Inflasi harga Mobil vs Motor

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 15:08
Tp motor jg cuman 1 pabrikan sih om, entah yg ngedesign sasisnya gmn. Kalo tuh sasis patah karena pure karat sih unacceptable ya. Insenyur2nya mungkin sibuk ngerancang motor mm93 biar ga jatoh mulu kali sampe ngasih rangka motor komersialnya sembarangan, atau jgn2 sasisnya si mm93 jd kena cost cutting makanya jatoh mulu :big_biglaugh:

Mungkin bisa jd ada hubungannya sama pola customernya jg om. Kalo motor kan mayoritas ekonomi menengah kebawah, dikasi barang ga sesuai standar ya hajar aja ada apa2 kaya skrng pun pasti pd diem. Mentok koar2 di medsos. Ga bakalan ada sue atau apa. Kalo customer mobil lebih ke menengah ke atas yg pasti kritis jg. Kalo ngasih barang ngasal tiba2 sasis patah di tol n jd kecelakaan entah bakalan gmn tuh lawsuitnya. Tp sama aja sih sebenernya kalo atpmnya bebal jg ga bs apa2. Perlindungan konsumen disini ga jalan. Paling nanti disalahin makenya ngebut2 sih :big_weee:
Ujung2nya ya terima aja lah namanya di negara berkembang, selama hukum masih wani piro ya terima aja karena big corporate 99% pasti menang. Paling bisa maksimal adalah pilih produk atpm yg bener2 bisa menghargai uang anda :big_biglaugh:
Soalnya moped/scooter di negara maju mentok jadi kendaraan dalem komplek atau buat kirim makanan doank :big_biglaugh: yg lebih meresahkan di negara maju malah orang naek sepeda

Jd safety rangka karatan ya bodo. Loe kan gak bakal bawa kenceng2 jg :upss:

Di sini moped/scooter dipake perang tiap hari. :ungg: trs blom yang bawa alay alay. Di tangan mereka ni motor enteng larinya kenceng kayak death trap berjalan.

Gw tiap bawa r2 pinjem vario pegawe aja ngeri bawaan. Kek kapanpun lengah itu pantat bisa geser :big_bored: dulu kuliah dibawain bebek yamaho jupiter Z jg gak berani keluar jalan gede. Nyali ane blom sampe :big_biglaugh:

itu motor sejak gw bawa mobil odonya mandek di 2rebuan ma baut baut ud pada karatan :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by KielConstantine »

Kalo gw mikirnya ntar bakal jd kek di singapore deh ..

Harga mobil2 “biasa econobox” kan meroket. Akhirnya orang2 yg beneran punya duit langsung lari ke luxury brand skalian.

Ya kali ntar avanza jdi OTR 500jt; agya jd 400jt; CR-V tembus 1M kan males jg lah siapa yg mau bayarin. Bagusnya pake aja mobil yg ada sambil nabungin duit, trus jederr beli all new alphard harga otr 2M :big_weee:


Trus yg ga punya duit / ngepas gimana? Ya mau ga mau deal with public transport kita yg mengenaskan or pelihara mobil yg ud ada terus sampe kiamat or telen pil pahit beli all new car turunannya lcgc agya ayla sejenis asal kg keujanan udah bagus.

Kmaren ke giias liat air EV yg harga 188jt aj mau ngamuk rasanya , ntah jualan mobil apa jualan bajaj tuh atpm sama semodel kek si ceres . Future udah keliatan bakal kek apa kualitas kendaraan dibawah 200jt :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by timbermaniac123 »

KielConstantine wrote: Fri Aug 18, 2023 15:30 Kalo gw mikirnya ntar bakal jd kek di singapore deh ..
Kayanya ga mungkin bakal kaya singapore. Pertama di sana transportasi umum sudah sangat terintegrasi dan rapih. Kemana mana dapat dijangkau oleh mrt dan bus. Sedanngkan transportasi umum kita ketinggalan 1 dekade.

Kedua harga mobil disana sudah sangat tidak masuk akal dibandingkan umr indonesia. Disana harga sienta saja kalau gasalah 1.2m ya. Sedangkan umr disana saja sudah 1800$. Kalau mau dibandingin, umr kita vs umr mereka dengan biaya hidup aja sebenernya mahalan kita. Mereka umr 1800$ bisa makan di hawkeer sekitar 4$, lah kita umr 4 jutaan, biaya sekali makan juga udah 30rban setara 3$.

Ga mungkin harga mobil sekelas avanza akan menyentuh sampai 500 juta. Paling2 mentok juga 300an. Karena ya itu sekarang aja udah keliatan kok mobil yg price listnya naik terus, paling ya ngakalin supaya laku ya dengan diskon gede2an aja contohnya almaz rs, brv dll. Daya beli masyarakat kelas menengah sekarang itu antara 250-350. Paling ya cuma beberapa brand dan model tertentu yang masih punya pasar untuk menengah ke atas. Contoh crv dari 400 jutaan sampe 700 juta ada aja yang mau beli.

Sebenernya ar ev lite kalau plus plus diskon jadi 150-160 itu udah harga pas banget sih buat jadi mobil "perang" di jakarta. Pake 8 tahun batre rusak ya paling ga udah nutup balik modal operasional. Harga 188 aja seebenernya udah cukup menggoda, buat alternatif orang yang mau ambil lcgc buat harian kerja + bebas gage. Saya aja udah itung2 ini mobil kalau dipake 8 tahun sehari2 pake 60-80km aja udah balik modal harga tuh mobil.
Last edited by timbermaniac123 on Fri Aug 18, 2023 15:53, edited 1 time in total.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by fl4b1e »

mnrt pendapat saya selain penambahan fitur, ada satu lagi yang perlu diperhatikan di mobil. dalam 20 tahun terakhir mobil itu dimensinya makin gede..

contoh BMW serie 3 sedan
1. E46: dimensi p: 4470 x l:1740
2. E90: 4526 x 1783
3. F30: 4624 x 1811
4. G20: 4709 x 1827

bahkan, Xpander itu dimensinya ga beda jauh lho sama Innova yg sebelum reborn..
1. Innova gen pertama 2004 itu dimensinya:4555 x1779
2. innova generasi reborn dimensinya 4735x1830
3. innova zenix dimensinya 4755 x1830.

Memang bener mesin kayaknya displacement makin kecil, tapi disaat yang sama dimensi mobil makin luas. Mungkin ini salah satu faktor mengapa ke akan harga mobil lumayan secara historis.. meski dah dibikin satu platform chasis, satu engine, satu transmisi, tapi dimensi yang nambah gede harusnya berkontribusi terhadap kenaikan harga mobil..

kalau tuk motor, rasanya kenaikan dimensi ini baru muncul sejak yamaha ngeluarin maxi scooter.. sejak itu pabrikan berlomba2 gedein dimensi motor dan naikin displacement mesin..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

fl4b1e wrote: Fri Aug 18, 2023 15:52 mnrt pendapat saya selain penambahan fitur, ada satu lagi yang perlu diperhatikan di mobil. dalam 20 tahun terakhir mobil itu dimensinya makin gede..

contoh BMW serie 3 sedan
1. E46: dimensi p: 4470 x l:1740
2. E90: 4526 x 1783
3. F30: 4624 x 1811
4. G20: 4709 x 1827

bahkan, Xpander itu dimensinya ga beda jauh lho sama Innova yg sebelum reborn..
1. Innova gen pertama 2004 itu dimensinya:4555 x1779
2. innova generasi reborn dimensinya 4735x1830
3. innova zenix dimensinya 4755 x1830.

Memang bener mesin kayaknya displacement makin kecil, tapi disaat yang sama dimensi mobil makin luas. Mungkin ini salah satu faktor mengapa ke akan harga mobil lumayan secara historis.. meski dah dibikin satu platform chasis, satu engine, satu transmisi, tapi dimensi yang nambah gede harusnya berkontribusi terhadap kenaikan harga mobil..

kalau tuk motor, rasanya kenaikan dimensi ini baru muncul sejak yamaha ngeluarin maxi scooter.. sejak itu pabrikan berlomba2 gedein dimensi motor dan naikin displacement mesin..
Ini yang pernah ane singgung di sebelah om. Utk beberapa produk ga bisa tuh mentah2 nameplate sama dianggep masi mobil yang sama. Lah wong chevy captiva aja skrg wuling almaz rebadge :upss:

Pertanyaan pentingnya : apa marketnya masih sama?

Contoh kalau mau bandingin kijang nurut sejarahnya maka harusnya kijang itu pickup. Sementara new Avanza skrg aja udah lebih gede dari kapsul dan udah gantiin posisi kapsul sebagai entry level MPV.

Innova skrg itu ya itungan nya mulai gen innova awal. Udah intended buat naik kelas dari mobil rakyat krn posisinya digantikan Avanza. Marketnya jelas sama innova-reborn-zenix.

Ada bbrp mobil yang sizenya ga nambah banyak, tapi luxury nya bertambah jd justified naik harganya.

Pertanyaannya apakah saat ngejual / pasang harga produk2 yg sifatnya generasional, atpm liat current customer yang menginginkan upgrade atau ingin cari cust baru.

Kalau ingin jaga loyalitas cust, kualitas / kemewahan / kelas harus naik. Konsekuensi pasti makin mahal. Tapi balik lg karena customer sudah percaya ya harganya naik jadi justified. Trust sudah terbentuk di customer model gini. Dan logika bisnisnya lbh baik maintain loyalis daripada cari cust baru karena jauh lebih sulit.

Ini berbeda dgn brand brand China yang produknya masih baru. Target pasarnya juga orang yang baru mau upgrade dari mungkin indian-made-japanese-citycar ke kendaraan yang lebih mewah.
Last edited by ChZ on Fri Aug 18, 2023 16:36, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by darrelund »

fl4b1e wrote: Fri Aug 18, 2023 15:52 mnrt pendapat saya selain penambahan fitur, ada satu lagi yang perlu diperhatikan di mobil. dalam 20 tahun terakhir mobil itu dimensinya makin gede..

contoh BMW serie 3 sedan
1. E46: dimensi p: 4470 x l:1740
2. E90: 4526 x 1783
3. F30: 4624 x 1811
4. G20: 4709 x 1827

bahkan, Xpander itu dimensinya ga beda jauh lho sama Innova yg sebelum reborn..
1. Innova gen pertama 2004 itu dimensinya:4555 x1779
2. innova generasi reborn dimensinya 4735x1830
3. innova zenix dimensinya 4755 x1830.

Memang bener mesin kayaknya displacement makin kecil, tapi disaat yang sama dimensi mobil makin luas. Mungkin ini salah satu faktor mengapa ke akan harga mobil lumayan secara historis.. meski dah dibikin satu platform chasis, satu engine, satu transmisi, tapi dimensi yang nambah gede harusnya berkontribusi terhadap kenaikan harga mobil..

kalau tuk motor, rasanya kenaikan dimensi ini baru muncul sejak yamaha ngeluarin maxi scooter.. sejak itu pabrikan berlomba2 gedein dimensi motor dan naikin displacement mesin..
regulasi safety jg naek terus um, mesti tambah palang ini itu lah

otomatis mesti pake besi hi tensile yg lebi mahal

ni pasti kerasa naik harganya utk mobil yg dulunya sasis letoy skrg makin stiff

ditambah dimensi makin gede karena harus muat banyak kabel utk tech & gimmick, apalagi kek eropaan yg buntelan kabelnya gede"

juga regulasi emisi yg mesti kasih catcon berlapis", ruang buat naro knalpot jg harus lebi banyak

contoh before:
Image

after:
Image
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Fri Aug 18, 2023 16:36
fl4b1e wrote: Fri Aug 18, 2023 15:52 mnrt pendapat saya selain penambahan fitur, ada satu lagi yang perlu diperhatikan di mobil. dalam 20 tahun terakhir mobil itu dimensinya makin gede..

contoh BMW serie 3 sedan
1. E46: dimensi p: 4470 x l:1740
2. E90: 4526 x 1783
3. F30: 4624 x 1811
4. G20: 4709 x 1827

bahkan, Xpander itu dimensinya ga beda jauh lho sama Innova yg sebelum reborn..
1. Innova gen pertama 2004 itu dimensinya:4555 x1779
2. innova generasi reborn dimensinya 4735x1830
3. innova zenix dimensinya 4755 x1830.

Memang bener mesin kayaknya displacement makin kecil, tapi disaat yang sama dimensi mobil makin luas. Mungkin ini salah satu faktor mengapa ke akan harga mobil lumayan secara historis.. meski dah dibikin satu platform chasis, satu engine, satu transmisi, tapi dimensi yang nambah gede harusnya berkontribusi terhadap kenaikan harga mobil..

kalau tuk motor, rasanya kenaikan dimensi ini baru muncul sejak yamaha ngeluarin maxi scooter.. sejak itu pabrikan berlomba2 gedein dimensi motor dan naikin displacement mesin..
regulasi safety jg naek terus um, mesti tambah palang ini itu lah

otomatis mesti pake besi hi tensile yg lebi mahal

ni pasti kerasa naik harganya utk mobil yg dulunya sasis letoy skrg makin stiff

ditambah dimensi makin gede karena harus muat banyak kabel utk tech & gimmick, apalagi kek eropaan yg buntelan kabelnya gede"

juga regulasi emisi yg mesti kasih catcon berlapis", ruang buat naro knalpot jg harus lebi banyak

contoh before:
Image

after:
Image
Kalo ngomong di indo lebih penting fitur drpd standar regulasi n emisi. Lebih ngejual sensing2an drpd airbag lengkap :big_biglaugh: dipake aje nggak padahal. Kemaren tmn gw yg rada2 jadul baru minta ngajarin gw gmn cara pake acc di hrv barunya. Pdhl uda mo setaon tuh dia punya mbl.

Reg emisi tp disini masih cupu cuman euro 4. Mbl ane yg uda mo 8 taon aja uda euro 6. Negara2 berkembang laen rata2 uda euro 5 menuju 6. Jd harusnya emisi ga bikin peningkatan biaya produksi signifikan karena untuk mencapai euro 4 mah gampang kali dengan teknologi sekarang dan harusnya udah murah bikin mbl qualify untuk euro 4.

Safety jg sebenernya gitu2 aja kalo cuman abs, airbag, ebd itu teknologi2 jadul yg harusnya makin murah. Udah gitu disini ga ada standar lg. Kalo ngomongin safety gw jd senewen sendiri. Oot dikit Tuh econobox listrik gogreen deadtrap aja balon cuman 1, safety ga jelas ratingnya bisa dijual. Gw ga bs ngebayangin sih tuh mbl kecelakaan parah aja misalkan dihantem duo laderprem di tol bakalan jd gimana (sebenernya amit2 sih jgn sampe, ngebayanginnya aja ngeri). Skrng sih mending makin lama makin banyak yg melek safety, tp 5 tahun lalu inget ga si H ngeluarin sedan turbonya pake trim baru lebih mahal 3 jt nambah bodykit2 doang tp airbag disunat 4 biji dari 6 jd 2. Siapapun yg ngeluarin tuh trim, shame on you.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by rakyatwkwkland »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 18, 2023 15:48
KielConstantine wrote: Fri Aug 18, 2023 15:30 Kalo gw mikirnya ntar bakal jd kek di singapore deh ..
Kayanya ga mungkin bakal kaya singapore. Pertama di sana transportasi umum sudah sangat terintegrasi dan rapih. Kemana mana dapat dijangkau oleh mrt dan bus. Sedanngkan transportasi umum kita ketinggalan 1 dekade.
Bukan cuma masalah transportasi umum. Karena katakan suatu hari nanti transportasi umum kota2 besar di Indo seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan bahkan sudah melampaui kualitas transportasi umum di singapura sekarang, negara kita tetap akan butuh kendaraan pribadi. Kenapa? Karena negara kita adalah negara yang besar. Isinya ga cuma kota2 besar doang, tapi juga ada pedesaan.

Yang namanya pedesaan itu, pasti kepadatan penduduk akan rendah. Kepadatan penduduk rendah ga akan pernah feasible buat bangun sistem transportasi umum yang reliable, katakan misalnya jaringan bus atau angkot yang beroperasi 24 jam dan lewat tiap 10 menit sekali. Karena ujung2nya pasti nanti bakalan bawa angin doang. Akhirnya memang pilihan paling realistis buat di pedesaan adalah kendaraan pribadi.

Kita ambil contoh Jepang dan Inggris, yang ibukotanya udah punya jaringan jalur kereta dalam kota luar biasa banyak. Mungkin kalo di ibukota noleh dikit juga udah ketemu stasiun. Tapi jualan mobil di dua negara itu tetep laris kan? Bahkan di jepang best sellernya tetep wae kei car yang notabene adalah mobil murah kaya LCGC di sini. Kenapa? Karena selain pembeli dari kota, juga ada pembeli dari desa. Beda dengan singapura yang negaranya bahkan lebih kecil dari jakarta. Mana ada pedesaan di sana? Semua orang di sana mau ngandelin transum 100% juga bisa.

Selain itu, kalau misalnya suatu hari nanti katakan di jakarta transportasi umumnya sudah sangat baik, yang sampe bikin istilahnya hidup tanpa mobil dan motor juga bisa, noleh dikit ketemu stasiun MRT/LRT/KRL/atau apalah itu. Bukan berarti juga warga jakarta akan berhenti beli mobil. Karena juga ada yang akan beli mobil, tapi mobilnya ditinggal di rumah. Sehari2 kerja naik transjak atau kereta aja. Mobilnya buat apa? Buat kalo weekend jalan2 bareng keluarga dan pergi belanja, buat roadtrip sampe bali, buat mudik ke kampung halaman dan sejenisnya. Lagi2 negara kita adalah negara yang besar. Jadi buat road trip keluar kota bawa mobil itu memang amat sangat mendukung. Apalagi jalan tol sekarang makin banyak. Mungkin ane kedepannya bakal jadi salah satu orang yang kaya begini, beli mobil tapi kerja sehari2 ya naik kendaraan umum aja. Mobilnya buat nanti pake road trip :big_grin:

Maka dari itu, apa yang terjadi di negara yang cuma seupil kaya singapura rasanya tidak akan pernah terjadi di negara besar seperti negara kita.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Fri Aug 18, 2023 16:58
Kalo ngomong di indo lebih penting fitur drpd standar regulasi n emisi. Lebih ngejual sensing2an drpd airbag lengkap :big_biglaugh:

Reg emisi tp disini masih cupu cuman euro 4. Mbl ane yg uda mo 8 taon aja uda euro 6. Negara2 berkembang laen rata2 uda euro 5 menuju 6. Jd harusnya emisi ga bikin peningkatan biaya produksi signifikan karena untuk mencapai euro 4 mah gampang kali dengan teknologi sekarang dan harusnya udah murah bikin mbl qualify untuk euro 4.

Safety jg sebenernya gitu2 aja kalo cuman abs, airbag, ebd itu teknologi2 jadul yg harusnya makin murah. Udah gitu disini ga ada standar lg. Kalo ngomongin safety gw jd senewen sendiri. Oot dikit Tuh econobox listrik gogreen deadtrap aja balon cuman 1, safety ga jelas ratingnya bisa dijual. Gw ga bs ngebayangin sih tuh mbl kecelakaan parah aja misalkan dihantem duo laderprem di tol bakalan jd gimana (sebenernya amit2 sih jgn sampe, ngebayanginnya aja ngeri).
safety biar gitu" doang kan komputernya makin lama upgrade terus um, lebih canggih, chip yg dipakai lebih kenceng. alhasil ya safety improved krn lebih pintar

pasang catcon yg comply emisi terkini jg ndak murah, makanya di amrik pada dicolongin kan. krn emg mahal itu barang, biar euro 4 jg tetep ndak murah, ada precious metalnya :big_biglaugh:

klo passive safety ya tergantung mobilna um, klo pakai sasis global ya mau ndak mau ngikut, kayak zenix. belom gimana ud mahal di mesin & sasis duluan :big_biglaugh:

justru lebi gampang nambah balon dibanding kuatin sasis

skrg gimana mau peduli klo pemerintahnya sendiri ndak enforce :big_biglaugh: , ostrali aja cuma gegara airbag pilar aja itu mobil bisa di discontinue :big_biglaugh:

tapi kayakna statement oe dimari ga valid dah ya :big_biglaugh:
Skrng sih mending makin lama makin banyak yg melek safety, tp 5 tahun lalu inget ga si H ngeluarin sedan turbonya pake trim baru lebih mahal 3 jt nambah bodykit2 doang tp airbag disunat 4 biji dari 6 jd 2. Siapapun yg ngeluarin tuh trim, shame on you.
masda jg gitu, itu masda 2 dulu 4/6 gitu terus FL jadi 2

yaris jg, ada opsi 3 / 7 airbag. kek mana itu um :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by ChZ »

darrelund wrote: Fri Aug 18, 2023 17:08
safety biar gitu" doang kan komputernya makin lama upgrade terus um, lebih canggih, chip yg dipakai lebih kenceng. alhasil ya safety improved krn lebih pintar

pasang catcon yg comply emisi terkini jg ndak murah, makanya di amrik pada dicolongin kan. krn emg mahal itu barang, biar euro 4 jg tetep ndak murah, ada precious metalnya :big_biglaugh:

klo passive safety ya tergantung mobilna um, klo pakai sasis global ya mau ndak mau ngikut, kayak zenix. belom gimana ud mahal di mesin & sasis duluan :big_biglaugh:

justru lebi gampang nambah balon dibanding kuatin sasis

skrg gimana mau peduli klo pemerintahnya sendiri ndak enforce :big_biglaugh: , ostrali aja cuma gegara airbag pilar aja itu mobil bisa di discontinue :big_biglaugh:

tapi kayakna statement oe dimari ga valid dah ya :big_biglaugh:
Skrng sih mending makin lama makin banyak yg melek safety, tp 5 tahun lalu inget ga si H ngeluarin sedan turbonya pake trim baru lebih mahal 3 jt nambah bodykit2 doang tp airbag disunat 4 biji dari 6 jd 2. Siapapun yg ngeluarin tuh trim, shame on you.
masda jg gitu, itu masda 2 dulu 4/6 gitu terus FL jadi 2

yaris jg, ada opsi 3 / 7 airbag. kek mana itu um :big_biglaugh:
masalahnya teknologi emisi di internal combustion karena emisinya dicekek terus jadi mesinnya malah trouble. contoh jelas ya diesel euro6 dan DPFnya. udah mulai gak make sense.

blom di sini itu masalah kualiti BBM. iya sih ada pertamax turbo udah euro4 comply. tp majority of the people ngisinya ron90 dan solar 6800.

trs mo langsung lompat EV, lha ternyata problemnya PLTU batu bara :mky_07: sungguh ironis.

itu sivik turbo pake bodykit keknya udah kadung si HPM teken mau jual bodykit honda access trs someone in the marketing division ada yang bisikin buset loe jual 500 juta mana laku, udah sunat aj balonnya disamain ma tipe biasa :big_biglaugh:

soalnya harus diakui HPM itu suka kasih surprise fitur boleh terondol tapi diem2 aksesoris ud dipaketin sama beli mobilnya.

gw aja kaget dulu CRV turbo prestis keluar cari di belahan dunia manapun ntu velg gak ada yang pake, lha ternyata itu original modulo. accord J35 CP3 dan jazz GK 2016 juga tuh pake modulo wheels.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by lexnic »

pertanyaan nubie, apa di indonesia ada aturan yg spesifik mengenai emisi dri industri (pabrik, pembangkit listrik, pertanian, dll) ato kendaraan2 macam pesawat terbang, kapal? soalnya akhir2 ini yg diributin selalu emisi mobil & motor. pdhl industri, pesawat terbang, ato kapal jga ikut menyumbang polusi udara.

klo urusan mobil & motor di indo, salah satu yg bikin polusi ya gara2 pake BBM kualitas rendah. lha wong disuruh pake BBM bagus (minimal pertamax ato dexlite), alasannya mahal. pdhl klo dibandingin sama harga BBM di negara lain, harga BBM non subsidi di indonesia ini relatif lebih murah lho. ini contoh harga BBM di s'pore (https://www.motorist.sg/petrol-prices). setelah ngeliat2, lngsung kepikir klo harga BBM di indo ini msh termasuk murah..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by zonepublic »

KielConstantine wrote: Fri Aug 18, 2023 15:30 Kalo gw mikirnya ntar bakal jd kek di singapore deh ..

Harga mobil2 “biasa econobox” kan meroket. Akhirnya orang2 yg beneran punya duit langsung lari ke luxury brand skalian.

Ya kali ntar avanza jdi OTR 500jt; agya jd 400jt; CR-V tembus 1M kan males jg lah siapa yg mau bayarin. Bagusnya pake aja mobil yg ada sambil nabungin duit, trus jederr beli all new alphard harga otr 2M :big_weee:


Trus yg ga punya duit / ngepas gimana? Ya mau ga mau deal with public transport kita yg mengenaskan or pelihara mobil yg ud ada terus sampe kiamat or telen pil pahit beli all new car turunannya lcgc agya ayla sejenis asal kg keujanan udah bagus.

Kmaren ke giias liat air EV yg harga 188jt aj mau ngamuk rasanya , ntah jualan mobil apa jualan bajaj tuh atpm sama semodel kek si ceres . Future udah keliatan bakal kek apa kualitas kendaraan dibawah 200jt :wkkk:
Sejujurnya harapan saya sejak avanza tembus 200jt populasi mobil bakal berkurang,dan sebenernya itu bagus karena udara jadi lebih bersih,jalanan lebih aman dan nyaman seperti waktu saya tahun 90an masih bisa ke sekolah naik sepeda/jalan kaki
Kenyataanya orang indonesia klo dihimpit harga mobil,kebutuhan,bbm mereka bisa beli dan survive lhoo,makannya mau naik berapapun harga mobil,tetap laku kok
Sekarang saya malah sedih dimana2 macet,yg bawa kendaraan di jalan banyak yang ga punya etika dan tidak bertanggung jawab,jemput anak sekolah aja kaya parade mobil bikin stuck lalu lintas
Belum lagi klo anda tahu mobil bodong di jawa sekarang makin banyak lho,ga selalu mobil murah2,mobil mewah juga banyak yg bodong(stnk only atau tanpa surat sah)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kunaskun »

rakyatwkwkland wrote: Fri Aug 18, 2023 17:07 Bukan cuma masalah transportasi umum. Karena katakan suatu hari nanti transportasi umum kota2 besar di Indo seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan bahkan sudah melampaui kualitas transportasi umum di singapura sekarang, negara kita tetap akan butuh kendaraan pribadi. Kenapa? Karena negara kita adalah negara yang besar. Isinya ga cuma kota2 besar doang, tapi juga ada pedesaan.

Yang namanya pedesaan itu, pasti kepadatan penduduk akan rendah. Kepadatan penduduk rendah ga akan pernah feasible buat bangun sistem transportasi umum yang reliable, katakan misalnya jaringan bus atau angkot yang beroperasi 24 jam dan lewat tiap 10 menit sekali. Karena ujung2nya pasti nanti bakalan bawa angin doang. Akhirnya memang pilihan paling realistis buat di pedesaan adalah kendaraan pribadi.

Kita ambil contoh Jepang dan Inggris, yang ibukotanya udah punya jaringan jalur kereta dalam kota luar biasa banyak. Mungkin kalo di ibukota noleh dikit juga udah ketemu stasiun. Tapi jualan mobil di dua negara itu tetep laris kan? Bahkan di jepang best sellernya tetep wae kei car yang notabene adalah mobil murah kaya LCGC di sini. Kenapa? Karena selain pembeli dari kota, juga ada pembeli dari desa. Beda dengan singapura yang negaranya bahkan lebih kecil dari jakarta. Mana ada pedesaan di sana? Semua orang di sana mau ngandelin transum 100% juga bisa.

Selain itu, kalau misalnya suatu hari nanti katakan di jakarta transportasi umumnya sudah sangat baik, yang sampe bikin istilahnya hidup tanpa mobil dan motor juga bisa, noleh dikit ketemu stasiun MRT/LRT/KRL/atau apalah itu. Bukan berarti juga warga jakarta akan berhenti beli mobil. Karena juga ada yang akan beli mobil, tapi mobilnya ditinggal di rumah. Sehari2 kerja naik transjak atau kereta aja. Mobilnya buat apa? Buat kalo weekend jalan2 bareng keluarga dan pergi belanja, buat roadtrip sampe bali, buat mudik ke kampung halaman dan sejenisnya. Lagi2 negara kita adalah negara yang besar. Jadi buat road trip keluar kota bawa mobil itu memang amat sangat mendukung. Apalagi jalan tol sekarang makin banyak. Mungkin ane kedepannya bakal jadi salah satu orang yang kaya begini, beli mobil tapi kerja sehari2 ya naik kendaraan umum aja. Mobilnya buat nanti pake road trip :big_grin:

Maka dari itu, apa yang terjadi di negara yang cuma seupil kaya singapura rasanya tidak akan pernah terjadi di negara besar seperti negara kita.
sepemikiran, realita di daerah non kota besar ya begitu, bedanya yang laku motor karena daya beli ga sampe untuk cash atau ga bank-able buat beli mobil (bener ga istilahnya) makanya duopoli jualan motor bisa jutaan unit per tahun, walopun gitu2 aja cuma beda bentuk fisik.

apalagi di luar jawa, jalanan aspal bisa awet saja sudah barang mewah.
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by hotoriii »

lexnic wrote: Sat Aug 19, 2023 4:37 pertanyaan nubie, apa di indonesia ada aturan yg spesifik mengenai emisi dri industri (pabrik, pembangkit listrik, pertanian, dll) ato kendaraan2 macam pesawat terbang, kapal? soalnya akhir2 ini yg diributin selalu emisi mobil & motor. pdhl industri, pesawat terbang, ato kapal jga ikut menyumbang polusi udara.

klo urusan mobil & motor di indo, salah satu yg bikin polusi ya gara2 pake BBM kualitas rendah. lha wong disuruh pake BBM bagus (minimal pertamax ato dexlite), alasannya mahal. pdhl klo dibandingin sama harga BBM di negara lain, harga BBM non subsidi di indonesia ini relatif lebih murah lho. ini contoh harga BBM di s'pore (https://www.motorist.sg/petrol-prices). setelah ngeliat2, lngsung kepikir klo harga BBM di indo ini msh termasuk murah..
aturan kalau baca2 sekilas di internet ada pak, tp kan yg penting enforcement nya, yg disini gak terlalu ada

gak terlalu ada enforcementnya ini bisa karena :
- gak ada benefit nya yg terlihat untuk naik jabatan (udara bersih kan gak kelihatan meski pahalanya untuk banyak orang, beda kalau misalnya 'usaha' enforcement korupsi/apalah)
- gak peduli karena income pemerintah dari industri2 pencemar lingkungan itu 'menguntungkan' jadinya banyak yg mikir yg penting uangnya
- kalau kita positive thinking bisa karena genuinely gak tau/gak paham, kenapa bisa begitu karena untuk makan sehat saja umumnya orang2 masih susah (kemarin2 di IG saya iseng baca berita chef yg komentar masalah kualitas udara, banyak sekali yg komentar intinya "dia bisa peduli masalah itu karena dia orang kaya. kita2 ini orang susah", dari situ saja kan sdh kelihatan gambaran level ekonomi dan tingkat kepedulian lingkungan kita)

back to topic, saya termasuk yg pro dengan arah development otomotif ke mobil listrik, seburuk dan semurah apapun kualitasnya
alasan saya simpel, di indonesia kan inflasi kejam dan manajemen negara nya agak berantakan
kalau memang cara paling efektif untuk adjustment semua orang mampu mobilitas tanpa kehujanan / kepanasan dengan biaya yg sama / dibawah inflasi (karena kita2 yg di kota kecil ini kelamaan kalau nunggu solusi mass transport), ya itu yg saya dukung
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by darrelund »

lexnic wrote: Sat Aug 19, 2023 4:37 pertanyaan nubie, apa di indonesia ada aturan yg spesifik mengenai emisi dri industri (pabrik, pembangkit listrik, pertanian, dll) ato kendaraan2 macam pesawat terbang, kapal? soalnya akhir2 ini yg diributin selalu emisi mobil & motor. pdhl industri, pesawat terbang, ato kapal jga ikut menyumbang polusi udara.
justru klo ngomongin emisi passenger car sebenerna cuma 10-20% dari total emisi

sisanya dari kapal, cargo, pesawat, pembangkit listrik

klo utk pabrik setau oe ada pajak carbon um

https://gatrik.esdm.go.id/assets/upload ... menkeu.pdf

tapi itu PLTU batu bara masa Rp 30,000/ton co2 seh, ringan amat :big_bored:

tadinya wacana mau 75,000 malah. jadi 30,000

mau sehari 150ton co2 jg cuma 4,5jt doang, kampret emg :big_bored: :big_bored:

di eropa sana carbon tax bisa Rp 300rb-1.8jt / ton co2

terus ngapaen dimari ngurusin EV yak, klo carbon aja belom di regulasi dengan ketat

mau semua org di jabodetabek pke EV jg ya tetep aja berpolusi :big_think: :big_bored:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by lexnic »

hotoriii wrote: Sat Aug 19, 2023 20:39
lexnic wrote: Sat Aug 19, 2023 4:37 pertanyaan nubie, apa di indonesia ada aturan yg spesifik mengenai emisi dri industri (pabrik, pembangkit listrik, pertanian, dll) ato kendaraan2 macam pesawat terbang, kapal? soalnya akhir2 ini yg diributin selalu emisi mobil & motor. pdhl industri, pesawat terbang, ato kapal jga ikut menyumbang polusi udara.

klo urusan mobil & motor di indo, salah satu yg bikin polusi ya gara2 pake BBM kualitas rendah. lha wong disuruh pake BBM bagus (minimal pertamax ato dexlite), alasannya mahal. pdhl klo dibandingin sama harga BBM di negara lain, harga BBM non subsidi di indonesia ini relatif lebih murah lho. ini contoh harga BBM di s'pore (https://www.motorist.sg/petrol-prices). setelah ngeliat2, lngsung kepikir klo harga BBM di indo ini msh termasuk murah..
aturan kalau baca2 sekilas di internet ada pak, tp kan yg penting enforcement nya, yg disini gak terlalu ada

gak terlalu ada enforcementnya ini bisa karena :
- gak ada benefit nya yg terlihat untuk naik jabatan (udara bersih kan gak kelihatan meski pahalanya untuk banyak orang, beda kalau misalnya 'usaha' enforcement korupsi/apalah)
- gak peduli karena income pemerintah dari industri2 pencemar lingkungan itu 'menguntungkan' jadinya banyak yg mikir yg penting uangnya
- kalau kita positive thinking bisa karena genuinely gak tau/gak paham, kenapa bisa begitu karena untuk makan sehat saja umumnya orang2 masih susah (kemarin2 di IG saya iseng baca berita chef yg komentar masalah kualitas udara, banyak sekali yg komentar intinya "dia bisa peduli masalah itu karena dia orang kaya. kita2 ini orang susah", dari situ saja kan sdh kelihatan gambaran level ekonomi dan tingkat kepedulian lingkungan kita)

back to topic, saya termasuk yg pro dengan arah development otomotif ke mobil listrik, seburuk dan semurah apapun kualitasnya
alasan saya simpel, di indonesia kan inflasi kejam dan manajemen negara nya agak berantakan
kalau memang cara paling efektif untuk adjustment semua orang mampu mobilitas tanpa kehujanan / kepanasan dengan biaya yg sama / dibawah inflasi (karena kita2 yg di kota kecil ini kelamaan kalau nunggu solusi mass transport), ya itu yg saya dukung
klo yg terjadi poin ketiga (gak tau / gak paham), sedih amat yah kualitas pejabat2 dsini :big_biglaugh:
darrelund wrote: Mon Aug 21, 2023 3:40
lexnic wrote: Sat Aug 19, 2023 4:37 pertanyaan nubie, apa di indonesia ada aturan yg spesifik mengenai emisi dri industri (pabrik, pembangkit listrik, pertanian, dll) ato kendaraan2 macam pesawat terbang, kapal? soalnya akhir2 ini yg diributin selalu emisi mobil & motor. pdhl industri, pesawat terbang, ato kapal jga ikut menyumbang polusi udara.
justru klo ngomongin emisi passenger car sebenerna cuma 10-20% dari total emisi

sisanya dari kapal, cargo, pesawat, pembangkit listrik

klo utk pabrik setau oe ada pajak carbon um

https://gatrik.esdm.go.id/assets/upload ... menkeu.pdf

tapi itu PLTU batu bara masa Rp 30,000/ton co2 seh, ringan amat :big_bored:

tadinya wacana mau 75,000 malah. jadi 30,000

mau sehari 150ton co2 jg cuma 4,5jt doang, kampret emg :big_bored: :big_bored:

di eropa sana carbon tax bisa Rp 300rb-1.8jt / ton co2

terus ngapaen dimari ngurusin EV yak, klo carbon aja belom di regulasi dengan ketat

mau semua org di jabodetabek pke EV jg ya tetep aja berpolusi :big_think: :big_bored:
diliat2 di PDF nya, Rp 30,000/ton CO2 msh akan dievaluasi lg. jdi kemungkinan bisa naik ato turun. klo smpe naik, takutnya ngefek ke tarif listrik yg kita bayarin. kecil kemungkinan turun sih (ini udh termasuk rendah IMO), tapi klo smpe turun brarti emg gk niat bikin aturan emisi & kitanya yg msti siap2 kena efeknya :big_slap:

saya netral sih klo soal EV, cuma msti dipikirin jga pembangkit listriknya. klo msh tetep pake PLTU, gk menyelesaikan mslh jga soalnya cuma mindahin polusi dri kota ke daerah skitar PLTU
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by kendibocor »

lexnic wrote: Mon Aug 21, 2023 9:18
saya netral sih klo soal EV, cuma msti dipikirin jga pembangkit listriknya. klo msh tetep pake PLTU, gk menyelesaikan mslh jga soalnya cuma mindahin polusi dri kota ke daerah skitar PLTU
EV terlalu banyak kepentingan yg bermain, kalo masih ada yg encourage beli EV bwat kepentingan lingkungan n manusia ane ketawa aja sih. Tp kalo beli EV emang demen sensasi instant torque atau irit ga perlu isi bensin (debateable?) Ya sah2 aja sih
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by darrelund »

lexnic wrote: Mon Aug 21, 2023 9:18
diliat2 di PDF nya, Rp 30,000/ton CO2 msh akan dievaluasi lg. jdi kemungkinan bisa naik ato turun. klo smpe naik, takutnya ngefek ke tarif listrik yg kita bayarin. kecil kemungkinan turun sih (ini udh termasuk rendah IMO), tapi klo smpe turun brarti emg gk niat bikin aturan emisi & kitanya yg msti siap2 kena efeknya :big_slap:

saya netral sih klo soal EV, cuma msti dipikirin jga pembangkit listriknya. klo msh tetep pake PLTU, gk menyelesaikan mslh jga soalnya cuma mindahin polusi dri kota ke daerah skitar PLTU
memang rendah bgt buat ukuran kita yg mobilna pun secara emisi ga di regulate ketat

tapi yang pasti klo memang carbon tax di enforce, ya siap" aja harga listrik naik

oe jg demen aja sih sama EV, cuma malesnya itu ya pemerintah pke itu sebagai shortcut. padahal mah pke EV jg sebenernya ga selesaikan masalah

utk emisi LHK sudah berkata https://www.cnbcindonesia.com/news/2023 ... k-faktanya

44% personal transport, 31% energy sector, 10% industri, 14% perumahan, 1% komersil

78% personal transport itu motor, sisanya passenger gas, diesel, bus

contoh nyata mengurangi polusi : https://earth.org/how-china-is-winning- ... pollution/

jadi yg mesti dirubah ya semuanya, termasuk pembatasan kendaraan :big_biglaugh:

logisnya, motor jg harusnya ikut gage, secara dia orang mayoritas pollutant di jalan

cuma ya gatau dah klo tar protes ap kaga :big_biglaugh:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by Zaxis »

Yang bener mah mobil motor truk bus yg diatas 10 taon itu pajak nya dinaekin 2x tiap taon

Lama2 bayar pajak lebih mahal dari harga mobil sampe nyerah sendiri terus dikampakin

Sekarang kan mobil makin tua pajak nya makin murah
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Inflasi harga Mobil vs Motor

Post by Ibet »

Harga Mio tahun 2004 = 10 juta
Harga Mio tahun 2023 = 17.5 juta

UMR Jakarta 2004 = 0.671 juta
UMR Jakarta 2023 = 4.91 juta