[News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by peterming77 »

KSG88 wrote: Sat Aug 19, 2023 2:54 Kalo mobil hybrid yg baterenya kecil sih masih bisalah pakai buat long term toh masih ada mesin bensin nya yg reliable. Toh kedepannya harga batere akan semakin murah. Kalau sampe malas ganti batere yg uda soak pun juga paling yg hilang hanya mode full EV saja, tapi kan selama mesin bensin jalan dia akan menggerakan generator mesin listriknya supaya tetep bisa bantu menggerakkan roda.

Cuman jadinya hybrid assist, kayak mesin konvensional pakai turbo aja.
Kalo batre hybrid nya udah beneran drop sampe rusak kayaknya software akan lock, mobil ga bisa jalan, jadi mesin bensin pun ga mau nyala, krn kalo starter mobil hybrid yg pertama nyala itu batrenya, bukan ICE nya, CMIIW.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by Suryaputra »

Ok kita ngomongin Harga Batre yaa
Bukan teknologi batre, yg anti panas, anti kebakaran, dsb.

Jadi konteksnya harga / biaya batre ajah.
Jangan melebar ke teknologi batre dsb.
Krn teknologi terus berkembang dan makin aman, belajar dr kesalahan.

Harga batre ABC Thn 2000-an dulu sering beli di toko kelontong dpn rumah, buat remot tv, mobil RC, dsb, merk nomer 1.. ABC putih biru AA cuma Rp 2.000,- an dapat 4 biji


Sekarang?
.
.
.
.
.
.
.

Image

Ini udh bisa dibilang minim RnD lah, krn teknologinya dr jaman saya lahir udh ada kali yaa.

Ok lah, klo sektor hulunya localized, anggap HPP bisa turun in long term,
- tapi seberapa besar bisa nurunin harga?
- Apakah ujung2nya jd shrinkflation?
(ambil case bisnis coklat beng-beng, dan fmcg lain, yg turnover sales tinggi)
Belum ada jawaban pasti, namun, udah ada bbrp contoh.

Yg pasti..
Mau lbh murah? banyak... merk generik yg kualitas voltasenya lbh cepet drop dan gak stabil :upss:
Last edited by Suryaputra on Sat Aug 19, 2023 4:11, edited 4 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by kendibocor »

Ini serius nanya, bukan bermaksud nyindir ya.

Yg pd blg batere ev tinggal ganti per cell aja kalo ada yg mokad, kalo beneran punya ev apa pd ga takut ya liatin kerjaan montir disini walopun nanti pd self-proclaimed spesialis batere ev? Apalagi ini komponen yg highly flammeable yg bahkan pabrikan yg pasang aja banyak incident kebakarnya.
Taruhannya besar sih, tuh mbl kebakar pas lagi di rumah ya wassalam. Kebanyakan jg pd ga punya asuransi rumah kan? :big_weee:

Tdnya mo ngirit bbm malah musti kpr baru lg 10-15 taon :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by Bpurna »

ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 2:41
b0ku wrote: Fri Aug 18, 2023 12:29
AIR ev, melempem ioniq sebulan 900an :big_biglaugh:

BMW IX juga laris banget :big_biglaugh:

cuma jadi maenan orang kaya doank bener :mky_03:
air EV sih banyak flop itu softwarenya :big_bored: dipake jg ga enak banyak yg udah test drive terus illfeel bawanya kayak bawa pick up gw kalo liat di jalan aja kasian yang nyetir buset tinggi tegak amat kayak pickup :ungg: menang kecilnya doank

utk mayoritas household indo sih EV memang mainan orang kaya yg mau keliatan "green" :big_bored: entry price tinggi dan rata-rata udh punya 1 mobil lagi :upss: dan rumah orang kaya jg yang listriknya sanggup nge charge EV semaleman :upss:

Actually air ev lite ini cocok utk pekerja yg tinggal pinggiran jkt, tp kerja di thamrin sudirman.. dengan harga 190jt, range 200km, low running cost, bebas gage… bisa jd best option ini.. setiap malem charge, pagi udh full..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by ChZ »

Bpurna wrote: Sat Aug 19, 2023 4:23
Actually air ev lite ini cocok utk pekerja yg tinggal pinggiran jkt, tp kerja di thamrin sudirman.. dengan harga 190jt, range 200km, low running cost, bebas gage… bisa jd best option ini.. setiap malem charge, pagi udh full..
iya om buat commute segitu mah tinggal kuat kuatan pinggang ma punggung liat posisi nyetirnya :big_bored: org microcar itu ga didesain buat jarak jauh.

ekonomis tapi yah jadi member masas lah :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 3:52 Ini serius nanya, bukan bermaksud nyindir ya.

Yg pd blg batere ev tinggal ganti per cell aja kalo ada yg mokad, kalo beneran punya ev apa pd ga takut ya liatin kerjaan montir disini walopun nanti pd self-proclaimed spesialis batere ev? Apalagi ini komponen yg highly flammeable yg bahkan pabrikan yg pasang aja banyak incident kebakarnya.
Taruhannya besar sih, tuh mbl kebakar pas lagi di rumah ya wassalam. Kebanyakan jg pd ga punya asuransi rumah kan? :big_weee:

Tdnya mo ngirit bbm malah musti kpr baru lg 10-15 taon :big_weee:
yah yang ud jago aja di amrik bengkelnya kebakaran 3x ud :mky_07:

gimana kek kita bengkel kadang di ruko sekalian rumah tinggal death trap :big_biglaugh:
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by Bpurna »

Sebenernya kalau mau bilang harga batre akan makin turun itu bener kok.. tapi juga ga bs di generalize. Kalau batre alkaline memang ga turun tp stabil dan naik dikit. Tapi kalau bicara batre lithium memang pelan2 turun. Kalaupun tidak turun, kapasitas naik. Misal 18650 dulu 100rb dapet 2500mah, skrg 100rb dapat 3500mah.

Kalau utk batre ev ditargetkan turun terus sampai dibawah 100$ per Kwh. Dulu awal2 300$an per Kwh, skrg kalau ga salah sdh di 150$an. Diharapkan juga keluar teknologi baru yg akan membuat ev makin worth, entah range nambah signifikan atau charge semakin cepat, disamping semakin aman (tidak terbakar dan meledak2).

Utk ketahanan batre rasanya sdh hampir mature, kebanyakan tesla yg umur 10thn plus masih performa dan kapasitas bagus (sesuai harapan). Jd saya rasa pabrikan ga akan sembarangan buat moblis juga kalau belum terbukti, pasti mereka sdh research mendalam utk batrenya.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by timbermaniac123 »

ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 3:25
yang ane pikir si bukan batrenya makin murah tapi makin banyak third party nya om :big_bored: kek batre hp aja yg ori gak pernah turun harga dari baru org kalo udah lebih dari 3 taun aja susah tuh cari batre ori kalopun ada digetok sama kayak harga gadget ujungnya ya mending jual atau beli gak ori.

nah tinggal pertanyaan besarnya soal safety namanya knockoff battery gak mungkin sama kualitasnya :mky_03:
Ini yang ane pingin sodorin ke tiap orang yang bilang "ah makin lama teklnologi batre makin maju dll dan harga batre jadi makin murah" coba 20 tahun lagi cari batre air ev. Masih ada ga tuh batre. Apalagi pergerakan pasar eev di china sangat pesat ya. per 2 tahun udah ganti model kali. Sekarang yang ngomong gitu, disuruh ganti batre laptop / iphone ke yg kw mungkin masih mikir2.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by kendibocor »

timbermaniac123 wrote: Sat Aug 19, 2023 5:03
ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 3:25
yang ane pikir si bukan batrenya makin murah tapi makin banyak third party nya om :big_bored: kek batre hp aja yg ori gak pernah turun harga dari baru org kalo udah lebih dari 3 taun aja susah tuh cari batre ori kalopun ada digetok sama kayak harga gadget ujungnya ya mending jual atau beli gak ori.

nah tinggal pertanyaan besarnya soal safety namanya knockoff battery gak mungkin sama kualitasnya :mky_03:
Ini yang ane pingin sodorin ke tiap orang yang bilang "ah makin lama teklnologi batre makin maju dll dan harga batre jadi makin murah" coba 20 tahun lagi cari batre air ev. Masih ada ga tuh batre. Apalagi pergerakan pasar eev di china sangat pesat ya. per 2 tahun udah ganti model kali. Sekarang yang ngomong gitu, disuruh ganti batre laptop / iphone ke yg kw mungkin masih mikir2.
Kalo mobil harusnya sih support ya om. Kalo hp kan ibarat emang barang murah yg orng ga pusing kalo harus ganti tiap brp thn. Nyari barang mbl taon 90an aja bisa kok kaya dlu si FE nyari lis2 karet seri 3 nya. Tp ya emang harus order ke german dan harganya bikin puyeng kepala :big_grin:

Sekali lg balik ke hukum dasar supply demand aja. Kalo 20 thn lg air ev masih banyak yg idup ya pabrikan pasti tetep support atau 3rd partynya pasti banyak jg. Sejelek2nya ga redi stok pun bisa indent, asal si wolenk masih eksis di indo ya :mky_03:
Bpurna wrote: Sat Aug 19, 2023 4:42 Sebenernya kalau mau bilang harga batre akan makin turun itu bener kok.. tapi juga ga bs di generalize. Kalau batre alkaline memang ga turun tp stabil dan naik dikit. Tapi kalau bicara batre lithium memang pelan2 turun. Kalaupun tidak turun, kapasitas naik. Misal 18650 dulu 100rb dapet 2500mah, skrg 100rb dapat 3500mah.

Kalau utk batre ev ditargetkan turun terus sampai dibawah 100$ per Kwh. Dulu awal2 300$an per Kwh, skrg kalau ga salah sdh di 150$an. Diharapkan juga keluar teknologi baru yg akan membuat ev makin worth, entah range nambah signifikan atau charge semakin cepat, disamping semakin aman (tidak terbakar dan meledak2).

Utk ketahanan batre rasanya sdh hampir mature, kebanyakan tesla yg umur 10thn plus masih performa dan kapasitas bagus (sesuai harapan). Jd saya rasa pabrikan ga akan sembarangan buat moblis juga kalau belum terbukti, pasti mereka sdh research mendalam utk batrenya.
Research sih pasti om, tp komplikasi kadang jg ga bisa dihindarkan. Ga peduli mo tuh barang made in mana jg. Merc eq aja uda beberapa meleduk kan, terakhir kemarin 1-2 minggu lalu yg heboh karena sampe ngebakar bagian rumah ownernya.
Durability sih uda oke2 ya skrng banyak ev yg >500km (ampir setanki full mbl bensin). Kalo safety masih jd tanda tanya sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Sat Aug 19, 2023 5:03
Ini yang ane pingin sodorin ke tiap orang yang bilang "ah makin lama teklnologi batre makin maju dll dan harga batre jadi makin murah" coba 20 tahun lagi cari batre air ev. Masih ada ga tuh batre. Apalagi pergerakan pasar eev di china sangat pesat ya. per 2 tahun udah ganti model kali. Sekarang yang ngomong gitu, disuruh ganti batre laptop / iphone ke yg kw mungkin masih mikir2.
terus nanti akibat persaingan ya sama kayak hape, mau ganti batre "dipaksa" ke bengkel resmi karena teknisi luaran gak bisa buka casingnya atau diancem warranty hangus. lama lama mobil batre tanem juga :mky_07:

masih wait and see dulu lah, brand china itu jago selling tapi gak jago maintaining mentok2 kabur kalo ud gak laku liat aja yg udah udah. skrg bole produk bagus kan masih baru-baru. tp itu wuling udah 5 thn aftersales ya masih kacrut :ungg:

kultur customer relation brand china itu yang masih ane ragu sampe sekarang dgn brand china. mereka tdk invest banyak di sini.
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 5:23
Kalo mobil harusnya sih support ya om. Kalo hp kan ibarat emang barang murah yg orng ga pusing kalo harus ganti tiap brp thn. Nyari barang mbl taon 90an aja bisa kok kaya dlu si FE nyari lis2 karet seri 3 nya. Tp ya emang harus order ke german dan harganya bikin puyeng kepala :big_grin:

Sekali lg balik ke hukum dasar supply demand aja. Kalo 20 thn lg air ev masih banyak yg idup ya pabrikan pasti tetep support atau 3rd partynya pasti banyak jg. Sejelek2nya ga redi stok pun bisa indent, asal si wolenk masih eksis di indo ya :mky_03:


Research sih pasti om, tp komplikasi kadang jg ga bisa dihindarkan. Ga peduli mo tuh barang made in mana jg. Merc eq aja uda beberapa meleduk kan, terakhir kemarin 1-2 minggu lalu yg heboh karena sampe ngebakar bagian rumah ownernya.
Durability sih uda oke2 ya skrng banyak ev yg >500km (ampir setanki full mbl bensin). Kalo safety masih jd tanda tanya sih.
wah kl jerman jangan ditanya mbah, juaranya kalo preserve mobil classic nya. komunitas classic BMW aja masih diterima baik sama ATPMnya. ampe kerjasama punya bengkel khusus restore classic BMW ultima.

range di atas 400 km itu aja sebenernya t&c applied om kalo kakinya gak sopan range dropnya cepet bener. gw liat video mas wahid bawa ioniq5 aja range dengan cepet drop dari 300 ke 150 gegara bawanya rada ugal. :big_bored: sebenernya gak efisien EV itu kalo buat luar kota.

klo hibrit kan gak sopan mentok2 ya udah anggep bawa mobil bensin ugal gitu lbh banyak pake internal combustionnya aja.
Last edited by ChZ on Sat Aug 19, 2023 5:32, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by Bpurna »

Iya om.. memang masih butuh waktu sedikit lagi sampe tech batre bener2 superior banding mesin ice.. kalo suka ikutin berita kan skrg udh ada lithium polymer (lifepo4) lbh aman, trus ada sodium batre, trus ada lg solid state battery, carbon battery, dll… semua berlomba utk keluarin next gen battery.

Kita tinggal liat aja mana yg jd pemenang.. saya harap nanti mobil range 600km, charge cukup 5-10 mnt dpt 400km, anti meledak n kebakar… nah itu udh cocok banget deh
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 5:31
wah kl jerman jangan ditanya mbah, juaranya kalo preserve mobil classic nya. komunitas classic BMW aja masih diterima baik sama ATPMnya. ampe kerjasama punya bengkel khusus restore classic BMW ultima.

range di atas 400 km itu aja sebenernya t&c applied om kalo kakinya gak sopan range dropnya cepet bener. gw liat video mas wahid bawa ioniq5 aja range dengan cepet drop dari 300 ke 150 gegara bawanya rada ugal. :big_bored: sebenernya gak efisien EV itu kalo buat luar kota.

klo hibrit kan gak sopan mentok2 ya udah anggep bawa mobil bensin ugal gitu lbh banyak pake internal combustionnya aja.
Ya itu mbah nanti balik lg ke supply demand. Kalo demand ada pasti ada aja yg supply :big_biglaugh:
Sebenernya beda EV sama ICE kan masalah refilling energynya aja. Makanya kalo bawa EV jarak jauh ya tau diri jg. Makin ngebut ga makin mempersingkat durasi perjalanan, malah bikin cepet harus ngecharge lg ujung2nya sama aja :big_biglaugh:
Bpurna wrote: Sat Aug 19, 2023 5:31 Iya om.. memang masih butuh waktu sedikit lagi sampe tech batre bener2 superior banding mesin ice.. kalo suka ikutin berita kan skrg udh ada lithium polymer (lifepo4) lbh aman, trus ada sodium batre, trus ada lg solid state battery, carbon battery, dll… semua berlomba utk keluarin next gen battery.

Kita tinggal liat aja mana yg jd pemenang.. saya harap nanti mobil range 600km, charge cukup 5-10 mnt dpt 400km, anti meledak n kebakar… nah itu udh cocok banget deh
Susahnya with the current tech, makin cepet ngecharge makin cepet ngerusak tuh batere om makanya rangenya kemungkinan akan berkurang kalo selalu di fast charging. Kalo ada yg blg teknologi batere ga berkembang banyak ada benernya jg sih, uda brp puluh tahun tuh teknologi batere litium segala ada tp tetep aja ga bs mengatasi bahwa suatu saat akan terdegradasi jg capacitynya. Malahan batere jaman skrng kapasitasnya makin gede berasa makin cepet degradasi kapasitasnya. Contoh gampang batere smartphone jaman skrng aja, setaon pake jg uda berasa signifikan pasti kapasitasnya berkurang. Tahun pertama bisa 1x ngecharge perhari, tahun kedua biasanya uda mulai 2x charge/hari. Nokiyem jaman ane sekolah masi pake celana pendek mungkin setaon pake tsnya ngecas 3 hari sekali paling jd 2 hari sekali.
Last edited by kendibocor on Sat Aug 19, 2023 6:13, edited 1 time in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 5:53
Ya itu mbah nanti balik lg ke supply demand. Kalo demand ada pasti ada aja yg supply :big_biglaugh:
Sebenernya beda EV sama ICE kan masalah refilling energynya aja. Makanya kalo bawa EV jarak jauh ya tau diri jg. Makin ngebut ga makin mempersingkat durasi perjalanan, malah bikin cepet harus ngecharge lg ujung2nya sama aja :big_biglaugh:
nah urusan supply, ni mobil masih baru, kmaren liat video orang ban air EVnya udah keluar kawatnya, ATPM wuling aja kalah ma EP tyre masa gak sediain ban standar air EV kalopun pesen harus 2 bulan :big_bored: akhirnya pd upgrade ke 14 itu bukan gegara mau gaya om itu karena ukuran bannya gak ada di luaran jd pake zeetex yg dijual sama store-store accelera :mky_07:

motor/battery dan ICE itu kebalik soalnya mbah kalo ICE malah irit dibawa jauh, motor/battery iritnya kalo deket. :mky_03: nah hibrit kan mending ada ICEnya jd jauh masih efisien, EV ngandelin batre doank yg kepanasan dikit turun range nya :big_bored:

EV dibilang efisien itu kan karena ngisi listriknya masih seceng noceng per kwh. ya gak beda ma biosolar yg bilang mbl solar hemat itu karna ngisinya solar 6800 :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 5:57
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 5:53
Ya itu mbah nanti balik lg ke supply demand. Kalo demand ada pasti ada aja yg supply :big_biglaugh:
Sebenernya beda EV sama ICE kan masalah refilling energynya aja. Makanya kalo bawa EV jarak jauh ya tau diri jg. Makin ngebut ga makin mempersingkat durasi perjalanan, malah bikin cepet harus ngecharge lg ujung2nya sama aja :big_biglaugh:
nah urusan supply, ni mobil masih baru, kmaren liat video orang ban air EVnya udah keluar kawatnya, ATPM wuling aja kalah ma EP tyre masa gak sediain ban standar air EV kalopun pesen harus 2 bulan :big_bored: akhirnya pd upgrade ke 14 itu bukan gegara mau gaya om itu karena ukuran bannya gak ada di luaran jd pake zeetex yg dijual sama store-store accelera :mky_07:

motor/battery dan ICE itu kebalik soalnya mbah kalo ICE malah irit dibawa jauh, motor/battery iritnya kalo deket. :mky_03: nah hibrit kan mending ada ICEnya jd jauh masih efisien, EV ngandelin batre doank yg kepanasan dikit turun range nya :big_bored:

EV dibilang efisien itu kan karena ngisi listriknya masih seceng noceng per kwh. ya gak beda ma biosolar yg bilang mbl solar hemat itu karna ngisinya solar 6800 :big_biglaugh:
Nah makanya agak ga nyambung sih minta kapasitas batere gede2. Menurut gw sih cukup max 300km tuh batere, karena emang peruntukan ev harusnya bwat dalkot aja. Seperti yg pernah kita2 diskusiin dulu, kalo pemerintah genjot penjualan ev bwat gantiin gasoline mikir pas mudik bakalan jd gmn gak? :big_biglaugh:
Makanya ev itu bener bukan bwat substitusi ice tp untuk saling melengkapi. Masalahnya pabrikan2 eropa uda siap2 phase out tuh semua ice, china korea arahnya jg full BEV. Pabrikan jepang yg masih agak2 galau mau blm keliatan arahnya gmn (hondo, toyo). Kalo amrik mah selama tuh texas masih doyan makan smoked bbq suka2 mereka aja lah gawsa ngomongin asep :ngacir:

Uda oot kejauhan dari crv. Balik lg yuk sebelum disemprot momod :ungg:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by peterming77 »

Bpurna wrote: Sat Aug 19, 2023 4:23 Actually air ev lite ini cocok utk pekerja yg tinggal pinggiran jkt, tp kerja di thamrin sudirman.. dengan harga 190jt, range 200km, low running cost, bebas gage… bisa jd best option ini.. setiap malem charge, pagi udh full..
Yes cocok, tapi gak mengurangi kemacetan, bedanya cuma kalo banyak yg pake AirEV asap buangan mesin bensin di daerah yg macet berkurang. Gitu aja :ngacir:
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by heiituaku »

Bpurna wrote: Sat Aug 19, 2023 5:31 Iya om.. memang masih butuh waktu sedikit lagi sampe tech batre bener2 superior banding mesin ice.. kalo suka ikutin berita kan skrg udh ada lithium polymer (lifepo4) lbh aman, trus ada sodium batre, trus ada lg solid state battery, carbon battery, dll… semua berlomba utk keluarin next gen battery.

Kita tinggal liat aja mana yg jd pemenang.. saya harap nanti mobil range 600km, charge cukup 5-10 mnt dpt 400km, anti meledak n kebakar… nah itu udh cocok banget deh
CMIIW maklum smp pelajaran fisika g mudeng stm g dapat. mungkin bagus juga klo buat soal ujian

let say minimal butuh batre 100kwh. dengan arus dc mungkin kisaran 400an vdc butuh arus berapa ampere untuk fast charging 5-10menit? seberapa besar kabel yg dibutuhkan? apa itu g macam las listrik?

mungkin itu hukum alam, makin besar density energinya makin berbahaya jadi meledak n kebakar itu mungkin sisi lain dr energi itu
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by b0ku »

Bpurna wrote: Sat Aug 19, 2023 5:31 Iya om.. memang masih butuh waktu sedikit lagi sampe tech batre bener2 superior banding mesin ice.. kalo suka ikutin berita kan skrg udh ada lithium polymer (lifepo4) lbh aman, trus ada sodium batre, trus ada lg solid state battery, carbon battery, dll… semua berlomba utk keluarin next gen battery.

Kita tinggal liat aja mana yg jd pemenang.. saya harap nanti mobil range 600km, charge cukup 5-10 mnt dpt 400km, anti meledak n kebakar… nah itu udh cocok banget deh
gak bakalan superior karena pada dasarnya batre itu bukan bahan bakar tapi tempat penyimpanan listrik butuh mesin laen buat ngisinya :big_biglaugh:

mesin laennya itu combustion ntar mau semua mobil listrik tetep aja disi pake combustion emang PLTU, PLTD bukan mesin combustion :big_biglaugh:

kalo cuma ngomongin batre sampe mulut berbusa juga gak bakalan bisa ngungulin combustion karena combustion sebenernya power generator yup mobil ICE itu ud unggul sendiri karena pada dasarnya mereka bawa generatornya masing2x sedangkan EV pake batre itu namanya mundur loe gak bisa generate power loe sendiri akhirnya giliran kenapa2x mabok isinya jgn kan kenapa2x normal aja kadang susah charging ev itu

ya kalo masih sekarang masih 10-20% adoption di tempat yang adopsinya ud extrem itu aja babak belur karena gridnya gak kuat ngechas ev kagak kayak ngecas hp kali beda om butuh listrik 7000watt keatas itu aja cuma buat mobil hyundai tesla wall charger butuh 11.000watt super charger yang katanya bisa 30menit 1jem 200.000watt gimana mau 10menti apalagi itu sebut aja namanya super duper hyper neo jungkir balik charger bisa2x butuh 500.000watt per charger belom kalo tempatnya peak bisa drop daya chargingnya akhirnya waktunya nambah, makanya kalo ahli yang bener2x ahli mah bilangnya itu cuma dunia fantasy.......

kecuali ada EV tenaga nuklir baru itu namanya combustion bisa out selama yang di omongin cuma batre apalagi batre pake tepung hasil nambang sana sini itu mah cuma ngimpi doank lah :big_biglaugh:

nih batre yang sustainable buat ev :big_biglaugh:

Image
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 6:20

Nah makanya agak ga nyambung sih minta kapasitas batere gede2. Menurut gw sih cukup max 300km tuh batere, karena emang peruntukan ev harusnya bwat dalkot aja. Seperti yg pernah kita2 diskusiin dulu, kalo pemerintah genjot penjualan ev bwat gantiin gasoline mikir pas mudik bakalan jd gmn gak? :big_biglaugh:
Makanya ev itu bener bukan bwat substitusi ice tp untuk saling melengkapi. Masalahnya pabrikan2 eropa uda siap2 phase out tuh semua ice, china korea arahnya jg full BEV. Pabrikan jepang yg masih agak2 galau mau blm keliatan arahnya gmn (hondo, toyo). Kalo amrik mah selama tuh texas masih doyan makan smoked bbq suka2 mereka aja lah gawsa ngomongin asep :ngacir:

Uda oot kejauhan dari crv. Balik lg yuk sebelum disemprot momod :ungg:
ampir semua pabrikan yang keliatan niat cuma stellantis doank om itu aja keliatan lagi bunuh diri LINE up andelannya di mampusin semua belom keluar aja nih evnya :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 5:57
nah urusan supply, ni mobil masih baru, kmaren liat video orang ban air EVnya udah keluar kawatnya, ATPM wuling aja kalah ma EP tyre masa gak sediain ban standar air EV kalopun pesen harus 2 bulan :big_bored: akhirnya pd upgrade ke 14 itu bukan gegara mau gaya om itu karena ukuran bannya gak ada di luaran jd pake zeetex yg dijual sama store-store accelera :mky_07:

motor/battery dan ICE itu kebalik soalnya mbah kalo ICE malah irit dibawa jauh, motor/battery iritnya kalo deket. :mky_03: nah hibrit kan mending ada ICEnya jd jauh masih efisien, EV ngandelin batre doank yg kepanasan dikit turun range nya :big_bored:

EV dibilang efisien itu kan karena ngisi listriknya masih seceng noceng per kwh. ya gak beda ma biosolar yg bilang mbl solar hemat itu karna ngisinya solar 6800 :big_biglaugh:
ya efisien juga efisien ngadi2x wong butuh mesin laen buat ngisinya, terutama pake combustion paling umum :big_bored:

pake angin sama matahari seminggu kali baru penuh :mky_07:
Suryaputra wrote: Sat Aug 19, 2023 3:51 Ok kita ngomongin Harga Batre yaa
Bukan teknologi batre, yg anti panas, anti kebakaran, dsb.

Jadi konteksnya harga / biaya batre ajah.
Jangan melebar ke teknologi batre dsb.
Krn teknologi terus berkembang dan makin aman, belajar dr kesalahan.

Harga batre ABC Thn 2000-an dulu sering beli di toko kelontong dpn rumah, buat remot tv, mobil RC, dsb, merk nomer 1.. ABC putih biru AA cuma Rp 2.000,- an dapat 4 biji


Sekarang?
.
.
.
.
.
.
.

Image

Ini udh bisa dibilang minim RnD lah, krn teknologinya dr jaman saya lahir udh ada kali yaa.

Ok lah, klo sektor hulunya localized, anggap HPP bisa turun in long term,
- tapi seberapa besar bisa nurunin harga?
- Apakah ujung2nya jd shrinkflation?
(ambil case bisnis coklat beng-beng, dan fmcg lain, yg turnover sales tinggi)
Belum ada jawaban pasti, namun, udah ada bbrp contoh.

Yg pasti..
Mau lbh murah? banyak... merk generik yg kualitas voltasenya lbh cepet drop dan gak stabil :upss:
kalo batre ev kek batre AA tinggal cabut buang terus beli lagi seharga 500-1jt dengan range 400-500km pasti laris manis :big_biglaugh:

tapi abis itu lsg demo dimana2x ributin limbah batre :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sat Aug 19, 2023 7:48
ya efisien juga efisien ngadi2x wong butuh mesin laen buat ngisinya, terutama pake combustion paling umum :big_bored:

pake angin sama matahari seminggu kali baru penuh :mky_07:
itu dia. makanya EV/hibrit itu bukan pengembangan teknologi yang gimana jg orang itu kan cuma nipu matiin mesin ya semua jg tau obvious ngirit kg usah dinyalain mesinnya tp digantiin perannya ma motor. wkwkwkwk.

nambah complexity sebenernya :big_bored:
kendibocor wrote: Sat Aug 19, 2023 6:20 Nah makanya agak ga nyambung sih minta kapasitas batere gede2. Menurut gw sih cukup max 300km tuh batere, karena emang peruntukan ev harusnya bwat dalkot aja. Seperti yg pernah kita2 diskusiin dulu, kalo pemerintah genjot penjualan ev bwat gantiin gasoline mikir pas mudik bakalan jd gmn gak? :big_biglaugh:
Makanya ev itu bener bukan bwat substitusi ice tp untuk saling melengkapi. Masalahnya pabrikan2 eropa uda siap2 phase out tuh semua ice, china korea arahnya jg full BEV. Pabrikan jepang yg masih agak2 galau mau blm keliatan arahnya gmn (hondo, toyo). Kalo amrik mah selama tuh texas masih doyan makan smoked bbq suka2 mereka aja lah gawsa ngomongin asep :ngacir:

Uda oot kejauhan dari crv. Balik lg yuk sebelum disemprot momod :ungg:
tp wa liat si sebenernya mainstream automaker itu maju-mundur jg. kemaren isunya mercy AMG mau bikin V8 lagi ketar ketir keknya marketnya pd lari ke BMW M gegara pake 2 liter 4 silinder hybrid.

yg santai2 bae itu itali lah. lambo ferrari kg mikir mau go hibrit2 wakakkakaka tetep aja keluarin V8 V10.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 7:57
itu dia. makanya EV/hibrit itu bukan pengembangan teknologi yang gimana jg orang itu kan cuma nipu matiin mesin ya semua jg tau obvious ngirit kg usah dinyalain mesinnya tp digantiin perannya ma motor. wkwkwkwk.

nambah complexity sebenernya :big_bored:
sama buang2x resouces sebenernya karna material, waktu dan transport yang lagi2x pake combustion konon emisinya setara 50jt mobil itu kelilingan bawa2x bahan batre :big_bored:, FYI di jakarta mobil cuma 4jtan kebanyang gak tuh emisinya dari kapal kargo atau bahkan PLTU PLTD yang lebih parah lagi :big_bored:
Impact of Cargo Ship Emissions on the Environment
In comparison to other modes of transportation, cargo ships emit significantly more carbon dioxide per unit of cargo transported. For example, a single large container ship can emit as much pollution as 50 million cars.
https://maritimepage.com/cargo-ship-co2 ... ion%20cars.

makannya kalo ada yang bilang mobil kita biang kerok polusi sampe bikin kabut jgn percaya dah :big_bored:

jelas2x juara emisi itu power generation alias pembangkit listrik yang di pake buat charging EV :drinking:
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by NestlePureLife »

b0ku wrote: Sat Aug 19, 2023 7:48
ChZ wrote: Sat Aug 19, 2023 5:57
nah urusan supply, ni mobil masih baru, kmaren liat video orang ban air EVnya udah keluar kawatnya, ATPM wuling aja kalah ma EP tyre masa gak sediain ban standar air EV kalopun pesen harus 2 bulan :big_bored: akhirnya pd upgrade ke 14 itu bukan gegara mau gaya om itu karena ukuran bannya gak ada di luaran jd pake zeetex yg dijual sama store-store accelera :mky_07:

motor/battery dan ICE itu kebalik soalnya mbah kalo ICE malah irit dibawa jauh, motor/battery iritnya kalo deket. :mky_03: nah hibrit kan mending ada ICEnya jd jauh masih efisien, EV ngandelin batre doank yg kepanasan dikit turun range nya :big_bored:

EV dibilang efisien itu kan karena ngisi listriknya masih seceng noceng per kwh. ya gak beda ma biosolar yg bilang mbl solar hemat itu karna ngisinya solar 6800 :big_biglaugh:
ya efisien juga efisien ngadi2x wong butuh mesin laen buat ngisinya, terutama pake combustion paling umum :big_bored:

pake angin sama matahari seminggu kali baru penuh :mky_07:
Suryaputra wrote: Sat Aug 19, 2023 3:51 Ok kita ngomongin Harga Batre yaa
Bukan teknologi batre, yg anti panas, anti kebakaran, dsb.

Jadi konteksnya harga / biaya batre ajah.
Jangan melebar ke teknologi batre dsb.
Krn teknologi terus berkembang dan makin aman, belajar dr kesalahan.

Harga batre ABC Thn 2000-an dulu sering beli di toko kelontong dpn rumah, buat remot tv, mobil RC, dsb, merk nomer 1.. ABC putih biru AA cuma Rp 2.000,- an dapat 4 biji


Sekarang?
.
.
.
.
.
.
.

Image

Ini udh bisa dibilang minim RnD lah, krn teknologinya dr jaman saya lahir udh ada kali yaa.

Ok lah, klo sektor hulunya localized, anggap HPP bisa turun in long term,
- tapi seberapa besar bisa nurunin harga?
- Apakah ujung2nya jd shrinkflation?
(ambil case bisnis coklat beng-beng, dan fmcg lain, yg turnover sales tinggi)
Belum ada jawaban pasti, namun, udah ada bbrp contoh.

Yg pasti..
Mau lbh murah? banyak... merk generik yg kualitas voltasenya lbh cepet drop dan gak stabil :upss:
kalo batre ev kek batre AA tinggal cabut buang terus beli lagi seharga 500-1jt dengan range 400-500km pasti laris manis :big_biglaugh:

tapi abis itu lsg demo dimana2x ributin limbah batre :mky_07:
Kalau ga nambah masalah mah , beres kaga laku mah
Ini zenix nambah foglamp aja error ga mau nyala kudu ke beres semua
Toko aksesoris macam lampu" pun lama" bisa ilang semua kudu ke beres
Btw kawan" ane pd jualin mobil ice
Ktnya siap" beli mobil full listrik ada bebas ppn cbu full ev
Wa cuma liatin aja tuh mau tahan brp lama
Ai dibilang kalau semua orang mikir kayak ai, merk" kyk audi tesla dkk bakal bangkrut
Bodo amat lah free ppn wkwkwkwk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by b0ku »

NestlePureLife wrote: Sat Aug 19, 2023 8:10
Kalau ga nambah masalah mah , beres kaga laku mah
Ini zenix nambah foglamp aja error ga mau nyala kudu ke beres semua
Toko aksesoris macam lampu" pun lama" bisa ilang semua kudu ke beres
Btw kawan" ane pd jualin mobil ice
Ktnya siap" beli mobil full listrik ada bebas ppn cbu full ev
Wa cuma liatin aja tuh mau tahan brp lama
Ai dibilang kalau semua orang mikir kayak ai, merk" kyk audi tesla dkk bakal bangkrut
Bodo amat lah free ppn wkwkwkwk
saya pernah liat komenan bule katanya kalo gini terus gak heran makin banyak mobil tua balik ke jalan, ya kalo di liat2x dari acara2x yang laris disana sih saya gak kaget om :mky_07:

di amrik banyak yang doyan beli rongsok terus di bikin kayak mobil baru cuannya bisa 2x lipet kalo lagi hoki bisa sampe5x dari modal :big_biglaugh:

saya aja kalo ada sumber dayanya mau bisnis maunfacturing onderdil mobil tua saya balikin ke jalan sebanyak2xnya :mky_07:
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by BrianK3 »

Gw mau kiat justifikasi fanboy Ahond garis keras macam ChZ dkk defend harganya. :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [News] Honda CR-V (Gen-6) Resmi Meluncur Di Indonesia

Post by ChZ »

BrianK3 wrote: Sat Aug 19, 2023 9:48 Gw mau kiat justifikasi fanboy Ahond garis keras macam ChZ dkk defend harganya. :big_biglaugh:
Gpp om saya aja blom minat kalo baru :big_biglaugh: yg lama dipake masih enak :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7