2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Mayoritas Transjawabahn = Yaris Cross HEV bisa dicoret, percuma kalo di tol HEV gak akan beda banyak dari pure ICE mesin modern. Dan setahun 5k km HEV kok sayang ya, balik modalnya lama mending beli yg kelas diatasnya. Kelas RM/RW vs YarCross udah jelas lebih bagus yg mana Gan.alexdonovan wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:15 Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Opsi lain: CX5, BQ pasti ok, bantingan dan driving juga enak.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Sama RW cuma range harganya aja yg sama ya, lainnya beda langit dan bumi.alexdonovan wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:15 Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Saya termasuk yang tertarik sama versi Hybridnya, tapi setelah liat langsung dan duduk kok ga pantas ya untuk pricing segitu. Strong pointnya cuma irit hybridnya, yang ga akan sesuai dengan target pemakaian si Om, rute pendek di downtown dan sisanya Transjawa, sangat overkill.
Kadang memang liat postingan suhu-suhu sini keliatan kayak fanboy garis keras, tapi driving feel emang gabisa bohong ya.
Yarcross terlalu mirip sm Raize. Rental mobil di Bali aja enakan Brio Satya dibawanya daripada Raize.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Kalau jarang pakai mah RW seken aja atau RM seken. Lebih luas, lebih lega dan lebih bertenaga dan lebih mewah juga dibanding yaris cross baru.alexdonovan wrote:Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya [emoji14]
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Mobil jarang pakai ngapain beli HEV
Kecuali memang mobil khusus dipakai nyonya cari yg compact okelah itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
Bener juga Om. Logikanya saat cruising, ICE-nya malah lugging around battery & electric motor ya...peterming77 wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:25
Mayoritas Transjawabahn = Yaris Cross HEV bisa dicoret, percuma kalo di tol HEV gak akan beda banyak dari pure ICE mesin modern. Dan setahun 5k km HEV kok sayang ya, balik modalnya lama mending beli yg kelas diatasnya. Kelas RM/RW vs YarCross udah jelas lebih bagus yg mana Gan.
Opsi lain: CX5, BQ pasti ok, bantingan dan driving juga enak.
Separah itukah Om? Saya jujur belum pernah lihat dalamannya si Yaris Cross hybrid DNGA ini. Kalo lihat sekilas, tampang dan dimensinya kok mirip ama Corolla Cross edisi Oz ya? Beda dengan Yaris Cross yang TNGAAdrBee wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:31
Sama RW cuma range harganya aja yg sama ya, lainnya beda langit dan bumi.
Saya termasuk yang tertarik sama versi Hybridnya, tapi setelah liat langsung dan duduk kok ga pantas ya untuk pricing segitu. Strong pointnya cuma irit hybridnya, yang ga akan sesuai dengan target pemakaian si Om, rute pendek di downtown dan sisanya Transjawa, sangat overkill.
Kadang memang liat postingan suhu-suhu sini keliatan kayak fanboy garis keras, tapi driving feel emang gabisa bohong ya.
Yarcross terlalu mirip sm Raize. Rental mobil di Bali aja enakan Brio Satya dibawanya daripada Raize.
Omong-omong soal Fanboy, saya udah seneng banget ga ada saran buat ambil 2KD / 2GD
Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.alexdonovan wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 5:34Bener juga Om. Logikanya saat cruising, ICE-nya malah lugging around battery & electric motor ya...peterming77 wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:25
Mayoritas Transjawabahn = Yaris Cross HEV bisa dicoret, percuma kalo di tol HEV gak akan beda banyak dari pure ICE mesin modern. Dan setahun 5k km HEV kok sayang ya, balik modalnya lama mending beli yg kelas diatasnya. Kelas RM/RW vs YarCross udah jelas lebih bagus yg mana Gan.
Opsi lain: CX5, BQ pasti ok, bantingan dan driving juga enak.
Separah itukah Om? Saya jujur belum pernah lihat dalamannya si Yaris Cross hybrid DNGA ini. Kalo lihat sekilas, tampang dan dimensinya kok mirip ama Corolla Cross edisi Oz ya? Beda dengan Yaris Cross yang TNGAAdrBee wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:31
Sama RW cuma range harganya aja yg sama ya, lainnya beda langit dan bumi.
Saya termasuk yang tertarik sama versi Hybridnya, tapi setelah liat langsung dan duduk kok ga pantas ya untuk pricing segitu. Strong pointnya cuma irit hybridnya, yang ga akan sesuai dengan target pemakaian si Om, rute pendek di downtown dan sisanya Transjawa, sangat overkill.
Kadang memang liat postingan suhu-suhu sini keliatan kayak fanboy garis keras, tapi driving feel emang gabisa bohong ya.
Yarcross terlalu mirip sm Raize. Rental mobil di Bali aja enakan Brio Satya dibawanya daripada Raize.
Omong-omong soal Fanboy, saya udah seneng banget ga ada saran buat ambil 2KD / 2GD
Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
Ya kalo menkeu udah mau RW gimana lagi, daripada anggaran belanja nanti di veto sama Menkeu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
RW pre-facelift dibanding CorCross Hybrid sekalipun, saya lebih suka nyetir RW om, nyonya juga sama, menang irit emang itu mobil hybrid.alexdonovan wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 5:34 Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
jadi honda crv tetep shir more driving plisur ya mbahAbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 7:03RW pre-facelift dibanding CorCross Hybrid sekalipun, saya lebih suka nyetir RW om, nyonya juga sama, menang irit emang itu mobil hybrid.alexdonovan wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 5:34 Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Kemaren yarcross nyoba2 duduk di pameran hasilnya meh banget seh. Pdhl type tertinggi yg GR, Beneran daihatsu abis, tutup pintu aja rasanya gedubrak..
Cocoknya buat dalem kota macet2an ini cocok yg hybrid. Tapi klo buat type engine 1.5NA biasa better ke HR-V lebih bener dari segala aspek
Cocoknya buat dalem kota macet2an ini cocok yg hybrid. Tapi klo buat type engine 1.5NA biasa better ke HR-V lebih bener dari segala aspek
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
ho'oh mbah, Oondah cepirit driving and road noise pleasure wkwkwkwkSuryaputra wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 7:13jadi honda crv tetep shir more driving plisur ya mbahAbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 7:03RW pre-facelift dibanding CorCross Hybrid sekalipun, saya lebih suka nyetir RW om, nyonya juga sama, menang irit emang itu mobil hybrid.alexdonovan wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 5:34 Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
lbh adrenaline plisurAbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 7:56ho'oh mbah, Oondah cepirit driving and road noise pleasure wkwkwkwkSuryaputra wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 7:13jadi honda crv tetep shir more driving plisur ya mbahAbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 7:03
RW pre-facelift dibanding CorCross Hybrid sekalipun, saya lebih suka nyetir RW om, nyonya juga sama, menang irit emang itu mobil hybrid.
apalagi klo city car nya.. plus glodakan plisur
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu May 25, 2023 8:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
Untuk harga segitu iya Om, rasanya mobil kurang solid ya, terlepas ada soft touchnya, terlalu banyak kemiripan Avanza/Veloz/Raize disini, jadi kan lumayan nambah 100jtan untuk platform, mesin dan interior mobil yang ada di LMPV dan Compact SUV.peterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 6:29Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.alexdonovan wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 5:34Bener juga Om. Logikanya saat cruising, ICE-nya malah lugging around battery & electric motor ya...peterming77 wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:25
Mayoritas Transjawabahn = Yaris Cross HEV bisa dicoret, percuma kalo di tol HEV gak akan beda banyak dari pure ICE mesin modern. Dan setahun 5k km HEV kok sayang ya, balik modalnya lama mending beli yg kelas diatasnya. Kelas RM/RW vs YarCross udah jelas lebih bagus yg mana Gan.
Opsi lain: CX5, BQ pasti ok, bantingan dan driving juga enak.
Separah itukah Om? Saya jujur belum pernah lihat dalamannya si Yaris Cross hybrid DNGA ini. Kalo lihat sekilas, tampang dan dimensinya kok mirip ama Corolla Cross edisi Oz ya? Beda dengan Yaris Cross yang TNGAAdrBee wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:31
Sama RW cuma range harganya aja yg sama ya, lainnya beda langit dan bumi.
Saya termasuk yang tertarik sama versi Hybridnya, tapi setelah liat langsung dan duduk kok ga pantas ya untuk pricing segitu. Strong pointnya cuma irit hybridnya, yang ga akan sesuai dengan target pemakaian si Om, rute pendek di downtown dan sisanya Transjawa, sangat overkill.
Kadang memang liat postingan suhu-suhu sini keliatan kayak fanboy garis keras, tapi driving feel emang gabisa bohong ya.
Yarcross terlalu mirip sm Raize. Rental mobil di Bali aja enakan Brio Satya dibawanya daripada Raize.
Omong-omong soal Fanboy, saya udah seneng banget ga ada saran buat ambil 2KD / 2GD
Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
Ya kalo menkeu udah mau RW gimana lagi, daripada anggaran belanja nanti di veto sama Menkeu
Saya memang baru lihat fisik dan coba duduk, cuma rasanya memang strong pointnya cuma hybrid aja.
Coba TD dulu aja om, supaya lebih valid.
Cuma memang sekarang yang dikelas ini cuma HRV yang platform global ya, Yarcross, GV, Creta dan X-Force jatuhnya regional platform ya belum tentu comply kalo masuk market global.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
sebenernya di oz jg awalnya dpt yg punya kita um, cuma barusan di peslip ngikut model JDMpeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 6:29
Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
memang seh peslipnya mayan prematur, cuma 2 taun ud ganti muka
enak yah market ozzies, apa mau jg semua dapet
asean mah sampe CHR ganti model jg belom peslip
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
darrelund wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 13:50sebenernya di oz jg awalnya dpt yg punya kita um, cuma barusan di peslip ngikut model JDMpeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 6:29
Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
memang seh peslipnya mayan prematur, cuma 2 taun ud ganti muka
enak yah market ozzies, apa mau jg semua dapet
asean mah sampe CHR ganti model jg belom peslip
Sudah-sudah ga boleh iri ya
Ini spek yg paling dasar (GX) udah ada wireless Apple CarPlay, TSS, yg paling tinggi (Atmos) JBL audio (CorCross masuk Indo speaker by Pioneer, setahun udah rontok lem magnet coilnya)
udah udah cup cup jangan nangis
C-HR kekecilan buat pasar Indonesia, itu serasa beli ukuran Nissan Juke harga Nissan X-Trail. Tapi cakep sih C-HR modelnya, apalagi yg FL
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
yang ini kira" bakal masup ndak ya? bagus ini, alter ego altispeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 14:21darrelund wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 13:50sebenernya di oz jg awalnya dpt yg punya kita um, cuma barusan di peslip ngikut model JDMpeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 6:29
Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
memang seh peslipnya mayan prematur, cuma 2 taun ud ganti muka
enak yah market ozzies, apa mau jg semua dapet
asean mah sampe CHR ganti model jg belom peslip
Sudah-sudah ga boleh iri ya
corcross.JPG
corcross 1.JPG
corcross 2.JPG
Ini spek yg paling dasar (GX) udah ada wireless Apple CarPlay, TSS, yg paling tinggi (Atmos) JBL audio (CorCross masuk Indo speaker by Pioneer, setahun udah rontok lem magnet coilnya)
corcross 3.JPG
udah udah cup cup jangan nangis
C-HR kekecilan buat pasar Indonesia, itu serasa beli ukuran Nissan Juke harga Nissan X-Trail. Tapi cakep sih C-HR modelnya, apalagi yg FL
mau marketing jg bacotnya gampang, efisiensinya ud ada proven track record
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4602
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
kalo dari jazz saya merem HRV udh , kecuali emg pengen cari hybridnya doang hehe . yg SE udh cukup kok. sya pernah ada di posisi yg sama buat cari pengganti brio & akhirnya mantap buat memilih AN HRV SE . kalo yarcross tergantung dari sisi apa, kalo dari sisi kenyamanan, fitur, model fresh sm cari hybrid upgrade dari jazz, tapi kalo cari driving feel, tarikan , handling sangat downgrade, even sm brio saya dulu aja driving feel , handling dan tarikannya aja masih lebih enak brio kok, apalagi punya saya dulu tipe satya loh yg notabene LCGC bukan RS hehehejoutei wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 14:36 Duh bikin bingung terus terang. Minta bantuan opininya suhu-suhu.
Jadi saya posisi sekarang punya Honda Jazz RS CVT 2017. Ini mobil sebenarnya saya suka banget karena enak. Ya mungkin saya belum pernah coba bawa mobil lebih mahal sih haha.
Terus saya berencana ganti model SUV saja. Sebenarnya saya tertarik Honda all new H-Rv nya.
Tapi saat ini lean ke yaris cross karena alasan logic-nya. Saya pikir kalau harus nambah double dari harga beli mobil sebelumnya pembenaran saya adalah beli Hybrid biar hemat bensin. Tapi padahal mobil sekarang saja Low KM haha jarang pakai.
Kemarin sempat pertimbangkan cherry omoda dan creta juga. Tapi kalau 2 ini begitu dibeli harga langsung drop kan pasti. Saya paling suka sih pakai Honda terus terang. Cuma ya itu tergoda sama yaris cross dr segi hybrid dan fiturnya sudah lengkap. Memang exterior dan color biasa banget. Interior pun saya ga suka dibagian yang ada penghalang ke kursi kiri.
Jadi bingung nih. Hrv RS atau hajar yaris cross hybrid for long term? atau cherry & creta malah?
Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.
Pertanyaannya kalau honda jazz RS 2017 dibandingkan ke yaris cross Hybrid ini dlm segi kenyamanannya dll hitungannya upgrade atau ga sih?
kebetulan saya pernah pake crv turbo pres 2019 & udh td yarcross. kalo opsinya cuma 2 itu, saya merem crv rw deh. unggul disemua sisi kecuali hybrid sm tahun doang. yarcross hybrid entah knp gak menarik buat saya, kecuali emg bener2 om cari hybridnya tok. kalo dari opsi yg ada saya vote RW/ RM pres seken or kalo mau baru AN HRV SE/RS or CX3 / CX5 gen 2 seken bisa jadi pertimbangan, sepertinya masuk budgetalexdonovan wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:15 Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1436
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
enginenya aja udah beda 1.8 vs 2.0 literpeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 14:21darrelund wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 13:50sebenernya di oz jg awalnya dpt yg punya kita um, cuma barusan di peslip ngikut model JDMpeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 6:29
Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
memang seh peslipnya mayan prematur, cuma 2 taun ud ganti muka
enak yah market ozzies, apa mau jg semua dapet
asean mah sampe CHR ganti model jg belom peslip
Sudah-sudah ga boleh iri ya
corcross.JPG
corcross 1.JPG
corcross 2.JPG
Ini spek yg paling dasar (GX) udah ada wireless Apple CarPlay, TSS, yg paling tinggi (Atmos) JBL audio (CorCross masuk Indo speaker by Pioneer, setahun udah rontok lem magnet coilnya)
corcross 3.JPG
udah udah cup cup jangan nangis
C-HR kekecilan buat pasar Indonesia, itu serasa beli ukuran Nissan Juke harga Nissan X-Trail. Tapi cakep sih C-HR modelnya, apalagi yg FL
apalagi printilan-printilan featurenya, jomplang banget
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
antara gausah ganti atau RW prestige.alexdonovan wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:15 Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
tp karena nyonyah mau RW... ya RW ajah . apalagi sering nge transjawabahn ni mobil karakternya emang diciptakan buat ngehajar transjawabahn. stabil empuk dapet. ngisi terus tenaganya. irit lagi 1:14 dapet kalo kaki sopan. ane sih ga sopan udah remap, bawanya di atas kecepatan maks, suka sparring sama duo gajah. bengsin masih dapet 1:12.
hibrit luar kota ya segituan lah.
NVH beliin aja ban continental UC6 + peredam lantai beres cuma selisih dikit sama ban bridgestone bawaannya. murah si ganti yang dunlop lebih senyap dikit + lebih napak krn ban UHP. cuma agak cepet habis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Dengan experience pernah punya berbagai macam mobil, T H M S sampai Lexus,Pboyz97 wrote: ↑Wed Aug 23, 2023 3:11kalo dari jazz saya merem HRV udh , kecuali emg pengen cari hybridnya doang hehe . yg SE udh cukup kok. sya pernah ada di posisi yg sama buat cari pengganti brio & akhirnya mantap buat memilih AN HRV SE . kalo yarcross tergantung dari sisi apa, kalo dari sisi kenyamanan, fitur, model fresh sm cari hybrid upgrade dari jazz, tapi kalo cari driving feel, tarikan , handling sangat downgrade, even sm brio saya dulu aja driving feel , handling dan tarikannya aja masih lebih enak brio kok, apalagi punya saya dulu tipe satya loh yg notabene LCGC bukan RS hehehejoutei wrote: ↑Mon Aug 14, 2023 14:36 Duh bikin bingung terus terang. Minta bantuan opininya suhu-suhu.
Jadi saya posisi sekarang punya Honda Jazz RS CVT 2017. Ini mobil sebenarnya saya suka banget karena enak. Ya mungkin saya belum pernah coba bawa mobil lebih mahal sih haha.
Terus saya berencana ganti model SUV saja. Sebenarnya saya tertarik Honda all new H-Rv nya.
Tapi saat ini lean ke yaris cross karena alasan logic-nya. Saya pikir kalau harus nambah double dari harga beli mobil sebelumnya pembenaran saya adalah beli Hybrid biar hemat bensin. Tapi padahal mobil sekarang saja Low KM haha jarang pakai.
Kemarin sempat pertimbangkan cherry omoda dan creta juga. Tapi kalau 2 ini begitu dibeli harga langsung drop kan pasti. Saya paling suka sih pakai Honda terus terang. Cuma ya itu tergoda sama yaris cross dr segi hybrid dan fiturnya sudah lengkap. Memang exterior dan color biasa banget. Interior pun saya ga suka dibagian yang ada penghalang ke kursi kiri.
Jadi bingung nih. Hrv RS atau hajar yaris cross hybrid for long term? atau cherry & creta malah?
Disisi lain mikir pakai logic, sisi lain ga mau nyesel juga karena makainya ga enak.
Pertanyaannya kalau honda jazz RS 2017 dibandingkan ke yaris cross Hybrid ini dlm segi kenyamanannya dll hitungannya upgrade atau ga sih?
kebetulan saya pernah pake crv turbo pres 2019 & udh td yarcross. kalo opsinya cuma 2 itu, saya merem crv rw deh. unggul disemua sisi kecuali hybrid sm tahun doang. yarcross hybrid entah knp gak menarik buat saya, kecuali emg bener2 om cari hybridnya tok. kalo dari opsi yg ada saya vote RW/ RM pres seken or kalo mau baru AN HRV SE/RS or CX3 / CX5 gen 2 seken bisa jadi pertimbangan, sepertinya masuk budgetalexdonovan wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:15 Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
jadi saya pikir ini saran yg paling objektif dan concrete yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
paling klo masuk, harganya gk ngotakdarrelund wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 15:07yang ini kira" bakal masup ndak ya? bagus ini, alter ego altispeterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 14:21
Sudah-sudah ga boleh iri ya
corcross.JPG
corcross 1.JPG
corcross 2.JPG
Ini spek yg paling dasar (GX) udah ada wireless Apple CarPlay, TSS, yg paling tinggi (Atmos) JBL audio (CorCross masuk Indo speaker by Pioneer, setahun udah rontok lem magnet coilnya)
corcross 3.JPG
udah udah cup cup jangan nangis
C-HR kekecilan buat pasar Indonesia, itu serasa beli ukuran Nissan Juke harga Nissan X-Trail. Tapi cakep sih C-HR modelnya, apalagi yg FL
mau marketing jg bacotnya gampang, efisiensinya ud ada proven track record
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV,
GV sama Creta platform global juga omAdrBee wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 10:12Untuk harga segitu iya Om, rasanya mobil kurang solid ya, terlepas ada soft touchnya, terlalu banyak kemiripan Avanza/Veloz/Raize disini, jadi kan lumayan nambah 100jtan untuk platform, mesin dan interior mobil yang ada di LMPV dan Compact SUV.peterming77 wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 6:29Ya krn memang HEV ini dirancang buat se-efisien mungkin di kondisi stop n go dalam kota kecepatan rendah sampe sedang, kalo kecepatan tinggi motor bensin juga pasti efisien.alexdonovan wrote: ↑Tue Aug 22, 2023 5:34
Bener juga Om. Logikanya saat cruising, ICE-nya malah lugging around battery & electric motor ya...
Separah itukah Om? Saya jujur belum pernah lihat dalamannya si Yaris Cross hybrid DNGA ini. Kalo lihat sekilas, tampang dan dimensinya kok mirip ama Corolla Cross edisi Oz ya? Beda dengan Yaris Cross yang TNGA
Omong-omong soal Fanboy, saya udah seneng banget ga ada saran buat ambil 2KD / 2GD
Bah, nyonya malah ngotot RW
Profile menkeu emang perlu yang C-segment Om...
Kalo president-nya sih bodo amat, kemana-mana naik LCGC pun no issue
CorCross edisi OZ dimensinya sama aja kok dng yg masuk Indonesia, model global Gan, beda di printilan2 (yg masuk Indo versi bersahaja alias trim murah ). Kalo YarCross yg disini kan versi emerging market, ukuran lebih gede dari YarCross TNGA.
Ya kalo menkeu udah mau RW gimana lagi, daripada anggaran belanja nanti di veto sama Menkeu
Saya memang baru lihat fisik dan coba duduk, cuma rasanya memang strong pointnya cuma hybrid aja.
Coba TD dulu aja om, supaya lebih valid.
Cuma memang sekarang yang dikelas ini cuma HRV yang platform global ya, Yarcross, GV, Creta dan X-Force jatuhnya regional platform ya belum tentu comply kalo masuk market global.
GV sama Vitara satu platform, cuma GV lebih panjang dikittt
Creta satu platform sama i30 dan i20 global.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
suhu2 disini rata2 mengerti arti mobil, kebanyakan konsumen cuma tahu merk aja masalahnya. Jadi merk T dan H (tegak) tetap laku mau bagaimanapun mobilnyaAdrBee wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:31Sama RW cuma range harganya aja yg sama ya, lainnya beda langit dan bumi.alexdonovan wrote: ↑Mon Aug 21, 2023 6:15 Yaris Cross Hybrid ini potensi bikin conflict ama Nyonya :p
Sebelum release kami sepakat cari RW bekas di range 450-470 an exclude rekondisi. Begitu ini muncul kok saya langsung tergoda ya?
Mohon bantuannya untuk decision yang rasional Om. Kriteria usage:
- less than 10k km / year. Outlander Sport saya aja jadi Mei 2022 baru jalan 5k km
- Fuel type no issue
- dari 5k km setahun diatas, mayoritas transjawabahn. Kalo di Jakarta sih jaraknya super pendek
Optionnya
- RW prestige
- Yaris Cross Hybrid
- RM prestige... (Lumayan ga banyak nambah dari OS PX 2014)
- gausah ganti sekalian, duitnya masukin iPot ... OS masih 75k km dan belum ada penyakit aneh-aneh yg timbul
Saya termasuk yang tertarik sama versi Hybridnya, tapi setelah liat langsung dan duduk kok ga pantas ya untuk pricing segitu. Strong pointnya cuma irit hybridnya, yang ga akan sesuai dengan target pemakaian si Om, rute pendek di downtown dan sisanya Transjawa, sangat overkill.
Kadang memang liat postingan suhu-suhu sini keliatan kayak fanboy garis keras, tapi driving feel emang gabisa bohong ya.
Yarcross terlalu mirip sm Raize. Rental mobil di Bali aja enakan Brio Satya dibawanya daripada Raize.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
- Location: Indonesia
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Yaris cross ini penjualan cukup bagus, tapi kenapa masih jarang banget liat di jalanan yah??
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Oct 25, 2023 1:58
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
Mantaap reviewnyasherryandkez wrote:PrologWell, gak perlu saya jelasin juga pasti udah pada tau ini mobil apa. Sebuah mobil yang banyak dihujat netijen mendang mending karena pake DNGA, khusus negara berkembang, udah gitu build qualitynya gubrak. Sebelum review, saya mau jawab dulu pertanyaan para netijen mendang mending,
“Kenapa sih yang masuk gak Yaris Cross global aja?”
Nah, di dunia otomotif itu pengembangan mobil gak bisa semuanya global, ada kebutuhan yang bersifat regional dan juga compliance regional. Sekarang, kalo yang masuk Yaris Cross global, apakah ada yang mau beli? Spec mesinnya jelas butuh adjustment lagi buat minum bensin busuk. Dimensinya juga kecil, nanti dikeluhin lagi ama netijen mendang mending kok gedean rivalnya. Belum lagi harganya pasti lebih mahal dan desainnya gak banyak disukain orang Indo yang hobinya bodykit gondrong GR-GRan.
Lagian netijen mendang mending itu juga pasti belom pernah naik Yaris Cross global . Cuma sok tau aja TNGA dijamin enak. Padahal Yaris Cross global itu keras, sempit pula meskipun bantingannya gak glodakan hahaha.
“Trus kenapa bikin yang spec negara berkembang pake DNGA? TNGA donggg kan mahal!“
Sekarang saya tanya, bedanya DNGA sama TNGA apa juga netijen begitu gak bisa jawab. Taunya cuma TNGA = mahal dan DNGA = LCGC. Padahal ada TNGA-B, C etc dan DNGA-Kei, A, B. Saya tanya seberapa beda rasio high tensile steelnya, rigiditynya beda berapa banyak juga diem mereka pasti.
Intinya, TNGA-B sekalipun terlalu mahal buat masuk sini. Bayangin itu platform bisa dipake dari Aygo sampe Lexus LBX. Lagian bisa murah pun, range variable track roda/panjangnya gak bisa dilebarin/dipanjangin banget.
Oke daripada saya kebanyakan ngomel mending masuk review dah.
Car : 2023 Toyota Yaris Cross S HV GR Parts
Mileage : 15rban km lupa
Price : 450jt
Exterior Kalo saya boleh jujur, saya gak begitu suka sama model luarnya. Napas sportynya kerasa, lumayan modern, but not my style. Depannya agak mirip sama Corolla Cross dicampur Highlander, tapi dalam size S. Lampu depannya surprisingly cukup terang dan focused. Grill depan gede ala SUV-Crossover Toyota jaman sekarang.
Bodykit GR keramean, tapi kayak Innova, kalo mau dapet cepet yaa harus beli yang GR .
Sampingnya mirip seperti RAV4 yang dikecilin dan jadi SWB. Bagusnya di samping gak keramean dengan sticker dan bodykit gondrong, cukup aksen dual tone aja yang bikin modern. Velg 17” yang cukup solid dan modelnya keren, PCDnya 5x100 seperti DNGA-B lain kecuali Vios. Yang perlu diacungi jempol, di saat rival sekelasnya bannya biasa atau bahkan mereknya gak jelas, ban Yaris Cross ini Turanza T005 yang terkenal comfort. Belakangnya menurut saya bagian terbaik di exterior. Terlihat cukup mahal dengan lampu LED bar keren, pintu bagasi modern dan gak norak, dan utamanya : mirip NX lama . Sayang GR aerokit dan ducktail keramean, harusnya beli yang non-GR aja. Bagusnya lagi, pintu bagasi udah gak kayak Innova yang voice command, Yaris pake kick sensor yang lebih berguna.
Overall, Yaris Cross ini lumayan oke. Not my style, tapi bisa dimengerti kalo target market Toyota adalah orang yang pengen punya crossover sporty, bukan elegan apalagi lucu kayak Yaris Cross global.
Exterior : 8/10
Interior
Masuk ke dalam, langsung kerasa kalo bukaan pintu mobil ini agak flimsy. Gak berasa premium, agak mengecewakan liat harganya 450jt. Pintunya sendiri masih agak berat, gak seenteng kata netijen. tutup pintu juga bunyinya gak “blep” kayak Innova tapi lebih ke “brak” kayak Avanza . Untung desain doortrimnya bagus. Bahkan menurut saya lebih bagus dari doortrim Innova saya yang lama-lama bosen juga liatnya. Material juga gak malu-maluin, bagian atas dan sandaran tangan softpad yang empuk, tarikan pintu dan panel power window piano black, dan di tengahnya ada guratan-guratan 3D. Rasanya masih solid juga gak seringkih yang dikira. Masuk ke dalem, baru keliatan dashboard yang desainnya hampir mirip sama Vios. Well sebenernya dashboardnya beda, tapi bentuknya aja yang mirip. Speedo udah pake half TFT ala Veloz, patut diacungi jempol karena ada desain cluster yang exclusive buat Yaris Cross HEV . Saya sangat suka ngeliat speedonya. Jeleknya, kadang speedo ini suka error gak mau masuk menu setting. Solusinya ya udah matiin aja mobilnya tar dinyalain normal sendiri.
Head unit pake OEM bukan ala Toyota lokal, sayangnya malah jadi kehilangan fitur emoney yang lumayan kepake. Bagusnya jadi keliatan lebih rapi, gak laggy, dan banyak pengaturan serta info mobil seperti energy flow. Soal kualitas suara sih biasa aja, gak bisa dibilang bagus. Pengaturan AC ada di bawahnya, berikut wireless charger. Wireless chargernya sama aja kayak Innova, kadang gak kuat ngecas hp saya (Note10+) .
Bahan dashboard sih lumayan ya, tengahnya ada insert kulit yang jaitannya lumayan rapih. Ada juga panel piano, panel aluminium palsu, dan panel gurat 3D kayak di doortrim. Desain dan pemilihan bahannya bisa diacungi jempol. Soal built quality sih saya gak bisa bilang bagus, sebagian besar sih oke tapi sebagian lagi gak bagus sama sekali. Konsol tengah goyang, panel plastik kursi goyang, jaitan jok miring etc. Surprisingly masih ada yang bagus kayak dashboard solid dan panel gap rapih.
Konsol tengahnya aneh, ada panel pemisah di kiri. Mungkin maksudnya biar driver oriented dan sporty, tapi kalo tangannya gede malah megang shifternya jadi sempit. Penumpang juga jadi susah naroh hp di wireless charger. Joknya gak kayak Toyota jadul, yang ini lumayan suportif. Sayangnya support paha agak kurang panjang dikit, padahal saya pendek loh cuma 170. Sandaran juga tinggi sampe atas pundak dan headrest nyaman. Posisi nyetir juga boleh dibilang ergonomis untuk ukuran sebuah Toyota “murah”. Pengaturan? Sudah elektrik, jempol untuk Toyota! Pindah bangku belakang, baru agak kerasa kalo pintu belakang enteng bener. Space di belakang bisa dibilang cukup lega, kalo gak mau dibilang sangat lega. Space kaki HR-V masih lebih lega, tapi Yaris menang di headroom. Atapnya tinggi jadi gak perlu nunduk buat naik, dan panoramic roof bikin feel headroom lebih lega. Oh ya, panoramicnya gak bisa dibuka kacanya, cuma shadenya aja. Bagasinya bisa dibilang cukup lega. Udah ada tonneau cover, tapi modelnya gulung jadi gak bisa taroh barang di atasnya. Magic tricknya mobil ini, kalo kita butuh bawa barang agak banyak, gak perlu lipet kursi dulu. Lantainya bisa diturunin 1 step, voila! Jadi agak lega dikit. Tapi kalo mau lipet rata lantai, lantai bagasinya naikin lagi ya ke step 2. By the way, plastik di bagian bagasi juga agak ringkih, bagian kiri bagasi udah longgar panelnya.
Overall, interiornya cukup memukau dari desain, ergonomika, dan pemilihan material. Tapi begitu dipake, baru kerasa kalo built qualitynya… begitulah. Tapi what do you expect dari Hybrid semurah ini?
Interior : 8/10
Driving
Bagian ini yang pasti ditunggu-tunggu. Apakah enak mobil bersasis “Daihatsu“ ini? Masuk, setel jok elektrik, trus nyalain.. well gak akan ada suara apa apa kan masih EV mode. Begitu mau jalan, langsung kerasa satu hal yang gak enak. Release parking brakenya agak kasar, beda sama Innova. Kalo di Innova masuk D/R dari P langsung release, di Yaris Cross ini harus digas dikit baru release. Iya lebih safety, tapi releasenya kasar kayak nyeret.
Oke, sebagai Hybrid, konsumsi BBMnya bisa dibilang IRIT PARAH.
Saya kira Innova udah irit banget, ternyata ini lebih gila2an lagi iritnya. Bayangin aja, untuk rute kombinasi harian saya, Yaris Cross ini bisa cetak 20km/l. Perbandingannya, Innova saya “cuma” bisa 17km/l dan Camry Hybrid/ES300h saya 14km/l. Ugal-ugalan banget iritnya.
Pertanyaannya, apa ada pengaruh dari ganti batere Ni-MH ke Li-ion?
Jelas ada. Yang kerasa bedanya dari Hybrid-Hybrid saya sebelumnya, jarak tempuh EV modenya lebih jauh. Ini karena batere Li-ion lebih efisien dalam penyaluran energinya. Selain itu, mesin juga jauh lebih jarang nyala dibanding Camry atau bahkan Innova. Kalo di Innova, gas agak dalem dikit mesin nyala, di Yaris Cross gak nyala. Karena energi listriknya dialirkan lebih cepet, mesin gak perlu nyala saat akselerasi dalam kota. Pun kalo lagi cruising, mesin bisa mati lebih cepet.
Hasilnya, kombinasi bisa 20km/l, EV driving bisa 80% dari total perjalanan kombinasi, dan kalo keliling kota lancar di weekend bisa tembus 30-35km/l easily. Who needs a plug-in hybrid?
Soal performance, Yaris Cross gak bisa dibilang pelan juga. Dibanding HR-V RS sih jauh, tapi dibanding sesama 1.5 bisa dibilang dia paling kenceng. 0-100 sekitar 10-11 detikan lah yaa. Decent kalo buat nyalip-nyalip doang mah.
Handling? Yah, bisa dibilang so-so lah. Body roll masih ada, setir juga feedbacknya artificial. Tapi setirnya cukup direct dan sasisnya juga lumayan kaku gak flex kalo diajak nekuk-nekuk extreme. Kalo dibilang gak enak juga gak bisa sih. Bukan buat enthusiast driver pokoknya. Daily? Good.
Comfort juga so-so. Bukan paling nyaman di kelasnya, masih ada HR-V atau Grand Vitara. Bukan paling keras juga karena masih ada CX-3. Peredaman suara gak bisa dibilang jelek, setidaknya upclass dikit dibanding peredamannya Veloz. Ketemu poldur masih kerasa jedernya, gak berasa premium. Tapi ya di kelasnya yang rasanya premium paling kalo gak Omoda ya HR-V.
Rasa nyetirnya harian mobil ini enak, gak gampang cape, banyak mainan juga jadi gak bosenin. Dan yang paling penting, handling directnya bikin gampang selap selip. TSS nya meskipun cuma bermodal stereo camera cukup oke, tapi kerasa kalo belok agak tajem atau marka jalan samar, dia gak bisa baca. Lagian TSS Toyota juga bukan yang paling oke kok.
Nah pertanyaannya, apakah mobil ini far behind Yaris Cross global?
Kan saya udah pernah cobain yang global ya, menurut saya gak sejauh itu kok. Yaris Cross global pastinya menang handling dan juga rasa solidnya (beda lah barang JDM), tapi soal kenyamanan mah sama aja, malah kerasan Yaris Cross global dan lebih cramped juga rasanya.
Verdict
Mobil ini bukan buat orang yang beli mobil pake hati. Karena mobil ini rasanya medioker bener, handling biasa aja, nyaman juga standar, bentuk body sih yaa lumayan dan interior juga lumayan. Tapi mobil ini jelas untuk orang yang ngandelin logic buat beli mobil. Iritnya gila-gilaan, bisa hemat jutaan sebulan kalo pakenya high mileage. Dan untuk harga segini, fiturnya sangat-sangat decent. Electric seat, PBD, TFT speedo, panoramic, TSS, dan banyak lagi. Well built qualitynya jelek sih, tapi ini Toyota, jadi saya yakin sejelek-jeleknya juga pasti masih awet.
Dan sejelek-jeleknya omongan netijen ke mobil ini, bakal tetep laku juga kok . Ini Toyota dan irit serta value for moneynya gila. Orang akan tetep beli despite netijen mendang mending beli Alvez atau Omoda 5.
Lagian juga netijen begitu paling diem kalo bapaknya ternyata ikutan beli Yaris Cross, wong kebanyakan masih modal duit bapak
Thank you!
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09
Re: 2023 Toyota Yaris Cross S HEV, "kearifan lokal"
halo, lagi research ini mobil bersamaan dengan beberapa mobil di kelas yang sama untuk potentially jadi pengganti daily driver, rute dalkot (dan masuk gang2 sempit juga kalau perlu nganter barang), setiap hari 50 km lah PP. 10% tol, 90% jalan raya biasa. iseng mampir di thread ini terus kok kayaknya opini disini aga beda sama yucuber soal mobil ini, hehe.
anyway, current car itu sepasang RU1 (yang biasa & Prestige, beli dari launching smp skg ), cuma uda mulai manja, jadi yah mulai deh shop around, mikir, wah kalau hybrid lumayan juga bisa ngirit 20 -30% uang bensin bulanan (mertua pake Zenix terus bangga2in FCnya).. cuma agak penasaran aja sama ride qualitynya, kalau dibanding sama RU1 bisa dibilang ada improvement ngga? atau mendingan saya cari HRV RV aja? terus kalau dibandingkan dengan Veloz baru gimana secara build quality, handling dan performance? apa bener2 plek kayak Veloz tapi bawa powerbank aja bedanya?
anyway, current car itu sepasang RU1 (yang biasa & Prestige, beli dari launching smp skg ), cuma uda mulai manja, jadi yah mulai deh shop around, mikir, wah kalau hybrid lumayan juga bisa ngirit 20 -30% uang bensin bulanan (mertua pake Zenix terus bangga2in FCnya).. cuma agak penasaran aja sama ride qualitynya, kalau dibanding sama RU1 bisa dibilang ada improvement ngga? atau mendingan saya cari HRV RV aja? terus kalau dibandingkan dengan Veloz baru gimana secara build quality, handling dan performance? apa bener2 plek kayak Veloz tapi bawa powerbank aja bedanya?