Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

darrelund wrote: Fri Aug 25, 2023 17:04 tapi memang mobil yg spt 2 ini dengan price, performance & aftermarket support yang oke adalah kombinasi sulit

paling yg ga jauh" dari 2 ini ya tiguan allspace? cuma yg peslip edan lah bisa naek 250jt
Makanya klo yang diprotes cuma NVH dan limbung, itu mah di modifikasi gampang. Dan sayangnya market leader ya udah membaca itu lah :big_biglaugh:

They stay being market leader for some reason :mky_03:

Hal hal yang tdk akan diprotes mayoritas pembelinya :mky_03: karena jual kembali, parts mudah, lebih penting.

Allspes males lah atpmnya jual angot2an gitu :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1779
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by sahabatq8 »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 21:31
zonepublic wrote: Fri Aug 25, 2023 16:42 Estilo bagus rangkanya,bisa dibilang mobil honda terbaik di indonesia untuk urusan stabil di track,civic lain ga da yg sestabil estilo di track
Pernah main game gran turismo 2 di ps?percaya ga gran turismo itu simulator yang bener2 mendekati asli?
Saya pake estilo klo di game GT namanya civic siR' 93 full tune yang kecepatannya cuma bisa mentok di 245kph, di sirkuit apapun bisa ngalahin nissan GTR (computer) di game gran turismo asal bukan di sirkuit daytona yg cuma kaya belt cvt
Itu honda civic siR nikung di U turn aja dengan kecepatan 80kph bisa lho ngga melintir
Emang seenak itu handlingnya estilo,jujur saya sih seneng dulu pernah punya dan make cuma emang sengsaranya moneypit banget itu mobil,ga cocok buat kantong mahasiswa
Itulah kenapa mobil lain ga ada yang bisa digoreng setinggi estilo,apalagi disini populasinya ga banyak
Nggg anu....

GT simulator bukan berarti plek 100%.om. apalago GT2 jelas belum sempurna softwarenya masih jadul. Gak bisa jd patokan itu mah. GT academy aja tetep orangnya musti latihan beneran di lap beneran.

Sasis estilo terbaik dr semua civic? Civic yang mana dulu nih. Klo sama civic FK ane protes ni. Orang rigidity sasis honda selalu naik tiap ganti generasi.

Kalo sama nova wonder iya setuju :big_biglaugh:
darrelund wrote: Fri Aug 25, 2023 17:00
market sini tuh emg lucu um

dikasih yg hype spt ADAS etc etc pada ndak pilih

dikasih opsi spec sendiri tapi nunggu jg pada ndak mau

ya begimana, harus pilih salah satu :big_biglaugh:
Ya susah. Netijen mendang mending =/= pembeli beneran.

Masalahnya naikin sentimen bagus hrs di internet.

Tp pembeli aslinya berkata lain.
Estilo menang enteng aja. Kalo technicalities lain chassisnya jauh lah bagusan FK FL
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 15:51
Apalagi mobil tua duh itu part gampang bgt di replika bisa2 nanti modal invest 3D printer bisa sewa ruko bikin jasa cetak sparepart mobil :big_biglaugh: tinggal nanti pabrikan jual lisensi aja buat bikin material oem grade.

Ngebayangin rebuild sasis mobil jadul tp pake teknologi sekarang rigidity nya bisa ditambah sendiri :big_biglaugh: sasis E30 pake carbon composite ntar. :mky_03: udah ringan kaku pula
ud banyak om kalo di indo mungkin tuxedo banyak yang bikin di mereka justru karena yang aslinya kurang nyaman atau rewel di pake harian akhirnya mereka beli replika buat di pake sering2x :mky_03:

kalo di amrik kayak singer itu porsche lama di bongkar terus di restomod pake body carbon dan improvement laennya cakep banget itu nah GE8 saya pengaruhnya dari singer makanya tampangnya saya biarin oem pelek pun saya gak mau otak atik :mky_03:
essanpupil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Nov 13, 2020 5:50

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by essanpupil »

Dilihat dari obrolan, kayaknya emang salah saya kasih judul "performance car". Yang saya cari sebenarnya mobil keluarga yg dominan di kecepatan dan driving. Saya sih 7 atau 5 seater ga masalah, jadi dari semua tg disarankan, kandidat2 yg paling cocok adalah CRV dan MX5. Karena budget, kayaknya harus nyari second, tapi masih dapet dibawah 5 tahun.

Target saya bisa naik kelas, secara merk dan kategori mobil yg tadinya LSUV ke kategori yg ga pakai "Low".

Point pertimbangan lain yg nanti saya pakai adalah postur saya relatif pendek, tinggi sekitar 165cm. Saya pengennya mobil yg dashboard ga terlalu tinggi, biar sudut pandang lebih luas.

Selain itu juga cari mobil yg enak di pakai lama. Ertiga saya udah nyaman sih kursinya. Semi bucket seat terasa pas di pantat dan punggung saya.

Thanks temen2 semua atas saran2nya. Targetnya sih, beli sekitar desember atau january, jadi masih ada waktu hunting2 mobil.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by zonepublic »

sahabatq8 wrote: Fri Aug 25, 2023 23:26
ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 21:31
zonepublic wrote: Fri Aug 25, 2023 16:42 Estilo bagus rangkanya,bisa dibilang mobil honda terbaik di indonesia untuk urusan stabil di track,civic lain ga da yg sestabil estilo di track
Pernah main game gran turismo 2 di ps?percaya ga gran turismo itu simulator yang bener2 mendekati asli?
Saya pake estilo klo di game GT namanya civic siR' 93 full tune yang kecepatannya cuma bisa mentok di 245kph, di sirkuit apapun bisa ngalahin nissan GTR (computer) di game gran turismo asal bukan di sirkuit daytona yg cuma kaya belt cvt
Itu honda civic siR nikung di U turn aja dengan kecepatan 80kph bisa lho ngga melintir
Emang seenak itu handlingnya estilo,jujur saya sih seneng dulu pernah punya dan make cuma emang sengsaranya moneypit banget itu mobil,ga cocok buat kantong mahasiswa
Itulah kenapa mobil lain ga ada yang bisa digoreng setinggi estilo,apalagi disini populasinya ga banyak
Nggg anu....

GT simulator bukan berarti plek 100%.om. apalago GT2 jelas belum sempurna softwarenya masih jadul. Gak bisa jd patokan itu mah. GT academy aja tetep orangnya musti latihan beneran di lap beneran.

Sasis estilo terbaik dr semua civic? Civic yang mana dulu nih. Klo sama civic FK ane protes ni. Orang rigidity sasis honda selalu naik tiap ganti generasi.

Kalo sama nova wonder iya setuju :big_biglaugh:
darrelund wrote: Fri Aug 25, 2023 17:00
market sini tuh emg lucu um

dikasih yg hype spt ADAS etc etc pada ndak pilih

dikasih opsi spec sendiri tapi nunggu jg pada ndak mau

ya begimana, harus pilih salah satu :big_biglaugh:
Ya susah. Netijen mendang mending =/= pembeli beneran.

Masalahnya naikin sentimen bagus hrs di internet.

Tp pembeli aslinya berkata lain.
Estilo menang enteng aja. Kalo technicalities lain chassisnya jauh lah bagusan FK FL

Ini duel estilo full spek mesin honda B18 N/A lawan civic type r keluaran sekarang (FL5)
Akselerasi menang estilo,trek panjang menang civic type R ,mesti nunggu boost turbo kluar
Beti2 hasilnya
essanpupil wrote: Sat Aug 26, 2023 3:52 Dilihat dari obrolan, kayaknya emang salah saya kasih judul "performance car". Yang saya cari sebenarnya mobil keluarga yg dominan di kecepatan dan driving. Saya sih 7 atau 5 seater ga masalah, jadi dari semua tg disarankan, kandidat2 yg paling cocok adalah CRV dan MX5. Karena budget, kayaknya harus nyari second, tapi masih dapet dibawah 5 tahun.

Target saya bisa naik kelas, secara merk dan kategori mobil yg tadinya LSUV ke kategori yg ga pakai "Low".

Point pertimbangan lain yg nanti saya pakai adalah postur saya relatif pendek, tinggi sekitar 165cm. Saya pengennya mobil yg dashboard ga terlalu tinggi, biar sudut pandang lebih luas.

Selain itu juga cari mobil yg enak di pakai lama. Ertiga saya udah nyaman sih kursinya. Semi bucket seat terasa pas di pantat dan punggung saya.

Thanks temen2 semua atas saran2nya. Targetnya sih, beli sekitar desember atau january, jadi masih ada waktu hunting2 mobil.
Klo mazda jangan cari umur 5 tahun keatas,suka susah sparepartnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

sahabatq8 wrote: Fri Aug 25, 2023 23:26 Estilo menang enteng aja. Kalo technicalities lain chassisnya jauh lah bagusan FK FL
Sasis honda tiap generasi pdhl hampir gak nambah bobot. Makin rigid yang diincer. Yang nambah bobot amenitiesnya :big_bored:

Yg sakti si sasis BMW E60. Tambah gendut tp bobot total mobil sama kayak E39.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by zonepublic »

zonepublic wrote: Sat Aug 26, 2023 4:38
sahabatq8 wrote: Fri Aug 25, 2023 23:26
ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 21:31

Nggg anu....

GT simulator bukan berarti plek 100%.om. apalago GT2 jelas belum sempurna softwarenya masih jadul. Gak bisa jd patokan itu mah. GT academy aja tetep orangnya musti latihan beneran di lap beneran.

Sasis estilo terbaik dr semua civic? Civic yang mana dulu nih. Klo sama civic FK ane protes ni. Orang rigidity sasis honda selalu naik tiap ganti generasi.

Kalo sama nova wonder iya setuju :big_biglaugh:



Ya susah. Netijen mendang mending =/= pembeli beneran.

Masalahnya naikin sentimen bagus hrs di internet.

Tp pembeli aslinya berkata lain.
Estilo menang enteng aja. Kalo technicalities lain chassisnya jauh lah bagusan FK FL

Ini duel estilo full spek mesin honda B18 N/A lawan civic type r keluaran sekarang (FL5)
Akselerasi menang estilo,trek panjang menang civic type R ,mesti nunggu boost turbo kluar
Beti2 hasilnya
essanpupil wrote: Sat Aug 26, 2023 3:52 Dilihat dari obrolan, kayaknya emang salah saya kasih judul "performance car". Yang saya cari sebenarnya mobil keluarga yg dominan di kecepatan dan driving. Saya sih 7 atau 5 seater ga masalah, jadi dari semua tg disarankan, kandidat2 yg paling cocok adalah CRV dan MX5. Karena budget, kayaknya harus nyari second, tapi masih dapet dibawah 5 tahun.

Target saya bisa naik kelas, secara merk dan kategori mobil yg tadinya LSUV ke kategori yg ga pakai "Low".

Point pertimbangan lain yg nanti saya pakai adalah postur saya relatif pendek, tinggi sekitar 165cm. Saya pengennya mobil yg dashboard ga terlalu tinggi, biar sudut pandang lebih luas.

Selain itu juga cari mobil yg enak di pakai lama. Ertiga saya udah nyaman sih kursinya. Semi bucket seat terasa pas di pantat dan punggung saya.

Thanks temen2 semua atas saran2nya. Targetnya sih, beli sekitar desember atau january, jadi masih ada waktu hunting2 mobil.
Klo mazda jangan cari umur 5 tahun keatas,suka susah sparepartnya
Yg punya civic type R FL5 aja ngakuin handlingnya estilo lbh baik,rpmnya juga bisa digeber sampe 9ribu,punya dia 2000cc turbo tp banyak limiternya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Aug 26, 2023 7:01 Yg punya civic type R FL5 aja ngakuin handlingnya estilo lbh baik,rpmnya juga bisa digeber sampe 9ribu,punya dia 2000cc turbo tp banyak limiternya :big_biglaugh:
Anu... Kalo modip 1M gak bagus sih antara ditipu bengkel apa salah modip.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ctopher7 »

mobil keluarga, kenceng, suv monokok, handling bagus, dibawah 400 jt: x3 xdrive35i tahun 2012 an. 300an dapet sisanya buat peremajaan. standard nya tanpa modif uda jauh lebih ngebut drpd 2gd 1gd modif ganti turbo hybrid hybridan. lalu kalo buat luar kota, 3000cc vs 1500cc (l15 honda) gabakal bohong bedanya
Last edited by ctopher7 on Sat Aug 26, 2023 8:04, edited 1 time in total.
pecinta bio solar
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ctopher7 »

ChZ wrote: Sat Aug 26, 2023 7:16
zonepublic wrote: Sat Aug 26, 2023 7:01 Yg punya civic type R FL5 aja ngakuin handlingnya estilo lbh baik,rpmnya juga bisa digeber sampe 9ribu,punya dia 2000cc turbo tp banyak limiternya :big_biglaugh:
Anu... Kalo modip 1M gak bagus sih antara ditipu bengkel apa salah modip.
kadang garuk garuk kepala apa untungnya modif tralu hedon, sampe swap engine dll. harganya uda ampir bisa nyamain beli mobil baru yang standardnya uda ngebut, di jual lg jg lebih gampang wkwk. kalo sekedar remap, ganti exhaust sm intake gitu oke aja sih.

banyak yang bilang fast car built not bought, tapi kadang mikir lagi modif hedon gimana pun, realistisnya pasti suatu saat tetep mau dijual mobilnya
pecinta bio solar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

ctopher7 wrote: Sat Aug 26, 2023 8:01
kadang garuk garuk kepala apa untungnya modif tralu hedon, sampe swap engine dll. harganya uda ampir bisa nyamain beli mobil baru yang standardnya uda ngebut, di jual lg jg lebih gampang wkwk. kalo sekedar remap, ganti exhaust sm intake gitu oke aja sih.

banyak yang bilang fast car built not bought, tapi kadang mikir lagi modif hedon gimana pun, realistisnya pasti suatu saat tetep mau dijual mobilnya
Kecuali kita rutin trackday bangun mobil se ekstrim itu sih rugi om kg bisa nikmatin... Mobil yg biaya bangunnya sampe se harga mobilnya biasa emang fokus buat purpose tertentu (kontes/balap/dll).

Kalau mau tipis2 daily gocap tiau udah dapet banyak. Bener mending beli jadi mobil standar yg kenceng. Gw kalo estilo bangun ampe 1M ya mending beli Civic type R :big_biglaugh: buat jadi mobil serep tipis2 pake kerja masih ok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1779
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by sahabatq8 »

ChZ wrote: Sat Aug 26, 2023 7:16
zonepublic wrote: Sat Aug 26, 2023 7:01 Yg punya civic type R FL5 aja ngakuin handlingnya estilo lbh baik,rpmnya juga bisa digeber sampe 9ribu,punya dia 2000cc turbo tp banyak limiternya :big_biglaugh:
Anu... Kalo modip 1M gak bagus sih antara ditipu bengkel apa salah modip.
:big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by Pboyz97 »

essanpupil wrote: Sat Aug 26, 2023 3:52 Dilihat dari obrolan, kayaknya emang salah saya kasih judul "performance car". Yang saya cari sebenarnya mobil keluarga yg dominan di kecepatan dan driving. Saya sih 7 atau 5 seater ga masalah, jadi dari semua tg disarankan, kandidat2 yg paling cocok adalah CRV dan MX5. Karena budget, kayaknya harus nyari second, tapi masih dapet dibawah 5 tahun.

Target saya bisa naik kelas, secara merk dan kategori mobil yg tadinya LSUV ke kategori yg ga pakai "Low".

Point pertimbangan lain yg nanti saya pakai adalah postur saya relatif pendek, tinggi sekitar 165cm. Saya pengennya mobil yg dashboard ga terlalu tinggi, biar sudut pandang lebih luas.

Selain itu juga cari mobil yg enak di pakai lama. Ertiga saya udah nyaman sih kursinya. Semi bucket seat terasa pas di pantat dan punggung saya.

Thanks temen2 semua atas saran2nya. Targetnya sih, beli sekitar desember atau january, jadi masih ada waktu hunting2 mobil.
kalo dari poin yg saya bold saya rasa CRV turbo pres adalah pilihan yg tepat. sesuai kriteria & budget, dapet kayanya yg 2018-2019 . kebetulan saya ex user cx5 elite 2018, crv turbo pres 2019 & sering naik ertiga 2017 punya temen. kalo dari ertiga ya kalo cari kenyamanan memang paling cocok CRV. walaupun baik crv maupun cx5, dua duanya jelas upgrade dari ertiga, naik kelas saya jamin jauh hehehe. tergantung om lebih milih yg mana, kebetulan saya pernah miara keduanya barengan. kalau om cari yg memang pure dominan di kecepatan dan driving, cx5 adalah jawabannya. tapi ingat. minusnya cx5 ada di akomodasi yg nggak sebaik crv, bukan 7 seater + bantingannya termasuk agak keras. tapi bagusnya punya handling, tarikan, driving feel, fitur, desain & tekologi yg terbaik dikelasnya, salah 1 mobil terbaik yg pernah menghiasi garasi saya, sampai sekarang pun terbesit penyesalan mengapa menjualnya terlalu cepat :big_biglaugh: , hanya dipakai 3 tahun saja

kalo CRV , kebetulan setelah cx5 saya jual saya ganti ke crv dengan pertimbangan buat bawa keluarga perlu mobil 7 seater yg nyaman & akomodasi lega which is crv masuk kriteria. kalo dari ertiga. memang memenuhi kedua kriteria. jadi mobil all rounder, nyaman dapet, lega dapet, tp masih enak disetir. tapi minusnya buat urusan kecepatan dan driving, nggak dominan2 amat kalo bandinginnya sm cx5, tp kalo emg mau sekedar upgrade dari ertiga, crv turbo sudah memenuhi kriteria, minus tarikan bawah rada bengek kalo kondisi std walaupun perpindahan cvtnya cukup sigap & smooth + minusnya di crv turbo peredamannya kurang bgt, lari diatas 120 kpj suara luar masuk semua, malah lebih kedap ertiga 2017 daripada itu crv saya rasa. di ertiga temen saya, suara luar walaupun lari diatas 100 masih teredam cukup baik, di crv saya, lari di tol kecepatan sama suara masuk semua kek mobil yg kagak ada peredamnya :big_biglaugh: . jadi ya back to your choice lebih milih yg mana hehehe. mau pure driving dan kecepatan yg dominan tp kompromi sm akomodasi & bantingannya yg keras or mau yg cukup driving dan kecepatannya upgrade dari ertiga tp semua kriteria yg saya bold masuk karena mobilnya memang nyaman hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Sat Aug 26, 2023 7:16
zonepublic wrote: Sat Aug 26, 2023 7:01 Yg punya civic type R FL5 aja ngakuin handlingnya estilo lbh baik,rpmnya juga bisa digeber sampe 9ribu,punya dia 2000cc turbo tp banyak limiternya :big_biglaugh:
Anu... Kalo modip 1M gak bagus sih antara ditipu bengkel apa salah modip.
:wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by KielConstantine »

hackers11 wrote: Fri Aug 25, 2023 15:51 Baca thread ini coba liat harga golf GTI mark 5/6.
Hmm, Masi mahal ya mulai di 280an.
Tapi banyak udah diperas abis sih, hpnya udah 250an keatas semua.
Seandainya stock engine(meski belinya masih mikir panjang karena umurnya)
Mobil eropa makin tua yg jd main concern di electrical amenities nya om.. bikin males, suka failed silih berganti. Capek bawa bolak baliknya ud gitu harga parts yg failed kdng suka mahal; barang ghoib pula. Ujung2nya cari kampakan :mky_07:


Klo engine & tranny cendrung bulletproof yah

Pengen seh suatu saat klo ada bengkel spesialis jago yg bisa “ngebuang” smua parts amenities electrical yg kg penting di mobil german. Sisain parts mekanikalnya aja . Pasti lebih peace of mind buat dipelihara
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sat Aug 26, 2023 7:16
zonepublic wrote: Sat Aug 26, 2023 7:01 Yg punya civic type R FL5 aja ngakuin handlingnya estilo lbh baik,rpmnya juga bisa digeber sampe 9ribu,punya dia 2000cc turbo tp banyak limiternya :big_biglaugh:
Anu... Kalo modip 1M gak bagus sih antara ditipu bengkel apa salah modip.
tapi bukanna complete engine dari branded tuner gitu emg mahal ya um

aplg dia org pake JUN, yg mana lebi mahal dari complete engine spoon

itu B16/18 JUN aja 2007 ud mau 300jt um.

belom printilan, finishing etc

wajar sih 1M klo parts impor semua mah

tapi ya bener si, 1M ngaco mah parah :big_biglaugh:
Last edited by darrelund on Sat Aug 26, 2023 17:29, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by darrelund »

essanpupil wrote: Sat Aug 26, 2023 3:52 Dilihat dari obrolan, kayaknya emang salah saya kasih judul "performance car". Yang saya cari sebenarnya mobil keluarga yg dominan di kecepatan dan driving. Saya sih 7 atau 5 seater ga masalah, jadi dari semua tg disarankan, kandidat2 yg paling cocok adalah CRV dan MX5. Karena budget, kayaknya harus nyari second, tapi masih dapet dibawah 5 tahun.

Target saya bisa naik kelas, secara merk dan kategori mobil yg tadinya LSUV ke kategori yg ga pakai "Low".

Point pertimbangan lain yg nanti saya pakai adalah postur saya relatif pendek, tinggi sekitar 165cm. Saya pengennya mobil yg dashboard ga terlalu tinggi, biar sudut pandang lebih luas.

Selain itu juga cari mobil yg enak di pakai lama. Ertiga saya udah nyaman sih kursinya. Semi bucket seat terasa pas di pantat dan punggung saya.

Thanks temen2 semua atas saran2nya. Targetnya sih, beli sekitar desember atau january, jadi masih ada waktu hunting2 mobil.
MX5 nya ND/ NC?

klo NC yg mesin ford sih enak bener mau modipnya


User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by darrelund »

ChZ wrote: Fri Aug 25, 2023 21:31
Ya susah. Netijen mendang mending =/= pembeli beneran.

Masalahnya naikin sentimen bagus hrs di internet.

Tp pembeli aslinya berkata lain.
bener sih

mau semahal apapun jg mobilna, walo buat nitijen aneh. tapi kenyataan bagus ya laku

contoh CRV kmrn :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sat Aug 26, 2023 17:23
tapi bukanna complete engine dari branded tuner gitu emg mahal ya um

aplg dia org pake JUN, yg mana lebi mahal dari complete engine spoon

itu B16/18 JUN aja 2007 ud mau 300jt um.

belom printilan, finishing etc

wajar sih 1M klo parts impor semua mah

tapi ya bener si, 1M ngaco mah parah :big_biglaugh:
Itu dia mbah. Apalagi liat modif sasisnya gitu sih kalo masih jelek dikadalin tukang las dong :mky_07:

Jelas ga bisa d bandingin ma FL5 yang mobil masih mikir dipake harian.

Justru FL5nya sakti itu estilo aja banya pake slick. FL5 pake micin PS doang. D track ban slick itu efek banyak ke laptime
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sun Aug 27, 2023 13:23
Itu dia mbah. Apalagi liat modif sasisnya gitu sih kalo masih jelek dikadalin tukang las dong :mky_07:

Jelas ga bisa d bandingin ma FL5 yang mobil masih mikir dipake harian.

Justru FL5nya sakti itu estilo aja banya pake slick. FL5 pake micin PS doang. D track ban slick itu efek banyak ke laptime
justru imo, liat estilo ud begitu tapi laptime mirip", FL5 lebih impresif krn bobotnya beda 300-400kg :big_biglaugh:

FL5 itu cocok, racing on sunday, school run on monday :big_biglaugh:

emang klo oonda oe liat" dia orang bikin mobil ya pas aja

ga lebih, ga kurang. balanced :big_exellent:

malah oot kan :big_biglaugh:
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by vulvy8858 »

essanpupil wrote: Thu Aug 24, 2023 6:26 Halo semua, salam kenal.
Saya lagi cari2 mobil yg kenceng dan fun to drive, budget sekitar 400jt, bisa naik dikit. Mobil yg cocok apa ya?

Sekarang ini saya ada ertiga 2017, setelah ke GIIAS kemarin jadi kepingin ganti mobil sekaligus naik kelas. Saya cari mobil yg kriterianya sesuai urutan:

1. Performance bagus, kenceng.
2. Fun to drive, karena saya suka nyetir buat healing.
3. NVH bagus, kabin kedap dan audio relatif bagus.
4. Enak dipakai nyetir lama, beberapa bulan sekali jalan2 jauh, Tangerang - Solo, Solo - Madiun, Madiun - Malang, pulang pergi.
5. Mobil second tetep dipertimbangkan, asal masih tahun muda.

Dari hasil ngecek2 website pabrikan mobil dan crosscek dengan review2 di youtube, kayaknya yg paling cocok adalah KIA Seltos.

Kalau dari temen2 ada saran lain, tolong donk, reply di sini.

Atau buat yg punya pengalaman dengan KIA Seltos, tolong donk tulis review nya di sini.
kalo harus baru,
mobil lebih kencang dan lebih enak dinaikin, lebih enak disupirin, berasa upgrade dari LMPV, lari 140-150 dipanteng ga gt capek, NVH bagus, kabin kedap, audio bagus,

plus lagi purna jual bagus, BBM wajar, ga terlalu signifikan lebih boros dari Ertiga, tetep bisa oli 5-30 atau 0-20 seri rendah, tetep bisa dipaksa Pertalite without any short term issue, ambil saja Zenix non hybrid.

=============================================================================================================

kalau yang mau berasa naik kelas jauh dari LMPV LSUV low low dan Kijang Kijangan
tahun muda assume setara atau dibawah umur Ertiga nya (dibawah 5 tahun)..

1. Altis 1.8V / Corolla Cross Non-Hybrid
Syarat Nomor 1-4 dapet semua dan cenderung balanced
tinggal ente pilih mau sedan apa hatch

2. CX-3 2000cc
Nomor 1,3,4 dapet
Nomor 2 sangat dapet

3. Civic Turbo
Nomor 1-2 digdaya
Nomor 4 dapet
Nomor 3 ga sehening option nomor 1 & 2
tinggal ente pilih mau sedan apa hatch

============================================================================================

kalo ga mau pusing, ambil Kijang baru aja, ga bakal merepotkan buat 5-6 tahun ke depan

kalo mao lari, Situr, yakin deh situr mah lari.
kalo situr terlalu besar, coba CX-3, itu mobil enak juga tapi rada sempit aja
kalo cari yang well balanced, tidak neko neko, yang penting naik kelas, ga pake Kijang dan ga pake low low, coba Corolla..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sun Aug 27, 2023 14:32 justru imo, liat estilo ud begitu tapi laptime mirip", FL5 lebih impresif krn bobotnya beda 300-400kg :big_biglaugh:

FL5 itu cocok, racing on sunday, school run on monday :big_biglaugh:

emang klo oonda oe liat" dia orang bikin mobil ya pas aja

ga lebih, ga kurang. balanced :big_exellent:

malah oot kan :big_biglaugh:
tu dia handicapnya FL5 ada bobot + turbo lag + street summer UHP tyre biasa bisa ngimbangin civic EG JUN's pake ban slick enteng dan N/A. teknologi lebih bagus berarti... sasis lebih rigid kaki kaki lebih ok jd bisa hajar tikungan lebih mepet

ga oot kan judulnya performance car :big_biglaugh: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by hackers11 »

KielConstantine wrote:
hackers11 wrote: Fri Aug 25, 2023 15:51 Baca thread ini coba liat harga golf GTI mark 5/6.
Hmm, Masi mahal ya mulai di 280an.
Tapi banyak udah diperas abis sih, hpnya udah 250an keatas semua.
Seandainya stock engine(meski belinya masih mikir panjang karena umurnya)
Mobil eropa makin tua yg jd main concern di electrical amenities nya om.. bikin males, suka failed silih berganti. Capek bawa bolak baliknya ud gitu harga parts yg failed kdng suka mahal; barang ghoib pula. Ujung2nya cari kampakan :mky_07:


Klo engine & tranny cendrung bulletproof yah

Pengen seh suatu saat klo ada bengkel spesialis jago yg bisa “ngebuang” smua parts amenities electrical yg kg penting di mobil german. Sisain parts mekanikalnya aja . Pasti lebih peace of mind buat dipelihara
GTI Mk5/6 sekilas yg diiklankan ga ada bahas kelistrikan sih.
Tapi bener juga, god knows itu mobil gimana. Pan udah seumur anak mau masuk SD[emoji857]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by ChZ »

hackers11 wrote: Mon Aug 28, 2023 4:11 GTI Mk5/6 sekilas yg diiklankan ga ada bahas kelistrikan sih.
Tapi bener juga, god knows itu mobil gimana. Pan udah seumur anak mau masuk SD[emoji857]
minor minor nya mobil jerman soalnya kalo cuma sensor ABS ama waterpump buat mobil jerman itu kayak ganti filsol di innova biosolar... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: Saran Performance Car budget sekitar 400jt

Post by Alwayspaid »

ChZ wrote: Mon Aug 28, 2023 4:58
minor minor nya mobil jerman soalnya kalo cuma sensor ABS ama waterpump buat mobil jerman itu kayak ganti filsol di innova biosolar... :ngacir:
belom lagi kalo uda diganti 4 biji speed sensornya indikator masih pohon natal juga, melayang deh 15jt buat ganti abs modulenya (pengalaman) :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H