Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by zonepublic »

Sesuai judul saya penasaran abis iseng2 penasaran compare spek
toyota raize turbo 1.0 yang baru keluar 2021 lha kok performa mesinnya masih kalah jauh sama Ford Fiesta Ecoboost 1.0 keluaran hampir 1 dekade lalu
Sama2 3 silinder sama2 1000 cc tapi fiesta ecoboost tenaganya 123HP torsi 170Nm dibanding Toyota raize tapi tenaga cuma 97HP torsi 140Nm
Apakah teknologi mesin Ford sebagus itu sampai udah dikasih 1 dekade pun toyota belom bisa ngalahin?
Jangan2 mesin innova disel 2gd juga kalah sama mesinnya duratec ford everest?
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by Chr1stm1 »

Balik lagi, ada harga ada rupa...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Mon Jul 17, 2023 17:09 Sesuai judul saya penasaran abis iseng2 penasaran compare spek
toyota raize turbo 1.0 yang baru keluar 2021 lha kok performa mesinnya masih kalah jauh sama Ford Fiesta Ecoboost 1.0 keluaran hampir 1 dekade lalu
Sama2 3 silinder sama2 1000 cc tapi fiesta ecoboost tenaganya 123HP torsi 170Nm dibanding Toyota raize tapi tenaga cuma 97HP torsi 140Nm
Apakah teknologi mesin Ford sebagus itu sampai udah dikasih 1 dekade pun toyota belom bisa ngalahin?
Jangan2 mesin innova disel 2gd juga kalah sama mesinnya duratec ford everest?
toyota tuningan cupu tapi partsnya over enginered, :big_biglaugh:

saya kasih tau dakar tuh tuningan berat banget 180hp fortuner paling cuma 160hp kalo gak salah tapi fortuner punya pendingin turbo gedenya ampir 2x nya dakar :mky_07:

saya bisa ketawain karena saya sendiri user dakar, makin diliat makin keliatan bodo tuh mobil :mky_07:

urusan tenaga boleh merek laen lebih gede cuma liat dulu partsnya gimana jgn baru pake berapa tahun troublenya gak abis2x :mky_07:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by kendibocor »

Ngomongin engine modern jaman sekarang yg turbo2an sih gampang di tweaks cuman balik lg problem dari jaman bahela, performance vs durability. Walaupun ekobos unggul diatas kertas di performa tp urusan durability pasti menang yoyota.
Sebenernya ini balik ke prinsip masing2 pabrikan. Kalo jejepangan kayanya lebih fleksibel ngeracik produk yg pas untuk pasar lokal, kalo eropa n amrik kayanya racikan produknya lebih seragam untuk seluruh dunia (kecuali cina yg suka dikasih trim2 ajaib sesuai permintaan disana). Ini yg bakalan jd masalah bwat mbl2 amrik n eropa karena speknya seringkali ga diadaptasi sama pasar lokal. Biem2 jaman dlu banyak yg interiornya ambrol gara2 ga menyesuaikan dengan panas disini. Baru brp generasi kebelakang ada versi "hot climate". Tp itu pun tetep banyak panel2 yg lengket2 nyerah kehajar matahari indo yg kadang panasnya lebih panas drpd nyinyiran tetangga.

Raize turbo kayaknya udah ada yg bisa ngeremap. Artinya kan sebenernya mesinnya capable untuk ngeluarin output lebih besar, masalah awet apa nggak ini yg bakalan jd pertanyaan. Tp kenapa yoyota ga kasih output yg lebih besar ya karena balik lg menyesuaikan "kearifan lokal" dari kebiasaan mayoritas masyarakat yg masih demen isi pertalite sampe yg paling penting harus awet biar bisa jalan sampe kiamat. Kalo dikasi output gede2 5 taon ambrol ya bikin malu nama yoyota kan. Kalo si ekobos kayanya taon kelima pada ambrol orang2 pd ga heran.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ctopher7 »

1. org indo cinta bbm subsidi, pasti diisinya pertalit jadi di detune aja dari pabrikan
2. biar lebih durable. terakir pada pake piggyback saya liat concernnya di cvtnya
3. lah 97 hp aja uda berasa cukup, sering bawa ni mobil di jalan tol berasa enteng larinya. isi pertalit. yang harus dibagusin tuh suspensi nya, mentul mentul banget dan rada limbung pantatnya

2gd juga uda terbukti dari 7 tahun lalu pada ganti turbo, naik 100 hp, yang jebol duluan biasa turbonya, bukan mesinnya

2gd iart saya dah remap 2 tahun yang oon 6at nya, mesinnya mah sehat walafiat dan responsive. isi bio solar sampe tumpah tumpah
pecinta bio solar
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by quyquy »

ctopher7 wrote: Mon Jul 17, 2023 20:06 1. org indo cinta bbm subsidi, pasti diisinya pertalit jadi di detune aja dari pabrikan
2. biar lebih durable. terakir pada pake piggyback saya liat concernnya di cvtnya
3. lah 97 hp aja uda berasa cukup, sering bawa ni mobil di jalan tol berasa enteng larinya. isi pertalit. yang harus dibagusin tuh suspensi nya, mentul mentul banget dan rada limbung pantatnya

2gd juga uda terbukti dari 7 tahun lalu pada ganti turbo, naik 100 hp, yang jebol duluan biasa turbonya, bukan mesinnya

2gd iart saya dah remap 2 tahun yang oon 6at nya, mesinnya mah sehat walafiat dan responsive. isi bio solar sampe tumpah tumpah
Eh iya bener, 6at nya oon.. :mky_07:
Injek gas, geser stiknya ke +, gear nya baru pindah setelah delay sekitan detik :big_bored:
Ada obatnya nggak sih biar pintaran dikit gitu :big_think:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by quyquy »

zonepublic wrote: Mon Jul 17, 2023 17:09 Sesuai judul saya penasaran abis iseng2 penasaran compare spek
toyota raize turbo 1.0 yang baru keluar 2021 lha kok performa mesinnya masih kalah jauh sama Ford Fiesta Ecoboost 1.0 keluaran hampir 1 dekade lalu
Sama2 3 silinder sama2 1000 cc tapi fiesta ecoboost tenaganya 123HP torsi 170Nm dibanding Toyota raize tapi tenaga cuma 97HP torsi 140Nm
Apakah teknologi mesin Ford sebagus itu sampai udah dikasih 1 dekade pun toyota belom bisa ngalahin?
Jangan2 mesin innova disel 2gd juga kalah sama mesinnya duratec ford everest?
Dimari mah akan dibahas panjang lebar jika durabilitasnya tinggi..

Utk apa hi power tapi nggak durable kalo dipakenya bukan buat balapan.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ariswp »

Honda P10A2 (1000cc 3cyl) tahun 2015 juga udah lebih tinggi sih (130ps/200nm)

Tapi yang jelas ecoboost ford memang sempat mentrigger pabrikan lain kisaran tahun 2015-2020 berlomba2 mengecilkan kubikasi mesin dengan resep mesin turbo - gasoline direct injection sebelum masuk era hybrid - full ev skrg ini
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ChZ »

Ummmm raize turbo blom gdi sih. Basically 1KR ayla diturbo.

Motomobi punya 120hp an harus detune. Artinya alesan durability.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by lexnic »

mnurut nubie, lebih tepatnya tujuan si mobil tsb dibuat. raize bukan dirancang utk kebut2an, lbh ke suv kecil perkotaan yg seringnya dipake di jalan rame & kena stop n go. dikasih power terlalu gede jga blm tentu kepake, kuatirnya malah mengurangi durability.

trus antara raize dgn fiesta jga beda kelas. klo raize masuk ke A-segment, fiesta masuk ke B-segment (CMIIW)
Last edited by lexnic on Tue Jul 18, 2023 2:54, edited 1 time in total.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by peterming77 »

lexnic wrote: Tue Jul 18, 2023 2:46 mnurut nubie, lebih tepatnya tujuan si mobil tsb dibuat. raize bukan dirancang utk kebut2an, lbh ke suv kecil perkotaan yg seringnya dipake di jalan rame & kena stop n go. dikasih power terlalu gede jga blm tentu kepake, kuatirnya malah mengurangi durability.
Dikasih power 97hp aja di Trans Jawa udah banyak yg balapan diatas 140kph, apalagi kalo dikasih 123hp, bisa jadi kabin ketinggalan, itu moncong mesin jalan duluan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by Or4cle »

Engine revolusioner hanya selebar kertas HVS, raih engine of the year berkali-kali.
Konon katanya relatif bermasalah di luar sana :big_think:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by lexnic »

peterming77 wrote: Tue Jul 18, 2023 2:54
lexnic wrote: Tue Jul 18, 2023 2:46 mnurut nubie, lebih tepatnya tujuan si mobil tsb dibuat. raize bukan dirancang utk kebut2an, lbh ke suv kecil perkotaan yg seringnya dipake di jalan rame & kena stop n go. dikasih power terlalu gede jga blm tentu kepake, kuatirnya malah mengurangi durability.
Dikasih power 97hp aja di Trans Jawa udah banyak yg balapan diatas 140kph, apalagi kalo dikasih 123hp, bisa jadi kabin ketinggalan, itu moncong mesin jalan duluan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
yah gmana om, abis mampunya beli itu hahaha. soalnya klo beli kelas yg di atasnya gk cukup duitnya. udh gitu perawatan murah meriah, kpn lg mobil turbo bisa dicekokin pertalite. lmyn duit sisanya bisa buat nongkrong di kafe ato makan2 enak :mky_01:

klo saya perhatiin, sbenernya utk ngerawat mobil2 bgini (raize, rocky, agya, ayla, dll) dgn proper gk bisa dibilang murah jga. mesin kecil kyk bgtu, klo ngikutin standar perawatan yg proper, pasti mahal jatuhnya. msti oli yg encer lah, bensin minimal RON 92, dll..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by farizfsa »

Or4cle wrote: Tue Jul 18, 2023 3:01 Engine revolusioner hanya selebar kertas HVS, raih engine of the year berkali-kali.
Konon katanya relatif bermasalah di luar sana :big_think:
yang bermasalah kayanya itu di transmisi dual clutch nya buatan ford namanya powershift.

mesin sih dulu pernah sewa di bali enak banget, tenaga ngisi, cuma kalo stop n go emg transmisi agak jerky. tanjakan ubud ke batur, tabanan buleleng dll enak bgt dilibas, handling juga ok bgt.

mobil modern kl dipikiran saya, kalo std nya udah 100hp per 1000cc udah lumayan di efisien kalo di mesin forced induction, kalo di mesin N/A udah lumayan diperes tuh.

jadi 120an hp/998 cc udah lumayan diperes sih menurut ane cmiiw.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ChZ »

tp beli si kondom serem ah.

yg DCT mampus TCM kena mahal mending beli VW sekalian sama-sama mahal ketauan larinya lbh kenceng.
yg ekobus manual langka. yg manual lain adanya cenggo sama cengsi yg larinya gak seberapa.

blom 1.0 ekobus coolingnya keknya jg rada ampas deh liat di nys garage buset plastik2 banyak bener tuh mesin.

gw si demen liatin nya model keren yah sampe skrg awet dibanding liatin hb2 baru makin gak karuan bentuknya tp resiko moneypit nya lebih gile daripada beli si shirr repairing plisurr ya enak piara E46/E39 ketauan kenceng dan enak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ctopher7 »

quyquy wrote: Mon Jul 17, 2023 22:12
ctopher7 wrote: Mon Jul 17, 2023 20:06 1. org indo cinta bbm subsidi, pasti diisinya pertalit jadi di detune aja dari pabrikan
2. biar lebih durable. terakir pada pake piggyback saya liat concernnya di cvtnya
3. lah 97 hp aja uda berasa cukup, sering bawa ni mobil di jalan tol berasa enteng larinya. isi pertalit. yang harus dibagusin tuh suspensi nya, mentul mentul banget dan rada limbung pantatnya

2gd juga uda terbukti dari 7 tahun lalu pada ganti turbo, naik 100 hp, yang jebol duluan biasa turbonya, bukan mesinnya

2gd iart saya dah remap 2 tahun yang oon 6at nya, mesinnya mah sehat walafiat dan responsive. isi bio solar sampe tumpah tumpah
Eh iya bener, 6at nya oon.. :mky_07:
Injek gas, geser stiknya ke +, gear nya baru pindah setelah delay sekitan detik :big_bored:
Ada obatnya nggak sih biar pintaran dikit gitu :big_think:
obatnya ganti bpkb om wkwk tapi itu manual shiftnya fortuner/innova mah memang buat nahan gigi aja stau saya. untuk perpindahannya masih diatur tcm nya sndiri. jadi kalo mau max di gigi 3 yauda taro 3 aja, nanti dia bisa naik turun sndiri kalo melambat atau makin cepet

maksud saya maticnya oon bukan itu sih. kadang lagi jalan nyantai aja maticnya suka selip dan bingung mau ngelock ke gigi atas nya apa bawahnya
pecinta bio solar
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by faridrach »

ctopher7 wrote: Tue Jul 18, 2023 5:01
quyquy wrote: Mon Jul 17, 2023 22:12
ctopher7 wrote: Mon Jul 17, 2023 20:06 1. org indo cinta bbm subsidi, pasti diisinya pertalit jadi di detune aja dari pabrikan
2. biar lebih durable. terakir pada pake piggyback saya liat concernnya di cvtnya
3. lah 97 hp aja uda berasa cukup, sering bawa ni mobil di jalan tol berasa enteng larinya. isi pertalit. yang harus dibagusin tuh suspensi nya, mentul mentul banget dan rada limbung pantatnya

2gd juga uda terbukti dari 7 tahun lalu pada ganti turbo, naik 100 hp, yang jebol duluan biasa turbonya, bukan mesinnya

2gd iart saya dah remap 2 tahun yang oon 6at nya, mesinnya mah sehat walafiat dan responsive. isi bio solar sampe tumpah tumpah
Eh iya bener, 6at nya oon.. :mky_07:
Injek gas, geser stiknya ke +, gear nya baru pindah setelah delay sekitan detik :big_bored:
Ada obatnya nggak sih biar pintaran dikit gitu :big_think:
obatnya ganti bpkb om wkwk tapi itu manual shiftnya fortuner/innova mah memang buat nahan gigi aja stau saya. untuk perpindahannya masih diatur tcm nya sndiri. jadi kalo mau max di gigi 3 yauda taro 3 aja, nanti dia bisa naik turun sndiri kalo melambat atau makin cepet

maksud saya maticnya oon bukan itu sih. kadang lagi jalan nyantai aja maticnya suka selip dan bingung mau ngelock ke gigi atas nya apa bawahnya
Saya selama ini pake 2GD AT kok gak pernah ya ngalami yang namanya selip atau oon begitu om? Selama ini smooth2 aja.

Apa karena driving style yg cenderung nyantai ya. Malah kadang jd penasaraan oon atau selip itu seperti apa :ungg: :big_biglaugh:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: Tue Jul 18, 2023 3:14
Or4cle wrote: Tue Jul 18, 2023 3:01 Engine revolusioner hanya selebar kertas HVS, raih engine of the year berkali-kali.
Konon katanya relatif bermasalah di luar sana :big_think:
yang bermasalah kayanya itu di transmisi dual clutch nya buatan ford namanya powershift.

mesin sih dulu pernah sewa di bali enak banget, tenaga ngisi, cuma kalo stop n go emg transmisi agak jerky. tanjakan ubud ke batur, tabanan buleleng dll enak bgt dilibas, handling juga ok bgt.

mobil modern kl dipikiran saya, kalo std nya udah 100hp per 1000cc udah lumayan di efisien kalo di mesin forced induction, kalo di mesin N/A udah lumayan diperes tuh.

jadi 120an hp/998 cc udah lumayan diperes sih menurut ane cmiiw.
yup, saya pake Fiesta FL 2013-2019 2x ganti TCM module DCT nya, untung 2x ganti masih bisa pake skema garansi. Oya terakhir udah mulai pohon natal juga kena sensor ABS sama dinamo starter. Yg dinamo starter masih murah lah, yg ABS :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by Bibieight »

Kalo liat disini :

Koq si ecoboost ngeri bener ya ?, timing belt direndem oli, terus kayaknya kalo ganti timing belt setting ulangnya agak sedikit ribet ya ?.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by marama »

krn ujung2nya canggih2an develop teknologi kalah sama harga jual , after sales dan daya tarik brand itu sendiri di Indonesia om
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ctopher7 »

faridrach wrote: Tue Jul 18, 2023 6:03
ctopher7 wrote: Tue Jul 18, 2023 5:01
quyquy wrote: Mon Jul 17, 2023 22:12

Eh iya bener, 6at nya oon.. :mky_07:
Injek gas, geser stiknya ke +, gear nya baru pindah setelah delay sekitan detik :big_bored:
Ada obatnya nggak sih biar pintaran dikit gitu :big_think:
obatnya ganti bpkb om wkwk tapi itu manual shiftnya fortuner/innova mah memang buat nahan gigi aja stau saya. untuk perpindahannya masih diatur tcm nya sndiri. jadi kalo mau max di gigi 3 yauda taro 3 aja, nanti dia bisa naik turun sndiri kalo melambat atau makin cepet

maksud saya maticnya oon bukan itu sih. kadang lagi jalan nyantai aja maticnya suka selip dan bingung mau ngelock ke gigi atas nya apa bawahnya
Saya selama ini pake 2GD AT kok gak pernah ya ngalami yang namanya selip atau oon begitu om? Selama ini smooth2 aja.

Apa karena driving style yg cenderung nyantai ya. Malah kadang jd penasaraan oon atau selip itu seperti apa :ungg: :big_biglaugh:
biasa yang paling kerasa jelas itu gas uda diteken tapi giginya masih ga nge lock jadi mobilnya gamau maju. nah setelah beberapa saat giginya nge lock baru dah maju mobilnya. saya kadang kejadian pas lagi jalan santai kok, tapi biasa kalo lagi mau overtake mobil sih berasanya
pecinta bio solar
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by darrelund »

power lebih kecil belum tentu secara engineering inferior um

itu cuma urusan tuningan aja, dan toyota emg lumayan konservatif soal itu

yg inferior tu klo mesin kecil tapi borosnya kayak cc gede
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ctopher7 »

darrelund wrote: Tue Jul 18, 2023 13:43 power lebih kecil belum tentu secara engineering inferior um

itu cuma urusan tuningan aja, dan toyota emg lumayan konservatif soal itu

yg inferior tu klo mesin kecil tapi borosnya kayak cc gede
langsung inget almaz :big_weee:
pecinta bio solar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Jul 18, 2023 13:43 power lebih kecil belum tentu secara engineering inferior um

itu cuma urusan tuningan aja, dan toyota emg lumayan konservatif soal itu

yg inferior tu klo mesin kecil tapi borosnya kayak cc gede
Tapi urusan raize turbo emang benernya engine ny nothing special sih. Malah canggihan 1.2liternya.

Masih MPI belum GDI (ekobus udah GDI). Tweak nya ga seserius gimana L15B1 ke L15B7. Mesin 1KR dikasih turbo kecil (literally). Basically mesinnya jg tidak kuat di boost besar.

Liat aja punya om mobi akhirnya dari 120an hp harus detune ke 112hp deh gegara reliability issue.

In any sense ecoboost emang didesain lbh mateng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost

Post by sintoni »

Ekobus ini coba pake transmisi biasa kayak 6 speed kek, udah enak buingit.

Dulu sempet punya Fiesta 1.5 DCT, enak sih kalau ngebut2an sayang kalau lg macet atau merayap ga enak bingit.