All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by forzanetti »

pukapukk wrote: Wed Jan 10, 2024 0:14
forzanetti wrote: Tue Jan 09, 2024 16:23
pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 8:57 halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
setau saya kalo oli matic Aisin lebih cocok AFW VI buat reborn, visconya lebih deket ke Toyota WS meskipun AFW+ juga compatible ke WS.

seller Aisin bisa ke Indo Utama Otoparts, kalo ga salah itu distributor utama Aisin di Indonesia.

CMIIW
Oh AFW VI udah dexron VI sementara AFW+ baru dexron III, tetapi baca2 di belakang Om Turbo rekomen AFW+

seller nya ini bukan ya? https://www.tokopedia.com/indoautoshop/etalase/pelumas
banyak palsunya ga sih? ngeri2 juga beli oli di online katanya banyak yang palsu
https://www.tokopedia.com/indoutamaotopart

yang ini om

*bukan iklan dan bukan penjual
pukapukk
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jan 08, 2024 10:50
Location: semarang
Daily Vehicle: reborn diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pukapukk »

forzanetti wrote: Wed Jan 10, 2024 4:25
pukapukk wrote: Wed Jan 10, 2024 0:14
forzanetti wrote: Tue Jan 09, 2024 16:23

setau saya kalo oli matic Aisin lebih cocok AFW VI buat reborn, visconya lebih deket ke Toyota WS meskipun AFW+ juga compatible ke WS.

seller Aisin bisa ke Indo Utama Otoparts, kalo ga salah itu distributor utama Aisin di Indonesia.

CMIIW
Oh AFW VI udah dexron VI sementara AFW+ baru dexron III, tetapi baca2 di belakang Om Turbo rekomen AFW+

seller nya ini bukan ya? https://www.tokopedia.com/indoautoshop/etalase/pelumas
banyak palsunya ga sih? ngeri2 juga beli oli di online katanya banyak yang palsu
https://www.tokopedia.com/indoutamaotopart

yang ini om

*bukan iklan dan bukan penjual
Terima kasih banyak ya ...
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by setiabk »

Met pagi rekan²... saya adalah user reborn 2gd matic thn 2016, beli dari baru, saat ini km 86 rb.

Mohon pencerahan nya mengenai filter reborn yg kedua, yg posisi nya dibawah atau ada yg nyebut pressurized filter.. karena sepertinya belum pernah diganti.

Saya cek di buku service kok sepertinya nggak ada ya, apakah di bengkel resmi melayani penggantian nya? Saya selalu service ke beres, tapi nggak pernah disarankam untuk diganti.

Apakah ada filter pengganti oem nya? Saya cari² di tokped sepertinya nggak ada.

Terima kasih 🙏👍
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by bzt4 »

maksudnya element fuel filter om? ganti aja kalo udah lewat 80k, tp tergantung jg om ngisinya biasanya solar apa dex...
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by fenrir »

setiabk wrote: Sat Jan 13, 2024 22:46 Met pagi rekan²... saya adalah user reborn 2gd matic thn 2016, beli dari baru, saat ini km 86 rb.

Mohon pencerahan nya mengenai filter reborn yg kedua, yg posisi nya dibawah atau ada yg nyebut pressurized filter.. karena sepertinya belum pernah diganti.

Saya cek di buku service kok sepertinya nggak ada ya, apakah di bengkel resmi melayani penggantian nya? Saya selalu service ke beres, tapi nggak pernah disarankam untuk diganti.

Apakah ada filter pengganti oem nya? Saya cari² di tokped sepertinya nggak ada.

Terima kasih 🙏👍
ada kok om, cari aja part numbernya di marketplace "23390-0E011" / Filter Solar Bawah namanya.
filsol atas ganti per berapa km om? sama isinya apa.
saya di kilometer 100rb belum ganti yg bawah sih, paling nanti di 120rb, cuma filsol atas sih rajin ganti.

kayaknya yang pake anki di travel-travel kaga ngeh juga ada yang bawah, odo-nya keliling dunia padahal :big_biglaugh:
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by setiabk »

bzt4 wrote: Sun Jan 14, 2024 11:02 maksudnya element fuel filter om? ganti aja kalo udah lewat 80k, tp tergantung jg om ngisinya biasanya solar apa dex...
Iya maksudnya fuel filter yang posisi nya tersembunyi, yang posisi nya dibawah. kalau filter solar yang biasa sih sudah cukup rutin diganti (tanpa menunggu indikator nyala).
fenrir wrote: Sun Jan 14, 2024 11:15
ada kok om, cari aja part numbernya di marketplace "23390-0E011" / Filter Solar Bawah namanya.
filsol atas ganti per berapa km om? sama isinya apa.
saya di kilometer 100rb belum ganti yg bawah sih, paling nanti di 120rb, cuma filsol atas sih rajin ganti.

kayaknya yang pake anki di travel-travel kaga ngeh juga ada yang bawah, odo-nya keliling dunia padahal :big_biglaugh:
I c... trims om... kemarin saya lupa tidak menanyakan ke teknisi di beres.. nanti saya tanyakan deh pada service berikutnya, kepo saja sih kok beres sepertinya tidak pernah menyinggung filsol yang kedua ini.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by well »

setiabk wrote: Mon Jan 15, 2024 0:43
bzt4 wrote: Sun Jan 14, 2024 11:02 maksudnya element fuel filter om? ganti aja kalo udah lewat 80k, tp tergantung jg om ngisinya biasanya solar apa dex...
Iya maksudnya fuel filter yang posisi nya tersembunyi, yang posisi nya dibawah. kalau filter solar yang biasa sih sudah cukup rutin diganti (tanpa menunggu indikator nyala).
fenrir wrote: Sun Jan 14, 2024 11:15
ada kok om, cari aja part numbernya di marketplace "23390-0E011" / Filter Solar Bawah namanya.
filsol atas ganti per berapa km om? sama isinya apa.
saya di kilometer 100rb belum ganti yg bawah sih, paling nanti di 120rb, cuma filsol atas sih rajin ganti.

kayaknya yang pake anki di travel-travel kaga ngeh juga ada yang bawah, odo-nya keliling dunia padahal :big_biglaugh:
I c... trims om... kemarin saya lupa tidak menanyakan ke teknisi di beres.. nanti saya tanyakan deh pada service berikutnya, kepo saja sih kok beres sepertinya tidak pernah menyinggung filsol yang kedua ini.
biasanya beres tidak menyarankan, jika tidak ada kendala tidak perlu ganti filter solar bawah..
karena posisi gantinya sulit :big_weee:
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by setiabk »

well wrote: Mon Jan 15, 2024 1:31
setiabk wrote: Mon Jan 15, 2024 0:43
I c... trims om... kemarin saya lupa tidak menanyakan ke teknisi di beres.. nanti saya tanyakan deh pada service berikutnya, kepo saja sih kok beres sepertinya tidak pernah menyinggung filsol yang kedua ini.
biasanya beres tidak menyarankan, jika tidak ada kendala tidak perlu ganti filter solar bawah..
karena posisi gantinya sulit :big_weee:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by carlzeiss »

om ada yang pernah trip jakarta - bali pake reborn bensin metik ? boleh dishare bensin abis berapa ya PP nya
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: mlampah

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pitikkobong »

carlzeiss wrote: Mon Jan 15, 2024 4:39 om ada yang pernah trip jakarta - bali pake reborn bensin metik ? boleh dishare bensin abis berapa ya PP nya
variabel yg mempengaruhi banyak om, kesehatan mobil, jenis bbm, beban, cara mengemudi/kecepatan rata2, kondisi traffic.
saya blm pernah trip jkt-bali, tp kl dr jkt ke jawa tengah full trans jawa mayan sering om. sebagai bahan referensi, mobil saya jg bensin matic, full toll kemarin saya kecepatan rata² 120-130 kpj, bbm pertamax, traffic lancar, di MiD tertulis 13,5 KM/L, cm estimasi aktualnya (full to full) sekitar 11-12 KM/L. kl rute kombinasi tol dan non-tol/dalam kota, traffic rame lancar dapat 9-10 KM/L.
let's say pakai rata2 terboros 9 KM/L, nanti tinggal jarak jkt-bali (bs cek di gmaps) dibagi 9 = estimasi kebutuhan bbm (untuk PP dikali 2).
setelah ketemu estimasi kebutuhan bbm pp tinggal tambahin budget untuk 55 liter (full tank) buat jalan2 dll atau cadangan.
semoga membantu om
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by carlzeiss »

pitikkobong wrote: Sat Jan 20, 2024 2:08
carlzeiss wrote: Mon Jan 15, 2024 4:39 om ada yang pernah trip jakarta - bali pake reborn bensin metik ? boleh dishare bensin abis berapa ya PP nya
variabel yg mempengaruhi banyak om, kesehatan mobil, jenis bbm, beban, cara mengemudi/kecepatan rata2, kondisi traffic.
saya blm pernah trip jkt-bali, tp kl dr jkt ke jawa tengah full trans jawa mayan sering om. sebagai bahan referensi, mobil saya jg bensin matic, full toll kemarin saya kecepatan rata² 120-130 kpj, bbm pertamax, traffic lancar, di MiD tertulis 13,5 KM/L, cm estimasi aktualnya (full to full) sekitar 11-12 KM/L. kl rute kombinasi tol dan non-tol/dalam kota, traffic rame lancar dapat 9-10 KM/L.
let's say pakai rata2 terboros 9 KM/L, nanti tinggal jarak jkt-bali (bs cek di gmaps) dibagi 9 = estimasi kebutuhan bbm (untuk PP dikali 2).
setelah ketemu estimasi kebutuhan bbm pp tinggal tambahin budget untuk 55 liter (full tank) buat jalan2 dll atau cadangan.
semoga membantu om
thankyou om untuk responsenya, setelah saya hitung bensinnya bs diangka 3,2 jutaan PP + Cadangan 1 tangki, masih lebih irit dibanding harus naik pesawat buat ber 4 hehe, btw mobilnya paling jauh pernah dibawa ke mana om ? apakah pernah ada problem dijalanan ?
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by setiabk »

Met siang sesepuh SM'ers...

Mohon info rekomendasi bengkel non resmi untuk reborn at dsl di depok atau jabodetabek..

Hatur nuhun
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Suryaputra »

Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
soal getar, udh cek karet2 mounting ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

Suryaputra wrote: Thu Jan 25, 2024 7:06
Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
soal getar, udh cek karet2 mounting ?
Geternya cuma pas kecepatan segitu om,kaya mobil manual telat turun gigi
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by gwsecretc »

Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
Ane coba bantu jawab ya..

1. Turbo putu itu biasanya pas di gas ada kedengeran suara kue putu atau sirine ambulan. Cek aja d utube turbo whine atau turbo sirine noise. Anki 2gd sejak 2017 pertengahan udah improve dan rasanya ga ada lagi deh masalah turbo putu. Abis remap suara turbo lebih nyaring wajar karena boost naik, apalagi yg 2gd feslip turbonya beda dan boost lebih gede dari yg pre fl.

2. Wajar, mau aman lebih kasar sedikit atau sama dg std pabrik. Kalo kasar jauh dibanding std berarti timing terlalu maju coba minta retune lagi aja.. oh ya kalo mau suara halus juga bole pertimbangkan 5w40 merk bebas asal oli utk disel..

3. Ane ada anki 2020 at pre fl dari baru juga geter kayak mobil manual telat oper gigi pas jalan 60-70 (baik sebelum dan sesudah remap) paling ane gas dalam sedikit geternya udah hilang. Setelah ane flushing pake ptt lv1 geternya sih lumayan berkurang.. Matic delay coba cek level volume atf, volume atf jangan terlalu penuh atau bahkan kurang. Setelah flushing kan volume atf bisa aja ikut berubah.. prosedurnya cari aja di forum ini..
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by McLaren »

Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
Sama, innova bapak 2020 facelift, baru 40 rb km, udah geter2 ndak enak..
Jauh dr pas baru.
Kayanya emg injektor iArt ini minta diisi dex.


Diisi bio
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by RezPrat »

Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
Ane bantu share yg om, suara putu biasanya kedengaran waktu mobil idle, coba d dengar berdiri dekat mesin d samping turbo (driver side engine) ada suara ngiiinggggg gitu halus emang.

Reborn 2022, injektor canggih, lubang2 halus, coba d purging dulu, masukin obat purging lewat saluran solar setelah filter solar, pergi aja kebengkel mereka tau koq, bilang "purging/carbon clean diesel" om beli aja obat purging nya macam liqui moly, swez(lokal, ane pake ini dl, ckp ok), wurth dll.... Abis purging ganti oli.

Flushing oli ATF sampe 20 liter itu namanya ketipu om, pake mesin ATF changer 9 liter dah cukup, lakukan per 30rb an km / 2-3 tahun.
Nah abis ganti ATF, cek baut control nya, panaskan mobil, setelah 10 menit, dalam posisi diam, Gonta ganti shift gear nya sekitar 5-6 kali P-R-N-D. D lokasi yg datar cek baut control, kalo gak netes berarti kurang, tambahkan ATF sampe dia netes2 d baut kontrol. Lokasi baut kontrol d Gugel aja om.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by saturday »

setiabk wrote: Sat Jan 13, 2024 22:46 Met pagi rekan²... saya adalah user reborn 2gd matic thn 2016, beli dari baru, saat ini km 86 rb.

Mohon pencerahan nya mengenai filter reborn yg kedua, yg posisi nya dibawah atau ada yg nyebut pressurized filter.. karena sepertinya belum pernah diganti.

Saya cek di buku service kok sepertinya nggak ada ya, apakah di bengkel resmi melayani penggantian nya? Saya selalu service ke beres, tapi nggak pernah disarankam untuk diganti.

Apakah ada filter pengganti oem nya? Saya cari² di tokped sepertinya nggak ada.

Terima kasih 🙏👍
Sakura F-11170, 200 ribuan. Infonya untuk pakai sekitar 40 ribu km.
Atau beli original 23390-0E010 1.6 jutaan.

Saya pribadi sudah ganti menggunakan yang original waktu odometer 96 ribu
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

gwsecretc wrote: Thu Jan 25, 2024 14:47
Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
Ane coba bantu jawab ya..

1. Turbo putu itu biasanya pas di gas ada kedengeran suara kue putu atau sirine ambulan. Cek aja d utube turbo whine atau turbo sirine noise. Anki 2gd sejak 2017 pertengahan udah improve dan rasanya ga ada lagi deh masalah turbo putu. Abis remap suara turbo lebih nyaring wajar karena boost naik, apalagi yg 2gd feslip turbonya beda dan boost lebih gede dari yg pre fl.

2. Wajar, mau aman lebih kasar sedikit atau sama dg std pabrik. Kalo kasar jauh dibanding std berarti timing terlalu maju coba minta retune lagi aja.. oh ya kalo mau suara halus juga bole pertimbangkan 5w40 merk bebas asal oli utk disel..

3. Ane ada anki 2020 at pre fl dari baru juga geter kayak mobil manual telat oper gigi pas jalan 60-70 (baik sebelum dan sesudah remap) paling ane gas dalam sedikit geternya udah hilang. Setelah ane flushing pake ptt lv1 geternya sih lumayan berkurang.. Matic delay coba cek level volume atf, volume atf jangan terlalu penuh atau bahkan kurang. Setelah flushing kan volume atf bisa aja ikut berubah.. prosedurnya cari aja di forum ini..
Makasih om

PTT yg 5w40 rekom ga om?

Terakhir saya flushing pake ptt lv1 om,tp msh ada geter..
Siap om..nanti saya cek volume atf nya..
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

RezPrat wrote: Thu Jan 25, 2024 23:42
Vai0907 wrote: Wed Jan 24, 2024 19:51 Suhu2 mohon izin bertanya..

1. Masih bingung soal putu turbo itu yg gmn?suara putu saat idle kah?atau suara putu saat rpm tertentu?reborn saya abis remap di BUK ada suara turbo yg lebih jelas terdengar,kaya turbo ANPS..apkah normal?
2. Reborn saya tahun 2022 KM skrg 53rb..suaranya skrg terdengar lebih kasar dari sebelumnya..oli mesin pake TMO 5w30..apakah ada faktor remap?
3. Saya pernah ganti oli matic dg flushing manual pake TMO di KM 40rb..wktu itu olinya sudah hitam sekali..flushing manual 20 liter..setelah itu ada jedug wktu P ke R,cm 1 hari,besoknya jedug hilang tp seperti ada delay..ada geter di kecepatan 60-70..KM 50rb saya ganti ke oli matic PTT flushing pake mesin,hitam pekat lg..awalnya delay berkurang,tp makin kesini terasa delay lg..getar msh ada di kecepatan 60-70..mohon masukan suhu2 masalahnya apa?
Ane bantu share yg om, suara putu biasanya kedengaran waktu mobil idle, coba d dengar berdiri dekat mesin d samping turbo (driver side engine) ada suara ngiiinggggg gitu halus emang.

Reborn 2022, injektor canggih, lubang2 halus, coba d purging dulu, masukin obat purging lewat saluran solar setelah filter solar, pergi aja kebengkel mereka tau koq, bilang "purging/carbon clean diesel" om beli aja obat purging nya macam liqui moly, swez(lokal, ane pake ini dl, ckp ok), wurth dll.... Abis purging ganti oli.

Flushing oli ATF sampe 20 liter itu namanya ketipu om, pake mesin ATF changer 9 liter dah cukup, lakukan per 30rb an km / 2-3 tahun.
Nah abis ganti ATF, cek baut control nya, panaskan mobil, setelah 10 menit, dalam posisi diam, Gonta ganti shift gear nya sekitar 5-6 kali P-R-N-D. D lokasi yg datar cek baut control, kalo gak netes berarti kurang, tambahkan ATF sampe dia netes2 d baut kontrol. Lokasi baut kontrol d Gugel aja om.
Makasih om

Iya om,kayanya saya ketipu flushing manual sampe hbs 3,3jt

Terakhir saya purging di auto2000 om di km 48rb..
Blh ga om purging lg di 55rb?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

RezPrat wrote: Thu Jan 25, 2024 23:42



Flushing oli ATF sampe 20 liter itu namanya ketipu om, pake mesin ATF changer 9 liter dah cukup, lakukan per 30rb an km / 2-3 tahun.
Nah abis ganti ATF, cek baut control nya, panaskan mobil, setelah 10 menit, dalam posisi diam, Gonta ganti shift gear nya sekitar 5-6 kali P-R-N-D. D lokasi yg datar cek baut control, kalo gak netes berarti kurang, tambahkan ATF sampe dia netes2 d baut kontrol. Lokasi baut kontrol d Gugel aja om.


flush manual 20 liter bisa jadi ketipu bisa juga tidak.
flush 9 liter dengan mesin bisa jadi cukup bisa jadi kurang.

semua tergantung kondisi transmisi mobil bersangkutan saat itu, dan tiap mobil tidak bisa disamaratakan sekian liter sudah cukup.

anda pernah proses sendiri flush atf? kalau sudah pernah pasti bisa ngerti kondisinya sangat² dinamis untuk kebutuhan atf-nya.
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Vai0907 »

marmut wrote: Sat Jan 27, 2024 16:00
RezPrat wrote: Thu Jan 25, 2024 23:42



Flushing oli ATF sampe 20 liter itu namanya ketipu om, pake mesin ATF changer 9 liter dah cukup, lakukan per 30rb an km / 2-3 tahun.
Nah abis ganti ATF, cek baut control nya, panaskan mobil, setelah 10 menit, dalam posisi diam, Gonta ganti shift gear nya sekitar 5-6 kali P-R-N-D. D lokasi yg datar cek baut control, kalo gak netes berarti kurang, tambahkan ATF sampe dia netes2 d baut kontrol. Lokasi baut kontrol d Gugel aja om.


flush manual 20 liter bisa jadi ketipu bisa juga tidak.
flush 9 liter dengan mesin bisa jadi cukup bisa jadi kurang.

semua tergantung kondisi transmisi mobil bersangkutan saat itu, dan tiap mobil tidak bisa disamaratakan sekian liter sudah cukup.

anda pernah proses sendiri flush atf? kalau sudah pernah pasti bisa ngerti kondisinya sangat² dinamis untuk kebutuhan atf-nya.
Kalo kasus di mbl saya itu kira2 krn apa y om?yg ada geter di kecepatan 60-70 dan matic delay..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pengendiesel »

Vai0907 wrote: Sat Jan 27, 2024 17:16
marmut wrote: Sat Jan 27, 2024 16:00
RezPrat wrote: Thu Jan 25, 2024 23:42



Flushing oli ATF sampe 20 liter itu namanya ketipu om, pake mesin ATF changer 9 liter dah cukup, lakukan per 30rb an km / 2-3 tahun.
Nah abis ganti ATF, cek baut control nya, panaskan mobil, setelah 10 menit, dalam posisi diam, Gonta ganti shift gear nya sekitar 5-6 kali P-R-N-D. D lokasi yg datar cek baut control, kalo gak netes berarti kurang, tambahkan ATF sampe dia netes2 d baut kontrol. Lokasi baut kontrol d Gugel aja om.


flush manual 20 liter bisa jadi ketipu bisa juga tidak.
flush 9 liter dengan mesin bisa jadi cukup bisa jadi kurang.

semua tergantung kondisi transmisi mobil bersangkutan saat itu, dan tiap mobil tidak bisa disamaratakan sekian liter sudah cukup.

anda pernah proses sendiri flush atf? kalau sudah pernah pasti bisa ngerti kondisinya sangat² dinamis untuk kebutuhan atf-nya.
Kalo kasus di mbl saya itu kira2 krn apa y om?yg ada geter di kecepatan 60-70 dan matic delay..
Speed 60-70 ini titik upshift dari gigi 4 ke gigi 5. Mungkin getarnya gara2 rpm jadi rendah setelah masik gigi 5. Coba sambil diperhatikan rpmnya saat terjadi getar.
Matic delay ini kayak apa? Maticnya 2gd kan memang rasa cvt
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by gwsecretc »

Vai0907 wrote: Sat Jan 27, 2024 15:34 Makasih om

PTT yg 5w40 rekom ga om?

Terakhir saya flushing pake ptt lv1 om,tp msh ada geter..
Siap om..nanti saya cek volume atf nya..
Ptt dyn commonrail 5w40 ok kok, sy jg pake so far puas. Alternatif ada mobil delvac1, amsoil, motul crdi..

Nah buntut 40 ini lebi enak jika sering rute lukot.. Kalo sering dalkot lebih enak 10w/5w30 cuma ya suara mesin lebih garing aja.. ntar dicoba aja sendiri soalnya di ane gitu.