Review: All New Civic RS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

grimjow wrote: Mon Jun 26, 2023 6:40
Kalau saya liat nya, Civic FE ini worth it untuk sebagai salah satu model yang dapat interior concept Honda kekinian dan kombinasi mesin yang juga pas 1,5 Turbo yang cocok untuk sedan dan juga kapasitas penumpang 5 org. HRV RS Turbo juga ok sih, tapi kok kayanya kurang laku. :big_think:

Kalau Accord 11th atau CRV 6th kemungkinan besar yang dijual Hybrid2an nya, karena di luar Indo itu pake kombinasi 2,0L dan motor hybrid untuk kedua model ini. Tapi konsekuensinya tuh CRV uda ga bisa 3 baris kalo hybrid (dan emang ga proper sih sebenarnya CRV 3 baris) dan harga CRV dan Accord new Gen uda pasti di luar akal sehat. Keliatan uda mulai mature sih Honda saat ini dari sisi platform, chasis, concept Man maximum nya, dll. Sayang nya harganya ikutan mature juga. Untuk Yaris cross hybrid sih mungkin personal opinion aja, tapi setuju menurut saya juga ga worth it. Masih lebih kepingin Toyota bawa Yaris xp210 kaya di Eropa. Nih mobil dari bentuknya aja uda ketauan enak nih disetirnya asal kombinasi mesin nya pas.
:mky_02:
betul. mungkin nanti pas facelift akan ditawarin civic yg hybrid juga. tapi balik lagi, apa iya orang beli civic incer irit2an. crv 6th gen bocoran dari salaesnya memang hybrid nanti ada, ditemenin mesin turbo, dan mendekati 800jt. ya terserah aja sih orang rela apa ngga keluar uang sgitu utk crv. mau gimana2 memang harga mobil udh naik semua kan.

nah hrv rs ini salah satu yg berpotensi utk diganti jadi hrv hybrid. gak laku ya dijalan? ya wajar aja sih. dgn price point yg 500jutaan lebih, bnr2 orang yg beli hrv rs cuma mau ngebut. niche banget. tapi kalo mau ngebut naek hrv ya.. mgkn bisa kira2 lah seberapa banyak org yg mau ngebut naek hrv. kalo liat dari jaman hrv gen1, itu harganya selalu berdampingan sama innova, walopun hrv ini 5seater vs inova 7seater. tapi toh nyatanya hrv laku2 aja kan. menarik nih nanti nasib hrv rs gimana. dan nanti kalo diganti hrv hybrid.

kalo bahas harga accord.. mungkin bisa berkaca dgn harga camry ya. biasa sih harga accord lbh mahal dari kemri. nah coba aja liat harga kemri TNGA ini, yg biasa dan yg hybrid. sy sih geleng2.. mendingan beli 86 aja sekalian. ketawan mobil hobi.
KSG88 wrote: Mon Jun 26, 2023 11:42 Appreciate sama org yg beli sedan jaman now. Mreka memang tahu milih mobil enak dari segi handling, kenyamanan dan membuat bergairah ketika mengendarai mobil.

Keluar dari sedan selalu ada prestise sendiri.

Soal racun mah semangat bos, dicicil aja beli parts nya.
haha.. ditengah gempuran MPV SUV ya. sekeliling saya aja pada bilang saya cari masalah beli sedan di umur sgini. masih betah jalan pelan lewatin poldur ato lobang. ya gpp lah, masing2 orang bebas opini kan.

bener, mau mobil yg katanya SUV basis sedan juga nggak bisa ngalahin rasanya naik sedan. contoh gampang aja, crv vs civic coba aja bawa jalan santai ato skalian ngebut ugal2an. ini gk jelekin crv ya, sesuai kebutuhan aja.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 507
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by hosea »

Selamat Om atas Civic nya. Hampir beli ini dulu sebelum ambil Altis hybrid...gara gara indent nya katanya 6 bulan . Dan masih ga sreg sama peleg, ducktail dan spion hitam....pengin yang lebih elegan dengan velg silver dan spion door handle sewarna body.

Exterior dan interior ganteng mobil ini. Pas duduk di dalam, posisi nyetirnya enak banget.
Body Keliatan lebar dan stance nya keren. Surprise juga kalau Om bilang noise nya berkurang jauh.

Saya rencana mau upgrade ke Camry bbrp tahun lagi...tapi harganya sdh ga masuk akal...mungkin lebih baik ambil Civic ini asal ada versi "elegan" nya.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

hosea wrote: Mon Jun 26, 2023 14:04 Selamat Om atas Civic nya. Hampir beli ini dulu sebelum ambil Altis hybrid...gara gara indent nya katanya 6 bulan . Dan masih ga sreg sama peleg, ducktail dan spion hitam....pengin yang lebih elegan dengan velg silver dan spion door handle sewarna body.

Exterior dan interior ganteng mobil ini. Pas duduk di dalam, posisi nyetirnya enak banget.
Body Keliatan lebar dan stance nya keren. Surprise juga kalau Om bilang noise nya berkurang jauh.

Saya rencana mau upgrade ke Camry bbrp tahun lagi...tapi harganya sdh ga masuk akal...mungkin lebih baik ambil Civic ini asal ada versi "elegan" nya.
halo om Hosea. saya masih inget banget th lalu ya kalo gk salah akhir th, itu juga saya sempet ngobrol sama om Hosea yg mau nyari sedan.

hahaha.. iya nih bodynya malah two tone kecil2an ya. dalemnya juga sama om, banyak lampu warna merah2 nya di kaki dan di pintu kiri kanan bagian depan. padahal ada LED dom light warm white gitu juga, nemenin backlight putih di tombol2 interiornya. tapi rasanya ini dah yg paling pas memang utk om2 galau kaya saya.
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by tulalit »

ChZ wrote: Mon Jun 26, 2023 3:04
FK terlalu boy racer yak modelnya :big_biglaugh: sekali waktu liat bapak2 usia 50-60an bawa FK emang rada nggak match. wakakkakaka. malah kek bawa mobil anaknya :mky_07: pdhl mungkin emang mobil dia. kaum punggung sehat nih kaga susah naik-turun di posisi duduk serendah FK

kek ane sering liat fiesta modifan agak ceper yg bawa bapak-bapak.

ada ane pernah liat FE1 modif type R bagus sih. wkwkwkwk.

step awal ganti downpipe frontpipe ama filter yang plong om :mky_03: ningkatin handling bisa nambah underbrace belakang denger2 dari yang ud bandingin FC sama FE, belakangnya FE lebih empuk. tp ya ngorbanin kenyamanan wkwkwkkw

trs upgrade ban ke ps4 :ngacir:
wahhh , apa kabar mama mertua saya om , bawa FK warna hitam, umur 65thun . hahahah . tau donk gaya emak2 nyetir di jalan . :mky_01:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9736
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

hosea wrote: Mon Jun 26, 2023 14:04 Selamat Om atas Civic nya. Hampir beli ini dulu sebelum ambil Altis hybrid...gara gara indent nya katanya 6 bulan . Dan masih ga sreg sama peleg, ducktail dan spion hitam....pengin yang lebih elegan dengan velg silver dan spion door handle sewarna body.

Exterior dan interior ganteng mobil ini. Pas duduk di dalam, posisi nyetirnya enak banget.
Body Keliatan lebar dan stance nya keren. Surprise juga kalau Om bilang noise nya berkurang jauh.

Saya rencana mau upgrade ke Camry bbrp tahun lagi...tapi harganya sdh ga masuk akal...mungkin lebih baik ambil Civic ini asal ada versi "elegan" nya.
gaskeun mbah

klo dah nyoba nyetir di dalam, udah lupa sm bentuk velg atau warna exterior.
wakakakaka

sy pernah coba FC sedan aja udh enak banget.
sasisnya emg top civic ini.
empuk tp tetap stabil handling nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

tulalit wrote: Tue Jun 27, 2023 1:53
wahhh , apa kabar mama mertua saya om , bawa FK warna hitam, umur 65thun . hahahah . tau donk gaya emak2 nyetir di jalan . :mky_01:
wkwkwkwk artinya punggung aman om. msh bisa naik turun mobil sependek itu :mky_03:

bikin malu brio sok ngebut di jalan om disalip emak2 usia 65 thn :mky_07:

tapi ga dikit sehh liat middle aged usia 50-60 bawa civic FC/FK. faktor price range sih udah di 400-500 juta-an dulu. cm tampangnya ya standaran. kl modifan memang biasa msh jiwa muda :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
chapterzero
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Jan 29, 2020 10:13

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by chapterzero »

yess review sedan langka bener di indonesia, makasi om reviewnya.

Satu satunya yg bikin saya takut beli sedan itu poldur kayak gunung, lobang kayak kawah sama nyangkut di ferry. Skrng pake yaris yg ga pendek pendek amat udah gesruk berapa kali. Mostly memang di kota sih tp kadang kadang ketemu aja jalan begitu.

Boleh om kalo berkenan nanti long term reviewnya tentang gesruk gesrukan :big_childish:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

tulalit wrote: Tue Jun 27, 2023 1:53
ChZ wrote: Mon Jun 26, 2023 3:04
FK terlalu boy racer yak modelnya :big_biglaugh: sekali waktu liat bapak2 usia 50-60an bawa FK emang rada nggak match. wakakkakaka. malah kek bawa mobil anaknya :mky_07: pdhl mungkin emang mobil dia. kaum punggung sehat nih kaga susah naik-turun di posisi duduk serendah FK

kek ane sering liat fiesta modifan agak ceper yg bawa bapak-bapak.

ada ane pernah liat FE1 modif type R bagus sih. wkwkwkwk.

step awal ganti downpipe frontpipe ama filter yang plong om :mky_03: ningkatin handling bisa nambah underbrace belakang denger2 dari yang ud bandingin FC sama FE, belakangnya FE lebih empuk. tp ya ngorbanin kenyamanan wkwkwkkw

trs upgrade ban ke ps4 :ngacir:
wahhh , apa kabar mama mertua saya om , bawa FK warna hitam, umur 65thun . hahahah . tau donk gaya emak2 nyetir di jalan . :mky_01:
wah makin demen yakin mama mertua mah. cewe kan demen tuh gas pol, rem, gas pol rem. makin nyos nyetir FK wkwkwk
chapterzero wrote: Tue Jun 27, 2023 3:45 yess review sedan langka bener di indonesia, makasi om reviewnya.

Satu satunya yg bikin saya takut beli sedan itu poldur kayak gunung, lobang kayak kawah sama nyangkut di ferry. Skrng pake yaris yg ga pendek pendek amat udah gesruk berapa kali. Mostly memang di kota sih tp kadang kadang ketemu aja jalan begitu.

Boleh om kalo berkenan nanti long term reviewnya tentang gesruk gesrukan :big_childish:
iya om, emang gk umum lagi ya sedan. mungkin buat orang hobi aja kebanyakan

nah kalo yaris sih, apalagi yg TRD memang gk tau kenapa rasanya pendek banget ya. padahal duduk di dalemnya nggak pendek. adik punya yaris trd 2019, kalo di naekin ke rumah saya udh sering gasruk padahal udah miring dan pelan2 banget. malah civic ini nggak gasruk. mungkin ini imbas wheelbase overhang approach angle dkk nya itu kali ya. kemarin itu sempet ada belajar sdkt2 di thread sblh, ini mempengaruhi banget.

kedepan nanti ni mobil bakal di bawa trip ke jawa dan bandung juga om. saya yakin banget aman. pengen ngejajal tanjakan punclut bandung pake ini hahaha. kalo nyebrang pulau naik feri gitu2 sih nggak ya.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3439
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by kendibocor »

chapterzero wrote: Tue Jun 27, 2023 3:45 yess review sedan langka bener di indonesia, makasi om reviewnya.

Satu satunya yg bikin saya takut beli sedan itu poldur kayak gunung, lobang kayak kawah sama nyangkut di ferry. Skrng pake yaris yg ga pendek pendek amat udah gesruk berapa kali. Mostly memang di kota sih tp kadang kadang ketemu aja jalan begitu.

Boleh om kalo berkenan nanti long term reviewnya tentang gesruk gesrukan :big_childish:
Yg ngeselin lagi kalo butuh ke toko tertentu yg depannya trotoar tinggi. Pernah ke bengkel kaki2 depannya trotoar yg sangat ga friendly sama mobil pendek, sukses gesrot mobil ane pas masuk. Dalem ati, ini bengkel kaki2 custom per segala kok trotoarnya gini. Orng yg mo ceperin mbl gimana nasibnya yak pas mau keluar :big_biglaugh:
iamwewe wrote: Tue Jun 27, 2023 5:17
iya om, emang gk umum lagi ya sedan. mungkin buat orang hobi aja kebanyakan

nah kalo yaris sih, apalagi yg TRD memang gk tau kenapa rasanya pendek banget ya. padahal duduk di dalemnya nggak pendek. adik punya yaris trd 2019, kalo di naekin ke rumah saya udh sering gasruk padahal udah miring dan pelan2 banget. malah civic ini nggak gasruk. mungkin ini imbas wheelbase overhang approach angle dkk nya itu kali ya. kemarin itu sempet ada belajar sdkt2 di thread sblh, ini mempengaruhi banget.

kedepan nanti ni mobil bakal di bawa trip ke jawa dan bandung juga om. saya yakin banget aman. pengen ngejajal tanjakan punclut bandung pake ini hahaha. kalo nyebrang pulau naik feri gitu2 sih nggak ya.
Kalo naek ferry jawa bali kayaknya masih bisa om. Trio reviewer itu aja pernah bawa altis naek ferry sepertinya aman2 aja walaupun harus pelan2. Sama2 standar harusnya GC mirip2 lah ya civic ma altis.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

chapterzero wrote: Tue Jun 27, 2023 3:45 yess review sedan langka bener di indonesia, makasi om reviewnya.

Satu satunya yg bikin saya takut beli sedan itu poldur kayak gunung, lobang kayak kawah sama nyangkut di ferry. Skrng pake yaris yg ga pendek pendek amat udah gesruk berapa kali. Mostly memang di kota sih tp kadang kadang ketemu aja jalan begitu.

Boleh om kalo berkenan nanti long term reviewnya tentang gesruk gesrukan :big_childish:
yaris/vios apalagi gen lele joker mudah banget gasruk tengah. bahkan pake tipe G yang gak ada bodykit juga belakang penumpang 1 gasruk. aneh banget.

civic pendek2 gini ane malah jarang banget gasruk tengah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1657
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by darrelund »

ChZ wrote: Tue Jun 27, 2023 7:44
chapterzero wrote: Tue Jun 27, 2023 3:45 yess review sedan langka bener di indonesia, makasi om reviewnya.

Satu satunya yg bikin saya takut beli sedan itu poldur kayak gunung, lobang kayak kawah sama nyangkut di ferry. Skrng pake yaris yg ga pendek pendek amat udah gesruk berapa kali. Mostly memang di kota sih tp kadang kadang ketemu aja jalan begitu.

Boleh om kalo berkenan nanti long term reviewnya tentang gesruk gesrukan :big_childish:
yaris/vios apalagi gen lele joker mudah banget gasruk tengah. bahkan pake tipe G yang gak ada bodykit juga belakang penumpang 1 gasruk. aneh banget.

civic pendek2 gini ane malah jarang banget gasruk tengah.
ban tipis um :big_biglaugh:

diantara lawannya emg diameter ban yasir ini paling kecil

yaris grs 602mm, city hb 610mm, mazda 2 627mm

klo dibilang yasir wheelbase panjang engga juga

yaris 2550mm, mazda 2 2570mm
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1657
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by darrelund »

iamwewe wrote: Tue Jun 27, 2023 5:17
kedepan nanti ni mobil bakal di bawa trip ke jawa dan bandung juga om. saya yakin banget aman. pengen ngejajal tanjakan punclut bandung pake ini hahaha. kalo nyebrang pulau naik feri gitu2 sih nggak ya.
klo civic mah gausa takut mentok um

gc nya tinggi, 170mm

kecuali bawa mazda 3 baru kocar kacir takut mentok :big_biglaugh:

btw congrats um buat sipiknya :big_exellent:

klo lihat overall package sebenernya sipik itu menarik

dalem lega, mesin turbo, bagasi gede, servis gampang & parts melimpah

tech nya jg udah update bgt, spido digital, sensing etc etc

tinggal kasi peredam aja ud enak bgt pasti
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9736
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Jun 27, 2023 10:35
iamwewe wrote: Tue Jun 27, 2023 5:17
kedepan nanti ni mobil bakal di bawa trip ke jawa dan bandung juga om. saya yakin banget aman. pengen ngejajal tanjakan punclut bandung pake ini hahaha. kalo nyebrang pulau naik feri gitu2 sih nggak ya.
klo civic mah gausa takut mentok um

gc nya tinggi, 170mm

kecuali bawa mazda 3 baru kocar kacir takut mentok :big_biglaugh:

btw congrats um buat sipiknya :big_exellent:

klo lihat overall package sebenernya sipik itu menarik

dalem lega, mesin turbo, bagasi gede, servis gampang & parts melimpah

tech nya jg udah update bgt, spido digital, sensing etc etc

tinggal kasi peredam aja ud enak bgt pasti
konon menurut SA beres,
Civic FE ini improve banget NVH nya dibanding FC atau FK.
apalagi ditambah ban AdvanDB yg fokus ke senyap dan nyaman.. sebiji aja bisa 2 juta ++ :big_biglaugh:

sy belum pernah nyoba sih yg FE.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

kendibocor wrote: Tue Jun 27, 2023 5:18
Yg ngeselin lagi kalo butuh ke toko tertentu yg depannya trotoar tinggi. Pernah ke bengkel kaki2 depannya trotoar yg sangat ga friendly sama mobil pendek, sukses gesrot mobil ane pas masuk. Dalem ati, ini bengkel kaki2 custom per segala kok trotoarnya gini. Orng yg mo ceperin mbl gimana nasibnya yak pas mau keluar :big_biglaugh:

Kalo naek ferry jawa bali kayaknya masih bisa om. Trio reviewer itu aja pernah bawa altis naek ferry sepertinya aman2 aja walaupun harus pelan2. Sama2 standar harusnya GC mirip2 lah ya civic ma altis.
kalo diliat sih masih tinggian altis ya sekilas. entah deh, apa faktor model civic ini yg lebar dan pendek kali ya bodynya jadi menyebabkan efek gitu keliatannya dimata.
nanti saya pulang rumah saya coba ukur deh tinggi nya pake meteran sekalian biar nggak penasaran. nanti semoga aja om hosea juga ada perbandingan tingginya.
darrelund wrote: Tue Jun 27, 2023 10:35
klo civic mah gausa takut mentok um

gc nya tinggi, 170mm

kecuali bawa mazda 3 baru kocar kacir takut mentok :big_biglaugh:

btw congrats um buat sipiknya :big_exellent:

klo lihat overall package sebenernya sipik itu menarik

dalem lega, mesin turbo, bagasi gede, servis gampang & parts melimpah

tech nya jg udah update bgt, spido digital, sensing etc etc

tinggal kasi peredam aja ud enak bgt pasti
thanks om. nah itu, space factor. hebat abis ini legaaaa banget duduk di belakangnya. padahal kursi supir ud dicocokin dgn tinggi badan saya 174cm. bahkan rasanya ini lebih lega daripada seri 3. yang disayangin itu di baris blkg masih ada tunnel nya. tinggi banget. padahal mobil FWD.

khusus bagian bagasi, saya seneng banget ini masih bisa dilipat. bahkan kemri pun xv50 atau xv70 seinget saya kemarin pas cek2 unit nggak ada tuas untuk lipat jok belakang lho.

utk tech.. okelah. kurang kamera 360 kali ya. tapi saya masih pengen ventilated seat hahaha. oh.. sama penasaran juga mau jajal kalo ada objek di dpn mobil, dia bisa rem sndiri apa nggak. jajal nya pake apa ya biar nggak bahaya bagi saya dan mobil nya wkwkwk. tech sensing smua nya yg ada sy udh coba disini sih, gk terlalu kepake gmn buat saya. paling cruise control biasa aja nggak perlu pake yg adaptive nya.

coba ya om nanti saya pulang rumah saya ukur coba GC nya.. biar pasti. jadi penasaran juga kalo 170mm nih hrsnya kgk sampe sih secara visual
Suryaputra wrote: Tue Jun 27, 2023 10:42
konon menurut SA beres,
Civic FE ini improve banget NVH nya dibanding FC atau FK.
apalagi ditambah ban AdvanDB yg fokus ke senyap dan nyaman.. sebiji aja bisa 2 juta ++ :big_biglaugh:

sy belum pernah nyoba sih yg FE.
coba nanti saya foto2 kolongan ya om. yg pasti kalo lewat jalan beton gitu juga masih kedengeran gemuruhnya kok. kalo lewat jalan aspal sih udh hening. nah lewat jalan konblok pik gitu, masih kedengeran duk2 nya tapi sepoi2. iya mungkin ketolong faktor ban DB nya ya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9736
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Wed Jun 28, 2023 0:55

coba nanti saya foto2 kolongan ya om. yg pasti kalo lewat jalan beton gitu juga masih kedengeran gemuruhnya kok. kalo lewat jalan aspal sih udh hening. nah lewat jalan konblok pik gitu, masih kedengeran duk2 nya tapi sepoi2. iya mungkin ketolong faktor ban DB nya ya.
aspal beton susah mbah.
even alphard AH30 aja masih kedenger gemuruh koq.

Pernah nyoba burung biru W212, baru terasa nyaman dan teredam klo buat aspal beton :big_biglaugh:

Tapi actually Civic best car in the class mbah :big_exellent:

Review Mat Watson CarWow UK,
Civic ngalahin: Kia Ceed, Corolla, Golep, Focus, Vauxhall-Opel Astra

gokil emang
best in class :big_exellent:



Last edited by Suryaputra on Wed Jun 28, 2023 2:33, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by peterming77 »

iamwewe wrote: Wed Jun 28, 2023 0:55
thanks om. nah itu, space factor. hebat abis ini legaaaa banget duduk di belakangnya. padahal kursi supir ud dicocokin dgn tinggi badan saya 174cm. bahkan rasanya ini lebih lega daripada seri 3. yang disayangin itu di baris blkg masih ada tunnel nya. tinggi banget. padahal mobil FWD.
Setau saya tunnel ga selamanya buat jalur gardan, tapi juga buat rigiditas bodi, mungkin di Civic ini tunnel tadi buat nambah sasis yg lebih rigid jadi ga body roll kalo selap selip.

Anyway congrats buat mobil barunya, memang ganteng sekali ini dan masih jarang di jalan, kalo pas ada mesti saya ikuti terus saking seneng liatnya. :big_love:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Jun 27, 2023 10:28 ban tipis um :big_biglaugh:

diantara lawannya emg diameter ban yasir ini paling kecil

yaris grs 602mm, city hb 610mm, mazda 2 627mm

klo dibilang yasir wheelbase panjang engga juga

yaris 2550mm, mazda 2 2570mm
hmmm bener uga sih, pantes stance mobil ini berasa agak gimana gitu.

Image
darrelund wrote: Tue Jun 27, 2023 10:35 klo civic mah gausa takut mentok um

gc nya tinggi, 170mm

kecuali bawa mazda 3 baru kocar kacir takut mentok :big_biglaugh:

btw congrats um buat sipiknya :big_exellent:

klo lihat overall package sebenernya sipik itu menarik

dalem lega, mesin turbo, bagasi gede, servis gampang & parts melimpah

tech nya jg udah update bgt, spido digital, sensing etc etc

tinggal kasi peredam aja ud enak bgt pasti
baru nyadar loh, gc nya 170mm. pantes kemarin lagi ngopi ketemu civic FE kok tinggi banget pantatnya standaran. wakkakakaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Wed Jun 28, 2023 2:02
aspal beton susah mbah.
even alphard AH30 aja masih kedenger gemuruh koq.

Pernah nyoba burung biru W212, baru terasa nyaman dan teredam klo buat aspal beton :big_biglaugh:

Tapi actually Civic best car in the class mbah :big_exellent:

Review Mat Watson CarWow UK,
Civic ngalahin: Kia Ceed, Corolla, Golep, Focus, Vauxhall-Opel Astra

gokil emang
best in class :big_exellent:



hooh.. ya minimal utk rute sehari2 yg saya lewatin udh cukup heningnya lah. gk sesering itu juga lewatin jalur beton.

wuih.. sampe best in class ya. tapi tau amat ini nanti kalo perawatannya, daya tahan, dan sparepart costnya dbanding corolla.
peterming77 wrote: Wed Jun 28, 2023 2:14
Setau saya tunnel ga selamanya buat jalur gardan, tapi juga buat rigiditas bodi, mungkin di Civic ini tunnel tadi buat nambah sasis yg lebih rigid jadi ga body roll kalo selap selip.

Anyway congrats buat mobil barunya, memang ganteng sekali ini dan masih jarang di jalan, kalo pas ada mesti saya ikuti terus saking seneng liatnya. :big_love:
beh. baru tau bisa buat rigid bodi juga ya.

thank u om :big_love:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

nah ini saking penasarannya nih ternyata groundclearancenya kondisi standar R17 adalah........... jeng jeng... 120mm doang. kaget juga.

ini foto diukur dari depan, dan samping.
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (2).jpeg
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (3).jpeg
khusus belakang, saya ambil dari bibir knalpot, karena ini yg paling suka kebentok stopper pas parkiran.
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (4).jpeg
maap kalo sampe nggak rapih ato akurat banget foto / pegang meterannya.

bonus tampilan full knalpot belakang yg keliatan las2annya dan mungkin peredaman kolong nya
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01.jpeg
WhatsApp Image 2023-06-28 at 14.22.01 (1).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9736
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Wed Jun 28, 2023 7:26
hooh.. ya minimal utk rute sehari2 yg saya lewatin udh cukup heningnya lah. gk sesering itu juga lewatin jalur beton.

wuih.. sampe best in class ya. tapi tau amat ini nanti kalo perawatannya, daya tahan, dan sparepart costnya dbanding corolla.

yah sesama monokok fwd, on par lah daya tahannya.

ada bbrp case jg Corolla E210 udh kena Steering Rack EPS nya.
Jd tergantung medan yg dilalui dan cara pakai juga.

klo maintenance fee, jangan mau dikasih engine flush, fuel aditif, dsb untuk hal-hal yg di luar SOP service / manual book
Ganti jika sudah dicek, dan diperlukan ganti ajah.

Soal GC; itu diambil dr titik terendah bagian dr suatu mobil, ke tanah.

Image


klo mobil fortuner misalnya, itu bisa diambil dari; bagian bawah casing bonggol gardan - ke tanah.

klo sy lihat di Civic punya master, sekilas masih di kisaran 170 - 200 mm kayanya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by gadjahalphien »

Suryaputra wrote: Wed Jun 28, 2023 7:48
Soal GC; itu diambil dr titik terendah bagian dr suatu mobil, ke tanah.
CMIIW
Pernah tanya ke pihak RnD nya APM pas seminar, GC itu di ukur terhadap titik ter-rendah mobil yg tidak bergerak, jika di artikan kira-kira Chassis & bodykit diluar Gardan, suspensi, arm, bahkan Knalpot.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ExorT »

gadjahalphien wrote: Wed Jun 28, 2023 12:08
Suryaputra wrote: Wed Jun 28, 2023 7:48
Soal GC; itu diambil dr titik terendah bagian dr suatu mobil, ke tanah.
CMIIW
Pernah tanya ke pihak RnD nya APM pas seminar, GC itu di ukur terhadap titik ter-rendah mobil yg tidak bergerak, jika di artikan kira-kira Chassis & bodykit diluar Gardan, suspensi, arm, bahkan Knalpot.
Menurut ane sih titik bergerak = ban.
Titik terendah ya semua bagian body bawah mobil. Termasuk gardan, suspensi, arm, knalpot. Malah di mobil ane yang sering nyangkut di knalpot tengah. Kalau liat ngolong, ya bagian terendah dari mobil ane si knalpot tengah ini.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9736
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

gadjahalphien wrote: Wed Jun 28, 2023 12:08
Suryaputra wrote: Wed Jun 28, 2023 7:48
Soal GC; itu diambil dr titik terendah bagian dr suatu mobil, ke tanah.
CMIIW
Pernah tanya ke pihak RnD nya APM pas seminar, GC itu di ukur terhadap titik ter-rendah mobil yg tidak bergerak, jika di artikan kira-kira Chassis & bodykit diluar Gardan, suspensi, arm, bahkan Knalpot.
Yep
Klo titik terendahnya knalpot

Ya ambil dr knalpot ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Wed Jun 28, 2023 7:48
iamwewe wrote: Wed Jun 28, 2023 7:26
hooh.. ya minimal utk rute sehari2 yg saya lewatin udh cukup heningnya lah. gk sesering itu juga lewatin jalur beton.

wuih.. sampe best in class ya. tapi tau amat ini nanti kalo perawatannya, daya tahan, dan sparepart costnya dbanding corolla.

yah sesama monokok fwd, on par lah daya tahannya.

ada bbrp case jg Corolla E210 udh kena Steering Rack EPS nya.
Jd tergantung medan yg dilalui dan cara pakai juga.

klo maintenance fee, jangan mau dikasih engine flush, fuel aditif, dsb untuk hal-hal yg di luar SOP service / manual book
Ganti jika sudah dicek, dan diperlukan ganti ajah.

Soal GC; itu diambil dr titik terendah bagian dr suatu mobil, ke tanah.

Image


klo mobil fortuner misalnya, itu bisa diambil dari; bagian bawah casing bonggol gardan - ke tanah.

klo sy lihat di Civic punya master, sekilas masih di kisaran 170 - 200 mm kayanya.
eh buset bener ya. ini mata bener2 siwer banget ngebacanya. iya nih anggep aja yg paling rendahnya dah 170 ya. gk tll parah juga. setan apa yg merasuki gw sampe liatnya 120mm ckck.

btw mobil nya apa ini om yg digambar?

nggak tau ya.. udh pesimis duluan rasanya sama kaki2 si civic dibanding altis wkwkw. kayanya mah udh pasti aja si sipik KO duluan kaki2nya dibanding altis.

sip2 kalo service di beres nanti cukup yg di manual book aja ya lumayan motong biaya ini itu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9736
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Wed Jun 28, 2023 14:52
Suryaputra wrote: Wed Jun 28, 2023 7:48
iamwewe wrote: Wed Jun 28, 2023 7:26
hooh.. ya minimal utk rute sehari2 yg saya lewatin udh cukup heningnya lah. gk sesering itu juga lewatin jalur beton.

wuih.. sampe best in class ya. tapi tau amat ini nanti kalo perawatannya, daya tahan, dan sparepart costnya dbanding corolla.

yah sesama monokok fwd, on par lah daya tahannya.

ada bbrp case jg Corolla E210 udh kena Steering Rack EPS nya.
Jd tergantung medan yg dilalui dan cara pakai juga.

klo maintenance fee, jangan mau dikasih engine flush, fuel aditif, dsb untuk hal-hal yg di luar SOP service / manual book
Ganti jika sudah dicek, dan diperlukan ganti ajah.

Soal GC; itu diambil dr titik terendah bagian dr suatu mobil, ke tanah.

Image


klo mobil fortuner misalnya, itu bisa diambil dari; bagian bawah casing bonggol gardan - ke tanah.

klo sy lihat di Civic punya master, sekilas masih di kisaran 170 - 200 mm kayanya.
eh buset bener ya. ini mata bener2 siwer banget ngebacanya. iya nih anggep aja yg paling rendahnya dah 170 ya. gk tll parah juga. setan apa yg merasuki gw sampe liatnya 120mm ckck.

btw mobil nya apa ini om yg digambar?

nggak tau ya.. udh pesimis duluan rasanya sama kaki2 si civic dibanding altis wkwkw. kayanya mah udh pasti aja si sipik KO duluan kaki2nya dibanding altis.

sip2 kalo service di beres nanti cukup yg di manual book aja ya lumayan motong biaya ini itu
Wakakakakaka

Tenang masterr.
Corolla kakiny kuat itu cuma cap cip cup aja.
Sesama monokok fwd ya gtu gtu aja kuat dan jajan kakinya.

Paradigma toyota kaki kuat, itu berlaku buat toyota rwd dan ladder frame (keluarga kijang dan sejenis).

Terlepas dr case shock bocor :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri