2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by sherryandkez »

Prolog
1269572_0.jpg
Well, gak perlu saya jelasin juga pasti udah pada tau ini mobil apa. Sebuah mobil yang banyak dihujat netijen mendang mending karena pake DNGA, khusus negara berkembang, udah gitu build qualitynya gubrak. Sebelum review, saya mau jawab dulu pertanyaan para netijen mendang mending,

“Kenapa sih yang masuk gak Yaris Cross global aja?”

Nah, di dunia otomotif itu pengembangan mobil gak bisa semuanya global, ada kebutuhan yang bersifat regional dan juga compliance regional. Sekarang, kalo yang masuk Yaris Cross global, apakah ada yang mau beli? Spec mesinnya jelas butuh adjustment lagi buat minum bensin busuk. Dimensinya juga kecil, nanti dikeluhin lagi ama netijen mendang mending kok gedean rivalnya. Belum lagi harganya pasti lebih mahal dan desainnya gak banyak disukain orang Indo yang hobinya bodykit gondrong GR-GRan.

Lagian netijen mendang mending itu juga pasti belom pernah naik Yaris Cross global :big_bored: . Cuma sok tau aja TNGA dijamin enak. Padahal Yaris Cross global itu keras, sempit pula meskipun bantingannya gak glodakan hahaha.

“Trus kenapa bikin yang spec negara berkembang pake DNGA? TNGA donggg kan mahal!“

Sekarang saya tanya, bedanya DNGA sama TNGA apa juga netijen begitu gak bisa jawab. Taunya cuma TNGA = mahal dan DNGA = LCGC. Padahal ada TNGA-B, C etc dan DNGA-Kei, A, B. Saya tanya seberapa beda rasio high tensile steelnya, rigiditynya beda berapa banyak juga diem mereka pasti.
Intinya, TNGA-B sekalipun terlalu mahal buat masuk sini. Bayangin itu platform bisa dipake dari Aygo sampe Lexus LBX. Lagian bisa murah pun, range variable track roda/panjangnya gak bisa dilebarin/dipanjangin banget.

Oke daripada saya kebanyakan ngomel mending masuk review dah.

Car : 2023 Toyota Yaris Cross S HV GR Parts
Mileage : 15rban km lupa
Price : 450jt

Exterior
1269570_0.jpg
Kalo saya boleh jujur, saya gak begitu suka sama model luarnya. Napas sportynya kerasa, lumayan modern, but not my style. Depannya agak mirip sama Corolla Cross dicampur Highlander, tapi dalam size S. Lampu depannya surprisingly cukup terang dan focused. Grill depan gede ala SUV-Crossover Toyota jaman sekarang.

Bodykit GR keramean, tapi kayak Innova, kalo mau dapet cepet yaa harus beli yang GR :ngacir: .

Sampingnya mirip seperti RAV4 yang dikecilin dan jadi SWB. Bagusnya di samping gak keramean dengan sticker dan bodykit gondrong, cukup aksen dual tone aja yang bikin modern. Velg 17” yang cukup solid dan modelnya keren, PCDnya 5x100 seperti DNGA-B lain kecuali Vios. Yang perlu diacungi jempol, di saat rival sekelasnya bannya biasa atau bahkan mereknya gak jelas, ban Yaris Cross ini Turanza T005 yang terkenal comfort.
1269571_0.jpg
Belakangnya menurut saya bagian terbaik di exterior. Terlihat cukup mahal dengan lampu LED bar keren, pintu bagasi modern dan gak norak, dan utamanya : mirip NX lama :ngacir: . Sayang GR aerokit dan ducktail keramean, harusnya beli yang non-GR aja. Bagusnya lagi, pintu bagasi udah gak kayak Innova yang voice command, Yaris pake kick sensor yang lebih berguna.

Overall, Yaris Cross ini lumayan oke. Not my style, tapi bisa dimengerti kalo target market Toyota adalah orang yang pengen punya crossover sporty, bukan elegan apalagi lucu kayak Yaris Cross global.

Exterior : 8/10

Interior

Masuk ke dalam, langsung kerasa kalo bukaan pintu mobil ini agak flimsy. Gak berasa premium, agak mengecewakan liat harganya 450jt. Pintunya sendiri masih agak berat, gak seenteng kata netijen. tutup pintu juga bunyinya gak “blep” kayak Innova tapi lebih ke “brak” kayak Avanza [emo-yesno] .
1269573_0.jpg
Untung desain doortrimnya bagus. Bahkan menurut saya lebih bagus dari doortrim Innova saya yang lama-lama bosen juga liatnya. Material juga gak malu-maluin, bagian atas dan sandaran tangan softpad yang empuk, tarikan pintu dan panel power window piano black, dan di tengahnya ada guratan-guratan 3D. Rasanya masih solid juga gak seringkih yang dikira.
1269574_0.jpg
Masuk ke dalem, baru keliatan dashboard yang desainnya hampir mirip sama Vios. Well sebenernya dashboardnya beda, tapi bentuknya aja yang mirip. Speedo udah pake half TFT ala Veloz, patut diacungi jempol karena ada desain cluster yang exclusive buat Yaris Cross HEV :big_exellent: . Saya sangat suka ngeliat speedonya. Jeleknya, kadang speedo ini suka error gak mau masuk menu setting. Solusinya ya udah matiin aja mobilnya tar dinyalain normal sendiri.

Head unit pake OEM bukan ala Toyota lokal, sayangnya malah jadi kehilangan fitur emoney yang lumayan kepake. Bagusnya jadi keliatan lebih rapi, gak laggy, dan banyak pengaturan serta info mobil seperti energy flow. Soal kualitas suara sih biasa aja, gak bisa dibilang bagus. Pengaturan AC ada di bawahnya, berikut wireless charger. Wireless chargernya sama aja kayak Innova, kadang gak kuat ngecas hp saya (Note10+) :ungg: .

Bahan dashboard sih lumayan ya, tengahnya ada insert kulit yang jaitannya lumayan rapih. Ada juga panel piano, panel aluminium palsu, dan panel gurat 3D kayak di doortrim. Desain dan pemilihan bahannya bisa diacungi jempol. Soal built quality sih saya gak bisa bilang bagus, sebagian besar sih oke tapi sebagian lagi gak bagus sama sekali. Konsol tengah goyang, panel plastik kursi goyang, jaitan jok miring etc. Surprisingly masih ada yang bagus kayak dashboard solid dan panel gap rapih.

Konsol tengahnya aneh, ada panel pemisah di kiri. Mungkin maksudnya biar driver oriented dan sporty, tapi kalo tangannya gede malah megang shifternya jadi sempit. Penumpang juga jadi susah naroh hp di wireless charger.
1269578_0.jpg
Joknya gak kayak Toyota jadul, yang ini lumayan suportif. Sayangnya support paha agak kurang panjang dikit, padahal saya pendek loh cuma 170. Sandaran juga tinggi sampe atas pundak dan headrest nyaman. Posisi nyetir juga boleh dibilang ergonomis untuk ukuran sebuah Toyota “murah”. Pengaturan? Sudah elektrik, jempol untuk Toyota! :big_exellent:
1269575_0.jpg
Pindah bangku belakang, baru agak kerasa kalo pintu belakang enteng bener. Space di belakang bisa dibilang cukup lega, kalo gak mau dibilang sangat lega. Space kaki HR-V masih lebih lega, tapi Yaris menang di headroom. Atapnya tinggi jadi gak perlu nunduk buat naik, dan panoramic roof bikin feel headroom lebih lega. Oh ya, panoramicnya gak bisa dibuka kacanya, cuma shadenya aja.
1269576_0.jpg
Bagasinya bisa dibilang cukup lega. Udah ada tonneau cover, tapi modelnya gulung jadi gak bisa taroh barang di atasnya. Magic tricknya mobil ini, kalo kita butuh bawa barang agak banyak, gak perlu lipet kursi dulu. Lantainya bisa diturunin 1 step, voila! Jadi agak lega dikit. Tapi kalo mau lipet rata lantai, lantai bagasinya naikin lagi ya ke step 2. By the way, plastik di bagian bagasi juga agak ringkih, bagian kiri bagasi udah longgar panelnya.

Overall, interiornya cukup memukau dari desain, ergonomika, dan pemilihan material. Tapi begitu dipake, baru kerasa kalo built qualitynya… begitulah. Tapi what do you expect dari Hybrid semurah ini?

Interior : 8/10

Driving

Bagian ini yang pasti ditunggu-tunggu. Apakah enak mobil bersasis “Daihatsu“ ini?
1269579_0.jpg
Masuk, setel jok elektrik, trus nyalain.. well gak akan ada suara apa apa kan masih EV mode. Begitu mau jalan, langsung kerasa satu hal yang gak enak. Release parking brakenya agak kasar, beda sama Innova. Kalo di Innova masuk D/R dari P langsung release, di Yaris Cross ini harus digas dikit baru release. Iya lebih safety, tapi releasenya kasar kayak nyeret.

Oke, sebagai Hybrid, konsumsi BBMnya bisa dibilang IRIT PARAH.

Saya kira Innova udah irit banget, ternyata ini lebih gila2an lagi iritnya. Bayangin aja, untuk rute kombinasi harian saya, Yaris Cross ini bisa cetak 20km/l. Perbandingannya, Innova saya “cuma” bisa 17km/l dan Camry Hybrid/ES300h saya 14km/l. Ugal-ugalan banget iritnya.

Pertanyaannya, apa ada pengaruh dari ganti batere Ni-MH ke Li-ion?

Jelas ada. Yang kerasa bedanya dari Hybrid-Hybrid saya sebelumnya, jarak tempuh EV modenya lebih jauh. Ini karena batere Li-ion lebih efisien dalam penyaluran energinya. Selain itu, mesin juga jauh lebih jarang nyala dibanding Camry atau bahkan Innova. Kalo di Innova, gas agak dalem dikit mesin nyala, di Yaris Cross gak nyala. Karena energi listriknya dialirkan lebih cepet, mesin gak perlu nyala saat akselerasi dalam kota. Pun kalo lagi cruising, mesin bisa mati lebih cepet.

Hasilnya, kombinasi bisa 20km/l, EV driving bisa 80% dari total perjalanan kombinasi, dan kalo keliling kota lancar di weekend bisa tembus 30-35km/l easily. Who needs a plug-in hybrid?

Soal performance, Yaris Cross gak bisa dibilang pelan juga. Dibanding HR-V RS sih jauh, tapi dibanding sesama 1.5 bisa dibilang dia paling kenceng. 0-100 sekitar 10-11 detikan lah yaa. Decent kalo buat nyalip-nyalip doang mah.

Handling? Yah, bisa dibilang so-so lah. Body roll masih ada, setir juga feedbacknya artificial. Tapi setirnya cukup direct dan sasisnya juga lumayan kaku gak flex kalo diajak nekuk-nekuk extreme. Kalo dibilang gak enak juga gak bisa sih. Bukan buat enthusiast driver pokoknya. Daily? Good.

Comfort juga so-so. Bukan paling nyaman di kelasnya, masih ada HR-V atau Grand Vitara. Bukan paling keras juga karena masih ada CX-3. Peredaman suara gak bisa dibilang jelek, setidaknya upclass dikit dibanding peredamannya Veloz. Ketemu poldur masih kerasa jedernya, gak berasa premium. Tapi ya di kelasnya yang rasanya premium paling kalo gak Omoda ya HR-V.

Rasa nyetirnya harian mobil ini enak, gak gampang cape, banyak mainan juga jadi gak bosenin. Dan yang paling penting, handling directnya bikin gampang selap selip. TSS nya meskipun cuma bermodal stereo camera cukup oke, tapi kerasa kalo belok agak tajem atau marka jalan samar, dia gak bisa baca. Lagian TSS Toyota juga bukan yang paling oke kok.

Nah pertanyaannya, apakah mobil ini far behind Yaris Cross global?

Kan saya udah pernah cobain yang global ya, menurut saya gak sejauh itu kok. Yaris Cross global pastinya menang handling dan juga rasa solidnya (beda lah barang JDM), tapi soal kenyamanan mah sama aja, malah kerasan Yaris Cross global dan lebih cramped juga rasanya.

Verdict

Mobil ini bukan buat orang yang beli mobil pake hati. Karena mobil ini rasanya medioker bener, handling biasa aja, nyaman juga standar, bentuk body sih yaa lumayan dan interior juga lumayan. Tapi mobil ini jelas untuk orang yang ngandelin logic buat beli mobil. Iritnya gila-gilaan, bisa hemat jutaan sebulan kalo pakenya high mileage. Dan untuk harga segini, fiturnya sangat-sangat decent. Electric seat, PBD, TFT speedo, panoramic, TSS, dan banyak lagi. Well built qualitynya jelek sih, tapi ini Toyota, jadi saya yakin sejelek-jeleknya juga pasti masih awet.

Dan sejelek-jeleknya omongan netijen ke mobil ini, bakal tetep laku juga kok :glodak: . Ini Toyota dan irit serta value for moneynya gila. Orang akan tetep beli despite netijen mendang mending beli Alvez atau Omoda 5.

Lagian juga netijen begitu paling diem kalo bapaknya ternyata ikutan beli Yaris Cross, wong kebanyakan masih modal duit bapak :big_weee:

Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Chr1stm1 »

thanks reviewnya Om,
Sebenarnya saya juga lagi galau pribadi antara Yarcross G bensin di 364jt ( disc 10 jt ) vs HRV SE ( Nett 387 jt )
Liat langsung selera exterior lebih ke Yarcross, interior lebih ke HRV
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Jupiemx99 »

Mantap reviewnya... :big_exellent:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by farizfsa »

Haha keren om, banyak bgt mbl hybrid nya manteppp
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by AbdulHakim »

Review yang jujur, berbobot dan netral :big_exellent:
Sempat kecewa karena YarCross yg jelas2 “adek”nya CorCross kok fiturnya lebih komplit, tapi setelah produknya sudah dicobain banyak orang, ga jadi kecewa :big_biglaugh: karena harga ga boong, CorCross yg produk global dg sasis TNGA-C, produk CBU Thai is on another level :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Suryaputra »

sherryandkez wrote: Tue Aug 08, 2023 9:03 Prolog...
Congratsss
Hibrid termurah dan terkencang emang YarCross ini

Bukan hibrit lucu2an, dan jagonya lah toyota klo hibrid

Apalagi klo sering ngukur jalan, quite worth :big_exellent:


Chr1stm1 wrote: Tue Aug 08, 2023 9:32 thanks reviewnya Om,
Sebenarnya saya juga lagi galau pribadi antara Yarcross G bensin di 364jt ( disc 10 jt ) vs HRV SE ( Nett 387 jt )
Liat langsung selera exterior lebih ke Yarcross, interior lebih ke HRV
Jika kita sbg customer, dijamin >90% waktu kita, lbh sering lihat bagian dalam / interior nya.

Dan interiornya HRV best di kelas 1.5L mbl jepang dan kroya lainnya (saat ini)

Kecuali W dan C ya :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Tue Aug 08, 2023 13:11, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Gtx1070
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Aug 18, 2022 5:46

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Gtx1070 »

Congrats atas mobil barunya om :big_okay:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by rakyatwkwkland »

Yaris cross ini pakai DNGA-B bukan? Platform yg sama dgn avxen-veloz (CMIIW)

Kalau platformnya sama, katakan saya mau beli yg versi non-hybrid aja, apakah rasa naikannya berbeda jika dibandingkan dgn avxen series? Barangkali part suspensinya ada beda gitu...
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by fl4b1e »

wuihh.. mantap reviewnya Om!
lugas dan berbobot.

ya paling ngga, yang saya suka Toyota milih RI tuk bikin neh YarCross. Soalnya saya sudah khawatir pas Vios baru yg masuk CBU Thai.. sebenernya, wajar aja Yaris Cross ini dinamai Vios Cross.. tapi secara Vios dan Yaris berbagi chasis yg sama dulu, ya wajarlah dinamai Yaris zcross.

waah.. berarti bener tuk Lithium ya baterenya dan bukan Ni-mh kayak di Zenix ya? padahal secara kapasitas lebih gede Zenix lho, meski secara bobot kalau ga salah batere lithium ini hanya 20kg (vs Zenix yang 40kg). Dan kalau konsumsi bbm 1:20+ sih itu beneran menarik tuh warga perkotaan yg avg speednya 15km/h kayak saya..

Tuk interior, setuju Om, meski flimsy, ya saya mensyukuri joknya yg gede dan supportif..

btw, bener aom milleagenya dah 15ribu km? dalam waktu 2 bulan gt? wwwkwkk..
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by trebla88 »

Menarik
Menarik

Drpd nissan kicks
utk brand yoyota lebih menjual ini

Cuma tetep blm rela pake mobil yg gendong batere gede saat ini
Milih na/turbo aja dulu saat ini :big_okay:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by kendibocor »

Setuju banget kalo nih mbl terutama yg hybrid cocok banget jd workhorse yg daily mileagenya tinggi. Katakanlah yg biasa commute dari kota satelit (bekasi, tgr, bintaro, dsb) ke pusat jkt. FC 1:20-30 terlalu menggoda biarpun mblnya medioker. Kalo kaya gitu mending sekalian beli trim hybrid terendah aja kali yah
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Pboyz97 »

nice review om, mobil ini sempet jadi kandidat selain hrv buat pengganti brio saya & akhirnya saya milih AN HRV SE. sudah td keduanya. entah knp mobil ini yg bisa dibanggain cuma hybridnya aja, sm konsumsi bbm nya yg irit buat dalkot. sisanya persis kaya yg om bilang , medioker semua, bantingan ngga empuk empuk amat, masih lebih empuk creta & vitara. driving feel jg biasa aja, malah kek mobil 200 jt dibanding 400 jt. saya berani bilang 90% mirip bgt sm duo raize rocky, cm lebih empuk dikit doang wkwkwk. masih ada cx3 & hrv yg jauh lebih fun to drive dari ini. tarikan bawah jg bengek parah & dibawa di atas 100 kpj pantatnya lari kanan kiri, kebetulan unit yg saya test tipe GR non hybrid . cocok kalo pemakaian santai + cruising dalam kota aja or perlu gc tinggi & akomodasi lumayan hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Pboyz97 »

rakyatwkwkland wrote: Tue Aug 08, 2023 13:58 Yaris cross ini pakai DNGA-B bukan? Platform yg sama dgn avxen-veloz (CMIIW)

Kalau platformnya sama, katakan saya mau beli yg versi non-hybrid aja, apakah rasa naikannya berbeda jika dibandingkan dgn avxen series? Barangkali part suspensinya ada beda gitu...
yes, sama kaya duo avxen & raize rocky. mirip2. saya udh td yg gr non hybridnya, kalo saya jadi om , saya lebih pick avxen series or raize rocky kalo perlu 5 seater dengan harga yg 2x lebih murah, wong rasa naikannya mirip kok :big_biglaugh: / harga segitu masih ada cx3 & hrv yg lebih baik kalo sama2 baru or kalo seken masih ada cx5 or crv turbo di harga sama hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Pboyz97 »

Chr1stm1 wrote: Tue Aug 08, 2023 9:32 thanks reviewnya Om,
Sebenarnya saya juga lagi galau pribadi antara Yarcross G bensin di 364jt ( disc 10 jt ) vs HRV SE ( Nett 387 jt )
Liat langsung selera exterior lebih ke Yarcross, interior lebih ke HRV
kebetulan pernah ada di posisi yg sama & mantap pilih HRV SE. sudah td keduanya (HRV SE & yarcross gr bensin). yarcross ini entah knp buat saya nggak layak dikasih harga 400 jt, yg bisa dibanggain cuma hybridnya doang. exterior sm interior saya pilih HRV. interior yarcross 11 12 sm raize & exterior jg gado2 buat saya antara duo rr & veloz. ride qualitynya juga nggak kaya mobil 400jt, tapi kaya mobil 200 jt, bq nya juga. kalo om mentingin driving feel, tarikan & handling, pick HRV, you won't be regret, saya sudah buktikan sendiri dan saya tidak menyesal sampai detik ini. kecuali om sering duduk di row 2 & cari kenyamanan baru pilih yarcross
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by ChZ »

Ributnya soal DNGA karena berbarengan rilisnya dgn skandal crash test yg melibatkan DNGA. Sentimennya langsung negatif.

Ya wajar aja jadi pertanyaan. Apalagi kualitas buatan seadanya gitu, lawannya HRV pula yang global model.

Kalo ane sih paten. HRV aja :ngacir: apalagi yg nonturbo ngobatin leletnya gampang :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by KielConstantine »

Nice & good review om veyvez

Kmaren sempet nontonin bbrp riviu nih mobil di youtube. Emang banyak yg puji2 hybridnya seh, bisa irit banget gitu.

Kadang yg irit2 gini bisa goyahin iman jg walaupun naekan; build quality dll medioker abis khas toyota yg jago bikin appliances not a car :big_biglaugh:

Cuman tetep kalo pilih sesama 1.5 n/a ya ane teteup hr-v sehh. Kcuali mo rasain hybrid baru ini yarcot boleh lah di pertimbangkeun

Eh tp hrv kabarnya mau phase out varian 1.5 turbo; ganti hybrid jg… kita liat dah gimana nanti head-2-head kedepannya :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Jenson »

KielConstantine wrote: Tue Aug 08, 2023 17:47 Nice & good review om veyvez

Kmaren sempet nontonin bbrp riviu nih mobil di youtube. Emang banyak yg puji2 hybridnya seh, bisa irit banget gitu.

Kadang yg irit2 gini bisa goyahin iman jg walaupun naekan; build quality dll medioker abis khas toyota yg jago bikin appliances not a car :big_biglaugh:

Cuman tetep kalo pilih sesama 1.5 n/a ya ane teteup hr-v sehh. Kcuali mo rasain hybrid baru ini yarcot boleh lah di pertimbangkeun

Eh tp hrv kabarnya mau phase out varian 1.5 turbo; ganti hybrid jg… kita liat dah gimana nanti head-2-head kedepannya :upss:
Kalao harganya masi positioning RS skrg sih kurang seru om duelnya. Ane mimpi disiang bolong ahond kesurupan trus bantimg harga produk setrum jadi HRV E HEV d 480an, CRV Hev d 650an. Auto laris manis harusnya buat gebuk balik kompetitor :big_grin:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

Wah, akhirnya keluar review nya, keren :big_exellent: btw itu 15rb km ga sampe 3 bulan dibawa kemana aja??? :big_peace: Bro Krez kayaknya pecinta hybrid juga kan? Seingat saya pernah review/testi Toyota dan Lexus semuanya yg HEV

Kalo pengamatan saya YarCross ini bisa luar biasa irit krn selain batre lithium baru, bodi lebih enteng dari Zenix apalagi Lexus, jadi motor listriknya waktu narik awal ga terlalu butuh bantuan mesin bensinnya + pas cruising juga jarang butuh bantuan mesin bensin.

Jujur kalo bawa mobil hybrid yg seru kalo habis jalan2 ke dataran tinggi, pas baliknya berlomba irit2an sama diri sendiri. Pernah bawa dari Batu turun itu mesin bensin ga nyala sama sekali sampe di ujung perempatan underpass Bentoel, sampe lepas Pandaan itu juga mesin bensin masih jarang nyala krn tetap turunan terus konturnya.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by rakyatwkwkland »

Pboyz97 wrote: Tue Aug 08, 2023 16:13
rakyatwkwkland wrote: Tue Aug 08, 2023 13:58 Yaris cross ini pakai DNGA-B bukan? Platform yg sama dgn avxen-veloz (CMIIW)

Kalau platformnya sama, katakan saya mau beli yg versi non-hybrid aja, apakah rasa naikannya berbeda jika dibandingkan dgn avxen series? Barangkali part suspensinya ada beda gitu...
yes, sama kaya duo avxen & raize rocky. mirip2. saya udh td yg gr non hybridnya, kalo saya jadi om , saya lebih pick avxen series or raize rocky kalo perlu 5 seater dengan harga yg 2x lebih murah, wong rasa naikannya mirip kok :big_biglaugh: / harga segitu masih ada cx3 & hrv yg lebih baik kalo sama2 baru or kalo seken masih ada cx5 or crv turbo di harga sama hehehe
Waduh, kalo rocky mah beda platform atuh. Yg nubie tau yah bukannya rocky raize itu DNGA-A yah sama kaya agya ayla baru? Yang jelas kalo rocky raize dibandingin sama avxen mah jauhhh enakan avxen kemana2. Ane udah beberapa kali nyobain rocky raize itu menurut ane bantingan suspensinya beneran berasa kaya ayla+++ doang. Empuknya itu empuk yg dipantulin, ga berasa mobil mahal sama sekali. Seperti kita masih diingatkan kalo yang kita naikin itu mobil murah...

Beda sama avxen yg pake DNGA-B itu menurut ane udah lebih bisa keep up dgn 7 seater 200-300 mio kaya ertiga xpander dkk yaa...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Wed Aug 09, 2023 7:50
Waduh, kalo rocky mah beda platform atuh. Yg nubie tau yah bukannya rocky raize itu DNGA-A yah sama kaya agya ayla baru? Yang jelas kalo rocky raize dibandingin sama avxen mah jauhhh enakan avxen kemana2. Ane udah beberapa kali nyobain rocky raize itu menurut ane bantingan suspensinya beneran berasa kaya ayla+++ doang. Empuknya itu empuk yg dipantulin, ga berasa mobil mahal sama sekali. Seperti kita masih diingatkan kalo yang kita naikin itu mobil murah...

Beda sama avxen yg pake DNGA-B itu menurut ane udah lebih bisa keep up dgn 7 seater 200-300 mio kaya ertiga xpander dkk yaa...
prnh bawa duo RR yang manual, ampun sensasi nyetirnya bener bener mirip ayla manual. gearingnya khas daihatsu banget 1 nya lompat 2 nya jauh bener. suara mesin 1KR nya dibejek mirip cuma torsinya lebih padet karena turbo :mky_07: ride nya ya gitu deh beneran sama WRV sonet beda jauh rasanya :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Ibet »

Thank you om @sherryandkez untuk reviewnya ..

Ahh mobil ini, saya sempet beberapa hari pake untuk jalan sana - sini ..

Formula mesin Avanza + hybrid Toyota YarCross global + batre rakitan lokal sukses bikin harga mobil ini menarik ..
Walau dihujat soal DNGA, tapi ya it is the cheapest 'strong' Hybrid yg ada di Indo DM today .. Apalagi logonya Toyota wkwk

Benar impresi nya om TS, untuk bantingan masih berasa "murah" .. memang selling point mobil ini ada di gadgetry dan yak, hybrid systemnya.
Nyaman, tapi getaran masih enakan si HR-V. Noise ban masih masuk sih, namun lebih kerasa HR-V. Bantingan HR-V lebih unggul, buat jalan jauh mantap lah.

Pengalaman, dalam kota sekitar 2 jam 50 menit perjalanan, total distance 45 km masih dapet 1:25 something, very good!
Tapi untuk highway driving fuel cons nya mirip - mirip mesin 1500cc, sekitar 1:22-23 lah, jakarta - bandung - jakarta via cisumdawu super lancar.

Oh ya, driving dalem kotanya buat saya sih cukupan ya, bigger than WR-V,

Buat sizenya yg ada di 4310 x 1770 x 1615, wheelbase di 2620, interiornya berasa sempit.
Interiornya lebih lega HR-V, including magic seatnya jadi lebih fleksibel buat bawa barang.

In conclusion, for me atleast, belilah mobil ini untuk Hybridnya, seri bawahnya yg non-hybrid jadi keliatan kemahalan ..
dengan duit 350 jutaan, ada baiknya pertimbangkan Grand Vitara / HR-V sih .. apalagi saya yakin kubu HR-V / GV bentar lagi banting diskon wkwk
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Wed Aug 09, 2023 2:01 Wah, akhirnya keluar review nya, keren :big_exellent: btw itu 15rb km ga sampe 3 bulan dibawa kemana aja??? :big_peace: Bro Krez kayaknya pecinta hybrid juga kan? Seingat saya pernah review/testi Toyota dan Lexus semuanya yg HEV

Kalo pengamatan saya YarCross ini bisa luar biasa irit krn selain batre lithium baru, bodi lebih enteng dari Zenix apalagi Lexus, jadi motor listriknya waktu narik awal ga terlalu butuh bantuan mesin bensinnya + pas cruising juga jarang butuh bantuan mesin bensin.

Jujur kalo bawa mobil hybrid yg seru kalo habis jalan2 ke dataran tinggi, pas baliknya berlomba irit2an sama diri sendiri. Pernah bawa dari Batu turun itu mesin bensin ga nyala sama sekali sampe di ujung perempatan underpass Bentoel, sampe lepas Pandaan itu juga mesin bensin masih jarang nyala krn tetap turunan terus konturnya.
bandung - jakarta turunan pake lexus es300h kmrn saya hampir 1 liter 29km :big_biglaugh:
sampe jakarta tp ujung nya cuma 1:22 karena di mbz kebutz 120-150 full mesin bensin nyala
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: Thu Aug 10, 2023 2:35
peterming77 wrote: Wed Aug 09, 2023 2:01 Jujur kalo bawa mobil hybrid yg seru kalo habis jalan2 ke dataran tinggi, pas baliknya berlomba irit2an sama diri sendiri. Pernah bawa dari Batu turun itu mesin bensin ga nyala sama sekali sampe di ujung perempatan underpass Bentoel, sampe lepas Pandaan itu juga mesin bensin masih jarang nyala krn tetap turunan terus konturnya.
bandung - jakarta turunan pake lexus es300h kmrn saya hampir 1 liter 29km :big_biglaugh:
sampe jakarta tp ujung nya cuma 1:22 karena di mbz kebutz 120-150 full mesin bensin nyala
Itulah the art of irit2an HEV :big_grin: :big_grin: Irit juga ya padahal kan ES300 2500cc
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Tats »

Kalau lka nya gimana ya si yarcross ini?
Pengalaman pakai adas2an cuma yang pake radar di palisade enak banget acc dan lka nya smooth dan reliable
Kalau yarcross ini sy liat di review sepertinya kurang bagus ya? Confirmed kah?
Acc bisa diandalkan dan smooth kah?
Soalnya sy rencana mau pakai yarcross lintas cipali dan lumayan byk pakai lka dan acc
Untuk kenyamanan dan kekedapan kabin masih lebih enak dibanding cx3 kah si yarcross ini?

Oiya untuk komparasi sy pake trax n cx3 sepertinya mau tuker trax sm yarcross hybrid
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"

Post by Tampanman »

ChZ wrote: Tue Aug 08, 2023 16:22 Ributnya soal DNGA karena berbarengan rilisnya dgn skandal crash test yg melibatkan DNGA. Sentimennya langsung negatif.

Ya wajar aja jadi pertanyaan. Apalagi kualitas buatan seadanya gitu, lawannya HRV pula yang global model.

Kalo ane sih paten. HRV aja :ngacir: apalagi yg nonturbo ngobatin leletnya gampang :mky_03:
Btw mesin 1500 nya honda yang sekarang kenapa jadi lelet om?, ga kyak yang jamannya jazz dulu?