w204 / F30 pre lci

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: w204 / F30 pre lci

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Sat Aug 05, 2023 3:40
KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 9:11
farizfsa wrote: Fri Aug 04, 2023 4:07 ga dl om hahaha, bensinnya cuma 1:4 dalkot macet2an. separah2nya es hybrid masih bs 1:9 (bangka-scbd jam pergi pulang kantor).
Ciuss tuh 4km/l ? :big_slap:

Yaudah GS450H aja. Hybriddd irit dan kencangg, batrenya 100jt tp klo ganti :big_biglaugh:
Iya tp kena lancar sudirman dikit bisa 1:6-7 lah dalkot. Di tol diatas 1:10

Gs450h kmrn2 ada yg jual msh diatas 500 mintanya wkwk mending mbl eropa mudaan la
Iya GS450h warna hitam kan. Liat jg tuh kmaren wkwkwk. Odonya tinggi bener lage dijadiin kuda harian sama ownernya. Varian langka keknya ga sampe 5 unit di indo cmiiw
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: w204 / F30 pre lci

Post by suvmania »

Menurut ane better ambil w204 aja, karena termasuk mercy yg reliable buat harian jg.
Ane pake C230, M272 2500cc, fc kombinasi masih dapet 1:10-11 daily.
Btw kalo mau kembalian lebih banyak, bisa ambil unit ane jg gan hahaha aman dipake 3-4 taun ke depan soalnya udh ganti ECU juga wkwkwk
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Sun Aug 06, 2023 7:37
farizfsa wrote: Sat Aug 05, 2023 3:40
KielConstantine wrote: Fri Aug 04, 2023 9:11
Ciuss tuh 4km/l ? :big_slap:

Yaudah GS450H aja. Hybriddd irit dan kencangg, batrenya 100jt tp klo ganti :big_biglaugh:
Iya tp kena lancar sudirman dikit bisa 1:6-7 lah dalkot. Di tol diatas 1:10

Gs450h kmrn2 ada yg jual msh diatas 500 mintanya wkwk mending mbl eropa mudaan la
Iya GS450h warna hitam kan. Liat jg tuh kmaren wkwkwk. Odonya tinggi bener lage dijadiin kuda harian sama ownernya. Varian langka keknya ga sampe 5 unit di indo cmiiw
Bener, susah bgt cari lexus hybrid km rendah, rata2 udah lewat 100rb, sy ambil aja km udah 140rb

Kmrn rx450h murmer km agak rendah ternyata mblnya ga bs nyala hahaha
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: w204 / F30 pre lci

Post by sugarpot »

Sebetulnya balik lagi ke selera om aja lebih suka yang bagaimana karakter mobilnya, kalo ane jujur lebih prefer ke w204 karena ane lebih suka mobil yang karakter mobil bapack” :mky_01: kalo f30 ane rasa lebih jiwa anak muda ya feelnya. Mungkin kalo mobil jepang ibarat milih civic atau altis gitu om kira”. Cuman pendapat ane kalo om ganti mobil ini nantinya untuk daily driving dan sama sekali gaada mobil pengganti ane rasa kurang wise aja om. Tapi gak bisa dipungkiri 22nya mobil enak sehingga ya boleh lah coba punya dan merasakan “sensasi” dari segala aspeknya om :mky_02: :mky_03:
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by Alwayspaid »

Ijin komen kebetulan pernah pake dua2nya, w204nya sih yg c200 tapi :big_childish:
- W204 suspensinya lebih nyaman jauh dibanding f30 menurut saya, mungkin pengaruh ban juga c200 pake r16 dan ban biasa, kalo f30 dulu pake r17 dan ban rft
- Kualitas interior lebih bagus c200, tapi gak jauh2 amat dibanding f30.
- F30 jauh lbh modern entertaiment systemnya, pre-lci tinggal pasang modul apple carplay langsung uda oke, w204 berasa jadul banget malah masih ada keypad buat pencetan nomor telepon lagi
- Driving dynamic jauh lbh enak f30, w204 berasa mobil om2 ya enaknya jalan santai aja
maintenance kayanya beda tipis, dulu w204 cuman pake 2 bulan jadi belum pernah service apa-apa, f30 paling di racksteer (sekarang ada repair kitnya, di bmw sekitaran 1,5 juta ud include pasang) and timing chain kalo yg pre lci.
- Kalau dari mazda sih lebih recommend ke f30 ya, driving feelnya lebih cocok ke bmw, and modelnya juga belum tua2 amat, baru ketinggalan 1 generasi and menurut saya pribadi ga jauh2 amat ke model g20 (cuman menang gimmick fitur doang). Kalo w204 kan udah ketinggalan 2 generasi ya dan bedanya jauh sekali dengan yg w206nya.
Happy hunting om :big_peace:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: w204 / F30 pre lci

Post by Bibieight »

Ternyata beda mesin N20 sama B48 jauh banget ya, liat di sini :

Kalo diliat mulai dari menit 3:00 sampai 7:30, itu cam chain sama tensionernya memang ada tugas tambahan muter balancing shaft. Nah, kalo di B48 balancing shaftnya diputer langsung sama crankshaft (menit 11:20-12:05). Jadi kalo pre-LCI yg N20 memang dari desainnya kayaknya memang ada bakat ticking time bomb di cam chainnya.
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: w204 / F30 pre lci

Post by gils »

Jadi kalau mau beli f30 better yang sdh LCI ya? Padahal napsu juga ama f30 taon2 awal harga nya udah 200-300 buat jadi weekend car.
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

gils wrote: Fri Aug 18, 2023 3:42 Jadi kalau mau beli f30 better yang sdh LCI ya? Padahal napsu juga ama f30 taon2 awal harga nya udah 200-300 buat jadi weekend car.
Setuju, harga F30 pre LCI ini udah nyentuh angka psikologis di 300 low, juga ada yg dibawah 300 tipis tergantung kondisi. Kalo LCI masih di 300 tinggi, dan banyak masih di atas 400.

Kmrn sempat tanya2 sama specialis seller BMW bekas, F30 pre LCI ga se horror yg di bayangkan, penyakitnya ya cuma timing chain tadi, kalo dapat yg udah diganti sudah relatif bebas masalah, atau kalo unit belum ganti timing chain ya langsung ganti aja ga mahal kok (katanya sekitar 7-10jt an).

Ga tau juga ya itu cuma iklan atau ngak, yg penting harus teliti aja kalo mau beli F30 pre LCI, service record harus lengkap, cek detail di beres juga. Kalo bisa beli ke private seller yg spesialis lebih baik lagi, minta garansi, siapa tau ditest aman trus habis jalan ada masalah.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: Fri Aug 18, 2023 3:56
gils wrote: Fri Aug 18, 2023 3:42 Jadi kalau mau beli f30 better yang sdh LCI ya? Padahal napsu juga ama f30 taon2 awal harga nya udah 200-300 buat jadi weekend car.
Setuju, harga F30 pre LCI ini udah nyentuh angka psikologis di 300 low, juga ada yg dibawah 300 tipis tergantung kondisi. Kalo LCI masih di 300 tinggi, dan banyak masih di atas 400.

Kmrn sempat tanya2 sama specialis seller BMW bekas, F30 pre LCI ga se horror yg di bayangkan, penyakitnya ya cuma timing chain tadi, kalo dapat yg udah diganti sudah relatif bebas masalah, atau kalo unit belum ganti timing chain ya langsung ganti aja ga mahal kok (katanya sekitar 7-10jt an).

Ga tau juga ya itu cuma iklan atau ngak, yg penting harus teliti aja kalo mau beli F30 pre LCI, service record harus lengkap, cek detail di beres juga. Kalo bisa beli ke private seller yg spesialis lebih baik lagi, minta garansi, siapa tau ditest aman trus habis jalan ada masalah.
Kebanyakan ga bakalan gnt di beres deh om, tau sendiri harganya :big_biglaugh:
Sebenernya banyak banget bengkel spesialis biem yg SOP kerjanya mendekati bengkel resmi. Harga ga murah tp ga semahal beres jg. Mungkim 1/2-3/4 harga beres. Yg penting ada bon bukti penggantiannya aja. Kalo misalkan blm ada ya pas beli nego lg aja. Kalo beli pre-LCI asal jgn gatel aja nanti jajan headlamp, stoplamp, sama stir M. Ujung2nya keluar duit sama ama beli LCI sekalian. Sama kayak ane jajan ini itu, akhirnya abis duit sama kayak beli trim M-sport yg uda pake bodykit m-performance :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 0:40
peterming77 wrote: Fri Aug 18, 2023 3:56
gils wrote: Fri Aug 18, 2023 3:42 Jadi kalau mau beli f30 better yang sdh LCI ya? Padahal napsu juga ama f30 taon2 awal harga nya udah 200-300 buat jadi weekend car.
Setuju, harga F30 pre LCI ini udah nyentuh angka psikologis di 300 low, juga ada yg dibawah 300 tipis tergantung kondisi. Kalo LCI masih di 300 tinggi, dan banyak masih di atas 400.

Kmrn sempat tanya2 sama specialis seller BMW bekas, F30 pre LCI ga se horror yg di bayangkan, penyakitnya ya cuma timing chain tadi, kalo dapat yg udah diganti sudah relatif bebas masalah, atau kalo unit belum ganti timing chain ya langsung ganti aja ga mahal kok (katanya sekitar 7-10jt an).

Ga tau juga ya itu cuma iklan atau ngak, yg penting harus teliti aja kalo mau beli F30 pre LCI, service record harus lengkap, cek detail di beres juga. Kalo bisa beli ke private seller yg spesialis lebih baik lagi, minta garansi, siapa tau ditest aman trus habis jalan ada masalah.
Kebanyakan ga bakalan gnt di beres deh om, tau sendiri harganya :big_biglaugh:
Sebenernya banyak banget bengkel spesialis biem yg SOP kerjanya mendekati bengkel resmi. Harga ga murah tp ga semahal beres jg. Mungkim 1/2-3/4 harga beres. Yg penting ada bon bukti penggantiannya aja. Kalo misalkan blm ada ya pas beli nego lg aja. Kalo beli pre-LCI asal jgn gatel aja nanti jajan headlamp, stoplamp, sama stir M. Ujung2nya keluar duit sama ama beli LCI sekalian. Sama kayak ane jajan ini itu, akhirnya abis duit sama kayak beli trim M-sport yg uda pake bodykit m-performance :big_biglaugh:
Yes, maksudnya selain history beres, kalo ada ganti apa2 di bengkel spesialis harus ada jejaknya.

Beli non LCI, trus jajan:
1) Digital speedo LCI
2) Apple CarPlay module
3) Steering M-sport with paddle shift
4) Headlamp LCI
5) rebuild trim interior Alcantara

Trus kalo dijual lagi tagline nya: sudah modif parts +/- 200jt!

:big_weee: :big_weee: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: Sat Aug 19, 2023 1:27
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 0:40
peterming77 wrote: Fri Aug 18, 2023 3:56

Setuju, harga F30 pre LCI ini udah nyentuh angka psikologis di 300 low, juga ada yg dibawah 300 tipis tergantung kondisi. Kalo LCI masih di 300 tinggi, dan banyak masih di atas 400.

Kmrn sempat tanya2 sama specialis seller BMW bekas, F30 pre LCI ga se horror yg di bayangkan, penyakitnya ya cuma timing chain tadi, kalo dapat yg udah diganti sudah relatif bebas masalah, atau kalo unit belum ganti timing chain ya langsung ganti aja ga mahal kok (katanya sekitar 7-10jt an).

Ga tau juga ya itu cuma iklan atau ngak, yg penting harus teliti aja kalo mau beli F30 pre LCI, service record harus lengkap, cek detail di beres juga. Kalo bisa beli ke private seller yg spesialis lebih baik lagi, minta garansi, siapa tau ditest aman trus habis jalan ada masalah.
Kebanyakan ga bakalan gnt di beres deh om, tau sendiri harganya :big_biglaugh:
Sebenernya banyak banget bengkel spesialis biem yg SOP kerjanya mendekati bengkel resmi. Harga ga murah tp ga semahal beres jg. Mungkim 1/2-3/4 harga beres. Yg penting ada bon bukti penggantiannya aja. Kalo misalkan blm ada ya pas beli nego lg aja. Kalo beli pre-LCI asal jgn gatel aja nanti jajan headlamp, stoplamp, sama stir M. Ujung2nya keluar duit sama ama beli LCI sekalian. Sama kayak ane jajan ini itu, akhirnya abis duit sama kayak beli trim M-sport yg uda pake bodykit m-performance :big_biglaugh:
Yes, maksudnya selain history beres, kalo ada ganti apa2 di bengkel spesialis harus ada jejaknya.

Beli non LCI, trus jajan:
1) Digital speedo LCI
2) Apple CarPlay module
3) Steering M-sport with paddle shift
4) Headlamp LCI
5) rebuild trim interior Alcantara

Trus kalo dijual lagi tagline nya: sudah modif parts +/- 200jt!

:big_weee: :big_weee: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Hahaha si om uda sering liat iklan F30 ya. Rata2 gitu tuh iklannya. Harga mepet lci karena udah modif xx jt. Tp isi modifannya std lci. Ya mending orng beli lci sekalian. Kalo trim2 interior/exterior beli di aliexpress aja lebih murah :mky_03:
Modifan F30 jg sih seragam semua. Bodykit Mperf/M3, knalpot bratak-tak, remap, velg, ceper. Wes gitu semua modelannya. Bosen jg lama2 hahaha.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 1:42 Hahaha si om uda sering liat iklan F30 ya. Rata2 gitu tuh iklannya. Harga mepet lci karena udah modif xx jt. Tp isi modifannya std lci. Ya mending orng beli lci sekalian. Kalo trim2 interior/exterior beli di aliexpress aja lebih murah :mky_03:
Modifan F30 jg sih seragam semua. Bodykit Mperf/M3, knalpot bratak-tak, remap, velg, ceper. Wes gitu semua modelannya. Bosen jg lama2 hahaha.
Iya, udah khatam sama iklan mobil Eropa modif, namanya lagi hunting hahahaha

Tapi jujur kalo saya ambil F30 pre LCI cari yg standar aja biar nanti bisa modif maksimal Apple CarPlay module + steering paddle shift + digital speedo (kalo niat, itu harganya udah berapa puluh juta sendiri). Kalo remap, bodykit, knalpot brakatak sama ceper2an ga demen.

:big_grin: :big_grin:
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by Alwayspaid »

kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 0:40
peterming77 wrote: Fri Aug 18, 2023 3:56
gils wrote: Fri Aug 18, 2023 3:42 Jadi kalau mau beli f30 better yang sdh LCI ya? Padahal napsu juga ama f30 taon2 awal harga nya udah 200-300 buat jadi weekend car.
Setuju, harga F30 pre LCI ini udah nyentuh angka psikologis di 300 low, juga ada yg dibawah 300 tipis tergantung kondisi. Kalo LCI masih di 300 tinggi, dan banyak masih di atas 400.

Kmrn sempat tanya2 sama specialis seller BMW bekas, F30 pre LCI ga se horror yg di bayangkan, penyakitnya ya cuma timing chain tadi, kalo dapat yg udah diganti sudah relatif bebas masalah, atau kalo unit belum ganti timing chain ya langsung ganti aja ga mahal kok (katanya sekitar 7-10jt an).

Ga tau juga ya itu cuma iklan atau ngak, yg penting harus teliti aja kalo mau beli F30 pre LCI, service record harus lengkap, cek detail di beres juga. Kalo bisa beli ke private seller yg spesialis lebih baik lagi, minta garansi, siapa tau ditest aman trus habis jalan ada masalah.
Kebanyakan ga bakalan gnt di beres deh om, tau sendiri harganya :big_biglaugh:
Sebenernya banyak banget bengkel spesialis biem yg SOP kerjanya mendekati bengkel resmi. Harga ga murah tp ga semahal beres jg. Mungkim 1/2-3/4 harga beres. Yg penting ada bon bukti penggantiannya aja. Kalo misalkan blm ada ya pas beli nego lg aja. Kalo beli pre-LCI asal jgn gatel aja nanti jajan headlamp, stoplamp, sama stir M. Ujung2nya keluar duit sama ama beli LCI sekalian. Sama kayak ane jajan ini itu, akhirnya abis duit sama kayak beli trim M-sport yg uda pake bodykit m-performance :big_biglaugh:
hahahaha bener nih, kalo diitung pake yg ori semua headlamp, stoplamp, sama setir M aja minim udah nyentuh 50 juta. belum lagi itung 6wb speedo sama apple carplay, kalo yg lci enak tinggal activation doang, kalo yg pre-LCI harus pake module and kualitas kamera mundurnya beda banget :big_biglaugh:

pengalaman karena udah pernah pake yg N20 dan sekarang piara yg B48, mesin B48 jauh lebih enak dan awet kalo mau dibuat kenceng (close deck, water to air intercooler). dulu yang N20 cuman dipush ampe 340 hp aja uda rompal 1 pistonnya :big_bored:
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

Alwayspaid wrote: Mon Aug 21, 2023 18:48
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 0:40
peterming77 wrote: Fri Aug 18, 2023 3:56

Setuju, harga F30 pre LCI ini udah nyentuh angka psikologis di 300 low, juga ada yg dibawah 300 tipis tergantung kondisi. Kalo LCI masih di 300 tinggi, dan banyak masih di atas 400.

Kmrn sempat tanya2 sama specialis seller BMW bekas, F30 pre LCI ga se horror yg di bayangkan, penyakitnya ya cuma timing chain tadi, kalo dapat yg udah diganti sudah relatif bebas masalah, atau kalo unit belum ganti timing chain ya langsung ganti aja ga mahal kok (katanya sekitar 7-10jt an).

Ga tau juga ya itu cuma iklan atau ngak, yg penting harus teliti aja kalo mau beli F30 pre LCI, service record harus lengkap, cek detail di beres juga. Kalo bisa beli ke private seller yg spesialis lebih baik lagi, minta garansi, siapa tau ditest aman trus habis jalan ada masalah.
Kebanyakan ga bakalan gnt di beres deh om, tau sendiri harganya :big_biglaugh:
Sebenernya banyak banget bengkel spesialis biem yg SOP kerjanya mendekati bengkel resmi. Harga ga murah tp ga semahal beres jg. Mungkim 1/2-3/4 harga beres. Yg penting ada bon bukti penggantiannya aja. Kalo misalkan blm ada ya pas beli nego lg aja. Kalo beli pre-LCI asal jgn gatel aja nanti jajan headlamp, stoplamp, sama stir M. Ujung2nya keluar duit sama ama beli LCI sekalian. Sama kayak ane jajan ini itu, akhirnya abis duit sama kayak beli trim M-sport yg uda pake bodykit m-performance :big_biglaugh:
hahahaha bener nih, kalo diitung pake yg ori semua headlamp, stoplamp, sama setir M aja minim udah nyentuh 50 juta. belum lagi itung 6wb speedo sama apple carplay, kalo yg lci enak tinggal activation doang, kalo yg pre-LCI harus pake module and kualitas kamera mundurnya beda banget :big_biglaugh:

pengalaman karena udah pernah pake yg N20 dan sekarang piara yg B48, mesin B48 jauh lebih enak dan awet kalo mau dibuat kenceng (close deck, water to air intercooler). dulu yang N20 cuman dipush ampe 340 hp aja uda rompal 1 pistonnya :big_bored:
Wah, turun mesin dong om? Abis brp duit tuh n dimana ngerjainnya om? Ane mo BM3 stage 1 aja masih ngeri hahaha. Liat di bimmerpost kok ada bbrp case B48 jebol ya cuman stage 1.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by Alwayspaid »

kendibocor wrote: Tue Aug 22, 2023 0:25
Alwayspaid wrote: Mon Aug 21, 2023 18:48
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 0:40

Kebanyakan ga bakalan gnt di beres deh om, tau sendiri harganya :big_biglaugh:
Sebenernya banyak banget bengkel spesialis biem yg SOP kerjanya mendekati bengkel resmi. Harga ga murah tp ga semahal beres jg. Mungkim 1/2-3/4 harga beres. Yg penting ada bon bukti penggantiannya aja. Kalo misalkan blm ada ya pas beli nego lg aja. Kalo beli pre-LCI asal jgn gatel aja nanti jajan headlamp, stoplamp, sama stir M. Ujung2nya keluar duit sama ama beli LCI sekalian. Sama kayak ane jajan ini itu, akhirnya abis duit sama kayak beli trim M-sport yg uda pake bodykit m-performance :big_biglaugh:
hahahaha bener nih, kalo diitung pake yg ori semua headlamp, stoplamp, sama setir M aja minim udah nyentuh 50 juta. belum lagi itung 6wb speedo sama apple carplay, kalo yg lci enak tinggal activation doang, kalo yg pre-LCI harus pake module and kualitas kamera mundurnya beda banget :big_biglaugh:

pengalaman karena udah pernah pake yg N20 dan sekarang piara yg B48, mesin B48 jauh lebih enak dan awet kalo mau dibuat kenceng (close deck, water to air intercooler). dulu yang N20 cuman dipush ampe 340 hp aja uda rompal 1 pistonnya :big_bored:
Wah, turun mesin dong om? Abis brp duit tuh n dimana ngerjainnya om? Ane mo BM3 stage 1 aja masih ngeri hahaha. Liat di bimmerpost kok ada bbrp case B48 jebol ya cuman stage 1.
iya overhaul total, abis sekitar 40an waktu itu, ngerjain di autotech mgk. setelah di overhaul sih seger langsung tapi uda ga berani di apa2in lagi :big_biglaugh:

B48 saya sofar ga ada problem sih pake BM3 ots tune, yang penting hardware requirementnya kita ikutin aja sama bensin juga wajib pake octane yg bener, kalo mau safe sih pake map yg lebih low octane aja amit2 kalo pake bensin jelek jadi aman2 aja

kalo b48nya yang 320i abis di remap sih power gainnya bisa hampir 100% loh om (racun) :ngacir:
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

Alwayspaid wrote: Tue Aug 22, 2023 6:06
kendibocor wrote: Tue Aug 22, 2023 0:25
Alwayspaid wrote: Mon Aug 21, 2023 18:48

hahahaha bener nih, kalo diitung pake yg ori semua headlamp, stoplamp, sama setir M aja minim udah nyentuh 50 juta. belum lagi itung 6wb speedo sama apple carplay, kalo yg lci enak tinggal activation doang, kalo yg pre-LCI harus pake module and kualitas kamera mundurnya beda banget :big_biglaugh:

pengalaman karena udah pernah pake yg N20 dan sekarang piara yg B48, mesin B48 jauh lebih enak dan awet kalo mau dibuat kenceng (close deck, water to air intercooler). dulu yang N20 cuman dipush ampe 340 hp aja uda rompal 1 pistonnya :big_bored:
Wah, turun mesin dong om? Abis brp duit tuh n dimana ngerjainnya om? Ane mo BM3 stage 1 aja masih ngeri hahaha. Liat di bimmerpost kok ada bbrp case B48 jebol ya cuman stage 1.
iya overhaul total, abis sekitar 40an waktu itu, ngerjain di autotech mgk. setelah di overhaul sih seger langsung tapi uda ga berani di apa2in lagi :big_biglaugh:

B48 saya sofar ga ada problem sih pake BM3 ots tune, yang penting hardware requirementnya kita ikutin aja sama bensin juga wajib pake octane yg bener, kalo mau safe sih pake map yg lebih low octane aja amit2 kalo pake bensin jelek jadi aman2 aja

kalo b48nya yang 320i abis di remap sih power gainnya bisa hampir 100% loh om (racun) :ngacir:
Kemaren mikir jg gitu om naek BM3 st 1 yg map ron 95 aja, biasa sih ane pake bensin ron 98 tp takut sesekali dpt bensin jelek :big_biglaugh:
St 1 gawsa gnt hardware apa2 kan om?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by Alwayspaid »

kendibocor wrote: Tue Aug 22, 2023 7:34
Alwayspaid wrote: Tue Aug 22, 2023 6:06
kendibocor wrote: Tue Aug 22, 2023 0:25

Wah, turun mesin dong om? Abis brp duit tuh n dimana ngerjainnya om? Ane mo BM3 stage 1 aja masih ngeri hahaha. Liat di bimmerpost kok ada bbrp case B48 jebol ya cuman stage 1.
iya overhaul total, abis sekitar 40an waktu itu, ngerjain di autotech mgk. setelah di overhaul sih seger langsung tapi uda ga berani di apa2in lagi :big_biglaugh:

B48 saya sofar ga ada problem sih pake BM3 ots tune, yang penting hardware requirementnya kita ikutin aja sama bensin juga wajib pake octane yg bener, kalo mau safe sih pake map yg lebih low octane aja amit2 kalo pake bensin jelek jadi aman2 aja

kalo b48nya yang 320i abis di remap sih power gainnya bisa hampir 100% loh om (racun) :ngacir:
Kemaren mikir jg gitu om naek BM3 st 1 yg map ron 95 aja, biasa sih ane pake bensin ron 98 tp takut sesekali dpt bensin jelek :big_biglaugh:
St 1 gawsa gnt hardware apa2 kan om?
Stg 1 stock hardware bisa kok om, saya running stg2 aja cuman modal downpipe custom sisanya full stock (cuman tarikan atasnya berasa ketahan aja karena muffler std)

Tapi yang kaget waktu remap iseng cobain pake bensin 95 pom ijo (yang 25l suka gratis 1l) kita masukin map 98 and di logging, ternyata hasilnya bagus ga ada knocking dan timing juga oke. Suprisingly boleh juga ni bensin pom ijo
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: w204 / F30 pre lci

Post by pendoli »

Kalo buat cari kembalian …
W204 c200 edition c 2013/14 aja kali ya
Tampilan dah rada mirip c250 amg cuma ga ada sunroof 🫣
Tapi ya kurang kenceng

BQ dan kenyamanan dibanding f30 preLCI.. mirip2 lah (rada lupa 204 dah 3 taon dijual n bukan gw user utamanya) tp pada bilang legaan f30 apalagi kursi belakang. Tapi kata mertua f30 lebi susah keluarnya jd klo sering bawa ortu bisa jadi pertimbangan tu om

tinggal cari mana yg lebi sehat ajah nanti dua2nya enak kok 👍
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

KielConstantine wrote: Sun Aug 06, 2023 7:32
Bahaha.. makanya E90/E92 335i sweet spot banget. Masih transisi antara mechanical ke full electric. Bobot jg ok; feel ke jalanan dpt; kenceng dpt; tuneable jg dpt. Masih brasa bmw nya lah klo kata para manusia purist bimmer :big_biglaugh:

Atau alternatif mau jos gandos tuh F10 535i pre lci. Sama formatnya masih pake hydraulic Ps + inline-6 turbo . Malah bonus transmisi baru zf-8speed..
Cuman masih manteng aja 500jt trus pdhl vin 2010-2012 :big_dunno:
Bro Kiel: Kalo E90 ZF6 rentan kena Mecha, F30 N20 rentan timing chain, utk mesin N52 relatif nga ada masalah yg heboh, berarti sebetulnya F10 523i/528i yg udah N52 + ZF8 relatif lebih bebas masalah ya: no mecha problem, no timing chain problem, ini pengamatan saya sendiri sih. At least harusnya nga ada masalah yg berarti, ga tau lagi kalo ada problem besar lain.

Pertanyaannya: kalo udah pernah ganti mecha di E90 or timing chain di F30 N20 apa berarti masalah udah kelar? Artinya ga bakalan kena lagi? Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.

Ini mau beli BMW kayak belajar literatur buat ujian hahahaha, semua masalah dikulik. :big_biglaugh:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 3:26
KielConstantine wrote: Sun Aug 06, 2023 7:32
Bahaha.. makanya E90/E92 335i sweet spot banget. Masih transisi antara mechanical ke full electric. Bobot jg ok; feel ke jalanan dpt; kenceng dpt; tuneable jg dpt. Masih brasa bmw nya lah klo kata para manusia purist bimmer :big_biglaugh:

Atau alternatif mau jos gandos tuh F10 535i pre lci. Sama formatnya masih pake hydraulic Ps + inline-6 turbo . Malah bonus transmisi baru zf-8speed..
Cuman masih manteng aja 500jt trus pdhl vin 2010-2012 :big_dunno:
Bro Kiel: Kalo E90 ZF6 rentan kena Mecha, F30 N20 rentan timing chain, utk mesin N52 relatif nga ada masalah yg heboh, berarti sebetulnya F10 523i/528i yg udah N52 + ZF8 relatif lebih bebas masalah ya: no mecha problem, no timing chain problem, ini pengamatan saya sendiri sih. At least harusnya nga ada masalah yg berarti, ga tau lagi kalo ada problem besar lain.

Pertanyaannya: kalo udah pernah ganti mecha di E90 or timing chain di F30 N20 apa berarti masalah udah kelar? Artinya ga bakalan kena lagi? Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.

Ini mau beli BMW kayak belajar literatur buat ujian hahahaha, semua masalah dikulik. :big_biglaugh:
kalo salah satu bengkel spesialis bmw di fatmawati bilang itu timing chain ganti aja setiap 75rb km. ganti timing chain doang sih ga mahal barangnya, jasa nya aja yg bikin mahal udah2 karena sekalian turun mesin, jadi ganti ini itu biar sekali kerja, nah itu yg jadi mahal bisa per puluh2 kalo di kadalin bengkel kaya ini piston nya ini sehernya, kruk as sekalian.

timing chain sm jasa kayanya 9-10 jt, barangnya aja cuma 1.5-2 juta an aja, cm sebenernya ga setiap 75rb kok, asal ganti oli yg bener dan rutin itu penyakit sih jauh om.

contoh brand lain juga gt kl urusan bengkel sy aja mau di kadalin bengkel spesialis ford contohnya, penyakit selang turbo bocor di suruh turun mesin, 70 juta, padahal cuma penyakit 700rb, ganti selang turbo std atau aftermarket 2.5 juta.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: w204 / F30 pre lci

Post by qushay20019 »

peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 3:26
Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.
Klo TCM Fiesta setau ane rusaknya krn undervoltage dari aki yg tekor. Ini dikasih tau dari mantan mekanik ford yg buka bengkel rumahan.
Jadi kalo ane sih, merek mobil apapun asal diturutin perawatan rutinnya, bakal cenderung minim masalah. Cuman emang ada beberapa merek yg rentang safe replacement timing nya sempit (macam ngeropah), ada yg lebar (macam nippon)
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: Mon Sep 18, 2023 4:16
peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 3:26
KielConstantine wrote: Sun Aug 06, 2023 7:32
Bahaha.. makanya E90/E92 335i sweet spot banget. Masih transisi antara mechanical ke full electric. Bobot jg ok; feel ke jalanan dpt; kenceng dpt; tuneable jg dpt. Masih brasa bmw nya lah klo kata para manusia purist bimmer :big_biglaugh:

Atau alternatif mau jos gandos tuh F10 535i pre lci. Sama formatnya masih pake hydraulic Ps + inline-6 turbo . Malah bonus transmisi baru zf-8speed..
Cuman masih manteng aja 500jt trus pdhl vin 2010-2012 :big_dunno:
Bro Kiel: Kalo E90 ZF6 rentan kena Mecha, F30 N20 rentan timing chain, utk mesin N52 relatif nga ada masalah yg heboh, berarti sebetulnya F10 523i/528i yg udah N52 + ZF8 relatif lebih bebas masalah ya: no mecha problem, no timing chain problem, ini pengamatan saya sendiri sih. At least harusnya nga ada masalah yg berarti, ga tau lagi kalo ada problem besar lain.

Pertanyaannya: kalo udah pernah ganti mecha di E90 or timing chain di F30 N20 apa berarti masalah udah kelar? Artinya ga bakalan kena lagi? Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.

Ini mau beli BMW kayak belajar literatur buat ujian hahahaha, semua masalah dikulik. :big_biglaugh:
kalo salah satu bengkel spesialis bmw di fatmawati bilang itu timing chain ganti aja setiap 75rb km. ganti timing chain doang sih ga mahal barangnya, jasa nya aja yg bikin mahal udah2 karena sekalian turun mesin, jadi ganti ini itu biar sekali kerja, nah itu yg jadi mahal bisa per puluh2 kalo di kadalin bengkel kaya ini piston nya ini sehernya, kruk as sekalian.

timing chain sm jasa kayanya 9-10 jt, barangnya aja cuma 1.5-2 juta an aja, cm sebenernya ga setiap 75rb kok, asal ganti oli yg bener dan rutin itu penyakit sih jauh om.

contoh brand lain juga gt kl urusan bengkel sy aja mau di kadalin bengkel spesialis ford contohnya, penyakit selang turbo bocor di suruh turun mesin, 70 juta, padahal cuma penyakit 700rb, ganti selang turbo std atau aftermarket 2.5 juta.
Kalo mecha mungkin ada hubungan langsung sama ganti oli, tapi kalo timing chain bukannya memang sudah ada cacat dari bawaan mesin krn jalurnya pake plastik? Jadi lama2 pasti rentan juga namanya plastik kena panas. Kalo ganti timing chain pasti ongkosnya mahal kan harus setengah turun mesin ya Gan.

Ya intinya mau cari mobkas merk apa aja harus siap servis rutin + siap bengkel ahli langganan.
qushay20019 wrote: Mon Sep 18, 2023 4:49
Klo TCM Fiesta setau ane rusaknya krn undervoltage dari aki yg tekor. Ini dikasih tau dari mantan mekanik ford yg buka bengkel rumahan.
Jadi kalo ane sih, merek mobil apapun asal diturutin perawatan rutinnya, bakal cenderung minim masalah. Cuman emang ada beberapa merek yg rentang safe replacement timing nya sempit (macam ngeropah), ada yg lebar (macam nippon)
Iya dulu saya pas punya Fiesta belum kenal forum ini, jadi ga ada ilmu. Tapi memang sih waktu pake Fiesta berapa kali kena aki tekor, jadi ya mungkin TCM nya kena dari sana, padahal saya termasuk org yg selalu servis beres krn ga mau repot cari bengkel lagi. Untung waktu itu 2x ganti semua masih garansi Ford, ya mungkin dibantu sama SA nya krn kan history servis nya selalu di beres dia, alias udah kasih duit banyak ke bengkel :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: w204 / F30 pre lci

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Mon Sep 18, 2023 4:16
peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 3:26 Bro Kiel: Kalo E90 ZF6 rentan kena Mecha, F30 N20 rentan timing chain, utk mesin N52 relatif nga ada masalah yg heboh, berarti sebetulnya F10 523i/528i yg udah N52 + ZF8 relatif lebih bebas masalah ya: no mecha problem, no timing chain problem, ini pengamatan saya sendiri sih. At least harusnya nga ada masalah yg berarti, ga tau lagi kalo ada problem besar lain.

Pertanyaannya: kalo udah pernah ganti mecha di E90 or timing chain di F30 N20 apa berarti masalah udah kelar? Artinya ga bakalan kena lagi? Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.

Ini mau beli BMW kayak belajar literatur buat ujian hahahaha, semua masalah dikulik. :big_biglaugh:
kalo salah satu bengkel spesialis bmw di fatmawati bilang itu timing chain ganti aja setiap 75rb km. ganti timing chain doang sih ga mahal barangnya, jasa nya aja yg bikin mahal udah2 karena sekalian turun mesin, jadi ganti ini itu biar sekali kerja, nah itu yg jadi mahal bisa per puluh2 kalo di kadalin bengkel kaya ini piston nya ini sehernya, kruk as sekalian.

timing chain sm jasa kayanya 9-10 jt, barangnya aja cuma 1.5-2 juta an aja, cm sebenernya ga setiap 75rb kok, asal ganti oli yg bener dan rutin itu penyakit sih jauh om.

contoh brand lain juga gt kl urusan bengkel sy aja mau di kadalin bengkel spesialis ford contohnya, penyakit selang turbo bocor di suruh turun mesin, 70 juta, padahal cuma penyakit 700rb, ganti selang turbo std atau aftermarket 2.5 juta.
Bener tuh sama si om fariz bilang… klo udah pernah ganti. Ya ntar kena lagi skitar 70-100k km kedepan . Emang kelemahannya N20 bgitulah wkwkwk

Sama ntar biasalahh montir.. klo udah skalinya overhaul mesin ganti chain , nawarin komponen laen yg perlu diganti. Jadi dari awalnya mau ganti A doang merembet jadi B,C,D,E .. kalo dibilang masuk logika sehh emang beneran masuk. Jadi kita iyain ganti komponen2 laen itu.. trus langsung deh kluar bill 20juta+++ :mky_07:

Buat unit. F10 528i (N52) pre-FL sweet spot jg kok
combonya masih dpt :
Hydraulic PS
ZF-8 speed
Engine N/A inline-6 last edition sebelom era turbocharged

Klo engine N52/N53/N54/N55 & apapun yg inline-6 BMW timing chainnya kuat. Bisa up to 200ribu kilometer baru minta replace.

Si chz aj pengen klo upgrade dari E39 ke F10 528i jg tuh :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Mon Sep 18, 2023 6:18
farizfsa wrote: Mon Sep 18, 2023 4:16
peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 3:26 Bro Kiel: Kalo E90 ZF6 rentan kena Mecha, F30 N20 rentan timing chain, utk mesin N52 relatif nga ada masalah yg heboh, berarti sebetulnya F10 523i/528i yg udah N52 + ZF8 relatif lebih bebas masalah ya: no mecha problem, no timing chain problem, ini pengamatan saya sendiri sih. At least harusnya nga ada masalah yg berarti, ga tau lagi kalo ada problem besar lain.

Pertanyaannya: kalo udah pernah ganti mecha di E90 or timing chain di F30 N20 apa berarti masalah udah kelar? Artinya ga bakalan kena lagi? Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.

Ini mau beli BMW kayak belajar literatur buat ujian hahahaha, semua masalah dikulik. :big_biglaugh:
kalo salah satu bengkel spesialis bmw di fatmawati bilang itu timing chain ganti aja setiap 75rb km. ganti timing chain doang sih ga mahal barangnya, jasa nya aja yg bikin mahal udah2 karena sekalian turun mesin, jadi ganti ini itu biar sekali kerja, nah itu yg jadi mahal bisa per puluh2 kalo di kadalin bengkel kaya ini piston nya ini sehernya, kruk as sekalian.

timing chain sm jasa kayanya 9-10 jt, barangnya aja cuma 1.5-2 juta an aja, cm sebenernya ga setiap 75rb kok, asal ganti oli yg bener dan rutin itu penyakit sih jauh om.

contoh brand lain juga gt kl urusan bengkel sy aja mau di kadalin bengkel spesialis ford contohnya, penyakit selang turbo bocor di suruh turun mesin, 70 juta, padahal cuma penyakit 700rb, ganti selang turbo std atau aftermarket 2.5 juta.
Bener tuh sama si om fariz bilang… klo udah pernah ganti. Ya ntar kena lagi skitar 70-100k km kedepan . Emang kelemahannya N20 bgitulah wkwkwk

Sama ntar biasalahh montir.. klo udah skalinya overhaul mesin ganti chain , nawarin komponen laen yg perlu diganti. Jadi dari awalnya mau ganti A doang merembet jadi B,C,D,E .. kalo dibilang masuk logika sehh emang beneran masuk. Jadi kita iyain ganti komponen2 laen itu.. trus langsung deh kluar bill 20juta+++ :mky_07:

Buat unit. F10 528i (N52) pre-FL sweet spot jg kok
combonya masih dpt :
Hydraulic PS
ZF-8 speed
Engine N/A inline-6 last edition sebelom era turbocharged

Klo engine N52/N53/N54/N55 & apapun yg inline-6 BMW timing chainnya kuat. Bisa up to 200ribu kilometer baru minta replace.

Si chz aj pengen klo upgrade dari E39 ke F10 528i jg tuh :upss:
nah kalo inline 6, enaknya dapat deru suara mesin 6 silinder bmw yang enak bgt, cuma ga dpt torsi besar ala mesin turbo

enak tu harga jg udh miring yg 6 silinder, lumayan buat modal segerin mobil, pasang lampu2 lci, lampu depan led model m5, bemper m sport, speedo 6wb, headunit nbt evo biar idrive 6 sm carplay plus setir deh kalo mau. kalo diturutin semua sama velg ban per sih bisa 100 jt nih upgradenya wakakaka

kl saya cuma upgrade velg per sm digital speedo 6wb dan speaker full oem harman kardon aja biar kekinian. headunit masih nbt non evo ga bs activation carplay dan masih idrive 4 wkwk, mau ganti belum perlu, 17 jt copotan.

itu angel eyes drl lampu f10 sebelum peslip masih kuat2 loh dibandingin yg peslip banyak yg udh picek kaya punya ane lol
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 6:11
farizfsa wrote: Mon Sep 18, 2023 4:16
peterming77 wrote: Mon Sep 18, 2023 3:26

Bro Kiel: Kalo E90 ZF6 rentan kena Mecha, F30 N20 rentan timing chain, utk mesin N52 relatif nga ada masalah yg heboh, berarti sebetulnya F10 523i/528i yg udah N52 + ZF8 relatif lebih bebas masalah ya: no mecha problem, no timing chain problem, ini pengamatan saya sendiri sih. At least harusnya nga ada masalah yg berarti, ga tau lagi kalo ada problem besar lain.

Pertanyaannya: kalo udah pernah ganti mecha di E90 or timing chain di F30 N20 apa berarti masalah udah kelar? Artinya ga bakalan kena lagi? Pengalaman dulu pake Ford Fiesta TCM dual clutch nya udah ganti 2x selama 7 tahun pake, jadi masalahnya masih tetap ada sih meski udah diganti.

Ini mau beli BMW kayak belajar literatur buat ujian hahahaha, semua masalah dikulik. :big_biglaugh:
kalo salah satu bengkel spesialis bmw di fatmawati bilang itu timing chain ganti aja setiap 75rb km. ganti timing chain doang sih ga mahal barangnya, jasa nya aja yg bikin mahal udah2 karena sekalian turun mesin, jadi ganti ini itu biar sekali kerja, nah itu yg jadi mahal bisa per puluh2 kalo di kadalin bengkel kaya ini piston nya ini sehernya, kruk as sekalian.

timing chain sm jasa kayanya 9-10 jt, barangnya aja cuma 1.5-2 juta an aja, cm sebenernya ga setiap 75rb kok, asal ganti oli yg bener dan rutin itu penyakit sih jauh om.

contoh brand lain juga gt kl urusan bengkel sy aja mau di kadalin bengkel spesialis ford contohnya, penyakit selang turbo bocor di suruh turun mesin, 70 juta, padahal cuma penyakit 700rb, ganti selang turbo std atau aftermarket 2.5 juta.
Kalo mecha mungkin ada hubungan langsung sama ganti oli, tapi kalo timing chain bukannya memang sudah ada cacat dari bawaan mesin krn jalurnya pake plastik? Jadi lama2 pasti rentan juga namanya plastik kena panas. Kalo ganti timing chain pasti ongkosnya mahal kan harus setengah turun mesin ya Gan.

Ya intinya mau cari mobkas merk apa aja harus siap servis rutin + siap bengkel ahli langganan.
nah om gugling aja keyword "bmw timing chain issues oil". banyak si yg kasi referensi, salah satunya oli, baik salah oli, oli jelek, ga rutin ganti oli oli sudah ga bagus. kedua masalah umur juga. kl mau awet ya ganti oli yg bagus dan rutin. banyak diluar kan ganti oli murah, pake sampe maximal.

liat spec juga, misal bmw suruh pake spec BMW Long Life 04 (LL-04), tp dikasi bengkel spesialis kdg BMW Long Life 01 (LL-01), nah itu juga bisa jd problem, kl mereka sih bilang gapapa.

saya pun kalo ganti oli jdnya ga di spesialis, karena rata2 punya oli spec BMW LL-01. LL-04 ga punya, jd saya beli filter oli nya aja ganti di tempat lain kaya Toda atau Cakra.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)