Wuling Binggo... EV + bagasi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Dec 01, 2023 6:42
kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 6:40 Tar spk nembus 2000, nambah lg jd 3000 :mky_03:
Saya salah main interest orang2 pasti garansi batere lifetimenya sih. Dengan adanya garansi batere lifetime pasti orng2 pada tenang dari momok bakalan ganti batere ratusan jt. Apalagi brp minggu lalu digampar berita harga batere ioniq 5 antara 300-400jt, siapa yg ga merinding ganti batere segitu :big_weee:
LAH setahun cuma di cover 30rb misalnya 3 taon jebol km 100.000 ya.................. :mky_07:

garansi jebakan betmen..... :mky_07:
Jebakan betmennya dmn ya om? Kalo dia lifetime asal ga lewat 30rb/tahun kan diganti. (Jgn blm apa2 langsung pake prejudice atpm ga bakalan ganti lah atau ngibul lah atau apalah ya, ngalamin aja blm kan) :mky_03:
Lagian kalo pake bwat commuter dalkot doang ga nyampe lah 30rb setaon. Kalo bwat kerja senen ke sabtu selama setaon aja kira2 jalan ampir 100km/hari baru 30rb. 100km/hari jauh loh :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 7:18
Jebakan betmennya dmn ya om? Kalo dia lifetime asal ga lewat 30rb/tahun kan diganti. (Jgn blm apa2 langsung pake prejudice atpm ga bakalan ganti lah atau ngibul lah atau apalah ya, ngalamin aja blm kan) :mky_03:
Lagian kalo pake bwat commuter dalkot doang ga nyampe lah 30rb setaon. Kalo bwat kerja senen ke sabtu selama setaon aja kira2 jalan ampir 100km/hari baru 30rb. 100km/hari jauh loh :mky_03:
ya ngomongnya lifetime tapi ternyata setaon cuma di cover 30rb/thn dan ini kan gak di tulis gede2x sama aja tuh kek si merek sebelah 10thn kalo cacat pabrik terus ngebuktiin rusak defect atau pemakaian gimana caranya ???? :mky_07:

sebut aja garansi biar viral..... :big_biglaugh:

mana S&Knya banyak bener gak boleh pindah tangan lah bla bla

gak usah pejudice lah s&k mereka sendiri yang banyak cingcong :big_biglaugh:

ya ud gak heran si ciri2x garansi biar viral sama narik pembeli..........justru yang penting baca dulu s&knya apalagi pake bahasa ambigu macem merek sebelah kalo cacat pabrik........ :big_biglaugh:

dan sekelas autonetmagz aja kagak aware



gimana orang awam??? jd ya gak salah kan omongan ai :mky_03:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Dec 01, 2023 7:35
kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 7:18
Jebakan betmennya dmn ya om? Kalo dia lifetime asal ga lewat 30rb/tahun kan diganti. (Jgn blm apa2 langsung pake prejudice atpm ga bakalan ganti lah atau ngibul lah atau apalah ya, ngalamin aja blm kan) :mky_03:
Lagian kalo pake bwat commuter dalkot doang ga nyampe lah 30rb setaon. Kalo bwat kerja senen ke sabtu selama setaon aja kira2 jalan ampir 100km/hari baru 30rb. 100km/hari jauh loh :mky_03:
ya ngomongnya lifetime tapi ternyata setaon cuma di cover 30rb/thn dan ini kan gak di tulis gede2x sama aja tuh kek si merek sebelah 10thn kalo cacat pabrik terus ngebuktiin rusak defect atau pemakaian gimana caranya ???? :mky_07:

sebut aja garansi biar viral..... :big_biglaugh:

mana S&Knya banyak bener gak boleh pindah tangan lah bla bla

gak usah pejudice lah s&k mereka sendiri yang banyak cingcong :big_biglaugh:

ya ud gak heran si ciri2x garansi biar viral sama narik pembeli..........justru yang penting baca dulu s&knya apalagi pake bahasa ambigu macem merek sebelah kalo cacat pabrik........ :big_biglaugh:

dan sekelas autonetmagz aja kagak aware



gimana orang awam??? jd ya gak salah kan omongan ai :mky_03:
Semua warranty jg ada t&c nya kali om, dan gw ga pernah liat tuh kalo garansi ditulis gede2 t&c nya. Gw yg bukan orng marketing aja ngerti basic marketing ya pasti yg ditulis gede2 ya yg bisa menjual.

Lagian itu jg nulis t&c brp biji bukan jebakan betmen kali orng dia kasih tau dari awal kok kalo kaya batumakam pacarnya si mbah ChZ tuh baru jebakan betmen, batere digaransi tp beres ternyata ga punya alat bwat ngecek kondisi batere jd dibilang baterenya gpp melulu, sampe kiamat jg ga bakal bs ngeclaim batere kalo ga matot :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 8:45
Semua warranty jg ada t&c nya kali om, dan gw ga pernah liat tuh kalo garansi ditulis gede2 t&c nya. Gw yg bukan orng marketing aja ngerti basic marketing ya pasti yg ditulis gede2 ya yg bisa menjual.

Lagian itu jg nulis t&c brp biji bukan jebakan betmen kali orng dia kasih tau dari awal kok kalo kaya batumakam pacarnya si mbah ChZ tuh baru jebakan betmen, batere digaransi tp beres ternyata ga punya alat bwat ngecek kondisi batere jd dibilang baterenya gpp melulu, sampe kiamat jg ga bakal bs ngeclaim batere kalo ga matot :big_biglaugh:
ya klausulnya jelas ngejebak lah bahasa lifetime warranty itu ud jebakan lah om :big_biglaugh:

terus ngebackup 30.000/thn sebenernya ntar kalo keluar garansi asli mungkin aja 8thn/150.000km yang mana duluan tanpa ba bi bu alias kayak garansi normal, pokoknya rusak ganti tanpa liat setaon km berapa tangan keberapa apa gak rugi yang 1000 eh 2000 pembeli pertama itu ??? :big_biglaugh:

sama aja yang 10thn bahasa kalo cacat pabrik ini si beneran bahasanya ud ngebackup banget ntar mobil saya 4thn mesin jebol si bengkel tinggal vonis aduh pak inimah rusak pemakaian mungkin pakainya agak kasar pak makanya rusak jd garansinya void.......... :mky_07:

kalo digituin gimana A telen mentah2x B sewa ahli buat teliti kerusakan faktor pemakaian atau cacat :wkkk:

semua emang ada T&C cuma inget itu perusahaan nyari cuan bukan badan amal jd kalo keluar kata2x fantastis jgn di telen2x justru patut curiga dicarilah tulisan T&C yang kecil2x itu.....

ya inget aja kata orang singapore kalo baca iklan koran yang di baca tulisan kecilnya jgn yang gede2x :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Fri Dec 01, 2023 9:00, edited 1 time in total.
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by bimzbim »

kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 6:40
twa wrote: Wed Nov 29, 2023 5:36 minggu kemarin baru lihat ada di salah satu mall di jakbar, info sales udh ada spk 1300 unit dan garansi lifetime baterenya udh di extend jadi 2000unit pertama.
Tar spk nembus 2000, nambah lg jd 3000 :mky_03:
Saya salah main interest orang2 pasti garansi batere lifetimenya sih. Dengan adanya garansi batere lifetime pasti orng2 pada tenang dari momok bakalan ganti batere ratusan jt. Apalagi brp minggu lalu digampar berita harga batere ioniq 5 antara 300-400jt, siapa yg ga merinding ganti batere segitu :big_weee:
Dengan garansi lifetime plus T&C yang skrg, ini pendobrak user yang resah soal umur batere. Sebenernya ini midset utama masyarakat. Beli mobil bayangannya ni kendaraan bakal dipake seumur hidupnya, walauoun kenyataannya ga gitu.
kalo binggo bisa dipasang di 350 an untuk LR....... nih mobil bisa nusuk banyak segmen untuk user di perkotaan besar.
Btw masyarakat Indo ternyata sebagian nya demen ama design cute, apalagi kaum hawa. Apakah honda akan review ulang buat masukin jazz????
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by AbdulHakim »

bimzbim wrote: Fri Dec 01, 2023 8:59
kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 6:40
twa wrote: Wed Nov 29, 2023 5:36 minggu kemarin baru lihat ada di salah satu mall di jakbar, info sales udh ada spk 1300 unit dan garansi lifetime baterenya udh di extend jadi 2000unit pertama.
Tar spk nembus 2000, nambah lg jd 3000 :mky_03:
Saya salah main interest orang2 pasti garansi batere lifetimenya sih. Dengan adanya garansi batere lifetime pasti orng2 pada tenang dari momok bakalan ganti batere ratusan jt. Apalagi brp minggu lalu digampar berita harga batere ioniq 5 antara 300-400jt, siapa yg ga merinding ganti batere segitu :big_weee:
Dengan garansi lifetime plus T&C yang skrg, ini pendobrak user yang resah soal umur batere. Sebenernya ini midset utama masyarakat. Beli mobil bayangannya ni kendaraan bakal dipake seumur hidupnya, walauoun kenyataannya ga gitu.
kalo binggo bisa dipasang di 350 an untuk LR....... nih mobil bisa nusuk banyak segmen untuk user di perkotaan besar.
Btw masyarakat Indo ternyata sebagian nya demen ama design cute, apalagi kaum hawa. Apakah honda akan review ulang buat masukin jazz????
feeling saya, untuk market Indo, aHond gak bakal ikut berkecimpung di mobil EV om, ngeluarin mobil hybrid juga sekedar formalitas saja kyknya.
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by bzt4 »

hmm jadi inget honda e yang beberapa bulan lalu dipamerkan, apa mungkin nantinya brio akan dijadikan molis untuk menantang binggo ini?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by kendibocor »

bimzbim wrote: Fri Dec 01, 2023 8:59
kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 6:40
twa wrote: Wed Nov 29, 2023 5:36 minggu kemarin baru lihat ada di salah satu mall di jakbar, info sales udh ada spk 1300 unit dan garansi lifetime baterenya udh di extend jadi 2000unit pertama.
Tar spk nembus 2000, nambah lg jd 3000 :mky_03:
Saya salah main interest orang2 pasti garansi batere lifetimenya sih. Dengan adanya garansi batere lifetime pasti orng2 pada tenang dari momok bakalan ganti batere ratusan jt. Apalagi brp minggu lalu digampar berita harga batere ioniq 5 antara 300-400jt, siapa yg ga merinding ganti batere segitu :big_weee:
Dengan garansi lifetime plus T&C yang skrg, ini pendobrak user yang resah soal umur batere. Sebenernya ini midset utama masyarakat. Beli mobil bayangannya ni kendaraan bakal dipake seumur hidupnya, walauoun kenyataannya ga gitu.
kalo binggo bisa dipasang di 350 an untuk LR....... nih mobil bisa nusuk banyak segmen untuk user di perkotaan besar.
Btw masyarakat Indo ternyata sebagian nya demen ama design cute, apalagi kaum hawa. Apakah honda akan review ulang buat masukin jazz????
Bener om garansi lifetime itu selling point yg sangat menarik. Keresahan utama pasti emang biaya ganti batere yg sudah terkenal bakalan mahal (ya walaupun gatau bakalan brp duit 8-10 thn lg, mungkin beberapa yg ngeramal masa depan uda tau jd bisa cuap2 pasti mahal :big_biglaugh: ).
Istilahnya ini tinggal beli, pake seumur hidup bwat workhorse. Sisanya kalo ada duit bisa beli mobil bwat hobby. Tinggal yg penting si wolenk ngedukung trus sparepartnya di sektor laen aja terutama kaki2 n printilan lain. Tp biasa kalo emang bisa laku sih otomatis akan banyak aftermarketnya.
b0ku wrote: Fri Dec 01, 2023 8:58
terus ngebackup 30.000/thn sebenernya ntar kalo keluar garansi asli mungkin aja 8thn/150.000km yang mana duluan tanpa ba bi bu alias kayak garansi normal, pokoknya rusak ganti tanpa liat setaon km berapa tangan keberapa apa gak rugi yang 1000 eh 2000 pembeli pertama itu ??? :big_biglaugh:
Screenshot_20231201_171632_Samsung Internet.jpg
:mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 10:14 Screenshot_20231201_171632_Samsung Internet.jpg

:mky_03:
ya kan saya ngomong berdasarkan TNCnya :mky_03:

mereka juga cari aman kan tulisan TNCnya ditaro di brosur kecil2x takut kena sue juga kali :big_biglaugh:

terus itu 2000 pembeli pertama kalo diatas 2000 artinya ada TNC laen kan ya gak salah donk gw ngomongin garansi aslinya bakalan gimana :big_biglaugh:

yang gantung kan mereka sendiri :mky_03:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

Kalo saya menterjemahkannya :
Yang pertama : max 1 tahun 30.000/km. Batere ambrol tahun ke 15, selama km masih belum 450.000 km masih aman. Baru void kalo km jadi 450.001 km. Ini masuk akal, ATPM asumsi kalo jalan 30.000 km berarti cycle-nya pendek2 dan ndak pernah di-fast charging, karena fast charging kan musuhnya betere. Jadi selama ndak dipake narik taxol atau luar kota tiap minggu (I5 saya selama pakai 24.000 km cuma fast charge 5 kali) kayaknya si gampang ndak sampe 30.000 km setaun.
Yang kedua : pasal pembeli pertama ini yang harus jadi perhatian lebih. Saya mengasumsikan lifetime-nya void kalo dipindah tangankan, jadi pembeli second-nya dapet garansi standard (yang 8 taun atau 160.000 km itu), alias ini mobil dibeli buat dipake seumur idup. (CMMIW tapi ya).

Tapi ya, batere itu bener2 badak, yakin saya mobilnya udah ancur lebur kaki2 berantakan, power window dah miring, rattle sampe suara radio kalah SOH battery masih diatas 70% :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Naaaah, yang betul2 perlu dipastikan itu sparepartnya ada enggak, percuma aja kan kalo lifetime tapi pas butuh battery module-nya muncul 6 bulan kemudian kayak si Hyundai.... :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Tapi logikanya sih bikin batere modul sih jauh lebih mudah daripada bikin kruk as/silinderkop/noken as dkk ya, spek seragam sampe kapanpun kalo Li-Ion LFP ya 3.2V, kalo yang NMC ya 3.7V, tinggal dimensi sama mau diseri-pararel berapa, tinggal niat mau bikin aja benernya....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri Dec 01, 2023 11:19 Kalo saya menterjemahkannya :
Yang pertama : max 1 tahun 30.000/km. Batere ambrol tahun ke 15, selama km masih belum 450.000 km masih aman. Baru void kalo km jadi 450.001 km. Ini masuk akal, ATPM asumsi kalo jalan 30.000 km berarti cycle-nya pendek2 dan ndak pernah di-fast charging, karena fast charging kan musuhnya betere. Jadi selama ndak dipake narik taxol atau luar kota tiap minggu (I5 saya selama pakai 24.000 km cuma fast charge 5 kali) kayaknya si gampang ndak sampe 30.000 km setaun.
Yang kedua : pasal pembeli pertama ini yang harus jadi perhatian lebih. Saya mengasumsikan lifetime-nya void kalo dipindah tangankan, jadi pembeli second-nya dapet garansi standard (yang 8 taun atau 160.000 km itu), alias ini mobil dibeli buat dipake seumur idup. (CMMIW tapi ya).

Tapi ya, batere itu bener2 badak, yakin saya mobilnya udah ancur lebur kaki2 berantakan, power window dah miring, rattle sampe suara radio kalah SOH battery masih diatas 70% :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Naaaah, yang betul2 perlu dipastikan itu sparepartnya ada enggak, percuma aja kan kalo lifetime tapi pas butuh battery module-nya muncul 6 bulan kemudian kayak si Hyundai.... :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Tapi logikanya sih bikin batere modul sih jauh lebih mudah daripada bikin kruk as/silinderkop/noken as dkk ya, spek seragam sampe kapanpun kalo Li-Ion LFP ya 3.2V, kalo yang NMC ya 3.7V, tinggal dimensi sama mau diseri-pararel berapa, tinggal niat mau bikin aja benernya....
berarti tahun pertama km 40rb ambrol tunggu jalan taon ke 3 buat claim nah kan bingung kan itungannya?? jalan taon ke2 kan gak ketauan kmnya ud lewat apa belom?? yang aman ya masuk taon ke 3 baru 40rb limitnya 90rb :big_biglaugh:

nah hyundai kemaren ada ribut2x batre ioniq gen 1 di tagih 50.000 pound :big_biglaugh: padahal seinget saya di catalog cuma 20.000$ apa ada kenaikan karena mobilnya ud tua :big_think:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Fri Dec 01, 2023 11:39 berarti tahun pertama km 40rb ambrol tunggu jalan taon ke 3 buat claim nah kan bingung kan itungannya?? jalan taon ke2 kan gak ketauan kmnya ud lewat apa belom?? yang aman ya masuk taon ke 3 baru 40rb limitnya 90rb :big_biglaugh:

nah hyundai kemaren ada ribut2x batre ioniq gen 1 di tagih 50.000 pound :big_biglaugh: padahal seinget saya di catalog cuma 20.000$ apa ada kenaikan karena mobilnya ud tua :big_think:
Kalo ini mah jelas, taun pertama lsg km 40.000 ya void itu lifetime, langsung reset ke 8 tahun/160.000 km.... harus disiplin model warranty gini, jangan sampe skip satu kilometerpun per tahunnya.... Jadi taruh taun pertama 30k, aman, taun kedua 60k aman, taun ketiga 90k aman, nah taun ke-empat sue, tau2 120.005 km langsung dah void.....

Sayangnya yang lifetime yang LR, kalo yang SR ikut lifetime enak juga, ukuran March, harga Creta, tapi ndak bayar bensin, pajak tahunan 0, servis cuma jasa.... Lagian kata koran https://otomotif.kompas.com/read/2023/1 ... dah-dijual udah mulai ada pasar bekasnya..... Yang seru ntar beda harga yang masih lifetime sama yang enggak bakal njomplang, mobil pembelian Januari dah umur 4 tahun, masuk showroom bulan Agustus, km sudah 119.995 km, bakal kagak kejual sampe Desember tuh, giliran Desember pada berebut :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri Dec 01, 2023 12:00 Kalo ini mah jelas, taun pertama lsg km 40.000 ya void itu lifetime, langsung reset ke 8 tahun/160.000 km.... harus disiplin model warranty gini, jangan sampe skip satu kilometerpun per tahunnya.... Jadi taruh taun pertama 30k, aman, taun kedua 60k aman, taun ketiga 90k aman, nah taun ke-empat sue, tau2 120.005 km langsung dah void.....

Sayangnya yang lifetime yang LR, kalo yang SR ikut lifetime enak juga, ukuran March, harga Creta, tapi ndak bayar bensin, pajak tahunan 0, servis cuma jasa.... Lagian kata koran https://otomotif.kompas.com/read/2023/1 ... dah-dijual udah mulai ada pasar bekasnya..... Yang seru ntar beda harga yang masih lifetime sama yang enggak bakal njomplang, mobil pembelian Januari dah umur 4 tahun, masuk showroom bulan Agustus, km sudah 119.995 km, bakal kagak kejual sampe Desember tuh, giliran Desember pada berebut :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
inget om listrik no maintenis selama kita gak bawa ke bengkel resmi mana ketauan :big_biglaugh:

jd 40rb jebol taon pertama ya ud tungguin jalan taon ke 3 masih 40rb km wuling baru check itu mobil setelah di tangan kita 2thn :mky_07:

emang dia bisa tau 40rb abis itu ngejogrok??? :big_biglaugh:

emang bakalan gitu om kalo void bakalan ke garansi basic???? :big_think:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Fri Dec 01, 2023 11:19 Kalo saya menterjemahkannya :
Yang pertama : max 1 tahun 30.000/km. Batere ambrol tahun ke 15, selama km masih belum 450.000 km masih aman. Baru void kalo km jadi 450.001 km. Ini masuk akal, ATPM asumsi kalo jalan 30.000 km berarti cycle-nya pendek2 dan ndak pernah di-fast charging, karena fast charging kan musuhnya betere. Jadi selama ndak dipake narik taxol atau luar kota tiap minggu (I5 saya selama pakai 24.000 km cuma fast charge 5 kali) kayaknya si gampang ndak sampe 30.000 km setaun.
Yang kedua : pasal pembeli pertama ini yang harus jadi perhatian lebih. Saya mengasumsikan lifetime-nya void kalo dipindah tangankan, jadi pembeli second-nya dapet garansi standard (yang 8 taun atau 160.000 km itu), alias ini mobil dibeli buat dipake seumur idup. (CMMIW tapi ya).

Tapi ya, batere itu bener2 badak, yakin saya mobilnya udah ancur lebur kaki2 berantakan, power window dah miring, rattle sampe suara radio kalah SOH battery masih diatas 70% :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Naaaah, yang betul2 perlu dipastikan itu sparepartnya ada enggak, percuma aja kan kalo lifetime tapi pas butuh battery module-nya muncul 6 bulan kemudian kayak si Hyundai.... :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Tapi logikanya sih bikin batere modul sih jauh lebih mudah daripada bikin kruk as/silinderkop/noken as dkk ya, spek seragam sampe kapanpun kalo Li-Ion LFP ya 3.2V, kalo yang NMC ya 3.7V, tinggal dimensi sama mau diseri-pararel berapa, tinggal niat mau bikin aja benernya....
30rb km annual sih cukup banget. Asumsi 1 tahun 365 hari potong hari minggu n cuti taruh lah per tahun 300 hari tuh mbl nyala. 1 hari 100km itu uda mepet2 jakarta bogor pp tiap hari. Atau kalo tempat tinggal n tempat kerja 1 kota mah ga bakalan nyampe 100km per hari.

Susahnya sdm konoha emang kadang males baca or tanya, jelas2 T&C kaya gitu kalo rasa2nya avg daily pake mobil >100 km ya jgn dibeli kalo mau warranty tetep nyala "seumur hidup". Yg lebih parah lg kalo ga beli tp suaranya cempreng :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 13:14
30rb km annual sih cukup banget. Asumsi 1 tahun 365 hari potong hari minggu n cuti taruh lah per tahun 300 hari tuh mbl nyala. 1 hari 100km itu uda mepet2 jakarta bogor pp tiap hari. Atau kalo tempat tinggal n tempat kerja 1 kota mah ga bakalan nyampe 100km per hari.

Susahnya sdm konoha emang kadang males baca or tanya, jelas2 T&C kaya gitu kalo rasa2nya avg daily pake mobil >100 km ya jgn dibeli kalo mau warranty tetep nyala "seumur hidup". Yg lebih parah lg kalo ga beli tp suaranya cempreng :mky_03:
Tapi rata2 temen di I5 pada pake jauh2 oom, saya yg setaun 24.000 km termasuk minoritas, kebanyakan setaun udah antara 30.000 - 40.000 km, malah ada yang setahun udah 50.000 km. Rata2 pada pake I5 malah dipake buat beater car...

Balik Wuling, untuk urusan battery health dia termasuk jujur. Kalo I5 kan SOH selalu 100%, nah kalo mau ngerti riilnya I5, cas 100% terus cek kWh-nya dapet berapa. Ngitung persentasenya yang Long Range dibagi 70kWh dikali 100%. Contoh punya saya ada di 69.2/70kWh = 98.8%, artinya setaun pakai turun 1.2%, dianggep linear 8 tahun akan turun 9.6%, alias masih sisa 90an%.
Naaah, kenapa Wuling AirEV tu jujur, karena SOH-nya ngaku terang2an udah enggak 100% lagi, tapi turun ke 99.xx%, ngertinya kenapa, soalnya ada temen baru beli AirEV terus komplen ke saya, itu EV baru pake 1000 km pas servis dah turun 0.2%, masa kalah ama Hyundai :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Terus terang buat saya pribadi pake EV apapun mereknya di pikiran lebih tenang dari ICE (kecuali ATPMnya ya, Hyundai ternyata kacrut :big_bored: :big_bored: :big_bored: ). Kagak ada cerita pake EV pas kena macet2an panas2an terus jadi OVT, mikir, ini mobil dah 60k km jangan2 valve cover rembes, oil filter housing retak, coolant return line bocor, carbon deposit numpuk di intake valve :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Fri Dec 01, 2023 14:05
kendibocor wrote: Fri Dec 01, 2023 13:14
30rb km annual sih cukup banget. Asumsi 1 tahun 365 hari potong hari minggu n cuti taruh lah per tahun 300 hari tuh mbl nyala. 1 hari 100km itu uda mepet2 jakarta bogor pp tiap hari. Atau kalo tempat tinggal n tempat kerja 1 kota mah ga bakalan nyampe 100km per hari.

Susahnya sdm konoha emang kadang males baca or tanya, jelas2 T&C kaya gitu kalo rasa2nya avg daily pake mobil >100 km ya jgn dibeli kalo mau warranty tetep nyala "seumur hidup". Yg lebih parah lg kalo ga beli tp suaranya cempreng :mky_03:
Tapi rata2 temen di I5 pada pake jauh2 oom, saya yg setaun 24.000 km termasuk minoritas, kebanyakan setaun udah antara 30.000 - 40.000 km, malah ada yang setahun udah 50.000 km. Rata2 pada pake I5 malah dipake buat beater car...

Balik Wuling, untuk urusan battery health dia termasuk jujur. Kalo I5 kan SOH selalu 100%, nah kalo mau ngerti riilnya I5, cas 100% terus cek kWh-nya dapet berapa. Ngitung persentasenya yang Long Range dibagi 70kWh dikali 100%. Contoh punya saya ada di 69.2/70kWh = 98.8%, artinya setaun pakai turun 1.2%, dianggep linear 8 tahun akan turun 9.6%, alias masih sisa 90an%.
Naaah, kenapa Wuling AirEV tu jujur, karena SOH-nya ngaku terang2an udah enggak 100% lagi, tapi turun ke 99.xx%, ngertinya kenapa, soalnya ada temen baru beli AirEV terus komplen ke saya, itu EV baru pake 1000 km pas servis dah turun 0.2%, masa kalah ama Hyundai :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Terus terang buat saya pribadi pake EV apapun mereknya di pikiran lebih tenang dari ICE (kecuali ATPMnya ya, Hyundai ternyata kacrut :big_bored: :big_bored: :big_bored: ). Kagak ada cerita pake EV pas kena macet2an panas2an terus jadi OVT, mikir, ini mobil dah 60k km jangan2 valve cover rembes, oil filter housing retak, coolant return line bocor, carbon deposit numpuk di intake valve :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Wih sadis2 berarti ya om pakenya :big_biglaugh:
Enak sih ya ga mikir macem2, pulang ke rumah tinggal colok listrik, besok siap jalan lg :big_biglaugh:

Kalo dipikir2 emang bener2 worry free sih ya pake EV asal tiap hari sudah terencana aja mau kemana2 n ga ada acara tiba2 mendadak keluar kota. Bener kata om sih pake ICE banyak kawatir ini itu, apalagi yurop tua model ane, itu fluida aja banyak bener. Oli mesin, ATF, differensial, coolant :mky_04:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Andhyka »

Benar2 menarik sih mobil listrik EV bukan cuma Wuling saja tapi lainnya spt Hyundai, BYD, MG.

Barusan buat excel untuk hitung perbandingan biaya mobil EV vs mobil bensin yg skrg ada.

Anggap aja tiap tahun dipakai 30.000 KM untuk mobil EV. Dan anggap aja biaya rata2 servis 1 juta/10ribu km itu untuk oli mesin, oli transmisi, oli gardan, fanbelt, busi, injector cleaner, maf & throttle body cleaning, dll.

Biaya onderstel, AC, filter AC, filter udara, minyak rem, coolant gak diperhitungkan karena mobil EV dan mobil bensin tetap perlu ganti secara rutin.
Perbandingan Biaya.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Andhyka on Sun Dec 03, 2023 2:22, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by b0ku »

Andhyka wrote: Sun Dec 03, 2023 2:07 Benar2 menarik sih mobil listrik EV bukan cuma Wuling saja tapi lainnya spt Hyundai, BYD, MG.

Barusan buat excel untuk hitung perbandingan biaya mobil EV vs mobil bensin yg skrg ada.

Anggap aja tiap tahun dipakai 30.000 KM untuk mobil EV. Dan anggap aja biaya rata2 servis 1 juta/10ribu km itu untuk oli mesin, oli transmisi, oli gardan, fanbelt, busi, injector cleaner, maf & throttle body cleaning, dll.

Biaya onderstel, AC, filter AC, filter udara, minyak rem, coolant gak diperhitungkan karena mobil EV dan mobil bensin tetap perlu ganti secara rutin.

Perbandingan Biaya.jpg
inget ya om itu motor sama batre kalo rusak harganya horor isi bensin itu kayak cicilan 0% ditambah mobil bensin kalo di rawat gak di rawat awetnya bisa jauh sedangkan batre itu rusak karena umur tapi bisa di hajar segila2xnya mayoritas mobil sini 10thn cuma jalan 70.000-150.000 kalo nemu mobil usia 10thn 150rb km aja ud susah jualnya karena saingannya banyak di bawah itu

belom depresiasi harga bekasnya kalo sekarang masih hype makanya masih kenceng bekasnya nanti kalo dah banjir mah laen lagi om :big_biglaugh:

ya balik lagi kalo buat daily beater di pake nguli gila2xan gak bakalan rugi pake listrik karena km gak gitu pengaruh sama batre cuma kalo cuma pake deket2x mendingan mobil bensin kecuali warrantynya kayak bingo kayak saya yang jalan setaon gak sampe 5000km sih bisa binkin bangkrut wolenk 10thn jebol claim garansi masuk persyaratan 20thn jebol lagi masih masuk juga sampe 30thn kalo rusaknya 10thn sekali kalo 5-8thn sekali si cepu dah wolenk :big_weee:

jgn kayak tetangga saya punya BMW IX eh dia malah nguli pake fortuner...... :drinking:

ntar pas batrenya jebol km masih 20rb nangis dah........... :ngacir:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by timbermaniac123 »

"[Kisaran Rp 100 juta?] Kayanya di bawah itu, tapi mendekati Rp 100 (juta) yang long range," kata Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko kepada CNBC Indonesia, Sabtu (2/12/2023).

Anggep batre ev 100 juta. Anggep per bulan hemat 2 juta, ya 8 tahun penghematannya 192 juta + pajak 40 juta. Masih untung si, udah mirip harga belinya sekarang kalau ga salah 250an ya ? Jadi bisa balik modal malah. Tapi itu pun kalau dipake min 20rb km setahun ya.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by KielConstantine »

Dah lah yg tertarik mau beli monggo aja beli


Yg kg doyan yaudahhh, tetep pake mobil ICE… sampe kiamat……


Btw kmaren malem ada pameran wuling bingguo ini di mall sms gading serpong.. mobilnya dikerubutin dong sama enci-enci; engkoh engkoh ngantri pengen liat sama masuk ke dalem. Pada doyan mereka, katanya mo dipake buat anter anak skolah sama ke pasar belanja sayur wakakaka

Baru kali ini liat pameran mobil di mall stand kecil sepetak;
yg di kerubutin mobilnya. Biasa mah salesnya yg ngerubutin calon customer :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

KielConstantine wrote: Sun Dec 03, 2023 7:03 Dah lah yg tertarik mau beli monggo aja beli


Yg kg doyan yaudahhh, tetep pake mobil ICE… sampe kiamat……


Btw kmaren malem ada pameran wuling bingguo ini di mall sms gading serpong.. mobilnya dikerubutin dong sama enci-enci; engkoh engkoh ngantri pengen liat sama masuk ke dalem. Pada doyan mereka, katanya mo dipake buat anter anak skolah sama ke pasar belanja sayur wakakaka

Baru kali ini liat pameran mobil di mall stand kecil sepetak;
yg di kerubutin mobilnya. Biasa mah salesnya yg ngerubutin calon customer :mky_07:
Ini di MKG juga rame, pinter aja dia gak bawa Alvez apa Malaz tau bakal ndak dianggep :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:. Saya akui Wuling buat EV produk placement sama timing launchingnya pas bener, yang lain belun ada produk dia dah masuk duluan, lawan paling deket cuma Neta & Citroen. Disini merek baru amat sangat mustahil bisa dapet konsumen, tau2 jeger, mobil normal, EV, 300jt harganya :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Kalo saya sih masih nunggu, taun depan nama besar kayak Hyundai (yang kacrut afer salesnya :big_bored: :big_bored: :big_bored: ), BYD sama Chery ada gak keluarin EV 300an, kalo kagak ya memang pilihan satu2nya di kelas 300 cuman si Bingo ini...

Saya pribadi si mending yg short range, 32kW 60%nya 19kW, taruh sama kayak air max 6.6kW berarti dari 20% 3 jam dah balik ke 80%. Tinggal 19kW dapet berapa km aja, kalo 1:10 - 1:15 bisa 190 - 285 km.

BTW, kursusan montir batere yg bener udah ada lun ya (bukan model pokrol bambu macam asem reges). Kayaknya 8 taun kedepan bengkel umum batere bakal laris soalnya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
tonmi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Mar 06, 2017 7:50

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by tonmi »

Kalau menurut saya yg mobilnya sekarang tahun 2018 kebawah sih worthed untuk ganti ke ev (misal harga Mobil yg dipakai skg 150jt-200jt)
Karena selisih perhitungan hemat selama 5-8 tahunnya bisa bayar selisih harga ganti ke bingo evnya.
Dan setelah 5 atau 8 tahun kedepan masih menang harga jual Mobil bingo ev 2024 dari pada Mobil bensin 2018 kebawah kan..😁
Ini dengan catatan life time battery guarantee ya. Walau kata sales wulingnya kalau garansi ini maksudnya kalau rusak atau lemah ga diganti 1 set, tapi diganti sel2 batterynya yg rusak aja. Tapi Masih oklah.. ibaratnya pakai sampai bosen. Kalau mau dijual setelah 5 tahun jg nilainya masih lbh untung dr pd Mobil 2018 kebawah..
Last edited by tonmi on Sun Dec 03, 2023 15:42, edited 1 time in total.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Salvanost »

Andhyka wrote: Sun Dec 03, 2023 2:07 Benar2 menarik sih mobil listrik EV bukan cuma Wuling saja tapi lainnya spt Hyundai, BYD, MG.

Barusan buat excel untuk hitung perbandingan biaya mobil EV vs mobil bensin yg skrg ada.

Anggap aja tiap tahun dipakai 30.000 KM untuk mobil EV. Dan anggap aja biaya rata2 servis 1 juta/10ribu km itu untuk oli mesin, oli transmisi, oli gardan, fanbelt, busi, injector cleaner, maf & throttle body cleaning, dll.

Biaya onderstel, AC, filter AC, filter udara, minyak rem, coolant gak diperhitungkan karena mobil EV dan mobil bensin tetap perlu ganti secara rutin.

Perbandingan Biaya.jpg
pertamax jaminan mutu sebelum 2030 pasti jebol ke 25.000/liter om, jadi plite bisa aja di 20-22k/liter dalam 10 tahun
inflasi itu riil

jadi mobil listrik menang jauh sebenarnya, walau tagihan listrik bisa naik 2x lipat jadi 2800-3000/kwh
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Salvanost »

tonmi wrote: Sun Dec 03, 2023 15:30 Kalau menurut saya yg mobilnya sekarang tahun 2018 kebawah sih worthed untuk ganti ke ev (misal harga Mobil yg dipakai skg 150jt-200jt)
Karena selisih perhitungan hemat selama 5-8 tahunnya bisa bayar selisih harga ganti ke bingo evnya.
Dan setelah 5 atau 8 tahun kedepan masih menang harga jual Mobil bingo ev 2024 dari pada Mobil bensin 2018 kebawah kan..😁
Ini dengan catatan life time battery guarantee ya. Walau kata sales wulingnya kalau garansi ini maksudnya kalau rusak atau lemah ga diganti 1 set, tapi diganti sel2 batterynya yg rusak aja. Tapi Masih oklah.. ibaratnya pakai sampai bosen. Kalau mau dijual setelah 5 tahun jg nilainya masih lbh untung dr pd Mobil 2018 kebawah..
itu binggo mobil 120juta om di China
jadi kualitas overall part2 lain harus dipertanyakan diatas 5 tahun masih awet apa ga

cuma bisa berlindung dibalik garansi lifetimenya biar pas dijual ga ngedrop banyak
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Wuling Binggo... EV + bagasi

Post by Bibieight »

Salvanost wrote: Tue Dec 05, 2023 5:45 itu binggo mobil 120juta om di China
jadi kualitas overall part2 lain harus dipertanyakan diatas 5 tahun masih awet apa ga

cuma bisa berlindung dibalik garansi lifetimenya biar pas dijual ga ngedrop banyak
Bukannya begitu dijual lifetime-nya gugur ya oom ?, jadi terpaksa harus dipake seumur idup sama pembeli pertama... Nah masalahnya kalo seumur idup lifetime warranty kan cuman buat batere tuh, yang udah pada pakai Wuling/Chery/MG/DFSK, body part, onderstel dkk. pada awet enggak sih ?, kalo ndak jauh2 banget sama Jepang/Korea si aman benernya, jangan sampe jalan 15 taun SOH batere masih 80% naikan dah kayak gerobak :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

BTW, si Binguo ini battery box-nya pake pelat baja kayaknya, digetok2 bunyi-nya kayak getok2 baja bukan aluminium, kayaknya lebih cocok sama kondisi riil di Indonesia yang kondisi jalan susah ditebak. Kalo Ioniq 5 cuma plastik item 1 mm, kalo Kona & Ioniq lama pake alumunium, BMW kayaknya alumunium juga.....