Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by Alwayspaid »

KielConstantine wrote: Thu Aug 24, 2023 12:45
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 6:26 Saya lagi cari2 mobil yg kenceng dan fun to drive, budget sekitar 400jt, bisa naik dikit. Mobil yg cocok apa ya?

1. Performance bagus, kenceng.
2. Fun to drive, karena saya suka nyetir buat healing.
3. NVH bagus, kabin kedap dan audio relatif bagus.
4. Enak dipakai nyetir lama, beberapa bulan sekali jalan2 jauh, Tangerang - Solo, Solo - Madiun, Madiun - Malang, pulang pergi.
5. Mobil second tetep dipertimbangkan, asal masih tahun muda.
Golf GTI Mk6 masook kriteria

Budget tebus 300jt

Perbaikan 100juta . Pake deh :big_weee:
jangan lupa spare budget buat bensin 5 juta++ kalo lagi dipake jalan jauh kaya rute no 4 :big_grin:
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by b0ku »

essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 16:18
Udah 2 orang nyaranin WRV, bukannya ini sekelas KIA sonet aja ya harusnya dibawah Seltos kan?
iya sekelas sonet di bawah seltos cuma merek laen gak ada akses ke parts gitu banyak kek WRV om saya sendiri ud kerjain modifan yang saya list di atas ke jazz GE8 hasilnya tuh mobil nikmat bener :big_okay:

itu aja yang jual spesifik komponen dia aja masih jarang cuma honda biasanya partsnya sama model laen sama semua jd tinggal sama2xin aja kayak WRV ada sama kek brv kadang bisa pake komponen jazz atau city.......

gak kenceng tapi dijamin puas buat hajar jalanan belok2x :mky_03:

bahkan dalam stock condition pun saya yakin paling enak masih WRV buat manuver di jalanan belok2x soalnya dulu juga saya pake brio buat keliling bali disana saya lewat gunung jalanan sempit tapi fun banget nikmatin handling brio sama pemadangan..... :mky_03:



saya juga ada pajero tenaga gede cuma buat healing tetep gak ada yang ngalahin jazz GE8 saya :mky_03:

kalo gak ya HRV juga enak sih cuma tuh mobil lemot budget mepet atau kalo second duit segitu dapet CRV turbo atau HRV bekas 2022 juga dapet yang SE biasanya 370an :mky_03:

kalo mau hyundai CRETA saran beli bekas aja yang paling mahal paling tinggal 350-370an km baru 20-30rban :mky_03:

cuma baru cek dulu aja discnya keknya gede juga bisa dapet di bawah 400jt kali buat prime :big_biglaugh:

kalo seltos itu kan DCT setau saya kurang enak buat kena macet mendingan test drive dulu soalnya DCT itu musti di gas baru maju biasanya gak bisa lepas rem dia lsg gelinding :big_think:

saran sih test drive dulu sih :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 13:32
Sorry kalau bikin ambigu om. Kalau patokan performance 2 model itu, berarti yg saya cari sekedar mobil keluarga yg kenceng.
Ya kalo gitu CRV turbo aja. :mky_03:

Modalin 5jt downpipe + remap udah 240hp. Dah allround banget gak limbung nyaman buat jauh. Kuat lagi sy pake murni luar kotaan hajar speed 130-150 terus isi 5 orang.

Mau lbh stabil dikerasin dikit. Ganti shock. Shock bawaan agak empuk soalnya.

Minus bbm wajib minimal pertamax sih. Saya turbo terus soalnya remap setelan map pertamax turbo.

Drpd kia seltos buat jangka panjang alamat cari part susah pake luar kota jg ga enak enak amat.

Kl bbm jadi issue ya innova 2GD aja biosolar ttp ga ada lawan murahnya tp modif kaki kaki agak banyak limbung soalnya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by esaka »

ChZ wrote: Thu Aug 24, 2023 6:48 ane kira "performance car" beneran macem civic type R atau subaru wrx sti :big_biglaugh:

400jt beli kia seltos sih nanggung nurut ane ga berasa performance nya. ya kl dari ertiga upgrade tp banyak pilihan lebih bagus kalo seken.

ni mau sekedar kenceng apa kenceng sambil belok nikung nikung. kalo sekedar kenceng aja ya beli innova 2GD di modif aja lah. atau CR-V turbo seken. soalnya kalo liat kriterianya lebih kayak mobil yang nyaman buat jalan jauh.

kalo sambil belok nikung nikung ya harus hatchback atau sedan. civic turbo misalnya. atau sekalian naik ke jerman BMW F30 seken 400jt dapet.
Setuju sama ini aja deh. Ane kira juga mo cari performance car beneran.
mobil keluarga palugada yang memenuhi semua kriteria TS ya kalau bukan CRV gen 4 atau Innova Diesel 2.4...(seken) :big_exellent:
Kia Seltos sih, sorry to say mending sekalian ke Espander atau BRV Tiguan... :big_biglaugh:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by levofloxacine »

mobil keluarga fun to drive, performa lumayan, sepertinya yg melintas di pikiran saya ada 2 saja kalo di budget 400 an (second)
1. CX-5
2. CRV Turbo
kalo sering healing rame2 mungkin CRV lebih proper karena leg room penumpang lebih lega dan 3 baris..
bila lebih sering nyetir sendiri go for CX-5
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by kendibocor »

zonepublic wrote: Thu Aug 24, 2023 16:46
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 16:34 Mobil 5 atau 7 penumpang kan ada yg kenceng juga om, kayak fortuner misalnya. Performance kayak fortuner udah cukup sih buat saya. Tapi kalau fortuner baru, budgetnya belum cukup om.
Oh fortuner &innova, ya sebenernya itu mobil bukan dibikin untuk performance sih,fortuner ga da fun2nya,digoyang sedikit limbung bisa terbalik mobilnya klo kenceng,sasisnya aja sasis truk yang memang dibuat untuk nahan beban berat bukan pengendalian enak
klo mau pake mpv atau suv seperti innova/fortuner buat performance banyak part yg harus diganti jadi keluar duit lagi itupun ga bakal bisa senurut mobil monokok handlingnya,terutama kaki2 harus diceperin abis,ganti coilover,shockbreker,dll
Kecuali anda merasa ertiganya tidak nyaman,Saran saya ertiganya dipertahankan dan bujet 400jt buat upgrade masih nyisa karena ertiga sasisnya udah monokok handling ya jauh lebih enak daripada innova/fortuner yang pake ladderframe
Buat performa mesin ganti filter,knalpot,sektor mesin diupgrade klo ada duit experimen pasang turbo/supercharger sama pasang piggyback
sektor pengereman diganti pake BBK,ban digedein
Buat handling,coilover dan suspensi diganti merk bagus seperti billstein karena suspensinya ertiga suck banget,pasang link stablizer,coba cari alternatif modifikasi deh
Klo inceran anda mobil disel seperti innova,fortuner kan anda cuma cari torsi awal aja lebih dapet di putaran bawah,ertiga anda juga bisa kok kalo mau digituin,tinggal disetel piggybacknya
Bobot innova sama fortuner juga 2 ton sampe 3 ton lebih,ertiga malah ga sampe 2 ton
Top speed ertiga 2012-15 manual standar yg mesin 1400cc lawas aja 175 kph ga beda jauh sama innova disel matic 2kd kok klo standaran yang juga 170kphan di jalan lurus spt tol jawabahn (saya udah pernah pake dua2nya soalnya)
Kalo ertiga 1500cc malah setahu saya bisa 195 kph sama kaya reborn disel matic
Jadi ga perlu ganti mobil
Tinggal trondolin, abis itu siap turun trackday dah ini mah :big_smoking:

Mungkin maksud om TS yg penting "berasa" kenceng aja om. Kalo sekedar berasa kenceng aja sih yawda lah angkut tuh fortie atau innopah. Torsi kan lumayan ngejambak walaupun 0-100kmh nya sama aja kayak Hb 1500cc.

Fortuner beli 2nd aja om ts. Tuh taon 2018an dpt kok 400. Masih muda lah fortie taon 2018.
ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 0:05
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 13:32
Sorry kalau bikin ambigu om. Kalau patokan performance 2 model itu, berarti yg saya cari sekedar mobil keluarga yg kenceng.
Ya kalo gitu CRV turbo aja. :mky_03:

Modalin 5jt downpipe + remap udah 240hp. Dah allround banget gak limbung nyaman buat jauh. Kuat lagi sy pake murni luar kotaan hajar speed 130-150 terus isi 5 orang.

Mau lbh stabil dikerasin dikit. Ganti shock. Shock bawaan agak empuk soalnya.

Minus bbm wajib minimal pertamax sih. Saya turbo terus soalnya remap setelan map pertamax turbo.

Drpd kia seltos buat jangka panjang alamat cari part susah pake luar kota jg ga enak enak amat.

Kl bbm jadi issue ya innova 2GD aja biosolar ttp ga ada lawan murahnya tp modif kaki kaki agak banyak limbung soalnya :mky_03:
Ga masuk kriteria mbah, om TS maunya jg yg NVH bagus sama audio bagus. Audio ciarpih ente kan harman karton :big_weee: :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Aug 25, 2023 1:51

Ga masuk kriteria mbah, om TS maunya jg yg NVH bagus sama audio bagus. Audio ciarpih ente kan harman karton :big_weee: :big_biglaugh:
gampang, modalin 20jt lagi beli ban + peredam + speaker :mky_03:

trs pake deh ampe bosen. :ngacir:

atau cari santafe TM prefacelift 400 dapet hrsnya :ngacir: cuma ya budget bbm sama harus pake dex :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by darrelund »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 0:05
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 13:32
Sorry kalau bikin ambigu om. Kalau patokan performance 2 model itu, berarti yg saya cari sekedar mobil keluarga yg kenceng.
Ya kalo gitu CRV turbo aja. :mky_03:

Modalin 5jt downpipe + remap udah 240hp. Dah allround banget gak limbung nyaman buat jauh. Kuat lagi sy pake murni luar kotaan hajar speed 130-150 terus isi 5 orang.

Mau lbh stabil dikerasin dikit. Ganti shock. Shock bawaan agak empuk soalnya.

Minus bbm wajib minimal pertamax sih. Saya turbo terus soalnya remap setelan map pertamax turbo.

Drpd kia seltos buat jangka panjang alamat cari part susah pake luar kota jg ga enak enak amat.

Kl bbm jadi issue ya innova 2GD aja biosolar ttp ga ada lawan murahnya tp modif kaki kaki agak banyak limbung soalnya :mky_03:
emang klo judulnya mau kenceng & bawa barang banyak baliknya ke 2 mobil itu yak :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

darrelund wrote: Fri Aug 25, 2023 2:39 emang klo judulnya mau kenceng & bawa barang banyak baliknya ke 2 mobil itu yak :big_biglaugh:
soalnya ujungnya yang kekurangannya jg bisa di modif sendiri dan buat commoners gak diperbudak mobil suruh cari parts ghoib :mky_03:

ngapain mobil bagus bagus tapi partnya ghoib itu baru dibudakin mobil :upss:

orang gak terlalu hobby apalagi family man jangan beli mobil aneh aneh dah. stick ke trio dijel atau honda aja. kapok ntar beli merek lain giliran part susah malah gak mau beli sama sekali :big_biglaugh: tinggal rela isi turbo ya belinya siarpi, kalo masih mikir running cost ya beli 2GD tp modif kaki kaki.

kalo mau sekalian jerman lebih gampang partnya :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
essanpupil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Nov 13, 2020 5:50

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by essanpupil »

zonepublic wrote: Thu Aug 24, 2023 16:46
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 16:34 Mobil 5 atau 7 penumpang kan ada yg kenceng juga om, kayak fortuner misalnya. Performance kayak fortuner udah cukup sih buat saya. Tapi kalau fortuner baru, budgetnya belum cukup om.
Oh fortuner &innova, ya sebenernya itu mobil bukan dibikin untuk performance sih,fortuner ga da fun2nya,digoyang sedikit limbung bisa terbalik mobilnya klo kenceng,sasisnya aja sasis truk yang memang dibuat untuk nahan beban berat bukan pengendalian enak
klo mau pake mpv atau suv seperti innova/fortuner buat performance banyak part yg harus diganti jadi keluar duit lagi itupun ga bakal bisa senurut mobil monokok handlingnya,terutama kaki2 harus diceperin abis,ganti coilover,shockbreker,dll
Kecuali anda merasa ertiganya tidak nyaman,Saran saya ertiganya dipertahankan dan bujet 400jt buat upgrade masih nyisa karena ertiga sasisnya udah monokok handling ya jauh lebih enak daripada innova/fortuner yang pake ladderframe
Buat performa mesin ganti filter,knalpot,sektor mesin diupgrade klo ada duit experimen pasang turbo/supercharger sama pasang piggyback
sektor pengereman diganti pake BBK,ban digedein
Buat handling,coilover dan suspensi diganti merk bagus seperti billstein karena suspensinya ertiga suck banget,pasang link stablizer,coba cari alternatif modifikasi deh
Klo inceran anda mobil disel seperti innova,fortuner kan anda cuma cari torsi awal aja lebih dapet di putaran bawah,ertiga anda juga bisa kok kalo mau digituin,tinggal disetel piggybacknya
Bobot innova sama fortuner juga 2 ton sampe 3 ton lebih,ertiga malah ga sampe 2 ton
Top speed ertiga 2012-15 manual standar yg mesin 1400cc lawas aja 175 kph ga beda jauh sama innova disel matic 2kd kok klo standaran yang juga 170kphan di jalan lurus spt tol jawabahn (saya udah pernah pake dua2nya soalnya)
Kalo ertiga 1500cc malah setahu saya bisa 195 kph sama kaya reborn disel matic
Jadi ga perlu ganti mobil
Ertiga saya 1400cc matic. Kalau dipakai diatas 130 udah mulai ga nyaman, mesti ati2 koreksi stir. Feelingnya stir terlalu enteng juga om.
essanpupil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Nov 13, 2020 5:50

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by essanpupil »

Alwayspaid wrote: Thu Aug 24, 2023 19:24
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 6:26 Halo semua, salam kenal.
Saya lagi cari2 mobil yg kenceng dan fun to drive, budget sekitar 400jt, bisa naik dikit. Mobil yg cocok apa ya?

Sekarang ini saya ada ertiga 2017, setelah ke GIIAS kemarin jadi kepingin ganti mobil sekaligus naik kelas. Saya cari mobil yg kriterianya sesuai urutan:

1. Performance bagus, kenceng.
2. Fun to drive, karena saya suka nyetir buat healing.
3. NVH bagus, kabin kedap dan audio relatif bagus.
4. Enak dipakai nyetir lama, beberapa bulan sekali jalan2 jauh, Tangerang - Solo, Solo - Madiun, Madiun - Malang, pulang pergi.
5. Mobil second tetep dipertimbangkan, asal masih tahun muda.

Dari hasil ngecek2 website pabrikan mobil dan crosscek dengan review2 di youtube, kayaknya yg paling cocok adalah KIA Seltos.

Kalau dari temen2 ada saran lain, tolong donk, reply di sini.

Atau buat yg punya pengalaman dengan KIA Seltos, tolong donk tulis review nya di sini.
lebih enak di breakdown dulu nih om biar lebih gampang milihnya

1. kencengnya seberapa kenceng nih? 200 hp? 300 hp? kondisi std ato bs diulik lagi?
2. fun to drive sih lebih prefer sedan ya, seenak2nya suv even yg high performance aja ttp aja menurut saya enakan versi sedannya
3. NVH bagus, kayanya kalo eropa bmw/mercy cocok, jepang mazda/lexus cocok
4. lebih prefer ke mobil yg beneran cruiser sih kalo gitu. medium suv/medium sedan yang brand premium kayanya dapet (rx270,x3,cx5,f30)
5. mudanya taun berapa nih om? mundur dari ertiganya gpp?
1. Kenceng maksudnya enak dan nyaman buat cruising di 150 kpj, tapi kalau sewaktu2 butuh nyalip, masih ada tenaga. Pengalaman di tol trans jawa, seringnya mesti nunggu mobil depannya nyalip baru kita bisa pindah lajur kiri buat nyari ruang nyalip. Kalau ada tenaga kan ga perlu nunggu dia nyalip, kita bisa ambil lajur kiri trus balik kanan. Tapi ga mau sampai zigzag ngepot2 juga sih.

2. Kayaknya tetep diusahain SUV om, ga apa2 lah fun to drive dikurangin dikit.
3. Noted
4. Noted

5. Ini yg susah nentuin pastinya. Patokannya sih, model ga terlalu jadul, karakternya masih kelihatan. Ga banyak PR. Umur slow moving parts relarif masih panjang, kalau bisa lebih dari setengah umur wajarnya.
essanpupil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Nov 13, 2020 5:50

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by essanpupil »

b0ku wrote: Thu Aug 24, 2023 21:15
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 16:18
Udah 2 orang nyaranin WRV, bukannya ini sekelas KIA sonet aja ya harusnya dibawah Seltos kan?
iya sekelas sonet di bawah seltos cuma merek laen gak ada akses ke parts gitu banyak kek WRV om saya sendiri ud kerjain modifan yang saya list di atas ke jazz GE8 hasilnya tuh mobil nikmat bener :big_okay:

itu aja yang jual spesifik komponen dia aja masih jarang cuma honda biasanya partsnya sama model laen sama semua jd tinggal sama2xin aja kayak WRV ada sama kek brv kadang bisa pake komponen jazz atau city.......

gak kenceng tapi dijamin puas buat hajar jalanan belok2x :mky_03:

bahkan dalam stock condition pun saya yakin paling enak masih WRV buat manuver di jalanan belok2x soalnya dulu juga saya pake brio buat keliling bali disana saya lewat gunung jalanan sempit tapi fun banget nikmatin handling brio sama pemadangan..... :mky_03:



saya juga ada pajero tenaga gede cuma buat healing tetep gak ada yang ngalahin jazz GE8 saya :mky_03:

kalo gak ya HRV juga enak sih cuma tuh mobil lemot budget mepet atau kalo second duit segitu dapet CRV turbo atau HRV bekas 2022 juga dapet yang SE biasanya 370an :mky_03:

kalo mau hyundai CRETA saran beli bekas aja yang paling mahal paling tinggal 350-370an km baru 20-30rban :mky_03:

cuma baru cek dulu aja discnya keknya gede juga bisa dapet di bawah 400jt kali buat prime :big_biglaugh:

kalo seltos itu kan DCT setau saya kurang enak buat kena macet mendingan test drive dulu soalnya DCT itu musti di gas baru maju biasanya gak bisa lepas rem dia lsg gelinding :big_think:

saran sih test drive dulu sih :mky_03:
Thank you om, tips n reviewnya dipertimbangkan. Kalau ga terlalu mikir akomodasi, kayaknya wrv cocok juga sih.
essanpupil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Nov 13, 2020 5:50

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by essanpupil »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 0:05
essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 13:32
Sorry kalau bikin ambigu om. Kalau patokan performance 2 model itu, berarti yg saya cari sekedar mobil keluarga yg kenceng.
Ya kalo gitu CRV turbo aja. :mky_03:

Modalin 5jt downpipe + remap udah 240hp. Dah allround banget gak limbung nyaman buat jauh. Kuat lagi sy pake murni luar kotaan hajar speed 130-150 terus isi 5 orang.

Mau lbh stabil dikerasin dikit. Ganti shock. Shock bawaan agak empuk soalnya.

Minus bbm wajib minimal pertamax sih. Saya turbo terus soalnya remap setelan map pertamax turbo.

Drpd kia seltos buat jangka panjang alamat cari part susah pake luar kota jg ga enak enak amat.

Kl bbm jadi issue ya innova 2GD aja biosolar ttp ga ada lawan murahnya tp modif kaki kaki agak banyak limbung soalnya :mky_03:
Noted om. Kalau crv turbo dapet tahun berapa ya?
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by zonepublic »

essanpupil wrote: Fri Aug 25, 2023 5:37
Ertiga saya 1400cc matic. Kalau dipakai diatas 130 udah mulai ga nyaman, mesti ati2 koreksi stir. Feelingnya stir terlalu enteng juga om.
Oh klo soal setir memang itu kelemahan EPS,dan ban kecil gedein aja bannya ke ukuran > 200 kalo bisa
Klo ganti ke fortuner/innova 2kd emg dapet ps hidrolik,tp ntar limbung sama mentul2 anda siapin dana lagi buat utik kaki2 juga
essanpupil wrote: Fri Aug 25, 2023 5:50
1. Kenceng maksudnya enak dan nyaman buat cruising di 150 kpj, tapi kalau sewaktu2 butuh nyalip, masih ada tenaga. Pengalaman di tol trans jawa, seringnya mesti nunggu mobil depannya nyalip baru kita bisa pindah lajur kiri buat nyari ruang nyalip. Kalau ada tenaga kan ga perlu nunggu dia nyalip, kita bisa ambil lajur kiri trus balik kanan. Tapi ga mau sampai zigzag ngepot2 juga sih.

2. Kayaknya tetep diusahain SUV om, ga apa2 lah fun to drive dikurangin dikit.
3. Noted
4. Noted

5. Ini yg susah nentuin pastinya. Patokannya sih, model ga terlalu jadul, karakternya masih kelihatan. Ga banyak PR. Umur slow moving parts relarif masih panjang, kalau bisa lebih dari setengah umur wajarnya.
essanpupil wrote: Fri Aug 25, 2023 5:58
Noted om. Kalau crv turbo dapet tahun berapa ya?
Ya dah klo dah manteb suv,rekomen saya cm 1 hyundai santafe crdi ,bukan ga suka crv turbo tp santafe jauh lbh rigid daripada crv built quality juga jauh lebih bagus ga ada masalah tuas perseneleng lepas soalnya honda 1 dekade belakangan bikinannya kacrut abis santafe anda ajak lari di tol buat ke 220kph gampang anda cari yg tahun2 lama yg handbrakenya masih mekanik bukan EPB
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by AbdulHakim »

zonepublic wrote: Fri Aug 25, 2023 6:20 Ya dah klo dah manteb suv,rekomen saya cm 1 hyundai santafe crdi ,bukan ga suka crv turbo tp santafe jauh lbh rigid daripada crv built quality juga jauh lebih bagus ga ada masalah tuas perseneleng lepas soalnya honda 1 dekade belakangan bikinannya kacrut abis santafe anda ajak lari di tol buat ke 220kph gampang anda cari yg tahun2 lama yg handbrakenya masih mekanik bukan EPB
Karena om zonepublic bilang Santa Fe, boleh dong om di-spill kalo hunting Santa Fe dimana?
asumsi saya ini Grand Santa Fe ya? yg tahun 2018 - 2019.
di OeLeX filter se-Indonesia raya pun sedikit sekali, terlihat banyak karena duplikasi iklan saja.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 6:59 Karena om zonepublic bilang Santa Fe, boleh dong om di-spill kalo hunting Santa Fe dimana?
asumsi saya ini Grand Santa Fe ya? yg tahun 2018 - 2019.
di OeLeX filter se-Indonesia raya pun sedikit sekali, terlihat banyak karena duplikasi iklan saja.
SAYA terakhir dapet titipan gak sampe 3 hari ilang :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

essanpupil wrote: Fri Aug 25, 2023 5:58
Noted om. Kalau crv turbo dapet tahun berapa ya?
2018 harusnya dapet om :mky_03:
zonepublic wrote: Fri Aug 25, 2023 6:20
Ya dah klo dah manteb suv,rekomen saya cm 1 hyundai santafe crdi ,bukan ga suka crv turbo tp santafe jauh lbh rigid daripada crv built quality juga jauh lebih bagus ga ada masalah tuas perseneleng lepas soalnya honda 1 dekade belakangan bikinannya kacrut abis santafe anda ajak lari di tol buat ke 220kph gampang anda cari yg tahun2 lama yg handbrakenya masih mekanik bukan EPB
keluaran 2018 up udah aman kok om :big_smile] yg patah patah udah di recall. di sy 2018 udah gak kena recall.

btw santafe kalo DM (2012-2017) itu ga lebih enak dari CRV sih om. sy pernah pake keduanya :big_peace: suspensi belakangnya limbung banget bantingan kasar. kalo lbh enak dari CRV seumurnya (gen 4) iya bener. tp ma CRV turbo sih ngga :mky_03:

kalo TM baru lebih enak. apalagi TM 2017-2020 mekanikal plek palisade perawatan lbh gampang masih 8-speed auto.

tp kalo memang mikir longterm ya CRV atau innova aja lah. se jelek limbungnya innova tetep rasa naikannya upgrade dari ertiga kok :big_smile]
Last edited by ChZ on Fri Aug 25, 2023 7:05, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Fri Aug 25, 2023 7:00
AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 6:59 Karena om zonepublic bilang Santa Fe, boleh dong om di-spill kalo hunting Santa Fe dimana?
asumsi saya ini Grand Santa Fe ya? yg tahun 2018 - 2019.
di OeLeX filter se-Indonesia raya pun sedikit sekali, terlihat banyak karena duplikasi iklan saja.
SAYA terakhir dapet titipan gak sampe 3 hari ilang :big_biglaugh:
Nah itu dia.. demand > supply untuk sekennya, tapi emang basicnya populasinya sedikit, yg punya pun banyak yg masih nge-keep karena dasarnya mobil enak asal dikasih bbm berkualitas.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by zonepublic »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 6:59
zonepublic wrote: Fri Aug 25, 2023 6:20 Ya dah klo dah manteb suv,rekomen saya cm 1 hyundai santafe crdi ,bukan ga suka crv turbo tp santafe jauh lbh rigid daripada crv built quality juga jauh lebih bagus ga ada masalah tuas perseneleng lepas soalnya honda 1 dekade belakangan bikinannya kacrut abis santafe anda ajak lari di tol buat ke 220kph gampang anda cari yg tahun2 lama yg handbrakenya masih mekanik bukan EPB
Karena om zonepublic bilang Santa Fe, boleh dong om di-spill kalo hunting Santa Fe dimana?
asumsi saya ini Grand Santa Fe ya? yg tahun 2018 - 2019.
di OeLeX filter se-Indonesia raya pun sedikit sekali, terlihat banyak karena duplikasi iklan saja.
Nah klo itu saya ga tahu,krn saya bukan pedagang mobil,temen dulu punya santafe bli dari baru ngajakin saya jalan ke jakarta sempat setirin jadi tahu
ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 7:03

keluaran 2018 up udah aman kok om :big_smile] yg patah patah udah di recall. di sy 2018 udah gak kena recall.

btw santafe kalo DM (2012-2017) itu ga lebih enak dari CRV sih om. sy pernah pake keduanya :big_peace: suspensi belakangnya limbung banget bantingan kasar. kalo lbh enak dari CRV seumurnya (gen 4) iya bener. tp ma CRV turbo sih ngga :mky_03:

kalo TM baru lebih enak. apalagi TM 2017-2020 mekanikal plek palisade perawatan lbh gampang masih 8-speed auto.

tp kalo memang mikir longterm ya CRV atau innova aja lah. se jelek limbungnya innova tetep rasa naikannya upgrade dari ertiga kok :big_smile]
Betul, itulah hyundai sebenernya bagus krn dia improvement terus keluhan konsumennya
Saya udah pernah naik santafe disel 2017 dan 2019 edition mmg rada beda meskipun kelihatannya sama,karena temen saya waktu itu mmg suka santafe trakir 2020 dia ganti kona elektrik
Kemarin di mall ada pameran hyundai luncur stargeserx saya TD ionic 5 jg berasa banyak peningkatan dibanding ionic sebelumnya yg ionic5 berasa spt sekelas crv naikannya sedangkan ionic lama masih berasa spt honda city

Kalo dilihat2 kiblatnya produk hyundai lbh ngikut ke honda daripada toyota
Last edited by zonepublic on Fri Aug 25, 2023 7:23, edited 3 times in total.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 7:03 2018 harusnya dapet om :mky_03:
Prediksi saya harga CRV Turbo (khususnya yg Prestige) ini bakal nahan om Chris, kasusnya bakal kyk Jazz, karena rentang harga barunya sudah ga wajar 740 - 800 jt (tahun depan harga CRV Gen-6 bisa naek lagi bbrp puluh juta, seperti lazimnya).
Yang saat ini punya CRV Turbo Prestige, pasti galau mau upgrade kemana.
Pengennya pasti tetap monocoque. Mau ke merek H miring, masih belum confident sama aftersales dan RV-nya.
ke duo Ladder Frame? jelas tidak, dari awal emang bukan pangsa pasarnya.
ke Zenix? hmm.. may be not, not this batch, next facelift we'll see.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Fri Aug 25, 2023 7:15 Betul, itulah hyundai sebenernya bagus krn dia improvement terus keluhan konsumennya
Saya udah pernah naik santafe disel 2017 dan 2019 edition mmg rada beda meskipun kelihatannya sama,karena temen saya waktu itu mmg suka santafe trakir 2020 dia ganti kona elektrik
Kemarin di mall ada pameran hyundai luncur stargeserx saya TD ionic 5 jg berasa banyak peningkatan dibanding ionic sebelumnya yg ionic5 berasa spt sekelas crv naikannya sedangkan ionic lama masih berasa spt honda city

Kalo dilihat2 kiblatnya produk hyundai lbh ngikut ke honda daripada toyota
tp ane males ah hyundai dimari kalo gak bisa cari part di luar. :big_bored: masalahnya kalo model baru baru blm tentu nemu specialist yang bisa wong beresnya aja masih tebak tebak buah manggis.

kiblatnya ke BMW om itu kan dy bajak si albert biermann. BMW M aslinya malah skrg ngaco BMW M kok yg dipromosiin lampu LED bukan burning rubbers dan track slides.

ujungnya ya beli ngondah lagi ngondah lagi. :big_bored: ane simple om kalo kuda perang ngondah kalo seneng seneng baling2 :mky_03:
AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 7:18
Prediksi saya harga CRV Turbo (khususnya yg Prestige) ini bakal nahan om Chris, kasusnya bakal kyk Jazz, karena rentang harga barunya sudah ga wajar 740 - 800 jt (tahun depan harga CRV Gen-6 bisa naek lagi bbrp puluh juta, seperti lazimnya).
Yang saat ini punya CRV Turbo Prestige, pasti galau mau upgrade kemana.
Pengennya pasti tetap monocoque. Mau ke merek H miring, masih belum confident sama aftersales dan RV-nya.
ke duo Ladder Frame? jelas tidak, dari awal emang bukan pangsa pasarnya.
ke Zenix? hmm.. may be not, not this batch, next facelift we'll see.
makanya beli type non prestige aja om :mky_03: lbh murah tapi kualitas naikan sama malah lbh enak soalnya ban bawaan sp maxx 050 lebih gigit dan senyap dibanding dueler.

ya gak usah upgrade om kek ane dirawat terus aja wakakka :big_biglaugh:

atau kalo ada hard cash ya beli CRV baru :mky_03: ane males gacha2 beli mobil gak jelas ud mahal dikerjain buat kuda perang. beli zenix dari CRV downgrade itungannya ngejer MPG dapet suspensi LMPV buat apa.
Last edited by ChZ on Fri Aug 25, 2023 7:31, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 7:18 Prediksi saya harga CRV Turbo (khususnya yg Prestige) ini bakal nahan om Chris, kasusnya bakal kyk Jazz, karena rentang harga barunya sudah ga wajar 740 - 800 jt (tahun depan harga CRV Gen-6 bisa naek lagi bbrp puluh juta, seperti lazimnya).
Yang saat ini punya CRV Turbo Prestige, pasti galau mau upgrade kemana.
Pengennya pasti tetap monocoque. Mau ke merek H miring, masih belum confident sama aftersales dan RV-nya.
ke duo Ladder Frame? jelas tidak, dari awal emang bukan pangsa pasarnya.
ke Zenix? hmm.. may be not, not this batch, next facelift we'll see.
yang ud2x sih kelas SUV moncoque selalu nyungsep cuma HRV aja sih ini ud berapa taun ini anomali padahal gen awal ud sempet susah jual di 180 170jtan tiba2x pada naek diatas 200jt semua :big_bored:

kalo CRV gen 4 ud gak peratiin deh taon lalu jual 2012 2.4 cuma laku 150jt ke pedagang :big_bored:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Fri Aug 25, 2023 7:30
AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 7:18 Prediksi saya harga CRV Turbo (khususnya yg Prestige) ini bakal nahan om Chris, kasusnya bakal kyk Jazz, karena rentang harga barunya sudah ga wajar 740 - 800 jt (tahun depan harga CRV Gen-6 bisa naek lagi bbrp puluh juta, seperti lazimnya).
Yang saat ini punya CRV Turbo Prestige, pasti galau mau upgrade kemana.
Pengennya pasti tetap monocoque. Mau ke merek H miring, masih belum confident sama aftersales dan RV-nya.
ke duo Ladder Frame? jelas tidak, dari awal emang bukan pangsa pasarnya.
ke Zenix? hmm.. may be not, not this batch, next facelift we'll see.
yang ud2x sih kelas SUV moncoque selalu nyungsep cuma HRV aja sih ini ud berapa taun ini anomali padahal gen awal ud sempet susah jual di 180 170jtan tiba2x pada naek diatas 200jt semua :big_bored:

kalo CRV gen 4 ud gak peratiin deh taon lalu jual 2012 2.4 cuma laku 150jt ke pedagang :big_bored:
nah betul itu om b0ku, skrg HRV juga harganya sekennya nahan :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 7:38 nah betul itu om b0ku, skrg HRV juga harganya sekennya nahan :big_exellent:
HRV apalagi 1.8 makin nahan om. anggepan beli HRV full spek soalnya. gegara type 1.5 RS mahal, yg mau upgrade ke baru pada mikir males downgrade ke 1.5. ya udah di keep. populasi di jalan juga banyak.

makanya males ngelepas yang di rumah jg :big_peace: :big_grin: odo masi 51k, dipake masih enak senyap kayak baru. rekor mobil (harian) paling tua di rumah. jarang keep mobil sampe 8 tahun.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 7:41

HRV apalagi 1.8 makin nahan om. anggepan beli HRV full spek soalnya. gegara type 1.5 RS mahal, yg mau upgrade ke baru pada mikir males downgrade ke 1.5. ya udah di keep. populasi di jalan juga banyak.

makanya males ngelepas yang di rumah jg :big_peace: :big_grin: odo masi 51k, dipake masih enak senyap kayak baru. rekor mobil (harian) paling tua di rumah. jarang keep mobil sampe 8 tahun.
lama2x juga makin males ganti mobil baru :big_biglaugh:

apalagi trend layar LCD semua kemaren sempet liat XFORCE EXCEED malah demenan liat exced karena layarnya kecil sama masih pake dial yang ultimate pake tiap hari mata bisa rabun kena sinar LCD :mky_07:
AbdulHakim wrote: Fri Aug 25, 2023 7:38 nah betul itu om b0ku, skrg HRV juga harganya sekennya nahan :big_exellent:
yang FL si turun om yang naek yang 2015-2017 pokoknya model pake halogen H4 soalnya harganya ud di bawah 250jt jd orang pada hunting yang itu apalagi kondisi masih km 50-70rb mah masih enak pake dan minim trouble kalo HRV mah kecuali apes aja dapet yang racknya ud busuk :big_biglaugh: