Duro: Grade paling tinggi karena aki yg support ISS. Kapasitas kalau ga salah setara Hi Life Pro tapi CCA lebih tinggi akrena sudah support untuk ISS. Biasanya garansi 1 tahun.
Mantap om jawabannya ada semua yang saya cari :big_deal:
Kyknya jadinya mau ganti amaron hi life , sebelumnya saya pake gs maintenance free ini udah 2 tahun 9 bulan , stater udah lebih lama.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tanya Aki

Post by t105erd »

daimler wrote: Fri Dec 22, 2023 0:43
t105erd wrote: Thu Aug 17, 2023 6:06
ariswp wrote: Thu Aug 17, 2023 4:23

Terlanjur saya ganti kemaren om :mky_01:
Soalnya start sudah agak lambat, sama sempat utak atik ganti bohlam foglamp sendiri, 2 menitan kunci di ACC on, lampu dinyalakan, setelah mau start itu dinamo sempat beratt dan lambat banget, meskipun akhirnya nyala, jadi takut

Oh ya, untuk aki Solite Hyundai MF bagus atau tidak om? Ditawari amaron, gs calcium akhirnya ambil solite, harga lebih miring 50rb dr amaron

Speknya sih
Amaron 380cca
Solite 470cca
Gs calcium 460cca
Ambil solite gara2 cca lebih tinggi td,
Wah saya kurang tau tuh om, selama ini saya lebih milih baterai yg hybrid dari pada yg MF. Pastikan aja baterai yg om pakai produksi terbaru, soalnya untuk baterai MF kan air aki nya sudah di isi dari pabrik dan sudah ada strum nya jadi tinggal pakai, kalau baterai produksi terlalu lama bakal mengurangi umur/kapasitas real baterai tsb. Kalo baterai yg biasa/hybrid kan airnya baru dituang sebelum dipakai memang jadi harus kontrol level air beberapa bulan sekali, soalnya pernah dapet aki MF produksi lama dipakai juga sama aja umurnya, malah lebih awet tipe biasa dimobil & motor saya.

Itu masih mending ada tanda2 mau mokat, dulu saya pakai aki MF GS yang ijo tiba2 mati di tengah kampung, sebelumnya padahal starter mesin normal lancar jaya.
ohya dapetin aki biasa/hybrid yg bener2 disii pas udah dibeli di mana mbah?
selama ini di SnD yg GS hybrid pun air akinya udh dituang dr pabrik jd tinggal dipasangin ama mekaniknya trs pake, kalo yg blm dituang itu yg GS premium cm udh jaraaang bgt di kota ane semarang. Nyari2 di toko aki pun sama yg model basah rata2 udh diisi accu zuur nya, ga kaya jaman dlu yg emg diisi pas kita mau beli
saya waktu itu dapet di toko aki di bobotsari purbalingga, karena emang waktu itu mobil trouble di daerah sana. Masih banyak kok om di toko2 aki/bengkel besar yg menyediakan aki macam2 merk, biasanya yg dituang dulu baru dipakai itu merk Yuasa/Incoe, GS juga ada sih. memang berapa toko saya tanya males stok yg model gitu karena cairanya korosif, kalo sampe bocor bikin barang dagangan lain rusak.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Tanya Aki

Post by Profith83 »

Kalau aki,

Saya suka tetap yang basah atau hybrid(tetap basah)
Tapi dinaikkan ampere nya.

Misal innova reborn diesel saya pakai yang 80 ampere, type 58024.

Terakhir ganti sdh 4 thn lalu (january 2020)
Jan 2024 nanti akan 4 thn
Entah bisa tahan berapa lama lagi.

Aki basah menangnya tahan lama asal ngisi air akinya tiap 1 sd 2 bulan tergantung pemakaian
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya Aki

Post by Suryaputra »

azu wrote: Fri Dec 22, 2023 2:49
sahabatq8 wrote: Thu Dec 21, 2023 16:30 Amaron hi life sama GS Astra maintenance free bagusan mana ya? Harga amaron lebih mahal 100rb
saya prefer Amaron om.. Pengalaman pakai GS Astra yg ijo baru sekitar 1 tahunan tiba-tiba aki tekor, mobilnya Vios 2007 MT.. Padahal siangnya masih dipakai mobilnya dan lancar aja starternya, pas malam hari tiba-tiba terdengar klakson pelan banget ternyata alarm jadi error karena tegangan terlalu rendah dan tidak kuat starter lagi :big_slap:

Sudahnya saya ganti dengan Amaron Go, tahan sampai 4 tahun. Saat 4 tahun juga saya ganti aki karena starter sudah mulai lama (lebih dari 2 detik) dan kalau cek tegangan setelah mati semalaman itu di 11.7V, tapi masih kuat starter juga dan alternatornya juga sempat rusak dan sepertinya setahun terakhir itu pengisiannya mulai lemah :mky_01:

Setelahnya saya ganti Amaron Hi Life Pro, selisihnya 200rb dari yang Go, dengan harapan lebih tahan lama karena kapasitasnya lebih tinggi dan CCA yg lebih tinggi juga dari yang Go, ditambah saya juga pasang Dashcam yg aktif parking monitoringnya. Sekarang mau jalan 2 tahun dan masih oke sih..

Secara Grade Aki Amaron umumnya seperti ini:
Amaron Go: Grade paling standar dengan kapasitas dan CCA yang sama dengan aki merk lain, biasanya garansi 3 bulan.
Amaron Hi Life: Grade tengah, kapasitas sama dengan aki merk lain, tapi CCA lebih tinggi dari Amaron Go. Biasanya garansi antara 3 sampai 6 bulan.
Amaron Hi Life Pro: Grade tinggi untuk aki biasa. Kapasitas lebih tinggi dari aki merk lain, CCA lebih tinggi dari Hi Life. Biasanya Garansi 1 tahun.
Amaron Hi Life Duro: Grade paling tinggi karena aki yg support ISS. Kapasitas kalau ga salah setara Hi Life Pro tapi CCA lebih tinggi akrena sudah support untuk ISS. Biasanya garansi 1 tahun.
Thanks referensi nya mbah 🫰

Sy baru order amaron go nih.

Biasanya always pakai GS MF, dan average survive 2,5 tahun max.
Semoga amaron go bisa survive 4 tahun.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri